Pantai Pulang Sawal di Yogyakarta: Pantai Pasir Putih yang Eksotis Cocok untuk Healing

Wisata pantai di Yogyakarta dan sekitarnya memang tidak pernah mati. Salah satu contohnya adalah objek wisata Pantai Pulang Sawal. Jika kamu ingin mencari pantai yang asri dengan pemandangan indah untuk healing maka tempat ini sangat direkomendasikan.

Sejarah Pantai Pulang Sawal

Sejarah Pantai Pulang Sawal
(sumber gambar: GoogleMaps_Harry Maulana)

Berbeda dengan pantai lain yang dikenal nama pantai tersebut, hal ini tidak berlaku untuk Pantai Sawal. Meski nama resmi tempat ini adalah Pantai Pulang Sawal. Namun masyarakat dan wisatawan justru lebih mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti.

Asal usul nama Indrayanti sendiri sebenarnya lumayan unik. Nama tersebut sebenarnya merujuk pada nama sebuah rumah makan yang ada di pantai tersebut. Saking terkenalnya orang-orang justru lebih mengenal nama tersebut dibandingkan nama asli lokasi wisatanya.

Jauh sebelum pantai ini populer, restoran tersebut sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama yang dari luar daerah. Lama-kelamaan nama tersebut malah menjadi semacam landmark yang bertahan hingga sekarang ini.

Nama Indrayanti sendiri diambil dari nama pemilik restoran tersebut yaitu, Bapak Indra dan Ibu Yanti. Meski sebenarnya pemerintah setempat sudah berusaha mengusahakan nama resmi pantai tersebut, tetapi tampaknya hal ini bukan sesuatu yang mudah.

Nama Indrayanti sudah terlanjur dikenal baik di kalangan penduduk atau pengguna media sosial. Sehingga kamu perlu sedikit berhati-hati agar tidak salah tempat saat berkunjung kemari untuk pertama kalinya.

Mitos Pantai Pulang Sawal

Mitos Pantai Pulang Sawal
(sumber gambar: GoogleMaps_kiara)

Tahukah kamu jika selain dikenal panoramanya yang indah, pantai ini juga dikenal mempunyai mitos yang cukup seram? Lokasinya yang masih berada di Selatan Jawa membuat pantai ini sering dikaitkan mitos Nyi Roro Kidul.

Konon, pantai ini masih satu jalur dengan pantai kidul sehingga kepercayaan yang berlaku di sana ditetapkan di sini. Salah satunya yang terkenal adalah mitos yang melarang wisatawan untuk menggunakan pakaian berwarna hijau.

Jika masih nekat maka dipercaya orang tersebut akan hilang ditelan ombak. Mitos tersebut sudah cukup lama beredar dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Sehingga ada baiknya jika kamu mengikuti adat dan kepercayaan setempat meski kamu sebenarnya tidak mempercayainya.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Lokasi Pantai Pulang Sawal
(sumber gambar: GoogleMaps_Nuha Rahmanda)

Lokasi pantai ini berada di Yogyakarta tepatnya di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Sundak sehingga lokasinya mudah ditemukan. Tempat ini memiliki jarak sekitar 70 Km dari Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Pantai ini mudah dikenali dari banyaknya payung warna-warni yang berjajar di sepanjang bibir pantai. Payung warna-warni tersebut seakan menjadi pemandangan khas di pantai tersebut selain air laut jernih dan pasir putihnya yang memesona.

Pantai ini dikelilingi perbukitan yang rindang dan di bagian barat pintu masuknya terdapat batu karang yang berukuran besar. Batu tersebut seolah menjadi gerbang pembuka ke pantai dengan pasir putih bersih ini.

Rute Menuju Pantai Pulang Sawal

Rute Menuju Pantai Pulang Sawal

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ada 2 rute perjalanan menuju pantai ini yang bisa digunakan yaitu melalui jalur Wonosari dan melalui jalan Imogiri. Kedua jalur tersebut memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Kedua rute yang disebutkan tadi sama-sama memiliki akses yang bagus karena jalannya sudah diaspal. Sayangnya, medan yang harus ditempuh berat karena kontur jalannya yang berkelok-kelok dan naik-turun sehingga kamu perlu berhati-hati saat melaluinya.

Untuk rute tercepat, kamu sebaliknya pilih rute yang sesuai dengan lokasi saat ini. Sebagai contoh, jika kamu berasal dari luar Yogyakarta maka disarankan untuk menggunakan rute jalur Imogiri.

Tetapi, untuk yang menggunakan kendaraan umum seperti bus sebaiknya putuskan jalur Wonosari karena kamu hanya perlu menumpang bus tujuan Jogja-Wonosari kemudian turun di terminal. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau angkutan umum lain ke Pantai Pulang Sawal.

Melalui Wonosari: Jika memilih menggunakan jalur ini kamu harus melewati ringroad timur Yogyakarta kemudian dilanjutkan ke Piyungan lalu ke Patuk dan lanjut ke arah Wonosari. Dilanjutkan menuju arah Karangrejek, lalu ke Hargosari dan selanjutnya tiba di Tepus. Saat di Tepus, kamu tinggal meng ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Pulang Sawal.

Melalui Jalan Imogiri: Sebaliknya, jika kamu memilih menggunakan rute jalan Imogiri maka harus melewati Siluk, lalu ke Panggrang dan Saptosari. Selanjutnya, kamu akan lanjut ke Trowono kemudian dilanjutkan ke Baron. Dari sana ambil jalur ke arah timur laut tepatnya menuju ke Pantai Sawal atau Indrayanti.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Pulang Sawal di Yogyakarta:

Alamat: Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Pulang Sawal

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000
Rp 15.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 20.000

Meski termasuk sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Yogya, harga tiket masuk ke tempat ini terbilang cukup terjangkau yaitu Rp 15 ribuan per orang. Harga tersebut relatif sama seperti harga tiket masuk di pantai-pantai yang ada di sekitar Gunung Kidul.

Tetapi, jika kamu membawa kendaraan akan ada biaya tambahan untuk parkir. Biayanya sekitar Rp 5 ribuan untuk kendaraan roda empat dan Rp 2 ribuan untuk sepeda motor. Tetapi, jika kamu datang bersama rombongan menggunakan bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20 ribuan.

Jam Operasional Pantai Pulang Sawal

HariJam Operasional
Senin07.00 WIB – 18.00 WIB.
Selasa07.00 WIB – 18.00 WIB.
Rabu07.00 WIB – 18.00 WIB.
Kamis07.00 WIB – 18.00 WIB.
Jumat07.00 WIB – 18.00 WIB.
Sabtu07.00 WIB – 18.00 WIB.
Minggu07.00 WIB – 18.00 WIB.

Berbeda dengan wisata pantai umumnya, pantai ini memiliki jam operasional yang cukup singkat. Meski tempat ini dibuka setiap hari tetapi pantai ini hanya buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

Sama seperti tempat wisata lainnya, pantai ini biasanya akan penuh di akhir pekan dan hari-hari libur nasional. Jika tidak terlalu suka suasana yang ramai maka kamu bisa datang pada hari-hari biasa alias hari kerja.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat musim kemarau karena saat itu cuaca selalu cerah. Sangat cocok untuk beraktivitas di pinggir pantai.

Hindari berkunjung saat musim hujan karena selain risiko cuaca buruk, volume air laut saat musim hujan sedang tinggi sehingga tidak disarankan untuk dikunjungi.

Fasilitas di Pantai Pulang Sawal

Fasilitas di Pantai Pulang Sawal
(sumber gambar: GoogleMaps_Tedja Nissa)

Sebagai salah satu tujuan wisata terkenal yang kerap dikunjungi wisatawan dari beragam daerah, Pantai Pulang Sawal sudah memiliki berbagai fasilitas dasar yang memadai dan terawat secara baik. Oleh sebab itu, pengunjung tidak perlu khawatir dengan kenyamanan saat berkunjung ke sana.

Selainnya terdapat area parkir yang luas, Pantai Pulang Sawal ini telah dilengkapi fasilitas berupa kamar mandi, toilet, mushola, ruang ganti, dan kios-kios makanan dan minuman yang menjual berbagai panganan lokal.

Jika ingin bermain di pantai kamu bisa gunakan payung pantai yang disewakan oleh warga sekitar. Harganya murah, cukup Rp 20 ribuan saja dan kamu sudah mendapatkan payung besar lengkap dengan alasnya.

Bagi yang suka permainan air memacu adrenalin, tersedia jet sky yang bisa disewa oleh pengunjung. Namun, harga sewa permainan ini mahal yaitu sekitar Rp 250 ribu untuk 15 menit.

Jika kamu datang berkunjung bersama keluarga dan anak-anak tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah menyediakan tempat bermain khusus anak-anak sehingga mereka tidak akan cepat bosan saat bermain di pantai.

Bila sudah lelah dan ingin beristirahat, tersedia gazebo yang bisa disewa untuk berkumpul bersama dengan teman atau keluarga besar.

Kamu juga tidak perlu khawatir masalah keamanan dan keselamatan saat berlibur di pantai ini. Di tempat ini terdapat petugas yang berjaga di menara lifeguard dan selalu siap jika ada pengunjung yang membutuhkan pertolongan.

Aktivitas Seru di Pantai Pulang Sawal

Pantai ini dikenal karena memiliki air laut berwarna hijau kebiruan yang sangat jernih. Tidak hanya itu, pesisir pantainya juga sangat luas dan berwarna putih bersih. Sangat cocok untuk berbagai aktivitas seru seperti di bawah ini:

Aktivitas Seru di Pantai Pulang Sawal
(sumber gambar: GoogleMaps_yudha adillasaputra)

1. Jalan-jalan di Sekitar Pantai

Pantai Sawal terkenal dengan pemandangannya yang indah dan asri sehingga sangat cocok dijadikan tempat refresing atau healing. Kamu tidak perlu membawa peralatan khusus untuk bisa menikmati keindahan pantai ini. Cukup dengan berjalan santai sambil menikmati pemandangan sudah bisa menjernihkan pikiran.

2. Melihat Sunset

Melihat sunset adalah kegiatan yang paling dinanti oleh wisatawan terutama yang dari luar daerah. Kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dari pantai ini.

Dengan latar belakang langit sore dan suasana laut dan perahu nelayan membuat pemandangan tersebut cocok dijadikan objek foto.

Wisata Kuliner

3. Wisata Kuliner

Di sekitar pantai sudah berjejer berbagai restoran dan tempat makan yang menyediakan beragam masakan lokal terutama seafood yang lezat. Bahan baku yang dipakai dijamin masih segar karena ditangkap langsung oleh para nelayan setempat.

Meski begitu, harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau sehingga kamu bisa berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan indah sekitar pantai.

4. Snorkeling

Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki biota laut yang berwarna-warni sehingga cocok untuk tempat snorkeling. Sayangnya, kamu disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri karena di sekitar pantai tidak banyak tempat yang menyewakan peralatan snorkeling.

Kamu perlu berhati-hati ketika snorkeling atau berenang di sekitar pantai ini. Hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tertentu Pantai Pulang Sawal akan dipenuhi ubur-ubur. Bahkan, kadang biota laut ini ditemukan terdampar di bibir pantai.

Jika kamu menemukan hewan ini sebaiknya segera menghindar dan jangan sampai bersentuhan karena ubur-ubur adalah hewan laut yang bisa menyengat sehingga cukup berbahaya terutama untuk anak-anak.

Spot Foto Instagramable
(sumber gambar: GoogleMaps_yudha adillasaputra)

5. Spot Foto Instagramable

Berbeda dengan pantai lain, kamu bisa menemukan tempat atau spot foto khusus yang sangat instagramable. Spot tersebut memang dibuat khusus bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar untuk sosial media.

Bentuk spot foto tersebut sangat kekinian lantaran sengaja dibuat dari besi dan dibentuk menyerupai tanda ‘love’ dan dihiasi menggunakan bunga warna-warni. Dengan latar pantai yang indah, spot foto ini sangat cocok untuk di post di internet.

6. Berkunjung ke Pantai Lainnya

Salah satu kelebihan berkunjung ke tempat ini adalah kamu bisa mengakses hampir seluruh pantai yang ada di wilayah Gunung Kidul.

Artinya, cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu saja kamu bisa mengeksplorasi berbagai pantai yang punya suasana berbeda-beda.

Perlu diketahui jika ada banyak pantai yang masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Pulang Sawal. Kamu bisa mengunjungi setidaknya 3 pantai berbeda karena lokasi pantai-pantai tersebut cukup dekat.

Berkunjung ke Pantai Lainnya
(sumber gambar: GoogleMaps_Ahmad Rivai)

Adapun tujuan wisata pantai lain yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke kawasan ini antara lain:

    • Pantai Sepanjang
    • Pantai Sundak
    • Pantai Ngandong
    • Pantai Somandeng
    • Pantai Sadranan
    • Pantai Jogan
    • Pantai Drini
    • Pantai Jungwok
    • Pantai Greweng
    • Pantai Nglambor
    • Pantai Pok Tunggal
    • Pantai Gesing

Penginapan di Pantai Pulang Sawal Yogyakarta

Bagi pengunjung yang ingin menginap, tidak perlu khawatir soal penginapan karena di sekitar pantai ini tersedia banyak tempat penginapan dengan harga terjangkau. Mulai dari homestay, villa, hingga hotel yang punya fasilitas mewah.

Ada banyak tempat penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Pulang Sawal. Beberapa diantaranya berlokasi sangat dekat dengan pantai sehingga banyak dipilih wisatawan. Berikut adalah rekomendasi penginapan hemat yang bisa kamu pilih:

1. Penginapan Griya Watukelir

Penginapan Griya Watukelir
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Griya Watukelir, lokasinya sangat strategis di Sidoharjo, Bagian Bedoyo, yang memungkinkan kamu berada dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Baron Beach yang terkenal sebelum kamu pulang.

Kami menyediakan fasilitas yang membuat pengalaman menginap kamu lebih nyaman, seperti resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, dan layanan kebersihan harian. Kami juga telah melatih staf kami untuk mengikuti protokol keselamatan, termasuk menyediakan hand sanitizer di seluruh properti. Waktu check-in kami mulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 242.766 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Griya Watukelir Diskon 52%

2. Sandhya Giri Beach Resort Watukodok

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok
(sumber gambar: Agoda)

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok, terletak strategis di Kemadang, Bagian Bedoyo, memastikan kamu dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Baron Beach yang terkenal sebelum pulang.

Fasilitas kami mencakup tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, dan ruang keluarga untuk kenyamanan kamu. Kami juga memperhatikan kesehatan kamu dengan menyediakan kamar bebas asap rokok. Kami menunggu kedatangan kamu dengan bahasa Indonesia yang ramah.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 840.000 per malam

PESAN HOTEL Sandhya Giri Beach Resort Watukodok Diskon 52%

3. Orchid Inn Hotel

Orchid Inn Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Orchid Inn Hotel, lokasinya yang strategis di Wonosari, Bagian Yogyakarta, memastikan kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari yang terkenal sebelum pulang.

Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas kami mencakup resepsionis 24 jam, hewan peliharaan diperbolehkan, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis di semua kamar. Kami juga menyediakan layanan kamar 24 jam dan fasilitas bar untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 157.521 per malam

PESAN HOTEL Orchid Inn Hotel Diskon 75%

4. Limasan Mbah Darmo

Limasan Mbah Darmo
(sumber gambar: Agoda)

Limasan Mbah Darmo, terletak strategis di Tepus, Bagian Bedoyo, memastikan kamu dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Baron Beach yang terkenal sebelum pulang.

Fasilitas kami meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, penitipan barang, dan layanan kamar 24 jam. Kami juga menyediakan area merokok dan AC di area umum. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 165.662 per malam

PESAN HOTEL Limasan Mbah Darmo Diskon 57%

5. Penginapan Putra Darma

Penginapan Putra Darma
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Putra Darma, berlokasi strategis di Tepus, Bagian Bedoyo, memastikan kamu dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Baron Beach yang terkenal sebelum kamu pulang. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 13.00.

Fasilitas kami mencakup resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, laundry, ruang keluarga, dan toko serba ada. Kami juga menyediakan layanan kebersihan harian dan properti bebas asap rokok.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 186.754 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Putra Darma Diskon 54%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Pulang Sawal

Beberapa kuliner lezat khas Yogyakarta antara lain:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Pulang Sawal

    • Gatot: Gatot adalah makanan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari ketan dan kelapa parut yang disajikan dengan kuah gula merah. Rasanya manis dan lembut.
    • Gudeg: Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.
    • Bakpia Pathok: Bakpia Pathok adalah kue khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, dan kacang hijau. Rasanya manis dan lembut, seringkali diisi dengan berbagai varian seperti kacang hijau, cokelat, atau keju.
    • Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate yang terkenal di Yogyakarta, terbuat dari daging kambing yang dipanggang dengan cara khusus. Dagingnya empuk dan aromanya khas.
    • Mie Godog Jawa: Mie Godog Jawa adalah mie rebus khas Yogyakarta yang disajikan dengan kuah gurih. Biasanya diberi tambahan daging, tauge, dan bumbu kacang.
    • Soto Grombyang: Soto Grombyang adalah varian soto khas Yogyakarta. Kuahnya kental dan berisi daging, tauge, kentang, dan telur.
    • Ayam Goreng Kalasan: Ayam Goreng Kalasan adalah ayam goreng khas Yogyakarta yang bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Disajikan dengan sambal dan nasi.
    • Nasi Kucing: Nasi Kucing adalah hidangan nasi kecil dengan berbagai lauk pauk, seperti ikan, tempe, tahu, dan sambal. Ukurannya kecil, mirip dengan porsi makanan “kucing”.

Tips Berkunjung ke Pantai Pulang Sawal

Untuk yang baru pertama kali berkunjung ke pantai ini sebaiknya perlu memperhatikan barang bawaan dan aturan yang berlaku di tempat tersebut. Kamu mungkin perlu membawa berbagai perlengkapan umum seperti peralatan mandi, pakaian, dan sepatu ganti jika ingin berenang disana.

Tetapi, kamu sebaiknya membawa sunblock dan bekal makanan sendiri untuk berjaga-jaga. Jika ingin membawa bekal sendiri maka kamu perlu ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Perlu kamu ketahui jika Pantai Sawal dikenal sebagai pantai terbersih di wilayah Gunung Kidul karena ada larangan keras membuang sampah sembarangan. Jika ada yang membuang sampah sembarangan maka akan dikenai denda yang cukup besar.

Aturan tersebut terbukti cukup efektif karena hingga sekarang ini pantai ini dikenal laut dan pantai pasir putihnya yang bebas sampah. Jadi, jangan sampai kamu melanggar aturan-aturan tersebut jika tidak ingin didenda oleh petugas setempat.

Dengan budget terbatas, kamu bisa menikmati beragam kegiatan seru di Pantai Pulang Sawal. Terlebih dengan banyaknya fasilitas pendukung membuat liburan di sana terasa tidak kalah dengan liburan di luar negeri.

You might also like