Pantai Pink di Lombok Timur: Pantai Dengan Keindahan yang Menakjubkan Siap Untuk Menarik Perhatian Kamu

Jika kamu sedang mencari pantai dengan daya tarik yang berbeda dari pantai umumnya, mungkin kamu harus berkunjung ke Pantai Pink.

Pantai dengan pasir berwarna hitam, pasti sudah banyak kamu temui. Pantai dengan pasir berwarna putih, pasti sangat cantik dan mudah untuk ditemukan.Lalu, bagaimana dengan pantai dengan pasir berwarna merah muda? Pasti ini tidak biasa, bukan?

Pantai Pink memang memiliki keunikannya sendiri, yakni pasirnya yang berwarna merah muda. Warna merah muda yang ada di pantai ini tercipta dari butir-butir putih yang kemudian bercampur dengan serpihan halus karang merah yang sudah mati.

Apalagi jika sorot sinar matahari yang menerpa pasir pada pantai, seolah warna merah muda itu terlihat semakin terang dan nyata adanya. Pantai ini adalah salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna merah muda.

Cerita di Balik Pantai Pink

Cerita di Balik Pantai Pink

Sebenarnya banyak pantai di pulau Lombok atau yang diberi julukan dengan sebutan pulau seribu masjid ini, yang belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan. Salah satunya ialah Pantai Pink.

Pantai Pink ini dulunya dikenal sebutan Pantai Tangsi. Nama Tangsi ini konon didapat pada saat masa penjajahan Jepang masih berkuasa. Pantai ini dijadikan barak oleh para tentara Jepang yang baru saja mendarat. Tangsi sendiri memiliki arti asrama atau barak.

Sebelum menjadi objek wisata seperti sekarang ini, Pantai Pink dijadikan pantai transit untuk para nelayan.Lalu, pada tahun 2009 pantai ini pun sering dikunjungi oleh para warga sekitar Lombok Timur.

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan Pantai Pink atau Pantai Tangsi. Ditambah lagi jalan menuju pantai ini masih rusak dan harus melewati hutan tropis.

Kemudian, beberapa anak-anak muda yang menyukai kegiatan travelling, mulai sering mengunjungi Pantai Pink. Hingga pada akhirnya keindahan Pantai Pink mulai menyebar luas dan akhirnya menjadi viral.

Setelah menjadi buah bibir di sosial media dan perbincangan banyak warganet, pemerintah setempat dan pelaku pariwisata mulai memperhatikan dan mengembangkan Pantai Pink sebagai objek wisata baru.

Tidak hanya itu, mereka juga menyematkan nama baru agar lebih menggaungkan pantai ini. Pink Beach Lombok, demikian nama yang mereka berikan. Selain untuk menarik wisatawan lokal, diharapkan sanggup menarik minat wisatawan internasional. Sejak saat itulah Pantai Tangsi dikenal nama Pink Beach Lombok atau Pantai Pink Lombok.

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Pink

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Pink

Meskipun belum banyak fasilitas yang terdapat di Pantai Pink ini karena lokasinya yang sulit diakses dan tersembunyi, tetapi ada berbagai macam daya tarik yang dijamin membuat kamu takjub.

Di objek wisata Pantai Pink ada banyak sekali biota laut. Ada sekitar 260 spesies terumbu karang yang cantik. Ditambah lagi dengan 1.000 spesies ikan berwarna-warni. Dan tidak ketinggalan ada 70 spesies spong.

Selain pasir pada pinggir pantainya yang berwarna merah muda, Pantai Pink memiliki hamparan bukit yang mengelilinginya.

Pada sisi sebelah kiri, terdapat bukit dengan padang rumput yang luas. Pada bagian bukit inilah pemandangan Pantai Pink akan terlihat lebih indah.

Lalu, pada sisi di sebelah kanan, terdapat sebuah tanjung yang eksotis dan menakjubkan. Ditambah lagi dilengkapi sebuah gazebo yang bisa kamu pakai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Seakan belum cukup sampai di situ. Pada Pantai Pink terdapat Pulau Pasir. Pulau Pasir ini akan muncul saat air laut sedang dalam keadaan surut. Atau yang biasa orang-orang sebut dengan istilah pasir timbul.

Di sini terdapat sebuah goa peninggalan masa penjajahan Jepang. Mengingat asal muasal Pantai Pink yang bernama Pantai Tangsi ini ialah sebuah barak bagi tentara Jepang, maka tidak mengherankan jika para wisatawan bisa menemukan goa.

Goa peninggalan masa penjajahan Jepang ini mempunyai panjang 50 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter. Selain sebagai tempat persembunyian atau barak tentara, goa ini dijadikan tempat untuk mengintai musuh. Hal ini dikarenakan letaknya yang cukup strategis.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pink

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pink

Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jika dilihat secara geografis, Pantai Pink ini terletak di bagian paling selatan kepulauan Lombok. Jalan agar dapat menginjakkan kaki di pantai ini bisa kamu tempuh melalui dua jalur. Lewat darat atau lewat laut.

Untuk jalur darat, jika kamu mulai perjalanan kamu dari kota Mataram, maka akan membutuhkan jarak sekitar 85 km atau kurang lebih membutuhkan waktu selama 2 jam perjalanan.

Kamu bisa menyewa kendaraan bermotor seperti motor ataupun mobil. Untuk harga sewanya sendiri, jika kamu ingin menyewa sepeda motor, maka kamu harus merogoh kocek sebesar 75.000 rupiah sampai dengan 85.000 rupiah per hari.

Sementara untuk kamu yang ingin menyewa kendaraan roda empat, kamu akan dikenakan biaya sebesar 400.000 rupiah sampai dengan 1 juta rupiah. Tergantung dari jenis mobil yang akan kamu sewa. Harga sewa yang disebutkan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Setelah kamu memutuskan kendaraan yang akan dikendarai, kamu dapat melanjutkan perjalanan. Rute dari kota Mataram menuju Pantai Pink ini tidaklah sulit, kok. Kamu hanya cukup mengarahkan kendaraan kamu menuju arah timur, yakni daerah Praya.

Terdapat tiga jalur utama yang bisa kamu pilih. Diantaranya: Jalan Raya Sengkerang, Jalan Raya Mataram – Labuan Lombok (Jalan Raya Mataram – Sukur), dan Jalan Raya Bypass Bandara Internasional Lombok.

Jika kamu sudah datang di Praya, kamu bisa melanjutkan rute perjalanan kamu lagi dengan menyusuri Jalan Raya Keruak menuju Pantai Pink Lombok. Kondisi jalan yang akan kamu lewati memang tidak mulus. Tetapi, cukup bagus untuk dilewati kendaraan bermotor.

Jika kamu sudah tiba di Jalan Raya Keruak, kamu akan menyusuri Jalan TGH Moh Mutawalli. Sejauh 4 sampai dengan 5 km jauhnya sebelum mencapai Pantai Pink, kamu akan menyusuri jalanan yang penuh lubang dan tidak beraspal.

Setelah sampai dan memarkir kendaraan kamu di dekat jalan utama, kamu masih harus jalan sekitar 200 meter. Jalannya tidak rata dan sedikit berbatu.

Untuk kamu yang malas untuk berjalan, kamu bisa menggunakan jasa ojek motor yang berada tidak jauh dari lokasi. Semua kesabaran kamu akan terbayarkan begitu sampai di tempat tujuan.

Sementara untuk kamu yang ingin mencapai Pantai Pink dengan sensasi yang tidak biasa, kamu bisa mencoba melalui jalur laut. Kamu bisa mendatangi terlebih dahulu Pelabuhan Tanjung Luar.

Waktu yang dibutuhkan dari kota Mataram menuju ke Pelabuhan Tanjung Luar ialah kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan. Atau sekitar 66 km.

Perjalanan melalui jalur laut ini bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat dengan menggunakan kapal. Ada dua tipe kapal yang bisa membantu kamu mengarungi lautan dan sampai ke tempat tujuan. Diantaranya ialah private boat dan public boat.

Untuk harga sewa private boat ini, kamu dapat merogoh kocek sebesar 900.000 rupiah. Harga itu adalah harga untuk satu boat pulang pergi. Dan untuk public boat, kamu akan dikenakan biaya sewa sebesar 30.000 rupiah sampai dengan 40.000 rupiah per orangnya.

Kamu bisa memilih jenis transportasi yang nyaman untuk kamu. Sesuaikan sesuai budget yang kamu miliki. Harga di atas bukan harga mutlak, ya. Karena sewaktu-waktu harga bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Tetapi bisa untuk dijadikan patokan bagi kamu. Ada baiknya kamu bernegosiasi atau menawar terlebih dahulu supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

Rute Lengkap Menuju Pantai Pink di Lombok Timur:

Alamat: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672

Jam Operasional yang Diberlakukan di Pantai Pink

HariJam Operasional
Senin08.00 – 17.00 WITA
Selasa08.00 – 17.00 WITA
Rabu08.00 – 17.00 WITA
Kamis08.00 – 17.00 WITA
Jumat08.00 – 17.00 WITA
Sabtu08.00 – 17.00 WITA
Minggu08.00 – 17.00 WITA

Pantai Pink dibuka pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 5 sore waktu setempat. Mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Kamu dapat datang pada waktu pagi hari, saat cahaya matahari masih bersahabat.

Atau pada siang hari, saat cahaya matahari menyinari langsung pasir pantai sehingga semakin memperlihatkan warna merah muda. Atau bisa juga pada saat sore hari, sambil menikmati suasana matahari terbenam.

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Pink

Hari
Harga Tiket Masuk
Parkir
LokalMancanegara
SeninRp 10.000Rp 50.000Gratis
SelasaRp 10.000Rp 50.000Gratis
RabuRp 10.000Rp 50.000Gratis
KamisRp 10.000Rp 50.000Gratis
JumatRp 10.000Rp 50.000Gratis
SabtuRp 10.000Rp 50.000Gratis
MingguRp 10.000Rp 50.000Gratis

Untuk biaya masuk yang harus kamu bayarkan sebelum melihat keindahan Pantai Pink ialah 10.000 rupiah saja per orangnya. Sementara untuk wisatawan asing dikenakan 50.000 rupiah per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan tidak dikenakan biaya lagi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Pink

Meskipun akses menuju Pantai Pink termasuk sulit dan tidak mulus, ditambah lagi letaknya yang cukup tersembunyi, tetapi jangan khawatir! Semua pengorbanan kamu untuk mencapai Pantai Pink tidak akan sia-sia. Ada banyak sekali, lho, aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di Pantai Pink ini. Di antaranya:

1. Snorkeling

Snorkeling

Air di Pantai Pink ini sangat jernih. Ombaknya juga tidak terlalu besar. Sehingga aman jika kamu ingin melihat pemandangan bawah laut dengan mata kepala kamu sendiri, seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang beraneka warna.

Bahkan juga saking jernihnya, kamu bisa melihatnya secara langsung beberapa karang dan biota laut lainnya, yang terdampar di tepi pantai. Kegiatan snorkeling ini menjadi salah satu aktivitas yang paling disukai oleh para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Pink.

Untuk kamu pecinta kegiatan snorkeling, ketika akan mengunjungi Pantai Pink, jangan lupa untuk membawa alat snorkeling pribadi, ya. Atau bisa juga menyewa perlengkapan snorkeling dan perahunya. Harganya memang cukup sedikit lebih mahal, yaitu 270.000 rupiah.

2. Bermain Pasir

Bermain Pasir

Pasir di Pantai Pink ini terasa halus dan tidak memiliki tekstur yang kasar, apalagi sudah bercampur dengan karang halus yang sudah mati.

Jadi dipastikan tidak akan menyakiti kaki kamu walaupun kamu sedang tidak memakai alas kaki. Bermain di pasir akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk kamu, apalagi jika kamu membawa anak-anak ikut serta.

3. Berenang

Berenang

Salah satu kegiatan favorit lainnya jika sedang liburan ke wisata pantai selain snorkeling ialah berenang. Apalagi jika ditambah ombak lautnya yang tidak besar dan air lautnya yang jernih. Pasti begitu melihat, kamu langsung ingin menceburkan diri dan bermain air atau berenang di sini.

Berenang di pantai yang cukup luas dengan sepoi angin laut dan terpaan sinar matahari yang hangat pasti memberikan kesan yang berbeda ketimbang berenang di kolam renang.

4. Naik Perahu

Naik Perahu

Jika kamu ingin menelusuri jejak keindahan Pantai Pink, mungkin kamu dapat mencoba untuk menaiki perahu. Kamu tinggal duduk manis di perahu sambil mengunjungi banyak spot indah di sekitar Pantai Pink.

Diantaranya adalah Gili Petalu, Gili Pasir, dan satu pulau kecil lainnya. Ada satu hal yang ajaib dari pulau-pulau kecil ini. Mereka akan bersatu dan disatukan oleh dataran pasir saat air laut sedang surut.

Jika kamu ingin mengunjungi Gili Petalu, kamu dapat sekalian melakukan snorkeling dan melihat kehidupan di bawah laut. Dan di Gili Pasir, kamu bisa melihat gundukan pasir yang membentang cukup panjang di tengah-tengah lautan. Keduanya layak untuk kamu kunjungi saat bertandang ke Pantai Pink ini.

5. Hunting Foto

Hunting Foto

Sudah menjadi kewajiban tentu saja, setiap kegiatan liburan rasanya harus melakukan kegiatan yang satu ini. Berburu foto di Pantai Pink wajib dilakukan karena ada banyak sekali spot cantik yang bisa kamu abadikan.

Jangan lupa untuk mengunggahnya di laman sosial media kamu. Agar semakin banyak pasang mata yang melihat keindahan dan keunikan Pantai Pink ini.

Apalagi jika kamu datang pada saat siang hari. Sinar matahari yang memantul ke pasir seakan semakin menegaskan warna merah muda yang berada di sepanjang pesisir pantai. Dijamin kamu akan semakin terpana melihat keindahan ini.

6. Memancing dan Membakar Ikan

Memancing dan Membakar Ikan

Salah satu kegiatan lainnya yang menyenangkan untuk dilakukan selama di Pantai Pink ialah membakar ikan. Kamu bisa melakukan kegiatan memancing terlebih dahulu jika kamu mau.

Atau kamu bisa langsung membelinya dari nelayan, tanpa perlu bersusah payah. Ada banyak tempat budidaya laut di sekitar pantai ini. Seperti contohnya lobster, ikan kerapu, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kamu tertarik untuk kerjakan kegiatan yang satu ini, kamu bisa meminta para boatmen untuk membantu kamu. Mereka akan dengan sigap menyediakan tempat untuk pembakaran ikan.

Menikmati ikan bakar di tepi pantai sambil menikmati keindahan Pantai Pink diiringi semilir angin lautnya yang menyejukkan, sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat kamu. Dijamin liburan kamu akan semakin terasa berbeda dan lebih menyenangkan.

Di Pantai Pink ini tidak terdapat penginapan seperti pada objek wisata kebanyakan. Karenanya, usahakan jangan terlalu malam untuk beranjak dari Pantai Pink.

Rekomendasi Penginapan Di Sekitar Pantai Pink di Lombok Timur

Jika kamu mencari penginapan dekat Pantai Pink di Lombok, berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Ekas Beach Guesthouse

Ekas Beach Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

Ekas Beach Guesthouse, tempat ini terletak dengan strategis di Tanjung Ringgit, salah satu bagian indah dari Lombok. kamu akan merasa dekat dengan berbagai atraksi menarik dan memiliki banyak opsi restoran yang lezat di sekitar.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Gili Trawangan yang terkenal sebelum pulang. Waktu check-out kami adalah pukul 11.00. Nikmati fasilitas populer seperti Wi-Fi gratis, lokasi tepi pantai yang memikat, tempat parkir yang nyaman, dan restoran yang memanjakan lidah kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 135.995 per malam

PESAN HOTEL Ekas Beach Guesthouse Diskon 61%

2. Ekas Breaks

Ekas Breaks
(sumber gambar: Agoda)

Temukan ketenangan di Ekas Breaks, resor bungalo simpel dan terpencil yang hanya berjarak 2 km dari pantai terdekat di Teluk Awang. Dengan lokasi 8 km dari pantai dan cagar alam Cemara yang tenang, kamu akan merasakan kedamaian alam Lombok.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00. Manjakan diri kamu dengan fasilitas populer seperti kolam renang yang menyegarkan, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 325.000 per malam

PESAN HOTEL Ekas Breaks Diskon 53%

3. Tetebatu Sama Sama Bungalows

Tetebatu Sama Sama Bungalows
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan di Tetebatu Sama Sama Bungalows, yang terletak strategis di Sikur, bagian dari keindahan Lombok. Lokasinya yang dekat dengan atraksi dan restoran menarik akan membuat kunjungan kamu lebih berkesan.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00. Manfaatkan fasilitas populer kami, seperti tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 200.000 per malam

PESAN HOTEL Tetebatu Sama Sama Bungalows Diskon 57%

4. Azana Essence Villa Tabitha Lombok

Azana Essence Villa Tabitha Lombok
(sumber gambar: Agoda)

Azana Essence Villa Tabitha Lombok, properti bintang 3 kami berlokasi strategis di Pantai Bumbang, Lombok. Nikmati kenyamanan dengan berbagai fasilitas internal yang kami sediakan untuk meningkatkan kualitas menginap kamu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Gili Trawangan yang terkenal.

Fasilitas termasuk tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis di semua kamar, pelayanan resepsionis 24 jam, kolam renang outdoor, pantai pribadi, dan banyak lagi. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 629.991 per malam

PESAN HOTEL Azana Essence Villa Tabitha Lombok Diskon 51%

5. Pondok Indah Bungalow RedPartner

Pondok Indah Bungalow RedPartner
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan di Pondok Indah Bungalow RedPartner, tempat yang terletak strategis di Sikur, Lombok. Kami mengundang kamu untuk menikmati dekatnya lokasi kami dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Waktu check-in kami dimulai pukul 10.00, dan waktu check-out pada pukul 12.30.

Manfaatkan fasilitas populer seperti kolam renang yang menyegarkan, tempat parkir gratis, Wi-Fi, dan layanan jemputan bandara. Kami siap membuat kunjungan kamu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 145.351 per malam

PESAN HOTEL Pondok Indah Bungalow RedPartner Diskon 53%

Kulineran Lezat Khas NTB di Sekitar Pantai Pink

Jika kamu berada di sekitar Pantai Pink di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan ingin menikmati kuliner khas daerah tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan lezat yang mungkin bisa kamu coba:

Kulineran Lezat Khas NTB di Sekitar Pantai Pink

    • Sate Rembiga: Sate Rembiga adalah sate khas NTB yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang khas daerah Rembiga. Rasanya kaya dan lezat, dan disajikan dengan lontong atau nasi.
    • Ayam Taliwang: Ayam Taliwang adalah hidangan khas NTB yang terkenal. Ini adalah ayam panggang pedas dengan bumbu khas Taliwang yang terbuat dari campuran cabai, bawang, dan rempah-rempah. Hidangan ini umumnya disajikan dengan plecing kangkung sebagai pelengkap.
    • Pelecing Kangkung: Pelecing Kangkung adalah hidangan sayuran yang terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dengan sambal tomat pedas khas NTB. Rasanya segar dan pedas, merupakan pelengkap yang sempurna untuk hidangan utama.
    • Bebek Peking NTB: Bebek Peking NTB adalah hidangan bebek panggang dengan kulit renyah yang disajikan dengan saus kacang khas daerah tersebut. Rasanya unik dan sangat lezat.
    • Plecing Ayam Betutu: Plecing Ayam Betutu adalah hidangan yang menggabungkan ayam betutu (ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khusus) dengan plecing kangkung dan sambal khas NTB.
    • Bebek Bengkel: Bebek Bengkel adalah hidangan bebek goreng yang lezat dan populer di NTB. Disajikan dengan sambal dan lalapan, ini adalah pilihan yang nikmat untuk penggemar bebek.
    • Lombok Coffee: Jangan lupa mencicipi kopi khas Lombok yang kaya akan cita rasa. Kopi dari daerah ini memiliki karakteristik unik dan bisa menjadi teman yang sempurna untuk menikmati pemandangan Pantai Pink.

Kesimpulan

Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup. Seperti makanan dan minuman secukupnya dan obat-obatan pribadi. Jika kamu berminat untuk datang ke Pantai Pink, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya.

Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Kamu bisa mengumpulkannya dalam satu wadah plastik, kemudian membuangnya sekaligus di tempat sampah.

Jangan pula merusak ekosistem alamnya. Agar Pantai Pink tetap alami dan asri. Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, mari kita sama-sama menjaga keindahan alam Indonesia tercinta. Sehingga semakin banyak yang datang berkunjung dan mengagumi keindahan wisata alam di Indonesia.

Selamat berlibur dan menikmati surga tersembunyi yang berada di bumi!

You might also like