Pesona Pantai Saba di Pulau Dewata: Alternatif Wisata yang Menghipnotis Hati

Terletak di Kabupaten Gianyar, Pantai Saba menawarkan pemandangan alam yang tak kalah menarik, menjadikannya sebagai opsi liburan alternatif yang memikat di Pulau Dewata.

Meskipun Pulau Bali dipenuhi dengan destinasi wisata pantai yang terkenal seperti Pantai Kuta, Pantai Seminyak, Pantai Kelingking, dan sebagainya, Pantai Saba menawarkan suasana pantai yang lebih tenang dan berbeda, menjadi destinasi ideal bagi mereka yang mencari pengalaman yang unik di tepi laut.

Profil Pantai Saba

Pantai Saba adalah pantai yang ada di wilayah Gianyar, Bali. Pantai ini mempunyai pasir hitam memberikan nuansa yang tidak sama dibanding pantai populer lainnya yang mempunyai pasir putih.

Selain lebih tenang, panorama alam disekelilingnya tidak kalah cantik hingga cocok untuk tempat bersantai atau melepaskan penat sesudah melakukan aktivitas.

Profil Pantai Saba
(sumber gambar: GoogleMaps_Adji aja)

Nama Saba sendiri berasal dari lokasinya yang ada di Dusun Saba, Kabupaten Gianyar. Beberapa wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini dapat melalui kota Denpasar dengan tempuh perjalanan kurang lebih 20 km.

Tetapi bila melalui Bandara Ngurah Rai maka perlu jarak sekitaran 30 km. Jarak itu cenderung tidak jauh apalagi bila melalui By Pas Ida Bagus Mantra yang memerlukan waktu perjalanan sekitar 50 menit dengan mobil.

Wisata pantai ini lebih mengandalkan ketenangannya hingga pas untuk yang tidak begitu suka dengan keramaian. Jalan-jalan di pinggir pantai, bersantai di tepi pantai sekalian berpose menjadi langkah simpel untuk menikmati liburan di pantai ini.

Jadi ini cocok untuk yang ingin suasana tenang tanpa perlu melakukan beragam kegiatan khusus. Meski begitu, di sini ada banyak kegiatan bagus yang bisa dilakukan seperti berkuda atau menyaksikan penangkaran penyu.

Seperti pantai yang lain, di sini wisatawan juga bisa menikmati keelokan saat sunrise atau matahari terbit. Saat sebelum datang ke pantai ini sebaiknya memeriksa waktu sunrise di wilayah itu sehingga bisa datang sebelumnya.

Jika datang terlambat sudah pasti akan kehilangan peristiwa menyaksikan pemandangan cantik itu. Wisatawan yang ke Bali mungkin umumnya memang ingin mendatangi lokasi yang telah populer.

Tetapi untuk yang sudah bosan atau ingin situasi yang berbeda karena itu ke pantai lebih tenang dapat menjadi alternatif pilihan. Pantai Saba bisa menjadi tujuan wisata pantai yang tidak kalah menarik dan terkesan untuk wisatawan lokal atau luar negeri.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Saba di Pulau Dewata

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Saba di Pulau Dewata
(sumber gambar: GoogleMaps_Jarrod Hockey)

Pantai ini berada di Dusun Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota Bali, Denpasar, atau Bandara I Gusti Ngurah Rai. Wisatawan yang berekreasi di Denpasar atau baru datang melalui perjalanan udara dapat secara gampang menuju ke wilayah pantai yang ini.

Wisatawan yang berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat melalui jalan tol Bali Mandara. Perjalanan ke jalan tol itu memerlukan waktu kurang lebih satu jam.

Sesudah dari jalan tol maka bisa belok ke perempatan Penggaran, selanjutnya lurus sampai ke Jalan Bypass Ngurah Rai. Sesudah melalui Patung Titi Banda, perjalanan diteruskan ke Bypass Ida Bagus Mantra ke arah timur. Di situ telah ada panduan untuk ke arah pantai ini.

Lokasi lengkap menuju Pantai Saba:

Alamat: Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali

Kelebihan Pantai Saba

Wisata pantai selalu banyak memiliki peminat lebih-lebih lagi bila didukung pemandangan cantik dan sarana yang memadai. Pantai Saba sebagai salah satu tujuan wisata pantai di Bali mempunyai berbagai kelebihan yang bisa memanjakan para wisatawan. Berikut beberapa kelebihan Pantai Saba.

Kelebihan Pantai Saba
(sumber gambar: GoogleMaps_Roman Aaa)

1. Lokasi yang Mudah Dijangkau

Mendatangi pantai ini bisa melalui darat dengan memakai kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Di wilayah ini sulit memperoleh transportasi umum, tetapi ada jasa ojek dan taksi yang dapat digunakan.

Disamping itu wisatawan juga bisa menyewa motor atau mobil untuk melakukan perjalanan. Untuk wisatawan yang ingin berekreasi ke sejumlah tempat bisa pilih rental kendaraan untuk satu hari.

2. Bebas Tiket Masuk ke Pantai

Salah satu kelebihan berekreasi di Pantai Saba satu diantaranya yakni tidak harus bayar untuk tiket masuk. Wisatawan tidak perlu membayar dan tinggal menikmati keelokan panorama pantai di situ. Walaupun tidak harus membayar tiket tak perlu cemas masalah fasilitas. Di sini ada fasilitas seperti toilet untuk wisatawan.

Berekreasi ke pantai ini cenderung tidak menghabiskan banyak ongkos dengan ticket masuk yang gratis. Wisatawan dapat membayar untuk kegiatan yang lain seperti berkuda. Wisatawan juga bisa membawa perbekalan makanan sendiri atau makan di warung sekitaran pantai.

3. Ada Fasilitas untuk Wisatawan

Walaupun tidak ada ticket masuk, tempat wisata pantai yang ini menyediakan fasilitas untuk para wisatawan. Sarana itu contohnya toilet, kamar ganti, masjid, dan tempat parkir.

Untuk yang membawa kendaraan bisa parkir di tempat parkir yang telah ada. Wisatawan yang ingin makan bisa juga mendatangi rumah makan atau warung yang terdapat disekitaran pantai.

Wisatawan yang ingin bermalam disekitaran pantai pun tidak akan kesusahan. Di sana ada banyak penginapan seperti hotel dan villa. Untuk yang berekreasi dengan beberapa orang karena itu dapat bermalam di villa dengan sarana yang lengkap. Penginapan atau hotel disekitaran Saba juga bisa diandalkan biaya per malam yang cukup dapat dijangkau.

Ada Fasilitas untuk Wisatawan
(sumber gambar: GoogleMaps_Boedi Susetyo)

4. Kegiatan Berkuda

Wisatawan di Pantai Saba bukan hanya dapat berfoto dan menikmati pemandangan, ada pula kegiatan berkuda yang bisa dilakukan. Tidak semua pantai mempunyai kegiatan ini jadi bisa dicoba saat ada di Saba.

Biaya untuk berkuda di pantai memanglah tidak murah tetapi ini bisa menjadi pengalaman yang terkesan. Ada pemandu professional yang akan menemani kegiatan berkuda para wisatawan ini. Saat berkuda disekitaran pantai, wisatawan bisa juga menikmati pemandangan perahu tradisionil beragam warna yang terdapat disekitaran pantai.

Biaya untuk kegiatan berkuda ini berbeda bergantung dari durasi waktu dan aktivitasnya. Ada full ride, short ride, foto shoot, dan sunrise ride.

Wisatawan yang ingin mengikuti kegiatan ini harus berumur di antara 5-70 tahun. Selain berkuda biasa, wisatawan bisa mendokumentasikannya untuk foto contohnya untuk keperluan pre-wed.

5. Ada Penangkaran Penyu

Di area Pantai Saba ada penangkaran penyu yang bisa didatangi oleh para wisatawan. Di sini ada Balai Konservasi dan Penangkaran Penyu Laut yang mempunyai tujuan untuk menyelamatkan telur penyu yang baru menetas. Selainnya untuk pelestarian, adanya penangkaran ini dapat menjadi pembelajaran untuk warga.

Saba Asri Sea Turtle Conservation menjadi tempat wisata edukasi yang memberikan dukungan konservasi hewan. Pengunjung dapat belajar mengenai penyu dan langkah konservasinya.

6. Pemandangan Sunrise yang Cantik

Pantai Saba menjadi lokasi untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise. Pengunjung bisa tiba lebih pagi sekitar jam 6 untuk menikmati panorama matahari terbit ini.

Di sini pemandangan sunrise bisa terlihat jelas ditambah lagi dengan cantiknya pasir pantai hitam yang berkilau. Wisatawan bisa mendokumentasikannya dengan berfoto dengan latar belakang langit sunrise yang berwarna oranye.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Saba

Berekreasi ke sesuatu tempat bisa dilanjutkan ke tempat wisata lain yang ada di sekitarnya. Ini bisa membuat aktivitas wisata bisa lebih beragam. Disekitaran Saba sendiri ada banyak object wisata bagus yang pantas untuk didatangi.

Jadi selain ke pantai, wisatawan dapat mencoba ke sejumlah tempat wisata yang lain. Berikut sejumlah tempat wisata di sekitar Pantai Saba.

1. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati
(sumber gambar: GoogleMaps_The BALI Journey)

Jalan-jalan di Bali tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Bali sendiri populer dengan budayanya yang tetap kental. Ada beberapa barang kerajinan ciri khas Bali yang memikat untuk wisatawan.

Salah satu lokasi yang banyak didatangi oleh wisatawan untuk berbelanja yakni Pasar Seni Sukawati. Pasar Seni yang ini berada di wilayah Gianyar.

Jadi pasar ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Saba, masih satu kabupaten. Di pasar ini wisatawan dapat membeli pakaian, aksesori, kerajinan tangan, lukisan, bed cover, dan sebagainya. Di sini wisatawan dapat menawar harga barang. Jadi jika pintar menawar maka bisa mendapatkan harga yang murah.

2. Wake Beach Club

Wake Beach Club
(sumber gambar: GoogleMaps_Krisna Pranata)

Wisatawan yang ingin bersantai di tempat dengan fasilitas lengkap dan hiburan yang memikat bisa datang ke Wake Beach Club. Di sini cocok untuk wisatawan yang ingin mendapatkan hiburan dan melakukan beragam kegiatan menarik.

Ada restoran, bar, live music, camping area, ATV, horse riding, dan hiburan yang lain. Wake Beach Club berada di Jl. Pantai Keramas, Blahbatuh, Gianyar.

3. Candi Tebing Tegallinggah

Candi Tebing Tegallinggah
(sumber gambar: GoogleMaps_Baliolyubvi)

Tidak cuma wisata alam, Bali dikenal juga memiliki tempat wisata budaya dan sejarah. Satu diantaranya yakni Candi Tebing Tegallinggah. Candi ini ada di Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Tempat wisata ini mempunyai kekhasan karena berupa Candi yang diukir pada dinding tebing. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini dapat melalui persawahan dengan panorama yang cantik.

4. Balitopia Butterfly Park

Balitopia Butterfly Park
(sumber gambar: GoogleMaps_Mac Fredy)

Balitopia Butterfly Park adalah tempat wisata pembelajaran yang berada di Pantai Saba, Gianyar, Bali. Maka yang sedang berlibur ke pantai, juga bisa mendatangi tempat ini karena berada di dekatnya.

Balitopia Butterfly Park adalah kebun binatang yang mempunyai berbagai ragam koleksi hewan seperti kupu-kupu, burung, ular, rusa, dan sebagainya. Ini menjadi tujuan wisata yang pas didatangi bersama keluarga atau anak-anak. Anak umumnya suka melihat hewan dan belajar mengenai dunia satwa.

5. Keramas Park

Keramas Park
(sumber gambar: GoogleMaps_Keramas Water Park)

Di wilayah Blahbatuh, Gianyar terdapat tempat wisata berupa taman bermain Keramas Park. Di sini banyak tersedia fasilitas permainan yang seru seperti ATV, flying fox, shooting target, indoor playground, war game, dan sebagainya.

Tempat wisata yang ini cocok didatangi oleh pegawai perusahaan atau anak sekolah. Di sana pengunjung dapat melakukan beragam kegiatan bersama yang bisa memupuk kerja sama.

6. Keramas Water Park

Keramas Water Park
(sumber gambar: GoogleMaps_Keramas Water Park)

Di wilayah Blahbatuh, Gianyar ada Keramas Water Park yang bisa menjadi tujuan wisata yang cocok untuk liburan bersama anak dan keluarga. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Saba, jadi selain ke pantai juga bisa melanjutkan ke water park ini. Selain fasilitas kolam renang, di sini ada juga kegiatan outdoor seperti ATV dan ropes course.

Itulah sejumlah tempat wisata yang ada di dekat Pantai Saba. Beberapa wisatawan yang datang ke Gianyar dapat segera ke beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu hari. Tidak cuma wisata alam, di sini juga ada wisata budaya, pasar, kebun binatang dan water park.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Saba

Pantai Saba terletak di Saba, Blahbatuh, Gianyar, Bali, dan buka setiap hari selama 24 jam. Meskipun demikian, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah antara pukul 06.30 hingga 17.00 WITA. Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai biaya tiket masuk, karena pantai ini menyediakan tiket masuk gratis.

HariJam OperasionalHarga Tiket Masuk
Senin06.30 – 17.00 WITAGratis
Selasa06.30 – 17.00 WITAGratis
Rabu06.30 – 17.00 WITAGratis
Kamis06.30 – 17.00 WITAGratis
Jumat06.30 – 17.00 WITAGratis
Sabtu06.30 – 17.00 WITAGratis
Minggu06.30 – 17.00 WITAGratis

Penginapan Murah dan Nyaman di Sekitar Pantai Saba

Jika kamu merencanakan liburan di Pulau Dewata dan mencari penginapan yang nyaman, berikut adalah beberapa pilihan hotel yang dekat dengan Pantai Saba. Nikmati kenyamanan dan fasilitas unggulan yang ditawarkan oleh setiap akomodasi untuk memastikan pengalaman liburan kamu yang tak terlupakan.

1. Utamas Keramas

Utamas Keramas
(sumber gambar: Google)

Hotel Utamas Keramas menawarkan kenyamanan maksimal dengan berbagai fasilitas populer, termasuk kolam renang, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis. Dengan standar waktu check-in pada pukul 14.00, kamu dapat langsung merasakan kehangatan pelayanan begitu tiba.

PESAN HOTEL Utamas Keramas Diskon 85%

2. Keramas Surf Camp

Keramas Surf Camp - Standard Twin Room
(sumber gambar: Google)

Dengan teras menghadap laut, Keramas Surf Camp menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Fasilitas populer seperti sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis memberikan nilai tambah untuk memastikan kenyamanan selama menginap. Waktu check-in yang lebih awal pukul 12.00 memberikan fleksibilitas dalam merencanakan agenda liburan kamu.

PESAN HOTEL Keramas Surf Camp Diskon 76%

3. Villa Casablanca Surf Keramas

Villa Casablanca Surf Keramas
(sumber gambar: Google)

Villa Casablanca Surf Keramas, dekat Pantai Saba, menyajikan pengalaman menginap mewah dengan fasilitas spa, kolam renang, dan sarapan gratis. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, sementara waktu check-out pada pukul 12.00. Koneksi Wi-Fi gratis di seluruh area memastikan terhubung dengan dunia di tengah pesona alam yang memukau. Nikmati harmoni kemewahan dan keindahan alam di villa ini.

PESAN HOTEL Kubu Pering Diskon 66%

4. Starloka Saba Bali Hotel

Starloka Saba Bali Hotel
(sumber gambar: Google)

Starloka Saba Bali Hotel menawarkan kenyamanan maksimal dengan fasilitas kolam renang, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi gratis. Dengan waktu check-in pada pukul 14.00, kamu dapat merencanakan kegiatan liburan kamu tanpa terburu-buru.

PESAN HOTEL Starloka Saba Bali Hotel Diskon 67%

5. Blue Coco – Double Room with Garden View

Blue Coco - Double Room with Garden View
(sumber gambar: Google)

Blue Coco, yang menawarkan kamar double dengan pemandangan taman, adalah tempat ideal untuk menikmati keindahan alam sekitar Pantai Saba. Fasilitas seperti kolam renang, teras berjemur, dan taman menambah nilai tambah untuk pengalaman menginap yang luar biasa.

PESAN HOTEL Blue Coco Diskon 66%

Kuliner Nikmat di Sekitar Pantai Saba, Pulau Dewata Bali

Kuliner Nikmat di Sekitar Pantai Saba, Pulau Dewata Bali
(sumber gambar: Google_Katadata)

Jangan lewatkan pengalaman kuliner yang lezat saat berkunjung ke sekitar Pantai Saba di Pulau Dewata Bali. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang patut dicoba untuk memuaskan selera kamu:

    • Warung Sate Kambing Pak Slamet: Nikmati kelezatan sate kambing di Warung Sate Kambing Pak Slamet yang terletak dekat Pantai Saba. Dengan cita rasa yang autentik dan bumbu yang khas, warung ini menjadi tempat favorit para pecinta sate.
    • Bebek Bengil Saba: Cicipi kelezatan bebek goreng khas Bali di Bebek Bengil Saba. Dengan tekstur kulit yang renyah dan daging bebek yang empuk, makanan di sini akan memanjakan lidah kamu sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.
    • Warung Mina Saba: Warung Mina Saba menawarkan hidangan seafood segar dengan cita rasa khas Bali. Cobalah hidangan seperti ikan bakar dan kepiting saus padang yang menggugah selera di tengah suasana santai Pantai Saba.
    • Nasi Ayam Ibu Oki: Nasi Ayam Ibu Oki menyajikan nasi ayam dengan berbagai pilihan lauk. Rasakan kelezatan nasi ayam yang gurih dan berpadu dengan sambal yang pedas, menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan.
    • Warung Sunset Saba: Nikmati santap malam di Warung Sunset Saba yang menyajikan hidangan laut segar dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Atmosfer yang romantis membuat pengalaman kuliner di sini semakin istimewa.

Tips Berlibur di Pantai Saba

Liburan ke sesuatu tempat seharusnya dengan persiapan dan perencanaan. Walaupun terkadang dapat dilaksanakan tanpa rencana tetapi adanya persiapan terlebih dahulu bisa menghindari hal yang tidak diharapkan.

Begitupun saat akan liburan ke Pantai Saba di Bali, wisatawan perlu melakukan perencanaan mengenai kapan dan apa yang perlu dibawa. Berikut sejumlah panduan liburan di Pantai Saba.

Tips Berlibur di Pantai Saba
(sumber gambar: Google_Putri Bali Rental)

a. Berkunjung Diwaktu yang Tepat

Waktu berkunjung yang baik di antara jam 6 pagi sampai 6 sore. Saat berlibur ke pantai karena itu hal yang penting yaitu pemandangannya. Bila ingin melihat sunrise atau matahari terbit maka perlu tiba lebih cepat.

Awalnya dapat memeriksa di mesin pencari mengenai waktu sunrise di wilayah itu hingga dapat tiba di saat yang akurat. Pantai Saba sendiri dapat didatangi 24 jam tidak ada ticket masuk. Tetapi berwisata di sini lebih baik pagi sampai sore hari saja.

b. Bermalam di Sekitar Pantai Saba

Ada banyak penginapan yang berada disekitaran Saba, Gianyar, Bali. Penginapan itu ada yang murah dan ada yang mahal, jadi bisa memilih sesuai kemampuan. Biaya per malamnya di antara 200ribuan sampai juta-an rupiah.

Bila ingin yang murah maka dapat memilih penginapan biasa atau guest house. Bila liburan bersama keluarga atau rekan maka bisa juga memilih menginap di villa. Ada banyak villa dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang dengan harga yang cukup terjangkau.

c. Berkunjung ke Sejumlah Tempat dalam Sehari

Selain pantai, di Gianyar ada beberapa tujuan wisata yang memikat. Jadi dalam sehari bisa pergi ke sejumlah tempat wisata sekaligus. Apalagi jika tidak bermalam, karena itu dapat mencoba ke 2-3 tempat dalam satu hari. Contohnya ke pantai lalu ke pasar seni setelah itu ke kebun binatang.

Berkunjung ke Sejumlah Tempat dalam Sehari
(sumber gambar: Google_detikcom)

d. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Berekreasi ke Pantai Saba seharusnya memakai pakaian yang nyaman. Walaupun di sana hanya jalan-jalan atau berfoto, seharusnya memakai pakaian yang tidak panas.

Pakai alas kaki yang pas untuk berjalan di pasir pantai. Apalagi jika ingin melakukan aktivitas seperti berkuda karena itu perlu memakai baju yang pas seperti celana panjang.

e. Membawa Uang Sesuai Rencana Kegiatan Wisata

Pergi berekreasi tentu saja membutuhkan biaya yang cukup sesuai kegiatan yang akan dilakukan. Contohnya bila hanya ke pantai saja karena itu perlu uang transportasi, parkir, dan uang untuk makan.

Bila ingin beraktivitas lain seperti berkuda maka perlu mempersiapkan uang tambahan. Mengambil uang di ATM memang gampang tetapi sebaiknya disiapkan terlebih dahulu supaya tidak menghabiskan waktu saat berwisata.

Kesimpulan

Wisata pantai menjadi satu diantara tujuan wisata yang banyak disukai wisatawan lokal atau luar negeri. Tetapi kebanyakan wisatawan umum hanya ke lokasi yang telah populer saja. Apabila sudah ke Bali beberapa kali maka bisa berusaha untuk mencari tempat wisata alternatif yang tidak terlalu ramai.

Pantai Saba dapat menjadi tujuan wisata di Bali yang tidak kalah hebat dan menarik. Apalagi disekelilingnya banyak juga tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Wisata di sini murah tanpa tiket masuk.

Wisatawan yang ke pantai ini perlu mempersiapkan dana untuk transportasi dan makan saja. Kunjungi pantai di saat yang pas hingga bisa mendapatkan pemandangan yang cantik seperti saat matahari terbit atau sunrise.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like