Pantai Nusa Dua di Bali: Surga di Pulau Dewata yang Sayang untuk Dilewatkan

Pantai Nusa Dua menjadi salah satu kawasan wisata yang berada di Bali dan kerap dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Wajar saja, daerah ini dikelilingi sejumlah pantai yang bersih dan indah.

Contohnya saja seperti Pantai Nusa Dua. Memiliki jarak 12 km bila ditempuh dari Bandara Ngurah Rai. Sedangkan, kamu hanya memerlukan waktu selama 15 menit saja dari Pantai Jimbaran untuk sampai di pantai ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Nusa Dua

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Nusa Dua

Destinasi ini berlokasi di BTDC Area. Persisnya di Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali. Untuk sampai di pantai ini, kamu bisa menggunakan jalan utama. Tidak perlu khawatir karena kondisi jalan yang berlubang, becek atau rusak tidak akan ditemui.

Sehingga, perjalanan untuk sampai di kawasan pantai menjadi menyenangkan. Rute yang bisa digunakan untuk sampai di pantai ini bisa melalui Jalan Tol Mandala. Kemudian, masuk di jalan by Pass Ngurah Rai.

Saat melalui Jalan Tol Mandala, kamu akan melihat pemandangan laut sepanjang 6 km. Selain melalui tol, kamu bisa berangkat dari Kuta, dan menempuh perjalanan selama 30 menit.

Agar dapat sampai di Pantai Nusa Dua, kamu bukan hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau travel. Kamu bisa menggunakan taksi, atau sejumlah kendaraan online. Umumnya, bila dari Bandara Ngurah Rai, biaya yang harus dikeluarkan Rp100 ribuan saja.

Rute Lengkap Menuju Pantai Nusa Dua di Bali:

Alamat: Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nusa Dua

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menikmati keindahan Pantai Nusa Dua. Namun, bagi pengunjung yang membawa mobil atau motor, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5–10 ribu. Sejumlah fasilitas pariwisata dapat dinikmati secara gratis.

Namun terdapat juga beberapa sarana dan prasarana yang memerlukan pembayaran. Pantai Nusa Dua Bali beroperasi tanpa batasan waktu, alias buka sepanjang hari. Para wisatawan dapat mengunjungi pantai ini kapan saja sesuai keinginan mereka.

Daya Tarik Pantai Nusa Dua

Sebagai sebuah wisata, destinasi ini tentu saja memiliki sejumlah daya tarik. Berikut berbagai daya tarik yang dimilikinya, antara lain:

Daya Tarik Pantai Nusa Dua
(sumber gambar: GoogleMaps_Carmen Sanchez Rubiales)

1. Menjadi Lokasi Berbagai Acara Besar

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini adalah sering menjadi lokasi sejumlah acara besar. Misalnya saja seperti Konferensi PBB, dan KTT Apec.

Dengan dipilihnya Pantai Nusa Dua menjadi lokasi acara tersebut, Nusa Dua banyak dikunjungi kepala negara yang dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya sampai di sini saja, sejumlah partai politik sering menggelar acara keanggotaan partainya di pantai ini.

2. Tenang dan Asri

Daya tarik lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah tenang dan asri. Setelah sampai di Pantai Nusa Dua, kamu akan langsung menemukan banyak pohon. Sehingga, kesan nyaman, damai dan asri akan langsung terasa saat menginjakkan kaki di sini.

Bahkan, angin yang berhembus sepoi-sepoi akan langsung menyentuh rambut dengan lembut. Kesan ini mungkin tidak akan kamu temukan di pantai lain, terlebih daerah Kuta yang begitu ramai.

Tenang dan Asri
(sumber gambar: GoogleMaps_Zhou Dong)

3. Bisa Mengunjungi Pantai Lain Dalam Satu Waktu

Ketika berada di pantai ini, kamu bisa mengunjungi pantai lain dalam satu waktu. Tentu saja hal ini menjadi sebuah daya tarik dan membuat kita bisa menikmati spot dan suasana yang berbeda-beda.

Selain Pantai Nusa Dua, ketika sudah sampai di sini, kamu bisa mengunjungi pantai lain seperti Pantai Geger dan Pantai Water Blow. Pantai tersebut berlokasi di Nusa Dua.

4. Ombak yang Terasa Tenang

Ketika kamu ingin mengunjungi salah satu destinasi, pasti kamu akan mencari informasi mengenai destinasi itu dengan lengkap, seperti foto hingga video. Kebanyakan foto atau video yang menampilkan pantai ini akan memperlihatkan ombak yang tenang.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir saat membawa buah hati berwisata di sini. Air yang berada di teritori Pantai Nusa Dua juga begitu bening dan bersih. Bisa dipastikan, anak-anak akan langsung menyukai saat tiba di pantai.

Ombak yang Terasa Tenang
(sumber gambar: GoogleMaps_rachmat)

5. Memiliki Sejarah yang Menarik

Siapa yang menyangka jika pantai ini ternyata memiliki sejarah yang menarik. dulunya, terdapat 2 kesatria yang bertarung dengan sangat luar biasa untuk memperebutkan wilayah. Setelah mereka melakukan pertarungan sengit.

Kedua kesatria tersebut akhirnya memutuskan membagi kekuasaan yang diperebutkan. Pembagian wilayah kekuasaan tersebut kemudian diletakkan di pinggir pantai ini.

6. Sering Menjadi Tempat Gelaran Upacara Adat

Seperti yang kita ketahui, sejumlah pantai di Bali memang menjadi lokasi gelaran upacara adat. Salah satunya adalah di Pantai Nusa Dua ini. Pantai ini sering menjadi tempat gelaran upacara adat.

Upacara adat yang digelar di sini mulai dari upacara pernikahan, hari raya dan yang lainnya. Jika kamu ingin menyaksikan sejumlah upacara adat tersebut, pastikan memilih tanggal liburan yang tepat, contohnya bersamaan dengan hari raya keagamaan di Bali, atau di musim liburan.

Sering Menjadi Tempat Gelaran Upacara Adat

7. Tempat untuk Melakukan Meditasi

Meskipun destinasi wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, tetapi ada saja sejumlah spot yang dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan meditasi.

Aktivitas Seru di Pantai Nusa Dua

Memiliki berbagai daya tarik, ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, seperti:

Aktivitas Seru di Pantai Nusa Dua

1. Berenang dan Bermain Air

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang tenang, dan dangkal. Bahkan, di bibir pantai seperti tidak ada deburan ombak.

Sayang rasanya jika sudah sampai di pantai ini tetapi tidak bermain air atau berenang. Bukan hanya aman untuk orang dewasa, Pantai Nusa Dua aman untuk anak-anak. Sehingga kamu tidak perlu cemas.

2. Berjalan di Tepi Pantai

Memiliki area yang luas, pasir bersih, berwarna putih dan halus, kamu pasti sudah membayangkan seperti apa rasanya menginjakkan kaki di tepi pantai ini. Selain berenang dan bermain air, kamu harus berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menyaksikan pemandangan yang sangat eksotis.

Berjalan di Tepi Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Vaibhay Srivastava)

3. Berkunjung ke Pulau Kecil

Hal seru lainnya yang dapat kita lakukan saat berada di Pantai Nusa Dua adalah berkunjung ke pulau kecil. Dekat dengan pantai ini terdapat pulau kecil dengan taman yang asri dan pura kecil yang indah.

Biasanya, saat air surut, wisatawan akan mampir sebentar ke pulau kecil tersebut untuk mengeksplor keindahan yang ditawarkan oleh wisata ini,

4. Berfoto di Karang

Kurang lengkap rasanya jika sudah mengunjungi sebuah destinasi wisata tetapi tidak mengambil gambar. Salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sudah sampai di sini adalah berfoto di atas batu karang.

Biasanya, saat air laut sedang surut, batu karang yang berada di sekitar pantai akan langsung terlihat. Tidak perlu takut ketika berfoto di atas batu karang, karena pantai ini memiliki kontur yang cukup landai.

Berfoto di Karang
(sumber gambar: GoogleMaps_schmassbinder)

5. Berjemur dan Santai

Jika kamu sengaja datang ke Bali untuk berjemur, hal tersebut bisa kamu lakukan saat mengunjungi destinasi ini. Kamu bisa berjemur sambil bersantai dan melepas penat. Jika cuaca pantai sedang cerah, kamu bisa melihat indahnya gunung yang berada di seberang lautan.

6. Melihat Keindahan Sunrise

Jika kamu menginap di hotel yang dekat dengan pantai ini, jangan sampai melewatkan keindahan sunrise yang dimilikinya. Kamu bisa mengabadikan keindahan sunrise sembari berjalan-jalan di pinggir pantai.

7. Berbelanja

Pantai ini dipenuhi hotel mewah dan pusat perbelanjaan. Bila sudah puas menikmati indahnya pantai, tidak ada salahnya kamu langsung berbelanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas Pantai Nusa Dua

Ketika membahas masalah fasilitas, tentu fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai sudah lengkap. Mengingat, sejumlah acara nasional dan internasional yang digelar di sini. Berikut berbagai fasilitas yang tersedia:

Fasilitas Pantai Nusa Dua

    • Tempat Parkir yang Memadai: Salah satu pertimbangan ketika akan mengunjungi sebuah pantai adalah ketersediaan tempat parkir. Kamu tidak perlu khawatir karena pengelola sudah mempersiapkan tempat parkir yang luas di sini. Tempat parkir yang disediakan dapat menampung motor, mobil hingga bus. Biaya parkir yang diberikan juga tidak begitu mahal.
    • Restoran: Tidak hanya tempat parkir, Pantai Nusa Dua memiliki beberapa restoran dengan berbagai pilihan menu. Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari menu tradisional hingga nasional. Selain itu ada juga toko yang menjual bermacam oleh-oleh dan cendera mata khas dari Bali.
    • Tempat Sampah: Pantai ini sangat terawat dan bersih, bahkan kamu hampir tidak menemukan sampah yang tergeletak atau berserakan di sini. Tempat sampah juga sudah disebar di sejumlah titik. Sehingga, ketika liburan di sini, jangan membuang sampah sembarangan.

Tips Wisata ke Pantai Nusa Dua

Agar liburan ke pantai ini menjadi momen yang lebih mengasyikkan, berikut sejumlah tips yang bisa kamu ikuti waktu berlibur di sini, antara lain:

Tips Wisata ke Pantai Nusa Dua

    • Gunakan Sunblock: Seperti pantai di lokasi lainnya, pantai ini memiliki sinar matahari yang menyengat. Oleh sebab itu, agar kulit tidak terbakar, pastikan sudah menggunakan sunblock.
    • Cari Penginapan yang Dekat dengan Pantai: Jika kamu ingin melakukan liburan biaya minim bersama dengan teman, pastikan mencari penginapan yang terjangkau di sekitar Pantai Nusa Dua terlebih dahulu. Bila perlu, lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Jangan sampai, niat kamu yang ingin berhemat saat berlibur malah membuat kantong jebol hanya karena belum memesan penginapan di sekitar pantai.
    • Membawa Uang Dalam Jumlah Cukup: Jika pada umumnya saat mengunjungi pantai, kamu harus membawa uang tunai dengan jumlah cukup banyak, saat mengunjungi pantai ini, sepertinya kamu tidak perlu membawa uang tunai berlebihan. Di sekitar pantai terdapat restoran dan toko yang menerima sistem pembayaran non tunai. Sehingga kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk jajan atau untuk menyewa ban.
    • Tentukan Waktu Liburan yang Tepat: Sebenarnya, untuk masalah waktu liburan ini tergantung dari tujuan kamu mengunjungi pantai. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini untuk menikmati suasana santai dan tenang, kamu dapat singgah di moment weekdays. Tetapi, jika kamu sengaja datang ke pantai ini karena ingin menyaksikan upacara adat yang diadakan di sini, atau ingin melihat keramaian pantai, kamu dapat datang di saat musim liburan atau di moment perayaan keagamaan.

Hotel Dekat Pantai Nusa Dua Bali

Jika kamu ingin menginap di hotel yang tidak jauh dari pantai ini, berikut sejumlah rekomendasinya, misalnya:

1. Grand Whiz Hotel Nusa Dua

Grand Whiz Hotel Nusa Dua
(sumber gambar: Agoda)

Grand Whiz Hotel Nusa Dua, tempat menginap yang strategis di Bali. Lokasinya yang dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik membuat kamu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menjelajahi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal.

Dengan peringkat bintang-4, hotel ini menawarkan fasilitas mewah seperti kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan kolam renang dalam ruangan. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00 memastikan kenyamanan kamu. Nikmati juga fasilitas lain seperti shuttle bandara, penyewaan sepeda, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 565.100 per malam

PESAN HOTEL Grand Whiz Hotel Nusa Dua Diskon 76%

2. Amaris Hotel Pratama Nusa Dua

Amaris Hotel Pratama Nusa Dua
(sumber gambar: Agoda)

Amaris Hotel Pratama Nusa Dua adalah pilihan tempat menginap yang strategis di Bali. Dekat dengan atraksi dan restoran menarik, hotel ini menawarkan kolam renang luar ruangan, kolam renang dalam ruangan, dan restoran untuk meningkatkan kenyamanan kamu.

Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas lain termasuk parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, check-in/check-out ekspres, dan sarapan prasmanan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 360.000 per malam

PESAN HOTEL Amaris Hotel Pratama Nusa Dua Diskon 56%

3. Hotel ibis Styles Bali Benoa

Hotel ibis Styles Bali Benoa
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan tinggal di Hotel ibis Styles Bali Benoa, tempat menginap yang strategis di Nusa Dua, Bali. Dengan peringkat bintang-3.5, hotel ini menawarkan kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan pusat kebugaran.

Nikmati fasilitas lain seperti resepsionis 24 jam, shuttle bandara, tempat parkir mobil, layanan shuttle, tempat main anak, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 676.700 per malam

PESAN HOTEL Hotel ibis Styles Bali Benoa Diskon 62%

4. The Grand Bali Nusa Dua

The Grand Bali Nusa Dua
(sumber gambar: Agoda)

The Grand Bali Nusa Dua, tempat yang menawarkan pengalaman berbintang di Bali. Dengan peringkat bintang-4, hotel ini memberikan akses ke kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan pusat kebugaran.

Fasilitas lain termasuk resepsionis 24 jam, shuttle bandara, penyewaan sepeda, parkir valet, dan spa. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 982.244 per malam

PESAN HOTEL The Grand Bali Nusa Dua Diskon 65%

5. The Nest Hotel Nusa Dua

The Nest Hotel Nusa Dua
(sumber gambar: Agoda)

The Nest Hotel Nusa Dua adalah tempat yang strategis di Nusa Dua, Bali, dengan peringkat bintang-4. Hotel ini menawarkan akses ke kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan pusat kebugaran.

Fasilitas lain termasuk resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, dan WiFi gratis di semua kamar. Nikmati juga pusat kebugaran, kolam renang luar ruangan, penitipan barang, dan check-in/check-out pribadi. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.031.615 per malam

PESAN HOTEL The Nest Hotel Nusa Dua Diskon 64%

Destinasi Wisata yang Tidak Jauh dari Pantai Nusa Dua

Selain mengunjungi pantai ini, sebenarnya terdapat sejumlah destinasi lain yang sayang dilewatkan dan tidak jauh dari daerah ini, misalnya:

1. Museum Pasifika Bali Nusa Dua

Museum Pasifika Bali Nusa Dua
(sumber gambar: Google_Wira Rental Mobil Bali)

Pilihan destinasi yang pertama adalah Museum Pasifika Bali Nusa Dua. Museum Pasifika Bali Nusa Dua adalah museum seni yang berada di Bali. Seperti nama yang dimilikinya Museum Pasifika Bali Nusa Dua menyajikan sejumlah kebudayaan yang dari Asia dan Pasifik.

Di sini, kamu bisa menemukan sejumlah artefak budaya. Museum Pasifika Bali Nusa Dua didirikan pada tahun 2006. Museum Pasifika Bali Nusa Dua berlokasi di BTDC Area Block P. Kuta.

2. Devdan Show Nusa Dua

Devdan Show Nusa Dua
(sumber gambar: Google_Tripadvisor)

Destinasi lain yang juga tidak boleh ketinggalan adalah Devdan Show Nusa Dua. Devdan Show Nusa Dua adalah hiburan yang cocok untuk kamu pecinta drama teatrikal. Di sini, kamu akan melihat drama teatrikal selama 90 menit.

3. Water Blow Nusa Dua

Water Blow Nusa Dua

Beda dengan pantai lain di Bali, Water Blow Nusa Dua adalah pantai dengan semburan ombak yang begitu kuat. Hal ini disebabkan karena Water Blow Nusa Dua berhadapan secara langsung dengan Samudra Hindia.

Walaupun demikian, Water Blow Nusa Dua berhasil menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar negeri. Deburan ombak saat menghantam batu karang seperti sebuah pemandangan yang menarik.

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Nusa Dua

Bali dikenal tidak hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena kelezatan kuliner lokalnya. Jika kamu berada di sekitar Pantai Nusa Dua, ada beberapa hidangan khas Bali yang patut dicicipi. Berikut beberapa kuliner lezat yang bisa kamu nikmati:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Nusa Dua

    • Jaje Bali: Jaje Bali adalah sejenis kue tradisional Bali yang umumnya terbuat dari kelapa, gula, dan tepung beras. Ada berbagai jenis jaje, seperti jaje laklak, jaje dadar, dan jaje rambut.
    • Bebek Betutu: Bebek Betutu adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari bebek yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, dan berbagai jenis rempah lainnya. Proses memasaknya cukup lama untuk menghasilkan daging bebek yang lembut dan penuh aroma.
    • Lawar: Lawar adalah hidangan tradisional Bali yang terbuat dari daging cincang, sayuran, kelapa parut, dan berbagai rempah-rempah. Biasanya, lawar disajikan dengan nasi dan dihidangkan dalam upacara adat atau acara khusus.
    • Babi Guling: Babi Guling adalah hidangan populer di Bali yang terdiri dari daging babi yang utuh dipanggang dengan bumbu khusus. Kulit babi dihasilkan renyah, sementara dagingnya empuk dan penuh rasa. Babi Guling sering dihidangkan dalam acara-acara istimewa.
    • Sate Lilit: Sate Lilit adalah versi Bali dari sate yang terbuat dari daging ikan, kelapa parut, dan rempah-rempah. Biasanya, sate ini dibungkus mengelilingi tusuk bambu dan kemudian dipanggang. Rasanya unik dan sangat lezat.
    • Ayam Betutu: Selain Bebek Betutu, ada juga Ayam Betutu yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Ayam ini dimasak dengan rempah-rempah yang sama seperti Bebek Betutu dan disajikan dengan nasi.
    • Bubuh Injin: Untuk pencuci mulut, kamu dapat mencoba Bubuh Injin, bubur ketan hitam manis dengan kelapa parut di atasnya. Rasanya manis dan cocok sebagai penutup setelah menyantap hidangan khas Bali lainnya.

Kesimpulan

Pantai Nusa Dua memang menjadi destinasi yang menyenangkan dan sayang dilewatkan saat berkunjung di Pulau Dewata. Jadi, kapan kamu merencanakan untuk mengunjungi destinasi ini?

You might also like