Pantai Nirwana di Padang: Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Ketika berkunjung ke Sumatera Barat, tepatnya di daerah Padang sepertinya belum lengkap kalau tidak berkunjung ke salah satu pantai yang eksotis ini. Berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur, pantai ini memiliki nama Pantai Nirwana.

Lokasi pantai ini memang tidak jauh dari daerah Padang. Namun, destinasi ini dapat dikatakan masih sepi pengunjung, terutama saat weekday. Bahkan saat akhir pekan, pantai ini juga tidak begitu ramai. Oleh sebab itu, wisata ini cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan ketika berlibur.

Sekilas Mengenal Pantai Nirwana

Sekilas Mengenal Pantai Nirwana
(sumber gambar: GoogleMaps_Sonys)

Berlokasi di garis pantai Sumatera dan memiliki jarak kurang lebih 11 km dari pusat kota, tempat wisata ini tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Tidak mengherankan, saat sampai di tempat ini, kamu akan langsung melihat pemandangan khas pelabuhan, seperti sejumlah kapal pesiar yang berlabuh atau melintasi daerah Teluk.

Pantai Nirwana memiliki permukaan yang landau dan berbentuk memanjang. Sedangkan tekstur pasir yang dimilikinya sedikit kasar dan berwarna putih kecoklatan. Kondisi ombak lautnya tenang, bahkan seperti tidak ada ombak.

Dengan keadaan pantai tersebut, wisata ini sangat aman dikunjungi wisatawan yang berlibur bersama dengan buah hati. Bahkan, tidak berhenti sampai di sini saja, pantai ini miliki sejumlah pohon kelapa yang berada di tepian pantai dan pemandangan bukit yang berada di daerah Teluk Bayur.

Sejumlah pemandangan tersebut tentu saja semakin menambah kemolekan pantai ini. Membuat siapa saja bisa terkesima karena keindahan yang dimilikinya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Nirwana

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Nirwana

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota Padang, tepatnya berada di Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kota Padang. Untuk sampai di pantai ini, rute yang harus dilalui tidak sulit.

Selain itu cukup banyak akses kendaraan umum yang bisa digunakan seperti transportasi online, ojek motor, angkot hingga bus travel. Keadaan jalan untuk sampai di pantai ini juga mulus. Dari pusat kota Padang, kamu hanya membutuhkan waktu selama 20 menit saja.

Rute yang bisa digunakan, bisa mengikuti Jalan Raya Padang – Painan, kemudian arahkan kendaraan ke Pelabuhan Teluk Bayur. Lokasi pantai ini berada di kanan jalan. Selain melalui jalur tersebut, kamu juga bisa melalui jalur Padang – Muko Muko. Tidak perlu khawatir, jalanan ini begitu mulus dan membujur di tepian laut.

Namun, jika melalui jalur ini, pastikan mengendarai kendaraan dengan berhati-hati, karena jalannya cukup berkelok di daerah semenanjung. Di sepanjang perjalanan, nantinya kamu akan disuguhi pemandangan yang indah, selain itu beberapa monyet ekor panjang akan terlihat meminta makanan.

Tetapi, jika memilih menggunakan angkot, kamu bisa menggunakan angkutan umum nomor 437 melalui Pasar Raya Padang. Nantinya, angkot akan melalui jalan Sultan Syahrir, kemudian ke Jalan Padang – Bengkulu.

Rute Lengkap Menuju Pantai Nirwana di Padang, Sumatera Barat:

Alamat: Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat 25227

Jam Operasional Pantai Nirwana

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Sebenarnya, pantai ini buka selama 24 jam penuh. Umumnya, di moment-moment tertentu seperti hari raya Natal dan Tahun Baru, pantai ini dipadati oleh pengunjung yang berkemah.

Harga Tiket Pantai Nirwana

Harga Tiket MasukParkir
DewasaAnak-anakMotorMobil
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis
Rp 20.000Rp 15.000GratisGratis

Biarpun memiliki pemandangan yang menawan, tetapi Pantai Nirwana memiliki biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Untuk anak-anak hanya Rp15 ribuan, dan untuk orang dewasa Rp20 ribuan saja.

Selain menyiapkan uang untuk membayar biaya tiket masuk, kamu juga harus merogoh kantong jika ingin menggunakan kamar mandi. Biaya untuk menggunakan kamar mandi bilas Rp3 ribuan.

Jika ingin bersantai di tepi pantai menggunakan tikar, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp15 ribuan. Kemudian, ada juga sewa ban dengan harga Rp10 ribuan saja.

Daya Tarik Pantai Nirwana

Bukan hanya memiliki pemandangan pasir pantai dan air laut yang biru, destinasi wisata ini juga mempunyai sejumlah daya tarik yang sayang dilewatkan, misalnya:

Daya Tarik Pantai Nirwana
(sumber gambar: GoogleMaps_Anom Bayu)

1. Pantai dengan Pasir Putih

Pantai Nirwana menjadi salah satu pantai yang memiliki pasir putih. Bahkan, bukan hanya keindahan pasir putihnya saja, air laut di pantai ini juga begitu jernih. Dengan kejernihan air yang dimilikinya, kita bisa melihat batu karang yang berada di dasar perairan pantai.

Terlebih ketika air laut mulai pasang, kamu akan bisa melihat dengan jelas hamparan batu karang yang indah. Harus diakui bila nama nirwana cukup menggambarkan pemandangan dan suasana pantai seperti surga.

Pemandangan air lautnya yang biru juga bisa terlihat dari kejauhan, dan sangat jernih jika dari dekat. Hamparan ini masih ditambah hijaunya pepohonan yang berada di sana. Pemandangan menjadi semakin eksotis saat kamu mengunjungi destinasi ini di cuaca cerah dan langit terlihat biru muda.

2. Indahnya Matahari Terbenam

Pesona lain yang dimiliki Pantai Nirwana adalah keindahan matahari terbenam yang dimilikinya. Cahaya jingga yang berasal dari matahari perlahan-lahan mulai berubah menjadi gelap dan membuat pemandangan menjadi semakin menawan.

Saat matahari terbenam, air laut akan lebih terlihat berkilau karena ada pantulan cahaya matahari. Kemudian, area pantai yang berpasir putih berubah menjadi oranye. Pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bermain pasir dan berenang.

Bukan hanya itu, ketika suasana sore berubah menjadi semakin gelap, biasanya pengunjung akan mengambil foto siluet seperti sedang memegang matahari. Jika ingin bersantai, kamu bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam.

Indahnya Matahari Terbenam
(sumber gambar: GoogleMaps_Masril Rustam)

3. Melihat Keindahan Teluk Bayur

Pantai ini tidak jauh dari Teluk Bayur yang terkenal di Padang. Pengunjung bisa menyaksikan teluk ini dari perbukitan dan mengelilingi area pantai dari jauh. Saat dilihat dari pantai, kamu akan menyaksikan pemandangan lalu lalang hingga kapal barang terlihat dengan jelas.

Pemandangan semakin bertambah menawan saat masuk di sore dan malam hari. Di malam hari, Teluk Bayur penuh dengan lampu kapal. Panorama ini terlihat begitu mengagumkan dan menarik minat pengunjung pantai untuk mengabadikannya.

Harus diakui, pemandangan Teluk Bayur ini juga yang semakin menyemarakkan suasana untuk yang sedang bersantai di pinggir pantai.

4. Memancing

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Nirwana adalah memancing. Pengunjung bisa memancing melalui pelabuhan yang berada di pinggir pantai. Selain di pelabuhan, beberapa pengunjung menyewa kapal nelayan dan memancing di tengah laut.

Berbagai jenis ikan dapat kamu dapatkan di sini. Tapi, jika ingin berniat untuk memancing, jangan lupa membawa alat pancing sendiri, karena di sini tidak terdapat tempat penyewaan alat pancing.

Memancing

5. Berkemah

Masih ingin menikmati keindahan Pantai Nirwana dalam waktu yang lebih lama? Oleh karena itu, kamu bisa berkemah di pinggir pantai saat malam hari. Namun, mengingat angin pantai yang dingin, jangan lupa menyalakan api unggun.

Jika sebelumnya kamu memancing, kamu dapat membakar ikan hasil tangkapan. Hanya dengan membayangkannya saja, sudah terlihat sangat menyenangkan bukan?

6. Mengambil Gambar Pemandangan Tepi Pantai

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini memiliki air yang jernih dan pasir berwarna putih. Bukan hanya itu, nyiur pohon kelapa yang berada di sekitar pantai juga menawan.

Dengan pemandangan ini, sayang rasanya bila melewatkannya begitu saja. Kamu bisa memotret pemandangan pantai atau berswafoto bersama dengan keluarga atau teman.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nirwana

Meskipun pantai ini masih sepi pengunjung, ada sejumlah fasilitas yang disediakan oleh pengelola, mulai dari:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nirwana

    • Gazebo: Salah satu fasilitas yang membuat pengunjung betah di sini adalah gazebo yang dimilikinya. Dengan gazebo-gazebo ini, kamu bisa bersantai bersama keluarga setelah lelah bermain air.
    • Toilet dan Tempat Bilas: Selain gazebo, fasilitas lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah toilet dan tempat bilas. Tidak perlu khawatir, biaya toilet yang dibanderol juga tidak begitu mahal, sekitar antara Rp2000 hingga Rp5000 saja.
    • Jasa Sewa Boat dan Perahu: Ingin menjelajahi Pantai Nirwana lebih jauh? kamu bisa menyewa boat atau perahu. Di sekitar pantai, terdapat tempat penyewaan boat dan perahu dengan harga cukup terjangkau. Karena kebanyakan warga berprofesi sebagai nelayan, terkadang mereka menyewakan kapalnya.
    • Perlengkapan Snorkeling: Bukan hanya memiliki pemandangan pantai yang indah, pantai ini memiliki pemandangan di bawah laut yang mempesona mata dan membuat siapa saja ingin lebih dalam mengeksplornya. Jika kamu mempunyai hobi snorkeling, kamu bisa mencoba melihat keindahan alam bawah laut dari pantai ini. Tidak perlu cemas, di sekitar pantai terdapat jasa penyewaan snorkeling.
    • Warung Makan: Selain berbagai fasilitas di atas, di pantai ini juga terdapat warung makan yang menyediakan camilan dan makanan berat seperti mie instan, nasi telur dan beberapa pilihan makanan lainnya. Harga yang ditawarkan cukup variatif dan tidak membuat kantong kamu jebol.

Tips Berkunjung ke Pantai Nirwana

Agar liburan kamu ke pantai ini menjadi makin menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa di ikuti, antara lain:

Tips Berkunjung ke Pantai Nirwana

1. Perhatikan Waktu Berkunjung

Sebenarnya, waktu terbaik mengunjungi Pantai Nirwana adalah ketika musim panas. Misalnya pada bulan Juni sampai bulan Agustus. Sebisa mungkin sebelum pergi, lihatlah perkiraan cuaca terlebih dahulu.

Jika mengunjungi pantai ini saat musim hujan, kamu tidak bisa mengeksplor pantai dengan maksimal. Selain itu saat pengunjung membludak, pantai ini tidak memiliki banyak tempat berteduh, dan membuat kamu berisiko kehujanan. Bukan hanya itu, saat musim hujan, bakteri dan polusi menjadi semakin tinggi.

2. Berkunjung Saat Hari Biasa

Meskipun pantai ini masih sepi pengunjung, tetapi terdapat beberapa momen tertentu yang membuat Pantai Nirwana ramai. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik berkunjung pantai di hari biasa. Saat akhir pekan, biasanya pantai ini dipenuhi oleh kalangan anak muda.

Kamu dapat mengunjungi pantai ini di pagi hari atau di sore hari. Jika di pagi hari, usahakan sudah sampai di pantai pukul 9 pagi, sehingga masih banyak spot untuk duduk bersantai.

Sedangkan jika ingin datang di sore hari, usahakan datang sebelum jam 5 sore, sehingga kamu bisa melihat indahnya matahari terbenam.

Berkunjung Saat Hari Biasa
(sumber gambar: GoogleMaps_Nadya melanie)

3. Membawa Uang Tunai Secukupnya

Perlu diketahui, pantai ini cukup jauh dari minimarket dan ATM. Selain itu biasanya transaksi di warung atau di penyewaan kapal memakai uang tunai. Oleh sebab itu pastikan membawa uang tunai dalam jumlah cukup.

Kamu bisa menyiapkan budget untuk membeli makanan, menyewa kapal, menyewa peralatan snorkeling dan untuk membayar sewa kamar manadi.

4. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Pengelola pantai telah menyediakan beberapa titik tempat sampah. Pastikan membuang sampah pada tempatnya agar menjaga pantai tetap asri. Jika sulit menemukan tempat sampah, kamu dapat memasukkan sampah ke plastik, kemudian membawanya kembali pulang.

Kekurangan Pantai Nirwana

Meskipun memiliki pemandangan yang indah, pantai ini tetap memiliki sejumlah kekurangan, misalnya:

    • Jumlah Tempat Sampah yang Kurang Memadai: Jika dibandingkan luas area pantai, jumlah tempat sampah yang diberikan pengelola memang sangat kurang. Karena sedikitnya jumlah tempat sampah, ada beberapa sampah yang berserakan di pinggir pantai.
    • MCK yang Membutuhkan Perbaikan: Selain titik tempat sampah yang kurang, pantai ini juga membutuhkan perbaikan berkenaan dengan sarana MCK. Jumlah MCK yang ada di pantai cukup terbatas sehingga pengunjung harus bersabar bila ingin mandi atau berbilas.

Hotel di Sekitar Pantai Nirwana

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama untuk mengeksplor keindahan pantai ini, tetapi tidak ingin berkemah, kamu bisa menyewa hotel. Berikut sejumlah hotel yang tidak jauh dari destinasi ini, misalnya:

1. Hotel Truntum Padang

Hotel Truntum Padang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Truntum Padang, terletak secara strategis di Padang Barat, kami menawarkan akses yang mudah ke atraksi dan objek wisata lokal. Pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menjelajahi Pulau Pagang dan menikmati keindahan Pantai Padang Taplau yang terdekat.

Dengan peringkat bintang-4, properti berkelas ini menyajikan kolam renang luar ruangan, pijat, dan pusat kebugaran untuk meningkatkan kenyamanan kamu selama menginap. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas lainnya meliputi resepsionis 24 jam, shuttle bandara, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 566.219 per malam

PESAN HOTEL Hotel Truntum Padang Diskon 59%

2. The Axana Hotel

The Axana Hotel
(sumber gambar: Agoda)

The Axana Hotel, tempat yang strategis di Padang Barat! Dengan lokasi dekat ke atraksi dan objek wisata, pastikan kamu menjelajahi Pulau Pagang dan menikmati Pantai Padang Taplau yang terdekat.

Dengan peringkat bintang-4, properti ini menawarkan ruang uap, kolam renang luar ruangan, dan layanan pijat untuk meningkatkan kenyamanan kamu. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas lainnya meliputi shuttle bandara, parkir valet, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 449.832 per malam

PESAN HOTEL The Axana Hotel Diskon 51%

3. Yulides Home & Garden

Yulides Home & Garden
(sumber gambar: Agoda)

Yulides Home & Garden, terletak strategis di Padang Barat, properti kami memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kunjungan ke Air Terjun Lembah Anai yang terkenal.

Properti bintang-4 ini dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat parkir mobil, sarapan gratis, keamanan 24 jam, dan layanan kebersihan harian. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 305.040 per malam

PESAN HOTEL Yulides Home & Garden Diskon 58%

4. Hotel Amaris Padang

Hotel Amaris Padang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Amaris Padang, terletak strategis di Padang Barat, kami menawarkan akses yang mudah ke atraksi lokal. Pastikan kamu menjelajahi Pulau Pagang dan menikmati Pantai Padang Taplau yang terdekat.

Sebagai bonus tambahan, restoran kami siap memenuhi kebutuhan kuliner kamu. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas lainnya termasuk resepsionis 24 jam, parkir valet, WiFi gratis, dan layanan laundry.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 467.500 per malam

PESAN HOTEL Hotel Amaris Padang Diskon 59%

5. Grand Sari Hotel

Grand Sari Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Grand Sari Hotel, terletak strategis di Padang Barat, kami menawarkan akses yang dekat ke atraksi dan objek wisata lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Pulau Pagang dan menikmati Pantai Padang Taplau terdekat. Fasilitas kami meliputi kolam renang luar ruangan, pijat, dan restoran untuk memaksimalkan kenyamanan kamu.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas tambahan melibatkan resepsionis 24 jam, shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis, dan kemudahan penarikan uang tunai.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 304.200 per malam

PESAN HOTEL Grand Sari Hotel Diskon 54%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Padang di Sekitar Pantai Nirwana

Sungguh pengalaman yang menarik! Jika kamu berada di sekitar Pantai Nirwana dan ingin mencoba kuliner lezat khas Padang, ada beberapa hidangan yang patut dicoba. Padang dikenal dengan masakan yang kaya rempah dan rasa yang kuat. Berikut beberapa hidangan yang mungkin bisa kamu nikmati:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Padang di Sekitar Pantai Nirwana

    • Rendang: Salah satu hidangan terkenal dari Padang, rendang adalah daging yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah-rempah yang kaya. Ini biasanya dimasak hingga sangat empuk dan memiliki rasa yang mendalam.
    • Nasi Padang: Cobalah nasi Padang yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti rendang, sate padang, dendeng balado, gulai ayam, dan banyak lagi. Pilih lauk sesuai selera kamu.
    • Sate Padang: Sate Padang memiliki cita rasa yang unik, terutama dengan saus kacang kental yang dicampur dengan rempah-rempah. Cobalah sate daging sapi atau lidah sapi yang sangat lezat.
    • Gulai Ikan: Jika kamu suka hidangan laut, coba gulai ikan Padang. Ikan dimasak dalam kuah gulai yang kaya rasa, biasanya dengan tambahan bumbu-bumbu tradisional.
    • Dendeng Balado: Potongan daging sapi kering yang dimasak dengan saus balado pedas yang lezat. Rasanya pedas dan gurih sekaligus.
    • Perkedel Kentang: Meskipun bukan hidangan khas Padang, perkedel kentang sering disajikan sebagai pelengkap. Ini adalah gorengan kentang yang diolah dengan rempah-rempah.
    • Keripik Balado: Jika kamu menyukai camilan pedas, mencoba keripik balado adalah pilihan yang baik. Keripik ini biasanya terbuat dari keripik singkong atau pisang yang dilumuri dengan saus balado.

Kesimpulan

Pantai Nirwana bisa dikatakan menjadi destinasi yang menarik saat ingin menghabiskan moment akhir pekan atau saat mampir di daerah Padang. Namun, pastikan memperhatikan sejumlah tips di atas agar wisata kamu berjalan dengan lancar.

You might also like