Pantai Pasir Kencana di Pekalongan: Tempat Wisata Alam yang Menakjubkan, Sangat Kids Friendly

Kota Pekalongan selain populer dengan batiknya, dikenal juga mempunyai tempat wisata bahari. Pemerintahan Kota Pekalongan sudah melakukan renovasi Pantai Pasir Kencana yang sebelumnya merupakan pasar ikan menjadi taman wisata Pantai Pasir Kencana.

Satu objek wisata bahari dengan menggabungkan wisata pantai dengan sejumlah fasilitas permainan yang menarik. Dengan adanya ini, tentunya pantai di provinsi Jawa Tengah ini mempunyai sejumlah daya tarik yang bisa dijumpai di lokasinya.

Taman Wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan

Taman Wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan
(sumber gambar: Google_Visit Jawa Tengah)

Pekalongan adalah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini jadi dermaga paling penting yang berada di provinsi ini. Yang paling dikenali dari Kota Pekalongan ini ialah batiknya.

Bahkan juga, Batik Pekalongan bisa memberikan warna tersendiri dalam industri tekstil dalam negeri. Mengharumkan nama nusantara dengan keelokan corak dan variasi batiknya yang mempunyai keunikan tertentu.

Wilayah kota Pekalongan ini terbagi menjadi dua sisi yakni kabupaten dan Kotamadya. Di Kabupaten Pekalongan, yang sama ialah tempat wisata alam seperti gunung bukit dan air terjun atau Curug.

Dan di Kota Pekalongan, sisi utara bersebelahan langsung dengan laut Jawa hingga wisata yang populer ialah pantai dan lautnya. Disamping itu, wilayah ini jadi dermaga paling penting yang berada di Jawa Tengah. Salah satunya pantai yang berada di tempat ini ialah Pantai Pasir Kencana.

Pantai ini sudah dirancang jadi tempat wisata pantai modern dan sudah ditingkatkan oleh pemerintahan kota. Pantai ini dibuka lagi di awal Tahun 2022 dengan wajah barunya. Pemerintahan kota sudah melengkapinya dengan bermacam fasilitas wisata yang membuatnya menjadi tempat wisata pantai kekinian terbaru yang ada di kota Pekalongan.

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Pasir Kencana

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Pasir Kencana
(sumber gambar: Google_KSMTour)

Wisata bahari buatan modern ini menempati luas kurang lebih 1,5 hektar. Pantai ini ada di Jalan Pantai, Wonokerto, Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi pantai ini, sebetulnya lokasinya lumayan dekat dari alun-alun Kota Pekalongan.

Jarak tempuh hanya sekitar 14 menit atau kurang lebih 5 km saja. Akses jalan juga sangat baik yakni berupa jalan beraspal yang bisa dilewati oleh beragam jenis kendaraan.

Untuk mencapai lokasi pantai ini jika pengunjung datang dari pusat Kota Pekalongan, karena itu pengunjung dapat mengambil arah ke Jalan Hasanuddin ke arah Jalan WR Supratman sampai tiba di Panjang Wetan.

Setelah tiba di lokasi ini, tinggal cari lokasi dari Pantai Pasir Kencana. Bisa dikatakan jika akses jalan dan transportasi ke arah pantai ini telah sangat baik karena ada bantuan dari pemerintahan setempat untuk menyiapkan akses jalan yang memadai.

Lokasi lengkap menuju Pantai Pasir Kencana

Alamat: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51153

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk
(sumber gambar: Google_TripTrus)

Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Pantai Pasir Kencana, kamu bisa mengeluarkan budget yang terjangkau dengan rincian sebagai berikut:

HariJam OperasionalHarga Tiket Masuk
SeninTutupRp0
Selasa08.00 – 21.00Rp15.000
Rabu08.00 – 21.00Rp15.000
Kamis08.00 – 21.00Rp15.000
Jumat08.00 – 21.00Rp20.000
Sabtu08.00 – 21.00Rp20.000
Minggu08.00 – 21.00Rp20.000
Libur/Besar08.00 – 21.00Rp25.000

Beberapa anak dengan tinggi tubuh di atas 80 cm telah diwajibkan untuk bayar ticket masuk secara penuh. untuk beberapa orang sudah pasti harga ini masih dapat dijangkau dan sesuai dengan semua fasilitas yang ada di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Pasir Kencana Yang Memikat

Meskipun sebelumnya pantai ini berupa pasar ikan yang diramaikan oleh warga setempat yang bermata pencaharian sebagai nelayan, setelah itu pantai ini dikembangkan jadi sarana wisata pantai dengan bermacam macam fasilitasnya.

Inilah yang kemudian menjadikannya dikenal oleh khalayak luas hingga mereka berminat untuk berkunjung dan menghabiskan waktu berlibur di sini. Berikut beberapa hal yang dapat ditemui di pantai ini yang sekaligus menjadi daya tarik tertentu dan membuat wisata ini lebih banyak didatangi oleh pengunjung.

1. Menara Pandang

Menara Pandang
(sumber gambar: Google_Kompas)

Di area Pantai Pasir Kencana mempunyai satu hal yang berbeda dibandingkan fasilitas yang terdapat pada tempat wisata lain yakni adanya Menara Pandang. Menara Pandang ini dibuat dengan rancangan yang artistik dan berbeda jika dibandingkan dengan menara pandang pada umumnya.

Desain ini membuat perjalanan dari bawah ke atas tidak panas hingga benar-benar nyaman untuk pengunjung. Di atas menara pandang ini dapat dinikmati panorama yang berada di Pantai Pasir Kencana yakni berupa sejumlah spot yang memikat dan dapat dipakai sebagai spot yang pas untuk menikmati keelokan pemandangan sunset pada sore hari.

Menara Pandang ini didesain dengan memiliki bentuk benar-benar unik dan dengan corak yang beragam warna. Jam operasional bangunan ini hanya dibuka sampai jam 06.00 sore saja.

Menara pandang yang berada di Pantai Pasir Kencana ini disebut tower batik. Dibangun dengan ketinggian 10 m. keberadaannya untuk memperjelas lambang dari Kota Pekalongan sebagai Kota Batik.

2. Keindahan Pemandangan Sunset

Keindahan Pemandangan Sunset
(sumber gambar: Google_Travel Mamikeren)

Pantai ini adalah salah satu pantai yang dikenali daya tarik sunsetnya yang mempesona. Berikut yang membuat pantai ini menjadi pantai yang banyak di ramaikan oleh pengunjung di Kota Pekalongan.

Pengunjung bisa melihat cantiknya panorama matahari tenggelam sekalian menikmati keelokan pantai maupun mendokumentasikannya menjadi video atau foto. Nuansa senja terpampang secara nyata menjadi satu bukti keelokan karya Ilahi.

3. Walking Track

Walking Track
(sumber gambar: Google_Pemerintah Kota Pekalongan)

Pantai Pasir Kencana ini ialah satu pantai yang tidak mempunyai pasir. Yang terdapat hanya bebatuan karang pemecah ombak yang lumayan panjang di bagian sisinya. Untuk menikmati keelokan pantai lebih dekat, pengurus sudah membuat Walking track di bibir pantai.

Bangunan ini merupakan sebuah jembatan yang memanjang yang letaknya tepat ada di depan pantai. Ini spot yang tepat untuk dijadikan lokasi menikmati kecantikan pantai lebih dekat. Disamping itu kerap digunakan oleh pengunjung sebagai spot berfoto.

Fasilitas berupa Walking track ini dibikin bentuk yang lumayan panjang bahkan juga dapat dikatakan benar-benar panjang. Dengan berjalan pada atas Walking track ini, pengunjung dapat nikmati luasnya panorama pantai dibarengi suara deburan ombak dan sepoi-sepoinya angin.

Tidak cuma Walking track, bila pengunjung tidak mau jalan-jalan tetapi ingin sekedar duduk saja, disekitaran pantai ini ada tempat untuk sekedar duduk santai sambil menikmati keindahan pantai.

4. Tempat Wisata Keluarga

Tempat Wisata Keluarga
(sumber gambar: Google_Pemerintah Provinsi Jawa Tengah)

Pantai Pasir Kencana ini jadi lokasi yang pas untuk didatangi bersama anggota keluarga. Karena adanya sejumlah spot untuk permainan untuk anak-anak. Selain ada sejumlah fasilitas yang ada untuk permainan pasir, ada juga sejumlah fasilitas permainan yang lain yang dapat digunakan oleh anak-anak selama ada di area taman wisata ini.

Fasilitas permainan ini seperti ayunan dan perosotan serta permainan yang lain. Pastinya menjadi opsi untuk beberapa anak untuk main di tempat ini. Disamping itu ada juga kolam renang untuk menampung siapa pun yang tidak dapat bermain air di area pantai. Mereka masih tetap dapat bermain air maupun berenang di sejumlah spot kolam renang yang ada.

Kolam renang ini mempunyai kedalaman yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak sampai dewasa.
Keberadaan pantai ini semakin lebih menonjolkan pada taman bermain dan fasilitas permainan untuk anak-anak. Dari sana sudah dibuat beberapa fasilitas permainan yang diperuntukkan untuk keluarga.

Ada fasilitas permainan yang dapat digunakan. Salah satunya permainan yang banyak disukai ialah penyewaan skuter matik. Pengunjung dapat mencoba untuk manfaatkan layanan ini agar bisa bermain skuter matik ini. pengunjung diwajibkan bayar biaya sewa untuk bisa menaikinya dengan durasi waktu tertentu.

5. Panggung Hiburan

Panggung Hiburan
(sumber gambar: Google_Salsa Wisata)

Pantai Pasir Kencana ini sudah diatur menjadi satu fasilitas wisata hingga salah satunya fasilitas yang disiapkan di tempat pantai ini ialah ada panggung hiburan dan pentas budaya. Tempat ini disiapkan untuk menampung beragam pertunjukan hiburan atau pementasan budaya.

Moment seperti ini jadi daya tarik tertentu supaya semakin banyak pengunjung yang datang ke lokasi taman wisata pantai ini. Salah satunya pentas yang ada dinamakan Pentas Keong karena bentuknya yang didesain seperti keong. Panggung megah ini dijadikan center of view dari taman wisata Pantai Pasir Kencana.

Beragam acara hiburan musik dan pergelaran seni biasanya diadakan di tempat ini dengan menampilkan beberapa aktris lokal atau nasional. Jumlah pengunjung sudah pasti mengalami kenaikan saat diadakan acara hiburan atau festival di tempat ini

5. Spot Foto Instagramable

Spot Foto Instagramable
(sumber gambar: Google_TravelsPromo)

Sebagai sebuah taman wisata kekinian Pantai Pasir Kencana mempunyai beberapa tempat atau spot yang menarik untuk berfoto. Satu diantaranya ialah Landmark Pekalongan yakni sebuah tulisan I love Pekalongan yang mengonfirmasi keberadaan Pantai Pasir Kencana ini yakni di wilayah Pekalongan.

Spot setelah itu sebuah canting yang unik. Spot ini ingin memperlihatkan ciri khas dari Pekalongan tersebut yakni yang populer dengan batiknya. Pekalongan sudah dikenali bukan hanya di Indonesia tetapi di dunia sebagai Kota penghasil batik.

Batik Pekalongan mempunyai kualitas yang lebih tinggi dibanding batik-batik lain dari wilayah lain. Satu spot yang memikat di tempat taman wisata ini ialah spot air mancur. Umumnya pengunjung berpose dengan memanfaatkan air mancur ini sebagai latar belakangnya.

Karena jam operasional pantai ini ialah dari jam 02.00 siang sampai jam 8 malam, view yang ada semakin sore akan terlihat makin cantik dan di saat operasional pantai inilah pengunjung dapat menggunakannya untuk menikmati keindahan alam salah satunya dengan berselfi-ria.

6. Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas yang Lengkap
(sumber gambar: Google_Suara Purwokerto)

Sebagai satu tempat wisata bahari yang telah disetting dan diatur sebegitu rupa oleh pemerintahan setempat, Pantai Pasir Kencana tentu saja sudah dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadai. Di area pantai sudah terdapat semua fasilitas yang diperlukan pengunjung saat liburan di lokasi pantai.

Yang pertama ialah kamar mandi dan kamar basuh. Telah ada beberapa kamar mandi dan kamar basuh dengan kondisi yang bersih karena adalah bangunan yang baru. Disamping itu ada sarana masjid untuk pengunjung yang ingin menjalankan ibadah sholat waktu liburan.

Pantai Pasir Kencana ini dilengkapi keberadaan pasir ikan yang sebenarnya adalah keberadaan pantai di masa yang lalu. Pantai ini dahulunya merupakan pasar ikan untuk warga setempat yang kemudian dibongkar dan diperbaiki oleh pemerintahan kota Pekalongan jadi satu sarana wisata bahari dengan ide yang kekinian.

Pasar ikan ini bersebelahan dengan pantai dan ada bermacam jenis tipe ikan atau hewan laut yang lain. Pasti harga seafood di sini lebih murah dibanding harga di pasar pada umumnya. Terlebih dahulu ikan yang hendak dibeli ditimbang, selanjutnya dipasarkan di pasar dan ditawarkan ke konsumen.

Selain pasar ikan yang menyediakan bermacam macam ikan di area pantai ini telah ada bermacam macam tempat makan atau restaurant. Bahkan juga tersedia tempat makan khusus di mana konsumen dapat beli hewan mentah untuk selanjutnya diolah langsung pada tempat makan ini.

Dengan langkah ini pembeli dapat memperoleh harga lebih murah dengan jatah lebih banyak jangan cemas untuk yang tidak menyukai olahan makanan laut, di area pantai ini beberapa warung atau rumah makan menyediakan menu yang lain seperti rujak atau sate. Bermacam macam camilan seperti mie instant dan yang lain ada.

Tidak cuma tentang penjual makanan, di area pantai ini ada beberapa pedagang atau toko yang menjual beberapa barang souvenir. Semua jenis barang souvenir baik itu yang memperlihatkan kekhasan dari Kota Pekalongan atau kekhasan dari pantai ini.

Di spot ini, selain beberapa barang souvenir, ada beberapa barang keperluan yang lain untuk memenuhi keperluan pengunjung.

7. Menaiki Perahu Bebek

Menaiki Perahu Bebek
(sumber gambar: Google_TravelsPromo)

Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan pengunjung selama ada di pantai ini ialah menyewa perahu bebek. Inilah yang semakin memperjelas keberadaan pantai ini sebagai pantai yang kids friendly atau fasilitasnya yang diperuntukkan untuk anak-anak.

Pengelola menjadikan wahana perahu bebek ini sebagai salah satu layanan yang ada di sana. Wahana ini tentu saja bagus sekali untuk anak-anak karena mereka dapat menaiki perahu berbentuk seperti bebek. Disamping itu untuk orang dewasa jadi pengalaman yang memikat buat menikmati pantai dengan menaiki perahu ini.

Bila kamu merencanakan untuk berlibur bersama anggota keluarga yang lain pantai pasir Kencana ini menjadi satu tujuan wisata yang pas untuk dijadikan tujuan, ditambah saat ingin mengajak anak-anak. Karena di tempat ini, ada beberapa wahana yang dikhususkan untuk bermain bagi anak-anak.

Rekomendasi Hotel di Area Dekat Pantai Pasir Kencana

Jika kamu berencana untuk menjelajahi keindahan Pantai Pasir Kencana, maka pilihan penginapan yang tepat akan menjadi kunci kenyamanan dan pengalaman liburan kamu. Berikut adalah beberapa opsi hotel yang nyaman dan terjangkau di sekitar area pantai yang indah ini.

1. Hotel Namira Syariah

Hotel Namira Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Namira Syariah memadukan kenyamanan dengan lokasi strategis di pusat kota. Terletak hanya 2 km dari stasiun kereta Pekalongan dan Museum Batik Pekalongan, hotel ini menjadi pilihan ideal bagi para wisatawan. Nikmati fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, AC yang menyegarkan, sarapan lezat, dan Wi-Fi yang memudahkan koneksi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 282.744

PESAN HOTEL Hotel Namira Syariah Diskon 65%

2. KHAS Pekalongan Hotel

KHAS Pekalongan Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Dengan hanya 4 menit berjalan kaki dari Pekalongan City Square, KHAS Pekalongan Hotel memanjakan para tamunya dengan kemudahan akses ke berbagai atraksi kota. Kolam renang yang menyegarkan, tempat parkir gratis, serta Wi-Fi gratis membuat pengalaman menginap kamu semakin istimewa. Ingin bersantai? Stasiun Kereta Pekalongan hanya 2 km dari hotel ini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 367.598

PESAN HOTEL KHAS Pekalongan Hotel Diskon 65%

3. Nirwana Hotel

Nirwana Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Hanya dalam jarak 14 menit berjalan kaki dari taman Lapangan Jetayu, Nirwana Hotel menyuguhkan kesederhanaan yang memikat. Dengan jarak 2 km dari Museum Batik Pekalongan dan 3 km dari stasiun kereta Pekalongan, hotel ini menjadi tempat yang sempurna untuk beristirahat. Nikmati fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan lezat, dan Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 371.225

PESAN HOTEL Nirwana Hotel Diskon 60%

4. Hotel Dafam Pekalongan

Hotel Dafam Pekalongan
(sumber gambar: Agoda)

Dengan gedung yang penuh warna, Hotel Dafam Pekalongan menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi. Berjarak 4 km dari Museum Batik Pekalongan, 11 km dari Pantai Segolok, dan 41 km dari Air Terjun Bajing yang indah, hotel ini memberikan pengalaman menginap yang unik. Fasilitas kolam renang, spa, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi gratis akan membuat kamu betah berlama-lama.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 339.792

PESAN HOTEL Hotel Dafam Pekalongan Diskon 70% 

5. Howard Johnson By Wyndham Pekalongan

Howard Johnson By Wyndham Pekalongan
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di jalan yang ramai, Howard Johnson By Wyndham Pekalongan menawarkan kenyamanan dengan akses mudah ke berbagai destinasi populer. Dengan jarak 2 km dari Museum Batik Pekalongan, 5 km dari Wisata Mangrove Park Pekalongan, dan stasiun kereta Pekalongan hanya 2 menit berjalan kaki, hotel ini memanjakan tamunya dengan fasilitas kolam renang, spa, tempat parkir gratis, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 517.356

PESAN HOTEL Howard Johnson By Wyndham Pekalongan Diskon 63%

Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba

Ada beragam kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Pantai Pasir Kencana. Berikut ini rekomendasi kuliner khas Pekalongan yang ada di sekitar Pantai Pasir Kencana:

Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba
(sumber gambar: Google_PAGARALAMPOS)
    • Nasi Megono: Menu khas Pekalongan dengan nasi, sayur nangka, dan sambal kelapa. Nikmat saat panas dengan lauk lalapan pete dan ikan goreng.
    • Tauto: Mirip sop daging dengan kuah tauco dari kedelai yang dibusukkan. Disajikan dengan daging sapi atau ayam.
    • Garang Asem: Daging sapi empuk dalam kuah asam dengan kluwek, mirip rawon. Biasanya disantap bersama Nasi Megono.
    • Pindang Tetel: Masakan dengan tetelan daging sapi, dimasak dengan kluwek hingga kuah berwarna hitam.
    • Kluban: Sayuran direbus dengan kelapa parut, biasanya pedas.
    • Lontong Lemprak: Olahan ayam kampung dengan kuah rempah, mirip soto.
    • Ongol-Ongol: Camilan dari tepung sagu dan gula merah, manis dan gurih.
    • Kue Lumpang: Camilan dengan santan kelapa dan daun bawang, gurih.
    • Apem Kasesi: Kue dari tepung beras dan gula aren, sering dijadikan oleh-oleh.
    • Kluban Bothok: Mirip urap kelapa, berisi berbagai jenis sayuran.
    • Glundung: Camilan bulat dari ketela pohon dengan gula aren di dalamnya.
    • Srinthil: Camilan mirip Ongol-Ongol, kenyal dan manis dengan bintik-bintik tepung.

Kesimpulan

Selain, menikmati keindahan Pantai Pasir Kencana dan panorama yang memesona dari pantai ini, ada sarana permainan untuk anak-anak ini menambahkan kelebihan liburan di pantai ini. Ditambah lagi, di area pantai ada kolam renang yang ada.

Jika di kebanyakan pantai berenang dilakukan di pantainya, di area pantai ini disiapkan kolam renang khusus untuk menampung siapa pun yang ingin berenang tetapi tidak dapat berenang di pantai karena ombak yang lebih besar. Kolam renang yang disiapkan bervariasi kedalamannya hingga bisa disesuaikan untuk anak-anak.

Bisa dibilang jika pantai ini dapat memberikan kepuasan pelancong lokal. Satu diantaranya karena mempunyai sarana yang lengkap. Sehabis bermain, perut menjadi keroncongan dan tertarik untuk cari makan.

Area pantai ini jadi lokasi yang benar-benar pas untuk ini. Karena pantai ini menjadi salah satu pasar ikan di mana siput menjadi komoditas khusus. Kebersihan di tempat lokasi juga dijaga oleh pengelola.

Setiap wahana dan spot yang terdapat kelihatan benar-benar bersih dan rapi. Pantai Pasir Kencana ini dapat dijadikan tujuan wisata bahari untuk anggota keluarga semuanya. So, bila ada di Kota Pekalongan, jangan lupa untuk mampir ke pantai ini.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like