Pantai Nguyahan di Gunungkidul: Wisata Tersembunyi dengan Rumput Lautnya yang Indah

Gunungkidul sepertinya sudah menjadi surganya tempat wisata yang sangat menarik dan mempesona. Salah satu destinasi yang cukup terkenal di daerah tersebut diantaranya Pantai Nguyahan.

Pantai ini banyak menjadi incaran para wisatawan yang datang ke daerah Gunungkidul. Namun hingga sekarang wisata ini jarang terekspos oleh media karena belum mengenal keindahan alamnya.

Pantai yang ada di daerah tersebut berbeda dengan yang lain dan memiliki ciri khas tertentu. Salah satu dari ciri tersebut dengan adanya batung karang yang mampu membuat pemandangan indah.

Selain itu ada juga berbagai keindahan alam lain yang sayang sekali untuk dilewatkan. Jika tertarik tidak ada salahnya untuk mengetahui lokasi, harga tiket dan daya tarik yang ada di wisata tersebut.

Sekilas Tentang Pantai Nguyahan

Sekilas Tentang Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_luhur wibowo)

Menurut cerita rakyat, nama dari pantai ini sebenarnya bermula dari suatu sejarah di masa lalu. Konon di pantai ini dahulu sering dilakukan untuk pembuatan garam dan lokasinya tidak jauh dari air laut.

Karena sering dibuat garam maka warga sekitar kerap menyebut pantai ini dengan sebutan Nguyahan. Nama tersebut sebenarnya berasal dari kata Uyah yang artinya garam. Karena sudah menjadi budaya semenjak zaman dahulu maka kegiatan membuat garam terus berjalan hingga sekarang.

Selain dikenal melalui sejarah, pantai ini juga dikenal garis pantainya yang tergolong pendek dan melandai. Garis seperti ini akan jarang ditemui di pantai lain di berbagai daerah.

Tidak hanya itu batu karang yang ada di bawah lautnya mampu menciptakan kesan yang indah. Belum lagi dari sisi pasir pantai yang memiliki ciri khas dengan tekstur halus.

Hal yang paling unik lain di pantai ini adalah dengan adanya biota laut yang indah. Tipe hewan ini bisa ditemukan oleh wisatawan di berbagai lorong-lorong batu karang kecil di bawah laut.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Nguyahan

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_Hayu Tri Rahayu)

Untuk kamu yang tertarik untuk ke pantai tersebut, lokasinya berada di Desa Kanigoro Kec. Saptosari Kab. Gunungkidul. Untuk menuju ke wisata tersebut, pengunjung bisa memulai dari kota Yogyakarta.

Dari kota tersebut, pengunjung bisa berjalan ke Jalan Sisingamangaraja. Setelah sampai di tempat tersebut bisa melanjutkan ke Imogiri Barat kemudian tinggal masuk ke Jalan Bakulan Imogiri.

Dari jalan tersebut nantinya pengunjung akan sampai ke Masjid Al-Khidmah yang dekat dengan SMK Muhammadiyah Imogiri. Dari lokasi tersebut bisa masuk ke Jalan Siluk Panggang kemudian tinggal lurus saja hingga ke Warung Mak To. Dari tempat ini, pengunjung bisa jalan terus hingga sampai ke pantai tersebut.

Jika dilihat dari lokasi tersebut rasanya wisata ini cukup rumit dari jalannya. Untuk memudahkan, pengunjung bisa menggunakan Google Maps selama di perjalanan agar tidak tersesat ke lokasi lain. Jika sampai di salah satu jalan di atas, pengunjung juga bisa bertanya ke orang sekitar terkait jalan ke pantai tersebut.

Sebagai informasi untuk menuju ke pantai tersebut dari sisi jalannya cukup berkelok dan rumit. Untuk itu untuk yang suka mabuk di perjalanan sebaiknya makan terlebih dahulu atau minum obat anti mabuk.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Nguyahan di Gunungkidul:

Alamat: Pantai ngobaran, Gebang, Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Harga Tiket dan Jam Operasional di Pantai Nguyahan

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Jumat08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Sabtu08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu08.00 WIB – 18.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang cukup banyak. Karena tiket masuk ke tempat wisata ini hanya 5 ribu rupiah per orangnya.

Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa mendapatkan beragam fasilitas yang ada di sekitar Pantai Nguyahan ini. Selain biaya tersebut, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya lagi kecuali parkir dan sewa alat renang.

Untuk biaya parkir di tempat ini tergantung kendaraan yang dibawa oleh pengunjung. Jika motor maka biayanya sekitar 3 ribu rupiah dan 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Lalu dari segi jam operasional untuk masuk ke tempat wisata ini mulai dari jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Jadi pengunjung tinggal menentukan saja waktu terbaik untuk berwisata di tempat tersebut.

Daya Tarik di Pantai Nguyahan

Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri hingga ramai dikunjungi wisatawan, diantaranya sebagai berikut:

Daya Tarik di Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_jumiyono1979)

1. Pemandangan Pantai

Karena tergolong wisata air maka destinasi ini mengandalkan keindahan pantainya yang eksotis. Jadi pengunjung yang mulai masuk ke pantai ini nantinya bisa melihat hamparan air yang sudah menyatu dengan laut.

Tidak hanya itu, air yang ada di tempat ini terlihat sangat jernih dan warna birunya termasuk cukup cantik. Hamparan keindahan laut ini membentang luas sepanjang mata memandang.

Selain air laut yang indah, pantai ini juga memiliki pasir dengan warna putih dan sangat halus. Dengan demikian tidak membahayakan anak-anak yang bermain di sekitar pantai tersebut. Bahkan pengunjung juga bisa duduk santai di Pantai Nguyahan dengan menggunakan alas.

Belum lagi, pengunjung juga bisa melihat tingginya ombak yang menerjang setiap karang yang ada.Lalu suasana pantai bisa menenangkan dengan adanya angin yang sepoi-sepoi.

Angin tersebut berasal dari pantai dan bukit yang ada di sekitar tempat wisata ini. Di sekitar bukit tersebut, pengunjung bisa bisa melihat beberapa rumah warga yang pekerjaan utamanya menjadi nelayan di pantai tersebut.

2. Rumput Laut

Dengan pesona pantainya yang bagus, wisata satu ini juga memiliki rumput laut yang hidup di sekitar tempat tersebut. Jenis tumbuhan dengan warna hijau ini tumbuh di air laut dan ada di balik batu karang.

Daya tarik satu ini bisa juga menjadi nilai guna ketika diperjualbelikan di beberapa daerah. Karena itu, tumbuhan ini kerap dijadikan ladang usaha oleh warga sekitar Pantai Nguyahan.

Banyak dari masyarakat di sekitar pantai yang memanen rumput laut dan ini menjadi daya tarik tersendiri. Jika ingin mendapatkan pengalaman, pengunjung bisa juga membantu warna memanen rumput laut.

Rumput Laut

3. Batu Karang

Batu karang yang ada di pantai ini bisa dijumpai di berbagai tempat di destinasi ini. Untuk ukuran dari batu satu ini ukurannya beragam mulai dari yang kecil, sedang hingga besar.

Karena terdiri dari berbagai ukuran ini membuat batu ini memiliki pesona yang tersendiri. Bahkan batu ini juga mampu menambah keindahan dari pantai ini dan membuatnya semakin sejuk.

Umumnya batu ini digunakan pengunjung untuk berfoto atau memancing. Di setiap sela-sela pada batu karang di Pantai Nguyahan ini terdapat banyak ikan yang terperangkap.

Ikan tersebut berasal dari terjangan ombak air laut dan akhirnya menghantam batu karang di sekitar pantai. Tidak hanya ikan, batu karang ini juga banyak ditumbuhi rumput yang hijau dan ganggang laut.

4. Gubuk

Pilihan dari tarik lainnya ada gubuk yang dari sisi bentuknya cukup sederhana. Gubuk ini tersebar di beberapa tempat dan bisa digunakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat.

Dengan ukuran yang terbilang cukup besar ini bisa digunakan duduk bersama keluarga tercinta. Duduk di tempat ini tergolong sejuk dan nyaman karena pengunjung bisa menikmati semilir angin yang datang dari sekitar Pantai Nguyahan.

Gubuk ini dari sisi alasnya terbuat dari bambu dan pegangannya pun juga dari bahan yang sama. Hanya saja dari sisi atapnya terbuat dari seng yang berbentuk segitiga.

Untuk gubuk ini memang disediakan secara gratis oleh pihak pengelola. Sehingga wisatawan bisa datang lebih cepat jika ingin duduk di sekitar tempat duduk ini dan menikmati sejuknya angin Pantai Nguyahan.

Fasilitas di sekitar Pantai Nguyahan

Selain daya tarik pantai, wisata ini juga didukung berbagai fasilitas lain diantaranya sebagai berikut:

Fasilitas di sekitar Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_one suro)
    • Area Parkir: Sebagai wisata yang cukup populer di Gunungkidul, wisata ini dilengkapi tempat parkir. Untuk ukuran dari area parkir ini tergolong cukup luas untuk menampung banyak kendaraan. Jadi setiap kendaraan yang masuk baik motor atau mobil nantinya ada tempat tersendiri. Dengan seperti ini maka pengunjung akan mudah masuk atau keluar dari area tersebut. Setiap kendaraan yang masuk nanti akan dikenakan biaya yang berbeda antara roda dua dan empat.
    • Toilet: Toilet yang ada di Pantai Nguyahan ini jumlahnya cukup banyak untuk menampung pengunjung yang akan buang air kecil. Tidak hanya dari segi jumlah tetapi tingkat kebersihannya terus terjaga. Dengan seperti ini maka siapapun yang masuk di area tersebut tidak mendapatkan bau tidak sedap.
    • Kamar Mandi: Setelah cukup lama berenang atau bermain air maka pengunjung bisa bersihkan diri mandi. Untuk memfasilitasi itu maka di wisata ini juga disediakan beberapa kamar mandi. Seperti toilet, kamar ini selalu dijaga oleh pihak pengelola terkait kebersihannya.Lalu hal yang paling penting lagi adalah airnya sangat bersih dan jernih sehingga aman membuat pengunjung nyaman saat mandi di tempat tersebut.
    • Musholla: Selama berada di sekitar pantai terkadang ada pengunjung yang tidak mau meninggalkan ibadah. Maka dari itu di Pantai Nguyahan ini juga disediakan mushola dengan ukuran cukup kecil. Untuk tempat beribadah ini lokasinya ada di sebelah perkampungan warga sekitar. Meski terbilang kecil, musholla ini juga selalu dirawat sehingga membuat nyaman saat beribadah. Selain itu dari sisi air yang ada di tempat ini termasuk bersih dan jernih.
    • Warung Makanan: Saat sampai di area pantai ini, pengunjung juga bisa menemui berbagai warung makanan. Di warung tersebut ada berbagai aneka makanan khas dengan rasa yang cukup lezat. Tidak hanya makanan, minuman dengan berbagai rasa pun juga tersedia di warung tersebut. Lalu untuk masalah harga tidak perlu khawatir karena cukup terjangkau dan ramah di kantong.
    • Tempat Penyewaan: Ketika jalan-jalan di area parkir terkadang ada juga yang tidak membawa peralatan selama berada di Pantai Nguyahan. Untuk itu di wisata ini diberikan fasilitas penyewaan berbagai peralatan. Untuk jenisnya cukup banyak mulai dari tikar, payung besar dan yang lainnya. Jadi pengunjung tinggal datang ke tempat tersebut untuk menikmati setiap peralatan yang ada dengan biaya yang cukup terjangkau.

Aktivitas di Pantai Nguyahan

Dengan seluruh daya tarik yang ada itu, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas diantaranya sebagai berikut:

Aktivitas di Pantai Nguyahan
(sumber gambar: GoogleMaps_sutikno sp)

1. Berenang

Datang dengan wisata air, kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya berenang. Aktivitas ini menjadi kegiatan wajib untuk mereka yang bisa berenang di air laut.

Namun untuk melakukan aktivitas ini sebaiknya dilakukan di area yang tergolong aman. Pengunjung bisa berenang di bagian tepi yang tergolong dangkal agar tidak terbawa oleh ombak yang besar.

Selain itu selama berenang di tempat ini juga selalu waspada apalagi membawa anak-anak. Karena pasang surutnya dari air laut ini terkadang tidak mengenal waktu dan terjadi secara mendadak.

2. Surfing

Sebagaimana disebutkan jika ombak di Pantai Nguyahan ini termasuk cukup besar khususnya di area tengah. Untuk itu area tersebut tidak cocok untuk berenang dan sangat cocok jika bermain surfing.

Bagi pengunjung yang hobi dengan kegiatan tersebut maka bisa membawa papan seluncur dari rumah masing-masing. Hal ini dilakukan karena ditakutkan belum tersedia untuk papan tersebut. Jika sudah ada papan seluncurnya maka pengunjung bisa berselancar dengan puas di area pantai.

Surfing

3. Mancing Ikan

Selain berenang atau surfing, pengunjung juga bisa memancing di sekitar area tersebut. Untuk memancing ikan ini sebenarnya bisa di sejumlah tempat namun disarankan di sekitar batu karang.

Area ini terbilang sangat cocok karena sering ada ikan yang dari terjangan ombak Pantai Nguyahan. Di batu karang ini tidak hanya wisatawan tapi warga sekitar pun juga banyak yang memancing.

Hanya untuk memancing ikan ini, pengunjung harus membawa sendiri peralatannya. Pihak penyewa yang ada di sekitar pantai tidak menyediakan alat memancing dan yang lainnya.

4. Sunset di Atas Bukit

Beberapa pengunjung terkadang suka melihat sunset saat mencapai di wisata tertentu. Di wisata ini, hal ini bisa dilakukan tetapi pengunjung harus datang ketika sore hari.

Untuk memandang sunset ini, pengunjung bisa datang ke timur pantai dan disitulah ada bukit karang yang cukup tinggi. Di karang Pantai Nguyahan ini, pengunjung bisa melihat dengan jelas sunsetnya. Hanya saja untuk menuju ke bukit tersebut, pengunjung harus berusaha naik ke atas terlebih dahulu.

Jika tidak bisa naik maka sunset ini bisa dilihat dari gubuk yang ada di sekitar pantai. Sunset yang ada di wisata ini akan membuat kejutan dan mungkin belum banyak ditemui di beberapa tempat.

Sunset di Atas Bukit

5. Hunting Foto

Dengan banyaknya batu karang, indahnya pantai rasanya kurang pas jika tidak berfoto di wisata ini. Pengunjung tinggal memilih saja di mana spot yang cocok untuk berfoto bersama keluarga.

Beberapa spot yang biasa digunakan berfoto seperti pasir putih, bukit yang berjejer, rumput laut dan yang lainnya.Lalu yang paling menarik ketika masuk sore hari bisa juga berfoto di langit yang biru atau jingga.

Semua spot tersebut bisa bebas digunakan oleh pengunjung dan tidak dikenakan biaya. Dengan begitu tinggal berfoto sepuasnya dan mengabadikan momen selama berada di pantai.

6. Bermain Pasir

Pantai Nguyahan ini dikenal pasir yang sangat halus sehingga bisa digunakan untuk bermain. Untuk permainannya bisa menuliskan kata-kata tertentu di tempat tersebut kemudian di foto dengan gadget.Jika membawa anak-anak bisa juga membawa peralatan dari rumah untuk bermain di pasir tersebut.

Rekomendasai Penginapan Dekat Pantai Nguyahan di Gunungkidul

Ada berbagai hotel, penginapan dan homestay yang bisa kamu pilih untuk bermalam di sekitar pantai ini. Ada banyak pilihan di aplikasi booking online, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget.

Berbagai diskon pun sering ditawarkan agar kamu bisa memesan penginapan dengan harga yang lebih murah. Berikut ini adalah rekomendasi penginapan yang bisa menjadi referensi kamu untuk bermalam di Pantai Nguyahan, Gunungkidul:

1. Baron Hill Resort

Baron Hill Resort
(sumber gambar: Agoda)

Baron Hill Resort, yang strategis terletak di Kemadang, Bagian Bedoyo. Kami menawarkan kenyamanan dengan dekatnya akses ke atraksi dan pilihan restoran menarik. Rasakan keindahan pemandangan laut ketika kamu menjelajahi keindahan Baron Beach yang terletak di sekitar kami.

Saat menginap, nikmati fasilitas kami, termasuk tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, ruang keluarga, dan kamar bebas asap rokok. Kami juga menyediakan layanan internet dengan pilihan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 604.442 per malam

PESAN HOTEL Baron Hill Resort Diskon 59%

2. Sandhya Giri Beach Resort Watukodok

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok
(sumber gambar: Agoda)

Bersantailah di Sandhya Giri Beach Resort, lokasinya yang strategis di Kemadang, Bagian Bedoyo, memberikan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Baron Beach yang terkenal sebelum kamu pulang.

Fasilitas kami meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, ruang keluarga, dan pantai. Properti kami bebas asap rokok, dan tersedia kamar yang juga bebas asap rokok dengan pilihan bahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 840.000 per malam

PESAN HOTEL Sandhya Giri Beach Resort Diskon 51%

3. The Royal Joglo

The Royal Joglo
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman istimewa di The Royal Joglo, yang terletak di Ngestirejo, Bagian Bedoyo. Kami menawarkan kenyamanan dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan Baron Beach yang terkenal sebelum kamu meninggalkan area kami.

Sebagai bonus tambahan, kami menyediakan kolam renang luar ruangan untuk memenuhi kebutuhan kamu dengan mudah. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas kami termasuk resepsionis 24 jam, shuttle bandara, izin hewan peliharaan, tempat parkir mobil, WiFi gratis, laundry, dan WiFi di tempat umum.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 327.517 per malam

PESAN HOTEL The Royal Joglo Diskon 59%

4. Hotel Santika Gunungkidul – Jogja

Hotel Santika Gunungkidul - Jogja
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Santika Gunungkidul – Jogja, yang terletak strategis di Wonosari, Bagian Yogyakarta. Properti bintang-3 kami menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan kamu selama menginap.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas kami termasuk tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, check-in/check-out bebas kontak, pusat kebugaran, kolam renang luar ruangan, kedai kopi, restoran, dan layanan kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 627.278 per malam

PESAN HOTEL Hotel Santika Gunungkidul – Jogja Diskon 54%

5. Baron Lighthouse Cottage & Eatery

Baron Lighthouse Cottage & Eatery
(sumber gambar: Agoda)

Bergaya di Baron Lighthouse Cottage & Eatery, properti bintang-4 kami di Kemadang, Bagian Bedoyo. Kami menawarkan kenyamanan dekat dengan atraksi dan restoran menarik, dengan pemandangan laut yang memukau saat kamu mengunjungi Baron Beach terdekat.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas kami meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, check-in/check-out pribadi, sarapan gratis, kolam renang, bar, dan restoran.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.168.200 per malam

PESAN HOTEL Baron Lighthouse Cottage & Eatery Diskon 55%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Gunungkidul di Sekitar Pantai Nguyahan

Di sekitar pantai tersebut, kamu dapat menemukan beberapa kuliner khas Gunungkidul yang lezat. Berikut adalah beberapa hidangan yang mungkin ingin kamu cicipi:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Gunungkidul di Sekitar Pantai Nguyahan

    • Gulai Terong Gunungkidul: Gulai terong adalah hidangan khas daerah ini. Terong direbus dalam kuah gulai yang kaya rempah, membuatnya sangat lezat.
    • Pecel Lele: Pecel lele adalah hidangan yang terdiri dari ikan lele yang digoreng atau dibakar, disajikan dengan sambal pecel (sambal kacang) dan lalapan.
    • Ikan Bakar: Karena Gunungkidul berada di daerah pesisir, kamu pasti akan menemukan ikan bakar yang segar. Ikan biasanya dibumbui dan dipanggang hingga matang.
    • Sate Klathak: Sate klathak merupakan sate kambing yang dibuat dengan cara dipanggang menggunakan arang. Rasanya yang gurih dan daging kambing yang empuk membuatnya menjadi pilihan yang populer.
    • Sego Abang: Sego abang adalah nasi goreng khas Gunungkidul. Nasi goreng ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti telur, ayam, dan kerupuk.
    • Bakmi Jawa: Jika kamu menyukai mie, cobalah bakmi Jawa yang khas. Mie ini disajikan dengan kuah yang kaya rasa dan berbagai tambahan seperti ayam suwir, pangsit, dan sayuran.
    • Es Dawet Ayu: Untuk pencuci mulut, nikmati es dawet ayu. Minuman segar ini terbuat dari dawet (sejenis jelly hijau dari tepung beras) yang disajikan dengan santan, sirup gula merah, dan es serut.

Kesimpulan

Jadi untuk pengunjung yang ingin menikmati liburan di akhir pekan, pantai ini bisa menjadi pilihan terbaiknya. Banyaknya batu karang, indahnya air laut, dan cantiknya rumput laut menjadi daya tarik tersendiri.

Dalam kondisi seperti itu, pengunjung bisa berenang, surfing atau memancing di Pantai Nguyahan. Untuk yang tidak ingin bermain di air bisa juga duduk santai di gubuk yang sudah disediakan.

You might also like