Pantai Ngudel di Malang: Tempat Wisata Baru yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Ngudel di Malang_ Tempat Wisata Baru yang Wajib Kamu Kunjungi (sumber: Google Maps: antok aremania)

Pantai Ngudel merupakan salah satu pantai unik yang berada di Kota Malang, kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Di kota ini, terdapat beberapa hal menarik, termasuk keberadaannya sebagai kota pelajar yang dipenuhi beberapa perguruan tinggi serta banyak destinasi wisata.

Salah satunya yang memikat adalah destinasi rekreasi bahari, dengan deretan nama pantai yang menawarkan keelokan panoramanya di kota siswa ini. Pantai Ngudel menjadi salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Ngudel di Kota Malang

Pantai ini persisnya berada di lokasi Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Nama pantai ini mungkin kalah pamor dibandingkan Bale Kambang, Gua Cina atau Sendang Biru. Namun, sebenarnya pantai Ngudel ini mempunyai kekhasan tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Pantai Ngudel di Kota Malang
Pantai Ngudel di Kota Malang (sumber: Google Maps: Yulianto Putro)

Untuk mencapai lokasi pantai ini dari jantung Kota Malang, wisatawan harus mengambil jalur ke Gondanglegi, yakni satu kecamatan yang berada di Malang bagian selatan.

Dari Gondanglegi ini, perjalanan diteruskan menuju Kecamatan Bantur sebagai satu kecamatan yang lain semakin mendekati perbatasan dengan Samudra Hindia. Di desa Bantur ini, lokasi Pantai Ngudel akan semakin dekat.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, wisatawan akan disajikan pemandangan lahan pertanian warga setempat.

Ada juga area hutan yang menemani perjalanan ini sampai mencapai lokasi pantai. Lokasi pantai dapat ditempuh dengan kendaraan roda roda dua dan beroda empat.

Maka wisatawan tidak harus berjalan kaki lebih dulu sebelum mencapai lokasi pantai karena akses jalan menuju pantai ini telah dibuat sedemikian rupa untuk kenyamanan pengendara.

Rasa lelah karena perjalanan yang cukup lama akan langsung terbayar oleh keindahan pantai langsung menyambut sesaat sampai di lokasi pantai.

Perjalanan ini biasanya dilakukan selama dua jam karena jarak pantai Ngudel dengan jantung kota Malang sekitaran 60 kilometer. Satu jarak yang cukup panjang karena pantai ini ada di area selatan Malang yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Di garis pantai yang sama dengan pantai ini, ada beberapa nama pantai lainnya yang menjadi destinasi rekreasi bahari yang banyak dikenal masyarakat.

Sebut saja Pantai Balekambang, Pantai Banyu Meneng, Pantai Sendang Biru, Teluk Asmara, Pantai Batu Bekung dan sejumlah nama pantai lainnya.

Semua nama pantai ini tentu saja mempunyai kekhasan tertentu yang membuatnya jadi destinasi rekreasi bahari yang banyak dituju wisatawan. Dan Pantai Ngudel menjadi satu pantai yang belum banyak dikenal dan sepi dari pengunjung.

Lokasi Pantai Ngudel

Pantai ini masih tergolong pantai yang baru dibuka untuk masyarakat luas di tahun 2016. Karena tergolong pantai yang baru, pantainya masih asri, alami dan bersih.

Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dan ombak yang cukup besar. Hal ini karena pantai ini ada langsung di lautan dari Samudera Hindia.

Lokasi Pantai Ngudel
Lokasi Pantai Ngudel (sumber: Google Maps: Manumoyoso Priyanggono)

Dinamakan sebagai Pantai Ngudel yang berasal dari kata udel, kata ini ialah kata dalam bahasa Jawa yang memiliki makna tali pusar.

Disebut dengan sebutan ini karena di area pantai ini terdapat satu batu besar di bagian tengah bibir pantainya. Seakan batu ini menjadi tali pusar dari seorang manusia. Karena itulah, pantai ini dinamakan Pantai Ngudel.

Batu ini terletak di bagian tengah antara dua pantai, yakni persisnya pada bagian barat dari Pantai Modangan dan sebelah timur dari Pantai Sendiki.

Batu ini terletak tidak jauh dari bibir pantai hingga bisa terlihat sangat jelas. Karena letak dan bentuknya yang unik, batu ini jadi spot foto yang paling banyak disukai oleh wisatawan.

Di bagian belakang dari batu ini, wisatawan bisa bermain air di pantai dengan aman karena batu itu menjadi pelindung dari datangnya ombak besar.

Suasana rindang di tepi pantai terasa teduh karena ada pepohonan cemara yang sengaja ditanam. Di situ ada sejumlah gazebo yang diperuntukkan untuk wisatawan yang mengunjungi pantai agar bisa duduk-duduk bersantai.

Lokasi lengkap menuju pantai Ngudel:

Alamat: Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65147

Obyek Rekreasi Pantai Ngudel Malang

Saat berlibur di pantai yang belum banyak dikenal masyarakat luas ini, ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Yang pertama ialah suasana pantai yang sepi. Pantai ini menawarkan pemandangan dengan nuansa yang sepi dari pengunjung. Ada hamparan pasir yang luas dengan nuansa warna kecoklatan yang bersih.

Obyek Rekreasi Pantai Ngudel Malang
Obyek Rekreasi Pantai Ngudel Malang (sumber: Google Maps: Milamf Milamf)

Selain keadaan pasir pantai yang kecoklatan, di pinggir pantai ada pohon cemara yang menjulang dan berjejer dengan rapi.

Nuansa rindang dari keberadaan pohon ini bisa langsung dirasakan. Area tepi pantai dengan pepohonan cemara ini cukup luas yang sekaligus digunakan sebagai tempat parkir kendaraan selain tempat untuk beristirahat atau santai-santai untuk para wisatawan.

Pasir yang melimpah di tepi pantai ini pasti menjadi tempat favorit bagi sebagian anak untuk bermain. Bila matahari terlalu terik misalnya saat di siang hari, aktivitas bermain pasir ini dapat dilakukan di area pepohonan cemara sehingga tidak terlalu panas.

Selain ada pepohonan cemara, ada juga pohon bakau yang menambah kerindangan suasana di tepi pantai ini.

Di sela-sela pohon, disediakan ayunan sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk bermain ayun-ayun. Bermain di sini jadi menggembirakan karena tidak terlalu panas, udaranya sejuk dan ditemani suara deburan ombak yang cukup keras.

Area tepi pantai yang luas ini benar-benar pas digunakan untuk tempat berkemah. Wisatawan dianjurkan untuk bawa peralatan kemping sendiri.

Pepohonan yang rimbun ini memberi kesan sejuk dan benar-benar pas untuk berkemah. Cahaya matahari tidak terkena langsung hingga membuat kesejukan lebih terasa.

Aktivitas bermain air di pantai ini cukup dibatasi. Karena pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar karena lokasinya yang berada di Samudera Hindia membuat wisatawan tidak diperbolehkan berenang sampai ke tengah laut.

Jika cuma bermain air di tepi pantai tentu masih diperbolehkan. Ada banyak rambu peringatan yang sengaja dibikin oleh pihak pengurus untuk memperingatkan wisatawan supaya tidak berenang di tengah-tengah laut dikarenakan adanya ombak yang ganas.

Memancing di bibir pantai bisa jadi alternative lain selama ada di pantai ini. Memancing ini bisa dilakukan di atas batu karang sembari menunggu umpan dimakan oleh ikan-ikan.

Tentunya perlengkapan memancing haruslah telah disiapkan lebih dahulu dari rumah. Memancing akan lebih nyaman saat pemandangan menjelang matahari terbenam. Suasana yang syahdu akan tercipta.

Pesisir pantai dengan areanya yang cukup luas menawarkan kesempatan bagi pencinta olahraga off road. Wisatawan dapat menaiki motor trail maupun mobil off road selama di pantai ini.

Karena suasana yang cukup sepi, ber-off road ria akan menjadi lebih aman dan menyenangkan. Bila tidak ingin beroff road tetapi hanya bersepeda ringan, lokasi pinggir pantai ini bisa juga dijadikan arena untuk gowes.

Tak sedikit komunitas gowes yang menjadikan pantai ini sebagai destinasi rekreasi mereka. Karena memang tekstur tanahnya yang memungkinkan untuk digunakan bersepeda.

Tentu saja, wisatawan harus menyediakan perlengkapan bersepeda sendiri bila ingin berolahraga ini. Karena pihak pengurus tidak menyediakan sarana untuk hal ini.

Seperti yang sudah dikatakan, di bibir pantai ada sejumlah gazebo yang diperuntukkan untuk wisatawan pengunjung pantai.

Bahkan juga, gazebo ini juga bisa dimanfaatkan untuk tempat menginap bila memang menikmati pantai di malam hari menjadi satu pilihan.

Keberadaan gazebo ini untuk menyiasati keadaan pantai yang belum dilengkapi sarana penginapan.

Karena di area pantai dan sekeliling masih tidak ada sarana penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam. Keinginan ini dapat dipenuhi cara mendirikan tenda disekitaran area pantai yang berpasir.

Fasilitas yang disiapkan di pantai Ngudel ini tidak begitu lengkap bila dibandingkan sejumlah pantai lain yang telah lama dikenal oleh warga.

Tetapi, untuk sarana standar yang diperlukan wisatawan, lokasi pantai ini telah menyediakan sarana yang memadai. Dimulai dari mushola dan kamar mandi. Kamar mandi ini umumnya sepaket dengan rumah makan yang memang ada di area tepi pantai.

Kondisi kamar mandi cukup bersih karena dijaga kebersihannya. Rumah makan ini menyediakan bermacam jenis olahan laut. Yang menjadi menu ciri khas di sini yaitu ikan bakar dan es kelapa muda.

Dua menu ini menjadi menu unggulan yang hampir di setiap pantai ada. Disamping itu, tetap ada aneka makanan instan yang menjadi andalan saat berlibur.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Ngudel

Sebagai tempat wisata terdekat, setiap pengunjung yang ingin masuk ke Pantai Ngudel diharuskan membeli tiket masuk dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp.15.000 per orang.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Ngudel
Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Ngudel (sumber: Google Maps: Manumoyoso Priyanggono)

Namun, jika kamu datang dengan rombongan, kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Dan jika beruntung, mungkin saja kamu tidak perlu membayar tiket masuk karena terkadang tidak ada petugas yang berjaga di loket.

HariJam OperasionalHarga Tiket Masuk
Senin24 JamRp.15.000
Selasa24 JamRp.15.000
Rabu24 JamRp.15.000
Kamis24 JamRp.15.000
Jumat24 JamRp.15.000
Sabtu24 JamRp.15.000
Minggu24 JamRp.15.000

Pantai ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional, tanpa batasan jam operasional. Artinya, kamu bebas datang kapan saja, baik itu siang maupun malam.

Namun, untuk merasakan momen liburan yang terbaik, sangat dianjurkan untuk datang pada pagi atau sore hari. Pagi hari adalah waktu yang tepat karena pantai masih sepi dari pengunjung lain dan udaranya sangat segar.

Sementara itu, saat sore hari, kamu bisa menikmati pesona matahari terbenam yang siap menyambut Anda. Sebelum menikmati keindahan matahari terbenam, kamu juga dapat menikmati kuliner di pusat wisata kuliner Malang yang berdekatan.

Tentu saja, kamu tidak akan sabar untuk mengunjungi objek wisata ini, bukan? Jangan ragu lagi untuk menjadikan Pantai Ngudel sebagai destinasi wisata kamu berikutnya. Selain bermain sepeda, ada banyak atraksi wisata lain yang menarik yang dapat kamu coba di sana.

Spot yang Instagramable

Tidak heran bila berselfie ria telah jadi kebiasaan saat ini bagi kebanyakan orang. Terlebih bila sedang berlibur atau berada di lokasi yang bagus untuk berfoto.

Demikian pula dengan keberadaan Pantai Ngudel ini. Area pantai ini mempunyai sejumlah spot foto yang instagrammable atau menarik.

Satu spot yang menarik ialah spot di pinggir pantai dengan background batu yang menjadi ikon dari pantai Ngudel ini. Batu besar di tengah-tengah laut yang disinyalir jadi alasan penamaan Pantai Ngudel ini ditumbuhi oleh rumput-rumputan di atasnya.

Warna hijau yang bertumpuk dengan warna coklat dari batu tersebut memberi perpaduan pemandangan yang cantik. Ditambah lagi dengan deburan ombak yang sebagian menghantam batu mampu membuat satu jepretan foto yang memberikan keindahan tersendiri.

Spot yang Instagramable
Spot yang Instagramable (sumber: Google Maps: Milamf Milamf)

Area pinggir pantai yang dipenuhi pasir kecoklatan dan kerindangan pepohonan cemara bisa juga dijadikan spot foto selanjutnya.

Wisatawan dapat bergaya sembari duduk di atas batang pohon yang memungkinkan agar diduduki atau disandari. Karena memang ada beberapa pohon yang batangnya memungkinkan untuk disentuh manusia yakni dijadikan sebagai tempat berfoto.

Wisatawan bisa juga menaiki ayunan kayu sederhana yang sengaja dibikin di antara pohon di pinggir pantai. Meskipun ayunan ini termasuk sederhana karena dibikin dari sebilah kayu dan seutas tali tetapi telah menjadi spot yang menarik.

Tidak cuma memikat buat berfoto riang sambil berayun, ayunan ini tentu saja jadi rebutan untuk para bocah cilik yang ingin berayun di atasnya. Terlebih lokasi ayunan yang berdekatan dengan bibir pantai memberikan nuansa birunya air sebagai latar foto.

Pepohonan yang tumbuh di tepi pantai juga bisa dinikmati keelokan fotografinya. Tidak cuma pohon cemara yang mempunyai daun lebat yang bila dijepret dari atas akan membuat pemandangan yang apik.

Pohon bakau di bibir pantai pun bisa juga dijadikan sebagai spot foto. Terutama pohon bakau yang mempunyai akar menjulang ke atas dan menjalar di permukaan tanah. Ini menjadi satu perihal yang tak biasa.

Panorama lain yang bisa dijadikan sebagai fasilitas berselfie ria ialah pemandangan saat matahari terbenam atau terbit. Langit yang tidak lagi biru tetapi kegelapan dikelilingi warna oranye kekuningan sanggup membuat panorama langit yang menarik. Dan background foto yang juga apik.

Bila wisatawan telah banyak mengenal jejeran nama pantai yang terkenal di wilayah Malang selatan, Pantai Ngudel ini bisa dikatakan sebagai newbie atau pendatang baru di daerah pesisir selatan Malang ini.

Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sehingga suasana yang sepi dapat dirasa. Walaupun termasuk pantai yang baru, tetapi, keelokan alam dan pemandangan pantainya bisa diadu sejumlah pantai lain di wilayah ini.

Pantai Ngudel ini jadi spot pilihan bila ingin liburan bersama rombongan teman atau keluarga. Sebab ada banyak hal yang dapat dilakukan di pantai ini.

Tidak melulu mengenai bermain air di pantai yang malah jadi hal yang semakin lebih berbahaya di tempat pantai ini. Tetapi, ada sejumlah kegiatan lainnya yang tidak kalah menggembirakan.

Sebut saja dari bermain pasir di pinggir pantai, nikmati kerindangan pohon yang berjejer di tepi pantai dengan rapi dimulai dari pohon cemara dan pohon bakau.

Ada juga kesempatan untuk berkemah di pantai ini di saat malam hari karena ada spot yang diperuntukan untuk berkemah.

Semua hal ini akan terasa lebih lengkap ditambah beberapa tempat yang dapat dijadikan spot berfoto. Jepretan dengan background pantai dan segala komponen keelokannya pasti akan sanggup menghasilkan kreativitas fotografi yang cukup menarik. Jadi, jadikan pantai Ngudel sebagai satu destinasi rekreasi tujuan liburan selanjutnya.

Penginapan Nyaman di Sekitaran Pantai Ngudel

Bila wisatawan punya niat untuk menginap di pantai ini, hal ini pasti sangat diperbolehkan. Biasanya, wisatawan akan menginap di tenda-tenda yang sudah disiapkan.

Area tepi pantai yang luas dan ditanami pohon cemara inilah yang menjadi lokasi berkemah. Wisatawan dapat menikmati suasana di tepi pantai saat malam hari.

Terutama jika liburan bersama dengan keluarga atau rekan yang lainnya. Akan memberikan pengalaman tertentu yang tidak terlupakan.

Bila berkemah di pantai ini, bakal ada kesempatan untuk menikmati pemandangan dan situasi pantai di pagi hari. Ombak di pantai masih cukup tenang dan tidak seganas pada saat siang hari. Bermain air di pinggir pantai dapat menjadi lebih aman.

Namun jika kamu tidak ingin berkemah, kamu bisa juga menginap di hotel atau penginapan di pantai ngudel malang yang telah ayowisata.co.id sediakan di bawah ini yaitu:

1. Homestay Carista

Homestay Carista adalah pilihan ideal untuk para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang santai dan hangat seperti di rumah.

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Ngudel, homestay ini menawarkan pemandangan spektakuler keindahan pantai dan suasana yang tenang.

Homestay Carista
Homestay Carista (sumber: Google Maps: Sarbini Sarbini)

Kamar-kamar yang luas dan nyaman dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk AC, televisi layar datar, dan koneksi Wi-Fi yang cepat. Kamu juga dapat menikmati kolam renang yang segar setiap kali ingin bersantai.
Selain itu, para tamu akan disambut dengan keramahan dan keramahtamahan oleh tuan rumah, yang siap membantu dalam mengatur aktivitas liburan kamu.

Dari menjelajahi pantai berpasir putih hingga mencicipi kuliner lokal terbaik, tuan rumah Homestay Carista akan memberikan tips berharga.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

BOOKING PENGINAPAN Homestay Carista DISKON 80%

2. Villa Asmara Hills

Jika kamu menginginkan liburan dengan sentuhan mewah, Villa Asmara Hills adalah pilihan yang sempurna. Berlokasi strategis dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan, villa ini menawarkan pengalaman menginap yang eksklusif dan romantis.

Villa-villa pribadinya dirancang dengan cermat dengan gaya arsitektur yang menawan dan fasilitas modern.

Villa Asmara Hills
Villa Asmara Hills (sumber: Google Maps: Athisa Goenawan)

Setiap villa dilengkapi dengan kamar tidur mewah, kolam renang pribadi, dan balkon pribadi yang menghadap ke indahnya Pantai Ngudel.

Nikmati matahari terbenam yang memukau sambil menikmati makan malam romantis di balkon pribadi kamu.

Staf yang ramah dan berpengalaman di Villa Asmara Hills selalu siap membantu kamu dengan segala kebutuhan kamu.

Dari mengatur perjalanan wisata hingga menyajikan makanan lezat langsung ke villa kamu, mereka akan memastikan bahwa liburan kamu menjadi tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

BOOKING PENGINAPAN Villa Asmara Hills DISKON 75%

3. Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru

Jika kamu mencari suasana yang lebih alami dan dekat dengan alam, Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru adalah pilihan yang tepat.

Terletak di tengah-tengah keindahan alam Pantai Ngudel, homestay ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan desain bergaya tradisional.

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru
Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru (sumber: Google Maps: Homestay sendang biru)

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru memiliki kamar-kamar sederhana namun bersih dan nyaman, yang akan memberikan kamu pengalaman tinggal yang autentik.

Dengan sentuhan pedesaan yang hangat, kamu akan merasa seperti berada di rumah sendiri.

Suasana tenang dan damai di sekitar homestay ini memungkinkan kamu untuk bersantai sepenuhnya dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Kamu dapat melakukan berjalan-jalan di sekitar hutan atau berenang di Pantai Ngudel yang dekat, sehingga menjadi pilihan sempurna untuk pecinta alam dan petualang.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

BOOKING PENGINAPAN Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru DISKON 64%

Kulineran Lezat Khas Malang yang Wajib Dicoba

Berikut kami menyediakan beberapa pilihan kuliner lezat yang bisa sobat wisata coba saat berkunjung ke kota Malang, antara lain yaitu:

1. Rujak Cingur

Rujak cingur menjadi primadona kuliner di Malang yang menggoyang lidah para wisatawan. Makanan ini mengusung citarasa manis, pedas, dan gurih yang unik.

Rujak Cingur

Rujak cingur terdiri dari irisan mentimun, tauge, kentang, serta cingur (bagian moncong sapi) sebagai bahan utamanya.

Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang khas. Kelezatan rujak cingur Malang tak akan terlupakan begitu saja setelah kamu mencicipinya!

2. Rawon

Rawon adalah sajian sejuta cita rasa yang tidak boleh dilewatkan. Makanan khas Jawa Timur ini terkenal dengan kuahnya yang pekat dan hitam menggoda.

Di dalamnya terdapat potongan daging sapi yang empuk dan bumbu rempah yang khas. Warnanya yang gelap berasal dari penggunaan kluwek yang juga memberikan cita rasa khas yang unik.

Rawon

Tambahkan potongan telur rebus, tauge, dan sambal petis, hidangan rawon siap menyapa perut kamu dengan kenikmatan yang tiada tara.

3. Bakso Malang

Bagi pecinta bakso, Bakso Malang adalah surga kenikmatan yang wajib disambangi. Bedanya dengan bakso pada umumnya, Bakso Malang memiliki tekstur kenyal yang khas dan cita rasa yang istimewa.

Bakso Malang

Bakso ini biasanya disajikan dengan mie kuning, pangsit, tahu, dan irisan bakso goreng. Kuah kaldu sapi yang gurih melengkapinya.

Jangan lupa tambahkan bawang goreng dan sambal sesuai selera kamu untuk sensasi makan yang luar biasa!

4. Bakso Bakar

Sajian ini adalah perpaduan sempurna antara bakso dan cita rasa barbeque yang menggoda. Bakso bakar terbuat dari daging sapi pilihan yang diolah dengan teknik bakar sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang menggiurkan.

Bakso Bakar

Rasakan kenikmatan bakso bakar yang berpadu dengan saus barbeque khas, membuat sensasi makan yang begitu istimewa dan menggugah selera.

5. Bebek Goreng

Terakhir yaitu Bebek Goreng, hidangan yang tak boleh dilewatkan di Malang. Bebek goreng ini memiliki kulit yang renyah dan garing serta daging yang lembut dan juicy.

Bebek Goreng

Dipadu dengan bumbu rempah yang khas, bebek goreng menjadi hidangan yang menggoyang lidah.

Nikmati sensasi menggigit daging bebek dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam, sungguh menggugah selera!

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like