Pantai Pahawang di Lampung: Pesona Penginapan di Atas Laut Hingga Terumbu Karang yang Eksotis

Pantai Pahawang merupakan salah satu destinasi wisata laut yang direkomendasikan oleh para wisatawan di Lampung. Pantai yang terletak di wilayah Kecamatan Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung ini termasuk ke dalam wisata unggulan yang paling terkenal alias terkenal di mata para wisatawan lainnya.

Tidak lengkap rasanya jika para wisatawan yang menyukai keindahan laut tidak berkunjung ke tujuan wisata yang satu ini. Tentu bukan hanya sekedar untuk melihat-lihat saja, melainkan menikmati semua kegiatan menarik yang ada di dalamnya.

Mengapa? Pastinya karena ada banyak sekali pengalaman unik yang akan kamu rasakan nantinya. Beberapa pembahasan dari para pengunjung berkaitan Pahawang Beach bisa kamu dapatkan di internet secara bebas.

Hal ini membuktikan bahwa wisata ini memang sudah terkenal dan mempunyai banyak testimoni positif dari banyak orang. Untuk menelusuri lebih lanjut perihal kelebihan yang ditawarkan Pantai Pahawang ini, kamu bisa membaca beberapa informasi yang akan dijabarkan berikut ini!

Sejarah Singkat Pantai Pahawang

Sejarah Singkat Pantai Pahawang
(sumber gambar: GoogleMaps_raldy dhe vega)

Menurut sejarahnya yang d ikutip dari portal Jadesta Kemenparekraf, nama Pantai Pahawang ini diambil dari seorang nahkoda dari China yang berlayar di sebuah pulau dan menetap dalam waktu yang cukup lama sejak tahun 1700-an Masehi.

Nahkoda China itu kemudian memiliki seorang putri yang diberi nama Pok Hawang, yang sekarang dikembangkan namanya menjadi Pahawang.

Letak dan Rute Menuju Pantai Pahawang

Letak dan Rute Menuju Pantai Pahawang

Provinsi Lampung terletak di bagian ujung selatan Pulau Sumatra. Sementara Pantai Pahawang berada di dalam wilayah tersebut, tepatnya di mulut Teluk Ratai yang merupakan bagian dari Teluk Lampung.

Jarak dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam saja untuk tiba di pantai tersebut. Jika tertarik untuk mendatangi destinasi wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan dari Kota Bandar Lampung selama kurang lebih 25 km menuju Dermaga Ketapang.

Kemudian dilanjutkan perjalanan menggunakan perahu sejauh 10-17 km menuju Pantai Pahawang. Perahu tersebut dapat di sewa setibanya di pelabuhan. Harga sewa pun beragam, mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 500.000 tergantung dengan kesepakatan tawar menawar.

Menurut informasi yang ada, belum ada angkutan umum atau transportasi yang secara khusus mengangkut para penumpang dari Pelabuhan Ketapang menuju Pantai Pahawang, sehingga para pengunjung memang terbiasa membawa kendaraan sendiri dengan datang bersama rombongan lainnya.

Khusus jalur laut, kamu dapat menyewa kapal ferry dari Pelabuhan Merak dan tiba di Pelabuhan Bakauheni, kemudian dilanjutkan berkendara selama 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Pahawang:

Alamat: 86GR+8P3, Pulau Pahawangkecil, Marga, Kec. Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Harga Tiket Masuk Pantai Pahawang

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Selasa24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Rabu24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Kamis24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Jumat24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Sabtu24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000
Minggu24 JamGratisRp 10.000Rp 15.000

Tiket masuk ke Pantai Pahawang ini gratis. Lho, kenapa begitu? Memang kamu tidak perlu membayar hanya untuk akses masuknya, namun akan dikenai biaya untuk beberapa aktivitas yang kamu lakukan selama berada di dalam kawasan atau area destinasi wisata ini.

Salah satunya adalah biaya sewa untuk perahu, dan beberapa wahana yang disediakan di dalamnya. Berikut adalah rincian lengkap terkait biaya apa saja yang akan dibebankan kepada para pengunjung di Pantai Pahawang:

    • Sewa kapal dari Dermaga Ketapang menuju Pantai Pahawang sebesar Rp 30.000
    • Biaya snorkeling tiap orang membayar Rp 50.000
    • Menikmati banana boat membayar sebesar Rp 30.000
    • Harga sewa sepeda Rp 15.000 per jam.

Catatan: informasi harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kebijakan pemilik atau penyedia sewa.

Fasilitas di Pantai Pahawang

Fasilitas di Pantai Pahawang
(sumber gambar: GoogleMaps_Bagus Tri)

Saat merencanakan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata, tentunya agak sedikit kurang meyakinkan jika tidak tersedia fasilitas yang lengkap.

Pantai Pahawang sendiri merupakan tempat wisata yang dikelola baik sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Lampung. Tentunya kamu sudah bisa menemukan beragam fasilitas yang kamu butuhkan jika berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pahawang di antaranya adalah kamar mandi (toilet), tempat ibadah, warung makan, toko kelontong, penginapan, toko sewa peralatan snorkeling, diving, banana boat, dan sepeda, dan pemandu wisata khusus jika kamu membutuhkannya.

Rekomendasi Penginapan di Pantai Pahawang, Lampung

Pantai Pahawang di Lampung merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan di sekitar Pantai Pahawang:

1. Villa Gardenia Syariah

Villa Gardenia Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati awal perjalanan liburan kamu dengan menginap di Villa Gardenia Syariah. Di sini, kamu akan merasakan kenyamanan dengan fasilitas Wi-Fi gratis yang tersedia di semua kamar.

Terletak di area Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, kamu akan merasa sangat dekat dengan berbagai atraksi menarik dan pilihan tempat makan yang menggiurkan. Dengan demikian, mulailah liburan kamu dengan kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan Villa Gardenia Syariah.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 208.235 per malam

2. La Nadiya Pahawang Villa and Beach Club

La Nadiya Pahawang Villa and Beach Club
(sumber gambar: Agoda)

La Nadiya Villa Pulau Pahawang adalah pilihan ideal untuk liburan bersama keluarga kamu. Di sini, kamu tidak hanya menikmati kenyamanan akomodasi, tetapi juga berbagai fasilitas hiburan yang menarik untuk kamu dan keluarga.

Terletak di Pesawaran, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai objek wisata di sekitarnya, seperti Stasiun Gedung Ratu dan Stasiun Tanjung Karang. Dengan waktu check-in yang fleksibel pada pukul 11.30 dan waktu check-out pada pukul 11.00, kamu dapat menyesuaikan waktu kamu dengan baik untuk menjelajahi keindahan Pulau Pahawang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 998.920 per malam

3. Andreas Resort Villa Air Pahawang

Andreas Resort Villa Air Pahawang
(sumber gambar: Agoda)

Andreas Resort adalah tempat yang tepat bagi kamu dan keluarga untuk menikmati liburan di Pulau Pahawang, Lampung. Dengan perpaduan gaya arsitektur yang unik dari Lombok, Solo, Bangka, dan Palu, suasana penginapan ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman dalam menikmati udara segar pantai yang masih alami.

Keunikan lainnya adalah keindahan pemandangan laut dan pulau yang luas yang dapat dinikmati bersama keluarga. Dengan waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00, kamu memiliki waktu yang cukup untuk menikmati segala fasilitas dan keindahan alam di sekitar Andreas Resort.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 4.500.000 per malam

4. Teras Pahawang

Teras pahawang
(sumber gambar: Agoda)

Berlokasi strategis di Padang Cermin, bagian dari Kabupaten Pesawaran, Teras Pahawang adalah pilihan yang tepat untuk menginap saat berkunjung ke Pantai Pahawang. Dengan fasilitas Wi-Fi gratis di semua kamar dan berbagai fasilitas lainnya seperti BBQ, ruang permainan, dan dapur bersama.

Properti ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan selama liburan kamu. Dengan waktu check-out pada pukul 10.00, kamu masih memiliki waktu untuk menikmati beberapa kegiatan dan pemandangan sekitar sebelum melanjutkan perjalanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.080.000 per malam

BOOKING HOTEL Sekitar Pantai Pahawang Lampung DISKON HINGGA 70%

Deretan Aktivitas dan Pesona Pantai Pahawang

Pantai Pahawang, terletak di Provinsi Lampung, Indonesia, menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan beragam aktivitas untuk dinikmati oleh para pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas dan pesona yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pantai Pahawang:

Deretan Aktivitas dan Pesona Pantai Pahawang
(sumber gambar: GoogleMaps_Benny Yuniarto)

1. Keindahan Bawah Laut

Pantai Pahawang dikelilingi oleh berbagai keindahan yang mempesona, salah satunya adalah keindahan bawah laut. Keindahan bawah laut yang dimaksud adalah banyaknya spot di sekitar pantai yang menampilkan berbagai jenis biota laut.

Salah satunya adalah ikan badut atau clownfish. Tentu tidak asing ya dengan ikan yang sering disebut Nemo ini. Dengan mengunjungi Pantai Pahawang, kamu bisa secara langsung melihat ikan Nemo alias ikan badut. Tunggu apa lagi?

Ternyata bukan hanya ikan badut saja, kamu juga bisa bertemu dengan jenis biota laut lainnya, seperti penyu dan pari berbintik biru. Meskipun demikian, tidak semua beruntung bisa bertemu dengan keduanya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba peruntunganmu dengan berkunjung ke pantai ini. Bisa jadi kamu menemukan biota laut lain yang belum disebutkan dalam artikel ini!

2. Penginapan di Atas Laut

Jika sebelumnya sudah membahas tentang keindahan bawah laut, maka sekarang saatnya untuk melihat keindahan Pantai Pahawang dari sisi atas!

Kamu bisa menikmati penginapan yang terletak di atas laut lho! Daripada mencari homestay di luar destinasi wisata ini, beristirahat dengan keadaan dikelilingi oleh laut tentu akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Penginapan di Atas Laut

3. Bermain Snorkeling

Salah satu keuntungan lainnya jika kamu bermalam di cottage yang berada di Pantai Pahawang ini adalah bisa langsung menikmati snorkeling.

Snorkeling sendiri merupakan kegiatan berenang atau menyelam dengan peralatan lengkap berbentuk masker selam dan sebuah snorkel. Dengan menggunakan alat selam ini, kamu bisa sekaligus menelusuri keindahan bawah laut di depan mata!

4. Bersenang-senang dengan Pasir Putih

Tidak semua pantai memiliki pasir putih yang begitu indah. Kebanyakan justru sudah tercemar dengan sampah yang membuat pasirnya menjadi kotor.

Berbeda dari yang lainnya, Pantai Pahawang ini menyajikan pasir putih yang bersih dan mempesona. Kamu bisa bermain bersama teman-teman atau keluarga di atas hamparan pasir itu tanpa perlu khawatir akan apapun.

Bersenang-senang dengan Pasir Putih
(sumber gambar: GoogleMaps_JoeZaFanya BZone)

5. Menikmati Pemandangan Pohon Mangrove

Selain memiliki pasir putih di bagian utara, timur, dan selatan, pantai ini juga memiliki hamparan hutan mangrove yang lebat. Kapan lagi menemukan pemandangan hijau yang begitu asri dan menyejukkan mata ini jika bukan di Pantai Pahawang.

Kamu bisa berolahraga berupa jogging atau lari-lari kecil dalam hutan mangrove ini. Tidak perlu khawatir tersesat karena sudah disediakan jalur khusus untuk para pejalan kaki sehingga lebih aman dan nyaman untuk ditelusuri.

6. Terumbu Karang yang Eksotis

Pantai Pahawang ini terkenal dengan terumbu karangnya yang eksotis sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Jika kamu menyukai sensasi laut yang dipenuhi terumbu karang, maka pantai ini adalah jawaban yang tepat!

Terumbu karang yang akan kamu temui nantinya sangat berwarna-warni. Di antaranya adalah anemone, karang seroja, karang orak, karang jahe, dan karang kapur. Karang-karang berikut yang menjadi tempat berkumpulnya beberapa jenis ikan seperti ikan naso, batok biru, tempalo, dan nyong nyong.

Jika ingin melihat terumbu karang eksotis ini secara lebih dekat, kamu bisa mencobanya dengan melakukan snorkeling atau menyelam ke bawah laut. Tentu tidak hanya terumbu karang, kamu juga bisa melihat keindahan biota laut lainnya.

Terumbu Karang yang Eksotis
(sumber gambar: GoogleMaps_Fery Arifian)

7. Bermain Banana Boat

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan bermain banana boat. Aktivitas ini bisa kamu selingi dengan permainan pistol-pistolan bersama dengan teman liburanmu!

Bermain banana boat di Pantai Pahawang ini sangat direkomendasikan karena selain perairannya dangkal dan air yang bersih dan jernih.

Kamu bisa melakukan olahraga air tanpa harus khawatir soal keselamatan. Kamu bisa menyewa banana boat dan akan dibawa berkeliling seru. Banana boat tersebut bisa muat setidaknya enam orang.

8. Menikmati Hasil Tangkapan Laut

Berada di destinasi wisata bahari memang tidak lengkap jika tidak mencicipi hasil tangkapan laut. Setelah puas bermain dan menjelajahi berbagai spot di Pantai Pahawang, kamu dapat menikmati momen istirahat sambil mengisi perut di pinggir pantai dengan santapan khas laut, seperti ikan, udang, dan cumi segar.

Jika kamu anak perkotaan yang jarang menikmati hidangan seafood, maka sudah keputusan tepat untuk berlibur ke tempat wisata ini!

Menikmati Hasil Tangkapan Laut

9. Bersepeda Berkeliling di Area Pantai Pahawang

Sedang tidak ingin bermain basah-basahan, takut masuk angin, dan lain sebagainya? Jangan khawatir karena ada aktivitas lain selain snorkeling dan banana boat yang bisa kamu lakukan, yaitu bersepeda.

Tidak perlu repot-repot membawa sepeda dari rumah, kamu bisa menyewanya di Pantai Pahawang dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa mengelilingi area pantai sambil menikmati keindahan yang ada. Cukup bisa liburan sekaligus melakukan olahraga yang menyehatkan badan.

Tips Ketika Berkunjung ke Pantai Pahawang

Ketika berkunjung ke Pantai Pahawang, terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu menikmati liburan dengan lebih maksimal dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tips Ketika Berkunjung ke Pantai Pahawang

1. Perhatikan Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pahawang adalah antara bulan Mei sampai Agustus. Di bulan-bulan itu, ombak di pantai tidak begitu tinggi dan besar sehingga aman untuk para pengunjung yang akan kerjakan snorkeling, diving, naik banana boat, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jika tujuanmu ke pantai ini hanya untuk menikmati keindahan dan berfoto ria, pasti akan disarankan untuk datang kapan pun, kecuali pada saat curah hujan sedang tinggi-tingginya.

2. Melakukan Kunjungan Secara Rombongan Sangat Disarankan

Selain menyenangkan bisa berlibur dengan teman dan keluarga, datang beramai-ramai akan membuatmu lebih hemat pengeluaran. Lagi pula, apa serunya liburan kalau hanya sendirian?

3. Khusus Backpacker, Pastikan Sedia Uang yang Cukup

Backpacker adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa membawa barang-barang berat seperti koper. Umumnya hanya membawa ransel ukuran sedang yang berisi perlengkapan seperlunya.

Namun jangan lupa untuk tetap sediakan uang yang cukup agar bisa menikmati semua keindahan dan aktivitas menarik di Pantai Pahawang. Tips ini sangat berguna untuk kamu yang bertujuan untuk menelusuri setiap wahana yang ada di pantai ini.

Khusus Backpacker, Pastikan Sedia Uang yang Cukup

4. Waspada Tertipu oleh Agen Travel Tidak Bertanggung Jawab

Sudah banyak sekali terjadi kasus penipuan yang mana pelakunya adalah jasa travel itu sendiri. Jika kamu ingin pergi berkunjung ke Pantai Pahawang menggunakan jasa travel, pastikan untuk melihat lebih jauh mengenai ulasan lengkapnya.

Harga umum yang ditawarkan oleh EO travel biasanya berada di kisaran Rp 600.000 hingga Rp 750.000 dari DKI Jakarta. Tentu akan lebih murah dan ekonomis jika datang secara rombongan.

5. Sebaiknya Siapkan Makanan dan Minuman selama Perjalanan

Meskipun di destinasi wisata Pahawang ini terdapat banyak toko makanan yang bisa kamu kunjungi, namun tetap tidak ada salahnya jika kamu membawa makanan dan minuman ringan untuk menemani selama di perjalanan.

6. Siapkan Power Bank

Menurut informasi yang berhasil diperoleh, di Pantai Pahawang belum ada listrik. Mereka menggunakan genset untuk setiap rumah, villa, dan penginapan yang berada di area wisata.

Sayangnya, genset tersebut hanya menyala sepanjang malam saja dan mati dari siang hingga sore. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk membawa powerbank yang sudah terisi penuh buat jaga-jaga jika ponselmu butuh suntikan energi.

Siapkan Power Bank

7. Waspada Hewan Laut yang Harus Dihindari

Hewan laut yang perlu kamu hindari saat berkunjung ke Pantai Pahawang adalah bulu babi, ikan batu, ubur-ubur, pari, ular laut, dan bulu seribu yang bentuknya mirip dengan bintang laut sehingga perlu lebih berhati-hati. Peringatan ini secara khusus diperuntukkan bagi pengunjung yang suka snorkeling atau kegiatan menyelam lainnya.

8. Jangan Lupa Tangkap Momen Menyenangkan

Liburan tidak lengkap jika tanpa foto-foto. Kalau kamu punya kamera khusus yang memiliki resolusi tinggi, pasti akan sangat membantu saat mengungkap momen menyenangkan di Pantai Pahawang ini.

Namun tidak perlu khawatir, memotret dengan ponsel akan sama baiknya. Jangan lupa untuk mengupload hasil foto tersebut ke media sosial dan bagikan seberapa menyenangkan liburanmu di pantai yang indah ini!

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Pahawang

Saat berkunjung ke Pantai Pahawang, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati kuliner khas Lampung yang lezat. Berikut adalah beberapa hidangan khas Lampung yang bisa kamu cicipi di sekitar Pantai Pahawang:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Pahawang

    • Seruit: Seruit adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari ikan yang digoreng kering kemudian diulek bersama bumbu rempah khas Lampung seperti bawang, cabai, kemiri, dan kunyit. Seruit memiliki cita rasa yang kaya dan gurih.
    • Gulai Tempoyak: Gulai tempoyak adalah hidangan gulai yang menggunakan bahan utama tempoyak, yaitu hasil fermentasi daging buah durian. Tempoyak ini kemudian dimasak bersama dengan ikan dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Rasanya gurih, pedas, dan memiliki aroma khas dari tempoyak.
    • Pindang Patin Palembang: Meskipun Palembang bukan berada di wilayah Lampung, pindang patin merupakan hidangan yang cukup populer dan sering ditemui di sekitar Pantai Pahawang. Pindang patin adalah masakan ikan patin yang dimasak dengan kuah khas pindang yang asam dan segar.
    • Gabing: Gabing adalah hidangan nasi goreng khas Lampung yang menggunakan bumbu khas seperti petis udang, kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Gabing biasanya disajikan dengan tambahan telur mata sapi dan potongan daging sapi atau ayam.
    • Umbu: Umbu adalah hidangan ikan bakar khas Lampung yang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api atau arang. Ikan yang digunakan biasanya ikan laut seperti kakap, kerapu, atau tenggiri. Umbu disajikan dengan sambal dan lalapan.
    • Pendap: Pendap adalah hidangan tumis khas Lampung yang menggunakan bahan utama ikan atau udang yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan sayuran seperti daun kemangi, daun jeruk, dan cabai.
    • Gulai Belut: Gulai belut adalah hidangan gulai khas Lampung yang menggunakan bahan utama belut yang dimasak dengan santan, bumbu rempah, dan daun kunyit. Gulai belut memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Kesimpulan

Berdasarkan informasi di atas, sudah bisa diketahui mulai dari sejarah singkat, harga, akses masuk, fasilitas, deretan aktivitas yang bisa dilakukan, hingga tips ketika berkunjung ke Pantai Pahawang.

Selain daripada kelebihan tersebut, ada satu hal yang menjadi poin kelemahan dari pantai ini, yaitu kurangnya jumlah penginapan yang bisa dijadikan tempat beristirahat para wisatawan.

Meskipun demikian, kekurangan tersebut tidak menjadi masalah serius karena kamu tetap bisa menikmati semua aktivitas dan wahana yang terdapat di dalamnya tanpa adanya batasan apapun. Selamat berlibur!

You might also like