11 Aktivitas Seru di Pantai Papuma Jember yang Akan Membuatmu Ketagihan

11 Aktivitas Seru di Pantai Papuma Jember yang Akan Membuatmu Ketagihan (sumber: Google Maps: Memed Somadi)

Pantai Papuma adalah destinasi terkenal yang dapat kamu temukan di provinsi Jawa Timur. Tujuan yang satu ini lebih tepatnya berada di daerah Kabupaten Jember. Pantai Papuma bukan hanya populer dengan panoramanya yang menarik, tapi juga jadi surga rekreasi bahari yang siap memanjakan para pengunjungnya.

Beberapa sarana yang ada di kawasan rekreasi akan memberi nuansa baru dan membuat berlibur kamu jadi lebih terkesan.

Jadi untuk kamu yang menyukai aktivitas piknik atau berekreasi ke tujuan yang memiliki konsep alam bebas, benar-benar pas jadikan pantai ini sebagai tujuan.

Daya Tarik Pantai Papuma Yang Instagenic

Liburan ke pantai sambil nikmati indahnya deburan ombak jadi kegiatan yang pas untuk kamu yang ingin melepaskan capek dan relaksasi. Untuk kamu yang menyukai rekreasi bahari, Pantai Papuma menjadi satu diantara referensi yang sayang untuk dilewati.

Pantai berpasir putih yang berada di daerah Jember ini mempunyai panorama alam yang eksotis. Daya tarik laut biru dan suara ombak yang tenang jadi musik alami yang hendak selalu di rindukan dari tempat ini.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Pantai Papuma diantaranya:

1. Pemandangan Alam yang Cantik

Pemandangan Alam yang Cantik
Pemandangan Alam yang Cantik (sumber: Google Maps: Farah diba)

Pemandangan alam yang cantik dari pantai ialah daya tarik khusus yang memikat wisatawan untuk tiba berkunjung. Laut berwana biru dan bentangan pasir warna putih bersih jadi kombinasi yang estetik dari alam pantai selatan itu.

Tempat Pantai Papuma masih berada dalam area hutan wisata. Kamu dapat temukan pebukitan dan beberapa goa di tempat ini.

Disamping itu, batu-batuan karang berukuran besar dengan aneka bentuk membingkai di sepanjang bibir pantai. Pemandangan ini benar-benar elok dan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung dan datang.

2. Udara yang Bersih

Lokasi destinasi ini masih berada dalam kawasan hutan wisata Tanjung Papuma. Karena itu, kamu dapat rasakan kesejukan pantai dengan background hutan yang asri. Angin segar dan situasi pantai yang alami jadi nilai tambah tersendiri.

Udara yang Bersih
Udara yang Bersih (sumber: Google Maps: August N. Hidayatullah)

Untuk mereka yang umum bergelut dengan hingar-bingar suasana perkotaan, maka suasana alam bebas semacam ini benar-benar pas untuk beri kesegaran pikiran.

3. Spot Selfi yang Instagenic

Pantai Papuma sebagai tipikal pantai yang mempunyai ombak cukup tenang. Pantai yang berada di pesisir selatan ini mempunyai air laut yang berwarna kebiruan dan bersih.

Spot Selfi yang Instagenic
Spot Selfi yang Instagenic (sumber: Google Maps: Yoyok Hartawan)

Pantai berpasir putih jadi sasaran beberapa wisatawan karena mempunyai banyak spot foto yang instagenic. Untuk mereka para pencinta fotografi, destinasi ini ialah surga yang bisa digunakan untuk menciptakan gambar yang keren.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Papuma

Pantai Papuma sebagai salah satunya referensi rekreasi bahari di Jawa Timur yang layak diakui. Pantai ini sudah dinobatkan sebagai pantai paling indah dalam ajang Trip Advisor Traveller Choice di tahun 2015.

Bukan hanya mempunyai pemandangan alam yang mempesona, wisatawan akan menemukan banyak pengalaman baru saat liburan ke tempat ini. Apa aktivitas bagus yang bisa dilakukan di Pantai Papuma?

1. Berenang

Berenang

Pantai Papuma sebagai tujuan rekreasi yang berada di daerah pesisir selatan. Pantai ini mempunyai tipikal ombak yang tenang dan tidak terlalu besar.

Pemandangan ini cukup berlainan, mengingat biasanya kawasan pesisir pantai selatan mempunyai lautan dengan ombak besar

Jadi saat berkunjung kesini, wisatawan bisa berenang dan nikmati segarnya air laut.

Tetapi meski begitu, untuk alasan keamanan wisatawan seharusnya memakai perlindungan tambahan, misalkan menggunakan pelampung, baju renang dan lain-lain.

2. Main di Pinggir Pantai

Main di Pinggir Pantai

Pasir pantai jadi tempat yang menarik untuk melakukan beragam kegiatan. Membuat istana pasir, bermain bola, voli pantai atau sekedar duduk-duduk bersama keluarga atau orang paling dekat jadi aktivitas seru yang dapat kamu lakukan disini.

3. Diving dan Snorkeling

Untuk kamu yang menyukai kegiatan diving dan snorkeling, pantai Papuma sebagai tempat wisata yang bagus untuk aktivitas itu.

Diving dan Snorkeling

Pantai ini mempunyai tipikal air laut yang jernih dan tidak begitu bergelombang hingga menjadi spot yang bagus untuk beberapa pecinta diving.

Saat menyelam ke dasar laut, pengujung dapat rasakan keelokan laut Papuma. Menyaksikan cantiknya terumbu karang, bermacam tipe ikan dan beragam kehidupan biota laut juga dapat dilakukan lebih dekat.

4. Berwisata dengan Perahu Tradisional

Mungkin kamu sudah sering berkeliling-keliling mengitari laut menggunakan perahu bermesin. Tetapi sudah pernahkah kamu menaiki perahu tradisional?

Saat berkunjung ke Pantai Papuma, pengunjung dapat merasa pengalaman baru yakni berkeliling-keliling mengitari laut menggunakan perahu tradisional.

Berwisata dengan Perahu Tradisional

Perahu-perahu tradisional dengan berbagai corak bagus ini akan mengantar pengunjung mengelilingi kawasan perairan Papuma.

Penghujung bisa juga melihat lebih dekat 7 pulau karang yang terkenal pada tempat itu. Bagus sekali kan?

5. Berkunjung ke Bukit Siti Hinggil Papuma

Bukit Siti Hinggil Papuma adalah spot yang menjadi favorit beberapa wisatawan. Bukit yang berada di atas ketinggian ini jadi lokasi yang bagus untuk nikmati pemandangan pantai secara keseluruhan.

Berkunjung ke Bukit Siti Hinggil Papuma
Berkunjung ke Bukit Siti Hinggil Papuma (sumber: Google Maps: fatchun niam)

Dari tempat ini wisatawan dapat menyaksikan cantiknya panorama pantai dari atas ketinggian. Bukit Siti Hinggil jadi spot yang bagus untuk mendokumentasikan kenangan dan berselfie.

6. Mengunjungi Goa

Selain bukit Siti Hinggil, di kawasan pantai ini ada beberapa goa, yakni Goa Jepang dan Goa Lowo.

Goa Jepang ialah Goa yang menjadi bagian dari sejarah Indonesia karena kabarnya kerap dipakai untuk tempat pengintaian untuk memperhatikan gerakan pasukan Jepang.

Mengunjungi Goa
Mengunjungi Goa (sumber: Google Maps: Ignatius Kuncoro K.)

Tempat Goa Jepang ini ada 100 meter dari permukaan laut. Untuk sampai ke lokasi Goa, wisatawan harus jalan kaki lebih dulu dan melalui kawasan hutan jati.

Selain Goa Jepang, ada pula Goa Lowo yang tempatnya tidak jauh dari lokasi pantai, persisnya di kedalaman 30 km. Tetapi goa ini cuma dapat didatangi di saat air laut sedang surut saja.

Goa-goa yang berada di Pantai Papuma ini jadi spot favorit untuk para wisatawan. Tempat ini jadi spot bagus untuk berswafoto karena panoramanya yang keren.

7. Camping

Untuk kamu yang ingin berkemah dan nikmati situasi malam di alam bebas, spot wisata ini memberi sarana untuk aktivitas itu.

Camping

Berkemah dan nikmati situasi pantai pada malam hari menghadirkan situasi romantis dan tenang. Aktivitas ini benar-benar pas dilakukan bersama keluarga atau orang paling dekat.

Berkemah di pantai ini cukup aman karena disekitaran pantai sobat wisata dapat temukan banyak petugas keamanan dan penjaga.

8. Hutan Jati Papuma

Tidak jauh dari Pantai Papuma ada hutan jati. Hutan jati ini mempunyai pemandangan yang tidak kalah memanjakan mata dan cantik.

Hutan Jati Papuma

Udara hutan yang fresh, dan beragam tumbuhan dan fauna yang hidup pada tempat ini jadi kekhasan tertentu dari wana rekreasi tersebut.

9. Berekreasi Kulineran

Saat sudah capek main di pantai, kamu pun bisa beristirahat sekalian isi perut. Di lokasi sekitaran tempat rekreasi banyak warung, cafe atau restoran yang menyediakan bermacam kulineran.

Berekreasi Kulineran

Kuliner-kuliner yang dihidangkan bervariatif, bukan hanya makanan tradisional ciri khas di tempat tapi juga beragam makanan modern.

Untuk kamu pecinta seafood, pada tempat ini banyak tempat kuliner yang menyajikan aneka olahan seafood dan ikan.

10. Wisata Flora dan Fauna

Tujuan rekreasi yang satu ini jadi tempat tinggal dan tumbuh untuk beragam fauna dan flora. Di lokasi pantai, kamu dapat merasakan hidupnya berbagai biota laut.

Wisata Flora dan Fauna

Dan hutan wana rekreasi yang tempatnya tidak jauh dari pantai jadi habitat hidup untuk beragam binatang, mulai dari ular, kera, kancil, rusa, tupai, dan lain sebagainya.

11. Hunting Foto

Pantai Papuma jadi surga untuk beberapa pencinta fotografi. kamu bisa temukan banyak spot kece dengan pemandangan yang instagramable dan cantik.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Google Maps: Adam Taufan)

Bukan hanya pantai, beragam spot lain misalkan bukit Siti Hinggil Papuma, goa wisata, kawasan batu karang, area hutan dan lain-lain bisa jadi pilihan.

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Papuma

Sebagai salah satunya destinasi terkenal dari Kabupaten Jember, Pantai Papuma sediakan fasilitas yang cukup lengkap. Beragam sarana yang ada pada tempat ini diantaranya:

1. Tempat Parkir

Tempat parkir sebagai salah satunya sarana yang disediakan oleh pihak pengurus wisata. Tempat parkir yang disediakan pada tempat ini lumayan luas, menjadi pengunjung dapat leluasa untuk memarkirkan kendaraan mereka.

2. Gazebo

Bila berkunjung ke Pantai Papuma, kamu bisa juga temukan banyak bangunan gazebo atau saung. Gazebo ini dibuat berjejer rapi di area pantai.

Gazebo
Gazebo (sumber: Google Maps: Kukuh Widyatmoko)

Pembangunan gazebo ditujukan untuk wisatawan. Di saung itu pengunjung bisa istirahat setelah capek main di pantai.

3. Pusat Informasi dan Loket Tiket

Pusat info dan loket tiket bisa juga kamu temui disini. Pantai rekreasi ini banyak memiliki petugas dan penjaga yang siap menolong wisatawan untuk menangani beragam keperluan mereka.

4. Tempat Makan

Untuk pengunjung yang ingin isi perut, kamu pun tidak perlu cemas. Pada tempat ini ada tempat yang berisi warung dan restoran yang menyajikan bermacam kulineran.

Pengunjung juga dapat pilih menu yang diinginkan. Warung sederhana sampai cafe dan restaurant berkualitas siap memanjakan lidah para wisatawan.

5. Pusat Jajan dan Souvenir

Untuk kamu yang ingin cari oleh-oleh, di wilayah sekitaran pantai tedapat kedai-kedai yang jual bermacam souvenir dan jajanan. Pusat jajanan dan souvenir ini menjadi satu diantara lokasi yang banyak dicari oleh para wisatawan yang ingin cari buah tangan atau oleh-oleh.

6. Camping Area

Pantai Papuma menyediakan tempat khusus yang bisa digunakan untuk berkemah. Tempat ini telihat elok dengan bermacam tenda warna-warni yang disewa oleh para wisatawan.

Liburan di alam bebas, nikmati indahnya pemandangan pantai pada malam hari, dan beragam kegiatan hebat lainnya bisa dilakukan pada saat berkemah.

Di saat kamu ingin menggunakan sarana ini, pastikan untuk menyediakan budget lebih karena pengunjung akan dikenakan ongkos tambahan untuk sewa tenda dan beragam kepentingan lainnya.

7. Perahu Wisata

Perahu wisata ialah sarana yang disiapkan oleh pihak pengurus wisata. Maksudnya untuk mengantarkan para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat pantai.

Uniknya, perahu yang dipakai untuk berkeliling-keliling ini bukanlah perahu bermesin, tetapi perahu tradisional.

Perahu Wisata

Perahu-perahu ini bekerja untuk membawa wisatawan untuk mengelilingi semenanjung Pantai Papuma.

8. Penginapan

Tidak cukup menghabiskan waktu sehari untuk mengeksploitasi keindahan Papuma? kamu dapat tinggal lebih lama di tempat ini.

Ada banyak penginapan yang dapat dipilih oleh wisatawan. Penginapan-penginapan ini juga menghadirkan beragam macam harga. Dimulai dari penginapan sederhana sampai hotel berkelas dapat dipilih sama sesuai keperluan.

9. Toilet atau Kamar Mandi

Untuk pengunjung yang ingin ganti baju atau membersihkan diri, kamu bisa memakai toilet atau kamar mandi yang tersedia banyak di kawasan pantai.

10. Tempat Sampah

Berkunjung tempat rekreasi pastikan tidak untuk mengotori tempat itu dengan sampah-sampah yang kita hasilkan.

Karena itu, pihak pengurus rekreasi sediakan tempat sampah yang tempatnya tersebar di sejumlah lokasi pantai.

Beberapa tempat sampah ini diletakkan di kawasan strategis yang gampang untuk dijangkau. Jadi budayakan untuk selalu buang sampah pada tempatnya, ya.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Papuma

Pantai Papuma sebagai tujuan rekreasi yang berada di wilayah Jember. Persisnya berada di Jl. Raya Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Lokasi tempat wisata ini tidak susah untuk ditemukan dan gampang untuk dijangkau. Karena infrastruktur dan transportasi yang ada sudah cukup memadai.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Papuma
Lokasi dan Rute menuju Pantai Papuma (sumber: Google Maps: Jims Mahoeltra)

Untuk sampai ke tempat wisata, pengunjung bisa lewat beberapa rute. Tetapi jalur utamanya yakni dari arah Jember.

Pengunjung yang tiba dari arah Jember perlu ambil jalur lurus sampai kamu menemukan perempatan Mangli.

Sesampai di perempatan Mangli, sebaiknya kamu ambil lajur ke arah kiri dan kemudian terus jalan lurus sampai temukan pertigaan Ajung dan sampai ke gerbang Papuma.

Selanjutnya, dari arah gerbang ini wisatawan masih perlu menjalankan kendaraan meraka dan melaju lurus hingga sampai ke kawasan pantai.

Jika ingin rute yang lebih gampang, kamu bisa ambil jalur yang sejalur dengan pantai Watu Ulo. Bila ambil lajur dari Watu Ulo, jalan yang kamu lewati tidak terlalu ekstrim karena jalan di jalur itu telah beraspal dan bagus.

Tetapi pada saat ambil lajur ini, kamu akan dikenai ongkos dua kali lipat, yakni ongkos masuk ke dalam Watu Ulo dan Pantai Papuma.

Lokasi lengkap menuju pantai Papuma:

Alamat: Jl. Raya Lojejer, Area Kebun, Lojejer, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68162

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma

Pantai Papuma sebagai tempat wisata yang cukup ikonik di Jember. Selain menawarkan pemandangan pantai yang menarik, tempat wisata ini sediakan beberapa sarana yang akan memanjakan para pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma
Harga Tiket Masuk Pantai Papuma (sumber: Google Maps: Kiki Ajeng)

Agar bisa nikmati keelokan pantai, pengunjung pun tidak perlu mengambil kocek terlalu dalam. Sejumlah biaya yang perlu dibayar oleh pengunjung pada tempat ini, yakni:

Hari
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
SeninRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
SelasaRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
RabuRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
KamisRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
JumatRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
SabtuRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000
MingguRp. 25.000Rp. 5.000Rp.10.000

Jam Operasional Pantai Papuma

Salah satu keunggulan pada Pantai Papuma ialah karena pantai ini bisa didatangi kapan pun dari hari Senin sampai Minggu.

Jam Operasional Pantai Papuma
Jam Operasional Pantai Papuma (sumber: Google Maps: Nobel Rizkiyono)

Disamping itu, pantai beroperasi selama 24 jam penuh dan tidak ada waktu tutup atau liburan. Namun biasanya pantai semakin lebih ramai pada hari-hari akhir pekan dan liburan.

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Rekomendasi Penginapan di Sekitaran Pantai Papuma

Untuk membantu kamu dalam mencari hotel dan penginapan di pantai papuma yang tepat dan nyaman, berikut ini ayowisata.co.id telah merangkum penginapan dan hotel di pantai papuma jember yang bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke pantai Papuma, yaitu:

1. Hotel Ambulu

Hotel Ambulu adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang mencari akomodasi yang nyaman di dekat pantai Papuma.

Hotel Ambulu
Hotel Ambulu (sumber: Google Maps: massool)

Terletak hanya beberapa menit berkendara dari pantai, hotel ini menawarkan fasilitas modern dan pelayanan yang ramah.

Kamar-kamarnya yang luas dan dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi pribadi akan membuat kamu merasa seperti di rumah.

Selain itu, hotel ini juga menyediakan beragam fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan area parkir yang aman.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 85.727 per malam

2. Bening Guest House

Jika kamu menginginkan penginapan yang nyaman dengan sentuhan tradisional, Bening Guest House adalah pilihan yang sempurna.

Terletak hanya beberapa langkah dari pantai Papuma, guest house ini menawarkan suasana yang tenang dan alami.

Bening Guest House
Bening Guest House (sumber: Google Maps: Januar Akbar)

Dengan desain yang khas, kamar-kamarnya yang bersih dan dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti kipas angin, TV, dan kamar mandi pribadi akan memberikan kenyamanan maksimal. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan indah pantai Papuma dari teras hotel ini.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 121.875 per malam

3. Foresta Resort Tanjung Papuma

Foresta Resort Tanjung Papuma adalah pilihan terbaik bagi kamu yang mencari akomodasi mewah dan bergaya di dekat pantai Papuma.

Dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, resort ini menawarkan kamar-kamar yang elegan dan dilengkapi dengan AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan fasilitas modern.

Foresta Resort Tanjung Papuma
Foresta Resort Tanjung Papuma (sumber: Google Maps: Dhani ndingkluk (Dhani_ndingkluk))

Selain itu, resort ini juga menyediakan fasilitas seperti restoran, kolam renang, spa, dan area olahraga. Kamu dapat bersantai di tepi kolam renang atau menjelajahi keindahan alam sekitar pantai Papuma.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 850.000 per malam

Booking Penginapan Sekitaran Pantai Papuma yang Diskon Hingga 75%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like