Mengenal Pantai Pasir Putih Lampung, Destinasi Favorit dengan Pemandangan Eksotis

Jika sedang berwisata ke Lampung, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke Pantai Pasir Putih Lampung yang sudah populer di kalangan wisatawan lokal. Tidak hanya dikenal pemandangan yang indah, Pantai Pasir Putih Lampung ini juga dikenal wisata air yang beragam.

Dengan daya tariknya ini, tentu saja sangat cocok dijadikan destinasi wisata baik untuk sendiri, bersama pasangan, atau bahkan dengan keluarga besar sambil membawa anak-anak.

Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung

Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung
(sumber gambar: GoogleMaps_saverio evander)

Pantai Pasir Putih Lampung ini terletak di wilayah Lampung Selatan tepatnya di Rangai Tri Tunggal, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki suasana yang masih terasa asri sehingga sangat cocok dijadikan lokasi liburan bersama keluarga.

Sebenarnya, meski pantai ini secara administratif berada di Lampung Selatan tetapi lokasinya cenderung lebih dekat ke Kota Bandar Lampung. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota yaitu sekitar 20 km atau butuh waktu 40 menit menggunakan kendaraan sehingga mudah dicapai.

Wisata ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi atau kendaraan umum karena berada di tepi Jalan Trans Sumatera. Oleh sebab itu, tidak heran jika tempat ini cukup populer untuk masyarakat Bandar Lampung dan sekitarnya.

Rute Menuju Pantai Pasir Putih Lampung

Rute Menuju Pantai Pasir Putih Lampung

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Lampung ini, ada 2 rute yang bisa diambil yaitu melalui jalur darat dan jalur laut. Kedua rute tersebut sama-sama dimulai dari kota Bandar Lampung. Hal yang membedakan keduanya hanyalah waktu tempuh dan pemandangan selama di perjalanan.

Jika menggunakan jalur darat maka kamu hanya membutuhkan waktu 30-40 menit perjalanan. Kamu cukup mengikuti jalan lintas Sumatera arah Bakauheni kemudian lanjut ke Desa Tarahan. Tepat di samping kanan terdapat gapura yang menandakan lokasi pantai.

Jalan trans Sumatera ini cukup panjang yaitu sekitar 18 km. Namun kamu dijamin tidak bosan selama perjalanan karena pemandangan yang akan kamu temukan cukup menarik. Pemandangan dalam perjalanan ke pantai berupa beberapa situs kuno dan bangunan berbagai perusahaan besar seperti PLTU.

Sementara itu, untuk rute kedua bisa ditempuh menggunakan jalur laut melalui speedboat. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit, tetapi karena harus menyewa kapal maka kamu pastikan membawa budget yang cukup.

Kamu bisa menyewa kapal milik nelayan setempat untuk pergi ke Pantai Pasir Putih Lampung. Adapun untuk harga sewa sangat bervariasi, tergantung kemampuan kamu menawar. Oleh sebab itu pastikan pintar-pintar bernegosiasi.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung:

Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35452

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung

Biaya Kontribusi Parkir + Tiket Masuk
MotorMobil
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000
Rp 20.000Rp 20.000

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini bisa dikatakan cukup bersahabat yaitu sekitar Rp 20 ribu per orang. Dengan harga tersebut pengunjung bisa menikmati keindahan alam di sekitar pantai berpasir putih.

Namun, jika kamu ingin mengeksplor lebih jauh ke Pulau Condong yang berada di dekat Pantai Pasir Putih Lampung ini, maka akan ada biaya tambahan untuk sewa boat.

Menurut informasi terakhir, biaya sewa boat sekitar Rp 150-250 ribu per orang. Jika datang dengan rombongan, kamu bisa menyewa perahu sendiri sehingga harganya bisa jauh lebih murah.

Jam Operasional Pantai Pasir Putih Lampung

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga kamu bisa datang kapan saja. Namun, kebanyakan wisatawan datang setiap sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik.

Pada saat itu, Pantai Pasir Putih Lampung akan padat dengan pengunjung sehingga jika kamu tidak suka suasana yang terlalu ramai bisa datang pada pagi atau siang hari.

Keistimewaan Pantai Pasir Putih Lampung

Sebagai destinasi wisata favorit, tempat ini tentu mempunyai keunikan. Selain pemandangan yang bagus, tempat ini memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut adalah daya tarik destinasi ini yang tidak dimiliki oleh tempat lain, seperti:

Keistimewaan Pantai Pasir Putih Lampung
(sumber gambar: GoogleMaps_OLIVE TEMANGGOENG OLSHOP)

1. Pasir Putih

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama Pantai Pasir Putih Lampung ini terletak pada warna pasirnya yang berwarna putih bersih. Hal tersebut membuat suasana pantai terasa damai dan teduh terlebih terdapat banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar garis pantai.

2. Ada Pulau yang Bisa Dijelajahi

Selain pemandangan alam yang bisa dinikmati, pengunjung juga bisa mengeksplorasi 2 pulau kecil yang terletak di pantai tersebut yaitu Pulau Condong dan Pulau Bule. Pengunjung cukup menyewa perahu nelayan untuk menyebrang ke pulau tersebut.

Meski berdekatan, namun pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan nuansa berbeda jika mengunjungi kedua pulau tersebut.

Ada Pulau yang Bisa Dijelajahi
(sumber gambar: GoogleMaps_AbyAim Chanel)

3. Dekat dengan Markas Militer

Meski status tempat wisata ini adalah pantai milik umum dan bukan milik militer tetapi perlu diketahui jika beberapa bagian pantai ini termasuk area militer. Hal ini karena Pantai Pasir Putih Lampung ini berdekatan dengan markas TNI Angkatan Darat tepatnya Korem 043 Garuda Hitam.

Sehingga bagi pengunjung disarankan untuk berhati-hati saat berjalan-jalan di sekitar area tersebut, karena statusnya yang merupakan tempat milik negara sehingga tidak boleh sembarangan dimasuki atau diambil fotonya.

Fasilitas Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas Pantai Pasir Putih Lampung
(sumber gambar: GoogleMaps_Andri Yamin)

Selain Pantai Klara salah satu destinasi wisata di Lampung, terdapat pula Pantai Pasir Putih Lampung yang dikenal sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Bahkan, pantai ini diketahui memiliki tempat teristimewa bermain anak sehingga sangat direkomendasikan sebagai wisata keluarga.

Tidak hanya ramah anak, tempat ini juga sudah dilengkapi tempat parkir yang cukup luas sehingga bisa memuat berbagai kendaraan baik pribadi seperti motor dan mobil atau kendaraan besar seperti bus wisata.

Untuk fasilitas penunjang lain seperti toilet, mushola, dan tempat mandi air tawar sudah sangat memadai dan kondisinya cukup bersih dan bagus. Bahkan bisa dikatakan kondisinya terawat dengan baik sehingga pengunjung bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan nyaman.

Untuk yang masih bingung, terdapat papan pusat informasi yang berisi peta informasi lengkap seputar berbagai fasilitas penunjang yang dimiliki Pantai Pasir Putih Lampung ini.

Jika lapar atau sekedar ingin membeli oleh-oleh, di sekitar Pantai Pasir Putih Lampung terdapat banyak tempat makan dan toko souvenir yang menyediakan berbagai makanan khas Lampung. Tidak hanya itu, toko souvenir di sana menyediakan berbagai kerajinan lokal dengan harga yang bersaing.

Terdapat banyak tempat yang menyediakan berbagai peralatan pendukung wisata pantai seperti snorkeling, sepeda, atau ban renang sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan sendiri.

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Putih Lampung

Sebagai destinasi wisata air, tempat ini tentu memiliki berbagai aktivitas wisata air yang bisa seru dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke pantai berpasir putih ini:

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Putih Lampung

1. Snorkeling

Aktivitas ini merupakan salah satu yang paling disukai wisatawan karena kamu bisa melihat dengan lebih dekat keindahan biota bawah laut pantai berpasir putih ini. Tidak hanya terumbu karang saja yang bisa dilihat namun berbagai ikan kecil yang cantik bisa ditemukan di sana.

Jika ingin snorkeling, kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatan sendiri karena di sekitar Pantai Pasir Putih Lampung ada banyak tempat yang menyewakan peralatan snorkeling. Tidak hanya itu, ada pemandu yang siap membantu untuk pemula yang ingin mencoba aktivitas tersebut.

Untuk yang baru pertama kali berkunjung, disarankan untuk memilih paket wisata khusus. Biasanya tempat penyewaan peralatan snorkeling menyediakan paket wisata khusus snorkeling untuk pengunjung yang belum berpengalaman.

2. Pergi ke Pulau Condong dan Pulau Bule

Jika ingin suasana berbeda, kamu bisa ke Pulau Condong dan Pulau Bule. Meski lokasinya berdekatan namun pemandangan di kedua pulau tersebut sangat berbeda dengan Pantai Pasir Putih Lampung.

Untuk bisa ke Pulau Condong, kamu bisa menyewa kapal atau speedboat dengan rute Pantai Pasir Putih-Pulau Condong-Pulau Bule. Jarak antara pantai ke Pulau Condong cukup jauh yaitu sekitar 2 km sementara jarak Pulau Condong-Bule hanya sekitar 1 km.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi kedua pulau itu bervariasi tergantung jenis perahu yang digunakan. Jika menggunakan perahu tradisional biasanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 50-100 ribu per orang.

Sementara itu, jika menggunakan speedboat maka biayanya bisa mencapai Rp 200-300 ribuan per orang. Biaya tersebut sudah termasuk sewa kapal dan biaya tiket masuk ke Pulau Bule dan Pulau Condong.

Di Pulau Condong, kamu akan melihat para nelayan bekerja memasang keramba. Untuk yang belum tahu, keramba adalah alat yan biasa digunakan nelayan untuk menangkap ikan. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba hal-hal unik dan baru.

Sementara itu, di Pulau Bule kamu bisa menemukan berbagai terumbu karang dan ikan warna-warni yang jarang ditemukan di tempat lain. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka berenang atau melakukan snorkeling.

Jika ingin menginap, tersedia penginapan sederhana di Pulau Condong. Meski sederhana namun tempatnya sangat nyaman dan terawat. Sementara itu, terdapat villa mewah di Pulau Bule yang bisa kamu sewa untuk ramai-ramai.

Pergi ke Pulau Condong dan Pulau Bule
(sumber gambar: GoogleMaps_Hendro Hioe)

3. Bermain Kano

Jika bosan dengan snorkeling atau jalan-jalan di sekitar Pantai Pasir Putih Lampung, kamu bisa mencoba bermain kano. Aktivitas ini cukup menyenangkan karena kamu bisa melihat lebih dekat keindahan alam di pantai tersebut.

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak terlalu mahir menggunakan kano karena ada pemandu yang selalu siap membantu mengajarkan bagaimana cara menggunakan kano yang benar dan aman.

Selain mengajarkan cara menggunakan kano, pamandu tersebut biasanya juga ikut berjaga-jaga di sekitar pengunjung sebagai antisipasi jika ada yang membutuhkan pertolongan mulai membantu mengambilkan foto saat menggunakan kano.

4. Berenang

Jika tidak suka snorkeling atau aktivitas yang terlalu berat, kamu bisa mencoba berenang di tepi pantai. Tidak perlu takut terseret ombak karena ombak di sekitar Pantai Pasir Putih Lampung ini dikenal tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang.

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk berhati-hati karena air laut bisa terasa sangat perih jika terkena mata. Tidak hanya itu, kamu mungkin akan menemukan beberapa biota laut yang terbawa ombak selam berenang di tepi pantai. Ada baiknya berhati-hati karena beberapa biota laut tersebut memiliki racun yang berbahaya.

Berenang
(sumber gambar: GoogleMaps_Budi Susanto)

5. Bersepeda

Jika bosan berenang dan ingin melakukan aktivitas bersama keluarga kamu bisa mencoba bersepeda. Di sekitar Pantai Pasir Putih Lampung terdapat tempat persewaan sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling di tepi pantai.

6. Berkunjung ke Taman Burung

Lokasinya yang asri membuat pantai ini menjadi habitat berbagai burung-burung tropis yang eksotis. Tidak hanya berkunjung, taman burung tersebut menyediakan berbagai atraksi dan pertunjukan burung yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Jika bosan dengan suasana pantai dan ingin wisata edukatif untuk anak-anak maka taman burung ini merupakan pilihan yang cocok karena koleksi yang dimilikinya cukup lengkap.

Berkunjung ke Taman Burung

7. Wisata Kuliner

Berwisata tentu tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan setempat. Perlu diketahui, di sepanjang pesisir Pantai Pasir Putih Lampung merupakan tempat yang tepat untuk mencoba berbagai kuliner khas Lampung.

Hal ini dikarenakan ada banyak tempat makan di sekitar pantai tersebut yang menyajikan kuliner lokal dengan harga yang bervariasi.

8. Membeli Souvenir

Jika ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa membeli di toko souvenir yang terdapat di sekitar pantai. Jenis souvenir yang dijual di sana bermacam-macam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan dan budget.

Tips Mengunjungi Pantai Pasir Putih Lampung

Untuk yang pertama kali ke wisata ini sebaiknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut adalah beberapa tips liburan ketika berkunjung ke pantai ini, antara lain:

Tips Mengunjungi Pantai Pasir Putih Lampung

1. Siapkan Peralatan Penting

Siapkan peralatan yang penting seperti pakaian ganti, sunblock, topi, sepatu dan sebagainya. Jangan lupa untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena di Pantai Pasir Putih Lampung tidak ada ATM.

2. Membawa Makanan dan Minuman

Untuk yang punya alergi atau mempunyai diet khusus disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Cara ini juga bisa menjadi pilihan jika kamu punya budget terbatas karena harga makanan dan minuman di tempat wisata memang dikenal lebih mahal.

Membawa Makanan dan Minuman

3. Tidak Perlu Membawa Perlengkapan

Jika tidak mau ribet, kamu bisa menyewa berbagai perlengkapan seperti peralatan snorkeling, ban renang dan sejenisnya. Di sekitar pantai banyak tempat persewaan yang menawarkan harga bersaing sehingga kamu tidak perlu membawa banyak barang bawaan.

4. Menjaga Kebersihan

Karena termasuk objek wisata alam maka jangan heran jika tempat ini tidak memiliki banyak tempat sampah. Oleh sebab itu, setiap pengunjung diwajibkan untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik.

Sampah seperti ini selain mengganggu pemandangan berpotensi merusak lingkungan dan biota laut sehingga akan sangat berbahaya untuk kelangsungan tempat wisata tersebut.

Menjaga Kebersihan

5. Perhatikan Kondisi Cuaca

Saat berlibur ke Pantai Pasir Putih Lampung saat dianjurkan untuk mengecek cuaca apalagi di musim pancaroba. Saat cuaca buruk, pantai bisa menjadi tempat yang berbahaya terutama jika ada angin kencang.

Selain faktor cuaca, kamu perlu memperhatikan resiko bencana alam lain seperti tsunami. Agar lebih aman, kamu bisa mengunduh aplikasi dari BMKG yang secara rutin selalu memberikan pemberitahuan seputar perubahan cuaca.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Pasir Putih Lampung

Karena lokasinya dekat dengan Kota Bandar Lampung, untuk pengunjung yang ingin menginap bisa memilih berbagai penginapan di kota tersebut. Tersedia banyak penginapan di sekitar pantai dengan harga yang cukup terjangkau.

Mulai dari yang jenis homestay, resort, hingga hotel bisa kamu gunakan. Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap:

1. Yunna Hotel Lampung

Yunna Hotel Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Yunna Hotel Lampung memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat Kota Bandar Lampung, menawarkan akses yang mudah ke atraksi wisata dan restoran terkemuka di sekitar area tersebut. Tak jauh dari hotel ini, kamu dapat menikmati keindahan Pantai Pasir Putih yang terkenal.

Dengan peringkat bintang-3, Yunna Hotel menyediakan berbagai fasilitas unggulan, termasuk pusat kebugaran yang lengkap, restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat, dan layanan spa untuk relaksasi total. Waktu check-in diatur pada pukul 14.00, sementara waktu check-out pada pukul 12.00, memberikan fleksibilitas yang nyaman bagi para tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 258.906 per malam

2. Hotel Golden Tulip Springhill Lampung

Hotel Golden Tulip Springhill Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Golden Tulip Springhill Lampung juga terletak di pusat Kota Bandar Lampung, menghadirkan kemudahan akses ke berbagai atraksi wisata dan pilihan tempat makan yang menarik. Tak jauh dari hotel ini, kamu dapat menjelajahi keindahan Pantai Pasir Putih yang ikonik.

Dengan peringkat bintang-4, hotel ini menawarkan fasilitas eksklusif termasuk kolam renang luar ruangan yang menyegarkan dan restoran yang menghidangkan hidangan berkualitas tinggi. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, dan tamu diharapkan check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 778.910 per malam

3. Sparks Lite Bandar Lampung

Sparks Lite Bandar Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Sparks Lite Bandar Lampung memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat Kota Bandar Lampung, memberikan kemudahan akses ke berbagai atraksi wisata dan tempat makan terbaik di sekitarnya.

Para tamu dapat dengan mudah mengeksplorasi keindahan Pantai Pasir Putih yang terkenal di wilayah ini. Waktu check-in diatur pada pukul 14.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00, memastikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi para tamu yang menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 267.750 per malam

4. Kuraya Residence

Kuraya Residence
(sumber gambar: Agoda)

Kuraya Residence terletak di pusat Kota Bandar Lampung, menawarkan lokasi yang nyaman dekat dengan atraksi wisata terkenal dan pilihan tempat makan yang lezat. Tak jauh dari hotel ini, kamu dapat menikmati panorama eksotis Pantai Pasir Putih yang menjadi daya tarik utama kota.

Fasilitas khusus seperti kolam renang luar ruangan dan restoran yang menghadap ke pemandangan yang memukau akan menambah kesan menginap yang tak terlupakan. Waktu check-in diatur pada pukul 14.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00, memberikan kenyamanan bagi para tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 270.600 per malam

5. Swiss-Belhotel Lampung

Swiss-Belhotel Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Swiss-Belhotel Lampung terletak di pusat Kota Bandar Lampung, memungkinkan para tamu untuk menikmati kemudahan akses ke berbagai atraksi wisata dan tempat makan terbaik di sekitar area tersebut. Tak jauh dari hotel ini, Pantai Pasir Putih yang menakjubkan menanti untuk dieksplorasi.

Dengan peringkat bintang-4, hotel ini menyediakan fasilitas mewah termasuk kolam renang luar ruangan yang luas, layanan pijat yang menyegarkan, dan pusat kebugaran yang lengkap. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, sementara waktu check-out dijadwalkan sebelum pukul 12.00, memberikan fleksibilitas yang nyaman bagi para tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 670.000 per malam

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

Makanan khas Lampung memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Beberapa makanan yang patut dicoba di Lampung antara lain:

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

    • Gulai Taboh: Gulai Taboh adalah gulai yang terbuat dari taboh, yaitu daging ikan laut yang direbus dengan bumbu gulai khas Lampung seperti kunyit, jahe, dan daun jeruk.
    • Lambang Sari: Lambang Sari adalah jenis kue tradisional Lampung yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah, kemudian dikukus dan dibungkus daun pisang.
    • Satai Ikan Tuhuk: Satai Ikan Tuhuk adalah sate yang terbuat dari daging ikan tuhuk (jenis ikan air tawar) yang dipotong-potong kecil, ditusuk, kemudian dipanggang atau dibakar dengan bumbu khas Lampung.
    • Pindang: Pindang adalah masakan ikan yang direbus dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, dan daun jeruk, sehingga menghasilkan kuah yang gurih.
    • Tempoyak: Tempoyak adalah hasil fermentasi daging buah durian yang dicampur dengan garam, digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan atau sebagai sambal.
    • Pempek: Pempek adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung sagu, ikan, dan bumbu-bumbu lainnya yang dibentuk dan kemudian digoreng. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko dan irisan timun.
    • Gabin/Kabing: Gabin atau Kabing adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang digoreng dan diberi taburan gula.

Penutup

Dengan berbagai fasilitas dan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Pasir Putih Lampung ini maka tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang patut untuk dijadikan pilihan utama saat berkunjung ke Lampung.

You might also like