Pantai Samas di Bantul, Yogyakarta: Pantai Indah yang Cocok Dijadikan Tempat Healing

Pantai Samas merupakan salah satu pantai yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Banyak orang yang jarang mengetahui keindahannya. Pantai Samas memiliki pasir yang berwarna kehitaman.

Namun, bukan berarti pantai ini tidak indah, ya. Pantai Samas tetap menjadi incaran banyak pengunjung. Apalagi saat ingin menikmati suasana matahari terbenam.

Sebelum Pantai Parangtritis terkenal seperti sekarang, Pantai Samas sudah lebih dulu ada. Sehingga keberadaannya tidak diragukan.

Jika kamu bosan dengan suasana perkantoran atau perkotaan, mungkin suasana Pantai Samas bisa membantu kamu melepas penat. Kalau boleh meminjam istilah zaman sekarang, menjadikan Pantai Samas sebagai tempat healing.

Apalagi Pantai Samas juga tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Sehingga rasanya sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan suasana tenang dan syahdu.

Ada banyak hal menarik di Pantai Samas yang wajib kamu coba paling tidak sekali seumur hidup. Ini jugalah yang menyebabkan Pantai Samas masih dapat bertahan sampai saat ini.

Yuk, Sama-sama kita baca artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut soal Pantai Samas. Siapa tahu setelah ini, kamu semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai ini.

Cerita Mengenai Sejarah Pantai Samas

Cerita Mengenai Sejarah Pantai Samas
(sumber gambar: GoogleMaps_Fransiska Natalia)

Menurut para warga setempat ada beberapa versi cerita mengenai nama Pantai Samas pada pantai ini. Samas sendiri merupakan kepanjangan dari Samudera Emas. Hal ini bukan tanpa alasan.

Alasan kenapa pantai ini diberi nama Samas, adalah karena pantai ini banyak menghasilkan penghasilan untuk masyarakat setempat. Mulai dari hasil lautnya, pasirnya, hingga hasil bumi yang dihasilkan di sekitar laut. Itulah sebabnya pantai ini disebut Samudera Emas atau Samas.

Letak dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Samas

Letak dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Samas
(sumber gambar: GoogleMaps_Ngelak Pitutur)

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika Pantai Samas terletak di Bantul, Yogyakarta. Lebih tepatnya di Dusun Dodogan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu berangkat dari pusat kota Yogyakarta makan jaraknya sekitar 30 km. Atau kurang lebih memakan waktu 1 jam dengan menggunakan kendaraan.

Dari pusat kota Yogyakarta, untuk bisa menuju ke lokasi, kamu bisa melalui Jalan Bantul hingga ke dekat pasarnya melewati jembatan Janti. Jika kamu sudah sampai di Jalan Bantul, kamu bisa menuju ke simpang empat yang terdapat di Palbapang.

Kemudian, baru kamu lanjutkan kendaraan kamu menuju daerah Samas. Setelah tiba di Jalan Samas, kamu tinggal meng ikuti jalur. Kamu bisa terus melaju mengikuti papan petunjuk yang sudah tersedia. Papan petunjuk tersebut bisa membantu kamu untuk mencapai lokasi.

Akses untuk menuju Pantai Samas terbilang cukup aman untuk dilalui kendaraan beroda dua atau kendaraan roda empat. Jalannya sudah beraspal sehingga kamu juga nyaman saat mengendarai kendaraan kamu. Kamu tidak akan menemukan jalan yang rusak atau berlubang.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal kemacetan karena akses jalan menuju Pantai Samas ini bisa dibilang cukup sepi. Hal ini juga yang meminimalisir terjadinya kemacetan.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Samas:

Alamat: Jl. Samas, Dodogan, Srigading, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763

Harga Tiket Masuk ke Pantai Samas

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000
Rp 4.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 15.000

Liburan di Yogyakarta memang bisa terbilang murah dan sangat terjangkau. Pantai Samas termasuk salah satu di antaranya. Biaya karcis yang harus kamu keluarkan saat ingin memasuki Pantai Samas adalah 4.000 rupiah per orang.

Sedangkan untuk biaya parkirnya, kamu cukup membayar 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat, kamu cukup merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah saja.

Dan untuk biaya parkir bus, jika kamu membawa rombongan, kamu akan dikenakan biaya 15.000 rupiah untuk biaya parkirnya. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jam Operasional yang Diterapkan di Pantai Samas

HariJam Operasional
Senin07.00 WIB – 17.00 WIB
Selasa07.00 WIB – 17.00 WIB
Rabu07.00 WIB – 17.00 WIB
Kamis07.00 WIB – 17.00 WIB
Jumat07.00 WIB – 17.00 WIB
Sabtu07.00 WIB – 17.00 WIB
Minggu07.00 WIB – 17.00 WIB

Jam buka Pantai Samas dimulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Alias setiap hari. Kamu bisa datang pada saat hari kerja, hari libur, atau pada saat musim liburan telah tiba.

Jika kamu ingin menghindari sinar matahari yang menyengat, maka waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada saat pagi hari. Namun jika kamu ingin menikmati suasana matahari terbenam, maka datanglah pada saat sore hari. Kamu akan mendapatkan pemandangan terbaik.

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Samas

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Samas
(sumber gambar: GoogleMaps_Agung Pirsada)

Pantai Samas memiliki pesona terbaik saat matahari terbenam. Cahaya matahari yang berwarna kuning bersatu dengan warna oranye seakan bersatu sempurna dengan pasir hitam dan birunya laut yang dimiliki oleh Pantai Samas.

Ditambah lagi dengan ombak yang tenang dan semilir angin laut yang halus. Seolah sanggup untuk menghilangkan penat dalam pikiran kamu dan menjernihkannya kembali.

Pada Pantai Samas ada sebuah laguna yang diberi nama Pengklik oleh masyarakat sekitar. Laguna ini juga merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Samas.

Laguna Pengklik dibuka sudah sejak lama, sekitar tahun 70-an. Laguna ini dulunya hanya berupa gundukan pasir dan semak belukar. Pantai Samas juga dulunya digunakan sebagai tempat untuk pembuatan garam.

Baru pada tahun 1980-an hingga tahun 1990-an, Pantai Samas semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi ada banyak spot cantik yang bisa ditemukan di sini. Sehingga menambah daya tarik untuk para pengunjung yang datang.

Fasilitas dan Spot yang Ada di Pantai Samas

Sama dengan objek wisata lainnya, di Pantai Samas terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa digunakan sebaik-baiknya. Di antaranya adalah:

Fasilitas dan Spot yang Ada di Pantai Samas
(sumber gambar: GoogleMaps_Arlyn Yuanita)

1. Tempat Parkir

Terdapat area parkir untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi. Tempatnya juga cukup luas dan memadai untuk kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan dobel standar keamanan saat memarkirkan kendaraan kamu. Untuk kenyamanan dan keamanan bersama.

Untuk biaya parkir yang dikenakan cukup membayar 2.000 rupiah untuk motor, 5.000 rupiah untuk mobil, dan 15.000 rupiah untuk bus.

2. Tempat Makan

Jika kamu tidak membawa perbekalan yang cukup saat berkunjung ke Pantai Samas, jangan khawatir. Karena di sini ada banyak tempat makan yang menjual berbagai jenis makanan.

Mulai dari camilan hingga makanan laut dengan bumbu-bumbu khas Bantul, Yogyakarta. Ada juga yang menjual minuman-minuman segar, seperti es kelapa muda. Pastinya akan menyegarkan jika kamu menyantapnya sambil menikmati pemandangan Pantai Samas yang menakjubkan.

Tinggal kamu pilih saja dan sesuaikan dengan selera kamu. Dijamin kamu tidak kelaparan dan kehausan selama menghabiskan waktu di Pantai Samas ini.

Tempat Makan
(sumber gambar: Google_Salsa Wisata)

3. Gazebo

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas di Pantai Samas, pasti akan sangat menyenangkan jika ada tempat memadai yang nyaman untuk kamu jadikan tempat untuk melepas penat, kan?

Tenang! Di Pantai Samas ini disediakan gazebo-gazebo yang terletak di pinggiran pantai yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa duduk di sana untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan lagi kegiatan kamu.

4. Taman Bunga Matahari

Di Pantai Samas, bukan sekedar spot-spot cantik yang berhubungan dengan pantai saja. Tapi ada juga kebun bunga matahari. Sebenarnya taman bunga matahari ini tadinya tidak dibuka untuk umum.

Pemilik taman bunga matahari ini memang memiliki hobi untuk menanam bunga matahari. Bukan tanpa alasan. Alasannya untuk melindungi tanaman cabai yang ditanam olehnya dari hembusan angin.

Namun kemudian karena keindahannya yang tidak kalah dari Pantai Samas, pada akhirnya taman bunga matahari ini menjadi populer dan akhirnya dibuka untuk umum.

Ukuran taman bunga matahari itu pun bisa dibilang cukup luas, lho. Dan bukan hanya jenis bunga matahari saja. Ada banyak macam bunga lainnya.

Pemandangan dengan hamparan bunga-bunga cantik ini tentu tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kamu harus mengunggahnya di laman sosial media kamu. Asalkan tidak merusak atau memetik bunganya, ya.

Taman Bunga Matahari
(sumber gambar: Google_Olret – VIVA)

5. Spot Foto Instagramable

Rasanya kurang lengkap jika pergi liburan tanpa adanya sesi foto. Untuk kamu yang suka hunting foto, di Pantai Samas ada banyak spot foto yang dijamin akan membuat hasil foto kamu menjadi lebih menarik.

Dengan background foto yang mengambil gambaran indah Pantai Samas, pasti akan sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Apalagi jika kamu datang pada saat momen matahari terbenam.

Kamu juga bisa memotret OOTD dengan background pantai yang bersatu dengan cerahnya langit. Tentu hasilnya semakin menarik. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik kamu untuk semakin mendukung hasil foto yang didapat.

6. Toilet dan Kamar Mandi

Untuk kamu yang membutuhkan tempat untuk mengganti pakaian atau bersih-bersih setelah usai beraktivitas di Pantai Samas, ada toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk para pengunjung.

Kamu bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk membuang sampah seperti tisu atau kantong plastik di tempat sampah yang sudah disediakan, ya.

Toilet dan Kamar Mandi

7. Konservasi Penyu

Pasir yang terbentang di Pantai Samas ini kerap digunakan untuk lokasi bertelur beberapa jenis penyu. Para nelayan setempat juga kerap berburu telur penyu untuk berbagai kebutuhan.

Namun, setelah itu beberapa nelayan yang dibantu oleh lembaga berwenang membuat konservasi penyu untuk kemudian dibudidayakan.

Penyu memang sudah menjadi hewan yang langka pada masa sekarang ini. Semakin sulit untuk menemukan penyu, karena itu penyu harus dilestarikan. Nah, di Pantai Samas ini kamu bisa melihat penyu dan konservasinya.

Ada empat jenis penyu yang bisa kamu lihat. Diantaranya yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu belimbing. Siapa tahu kamu atau si kecil bisa menambah pengetahuan soal penyu setelah berkunjung ke Pantai Samas.

8. Wisata Alam Laguna Pengklik Samas

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, jika di Pantai Samas terdapat sebuah laguna yang terbentuk karena sekumpulan air yang terpisah dari laut dengan penghalang pasir.

Di Laguna Pengklik ini, kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Samas dengan lebih tenang sambil duduk-duduk di dekat pesisirnya.

Akan lebih terasa menyenangkan jika kamu menyaksikannya saat matahari akan terbenam. Dijamin suasana menjadi lebih romantis!

Ingin merasakan pengalaman yang berbeda? Ada perahu yang bisa kamu sewa di sekitar laguna. Kamu bisa manfaatkan untuk mengitari kawasan bersama orang istimewa. Kamu akan dibawa ke tengah laguna dengan pemandangan golden sunset yang indah.

Belum cukup sampai di situ, lho. Mumpung kamu masih berada di perahu dan lelah mengelilingi kawasan Pantai Samas, kamu juga bisa mencoba wisata kuliner apung yang terletak di sisi seberang pantai.

Wisata kuliner apung tersebut memiliki beragam hidangan laut yang bervariasi. Tempat makannya pun enak dan bersih. Ditambah lagi, rasanya enak dan dijamin mampu menggoyang lidah kamu.

Bukan hanya wisata kuliner apung, di sini ada wahana bermain anak. Sehingga cocok untuk dijadikan wahana bermain untuk kamu yang membawa anak-anak.

Wisata Alam Laguna Pengklik Samas
(sumber gambar: Google_Nagan Tour)

9. Mercusuar Patehan

Di Pantai Samas terdapat sebuah mercusuar yang diberi nama mercusuar latihan oleh warga setempat. Mercusuar tersebut dijadikan spot foto menarik untuk para pengunjung.

Jika kamu datang ke Pantai Samas, jangan lupa untuk berfoto di sana, ya. Melihat Pantai Samas dari mercusuar bisa memberikan pengalaman yang tidak biasa untuk kamu.

Kamu akan melihat pemandangan yang membentang melalui mercusuar ini. Karena luasnya Pantai Samas tidak dilihat dari dataran rendah saja.

10. Jembatan Bambu

Ada sebuah jembatan yang terbuat dari bambu membentang di tengah Pantai Samas. Jembatan bambu dengan panjang 200 meter tersebut membelah birunya laut dengan sangat menawan dan cukup menarik banyak mata pengunjung.

Sayangnya jembatan bambu tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya karena proses abrasi. Jika saja jembatan tersebut dapat berfungsi secara normal, mungkin kamu akan mendapatkan pemandangan terbaik di Pantai Samas.

Jembatan Bambu

11. Mushola

Pergi liburan, bukan berarti melupakan ibadah. Jangan khawatir karena di Pantai Samas disediakan mushola yang bersih nyaman untuk pengunjung. Kamu juga bisa beribadah dengan tenang. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan sholat pribadi kamu.

12. Penginapan

Setelah semua aktivitas kamu lakukan di Pantai Samas, ada baiknya menginap di penginapan yang tersedia tidak jauh dari kawasan.

Ada berbagai yang tersedia. Mulai dari kelas melati hingga kelas berbintang dengan segala fasilitas. Kamu tinggi menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki.

Sebagai tambahan informasi, di Pantai Samas seringkali dijadikan tempat untuk perhelatan upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, dan Pentas Seni Budaya pada saat lebaran atau musim liburan tiba.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Samas di Bantul Yogyakarta

Jika kamu sedang merencanakan liburan di Bantul, Yogyakarta, dan mencari akomodasi yang nyaman dan dekat dengan Pantai Samas, berikut adalah beberapa rekomendasi hotel yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Queen Of The South Beach Resort & Hotel

Queen Of The South Beach Resort & Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Queen Of The South Beach Resort & Hotel berlokasi strategis di Parangtritis, Yogyakarta, memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran terbaik di sekitar. Pastikan untuk menjelajahi Taman Sari dan menikmati Pantai Parangtritis yang terdekat.

Properti bintang-4 kami dilengkapi dengan fasilitas kolam renang luar ruangan, pijat, dan kolam renang dalam ruangan. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Jangan lupa, kami juga menyediakan WiFi gratis di semua kamar dan sarapan gratis!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.349.593 per malam

PESAN HOTEL Queen Of The South Beach Resort & Hotel Diskon 55%

2. Adinda Hotel

Adinda Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Adinda Hotel terletak strategis di Parangtritis, Yogyakarta, memberikan kemudahan akses ke atraksi dan restoran terdekat. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari dan Pantai Parangtritis yang menakjubkan!

Kami menyediakan layanan resepsionis 24 jam, WiFi gratis di semua kamar, dan layanan kamar 24 jam. Selain itu, nikmati hidangan lezat di restoran kami. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 202.703 per malam

PESAN HOTEL Adinda Hotel Diskon 50%

3. Edge Resort Yogyakarta

Edge Resort Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Edge Resort Yogyakarta berlokasi dekat dengan atraksi terbaik di Parangtritis, Yogyakarta, membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari dan Pantai Parangtritis yang spektakuler!

Kami menyediakan fasilitas kolam renang dalam ruangan, WiFi gratis di semua kamar, dan layanan shuttle bandara untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.117.800 per malam

PESAN HOTEL Edge Resort Yogyakarta Diskon 59%

4. Villa Alcheringa

Villa Alcheringa
(sumber gambar: Agoda)

Villa Alcheringa berlokasi di Parangtritis, Yogyakarta, tempat yang sempurna untuk menikmati liburan kamu. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari dan Pantai Parangtritis yang menakjubkan!

Fasilitas bintang-3 kami mencakup pemandian mata air panas, kolam air panas, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami juga menyediakan layanan shuttle bandara dan fasilitas BBQ untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 850.000 per malam

PESAN HOTEL Villa Alcheringa Diskon 57%

5. RedDoorz near Parangtritis Beach

RedDoorz near Parangtritis Beach
(sumber gambar: Agoda)

RedDoorz near Parangtritis Beach menyediakan akomodasi yang nyaman dan terjangkau di lokasi yang strategis di Parangtritis, Yogyakarta. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi Taman Sari dan menikmati keindahan Pantai Parangtritis!

Nikmati WiFi gratis di semua kamar, layanan resepsionis 24 jam, dan fasilitas penitipan barang kami. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Selamat menikmati liburan kamu dengan kami!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 116.522 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz near Parangtritis Beach Diskon 75%

Mencoba Makanan Khas Bantul yang Menggugah Selera

Bantul, sebuah kabupaten kecil di Yogyakarta, Indonesia, memiliki sejumlah makanan khas yang patut dicoba. Berikut adalah beberapa makanan khas Bantul yang bisa kamu coba:

Mencoba Makanan Khas Bantul yang Menggugah Selera

    • Mie Pentil: Makanan khas Bantul yang terdiri dari mi berwarna putih dan kuning, berasal dari Kapanéwon Pundong, Kabupaten Bantul.
    • Sate Klatak: Sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing dipanggang dengan bumbu khas Bantul, biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan.
    • Gudeg Manggar: Variasi gudeg khas Bantul yang menggunakan bumbu khusus dan biasanya disajikan dengan ayam, telur, atau sambal goreng krecek.
    • Mi Lethek: Kuliner mie tradisional dari Srandakan, Bantul, Yogyakarta, menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan singkong, diproduksi secara tradisional.
    • Gathot: Camilan khas Bantul yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan digoreng hingga gurih dan renyah.
    • Kue Geplak: Kue tradisional yang manis dan legit, terbuat dari kelapa parut, gula merah, dan tepung ketan, cocok sebagai cemilan.
    • Kue Adrem: Kue khas Bantul dengan rasa manis dan tekstur kenyal, terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut.

Kesimpulan

Pantai Samas memang memiliki luas dan lebar yang akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di sana. Keindahannya, kenyamanannya, panoramanya, semua fasilitas dan segala hal yang ada di Pantai Samas, semua seakan berpadu menjadi satu untuk memanjakan kamu sebagai pengunjungnya.

Meskipun Pantai Samas sempat terkena bencana tsunami pada tahun 2006, namun itu tidak menggoyahkan keinginan para pengunjung untuk datang dan menyaksikan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Samas.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya. Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah plastik sisa makanan kamu begitu saja. Kamu bisa mengumpulkannya terlebih dahulu dalam satu wadah, kemudian membuangnya secara bersamaan.

Jangan merusak ekosistem alamnya atau mencoret-coret fasilitas dan sarana yang sudah disediakan oleh pihak pengurus. Sama-sama kita menjaga keindahan Pantai Samas agar namanya lebih dikenal bahkan di luar Indonesia.

Karena jika bukan kita yang bangga, lantas siapa lagi? Selamat berlibur dan menghabiskan waktu kamu bersama orang-orang tersayang di Pantai Samas yang indah.

You might also like