Pantai Ngrenehan di Yogyakarta: Wisata Baru dan Siap Untuk Menarik Perhatian Kamu

Pantai Ngrenehan adalah pantai nelayan yang terletak di sebelah selatan kota Wonosari. Pantai Ngrenehan adalah objek wisata yang tergolong baru. Letaknya pun tersembunyi. Jadi dipastikan akan terasa lebih hening dan tenang. Jauh dari hingar bingar pengunjung yang sangat padat.

Maka tidak heran jika Pantai Ngrenehan ini dijadikan tujuan bagi kamu yang sedang mencari tempat healing. Dijamin, kamu akan mendapatkan kembali energi positif dengan mengunjungi pantai ini dan menikmati keindahan alamnya.

Mengapa Pantai Ngrenehan Disebut Pantai Nelayan

Mengapa Pantai Ngrenehan Disebut Pantai Nelayan
(sumber gambar: GoogleMaps_Sulayman Durry)

Karena awalnya pantai ini dijadikan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan tradisional. Namun, karena keindahannya, beberapa orang tertarik untuk menginjakkan kaki di pantai ini.

Banyak orang ingin tahu dan terpukau dengan suasana alamnya yang asri dan seakan terhipnotis. Sejak itulah, semakin banyak orang yang berbondong-bondong penasaran dan mengunjungi tempat ini.

Tentang Sejarah Pantai Ngrenehan

Tentang Sejarah Pantai Ngrenehan
(sumber gambar: GoogleMaps_djokons soedyhatno)

Nama Ngrenehan sendiri dipercaya masyarakat setempat diberikan oleh Raden Patah. Raden Patah adalah raja pertama di Kerajaan Demak.

Pada zaman itu, diceritakan Raden Patah sedang berusaha untuk mencari ayahnya yang melarikan diri dari istana karena menolak untuk memeluk agama Islam. Tetapi, sayang seribu sayang, karena Raden Patah tidak menemukan kembali sang ayah dalam pencariannya.

Dari peristiwa itu, kemudian muncullah kata pangrena, yang dalam bahasa Jawa artinya ajakan. Pangrena sendiri berasal dari kata rene yang artinya adalah sini. Dari julukan itu, masyarakat sekitar juga memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Ngrenehan. Yang berarti marilah ke sini.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan
(sumber gambar: GoogleMaps_Dodi Dodi)

Pantai Ngrenehan berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa waktu yang lalu, mungkin kamu akan kesulitan karena jarangnya alat penanda atau petunjuk jalan.

Tetapi, sekarang akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan objek wisata yang satu ini. Karena penanda atau petunjuk jalan itu tersedia di sepanjang jalan menuju Pantai Ngrenehan.

Dari pusat kota Yogyakarta, kamu memerlukan jarak tempuh sekitar 53,7 km. Atau jika diganti satuan jam, kira-kira kamu memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.

kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju daerah Piyungan, Kabupaten Bantul. Lantas, setelah tiba di sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju daerah Pathuk dan ke Sambipitu.

Tidak jauh dari tempat tersebut, kamu akan menemukan bandara. Bandara itu memiliki nama “Gading” pada bagian mukanya. Lanjutkan perjalanan kamu hingga kamu menemukan simpang tiga. Lantas, ambil arah menuju wilayah Playen.

Setelah kamu tiba di wilayah yang bernama Playen, arahkan kendaraan kamu menuju pasar. Pasar ini bernama pasar Trowono. Kemudian, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Desa Kanigoro.

Jika sudah sampai di Desa Kanigoro, tidak jauh dari sana, kamu akan menemukan tempat seperti loket yang menjual belikan karcis masuk. Kamu diperkenankan untuk membeli terlebih dahulu sebelum memasuki area Pantai Ngrenehan.

Jalan menuju Pantai Ngrenehan ini bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua atau kendaraan beroda empat. Maka, jangan khawatir karena akses menuju pantai nelayan ini sudah layak dan cukup memadai.

Rute Lengkap Menuju Pantai Ngrenehan di Yogyakarta:

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket yang Harus Dibayarkan untuk Memasuki Pantai Ngrenehan

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus KecilBus Besar
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000

Harga tiket yang perlu dibayarkan ketika kamu ingin memasuki Pantai Ngrenehan sangat murah dan cukup terjangkau. Cukup dengan membayar 5.000 rupiah per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya Pantai Ngrenehan.

Sementara, untuk biaya parkirnya, kamu cukup membayar 3.000 rupiah untuk kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat, kamu dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah.

Jika kamu ingin membawa serta keluarga kamu atau teman-teman dalam jumlah yang cukup banyak, kamu bisa menggunakan bus dan lahan parkir pun tersedia untuk kamu yang membawa bus.

Untuk bus berukuran kecil atau sedang, kamu bisa membayar 15.000 rupiah saja. Sementara untuk bus yang berukuran besar, harga untuk parkirnya adalah 20.000 rupiah.

Jam Operasional yang Diberlakukan di Pantai Ngrenehan

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Pantai Ngrenehan buka selama 24 jam, dari hari Senin sampai dengan Minggu alias setiap hari, lho. Maka kamu bebas datang jam berapa pun.

Jika kamu ingin melihat matahari terbit yang indah, disarankan kamu datang pada pagi buta. Maka kamu melihat pemandangan menakjubkan dari atas bukit yang sanggup menghipnotis perhatian kamu.

Jika kamu pilih ingin santai dengan suasana matahari terbenam yang romantis, maka tidak ada salahnya kamu datang pada sore harinya. Pemandangan yang kamu dapatkan tidak kalah cantiknya. Kamu akan kehilangan kata-kata untuk menggambarkan kecantikan pemandangan yang disuguhi oleh Pantai Ngrenehan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan

Ada banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan ketika datang di Pantai Ngrenehan. Seperti halnya di bawah ini:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan

    • Selain tempat parkir yang luas dan terjaga, ada juga toilet yang bisa kamu gunakan untuk bersih-bersih setelah bermain di pantai. Toiletnya dipastikan bersih untuk menjaga kenyamanan pengunjung. Jadi, jangan lupa untuk turut serta menjaga kebersihannya, ya.
    • Untuk pengunjung yang beragama Islam, tenang saja. Karena di Pantai Ngrenehan ini terdapat mushola yang nyaman dan bersih untuk beribadah. Kamu akan tetap bisa menjalankan sholat walaupun sedang berlibur.
    • Tidak ketinggalan, ada juga berbagai jenis warung-warung penjual makanan dan minuman. Dimulai dari camilan sampai makanan berat kamu akan jumpai di sini. Jadi kamu tak usah cemas akan kelaparan.
    • Satu lagi fasilitas yang ada di Pantai Ngrenehan ini ialah lokasi pelelangan ikan. Untuk kamu pecinta sajian laut dengan harga murah, maka tempat pelelangan ikan pasti akan menjadi incaran kamu. Karena di sini ada banyak sekali nelayan yang menjual hasil tangkapannya. Kamu bahkan juga bisa membeli dalam keadaan mentah atau sudah matang.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama di Pantai Ngrenehan

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Pantai Ngrenehan ini. Walaupun Pantai Ngrenehan tidak sepopuler Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Nglambor, dan tempat wisata Pantai lainnya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Namun, Pantai Ngrenehan tidak kalah menakjubkannya. Walau sebenarnya Pantai Ngrenehan tidak memiliki tempat yang luas, lho. Panjang pantai ini hanya sepanjang 100 meter saja. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Pantai Ngrenehan. Di antaranya adalah:

1. Berfoto Ria

Berfoto Ria

Sepertinya tidak afdol rasanya jika pergi berlibur tanpa berfoto-foto ria. Apalagi jika kamu mempunyai hobi fotografi, kemudian mengunggahnya di situs sosial media kamu.

kamu akan menemukan banyak sekali spot foto yang instagramable di Pantai Ngrenehan ini, lho. Suasana pantai yang syahdu dengan pasir putihnya yang berkilauan seperti berlian. Ditambah lagi bukit-bukit kapur yang pasti akan menarik jika dijadikan background foto kamu.

Pemandangan Pantai Ngrenehan yang indah seolah bersatu sempurna dengan deburan ombak pantainya yang tenang dan suasananya yang menenangkan.

Rasanya akan sayang jika kamu melewatkannya begitu saja tanpa mengabadikannya dalam sebuah foto. Banyak juga lho pasangan muda-mudi yang melakukan sesi foto prewedding di Pantai Ngrenehan ini.

Walaupun Pantai Ngrenehan tidak memiliki luas yang cukup besar, tapi pantai ini mempunyai daya tarik geografis yang mampu memberikan pengalaman visual sinematik yang tidak akan kamu lupakan.

2. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati Keindahan Alam
(sumber gambar: GoogleMaps_Christa Satria Paramayudha)

Jika kamu sedang ingin mencari tempat healing, Pantai Ngrenehan mungkin akan memberikan solusi untuk kamu. Pantai Ngrenehan ini memiliki suasana yang menenangkan. Ditambah lagi panoramanya sangat indah. Jadi, dipastikan penat kamu akan segera hilang dan menjadi lebih segar ketika pulang nanti.

Keadaan Pantai Ngrenehan ini sebenarnya adalah kumpulan teluk-teluk yang dikelilingi oleh perbukitan dan karang-karang. Pemandangan Pantai Ngrenehan yang mempesona bisa semakin terpampang nyata saat kamu melihatnya secara langsung dari atas bukit.

kamu bisa menikmati keindahan Pantai Ngrenehan dari sana sambil bersantai dengan orang terdekat kamu atau kamu bisa menikmatinya seorang diri.

3. Menelusuri Bukit Karang

Menelusuri Bukit Karang
(sumber gambar: GoogleMaps_Fatika Ayu)

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwa Pantai Ngrenehan dikelilingi oleh bukit dan karang. Jika penasaran, kamu juga bisa menelusuri bukit karang tersebut ketika tiba di pantai ini.

Bukit karang ini dipenuhi dengan cangkang dan kerang yang telah menjadi fosil. Dari atas bukit karang ini jugalah, kamu dapat semakin terbuai oleh keindahan Pantai Ngrenehan yang unik dan tidak biasa.

4. Berenang di Pantai

Berenang di Pantai

Saat kamu memutuskan untuk liburan ke salah satu pantai, mungkin berenang menjadi salah satu aktivitas wajib yang akan kamu lakukan. Pantai Ngrenehan ini memiliki ombak yang tenang, sehingga kamu dapat melakukan aktivitas tersebut, lho.

Bentuk Pantai Ngrenehan yang berada di kawasan teluk, membuat pantai ini tidak memiliki ombak yang besar. Malah cenderung kecil sehingga aman jika kamu mengajak si kecil untuk berenang bersama.

kamu bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk bermain pasir, seperti membuat istana dari pasir. Atau bermain bola. Pasti akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama.

Atau bisa juga kamu memilih berjemur di bawah terik matahari untuk mendapatkan kulit yang eksotis. Kamu pun akan ditemani oleh semilir angin pantai yang menyejukkan dan mampu membuat kamu terbuai dibuatnya.

kamu pastikan membawa pakaian renang dan pakaian ganti, ya, saat akan berangkat dari rumah. Dan jangan lupa untuk membawa sunscreen favorit kamu agar kulit kamu terjaga dari paparan sinar matahari. Kamu pun tetap nyaman selama beraktivitas di bawah sinar matahari selama berlibur.

5. Menikmati Wisata Budaya yang Disuguhkan

Menikmati Wisata Budaya yang Disuguhkan
(sumber gambar: masbrooodotcom)

 

Tidak seperti pada wisata pantai lainnya, di Pantai Ngrenehan ini, kamu akan melihat wisata budaya yang biasa masyarakat sekitar lakukan. Pada saat-saat tertentu, masyarakat asli di sekitaran Pantai Ngrenehan memang sering melakukan ritual atau wisata budaya yang umum dilakukan secara turun temurun.

Kegiatan semacam upacara adat yang menganut kebudayaan Jawa ini patut untuk kita lestarikan. Upacara atau kegiatan adat tersebut bernama Upacara Melasti. Jika kamu ingin tahu bagaimana jalannya upacara adat ini dan ingin menyaksikan ritual tersebut, kamu bisa datang ketika bulan purnama datang atau pada hari raya Nyepi.

Kegiatan ini mungkin sedikit berbau mistis, hingga disarankan kepada pengunjung agar tetap menjaga jarak dan berhati-hati. Untuk menghormati dan menghargai para warga lokal.

6. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya sesi liburan kamu jika tidak mencicipi makanan khas daerah setempat. Jika kamu berkunjung ke Pantai Ngrenehan, maka kamu wajib untuk menikmati berbagai macam makanan khas yang siap untuk kamu santap.

Dijamin rasanya mampu membuat lidah kamu bergoyang dan menggugah selera makan kamu. Seperti yang telah disebutkan di atas tadi bahwa Pantai Ngrenehan disebut pantai nelayan, maka kamu akan melihat banyak nelayan pastinya.

Nelayan-nelayan tersebut juga akan menjual hasil tangkapannya. Kamu bisa membeli ikan-ikan segar itu. Atau bisa juga dalam bentuk sudah berupa makanan siap saji yang tinggal kamu santap.

Jangan lupa untuk minta dibuatkan sambal hijaunya yang khas, ya. Dijamin kamu akan ikut ketagihan. Tidak hanya ikan, lho. Di sana terdapat hewan laut lainnya. Seperti udang, cumi, kepiting, dan lainnya. Sementara untuk jenis ikan, ada kakap, kerapu, dan lain sebagainya.

Setelah lelah melakukan aktivitas di Pantai Ngrenehan, menyantap masakan ikan segar khas daerah sini pasti akan memberikan kesan tersendiri untuk kamu.

Harga yang ditawarkan juga beragam dan terbilang murah. Sudah segar, murah pula. Apalagi langsung dari hasil tangkapan nelayan di laut. Tinggal pintar-pintarnya saja kamu untuk menawar harga.

Yang pasti jika dibandingkan membeli di supermarket, harga yang ditawarkan oleh para nelayan ini tentu akan sangat terjangkau, bukan ? kamu juga dapat turut membantu perekonomian masyarakat setempat.

Objek Wisata di Dekat Pantai Ngrenehan

Bahagia berjalan-jalan, berfoto, berenang, dan berbagai aktivitas lainnya yang kamu lakukan di Pantai Ngrenehan ini, kamu bisa mengunjungi objek wisata lainnya yang berada tidak jauh dari Pantai Ngrenehan.

Dua kilometer di sebelah barat Pantai Ngrenehan, kamu akan menemukan pantai lainnya seperti Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

1. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
(sumber gambar: GoogleMaps_Fajar Setiawan)

Pantai Ngobaran ini adalah pantai yang cukup terkenal karena ada patung-patung dewa dan bangunan pura. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat ibadah yang dibangun pada tahun 2003.

Tujuan tempat itu dibangun adalah untuk memperingati datangnya Brawijaya V, yang merupakan keturunan Raja Majapahit di daerah Ngobaran.

2. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_Anonim Y)

Sementata untuk Pantai Nguyahan, adalah pantai yang mempunyai pasir putih dan menyuguhkan pemandangan yang cantik. Pantai Nguyahan ini terletak di Desa Kanigoro.

Pantai Nguyahan berada di sebelah barat Pantai Ngobaran. Lebih tepatnya berada di belakang sekitar bukit. Sekali datang berkunjung ke Pantai Ngrenehan, kamu akan melihat banyak hal sekaligus. Termasuk berkunjung ke pantai lainnya yang juga sama indahnya.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan di dekat Pantai Ngrenehan Yogyakarta:

1. Hotel Kukup Indah

Hotel Kukup Indah
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Kukup Indah memiliki lokasi strategis di Kemadang, bagian dari Bedoyo, yang akan membuat kamu berada dekat dengan atraksi menarik dan pilihan restoran yang menggugah selera.

Saat menginap di sini, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah ketika mengunjungi Baron Beach yang terletak tidak jauh dari hotel. Waktu check-in tersedia mulai pukul 13.00, dan fasilitas yang dapat dinikmati termasuk Wi-Fi gratis, akses langsung ke pantai, AC, dan restoran yang siap memanjakan lidah kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 233.787 per malam

PESAN HOTEL Hotel Kukup Indah Diskon 53%

2. The Royal Joglo

The Royal Joglo
(sumber gambar: Agoda)

The Royal Joglo, yang terletak di Ngestirejo, bagian dari Bedoyo, menawarkan lokasi yang strategis dengan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik. Sebelum pulang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Baron Beach yang terkenal.

Bonus tambahan dari properti ini adalah kolam renang luar ruangan yang siap menyegarkan kamu. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan fasilitas populer termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis. Pastikan untuk merencanakan waktu check-out kamu sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 283.237 per malam

PESAN HOTEL The Royal Joglo Diskon 61%

3. Baron Hill Resort

Baron Hill Resort
(sumber gambar: Agoda)

Baron Hill Resort, berlokasi strategis di Kemadang, bagian dari Bedoyo, menawarkan dekatnya akses ke atraksi menarik dan pilihan restoran. Saat menginap di sini, nikmati pemandangan laut yang memukau ketika berkunjung ke Baron Beach yang hanya berjarak singkat.

Waktu check-out pada pukul 12.00, dan fasilitas yang tersedia mencakup kolam renang, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan lokasi di tepi pantai.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 557.928 per malam

PESAN HOTEL Baron Hill Resort Diskon 62%

4. Penginapan Barokah Pantai Kukup

Penginapan Barokah Pantai Kukup
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Barokah Pantai Kukup menempati lokasi strategis di Kemadang, bagian dari Bedoyo, memberikan akses mudah ke atraksi menarik dan restoran berkualitas. Saat menginap di sini, kamu dapat menikmati pemandangan laut yang menakjubkan ketika berkunjung ke Baron Beach yang tidak jauh dari properti.

Waktu check-in mulai pukul 13.00, dan fasilitas yang tersedia termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan akses langsung ke pantai. Pastikan untuk check-out sebelum pukul 12.00 untuk pengalaman menginap yang lancar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 175.991 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Barokah Pantai Kukup Diskon 53%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Dekat Pantai Ngrenehan

Ketika kamu berada di Yogyakarta dan ingin menikmati kuliner khas setempat di sekitar Pantai Ngrenehan, beberapa pilihan umumnya mencakup:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Dekat Pantai Ngrenehan

    • Bakpia Pathok: Kue khas Yogyakarta yang terkenal, terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau, cokelat, dan keju.
    • Gudeg: Masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.
    • Jadah Tempe: Makanan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang dan diisi dengan tempe yang telah diolah dengan bumbu khas.
    • Soto Gading: Soto khas Yogyakarta yang menggunakan daging sapi, tauge, bihun, dan bumbu kuah khas. Biasanya disajikan dengan emping dan sambal.
    • Wedang Uwuh: Minuman tradisional Yogyakarta yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, daun pandan, dan jahe. Cocok untuk dinikmati dalam cuaca sejuk.
    • Angkringan: Meskipun bukan satu jenis makanan, angkringan adalah warung makan kecil yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan nasi kucing dengan harga terjangkau.
    • Sate Klathak: Sate yang terbuat dari daging kambing yang dipanggang dengan menggunakan sepeda motor sebagai alat pemanggangnya. Biasanya disajikan dengan lontong dan sambal kacang.
    • Tiwul: Makanan pokok tradisional Yogyakarta yang terbuat dari olahan singkong yang dihaluskan. Tiwul biasanya disajikan dengan santan kelapa dan gula merah.
    • Mie Godhog: Mie rebus khas Yogyakarta yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari daging sapi, kikil, tauge, dan beberapa bumbu lainnya.
    • Kipo: Camilan khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan ketan yang diisi dengan campuran kelapa parut, gula kelapa, dan wijen. Kipo biasanya berbentuk bulat dan memiliki lapisan luar yang kenyal.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah kamu sudah penasaran untuk segera menginjakkan kaki di pantai ini? Yuk, segera berkemas dan persiapkan diri kamu terpesona dengan keindahan dan keasrian alamnya.

Jika kamu berkyang lainunjung ke sana, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya. Jangan membuang sampah sembarangan yang dapat mengotori pantai dan aktivitas lainnya yang sekiranya dapat merusak alam.

Jadilah pengunjung yang bijaksana dan tetap berhati-hati selama liburan. Selamat berlibur.

You might also like