Pantai Pangasan di Pacitan: Destinasi Terbaik untuk Bersantai dan Melepaskan Penat

Pantai Pangasan di Pacitan_ Destinasi Terbaik untuk Bersantai dan Melepaskan Penat (sumber: Google Maps: thufail javana tour)

Pantai Pangasan di Pacitan, Jawa Timur, merupakan salah satu tujuan destinasi rekreasi bahari yang menarik bagi sebagian orang. Sebagai negara dengan garis pantai paling panjang di dunia, Indonesia memiliki beragam nama pantai yang menyimpan kekhasan tertentu dan panorama alam yang menyejukkan mata.

Hampir setiap pulau di nusantara memiliki pantai dengan pesona dan kekhasannya sendiri, termasuk Pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur.

Pantai Pangasan menjadi salah satu dari pantai-pantai tersebut yang menonjolkan keelokan alamnya. Berlibur ke pantai ini telah dinanti-nantikan oleh banyak orang karena keindahan yang ditawarkannya.

Pantai Pangasan di Provinsi Jawa Timur

Kota Pacitan dikenal mempunyai rekreasi pantai yang tidak kalah mempesona dibandingkan wilayah lain. Satu tujuan rekreasi yang populer di sana ialah wisata 1001 goa yang cantik.

Berada di sisi ujung barat daya Jawa Timur dan berbatasan secara langsung dengan samudra Hindia pada bagian Selatan menempatkan Pacitan pada garis pantai dan menjadikannya sebagai satu kota yang mempunyai sejumlah pantai cantik dengan kekhasan Pantai Selatan.

Pantai Pangasan di Provinsi Jawa Timur
Pantai Pangasan di Provinsi Jawa Timur (sumber: Google Maps: Ary Ary)

Ada sekian nama pantai yang telah banyak dikenal oleh wisatawan di Pacitan ini. Sebut saja seperti Pantai Klayar, Pantai Soge, Pantai Banyu Tibo dan pantai Kasap.

Selain itu, tersembunyi nama Pantai Pangasan sebagai salah satunya pantai yang mulai disukai wisatawan karena kekhasan pantainya yang alami.

Pantai ini tepatnya berada di desa Kalipelus, Dusun Batu Lapak, Kecamatan Kebon Agung yang masuk ke daerah Kabupaten Pacitan.

Ada yang mengatakan jika pantai ini mempunyai keelokan yang hampir sama dengan Pantai Papuma yang ada di Kota Jember.

Pantai ini jadi hangat dibicarakan di sosial media seakan jadi tujuan rekreasi pantai baru yang fantastis. Nama dari Pantai Pangasan ini diberi karena pantai ini ada di kawasan yang mempunyai banyak batu karang.

Inilah salah satunya dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki pantai ini hingga memang pantas untuk dijadikan rencana arah wisata.

Sebagai satu pantai yang tetap tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas, pengelolaan pantai ini benar-benar minim. Ini dapat dilihat dari masih tidak banyaknya sarana umum yang ada di area lokasi pantai. Atau juga masih belum ada tarif retribusi yang diputuskan dengan sah oleh pihak pengurus.

Hingga memang belum ada pungutan biaya masuk ke dalam kawasan ini seperti hal kebanyakan pantai yang lain telah populer yang mewajibkan pengunjung untuk bayar tiket masuk.

Untuk memasuki tempat pantai ini pengunjung hanya cukup membayar ongkos parkir untuk tiap kendaraan yang dibawa.

Tarifnya termasuk tarif normal seperti umumnya ongkos parkir pada tempat lain. Ada juga sebuah kotak infak yang disediakan di area pantai untuk membantu dalam peningkatan pariwisata di kawasan ini.

Pantai Pangasan ini mempunyai jam operasional seharian penuh alias 24 jam hingga dapat dikunjungi oleh pengunjung kapan saja.

Untuk mencapai lokasi pantai ini, pengunjung harus mengetahui lokasi nya itu berada di Desa Kalipelus, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi pantai ini termasuk tidak begitu jauh dari Kota Pacitan karena dari pusat Kota untuk capai Desa Kalipelus ini cuma memerlukan waktu sekitaran 1/2 jam saja.

Dari arah pusat perkotaan Pacitan pengunjung dapat menuju ke arah Pantai Pangasan ini mengikuti jalur lintas selatan.

Lokasi pantai ini tidak bersebelahan atau bersisihan dengan lokasi parkir kendaraan. Sehingga sesudah memarkirkan kendaraan pengunjung memerlukan waktu untuk mencapai Pantai Pangasan ini dengan melalui Jalan menurun yang tidak begitu curam.

Jalan menurun ini dibuat dua mode yang pertama untuk orang berjalan kaki dibuat berbentuk anak tangga menurun yang tidak begitu terjal dan yang kedua untuk sepeda motor.

Jalan menurun ini cuma dilakukan selama beberapa saat saja sampai menuju lokasi pantai. Jalannya sudah dibuat sebagai anak tangga yang tidak begitu curam hingga semakin nyaman untuk dilalui.

Panorama di kiri dan kanan jalan ini cukup asri dan bisa untuk dinikmati sambil menuju ke lokasi pantai.

Di samping kiri dan kanan jalan berbentuk kebun atau ladang yang digunakan oleh warga setempat dengan ditanam beraneka macam tanaman seperti rumput-rumputan dan sayur.

Selain tanaman, pengunjung saat melewati jalan setapak menurun ini akan merasakan ikut terdengar suara hewan-hewan peternak yang sengaja di taruh di area ini.

Hingga bisa dimengerti jika area menuju pantai ini digunakan oleh warga setempat sebagai tempat peternakan dan pertanian.

Daya Tarik Pantai Pangasan di Pacitan

Sebagai satu pantai yang tetap tidak banyak dikenal dan tergolong terselinap serta masih sedikit pengunjung yang mengunjunginya, pantai panggasan senjatanya mempunyai daya tarik yang tidak kalah dibanding kebanyakan pantai lain yang telah banyak dikenal oleh wisatawan.

Berikut ialah beberapa daya tarik yang membuat Pantai Pangasan pantas untuk jadi tujuan tempat rekreasi bahari:

1. Kombinasi Antara Lautan dan Pegunungan

Kombinasi Antara Lautan dan Pegunungan
Kombinasi Antara Lautan dan Pegunungan (sumber: Google Maps: Mohamad chanif Chamdani)

Daya tarik khusus yang langsung bisa disaksikan oleh pengunjung sesaat setelah berada di lokasi pantai dan sembari menuruni jalan setapak berupa anak tangga ialah panorama yang merupakan kombinasi di antara pegunungan dan lautan.

Nuansa pegunungan begitu berasa dari keberadaan area lahan yang ada di sekitaran pantai. Tempat ini digunakan oleh warga setempat tidak cuma untuk ladang atau kebun untuk menanam beberapa sayur.

Tetapi, di sana dimanfaatkan sebagai sawah untuk menanam padi. Area lahan yang dibikin gaya terasering makin menambah kental nuansa pegunungan.

Gemericik air yang mengalir sebagai fasilitas irigasi untuk sawah makin menambahkan kesan-kesan pegunungan yang berada di perdesaan.

Ada beberapa pohon kelapa semakin mengkonfirmasi kehadiran dari lokasi sekitar Pantai Pangasan ini yang merupakan area pertanian.

Hingga pemandangan dari kombinasi pegunungan dan pantai ini jadi satu keelokan tertentu yang tidak dimiliki oleh banyak pantai yang ada.

Pantai Pangasanlah salah satunya dari sedikit pantai yang mempunyai pemandangan yang unik ini.

2. Tebing Besar yang Berada di Samping Barat Pantai

Satu lagi keunikan khusus dari Pantai Pangasan ini ialah ada tebing besar yang ada di samping sebelah barat pantai.

Tebing Besar yang Berada di Samping Barat Pantai
Tebing Besar yang Berada di Samping Barat Pantai (sumber: Google Maps: Arif Usman)

Tebing ini ialah sebuah bebatuan yang menjulang tinggi ke atas dan ditumbuhi rumput-rumputan pada bagian atapnya.

Letaknya menjulang dan menjuru ke laut seolah jadi penjaga dari pantai ini. Kesannya yang kuat makin menambahkan kharisma dari pantai ini yang terkesan lebih kuat.

Tebing ini dikenali sebutan Gunung Lanang karena memiliki bentuk yang tinggi menjulang.

Spot yang menampakkan gunung Lanang ini jadi satu spot yang bagus sekali untuk di abadikan dalam foto.

3. Pantai yang Tidak Terlalu Luas

Selain tebing yang sudah disebutkan, pada bagian tepi pantai ada banyak sekali bebatuan bebatuan yang tersebar.

Pantai yang Tidak Terlalu Luas
Pantai yang Tidak Terlalu Luas (sumber: Google Maps: dedy muhammad nuurzaad)

Kesatuan dalam bentuk besar ini terserak di bibir pantai tidak terlalu luas. Inilah keberadaan dari pantai panggasan yang mempunyai area pantai tersebut yang tidak begitu luas.

Jarak antara bibir pantai yang telah terkena air dari laut dengan lokasi area pertanian masyarakat berupa sawah sangatlah dekat. Tapi, tempat yang tidak luas ini masih tetap dapat dinikmati untuk bermain air dan aktivitas lain.

4. Ombak yang Lumayan Besar

Karena lokasinya yang bersebelahan secara langsung dengan Samudera Hindia yang mengakibatkan ombak yang datang dari laut dan memecah di pinggir pantai termasuk ke jenis ombak yang besar.

Sehingga pengunjung harus tetap berhati-hati dan waspada saat berada di tempat pantai. Terlebih di bagian pantai ini terdapat banyak batu-batuan dalam ukuran yang cukup besar.

Ombak yang Lumayan Besar
Ombak yang Lumayan Besar (sumber: Google Maps: IHDA NUR IHSANI)

Masih tidak terlihat beberapa aktivitas yang dilakukan pengunjung di bibir pantai ini dengan memanfaatkan ombak yang cukup besar ini seperti halnya di pantai lain di mana pengunjung biasanya bisa melakukan olahraga air seperti surfing.

Ini bisa dikarenakan karena keberadaan ombak yang cukup besar. Suara ombak yang lumayan besar ini mampu memberikan nuansa pantai tersendiri.

5. Batu Karang di Bibir Pantai

Selain adanya bebatuan di tepi pantai, di bagian lain dari pantai ini bisa juga ditemukan batu karang yang menjulang ukurannya cukup besar bahkan dapat diduduki dan dinaiki.

Batu Karang di Bibir Pantai
Batu Karang di Bibir Pantai (sumber: Google Maps: sasrawungan)

Batu karang ini berjumlah cukup banyak yang menambah kesan-kesan kekuatan dari pantai ini terlebih saat batu karang itu dihantam ombak dari lautan.

6. Camping di Area Persawahan

Seperti yang sudah disebutkan jika keberadaan bibir pantai ini tidak terlalu luas sehingga, untuk digunakan sebagai area camping tidaklah memungkinkan.

Tetapi, jangan berkecil hati, camping bisa dilaksanakan di tepi pantai tepatnya di dekat tempat persawahan.

Di sini disediakan area untuk membangun tenda. Tentu akan menjadi pengalaman tersendiri untuk berkemah di dekat area persawahan.

Camping di Area Persawahan
Camping di Area Persawahan (sumber: Google Maps: Mathilda official)

Walaupun harus ada sejumlah kewaspadaan untuk melakukan ini karena kita tahu bahwa area persawahan sering dihampiri oleh beberapa hewan seperti ular dan tikus atau hewan kecil lainnya.

Hingga harus dipikirkan dengan matang pilihan untuk melakukan camping di pantai ini. Akan lebih aman bila pengunjung tidak bawa anak-anak.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Pangasan

Harga tiket masuk Pantai Pangasan Pacitan terbilang sangat terjangkau. Para wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Untuk tarif parkir juga cukup ekonomis, berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Pantai Pangasan dapat dianggap sebagai destinasi wisata yang ramah di kantong.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Pangasan
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Pangasan (sumber: Google Maps: kang run dayat)
HariJam OperasionalHarga Tiket MasukParkir
Senin24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Selasa24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Rabu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Kamis24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Jumat24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Sabtu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000
Minggu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000 – Rp. 10.000

Bayangkan saja, dengan membayar tiket masuk yang begitu murah, para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang tak ternilai harganya.

Jam operasional atau waktu buka dan tutup Pantai Pangasan tidak ada karena pantai ini buka selama 24 jam. Jadi, sobat wisata bisa dengan bebas menikmati keindahannya kapan saja.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Pangasan

Alamat Pantai Pangasan terletak di Desa Kalipelus, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Meskipun tidak terlalu jauh dari Kota Pacitan, waktu tempuh untuk mencapai Desa Kalipelus hanya sekitar setengah jam saja.

Namun, perjalanan menuju pantai ini membutuhkan beberapa usaha.

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Pacitan menuju Pantai Pangasan, kamu dapat mengikuti jalur JLS (Jalan Lintas Selatan).

Sebelum flyover Gayam, belok kiri dan masuk ke pertigaan yang menanjak, kemudian ikuti jalan yang berkelok-kelok hingga mencapai Pasar Gayam. Dari Pasar Gayam, teruskan perjalanan melewati flyover dan lanjutkan mengikuti jalan utama.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Pangasan
Lokasi dan Rute menuju Pantai Pangasan (sumber: Google Maps: Panji Aditya)

Setelah melewati jalan menanjak, kamu akan menemukan gapura masuk Desa Klesem, di mana ada pertigaan.

Lanjutkan lurus (jika kamu belok, kamu akan menuju Pantai Kaliuluh). Ikuti jalan beraspal hotmix hingga kamu menemukan pertigaan menuju balai desa Kalipelus.

Pada pertigaan ini, belok kiri dan kemudian kamu akan menemui pertigaan lagi, belok kiri sekali lagi.

Selanjutnya, kamu akan melewati SD di kanan jalan, diikuti oleh balai desa Kalipelus, dan setelah itu jalan akan mulai menurun.

Ambil jalur utama di mana kamu akan menemukan pertigaan. Belok kiri dan kamu akan menemui pertigaan lagi, kali ini belok kanan.

Sebenarnya, kamu dapat mengambil salah satu dari dua jalur, kanan atau kiri, karena keduanya menuju jalan yang sama, tetapi jalur kanan lebih nyaman untuk dilalui.

Kemudian kamu akan menemukan pertigaan lagi, belok kiri, dan kemudian melewati jalan berupa tanah di atas punggungan bukit.

Setelah itu, menyusuri bukit, kamu akan menemukan perempatan. Ambil jalur kiri dan terus ikuti jalan setapak tersebut hingga mencapai tujuan.

Dari area parkir kendaraan, perjalanan selanjutnya dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri area persawahan dan kemudian masuk ke area hutan tropis. Jalanan akan terus menurun hingga mencapai kawasan Pantai Pangasan.

Lokasi lengkap menuju pantai Pangasan:

Alamat: Dusun Batulapak, Desa, Kalipelus, Kebonagung, Pacitan Regency, East Java 63561

Tips Berekreasi di Pantai Pangasan

Karena pantai ini mempunyai kekhasan tertentu dan lokasinya yang berbeda dari beberapa pantai lainnya, berwisata ke pantai panggasan ini memerlukan banyak hal yang patut untuk disiapkan dan diperhatikan.

Yang pertama ialah mengenai cuaca. Ketika akan pergi ke pantai ini sebaiknya pengunjung memilih kondisi cuaca yang baik yakni tidak hujan atau gerimis.

Karena akan mempengaruhi keberadaan jalan yang menuju lokasi pantai. Di mana keadaan jalan ini tidak begitu lebar dan menurun, sehingga akan menjadi lebih licin di suasana hujan.

Tips Berekreasi di Pantai Pangasan

Untuk hal lain patut diperhatikan ialah mengenai alas kaki yang kita pakai. Janganlah menggunakan alas kaki yang licin karena akan mengurangi kenyamanan saat jalan dan menambah rasa tidak aman karena bisa tergelincir.

Disamping itu kondisi badan tetap harus diperhatikan karena harus melewati Jalan Setapak yang menurun ini selama beberapa menit.

Walaupun sebenarnya kelelahan saat menuruni jalan ini bisa dikurangi sembari menikmati panorama yang ada di sekitar jalan menuju pantai karena pemandangan ini cukuplah sejuk dan asri.

Hal lain yang patut dipersiapkan saat akan mengunjungi pantai Pangasan ini ialah mengenai minuman dan makanan sebaiknya pengunjung bawa stok minuman dan makanan yang cukup.

Jangan sampai kehabisan stok makanan atau berharap akan membeli makanan di area pantai. Karena di sekitar pantai masih tidak terdapat banyak warung atau dikatakan tidak ada warung makanan atau minuman.

Hal ini kembali karena keberadaan pantai yang masih tidak banyak dikenal hingga pengunjungnya pun juga masih sepi.

Pantai Lain di Pacitan Selain Pantai Pangasan

Disebutkan bahwa Pacitan ialah daerah di ujung barat Jawa Timur yang perbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Karenanya di kota ini menyimpan beberapa wisata bahari berupa pantai yang memiliki kekhasan dan keelokan masing-masing.

Selain pantai Pangasan, Pacitan mempunyai sejumlah nama pantai lain. Meskipun masih tidak banyak dikenal dan kalah terkenal dibandingkan keberadaan dari Pacitan dengan julukannya sebagai seribu gua.

Karena kabupaten ini memiliki banyak GOA yang telah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Pantai Lain di Pacitan Selain Pantai Pangasan
Pantai Lain di Pacitan Selain Pantai Pangasan (sumber: Google Maps: Zora Revando)

Dari sekian banyak nama pantai yang berada di Pacitan, satu pantai yang menarik lainnya bernama Pantai Banyu Tibo.

Menariknya dari pantai ini ialah ada air terjun yang langsung menuju ke curah laut. Meskipun air terjun ini tergolong cukup pendek tetapi sudah pasti memberikan nuansa keelokan tersendiri dari kombinasi air pantai ini dan terjun.

Selain itu ada juga Pantai Buyutan yang mempunyai panorama langit biru dan pantai dengan pasir putihnya. Inilah yang menjadi keunggulan dari pantai ini.

Disamping itu juga ada sebuah batu yang berbentuk seperti mahkota dewa yang ada di tengah laut. Keberadaan dari batu ini dikatakan sebagai ikon kekhasan dari pantai buyutan ini.

Pantai lain yang dapat dinikmati pada bagian timur Pacitan ialah Pantai Klayar yang berada di wilayah kala, Sendang, Donorojo.

Pantai Klayar ini telah termasuk ke tipe pantai yang mempunyai infrastruktur dan sarana yang lumayan lengkap dibanding beberapa pantai lain yang masih terselinap di Pacitan.

Satu kekhasan yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Pantai Klayar ini ialah panorama seruling samudra berupa ombak yang menyemburkan dari celah karang.

Lokasi Pantai Klayar lumayan strategis hingga dapat dengan mudah untuk dicapai berbagai kendaraan baik roda dua roda, roda tiga atau bis besar.

Sebenarnya masih ada sejumlah nama pantai lain yang dapat dinikmati sepanjang berada di Pacitan.

Sebut saja Pantai Teleng Ria, pantai Taman Ngadirojo, pantai Ngandul, Pantai Srau dan tentunya beberapa nama pantai lainnya. Semua pantai ini mempunyai keindahan dan kesannya masing-masing

Inilah beberapa nama pantai selain Pantai Pangasan yang ada di Pacitan. Keelokan pantai yang berbatasan secara langsung dengan Samudera Hindia jadi satu kekhasan tersendiri.

Termasuk juga Pantai Pangasan yang terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan keberadaan tebing tinggi yang menjulang yang dikenal dengan nama Gunung Lanang.

Pantai Pangasan ini tentu layak dijadikan sebagai salah satu objek destinasi wisata bahari yang pantas untuk didatangi untuk menghabiskan waktu berlibur.

Keelokan pantai akan membuat kesan tersendiri untuk pengunjung dan pengalaman yang menarik. Baik itu untuk diri sendiri dan yang diajak bersama, entahlah itu teman atau anggota keluarga lainnya.

Hotel Nyaman di Sekitaran Pantai Pangasan

Jika kamu berencana untuk mengunjungi pantai ini, tak perlu khawatir tentang akomodasi. Berikut ayowisata.co.id telah menyediakan beberapa pilihan hotel dekat dengan pantai Pangasan yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Homestay Kinasih

Homestay Kinasih
Homestay Kinasih (sumber: Google Maps: Dedik Kurniawan)

Homestay Kinasih adalah pilihan ideal bagi wisatawan yang mencari akomodasi nyaman dan budget-friendly di dekat Pantai Pangasan.

Dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan ramah dari staf, kamu akan merasa seperti berada di rumah sendiri.

Lokasinya yang strategis juga memudahkan kamu untuk mengeksplorasi pantai eksotis ini dengan mudah.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 314.268 per malam

BOOKING HOTEL Homestay Kinasih DISKON 78%

2. Summerfield Homestay and Cafe

Summerfield Homestay and Cafe menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan dengan sentuhan kenyamanan ekstra.

Summerfield Homestay and Cafe
Summerfield Homestay and Cafe (sumber: Google Maps: Mohammad Muflih)

Dengan kamar-kamar berdesain menarik dan suasana yang tenang, hotel ini sangat cocok untuk para wisatawan yang mencari ketenangan setelah seharian berpetualang di Pantai Pangasan. Jangan lupa mencicipi hidangan lezat di kafe mereka yang populer!

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 523.835 per malam

BOOKING HOTEL Summerfield Homestay and Cafe DISKON 67%

3. Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation

Jika kamu seorang penggemar surfing, Watukarung Prapto Homestay adalah pilihan sempurna. Terletak di dekat Pantai Pangasan, hotel ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas yang mendukung kegiatan surfing.

Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation
Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation (sumber: Google Maps: Septa Inigopatria)

Dengan fasilitas penyimpanan peralatan surfing dan akses mudah ke pantai, kamu dapat dengan mudah mengejar ombak selama menginap di sini.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.300.000 per malam

BOOKING HOTEL Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation DISKON 73%

4. Hotel Graha Prima

Hotel Graha Prima adalah hotel bintang tiga yang menawarkan kenyamanan modern bagi para tamu yang mengunjungi Pantai Pangasan.

Dengan beragam fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan akses Wi-Fi gratis, hotel ini akan memastikan kamu merasa dimanjakan selama liburan kamu.

Hotel Graha Prima
Hotel Graha Prima (sumber: Google Maps: Hotels)

Staf yang ramah dan pelayanan yang baik akan membuat kamu merasa dihargai sepanjang waktu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.142.983 per malam

BOOKING HOTEL Hotel Graha Prima DISKON 50%

5. ARRYS (Watukarung Surf Camp)

ARRYS (Watukarung Surf Camp) adalah destinasi impian bagi para peselancar dan para wisatawan petualang. Dengan lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Pangasan, hotel ini menawarkan akomodasi yang nyaman dan suasana yang menyenangkan.

ARRYS (Watukarung Surf Camp)
ARRYS (Watukarung Surf Camp) (sumber: Google Maps: Adi Sulistiyono)

Kamu dapat menikmati berbagai kegiatan pantai dan berselancar sepuasnya, lalu kembali ke hotel untuk bersantai dan mengobrol dengan sesama peselancar.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.330.000 per malam

BOOKING HOTEL ARRYS (Watukarung Surf Camp) DISKON 68%

Kuliner Khas Pantai Pangasan yang Wajib Dicoba

Berikut kulineran khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke pantai Pangasan, yaitu:

1. Ikan Bakar

Suasana matahari terbenam yang mempesona di Pantai Pangasan semakin sempurna dengan mencicipi hidangan andalan, Ikan Bakar.

Ikan segar pilihan dipadu dengan bumbu rempah yang khas, kemudian dipanggang hingga sempurna.

Ikan Bakar

Rasakan sensasi renyahnya kulit ikan yang bercampur dengan rasa gurih dan pedasnya bumbu rempah yang meresap hingga ke daging ikan.

Tak heran, hidangan ini menjadi favorit para pengunjung yang ingin menikmati momen romantis di tepi pantai.

2. Sate Laut

Nikmati kelezatan Sate Laut , sajian yang menggabungkan beragam makanan laut seperti cumi, udang, ikan, dan kerang yang ditusuk dalam satu tusukan bambu.

Sate Laut

Sate-satean ini kemudian dibakar dengan arang hingga matang sempurna, disajikan dengan bumbu kacang pedas yang membuatnya semakin menggugah selera.

Rasakan sensasi kenikmatan tiap gigitan dari Sate Laut yang dijamin membuat lidah kamu bergoyang kebahagiaan.

3. Gado-Gado

Di bawah terik matahari Pantai Pangasan, nikmati kesegaran Gado-Gado yang menyegarkan. Sajian beragam sayuran segar seperti kubis, bayam, dan kangkung dipadu dengan tahu dan tempe renyah, serta disiram dengan bumbu kacang khas.

Gado-Gado

Rasakan sensasi kesehatan dan kenikmatan dalam setiap suapan Gado-Gado “Segar Pantai” yang tak terlupakan.

4. Es Kelapa Muda

Tak lengkap rasanya jika belum mencoba Es Kelapa Muda yang menjadi minuman favorit para pengunjung Pantai Pangasan.

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda segar yang dingin dan manis menjadi penyejuk tenggorokan yang sempurna setelah seharian menikmati pesona pantai. Tambahkan potongan kelapa muda dan es serut untuk kenikmatan ekstra.

5. Puding Leci

Untuk pencuci mulut yang manis dan lembut, pilihlah Puding leci. Potongan leci yang segar dipadukan dengan puding lembut yang disiram dengan sirup manis menjadikan hidangan ini cocok untuk menutup makan malam romantis di Pantai Pangasan.

Puding Leci

6. Iga Bakar

Bagi pecinta daging, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Iga Bakar. Iga sapi yang dipanggang dengan bumbu kecap manis, bawang, dan rempah-rempah khas, menghasilkan daging yang empuk dan lezat. Aroma harumnya yang menggoda sudah cukup membuat perut keroncongan.

Iga Bakar

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like