Mengintip Pesona Pantai Ngrumput di Gunung Kidul yang Menawan

Mengintip Pesona Pantai Ngrumput di Gunung Kidul yang Menawan (sumber: Google Maps: Pit)

Pantai Ngrumput berada di kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki sejumlah keelokan rekreasi bahari di sisi Selatan Provinsi DIY. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan terdapat beragam pantai yang memiliki keindahan masing-masing.

Meskipun Pantai Parangtritis menjadi salah satu pantai yang paling terkenal, sebenarnya ada banyak pantai lain di area  ini. Di antaranya adalah Pantai Baru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Depok, Pantai Nggunggah, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Pulang Sawal, dan tentu saja Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Lokasi pantai ini ada di Banjarejo Tanjungsari area hutan Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini mempunyai lokasi yang berdekatan dengan pantai yang lainnya yakni Pantai Drini yang sama-sama menjadi kawasan pantai-pantai di pantai Gunung Kidul.

Nama pantai ini diambil dari kata rumput. Ini dikarenakan jika Pantai Ngrumput ini mempunyai keadaan lokasi yang banyak ditumbuhi oleh rumput.

Pantai Ngrumput Gunung Kidul
Pantai Ngrumput Gunung Kidul (sumber: Google Maps: Dinda Rona Ardelia)

Ini dapat terlihat di barisan tebing-tebing yang ada di sepanjang pantai di mana di atas tebing-tebing itu banyak oleh rumput-rumputan yang hijau.

Disamping itu, area sekitaran pantai masih ditumbuhi oleh banyak rumput maupun tumbuhan hijau lainnya. Rumput gajah juga masih banyak ditemukan di jalan setapak menuju pantai ini.

Pandangan yang hijau ini jadi satu kekhasan dari Pantai Ngrumput ini karena sebagian besar pantai lainnya yang berada di wilayah Gunung Kidul ini hanya mempunyai pemandangan dari sisi pasir putihnya yang lembut.

Hanya Pantai Ngrumput inilah yang mempunyai pemandangan hijau yang dari banyaknya rumput di area pantai.

Pemandangan pantai dengan ditambah oleh keasrian tumbuhan atau rumput yang ada memberikan nuansa kesejukan tersendiri.

Untuk mencapai area lokasi pantai ini, bila wisatawan asal dari kota Jogjakarta, maka perjalanan akan memerlukan waktu sekitaran beberapa jam.

Untuk sampai ke pantai ini wisatawan semestinya ambil arah ke Cipayung yang dilanjutkan ke arah wilayah Patuk selanjutnya ambil jalur ke wilayah Pitu ke arah Lanud TNI Gading lalu mengarah ke wilayah Sinoyo sampai ke bundaran Tugu BPD.

Kemudian, ambil jalan ke timur sampai menuju ke wilayah Wonosari. Dari Wonosari inilah, wisatawan langsung bisa ke arah Jalan Barong Tanjungsari yang hendak mengantarkan ke tempat pos retribusi Pantai Gunung Kidul.

Sesudah area inilah, maka akan menuju ke arah Pantai Ngrumput yang ada di kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Akses jalan yang mengantar wisatawan ke area Pantai adalah jalanan yang cukup sempit dan bebatuan titik hingga wisatawan perlu untuk waspada dan hati-hati.

Lokasi Pantai Ngrumput ini cuma memiliki jarak sekitaran 1 km dari lokasi Pantai Drini. Karena jalanan menuju ke pantai ini cukup sempit, maka transportasi yang paling nyaman untuk mengantar ke lokasi ini ialah dengan membawa sepeda motor.

Tidak ada tempat parkir sepeda motor di dekat pantai karena nanti akan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah area pantai.

Jalan setapak yang perlu dilalui menuju area pantai dari area parkir memang cukup jauh. Umumnya sekitaran 6 hingga sampai 10 menit tergantung kecepatan masing-masing orang.

Jalan ini cukup sempit yang cuma bisa dilalui oleh 2 orang saja hingga saat berpapasan dengan wisatawan lain haruslah memiringkan tubuh.

Disebelah kiri dan kanan dari Jalan setapak ini, ada bukit-bukit yang asri dan rumput-rumputan yang didominasi oleh rumput gajah sebagai makanan dari hewan ternak.

Pemandangan ini seolah makin mengkonfirmasi keberadaan pantai ini bernama Ngrumput alias rumput.

Perjalanan yang cukup lama ini sudah pasti memerlukan stamina yang kuat. Untuk siapapun yang mengunjungi pantai ini, sebaiknya diperhatikan berkenaan stamina karena harus berjalan kaki sekitaran sepuluh menit menuju area pantai.

Rasa lelah yang dirasakan saat berjalan dapat dikurangi sembari menyaksikan pemandangan yang berada di sekeliling.

Pemandangan ini berupa lahan pertanian yang ditumbuhi oleh petani setempat dengan bermacam tumbuhan, terutama rumput. Semua mampu memberi efek kesejukan dan kesegaran sambil jalan kaki.

Sesudah menempuh perjalanan ke arah area pantai, wisatawan akan masuk entering gate yang berupa post retribusi lain. Akan ada ongkos sebesar Rp.3.000 yang perlu dibayarkan. Biaya ini digunakan untuk retribusi kebersihan oleh pihak pengurus.

Bila wisatawan mengambil jalur melalui Pantai Drini, sebenarnya untuk menuju ke Pantai Ngrumput ini juga bisa dilakukan jalan kaki menyusuri pantai bila wisatawan membawa motor, seharusnya memang kendaraan ini diparkirkan di lokasi Pantai Drini saja.

Karena jalan dari Pantai Drini ke arah Pantai Ngrumput ini adalah jalan setapak yang susah untuk dilewati kendaraan roda dua atau roda empat hingga semakin nyaman dilalui dengan berjalan kaki.

Jalur yang diambil dari Pantai Drini ini akan mengantar ke area Pantai Ngrumput dengan memerlukan waktu perjalanan sekitaran 20 menit.

Keelokan Pantai Ngrumput

Ada beberapa hal menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan selama ada di lokasi wisata Pantai Ngrumput ini. Yang pertama ialah pemandangan bukit kosakara.

Keelokan Pantai Ngrumput
Keelokan Pantai Ngrumput (sumber: Google Maps: widia ayu pratama)

Bukit ini ada di samping timur pantai Ngrumput yang disebut sebuah bukit terjal yang ditumbuhi oleh pohon-pohonan. Tempat ini menjadi spot foto yang memikat dengan perpaduan di antara bukit dan air laut yang dipenuhi ombak area.

Bukit Kosakara ini dapat menjadi tempat untuk melakukan pendakian ringan. Untuk memasuki area bukit, wisatawan diharuskan membayar sekitaran Rp. 2.000 saja.

Seperti kebanyakan pantai yang lainnya, keelokan pantai ngrumput ini ialah lautan biru yang cantik. Pantai ini mempunyai air dengan warna kebiruan yang alami yang masih terbilang bersih karena masih terjaga kenaturalan alamnya.

Keadaan laut pantai ini masih tetap bersih dan tidak tercemar oleh limbah atau sampah dan bahan kimia lain.

Sehingga, ekosistem laut bisa hidup dengan baik dan dinikmati oleh wisatawan. Pantai ini jadi komunitas yang bagus untuk tumbuhan laut dan hewan.

Pemandangan hewan laut yang cantik ini dapat dinikmati saat air Laut surut. Juga akan bisa secara mudah menyaksikan pemandangan rumput laut yang fresh di atas bebatuan karang yang tipis.

Hewan laut lainnya seperti kerang, ubur-ubur dan bintang laut bisa juga ditemukan karena seolah mereka sedang mendarat di tepi laut saat air laut surut.

Inilah satu panorama yang cukup langka yang cuma bisa ditemui di beberapa pantai saja, satu diantaranya yakni di Pantai Ngrumput ini.

Pemandangan ini pasti lain daripada yang lain. Tidak semua pantai akan hasilkan pemandangan semacam ini saat air surut.

Wisatawan dapat mengambil hewan-hewan laut yang bermunculan ke permukaan. Juga bisa mengambil rumput laut yang berjejer di tepi laut.

Sensasi mengumpulkan hewan laut ini tidak bisa ditemukan di beberapa pantai yang lainnya. Hingga, panorama saat air kering ini jadi event yang dinantikan.

Selain air laut dan tumbuhannya, Pantai Ngrumput dikenal juga pantai pasir putihnya yang bersih. inilah ciri khasnya dari beberapa pantai lain yang berada di daerah pegunungan Gunung Kidul.

Ada beragam hal yang dapat dilakukan oleh wisatawan di atas pantai pasir putih ini ibarat bermain pasir, bermain olahraga lain seperti bola voli dan bisa juga juga dipakai untuk lakukan camping.

Area pantai yang luas inilah yang dipakai sebagai area camping. Namun, benar-benar diperlukan kesadaran dari tiap wisatawan yang tiba agar bisa menjaga kebersihan pantai.

Meskipun sudah ada pegawai yang bekerja khusus untuk bersihkan area pantai ini. Wisatawan akan dikenai ongkos retribusi untuk kebersihan pantai untuk mereka yang menginap di atas tenda yang dibuat. Ongkos retribusi ini untuk jaga kebersihan pantai.

Di saat liburan atau akhir pekan, akan kelihatan beberapa tenda yang didirikan di atas area camping di Pantai Ngrumput ini karena area ini benar-benar pas untuk berkemah.

Pengelola menyediakan penyewaan tenda untuk wisatawan yang ingin berkemah tetapi tidak bawa perlengkapan kemah. Walau bagaimanapun, wisatawan masih bisa membawa sendiri peralatan kemah tersebut.

Tidak cuma berkemah, siapa pun yang ada di area camping juga bisa lakukan barberque atau bakar-bakar.

Untuk lakukan ini, telah ada banyak penjual yang jual kayu bakar untuk tujuan ini. Mereka menawarkan barang dagangannya disekitaran pantai.

Salah satunya hal menarik lainnya yang umumnya dilakukan sepanjang liburan di pantai ialah nikmati pemandangan sunset atau sunrise.

Di area Pantai Ngrumput ini, wisatawan bisa juga menikmati pemandangan ini. Bahkan juga bila wisatawan menaiki Bukit Kosakara, keindahan panorama matahari terbenam dan matahari terbit ini akan menghasilkan keelokan tersendiri yakni perpaduan dari luasnya area pantai dengan air laut dan pemandangan matahari di langit.

Keadaan pantai yang tidak terlalu banyak wisatawan menjadikan lokasi ini spot camping terbaik.

Bukit Kosakara yang ada disebelah kiri pantai mempunyai ketinggian sekitaran 50 m dari permukaan laut. Hingga, saat wisatawan berdiri di bukit ini maka mereka segera dapat untuk menikmati keelokan lekuk Pantai Ngrumput yang tersembunyi.

Tempat ini dapat menjadi spot foto untuk menghasilkan jepretan dengan background pemandangan yang apik.

Disekitaran Pantai Ngrumput ini terdapat banyak bebatuan yang menghiasi tepi pantai dan bagian laut. Tebing-tebing bebatuan yang berada di pantai lumayan tinggi dan antara tebing-tebing itu ada juga lorong goa yang cukup mengagumkan.

Bebatuan karang besar yang ada di pinggir pantai memiliki banyak lubang bila karang besar berlubang ini terkena ombak, maka akan membuat suara alami yang indah dari deburan ombak yang menerjang batu karang. Di atas batu karang maupun di sela-selanya tetap dapat dipakai sebagai spot foto.

Di lain sisi pantai terdapat satu jembatan yang dibuat dari bambu jembatan ini umumnya digunakan sebagai spot foto karena menghadap secara langsung ke laut.

Keelokan pantai dari lokasi yang lebih tinggi ini bisa juga digunakan untuk menikmati hembusan angin bersamaan dengan suara ombak yang menuju ke pinggir pantai.

Rute dan Lokasi menuju Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput berdekatan dengan Pantai Drini, tepatnya sekitar 1 km ke arah timur.

Untuk mencapai Pantai Ngrumput dari Pantai Drini, dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pantai. Jika sobat wisata membawa motor, sebaiknya parkir di lokasi Pantai Drini saja.

Rute dan Lokasi menuju Pantai Ngrumput
Rute dan Lokasi menuju Pantai Ngrumput (sumber: Google Maps: Deny)

Rute dari Pantai Drini menuju Pantai Ngrumput cukup sulit untuk dilalui dengan kendaraan roda dua, apalagi roda empat. Karena jalan yang menuju pantai ini adalah jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Dalam perjalanan ini, waktu yang diperlukan sekitar 20 menit jika melewati jalur utama. Selain itu, wisatawan juga dapat memilih jalur bukit Kosakora yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta, rute yang dapat diambil adalah menuju Cipayung, lalu ke Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tuga BPD, kemudian melanjutkan perjalanan ke timur.

Selanjutnya, akan sampai di Wonosari dan melanjutkan menuju Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Restribusi kawasan pantai Gunung Kidul, mengikuti arah menuju Pantai Drini, dan kamu akan berada sangat dekat dengan Pantai Ngrumput.

Sementara itu, jika perjalanan dimulai dari Solo, dapat melewati Klaten – Yogyakarta – Wonosari – Pos Retribusi Masuk Pantai Baron, dan lainnya, lalu melanjutkan melewati Pantai Drini sebelum akhirnya sampai di Pantai Ngrumput.

Lokasi lengkap menuju pantai Ngrumput:

Alamat: Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Harga tiket masuk Pantai Ngrumput sangat terjangkau, yaitu Rp.10.000 per orang. Harga ini sudah mencakup tiket masuk ke pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayati, Sepanjang, dan Watu Kodok.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput
Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput (sumber: Google Maps: Siti Baroroh)

Sebagai wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, sebaiknya jangan melewatkan destinasi wisata pantai di sekitarnya.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBis
Senin24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Selasa24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Rabu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Kamis24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Jumat24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Sabtu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000
Minggu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.20.000

Bagi pengunjung yang membawa motor, diharapkan untuk memarkirkan kendaraannya di wilayah pantai Drini dengan biaya parkir sebesar Rp.3.000 per motor. Sementara untuk pengunjung yang membawa mobil, akan dikenai biaya parkir sebesar Rp.5.000, dan untuk bus sebesar Rp.20.000.

Jika ingin naik ke bukit karang, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.2.000, serta biaya sebesar Rp 2.000 untuk berfoto di spot yang telah disediakan.

Penginapan Dekat Pantai Ngrumput Terbaik

Pantai Ngrumput adalah surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan di Yogyakarta.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini, berikut ayowisata.co.id telah merangkum tiga pilihan penginapan yang nyaman dan dekat dengan Pantai Ngrumput, yaitu:

1. Drini Hills

Drini Hills adalah hotel eksklusif yang terletak hanya beberapa menit dari Pantai Ngrumput. Dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan fasilitas modern, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi para tamu.

Drini Hills
Drini Hills (sumber: Google Maps: Asih Kurniasari)

Kamar-kamar yang luas dan dilengkapi dengan desain elegan menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Bagi para penyuka aktivitas outdoor, Drini Hills juga menawarkan berbagai pilihan kegiatan seperti hiking, bersepeda, dan bermain air di Pantai Ngrumput.

Restoran di hotel ini menghidangkan beragam hidangan lezat, termasuk makanan lokal khas Yogyakarta yang memanjakan lidah para tamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 818.025 per malam

PESAN HOTEL Drini Hills DISKON 76%

2. Baron Hill Resort

Berjarak singkat dari Pantai Ngrumput, Baron Hill Resort merupakan pilihan akomodasi yang menarik bagi wisatawan yang mencari suasana pedesaan yang tenang.

Terletak di lereng bukit, resort ini menawarkan pemandangan indah ke arah pantai dan pegunungan sekitarnya. Dengan taman yang luas dan kolam renang yang menyegarkan, Baron Hill Resort memberikan kesempatan bagi para tamu untuk bersantai dan menikmati momen-momen damai.

Baron Hill Resort
Baron Hill Resort (sumber: Google Maps: Johanes Cojones)

Kamar-kamar yang nyaman dan bergaya tradisional menambah daya tarik hotel ini. Para tamu juga dapat menikmati makanan lezat dari restoran hotel yang menyajikan hidangan lokal dan internasional dengan cita rasa yang autentik.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 630.894 per malam

PESAN HOTEL Baron Hill Resort DISKON 75%

3. Light Blue Villa

Light Blue Villa adalah penginapan cantik yang berjarak dekat dari Pantai Ngrumput. Dengan arsitektur yang modern dan fasilitas yang lengkap, villa ini cocok bagi wisatawan yang menginginkan privasi dan kenyamanan selama liburan.

Light Blue Villa
Light Blue Villa (sumber: Google Maps: Light Blue)

Setiap vila dilengkapi dengan kolam renang pribadi, sehingga para tamu dapat menikmati suasana yang intim dan santai. Pemandangan laut yang menakjubkan dapat dinikmati dari beberapa sudut vila, menambah keindahan tempat ini.

Interior vila dirancang dengan gaya yang elegan dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Light Blue Villa juga menyediakan layanan spa untuk relaksasi dan pemulihan energi setelah berkeliling Pantai Ngrumput.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 810.000 per malam

PESAN HOTEL Light Blue Villa DISKON 61%

Kuliner Olahan Laut yang Mengenyangkan

Sesudah nikmati keelokan pantai, ombak yang menghantam barisan batu karang di pinggir pantai, dan bermain di pasir pantai yang putih, wisatawan dapat cari rumah makan atau warung yang menyajikan beragam hidangan menu berbahan seafood.

Karena berekreasi pasti tidak lengkap tanpa berkuliner ria alias menyantap makanan untuk mengenyangkan perut yang keroncongan.

Di area pantai ini, ada warung-warung yang bisa untuk dituju bagi wisatawan yang merasa lapar. Warung-warung itu menyediakan hasil tangkapan nelayan setempat yang diolah menjadi bahan makanan yang fresh.

Kuliner Olahan Laut yang Mengenyangkan

Bahkan, para wisatawan bisa juga untuk membakar secara langsung hasil tangkapan nelayan ini. Pegangan menyediakan kayu dan tong besar bagi para wisatawan untuk dipakai menghasilkan api unggun untuk membakar ikan ini.

Sensasi makan ikan di tepi pantai dengan cara membakarnya sendiri tentu menjadi pengalaman yang luas biasa nikmatnya.

Area warung atau rumah makan bisa ditemukan sesaat setelah wisatawan mencapai area pantai. Warung-warung ini ada di tepi pantai dan ada sebagian kursi dan meja yang ditempatkan di depan warung.

Beberapa kursi dan meja ditaruh di bawah pohon untuk menambah nuansa kesejukan dari pantai. Tidak hanya olahan makanan dari bahan seafood saja, di sejumlah warung ada hidangan es kelapa muda sebagai minuman favorit di saat siang matahari.

Beberapa warung menyediakan kamar mandi dan mushola untuk kenyamanan wisatawan tentu saja ada biaya tambahan untuk menggunakan sarana ini.

Sanitasi atau kebersihan yang berada di pantai ini benar-benar dijaga oleh pengurus. Bisa dibuktikan dari disediakannya beberapa kamar mandi dan toilet yang ada dalam keadaan yang tergolong bersih. Wisatawan akan nyaman waktu menggunakan sarana ini.

Inilah pengalaman yang hendak didapatkan waktu berlibur mengunjungi Pantai Ngrumput ini. Satu pantai yang masih alami, dapat dikatakan masih perawan yang ada di kawasan selatan Pegunungan Kidul.

Nikmatnya lagi, berada di area pantai ini bisa juga didahului berwisata ke pantai-pantai lain di sekitaran sebab ada beberapa pantai yang letaknya sama-sama bersisihan.

Selama berada di pantai, wisatawan akan disuguhi bermacam macam keindahan alam pantainya.

Dimulai dari pantainya yang berpasir putih yang menjadi ciri khas kebanyakan pantai di bagian Selatan Gunung Kidul ini dan air lautnya yang benar-benar jernih dengan deburan ombak yang cukup besar.

Tidak itu saja, ada bukit kecil disebelah kiri yang dikenal sebagai Bukit Kosakara yang bisa dinikmati sambil hiking ringan ke atasnya.

Di bagian tepi pantai, ada bebatuan atau karang yang seolah jadi dinding pengaman pantai. Ada pula spot pantai yang luas yang umum dipakai untuk berkemah. Akan terlihat banyak tenda warna-warni yang memenuhi tepi pantai di musim berlibur.

Pemandangan yang asri dipenuhi tumbuhan hijau memenuhi keelokan alam di sekitar pantai.

Tidak cuma dari rumput-rumput yang tumbuh subur di atas tebing atau batu-batuan, wisatawan bisa menyaksikan tempat pertanian yang ditanami oleh petani lokal dengan aneka tumbuhan. Inilah keelokan alam dengan nuansa yang masih alami yang dapat diperoleh waktu liburan di pantai ini.

Dikatakan sebagai paket lengkap karena memang ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tidak cuma nikmati keindahan pantai, tetapi juga segala hal yang ada di sekitar pantai menambah nuansa keindahan pantai. Tentu akan menjadi pengalaman tertentu yang tidak terlupakan.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like