Destinasi Wisata Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul Untuk Liburan Tak Terlupakan

Destinasi Wisata Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul Untuk Liburan Tak Terlupakan (sumber: Google Maps: Om. Eddie)

Pantai Pok Tunggal mungkin masih asing ditelinga beberapa orang. Tujuan yang berada di kabupaten Gunungkidul ini kurang begitu familiar seperti Parangtritis, Indrayanti, atau beberapa pantai besar Yogyakarta lainnya.

Tetapi walaupun belum begitu terkenal, Pantai Pok Tunggal mempunyai pemandangan yang tidak kalah menarik, lho. Seperti beberapa pantai yang ada di kawasan pesisir selatan, pantai ini mempunyai pasir putih yang eksotis dan pemandangan laut yang menarik.

Disamping itu, tempat wisata ini mempunyai lokasi terselinap yang dikelilingi oleh perbukitan karst dan tebing karang yang menjulang tinggi.

Karena daya tarik dan kecantikannya, pantai itu kemudian memperoleh panggilan sebagai surga wisata bahari yang tersembunyi.

Bila sobat wisata ingin tahu dengan kecantikan objek wisata itu. Jangan lupa memasukkan Pantai Pok Tunggal sebagai destinasi tujuan di saat bepergian ke Yogyakarta.

Melihat Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

Yogyakarta atau Jogjakarta bukan hanya populer dengan bermacam kulinerannya yang otentik dan sedap. Kota Pelajar ini seperti magnet yang memikat wisatawan untuk berkunjung karena daya tarik rekreasi yang dimilikinya.

Dari beberapa rekomendasi wisata, pantai yaitu satu diantara yang tak pernah sepi peminat. Salah satunya wisata pantai yang recomended untuk didatangi ialah Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal sebagai tujuan rekreasi yang lokasinya ada di wilayah Gunungkidul. Pantai itu tidak hanya kaya akan beragam spot wisata bahari, tetapi juga mempunyai pemandangan alam yang menarik dan unik.

Pemandangan alam yang asri dan alami dari pantai, tebing dan perbukitan, udara segar, dan berbagai sarana yang ada, siap memanjakan beberapa wisatawan yang tiba berkunjung.

Beberapa kelebihan Pantai Pok Tunggal di antaranya yaitu:

1. Daya Tarik Alam yang Eksotis

Daya Tarik Alam yang Eksotis
Daya Tarik Alam yang Eksotis (sumber: Google Maps: pantaipoktunggal.id)

Daya tarik alam yang eksotis dari Pantai Pok Tunggal sebagai daya tarik khusus dari objek wisata ini.

Pemandangan lautan berpasir putih yang diapit oleh bukit-bukit dan tebing menyajikan penampilan visual yang memanjakan mata.

Pantai dengan pemandangan eksotis menjadi surga untuk para wisatawan. Tempat ini akan memudahkan kamu untuk memperoleh hasil foto yang instagenic dan cantik.

2. Udara yang Bersih dan Fresh

Bosan dengan hiruk pikuk suasana kota yang penuh polusi dan asap motor? Waktunya kamu cari situasi lain dan berburu udara segar.

Udara yang Bersih dan Fresh
Udara yang Bersih dan Fresh (sumber: Google Maps: Lesalenia utami)

Pantai Pok Tunggal sebagai destinasi wisata yang lokasinya lumayan jauh dari pusat perkotaan.

Tempat wisata ini mempunyai sejumlah wahana hijau yang memberi suasana asri dan udara yang segar.

Situasi alam yang asri jadi cara terbaik untuk melepaskan capek dan relaksasi. Pengunjung akan mendapatkannya saat tiba ke tempat ini.

3. Bermacam Sarana yang Menarik

Pantai Pok Tunggal menyuguhkan beberapa sarana yang menarik. Maka jangan takut akan merasa bosan sepanjang berlibur, karena kamu dapat memperoleh pengalaman dan situasi baru dari wahana-wahana yang disajikan pada tempat ini.

Bermacam Sarana yang Menarik
Bermacam Sarana yang Menarik (sumber: Google Maps: Eka Oktavia)

Spot Wisata di Pantai Pok Tunggal

Bukan hanya pemandangan pantai yang menarik, tujuan rekreasi yang terletak di daerah Gunungkidul ini menyajikan beragam spot rekreasi yang tidak biasa dan unik. Apa kira-kira?

1. Pantai dengan Laut Biru

Pantai elok dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru tua akan menyambut tiap pengunjung yang datang.

Pantai dengan Laut Biru
Pantai dengan Laut Biru (sumber: Google Maps: pantaipoktunggal.id)

Deburan ombak dan angin pantai yang sepoi-sepoi akan membuat siapapun yang datang betah untuk lama-lama ada di tempat ini.

2. Bukit Tebing

Selain pantai sebagai spot wisata yang paling utama, di Pantai Pok Tunggal ada bukit dan tebing yang gagah menjulang.

Tebing ini mempunyai tinggi sekitaran 50 meter dan berada di area tepi pantai. Area tebing banyak bermacam pohon dan jadi habitat untuk beragam satwa.

Bukit Tebing
Bukit Tebing (sumber: Instagram @pantaipoktunggal.id)

Wisatawan dapat bertemu beragam hewan pada tempat ini, satu diantaranya yakni kera liar. Kera-kera liar ini hidup bebas di atas bukit itu.

Walaupun liar, tetapi kera di tempat itu termasuk jinak. Hingga tak perlu risau akan mengusik dan wisatawan masih tetap aman untuk mengunjungi area bukit-bukit ini.

Saat kamu naik puncak tebing, kamu akan nikmati cantiknya pemandangan alam Pantai Pok Tunggal secara keseluruhan.

Tempat itu jadi tempat bagus untuk berswafoto. Berpose dengan background panorama pantai di atas ketinggian jadi spot favorit para wisatawan.

2. Sungai Air Tawar

Pantai Pok Tunggal mempunyai spot rekreasi yang namanya sungai air tawar. Sama dengan namanya, air sungai ini tidak asin tetapi menghasilkan air tawar.

Sungai Air Tawar
Sungai Air Tawar (sumber: Google Maps: ferdiansyah yudananta)

Hal itu dapat muncul karena beragam pemicu, satu diantaranya karena proses alami, yakni karena air di tempat ini telah disaring oleh tanah hingga menghasilkan sungai dengan air tawar.

Sungai ini ialah sumber air minum untuk warga setempat. Banyak wisatawan yang tertarik juga dengan peristiwa ini hingga lokasi sungai pun selalu ramai didatangi wisatawan.

3. Karang yang Cantik

Pada tempat sekitaran pantai ada beberapa kumpulan karang dengan bermacam ukuran dan bentuk. Batu-batu karang yang ada di pinggir pantai ini warna hijau karena banyak lumut dan beragam tumbuhan air lainnya.

Karang yang Cantik
Karang yang Cantik (sumber: Google Maps: Ari Lia)

Peristiwa karang berlumut yang elok ini kelihatan unik dan eksotik. Wisatawan dapat menyaksikan kemunculan karang elok itu lebih jelas, khususnya saat air laut sedang surut.

Aktivitas Hebat di Pantai Pok Tunggal

Selain mempunyai pemandangan alam yang menarik, Pantai Pok Tunggal menyuguhkan beberapa keseruan.

Wisatawan dapat lakukan beragam kegiatan menarik untuk isi berlibur pada tempat ini, antara yakni:

1. Berenang dan Bermain Pasir

Seperti pantai di daerah pesisir selatan yang lain, ombak di Pantai Pok Tunggal cukup deras dan besar.

Berenang dan Bermain Pasir
Berenang dan Bermain Pasir (sumber: Google Maps: Skorandhi Dhane)

Tetapi spot rekreasi ini masih tetap aman dipakai untuk berenang.

Jadi untuk kamu yang menyenangi aktivitas berenang atau bermain air pantai, kegiatan itu masih tetap dapat dilaksanakan.

Meski begitu, masih tetap prioritaskan keselamatan. Satu diantaranya yakni menghindar dari berenang terlalu ke tengah pantai dan usahakan untuk menggunakan peralatan keamanan tambahan saat berenang, misalkan seperti pelampung dan lain-lain.

2. Diving dan Snorkeling

Pantai Pok Tunggal mempunyai air berwarna jernih dan biru. Air di pantai ini benar-benar bersih, jadi benar-benar memberikan dukungan untuk kamu yang menyenangi aktivitas diving atau snorkeling.

Diving dan Snorkeling

Melihat keelokan bawah laut dan beragam biota yang hidup didalamnya jadi aktivitas hebat yang pantas untuk dicoba.

Untuk kamu pencinta diving, kamu pun tidak perlu bawa peralatan dari rumah karena di area sekitaran pantai juga ada yang sewakan peralatan menyelam.

3. Rock Climbing

Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh tebing dan bukit bukit kapur atau karst. Tebing dan bukit kapur ini tempatnya sama-sama berhimpitan, hingga bisa dijadikan spot yang bagus untuk rock climbing.

Rock Climbing

Jadi untuk pengunjung yang menyenangi rintangan dan aktivitas antimainstream yang memicu adrenalin, kamu bisa mencoba aktivitas yang satu ini.

Untuk pengunjung yang ingin lakukan aktivitas rock climbing, di tempat ini tedapat penyewaan yang sediakan bermacam perlengkapan dan pendampingan untuk panjat tebing. Sehingga kamu tidak perlu repot bawa alat dan peralatan sendiri dari rumah.

4. Camping

Berkemah di pinggir pantai dan nikmati udara malam jadi aktivitas yang hebat untuk dilakukan bersama teman dekat, keluarga atau pasangan.

Situasi malam di pinggir pantai akan memberi atmosfer yang berbeda dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Camping

Kamu bisa juga nikmati pemandangan pantai yang langka, baik sunset atau momen saat matahari terbit.

Untuk pengunjung yang ingin berkemah di pinggir pantai, mereka akan dikenakan sejumlah biaya. Satu diantaranya yakni dari penyewaan tenda dan perlengkapan berkemah lainnya.

5. Kuliner

Berkunjung ke Gunungkidul, tidak lengkap bila tidak mencicip makanan ciri khas setempat. Di pantai ini kamu bukan hanya dapat berlibur, tapi bisa juga sekalian berekreasi kulineran.

Kuliner

Disekitaran tempat rekreasi ada warung dan warung makan yang jual bermacam kulineran.

Untuk kamu pecinta makanan laut, kamu bisa juga merasakan kedai yang jual olahan seafood.

6. Hunting Foto

Pantai Pok Tunggal jadi tujuan yang pas buat kamu pencinta fotografi. Pemandangan alam yang mempesona dari tempat ini akan mempermudah kamu untuk hasilkan foto yang instagramable dan cantik.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Google Maps: Angela Merici)

Bukan hanya lokasi pantai, perbukitan, tebing, batu karang, sampai kawasan sungai mempunyai pemandangan yang menarik mata.

Jadi banyak beberapa spot kece yang dapat di dokumentasikan disini.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah tujuan rekreasi yang dapat kita dapatkan di kota Yogyakarta, lokasi persisnya yakni di desa Tepus, kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Bila kita tiba dari kota Jogja, karena itu diperlukan waktu sekitaran 2 jam bila jalan raya sedang normal. Saat kamu berkendaraan dari kota Yogyakarta, sebaiknya kamu ambil lajur yang ke arah daerah Wonosari.

Lokasi Pantai Pok Tunggal
Lokasi Pantai Pok Tunggal (sumber: Google Maps: Mera Novera)

Lalu sesudah dari Wonosari, pengunjung dapat ambil jalur ke ke arah selatan yang mengarah ke Tepus.

Begitu sampai di wilayah Tepus, kamu bisa mengikuti rambu-rambu yang menuntun ke Pantai Baron.

Saat telah ada di dekat pantai Baron kamu bisa ambil jalur kiri. Jalur itu akan arahkan kita ke lokasi pantai Indrayanti.

Ikuti terus jalur lurus hingga sampai pada pertigaan, selanjutnya kamu bisa ambil jalan beraspal yang terdapat pada posisi kiri.

Jalur berikut yang hendak mengantar kita ke Pantai Pok Tunggal.

Jalur untuk menuju tempat wisata itu tidak mudah karena kamu harus lewat jalan yang sempit, cukup curam dan berliku.

Tetapi saat sudah sampai ke lokasi, semua kelelahan itu akan terbayarkan lunas. Keelokan dan pemandangan yang ditawarkan sesuai dengan perjuangan untuk sampai ke tempat itu.

Lokasi lengkap menuju pantai Pok Tunggal:

Alamat: Pok Tunggal, Jl. Pok Tunggal, Pantai, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Sarana Pantai Pok Tunggal

Walaupun jauh dari pusat perkotaan, tetapi sarana yang ada di pantai Pok Tunggal cukup lengkap. Beberapa sarana yang disiapkan salah satunya yakni:

1. Tempat Parkir

Untuk pengunjung yang datang bawa kendaraan kamu tak perlu cemas, karena di tempat rekreasi ada tempat untuk parkir.

Tempat parkir di sini cukup lega jadi pengunjung bisa tempatkan kendaraan mereka dengan leluasa.

2. Toilet

Toilet atau kamar mandi tersedia banyak di tempat rekreasi itu. Untuk pengunjung yang ingin ganti pakaian dan bersihkan diri bisa manfaatkan kamar mandi yang telah disediakan.

3. Tempat Beribadah

Pantai Pok Tunggal sediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah. Tidak jauh dari lokasi pantai ada mushola yang dapat dipakai oleh pengunjung yang ingin melakukan shalat.

4. Gazebo

Gazebo
Gazebo (sumber: Google Maps: Moch Slamet)

Saat ada di pantai ini, kita bisa juga merasakan beberapa saung atau gazebo. Gazebo itu dibuat arah untuk menyiapkan tempat untuk istirahat dan berlindung.

Bila ingin memakai dan sewa gazebo, pengunjung akan dikenai sejumlah ongkos oleh pihak pengurus wisata.

5. Payung Pelangi

Selain gazebo, pantai ini sediakan payung pelangi. Payung pelangi ini ditaruh di tempat sekitaran pantai. Fungsinya untuk berlindung untuk beberapa wisatawan.

Selain berlindung, pengunjung bisa memakai payung ini untuk santai sambil nikmati pemandangan pantai.

6. Persewaan Sarana

Bila ingin nikmati wahana-wahana yang disiapkan di tempat rekreasi, pengunjung pun tidak perlu bawa peralatan dari rumah.

Karena di sini telah ada lokasi yang sediakan bermacam peralatan yang diperlukan. Perlengkapan berenang, menyelam, berkemah dan panjat tebing dapat disewa pada tempat ini.

7. Tempat Sampah

Pihak pengurus rekreasi sediakan beberapa tempat sampah di lokasi sekitaran pantai.

Beberapa tempat sampah ini tempatnya menyebar dan gampang dicapai, menjadi pengunjung dapat memakainya untuk buang beberapa sampah yang dibuat.

Pihak pengurus rekreasi memberi ketentuan yang cukup tegas perihal buang sampah.

Bila ada wisatawan yang ketahuan buang sampah sembarangan, maka mereka akan dikenakan beberapa denda.

8. Tempat Makan

Saat berkunjung ke pantai Pok Tunggal, kamu tidak perlu repot bawa perbekalan dari rumah.

Tempat Makan
Tempat Makan (sumber: Instagram @pantaipoktunggal.id)

Karena pada tempat itu kita bisa juga merasakan beberapa warung dan warung yang menyuguhkan bermacam makanan.

Cemilan, makanan berat, sampai seafood dapat diminta oleh pengunjung disini.

9. Aula

Bila kamu ingin melangsungkan acara atau pertemuan, pada tempat ini ada aula yang dapat digunakan untuk aktivitas itu.

Aula biasa dipakai untuk beberapa acara seperti gathering, kopdar komunitas dan lain-lain.

10. Tempat Berkemah

Kita bisa juga merasakan lokasi yang umum dipakai oleh beberapa pengunjung yang ingin berkemah.

Pada tempat ini dipasang tenda beragam warna yang dicarter pengunjung yang berkemah di lokasi itu.

11. Penginapan

Bila tidak mau menginap dalam tenda, kamu bisa juga cari penginapan yang ada di lokasi sekitaran tempat wisata.

Penginapan atau villa pada tempat ini cukup bervariatif, harga yang ditawarkan cukup beragam. Jadi pengunjung bisa memilihnya sesuai keperluan.

Biaya Tiket Pantai Pok Tunggal

Berekreasi ke Pantai Pok Tunggal juga memberikan keuntungan, karena kamu tidak perlu ongkos yang lebih besar agar dapat nikmati keindahan pantai elok di Gunungkidul ini.

Biaya Tiket Pantai Pok Tunggal
Biaya Tiket Pantai Pok Tunggal (sumber: Google Maps: Hendrik Ariyanto)

Beberapa tarif yang perlu dibayarkan oleh pengunjung diantaranya:

KeteranganHarga
Tiket Masuk Pantai Pok TunggalRp. 10.000
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 10.000
Parkir BisRp. 25.000
Parkir ElfRp. 20.000

Itulah biaya tiket masuk dan ongkos parkir yang ditanggung pada pengunjung. Tetapi biaya ini tidak mutlak, dalam artian bisa berbeda sewaktu-waktu.

Rekomendasi Hotel Sekitaran Pantai Pok Tunggal yang Perlu Diketahui

Di bawah ini ayowisata.co.id telah merekomendasikan daftar hotel yang bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke pantai Pok Tunggal, yaitu:

1. Villa Kopiori

Villa Kopiori adalah pilihan akomodasi yang sempurna untuk kamu yang mencari liburan yang santai dan nyaman.

Villa Kopiori
Villa Kopiori (sumber: Google Maps Villa Kopiori)

Terletak hanya beberapa menit berkendara dari Pantai Pok Tunggal, hotel ini menawarkan suasana yang tenang dan pemandangan alam yang indah.

Dengan desain modern dan fasilitas lengkap, Villa Kopiori memberikan kenyamanan maksimal kepada para tamu.

Setiap villa di Villa Kopiori dilengkapi dengan kamar tidur yang nyaman, ruang tamu yang luas, dapur lengkap, dan teras pribadi dengan pemandangan taman yang hijau.

Selain itu, hotel ini juga memiliki kolam renang outdoor yang menyegarkan, tempat bersantai, dan area parkir yang aman.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 803.118 per malam

2. Kayu Watu Cottage Gunungkidul

Kayu Watu Cottage Gunungkidul adalah pilihan akomodasi yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan.

Kayu Watu Cottage
Kayu Watu Cottage (sumber: Google Maps: Herda Wahyu Tetuko)

Terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Pok Tunggal, hotel ini memastikan kamu dapat menikmati pantai yang indah setiap saat.

Cottage dengan gaya tradisional Jawa ini memberikan pengalaman menginap yang autentik dan mempesona.

Setiap kamar di Kayu Watu Cottage Gunungkidul didesain dengan tampilan yang sederhana namun nyaman.

Kamar-kamar tersebut dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, televisi, dan kamar mandi pribadi.

Selain itu, hotel ini juga menyediakan restoran yang menyajikan masakan lezat dan area taman yang asri.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 490.000 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Pok Tunggal yang Diskon Hingga 54%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like