Pantai Petitenget di Bali: Destinasi Seru di Bali yang Wajib Dikunjungi

Jika berbicara soal pantai, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena kamu bisa menemukannya hanya dengan berkunjung ke Pantai Petitenget, Bali.

Suatu hari kamu sedang sibuk dengan pekerjaan dan berbagai kesibukan yang begitu menyiksa, kemudian semesta mengingatkanmu untuk pergi liburan ala beberapa artis papan atas yang pergi ke pantai dan liburan ke luar negeri.

Sudah sering pergi ke Bali tapi belum pernah menikmati wisata bahari di Pantai Petitenget? Wah, berarti kamu harus meluangkan waktu untuk datang ke destinasi wisata ini. Ada banyak sekali keseruan dan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan.

Sebagian besar wisatawan yang liburan di Bali biasanya akan pergi ke Pantai Pandawa, namun tahukah kamu jika pesona Pantai Petitenget juga tidak kalah indahnya?

Sejarah Singkat Pantai Petitenget

Sejarah Singkat Pantai Petitenget
(sumber gambar: GoogleMaps_Taewon Kim)

Menurut sejarahnya, Pantai Petitenget ini awalnya adalah kawasan angker karena termasuk dalam area hutan liar yang konon dihuni oleh raksasa buto ijo. Tetapi cerita seram itu berhasil dienyahkan setelah didirikan sebuah pura bernama Pura Petitenget.

Pura Petitenget inilah yang kemudian membuat kawasan itu menjadi damai dan aman untuk dihuni oleh para penduduk. Bahkan, Pantai Petitenget akhirnya menjadi salah satu tujuan wisata laut yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal atau asing saat liburan di Bali.

Petitenget sendiri diambil dari kata “Peti” dan “Tenget” yang bermakna roh. Jika dihubungkan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Pantai Petitenget ini adalah Pantai Peti Roh.

Nama tersebut berkaitan dengan adanya Pura Petitenget selaku tempat peribadatan umat Hindu yang dianggap sebagai pengusir roh jahat. Pantai ini akhirnya populer dengan nuansa mistisnya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Petitenget

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Petitenget

Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali merupakan lokasi di mana Pantai Petitenget ini berada. Tepatnya di Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta bagian utara. Jika kamu sedang berada di Denpasar, setidaknya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di lokasi tersebut.

Pantai Petitenget ini berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Kuta Bali sehingga memiliki banyak kemiripan dari segi pemandangan lautnya. Meskipun demikian, ada beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan saat berkunjung secara langsung.

Terdapat dua rute yang bisa kamu gunakan saat akan berkunjung ke Pantai Petitenget, yaitu dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan Kota Denpasar, Bali. Kalau dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu dapat langsung gunakan jalur timur, yakni melewati Jalan Airport Ngurah Rai menuju Jalan Bypass Ngurah Rai hingga Jalan Sunset Road.

Setelahnya, kamu harus belok kiri ke Jalan Raya Taman. Setibanya di sana, kamu perlu belok ke kiri lagi menuju Jalan Kayu Aya hingga sampai di Pantai Petitenget. Jika perjalananmu start dari arah Kota Denpasar Bali, maka cukup lewati jalur di Jalan Teuku Umar, terus ke arah Jalan Teuku Umar Barat, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, hingga tiba di Jalan Petitenget.

Jika masih bingung dengan kedua rute di atas, kamu dapat menggunakan Google Maps sebagai pemandu perjalanan hingga tiba di lokasi tujuan.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Petitenget:

Alamat: Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Petitenget

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000

Tidak ada pungutan biaya apapun untuk berkunjung atau masuk ke area wisata Pantai Petitenget ini, kecuali membayar parkir kendaraan. Sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Jika kamu datang tanpa membawa kendaraan, maka jelas tidak perlu membayar apapun.

Jam Operasional Pantai Petitenget

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Pantai ini dibuka 24 jam untuk para pengunjung. Tidak ada batas kunjungan sehingga kamu bebas merencanakan kapan saja untuk liburan ke tempat wisata ini. Jika ingin menginap, kamu bisa mencari penginapan di sekitar Pantai Petitenget dengan harga yang bervariasi.

Fasilitas yang Ada di Pantai Petitenget

Fasilitas yang Ada di Pantai Petitenget
(sumber gambar: GoogleMaps_Reza Rafizadeh-Farahani)

Berada di kawasan pariwisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal, Pantai Petitenget memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Pantai yang berombak besar ini dilengkapi sebuah kolam renang khusus untuk para wisatawan yang ingin melakukan aktivitas berenang.

Fasilitas kolam renang tersebut bertujuan untuk memenuhi keinginan para wisatawan yang tidak bisa berenang di pantai karena ombaknya yang begitu besar dan membahayakan.

Perlu diketahui pula bahwa ombak di Pantai Petitenget ini sangat berbahaya sehingga tidak disarankan untuk berenang di dalamnya. Selain itu, destinasi wisata ini dilengkapi fasilitas lainnya seperti kamar mandi, penginapan yang tersebar di kawasan pantai.

Area parkir, dan beberapa tempat makan yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi pusat oleh-oleh dan toko souvenir yang dijual di tempat itu.

Ada Apa Saja di Pantai Petitenget

Berikut adalah gambaran singkat tentang apa yang bisa kamu temukan di Pantai Petitenget di Bali:

Ada Apa Saja di Pantai Petitenget

1. Pura Petitenget

Sesuai dengan sejarahnya, Pantai Petitenget ini memang tidak pernah bisa dilepaskan dari entitas Pura Petitenget yang konon bertugas untuk mengusir roh jahat ini.

Jika kamu tertarik dengan agama Hindu dan segala aktivitasnya, mungkin kamu bisa mengunjungi tempat ini. Namun tetap harus diperhatikan untuk selalu sopan dan berada dalam kondisi suci, ya.

2. Pemandangan Sunset

Jika ingin mengetahui testimoninya, kamu bisa segera cek di media sosial atau Google dengan kata kunci “sunset di Pantai Petitenget” dan tara. Kamu akan mendapatkan banyak hasil jepretan dari para pengunjung yang sudah terlebih dahulu menikmati pemandangan sunset di sana.

Tidak heran mengingat tujuan utama para wisatawan umumnya adalah menikmati pemandangan matahari terbenam ini. Selain gratis dan tidak dipungut biaya, kamu juga bisa berfoto ria atau membuat konten video untuk mengisi feed dan story instagram.

Pemandangan sunset ini bisa kamu rasakan pada pukul 17.00 waktu setempat di mana kamu akan menyaksikan semburat warna jingga ala anak senja.

Pemandangan Sunset
(sumber gambar: GoogleMaps_art merung)

3. Ayunan Aesthetic

Jangan anggap ayunan ini seperti mainan anak-anak yang biasanya ada di TK atau play ground itu ya. Ayunan di Pantai Petitenget ini dikenal sangat terkenal dan menjadi tempat foto seru. Mulai dari foto bersama kekasih, membuat konten, hingga foto prewedding.

Kamu juga bisa mencari referensi foto ayunan ini di media sosial agar bisa melihat seberapa epicnya hasil foto sambil berayun di tempat wisata ini.

4. Berkuda di Pasir Putih

Jika ke pantai sudah pasti harus ada pasir putihnya, kan. Nah, Pantai Petitenget ini juga memiliki kualitas pasir putih yang sangat bagus dan halus. Kamu bahkan bisa berkuda di atas hamparan pasir putih tersebut.

Tidak perlu kebingungan mencari kuda, jika kamu ingin, kamu bisa menyewa kuda di lokasi wisata ini. Tentu saja akan tetap didampingi oleh pemandu kuda agar kamu bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Berkuda di Pasir Putih

5. Upacara Melasti

Melasti adalah upacara umat Hindu menjelang Hari Raya Nyepi yang sering kali diselenggarakan di Pantai Petitenget. Upacara sakral ini dilakukan membawa patung dewa dan simbol leluhur lain dan banyak melibatkan warga di sekitar pantai.

Sebagai tempat wisata terkenal, upacara Melasti di Pantai Petitenget ini akhirnya menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung wisata. Banyak wisatawan dan wisatawan lokal lainnya menyimpan minat dengan upacara tersebut dan melihat hingga memotret upacara itu hingga akhir.

6. Hiburan Saat Malam Hari

Datang ke Pantai Petitenget saat malam hari sangat direkomendasikan untuk para pengunjung yang ingin melepas penat. Ada banyak sekali hiburan malam yang bisa kamu datangi di kawasan wisata ini.

Di antaranya adalah Ku De Ta, Brezze Restaurant, La Lucciola, Mono Beach House, dan masih banyak lagi tempat nongkrong serupa lainnya yang tidak kalah seru.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Petitenget

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati di Pantai Petitenget:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Petitenget

1. Kulineran

Ada sangat banyak jajanan yang bisa kamu nikmati di Pantai Petitenget, salah satunya adalah jajanan tradisional yang biasa dijual pada saat sore hari. Jajanan tradisional itu meliputi tahu pangsit, lumpia, jagung bakar, dan makanan lainnya yang sangat pas di kantong yang super tipis sekalipun.

Supaya jadi ala piknik, kamu dapat menggelar karpet atau alas sambil lalu menikmati suasana pantai dan ditemani oleh jajanan tradisional itu. Pastikan kamu membuang sampah pada tempatnya ya.

2. Berjemur

Sama halnya dengan Pantai Kuta, Pantai Petitenget ini juga dianugerahi sinar matahari yang berlimpah saat siang hari. Banyak turis asing berdatangan hanya sekedar untuk berjemur sebagai tanning alami.

Jika kamu sedang membutuhkan vitamin D, maka cobalah untuk ikut berjemur. Tentunya jangan lupa untuk membawa sunscreen atau tabir surya agar kulit tetap terlindungi.

Berjemur

3. Menikmati Senja

Menikmati senja di pantai memang keputusan yang paling tepat. Rasanya tidak ada tempat yang cocok untuk menyaksikan senja kecuali gunung dan pantai. Keindahan senja di Pantai Petitenget ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati liburan layaknya manusia aesthetic.

4. Surfing

Ombak di Pantai Petitenget termasuk besar dan cukup beresiko. Meski begitu, kondisi ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin surfing atau berselancar di atas ombak tersebut. Kamu pastikan sudah cukup ahli atau setidaknya menggunakan perlengkapan khusus ketika sedang surfing.

5. Swafoto

Ada banyak sekali spot foto yang bisa kamu abadikan untuk menangkap momen menyenangkan selama liburan. Jangan lupa untuk membawa kamera khusus jika ingin hasil gambarmu tampil secara sempurna, ya.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Petitenget di Bali

Berikut adalah beberapa penginapan yang terletak dekat dengan Pantai Petitenget di Bali:

1. Montigo Resorts Seminyak

Montigo Resorts Seminyak
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman menginap yang istimewa di Montigo Resorts Seminyak yang terletak di lokasi yang strategis di Seminyak, memberikan akses mudah ke berbagai atraksi lokal yang menarik. Sebelum kamu meninggalkan properti ini, jangan lewatkan untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar.

Dengan kelasnya yang bintang-5, Montigo Resorts menawarkan berbagai fasilitas mewah, termasuk kolam renang luar ruangan yang memikat, layanan pijat yang menyegarkan, dan pusat kebugaran yang lengkap untuk kenyamanan dan kesenangan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.419.002 per malam

PESAN HOTEL Montigo Resorts Seminyak Diskon 75%

2. Kubu Petitenget Bali

Kubu Petitenget Bali
(sumber gambar: Agoda)

Menyajikan kenyamanan dan kemewahan, Kubu Petitenget Bali terletak di Seminyak yang memungkinkan kamu mengakses berbagai atraksi wisata lokal dengan mudah. Sebelum pulang, pastikan untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal yang hanya berjarak singkat dari properti ini.

Dengan peringkat bintang-4, Kubu Petitenget menyediakan layanan pijat yang menyegarkan, kolam renang dalam ruangan yang indah, dan restoran lezat yang akan memuaskan selera kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.261.440 per malam

PESAN HOTEL Kubu Petitenget Bali Diskon 58%

3. Potato Head Suites & Studios

Potato Head Suites & Studios
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kemewahan dan kenyamanan tinggal di Potato Head Suites & Studios yang berlokasi strategis di Seminyak. Jelajahi keindahan Sacred Monkey Forest Sanctuary sebelum kembali ke properti bintang-5 ini.

Dengan fasilitas lengkap seperti pemandian air panas yang menenangkan, kolam renang luar ruangan yang menawan, dan layanan pijat yang menghilangkan lelah, Potato Head Suites & Studios akan membuat kamu merasa benar-benar dimanjakan selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 4.368.000 per malam

PESAN HOTEL Potato Head Suites & Studios Diskon 53%

4. Viva Dash Hotel Seminyak

Viva Dash Hotel Seminyak
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Seminyak, Viva Dash Hotel menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar area ini.

Properti bintang-4 ini menawarkan berbagai fasilitas termasuk kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, layanan pijat yang memanjakan, dan pusat kebugaran yang modern untuk memastikan kenyamanan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 614.846 per malam

PESAN HOTEL Viva Dash Hotel Diskon 75%

5. Kamaniiya Petitenget Seminyak

Kamaniiya Petitenget Seminyak
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati liburan yang menyenangkan di Seminyak dengan menginap di Kamaniiya Petitenget, properti bintang-4 yang menawarkan lokasi yang nyaman dan fasilitas yang memuaskan. Sebelum meninggalkan properti ini, jangan lupa untuk menjelajahi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar.

Dengan layanan unggulan seperti restoran yang lezat, kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, dan pusat kebugaran yang lengkap, Kamaniiya Petitenget akan membuat kamu merasa betah selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 516.473 per malam

PESAN HOTEL Kamaniiya Petitenget Diskon 75%

Objek Wisata Terdekat di Pantai Petitenget

Terdapat beberapa objek wisata menarik yang terletak dekat dengan Pantai Petitenget di Bali. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pura Masceti

Pura Masceti

Objek wisata terdekat pertama adalah Pura Masceti, yakni terletak kurang lebih 77 meter dari Pantai Petitenget. Areanya yang dekat ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu beberapa menit saja sambil berjalan kaki.

2. Flea Market

Flea Market

Flea Market adalah pasar loak terbesar di Seminyak, Bali. Kamu dapat belanja barang apapun sebagai oleh-oleh liburan dari Bali. Mulai dari pakaian, souvenir, aksesoris, dan lain sebagainya bisa kamu temui di pasar loak ini. Harganya pun sangat beragam.

3. Waterbom

Waterbom
(sumber gambar: Google_The Bushwalking Blog)

Kira-kira 35 menit dari Pantai Petitenget, kamu akan menjumpai sebuah objek wisata lain bernama Waterbom Bali. Taman bermain basah-basahan ini sangat cocok untuk semua umur. Tersedia restoran, kolam renang, hingga bar.

Tips Berkunjung ke Pantai Petitenget

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu saat berkunjung ke Pantai Petitenget di Bali:

Tips Berkunjung ke Pantai Petitenget

1. Tidak Disarankan untuk Berenang di Pantai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika ombak di Pantai Petitenget ini tergolong berbahaya karena sangat besar dan deras. Oleh karena itu, pihak pengelola wisata menciptakan kolam renang khusus untuk wisatawan yang ingin berenang.

2. Pastikan Sedang Liburan dalam Kondisi yang Sehat

Berliburlah saat kondisi sedang sehat-sehatnya. Jangan sampai memaksakan diri pergi ke pantai saat sedang sakit. Selain tidak bisa menikmati ragam aktivitas menarik di Pantai Petitenget, kamu juga tidak akan punya tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya.

3. Mengajak Teman, Pacar, dan Keluarga untuk Liburan Bersama

Jangan pergi sendirian, cobalah mengajak teman, kekasih, atau keluargamu ke Pantai Petitenget ini. Bagaimanapun serunya aktivitas yang ditawarkan oleh pantai ini, tidak lebih seru jika kamu melaksanakannya ramai-ramai dengan orang tersayang.

Mengajak Teman, Pacar, dan Keluarga untuk Liburan Bersama

4. Siapkan Uang Cash yang Cukup Saat Berbelanja

Lokasi ATM dari tempat wisata ini sangatlah jauh, oleh karena itu sebisa mungkin harus persiapkan uang tunai yang cukup agar tidak kerepotan jika ingin membeli souvenir, oleh-oleh, dan aktivitas berbelanja lainnya di Pantai Petitenget.

5. Jangan Berkemah atau Camping di Pantai Petitenget

Pihak pengelola wisata ini sangat tidak menyarankan untuk para pengunjung untuk berkemah di pantai karena rawan ombak yang sangat besar sehingga tidak begitu aman saat malam hari.

6. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Menjaga kebersihan pantai adalah yang utama, jangan sampai kamu berlibur ke pantai ini sambil lalu menyumbang sampah di mana-mana. Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya, ya.

Mencoba Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Petitenget

Berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencoba kuliner lezat khas Bali di sekitar Pantai Petitenget:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Bali di Sekitar Pantai Petitenget

    • Babi Guling: Babi Guling adalah hidangan khas Bali yang terdiri dari daging babi yang disajikan dengan kulit yang renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, lawar (campuran daging cincang, sayuran, dan kelapa), sambal matah, dan krupuk.
    • Ayam Betutu: Ayam Betutu adalah hidangan tradisional Bali yang terdiri dari ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang atau direbus dalam waktu yang cukup lama. Rasanya sangat kaya dan lezat.
    • Sate Lilit: Sate Lilit adalah sate khas Bali yang dibuat dengan daging cincang yang dicampur dengan kelapa parut, santan, dan rempah-rempah. Campuran ini kemudian dibungkus pada tusuk sate bambu dan dipanggang di atas bara api. Rasanya sangat lezat dan berbeda dari sate biasa.
    • Lawar: Lawar adalah hidangan tradisional Bali yang terbuat dari campuran daging cincang (biasanya babi atau ayam), sayuran, dan kelapa parut yang disajikan dengan bumbu rempah-rempah. Ada berbagai jenis lawar, termasuk lawar merah dan lawar putih, yang memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.
    • Bebek Betutu: Bebek Betutu adalah versi bebek dari hidangan Ayam Betutu. Bebek ini dimasak dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang atau direbus dalam waktu yang cukup lama. Rasanya sangat gurih dan lezat.
    • Nasi Campur Bali: Nasi Campur Bali adalah hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, sate lilit, lawar, telur, dan sambal matah. Hidangan ini memungkinkan kamu untuk mencicipi berbagai hidangan khas Bali dalam satu piring.
    • Sambal Matah: Sambal Matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, jeruk nipis, daun jeruk, dan bumbu lainnya. Rasanya segar dan pedas, dan cocok untuk disajikan dengan berbagai hidangan.

Kesimpulan

Itu dia ulasan lengkap soal destinasi wisata Pantai Petitenget yang berada di Bali mulai dari sejarah singkat, lokasi, rute, harga tiket masuk, ragam aktivitas hingga tips saat berkunjung.

Semoga kamu dapat segera merealisasikan acara liburan ke pantai ini bersama dengan orang-orang tercinta. Jangan hanya menghabiskan waktu di dalam kamar, ayo buka pintu dan siapkan liburanmu sekarang!

You might also like