Pantai Nyanyi di Bali: Surga Tersembunyi yang Harus Kamu Kunjungi

Pantai Nyanyi di Bali_ Surga Tersembunyi yang Harus Kamu Kunjungi (sumber: Google Maps: Dendy Yulius)

Pantai Nyanyi adalah salah satu dari sekian banyak nama pantai tersembunyi yang terdapat di Pulau Bali, selain pantai-pantai yang telah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Dibandingkan dengan pantai-pantai yang sudah terkenal, kecantikan dan daya tarik Pantai Nyanyi tidak kalah menariknya.

Namun, sayangnya, pantai ini belum banyak diketahui oleh warga setempat.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Nyanyi

Masyarakat mungkin akan bertanya-tanya mengenai pemberian nama dari pantai ini mengapa menggunakan kata nyanyi.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Nyanyi
Lokasi dan Rute menuju Pantai Nyanyi (sumber: Google Maps: Tobias K****)

Pemberian nama pantai ini dengan menggunakan kata nyanyi ternyata diambil dari keberadaan pantai ini yang ada di desa Nyanyi. Wilayah ini termasuk dalam daerah Kecamatan Kediri, Tabanan Bali. Inilah yang membuat pantai ini disebut Pantai Nyanyi.

Jarak tempuh pantai ini dari pusat Kota Denpasar sekitar 20 Km perjalanan. Akses jalan menuju lokasi pantai sangat mudah karena sudah ada sejumlah petunjuk jalan yang mengarah ke pantai ini.

Untuk mencapai lokasi pantai, pengunjung dapat melewati Jalan Raya Canggu atau Tanah Lot atau awalnya 1 km dari sebuah pertigaan arah Tanah Lot.

Selanjutnya mengambil arah belok kiri ke arah pantai ini. Akses menuju pantai bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda tiga.

Keadaan jalan Pantai Nyanyi di musim liburan tentu saja akan lebih macet dibandingkan hari biasa.

Inilah yang mengakibatkan jalanan ke arah Pantai Nyanyi jadi lebih padat. Selain memakai kendaraan individu, pengunjung juga bisa untuk memakai transportasi umum.

Tidak seperti kebanyakan dari tempat wisata lainnya yang mewajibkan pengunjung untuk bayar tiket masuk, di pantai ini pengunjung tidak perlu bayar tarif masuk.

Pengurus pantai tidak mengenakan tiket masuk bagi para pengunjung. Biaya yang dibutuhkan hanya biaya parkir kendaraan saja.

Lokasi lengkap menuju pantai Nyanyi:

Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

Daya Tarik Pantai Nyanyi

Pantai ini termasuk salah satu pantai yang berada di sisi barat Pulau Bali. Setiap tahunnya, pantai ini banyak didatangi oleh wisatawan baik lokal atau asing yang dari berbagai wilayah.

Dapat disebutkan jika pantai ini menjadi satu diantara destinasi rekreasi favorit yang berada di Pulau Bali. Wisatawan yang tiba ke pantai ini ialah untuk menikmati keelokan panorama pantainya. Berikut daya tarik dari pantai ini:

1. Pasir Hitam yang Bersih

Pasir Hitam yang Bersih
Pasir Hitam yang Bersih (sumber: Google Maps: Sandeep Khasariya (Sandy))

Kekhasan yang ada di pantai ini salah satunya ialah pasirnya yang berwarna hitam. Disamping itu, pantainya benar-benar luas hingga bisa dipakai untuk beragam kegiatan seperti main di atas pasir pantai atau berkeliling di tepi pantai.

Inilah salah satu keindahan yang menjadi daya tarik dari Pantai Nyanyi ini yang berbeda dibanding kebanyakan dari pantai lain yang mempunyai pasir warna putih.

Jadi satu pantai yang keberadaannya tidak begitu dikenal oleh wisatawan membuat Pantai Nyanyi di Tabanan ini tidak sepopuler dari pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Bali terlebih pada bagian selatan Bali.

Akan tetapi, pemandangan yang berada di pantai ini yakni wisata bahari nya akan mampu disejajarkan pantai-pantai yang lainnya.

Sesaat sesudah memasuki kawasan pantai, pengunjung akan dihadirkan suguhan pesonanya yang luar biasa. Pantai dengan pasir yang warna hitam inilah sebagai daya tarik ciri khas dari pantai ini.

Dengan pemandangan pasir hitam ini, pemandangan pantai dapat menjadi lebih eksotik. Pasir yang hitam legam dan lembut membuat pengunjung bisa secara mudah berlarian atau bermain pasir di atasnya sepanjang hari.

2. Panorama yang Mempesona

Karena pantai ini termasuk pantai yang luas sehingga panorama yang ada seolah tak terbatas dari jangkauan mata.

Ditambah, pantai ini berbatasan secara langsung dengan laut lepas, hingga pengunjung mampu menyaksikan hamparan laut biru yang memantulkan bias jingga saat matahari terbenam atau terbit.

Panorama yang Mempesona
Panorama yang Mempesona (sumber: Google Maps: La Makkuraga)

Warna ciri khas saat senja inilah yang memberi nuansa romantis saat ada di pantai. Hal ini jadi daya tarik tertentu untuk pengunjung yang tiba ke pantai ini.

Keindahan pemandangan saat matahari terbit atau tenggelam ditambah kondisi pasir yang berwarna hitam pasti sanggup membuat nuansa keindahan tersendiri.

Warna jingga yang dibuat dari warna matahari ditambah background warna hitam dari pasir membuat sebuah lukisan alam buatan Tuhan yang mampu membuat jantung berdetak takjub, mengucapkan syukur atas semua anugerah Tuhan yang sudah diberikan. Satu diantaranya dalam bentuk kemampuan menikmati keelokan pemandangan alam ini.

Pantai Nyanyi ini berhadapan secara langsung ke arah selatan kepada Samudra Hindia. Hingga sepanjang mata memandang akan terlihat panorama lautan yang terbentang luas.

Pasti ini jadi satu keelokan tertentu yang dapat dinikmati. Ditambah di pantai ini juga tidak ada coral atau batu karang yang menghalangi penglihatan hingga penglihatan yang luas dari laut yang terbentang dapat terlihat dengan mudah.

3. Ombak yang Cukup Besar

Di Pantai Nyanyi ini mempunyai ombak yang cukup besar karena bersebelahan langsung dengan laut lepas. Ombak yang cukup besar ini benar-benar bagus dan aman digunakan untuk surfing.

Jangan khawatir keadaan ombak ini tetap aman untuk para peselancar pemula. Dengan memainkan papan selancar di atas ombak. Di pantai inilah, peselancar pemula dapat berusaha untuk menemukan ombak ini.

Ombak yang Cukup Besar
Ombak yang Cukup Besar (sumber: Google Maps: Yäng ॐ 楊 淸 晏 (Yang Djing Jen))

Sebagian besar pantai yang ada di Pulau Bali benar-benar sangat dikenali keberadaan ombaknya yang bisa dipakai untuk olahraga surfing. Ini sangat dikenali oleh banyak orang khususnya wisatawan asing.

Bahkan mereka sudah menjadikan Pulau Bali dengan berbagai nama pantainya sebagai satu destinasi wisata bahari khusus untuk surfing.

Dari sekian banyak nama pantai di Bali yang bisa dipakai untuk olahraga surfing, satu diantaranya ialah Pantai Nyanyi ini. Pengunjung pantai bisa merencanakan untuk berolahraga surfing saat mencapai lokasi pantai ini.

4. Pantainya yang Tergolong Masih Sepi

Daya tarik lain yang dimiliki oleh pantai ini ialah suasananya yang sepi. Ini dikarenakan memang pantai ini tidak terlalu banyak dikenal oleh wisatawan hingga masih sedikit pengunjung yang tiba ke pantai ini.

Dibandingkan dengan sejumlah nama pantai di Pulau Bali yang telah terkenal dan dikunjungi oleh wisatawan, Pantai Nyanyi ini masih tetap termasuk tergolong jadi pantai yang sepi. Tetap tidak banyak wisatawan yang mengenal pantai ini.

Pantainya yang Tergolong Masih Sepi
Pantainya yang Tergolong Masih Sepi (sumber: Google Maps: Britta Bulow)

Keberadaan Pulau Bali sebagai salah satu tujuan rekreasi yang telah populer seantero jagat membuat Pulau Bali ini sebagai satu tujuan rekreasi pilihan.

Itulah penyebabnya akan banyak ditemukan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali baik itu di saat normal dan ditambah di saat liburan.

Akan terlihat banyak wisatawan baik lokal atau asing yang berwisata atau menghabiskan waktu berliburnya di pulau ini.

Namun, untuk Pantai Nyanyi ini yang berada di wilayah Tabanan masih tergolong menjadi satu diantara pantai yang sepi.

Terlebih jika dibandingkan sejumlah nama pantai yang telah terkenal di wilayah Tabanan ini.

Dengan kehadiran pantai yang sepi dan sedikitnya pengunjung, pantai ini akan jadi tujuan yang pas untuk pengunjung yang merasa jenuh dan ingin mengunjungi pantai yang tenang dan ingin menikmati kesunyian berada di pantai ini, pengunjung tidak menemukan hingar-bingar yang ramai dari pengunjung pantai karena lokasi pantai ini jauh dari pusat keramaian.

Disamping itu lokasinya sendiri jauh dari rumah penduduk setempat yang bermata pencaharian sehari-hari sebagai nelayan.

Tetapi keadaan yang sepi ini tidak membuat masyarakat setempat memanfaatkan kesempatan dengan membuka warung kecil disekitaran pantai.

Cuma terdapat sedikit warung yang bisa ditemukan oleh pengunjung disekitaran tempat pantai.

Karena pantai ini juga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan nuansa pantai dengan pemandangan alam yang asri dan terjaga dapat dinikmati oleh wisatawan.

Dan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Pantai Nyanyi ini. Bahkan, pantai ini dapat digunakan menjadi salah satu lokasi yang ideal untuk yaitu melepaskan capek pikiran dan melakukan relaksasi untuk mendapatkan kembali pikiran yang fresh dan tenang.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nyanyi

Ketika kamu memasuki obyek wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, berbeda dengan tempat wisata lainnya, pantai Nyanyi tidak mengenakan tarif masuk bagi para pengunjung. Artinya, kamu dapat menikmati keindahan pantai ini tanpa perlu membayar tiket masuk.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nyanyi
Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nyanyi (sumber: Google Maps: Rastrianez “Anez”)

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, akan dikenakan biaya parkir dengan tarif yang berbeda.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Selasa24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Rabu24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Kamis24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Jumat24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000
Minggu24 JamGratisRp. 2.000Rp. 5.000

Untuk motor, biaya parkirnya sebesar Rp.2.000, sementara untuk mobil, biaya parkirnya adalah Rp.5.000.

Setelah kamu membayar tiket masuk dan biaya parkir, kamu dapat menikmati fasilitas pantai ini dengan bebas. Kamu bisa berkeliling, berfoto-foto, dan menikmati waktu liburan atau rekreasi dengan nyaman.

Dengan fasilitas yang memadai dan harga masuk yang terjangkau, tak heran banyak orang memilih Pantai Nyanyi sebagai destinasi liburan mereka.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Nyanyi

Berwisata ke destinasi wisata bahari seperti pantai tentu dengan rencana untuk menghabiskan waktu dengan bahagia sembari melakukan aneka macam aktivitas yang menggembirakan.

Banyak aktivitas yang memungkinkan untuk bisa dilakukan saat ada di lokasi pantai ini. Yang pertama ialah jalan santai. Sama seperti yang sudah disebut jika pantai ini termasuk pantai yang cukup luas.

Ditambah lagi dengan kondisi pasir hitamnya yang halus, menjadikan pantai ini benar-benar bagus digunakan untuk berjalan-jalan.

Hal ini dapat dilakukan selama seharian baik itu di pagi hari atau di sore hari menjelang malam. Ditambah dengan keadaan pantai yang masih sepi, membuat rasa nyaman tersendiri. Bahkan, dapat memberikan nuansa seakan berada di pantai pribadi.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Nyanyi
Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Nyanyi (sumber: Google Maps: Sholikin Ikin)

Jalan kaki dengan kaki telanjang akan mampu merasakan secara langsung hangatnya pasir pantai hitam yang terkena cahaya matahari. Ini tentu akan menjadi satu pengalaman yang menyenangkan.

Ditambah lagi saat senja datang, pengunjung juga bisa sekalian menunggu peristiwa cantiknya pemandangan saat matahari terbenam di pantai ini. Seperti kebanyakan pantai lain yang berada di Pulau Bali memang terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang mempesona.

Hingga untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan suasana matahari tenggelam maka, dapat menjadikan destinasi rekreasi bahari Pulau Nyanyi ini sebagai salah satu tujuannya.

Selainnya berjalan kaki mengelilingi pantai, hal lain yang bisa dilakukan di lokasi pantai ini ialah berjemur. Karena situasi pantai yang cocok dan sanggup membuat kulit menjadi lebih coklat. Akan terlihat beberapa wisatawan asing yang sengaja berjemur di lokasi pantai yang luas ini.

Matahari yang bersinar secara langsung tanpa hambatan dan langsung menetap kulit kita akan membuat tujuan dari berjemur ini bisa terwujud. Berjemur sekalian lakukan relaksasi di kondisi pantai yang sepi jadi satu pilihan yang tepat.

Tidak afdhol rasanya saat mengunjungi pantai tanpa berenang. Begitupun di area pantai ini dengan arusnya yang tidak begitu deras karena itu memungkinkan untuk bisa berenang. Bahkan saat pengunjung membawa anak-anak, area pantai ini masih tetap tergolong aman untuk bermain air dan berenang. Terlebih, dengan pengunjung yang sedikit, akan menambah rasa nyaman saat berenang di pinggir pantai ini.

Selain berenang, yang dapat dilakukan di pantai ini ialah surfing. Sama seperti yang disebut sebelumnya jika pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu deras dan termasuk memiliki ombak yang tenang. Pantai ini masih sangat memungkinkan untuk olahraga surfing.

Bahkan untuk peselancar pemula, lokasi pantai ini jadi lokasi yang ideal untuk belajar saat menaklukkan ombak. Hingga jadi rencana yang pas ketika mengunjungi pantai ini dengan membawa peralatan surfing yaitu papan seluncur atau alat lainnya yang dipakai untuk melakukan olahraga air yang satu ini.

Jika belum bisa untuk melakukan olahraga ini, pengunjung masih tetap bisa untuk menonton pengunjung lainnya yang melakukan hal menantang ombak ini.

Sembari duduk di tepi pantai melihat wisatawan lokal atau wisatawan asing berselancar di atas ombak, pengunjung akan merasa betah berada di pantai ini dengan pemandangan yang memikat ini.

Sebagaimana keberadaan zaman digital yang mewajibkan keberadaan diri di dunia sosial media, cukup banyak orang yang berburu tempat-tempat menarik dan kece untuk memperoleh spot foto yang bisa dibanggakan. Satu diantaranya ialah Pantai Nyanyi ini. Pantai dengan keadaan yang penuh dengan keindahan, sangat cocok untuk dijadikan spot foto keren.

Ada beberapa hal yang dapat diunggulkan dan diabadikan jadi foto-foto yang cantik. Pantainya yang luas dengan pasir hitamnya serta ombak yang tidak terlalu deras yang memudahkan orang untuk berselancar. Keindahan panorama saat matahari terbit dengan nuansa senjanya. Keberadaan pantai dengan kerindangan pohonnya dan rerumputan yang berwarna hijau.

Semua akan menjadi hasil fotografi yang membuat orang iri. Semua elemen ini bisa diunggulkan. Menjadikan Pantai Nyanyi ini sebagai satu tujuan rekreasi bahari yang tidak hanya mempunyai keelokan tetapi juga keindahan yang dapat didokumentasikan dan dijadikan bukti untuk bisa dipublikasikan di media sosial.

Rekomendasi Hotel Mewah Sekitaran Pantai Nyanyi

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Pantai Nyanyi yang indah di Bali untuk liburan pantai yang tak terlupakan, kami telah menyediakan beberapa pilihan hotel terbaik di sekitar area pantai yang memukau ini.

Dibawah ini kami telah merangkum lima hotel terbaik yang dapat kamu pertimbangkan untuk menginap selama liburan kamu di Pantai Nyanyi:

1. EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel

EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel adalah pilihan terbaik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan penuh kenikmatan di dekat Pantai Nyanyi.

EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel
EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel (sumber: Google Maps: EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel)

Hotel ini menawarkan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang yang indah, spa mewah, dan restoran berkualitas tinggi yang menyajikan hidangan lezat.

Dengan desain arsitektur yang elegan dan pemandangan alam yang menakjubkan, hotel ini menjamin kenyamanan dan ketenangan selama menginap kamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.520.000 per malam

PESAN HOTEL EHOA BALI Nyanyi Boutique Hotel DISKON 75%

2. The Ume

The Ume adalah hotel mewah lainnya yang terletak di dekat Pantai Nyanyi. Dengan pemandangan spektakuler dan suasana yang tenang, The Ume menawarkan pengalaman menginap yang menggoda hati para tamu.

The Ume
The Ume (sumber: Google Maps: Hotels)

Setiap kamar dirancang dengan elegan dan dilengkapi dengan fasilitas modern untuk memastikan kenyamanan maksimal. Kamu juga dapat menikmati hidangan lezat dari berbagai masakan di restoran mereka yang terkenal.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 682.992 per malam

PESAN HOTEL The Ume DISKON 88%

3. The Kd Suites & Coffee Shop

The Kd Suites & Coffee Shop menawarkan pilihan akomodasi yang nyaman dan terjangkau bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Pantai Nyanyi.

The Kd Suites & Coffee Shop
The Kd Suites & Coffee Shop (sumber: Google Maps: Agus Candra)

Hotel ini menawarkan suite-suite luas dengan desain bergaya dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Kamu juga dapat menikmati hidangan lezat dan kopi yang segar di coffee shop mereka setelah seharian berkeliling pantai.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 692.550 per malam

PESAN HOTEL The Kd Suites & Coffee Shop DISKON 71%

4. Bali Natha Beachfront Bungalows

Jika kamu mencari suasana tradisional dan sentuhan alam di sekitar Pantai Nyanyi, Bali Natha Beachfront Bungalows adalah pilihan yang tepat.

Bali Natha Beachfront Bungalows
Bali Natha Beachfront Bungalows (sumber: Google Maps: Agoda)

Bungalow-bungalow tradisional mereka menyediakan kenyamanan sederhana namun memikat, dengan lokasi yang sangat dekat dengan pantai.

Kamu dapat merasakan dekatnya deburan ombak dan melihat matahari terbenam yang spektakuler langsung dari akomodasi kamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.229.553 per malam

PESAN HOTEL Bali Natha Beachfront Bungalows DISKON 68%

5. Kaen Apartments Standard Suite

Kaen Apartments Standard Suite menawarkan gaya menginap yang lebih mandiri dengan apartemen yang nyaman dan dilengkapi dengan dapur pribadi.

Kaen Apartments Standard Suite
Kaen Apartments Standard Suite (sumber: Google Maps: Hotels)

Lokasinya yang strategis tidak jauh dari Pantai Nyanyi membuatnya menjadi pilihan favorit bagi keluarga atau wisatawan yang ingin merencanakan liburan yang fleksibel.

Dengan harga yang terjangkau, kamu dapat menikmati liburan di Pantai Nyanyi tanpa harus menguras kantong.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 365.000 per malam

PESAN HOTEL Kaen Apartments Standard Suite DISKON 66%

Kuliner Enak yang Wajib Dicoba Dipantai Nyanyi

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Pantai Nyanyi Bali yang wajib dicoba oleh para wisatawan yang ingin berkunjung:

Kuliner Enak yang Wajib Dicoba Dipantai Nyanyi

  1. Bebek Betutu: Cobalah mencicipi bebek betutu, hidangan khas Bali yang diolah dengan rempah-rempah dan dibungkus daun pisang, lalu dipanggang secara perlahan. Bebek betutu sangat terkenal dan banyak dijumpai di sekitar pantai Nyanyi.
  2. Sate Lilit: Sate lilit adalah sate ikan khas Bali yang dibumbui dengan kelapa parut, kemiri, serai, dan berbagai bumbu rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan unik akan membuat kamu ketagihan.
  3. Pepes Ikan: Terbuat dari ikan segar yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibungkus dalam daun pisang, pepes ikan adalah hidangan lezat lainnya yang sering ditemui di sekitar pantai Nyanyi.
  4. Lawar: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lawar, hidangan Bali yang terbuat dari daging babi, ayam, atau bebek yang diolah dengan darah dan rempah-rempah. Lawar tersedia dalam variasi pedas dan tidak pedas.
  5. Jaje Bali: Setelah menikmati hidangan utama, jangan lupa untuk mencoba jaje Bali sebagai penutup. Jaje Bali adalah kue tradisional khas Bali yang tersedia dalam berbagai rasa, seperti kelapa, ubi, atau kacang.
  6. Es Campur: Untuk mengatasi cuaca panas di pantai Nyanyi, cobalah es campur, hidangan penutup segar yang terdiri dari es serut dengan campuran buah-buahan, agar-agar, kolang-kaling, dan sirup manis.
  7. Nasi Campur: Jika kamu ingin mencoba berbagai hidangan sekaligus, pesanlah nasi campur. Hidangan ini berisi nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk seperti daging, ayam, sayuran, telur, dan sambal.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like