Pantai Padang Padang di Bali: Pantai Eksotis yang Menjadi Lokasi Film yang Dibintangi oleh Julia Robert

Jangan terkecoh dengan nama pantai ini. Pantai Padang Padang bukan berarti berada di Padang, ya. Pantai Padang Padang aslinya berada di Bali. Pulau Dewata Bali memang surganya wisata pantai yang ada di Indonesia. Ada begitu banyak pantai-pantai indah dengan karakteristiknya masing-masing.

Bali seakan tidak ada habisnya menarik perhatian para wisatawan untuk datang mengunjungi pulau tersebut. Bali memiliki daya tarik yang magis yang sulit untuk kita hindari.

Mungkin beberapa sudah kamu ketahui keberadaan, bahkan sudah pernah kamu kunjungi. Tetapi, pasti ada saja pantai yang belum pernah kamu jamah. Saking banyaknya objek wisata pantai yang ada di Bali, mungkin kamu kebingungan, ingin mengunjungi pantai yang mana dulu.

Tenang. Semua pantai di Bali pasti indah dan menarik. Namun, jika kamu belum pernah mendengar Pantai Padang Padang, atau belum pernah menginjakkan kaki di pantai unik ini, mungkin sebaiknya kamu lanjutkan membaca tulisan ini.

Kita akan membahas mengenai daya tarik Pantai Padang Padang dan seluk beluk dan cerita tentang pantai tersebut. Jika kamu tertarik untuk mengungkapkan pantai ini, yuk, sama-sama kita bahas.

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Padang Padang

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Padang Padang

Pantai-pantai di Bali umumnya memiliki pasir yang berwarna putih. Meskipun ada saja Pantai yang memiliki pasir berwarna hitam. Pantai-pantai yang berlokasi di Bali bagian selatan atau timur, biasanya pantai itu memiliki pasir yang putih dan bersih.

Nah, uniknya adalah pantai yang memiliki nama yang hampir serupa ini, yakni sama-sama memakai nama “Padang”, berada di dua lokasi yang berbeda. Pantai Padang Padang, pantai yang akan kita bahas ini, berada di pulau Bali bagian selatan. Atau lebih tepatnya berada di kawasan Uluwatu.

Pantai Padang Padang di Uluwatu ini kerap disebut dengan nama Pantai Padang Padang Pecatu. Atau orang lokal dan warga setempat menyebutnya dengan nama Pantai Labuan Sait. Sementara ada satu lagi nama pantai yang memakai nama Padang, yakni Pantai Padang Bai. Pantai Padang Bai ini terletak di pulau Bali bagian timur.

Pantai Padang Padang atau Pantai Padang Padang Pecatu atau disebut Pantai Labuan Sait, sudah sangat dikenal oleh banyak wisatawan. Baik wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. Apalagi tempatnya yang ada di tempat yang cukup strategis.

Keunikan lokasi dari Pantai Padang Padang ialah memiliki latar belakang perbukitan yang rindang dan batu karang yang cukup terjal. Untuk bisa mencapai lokasi ke bibir Pantai Padang Padang ini, kamu harus menyusuri jalan yang menyerupai gua dari batu. Bukan hanya itu saja.

Kamu diharuskan untuk menuruni banyak anak tangga yang hanya cukup dilewati oleh satu orang saja. Saat kamu sedang menuruni anak tangga menuju ke jalan masuk gua, kamu akan bisa menyaksikan beberapa kera liar yang berkeliaran. Jenis kera liar ini juga bisa kamu jumpai di Ubud Monkey Forest.

Maka, disarankan agar pengunjung menyimpan terlebih dahulu kacamata, topi, atau makanan yang ada di genggaman tangan kamu. Simpanlah dalam tas kamu agar aman dari serbuan kera liar.

Setelah kamu menuruni anak tangga, maka pasir putih dengan air lautnya yang kebiruan dan menenangkan akan terlihat benar-benar nyata di depan mata. Ditambah lagi dengan sepoi angin laut yang sejuk seolah sanggup melepaskan penat dan beban pikiran yang selama ini bercokol dalam kepala kamu.

Garis pantai pada Pantai Padang Padang ini tidaklah terlalu panjang membentang. Hanya sekitar 100 meter. Hal tersebut dikarenakan oleh garis pantai yang dibatasi tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun.

Ada sebuah fun facts mengenai Pantai Padang Padang, lho. Menurut kabar, Pantai Padang Padang pernah dipakai sebagai lokasi syuting video klip oleh grup band asal Amerika Serikat. Siapa lagi kalau bukan Michael Learns to Rock. Apakah ada yang sudah pernah melihat atau mendengarnya?

Bukan hanya itu. Bahkan sekelas film buatan Hollywood juga pernah menggunakan Pantai Padang Padang sebagai tempat untuk pengambilan gambarnya, lho. Kamu pasti sudah pernah mendengar soal film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh aktris temanan yang sudah sangat terkenal—Julia Roberts. Dalam film tersebut, ada salah satu adegan yang diambil di Pantai Padang Padang ini.

Keren, bukan, mengetahui bahwa lokasi wisata Indonesia sudah sangat mendunia. Kita sebagai warga Indonesia pun rasanya turut merasa senang ketika Indonesia diperbincangkan dan menjadi perhatian warga dunia.

Lokasi Pantai Padang Padang Bali

Lokasi Pantai Padang Padang Bali

Pantai Padang Padang ini terletak di Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tempat Pantai Padang Padang ini diapit oleh dua pantai pasir putih yang juga termahsyur. Dua pantai pasir putih itu adalah Pantai Bingin dan Pantai Suluban.

Akses jalan menuju Pantai Padang Padang ini bisa dibilang naik turun, alias tidak stabil. Tetapi jangan cemas! Jalan raya yang akan dilalui sudah teraspal dengan baik. Jadi kamu tidak akan menemui jalan berbatu. Bisa dibilang akses menuju pantai cukup memadai.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Padang Padang dan mengambil start dari bandar udara I Gusti Ngurah Rai, maka kamu akan menempuh waktu selama kurang lebih 50 menit saja dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Saat dalam perjalanan menuju Pantai Padang Padang, kamu juga akan melewati beberapa spot wisata lainnya yang ada di Bali. Seperti Pantai Jimbaran, objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau disingkat menjadi GWK, dan New Kuta Beach yang sangat amat dipadati oleh banyak pengunjung—baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Ada banyak cara untuk mengunjungi Pantai Padang Padang. Bisa menggunakan kendaraan pribadi tentunya, dapat juga kamu menggunakan jasa taksi online atau taksi berargometer yang terlihat sering wara-wiri atau mangkal di sekitaran pinggir jalan raya.

Atau jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat menyewa sepeda motor di tempat rental. Untuk harga sewa sebuah sepeda motor di Bali itu sekitar kurang lebih 75.000 rupiah per hari.

Harga ini tentu saja fleksibel dan dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tapi paling tidak, kamu akan mendapat sedikit gambaran soal range harga mengenai sewa sepeda motor. Jasa penyewaan sepeda motor akan lebih mudah untuk kamu temui di sekitaran Bali bagian selatan.

Kamu tidak mau panas-panasan dan terima beres? Kamu bisa menyewa mobil dan supir yang akan mengantarkan kamu ke mana pun kamu inginkan. Kamu juga hanya perlu duduk manis di kursi belakang sembari bersantai dan menghabiskan hari untuk berlibur tanpa perlu pusing memikirkan kemacetan atau kelelahan mengendarai mobil.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Padang Padang di Bali:

Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

Jam Operasional, Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir yang Harus Dibayar

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket MasukParkir
LokalTurisMotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000

Tiket masuk yang harus kamu bayarkan saat akan memasuki area Pantai Padang Padang tidak mahal. Harganya sangat amat terjangkau. Kamu perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah saja untuk per orang. Itu harga wisatawan lokal. Sementara agar wisatawan mancanegara, harga yang perlu dibayar adalah 15.000 rupiah.

Sedangkan untuk biaya parkirnya, jika kamu membawa sepeda motor, kamu hanya akan dikenai biaya 2.000 rupiah dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Murah, bukan? Kata siapa pergi ke tempat liburan harus dengan biaya yang mahal? Kamu bahkan juga bisa menghabiskan waktu sepanjang hari di Pantai Padang Padang ini.

Lokasi parkir yang tersedia di pantai ini sangat luas dan dikelola sangat baik oleh warga setempat. Jadi kamu tidak perlu cemas soal keamanannya. Sebagai tambahan informasi, harga tiket masuk dan biaya parkir di atas bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Padang Padang

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Di antaranya adalah:

1. Berburu Foto

Berburu Foto

Rasanya sudah menjadi kewajiban jika sedang berlibur, maka wajib untuk mengabadikannya dalam sebuah foto. Di Pantai Padang Padang, kamu akan menemukan banyak spot cantik yang dapat menjadi background foto kamu.

Pada saat air laut sedang surut, kamu akan dengan mudah menyaksikan banyaknya batu alam dan genangan air laut yang cenderung dangkal. Apalagi jika kamu datang pada saat sore hari di mana matahari yang mulai berwarna oranye bersatu sangat serasi dengan birunya laut. Beberapa pasangan bahkan banyak yang melakukan sesi foto prewedding di pantai ini.

Walaupun Pantai Padang Padang terbilang sangat padat oleh pengunjung, namun tidak mengganggu proses berburu foto yang ingin kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengunggahnya di halaman sosial media kamu, agar semakin banyak orang yang mengenal objek wisata Pantai Padang Padang.

2. Berenang

Berenang

Aktivitas wajib lainnya saat berkunjung ke Pantai Padang Padang adalah berenang. Lokasi terbaik jika kamu ingin melakukan aktivitas ini adalah pada bagian kiri bibir pantai.

kamu juga bisa mengajak putra atau putri kamu untuk ikut serta. Ombaknya cenderung kecil dan tenang hingga aman untuk membawa anak-anak. Jangan lupa untuk membawa pakaian renang dan pakaian ganti yang akan kamu pakai setelah berenang.

Selain berenang, kamu bisa bermain di pasir putihnya yang bersih dan halus. Kamu bisa membuat istana pasir bersama anak-anak, atau bermain bola bersama teman-teman. Atau kamu bisa duduk bersantai saja di tepi pantai sambil mengagumi keindahan Pantai Padang Padang.

3. Berjemur

Berjemur

Salah satu aktivitas yang disukai oleh wisatawan mancanegara adalah berjemur di pinggir pantai. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Kamu bisa duduk di kursi yang telah disediakan payung besar sembari membaca buku favorit kamu.

Atau kamu bisa menggelar tikar yang kamu bawa, lalu berjemur di bawah hangatnya sinar matahari pulau Bali. Kamu dapat berjemur sambil menyantap makanan yang kamu bawa dari rumah atau yang dijual di warung-warung penjaja makanan yang ada di sepanjang Pantai Padang Padang.

Jangan lupa untuk membawa dan memakai sunscreen atau sunblock milik kamu. Agar kulit kamu tetap terlindung dari sengatan sinar matahari yang mencolok.

4. Berselancar

Berselancar

Pantai Padang Padang dikenal sebagai pantai yang menjadi tujuan para peselancar. Pantai Padang Padang adalah salah satu lokasi berselancar terbaik yang ada di Bali.

Bahkan, Pantai Padang Padang merupakan lokasi acara berselancar yang telah memiliki standar internasional. Menarik, bukan Peselancar dari seluruh penjuru dunia bahkan sudah pernah merasakan sensasi ombak Pantai Padang Padang.

Biasanya, peselancar akan berenang agak ke dalam, gunanya untuk mendapatkan ombak yang besar dan panjang. Hal ini disebabkan karena ombak pada bagian tepi pantai cenderung tenang dan kecil. Sehingga para peselancar tersebut harus berenang agak menjauh dari pinggir pantai.

Jika kamu tidak membawa papan selancar atau ingin mencoba sensasi berselancar di Pantai Padang Padang dan belum memiliki papan selancar, jangan khawatir! Ada tempat penyewaan papan selancar yang tersedia di pantai ini.

Harga yang ditawarkan ialah sekitar 100.000 rupiah per 2 jam. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, ya, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Satu hal yang perlu diingat, jika kamu baru pertama kali melakukan kegiatan berselancar, sebaiknya jangan lakukan di pantai ini. Karena lokasi ini hanya diperuntukkan untuk peselancar yang sudah profesional atau sudah mahir.

Namun, jika kamu bersikeras untuk mencoba kegiatan yang satu ini, kamu bisa menyewa jasa pemandu peselancar. Pemandu peselancar ini akan bisa kamu temui di tempat sewa papan selancar.

Untuk bisa berselancar, ada baiknya kamu mengunjungi Pantai Padang Padang pada saat musim kemarau atau pada bulan Juni sampai dengan Oktober.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Padang Padang Bali

Jika kamu mencari penginapan di dekat Pantai Padang Padang di Bali, berikut beberapa rekomendasi yang mungkin dapat kamu pertimbangkan. Silakan periksa ketersediaan dan ulasan lebih lanjut sebelum membuat reservasi.

1. Bombora Surf Camp

Bombora Surf Camp
(sumber gambar: Agoda)

Bombora Surf Camp, penginapan strategis di Uluwatu, Bali! Lokasinya yang dekat dengan atraksi dan restoran menarik membuat pengalaman menginap kamu lebih istimewa. Jangan lewatkan kunjungan ke Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar.

Kamu bisa menikmati kenyamanan ekstra dengan fasilitas khusus seperti kolam renang luar ruangan, pijat, dan kolam renang dalam ruangan. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan jangan lupa nikmati fasilitas populer seperti Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, dan AC yang membuat penginapan ini semakin mengesankan!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 459.000 per malam

PESAN HOTEL Bombora Surf Camp Diskon 70%

2. Belong Bunter Homestay Pecatu

Belong Bunter Homestay Homestay Pecatu
(sumber gambar: Agoda)

Belong Bunter Homestay, tempat menginap strategis di Uluwatu, Bali! Terletak dekat dengan atraksi dan restoran menarik, properti ini memiliki segala yang kamu butuhkan. Sebelum pulang, sempatkan kunjungan ke Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar.

Bonus tambahan, nikmati kolam renang dalam ruangan untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan fasilitas populer seperti kolam renang, Wi-Fi gratis, akses ke pantai, dan AC akan membuat pengalaman menginap kamu lebih menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 200.000 per malam

PESAN HOTEL Belong Bunter Homestay Diskon 78%

3. Padang Padang Breeze

Padang Padang Breeze
(sumber gambar: Agoda)

Padang Padang Breeze di Bali, hanya 20 menit berjalan kaki dari Pantai Suluban! Nikmati suasana taman dan kamar-kamar ber-AC yang menghadap ke taman.

Gratis Wi-Fi dan parkir membuat pengalaman menginap semakin nyaman. Fasilitas ber-AC, cocok untuk anak, mesin cuci, parkir gratis, dan Wi-Fi gratis semuanya tersedia untuk kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 562.431 per malam

PESAN HOTEL Padang Padang Breeze Diskon 72%

4. The Tempekan Nyang-Nyang

The Tempekan Nyang-Nyang
(sumber gambar: Agoda)

The Tempekan Nyang-Nyang, tempat menginap bintang-4 di Uluwatu, Bali! Lokasinya yang strategis dekat dengan atraksi dan restoran menarik membuat pengalaman kamu semakin istimewa. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal.

Properti ini menawarkan akses eksklusif ke kolam renang luar ruangan dan kolam renang dalam ruangan. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan fasilitas populer seperti kolam renang, Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, dan AC akan membuat kamu merasa di rumah.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 339.187 per malam

PESAN HOTEL The Tempekan Nyang-Nyang Diskon 71%

5. Pandawa Beach Home Stay

Pandawa Beach Home Stay
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati santai di Pandawa Beach Home Stay, terletak di taman yang indah, hanya 3 km dari Pantai Pandawa di Samudra Hindia! Jarak 7 km dari Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, tempat ini adalah pilihan ideal.

Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak 17 km. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC akan membuat pengalaman menginap kamu lebih berkesan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 279.714 per malam

PESAN HOTEL Pandawa Beach Home Stay Diskon 74%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang di Bali dikenal tidak hanya karena keindahan pantainya, tetapi juga karena keberagaman kuliner lokalnya. Beberapa makanan khas Bali yang bisa kamu nikmati di sekitar Pantai Padang Padang antara lain:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Padang Padang

    • Lawar: Lawar adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari daging cincang, ikan, atau sayuran yang dicampur dengan bumbu dan kelapa parut. Ada berbagai jenis lawar, seperti lawar babi, lawar ayam, dan lawar vegetarian.
    • Bebek Betutu: Bebek Betutu adalah hidangan khas Bali yang terkenal. Bebek ini dimasak dalam waktu yang cukup lama dengan bumbu khas Bali, seperti keluwak, kemiri, lengkuas, dan daun pisang. Rasanya yang lezat dan daging bebek yang empuk membuatnya menjadi hidangan yang populer di Bali.
    • Babi Guling: Babi Guling adalah hidangan babi yang dipanggang secara utuh dengan bumbu khas Bali. Kulit babi dibuat renyah, sementara dagingnya tetap lembut dan penuh cita rasa. Biasanya disajikan dengan nasi putih, lawar, dan sambal matah.
    • Sate Lilit: Sate Lilit adalah sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan atau daging cincang yang dililitkan pada bambu atau serbat. Bumbu yang digunakan meliputi kelapa parut, jeruk limo, daun jeruk, dan berbagai rempah khas Bali.
    • Jaje Bali: Jaje Bali adalah sejenis kue tradisional Bali yang biasanya disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Beberapa contoh jaje Bali antara lain adalah klepon, dadar gulung, dan jaja batun bedil.
    • Bebek Bengil (Dirty Duck Diner): Terkenal sebagai restoran yang menyajikan bebek panggang dengan kulit yang renyah dan daging yang lembut. Restoran ini memiliki pemandangan yang indah, cocok untuk dinikmati setelah beraktivitas di Pantai Padang Padang.
    • Nasi Campur Bali: Nasi campur Bali adalah hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk kecil, seperti daging babi, ayam, telur, sayuran, dan sambal. Rasanya yang khas Bali membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

Tips Berkunjung ke Pantai Padang Padang

Tips Berkunjung ke Pantai Padang Padang

Sedikit tips jika kamu ingin mengunjungi Pantai Padang Padang. Jika kamu tidak terlalu menyukai keramaian, kamu bisa berkunjung pada saat pagi hari. Sebelum matahari bersinar dengan terik. Yaitu pukul 07.00 – 09.00.

Jika sudah memasuki waktu siang hingga sore hari, maka akan ada banyak sekali pengunjung yang berlomba-lomba untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Lokasi Pantai Padang Padang yang menghadap ke arah barat sangat cocok untuk kamu melihat pemandangan sunset ini.

Jika kamu memutuskan untuk bermalam di seputaran Pantai Padang Padang, ada banyak tempat penginapan yang tersedia. Tinggal sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Ada yang berbentuk hotel, villa, bahkan bungalow. Ada yang seharga hotel melati, sampai yang mempunyai fasilitas setara dengan bintang lima.

Kesimpulan

Jika kamu ingin mengeksplor tempat-tempat wisata di sekitar Pantai Padang Padang, kamu akan bisa menjumpai berbagai jenis objek wisata lainnya. Seperti contohnya: Pura Luhur Uluwatu, Pantai Suluban Uluwatu, Pantai Dreamland Bali, Dreamland Waterpark Pecatu, Pantai Pendawa Bali, dan masih banyak lainnya. Cukup strategis, bukan ?

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Bagaimanapun, Pantai Padang Padang sudah dikenal oleh dunia. Jangan sampai lingkungannya menjadi tercemar oleh sampah-sampah yang secara sembarangan dibuang begitu saja.

Kita sebagai warga negara yang baik, tentu saja mempunyai kewajiban untuk ikut serta menjaga kelestarian alam Indonesia. Karena kalau bukan kita, lalu siapa lagi? Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan mempunyai kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Selamat menikmati waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman kamu. Semoga dengan liburan bersama orang-orang tercinta kamu, akan semakin mempererat tali silaturahmi. Bukan hanya penat kamu yang akan hilang, tapi juga menambah keharmonisan hubungan.

You might also like