Wisata Bahari di Pantai Sanggar Kabupaten Tulungagung: Cocok sebagai Pelepas Penat yang Ramah di Kantong

Siapa sangka ternyata ada wisata laut yang keren abis di Tulungagung. Untuk kamu yang sedang mencari tempat berlibur di wilayah Jawa Timur, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Sanggar yang terletak di Kabupaten Tulungagung ini!

Tulungagung dikenal memiliki banyak pantai sekaligus potensi wisata yang pesat. Termasuk di dalamnya adalah Pantai Sanggar yang akrab dengan sebutan The Dreamland of Tulungagung atau sebuah tempat impian. Pantai ini juga kaya akan kekayaan alam dan pemandangan indah nan eksotis.

Daya tarik alam yang fantastis di Pantai Sanggar didukung oleh kejernihan air laut dan hamparan pasir putih yang memikat. Sungguh tidak akan rugi jika ingin melepas penat sejenak dengan mengunjungi destinasi wisata ini.

Jika kamu sedang mencari informasi seputar Pantai Sanggar ini, maka cobalah untuk membaca deretan fakta menarik yang akan dijelaskan di bawah ini!

Sekilas Tentang Pantai Sanggar

Sekilas Tentang Pantai Sanggar
(sumber gambar: GoogleMaps_Tomi Purwo)

Pantai Sanggar dijuluki The Dreamland of Tulungagung bukan tanpa alasan. Keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat wisata yang tergolong baru ini benar-benar seperti lokasi wisata impian.

Menurut tipografinya, pantai ini berada pada satu garis yang sama dengan Pantai Ngalur. Pasir putih yang masih bersih dan nyaman untuk dipakai bermain dan berjemur ini termasuk dalam kategori tempat wisata yang ‘alami’ karena tidak terjamah oleh apapun.

Pantai Sanggar memiliki warna biru kehijau-hijauan yang sekaligus menjadi daya tarik spesifik untuk para wisatawan. Konon katanya tidak berbahaya jika menjelajahi laut hijau ini dengan bertelanjang kaki.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sanggar

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sanggar

Pantai Sanggar beralamat di Area Pegunungan, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasi ini tidak sulit untuk ditemukan sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan mudah.

Meskipun memiliki keindahan alam yang tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh orang, Pantai Sanggar ini amat mudah untuk diakses. Jurusan untuk menuju destinasi ini juga tidak terlalu sulit dibandingkan tempat wisata lainnya di Jawa Timur.

Jika sudah berada di Kota Tulungagung, kamu perlu berkendara menuju Jengglungharjo dan bisa langsung menemukan Pantai Sanggar. Jika masih bingung dengan rutenya, kamu bisa mengakses lokasinya melalui Google Maps yang selalu siap memandu perjalananmu kapan saja.

Saat sedang bepergian menuju pantai ini, kamu harus memastikan untuk mempunyai persediaan makanan dan minuman yang cukup karena akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan untuk tiba di lokasi wisata.

Jika kamu pengguna kendaraan umum, maka dari pusat kota cobalah untuk naik bus umum dan berhenti di Desa Tanggunggunung. Jika tidak, kamu bisa turun di terminal bus saja dan pesan ojek untuk tiba di Desa Jengglungharjo yang merupakan alamat dari Pantai Sanggar.

Akses menuju Pantai Sanggar ini tergolong sulit karena kualitas jalannya terutama pada saat musim hujan datang, namun beberapa tahun terakhir sudah dilakukan pembangunan jalan agar para pengunjung bisa berkendara dengan nyaman hingga tiba di pintu gerbang pantai.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Sanggar:

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

Harga Tiket Masuk Pantai Sanggar

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000

Menurut beberapa informasi yang sudah berhasil dikumpulkan, akses masuk ke Pantai Sanggar adalah gratis alias tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja pengunjung tetap perlu membayar biaya parkir agar kendaraan tetap aman.

Namun, beberapa waktu terakhir ternyata sudah terdapat pungutan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Meskipun berbayar, tentunya masih tergolong murah dan ramah di kantong.

Oleh karena itu, kamu tak usah pusing memikirkan berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlibur ke Pantai Sanggar karena totalnya tidak seberapa dibandingkan keindahan alam yang akan kamu nikmati nantinya.

Jam Operasional Pantai Sanggar

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Pantai Sanggar dibuka selama seharian penuh alias 24 jam tanpa tutup. Para wisatawan bisa datang baik itu di hari kerja atau hari libur. Jika ingin suasana yang cukup sepi, maka datanglah saat weekdays, karena saat akhir pekan (weekend) akan jadi lebih banyak pengunjungnya.

Namun, jika kamu ingin mencari spot foto terbaik, sangat disarankan untuk berkunjung pada pagi hari, yaitu pukul 05.00 hingga 09.00 WIB atau sore hari sekitar pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanggar

Fasilitas yang akan kamu dapatkan saat berwisata ke Pantai Sanggar salah satunya adalah kamar mandi, area parkir yang luas, warung atau rumah makan, bermacam wahana menarik, penginapan, dan area berkemah.

Aktivitas Menarik di Pantai Sanggar

Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke pantai tidak melakukan aktivitas apapun. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Sanggar:

Aktivitas Menarik di Pantai Sanggar
(sumber gambar: GoogleMaps_Shiina Yuki)

1. Berkemah dan Piknik

Berkemah dan piknik adalah dua kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan secara bersamaan. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk datang ke Pantai Sanggar untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini bersama-sama.

2. Tracking

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah tracking, yaitu aktivitas penjelajahan di area Pantai Sanggar yang sudah disediakan jalur khususnya. Kamu bisa berjalan kaki menyusuri jalur tersebut lalu menikmati angin semilir beraroma laut.

3. Swafoto

Anak zaman sekarang sudah pasti tidak boleh ketinggalan dengan kegiatan swafoto alias selfie ini. Selain itu, ada banyak sekali spot wisata di Pantai Sanggar yang bisa kamu kunjungi dan mengambil momen untuk mengisi list galeri medsos kamu.

Swafoto
(sumber gambar: GoogleMaps_Deasy Gunasmara)

4. Bermain Pasir

Saat berkunjung ke Pantai Sanggar, kamu bisa menikmati permainan pasir yang seru. Mulai dari membuat istana pasir, membuat bola pasir, menggambar di atasnya.

Hingga permainan lainnya yang bisa kamu lakukan dengan media tersebut. Kamu juga bisa bermain olahraga seperti voli atau futsal di atas pasir putih bersama dengan orang-orang terdekat.

5. Melihat Ikan Hias dan Bulu Babi

Kamu bisa melihat jenis hewan laut di pinggiran pantai yang tanpa sengaja terbawa oleh arus ombak. Dua salah satunya yang paling sering dilihat pengunjung adalah ikan hias dan bulu babi. Keduanya bisa kamu temukan juga di sekitar batu karang yang berada di pinggiran Pantai Sanggar.

6. Menikmati Keindahan Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu biota laut yang wajib kamu lihat saat berkunjung ke Pantai Sanggar ini. Minimal kamu bisa mengambil foto untuk mengisi feed Instagram dengan keindahan alam tersebut.

Menikmati Keindahan Terumbu Karang
(sumber gambar: GoogleMaps_zainul arifin)

7. Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Rasanya sudah seperti menu wajib untuk para wisatawan untuk menyaksikan sunrise dan sunset saat berkunjung ke sebuah pantai.

Tak terkecuali Pantai Sanggar ini. Terlebih lagi jika kamu menyaksikan matahari terbit dan terbenam itu dengan orang-orang tercinta, pastinya akan lebih bermakna.

8. Suasana Sejuk Pepohonan dan Perbukitan

Pantai Sanggar ini dikelilingi oleh bukit yang penuh dengan pepohonan hijau yang segar sejauh mata memandang. Kamu tidak bosan jika berwisata ke tempat ini.

Selain itu, kamu bisa menjadi lebih santai dengan melihat dedaunan hijau di sekitar pantai, dijamin rasa penatmu akan segera tergantikan oleh rasa senang.

Review Para Wisatawan yang Mengunjungi Pantai Sanggar

Berikut ini adalah beberapa ulasan para pengunjung yang sudah pernah menginjakkan kakinya di Pantai Sanggar:

Review Para Wisatawan yang Mengunjungi Pantai Sanggar

    • Pantainya Bersih: Sebagai salah satu pantai yang masih perawan di Jawa Timur, Pantai Sanggar memang tergolong sangat bersih dan terjaga ekosistem lautnya. Sebagian besar wisatawan mengaku puas dengan kualitas pantai ini.
    • Pantainya Keren: Kalau sudah indah ya pastinya juga keren, kira-kira begitulah bunyi ulasan dari para pengunjungnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan disuguhkan sensasi petualangan ala My Trip My Adventure saat berada di dalamnya.
    • Pantai Cantik yang Tersembunyi: Menurut keterangan si pengulas, Pantai Sanggar ini baru benar-benar dibangun akses jalan sejak tahun 2018 lalu. Artinya masih cukup baru untuk ukuran tempat wisata. Oleh karena itu banyak masyarakat yang belum mengetahui keindahan dari pantai ini sehingga disebut sebagai keindahan tersembunyi.
    • Salah Satu Pantai Eksotis di Tulungagung: Kabarnya, Tulungagung mempunyai banyak pantai yang mempesona namun kurang terekspos di media. Salah satunya adalah Pantai Sanggar. Pantai yang disebut eksotis ini menawarkan pemandangan alam yang tidak ada duanya. Bahkan, konon katanya deretan pantai lain yang sudah terkenal seperti yang ada di Bali juga tidak dapat menandingi keindahan laut Pantai Sanggar ini.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Sanggar

Untuk yang ingin menginap kamu tidak perlu khawatir soal akomodasi sebab ada banyak penginapan di dekat Pantai Sanggar ini. Karena ada banyak berikut adalah rekomendasi tempat menginap yang bisa dipilih, seperti:

1. Votel Hotel Tulungagung

Votel Hotel Tulungagung
(sumber gambar: Agoda)

Votel Hotel Tulungagung, terletak secara strategis di Tulungagung, properti kami menyediakan kenyamanan terbaik bagi kamu yang ingin menjelajahi keindahan Tulungagung. Dengan lokasi yang dekat dengan atraksi wisata dan pilihan restoran menarik, kamu akan merasa betah bersama kami.

Nikmati fasilitas kami yang lengkap, mulai dari resepsionis 24 jam, parkir valet, hingga layanan kamar yang memuaskan. Kami siap membuat pengalaman menginap kamu menjadi tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 180.810 per malam

PESAN HOTEL Votel Hotel Tulungagung Diskon 60%

2. Front One Hotel Tulungagung

Front One Hotel Tulungagung
(sumber gambar: Agoda)

Front One Hotel Tulungagung, kami hadir untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan di Tulungagung. Terletak secara strategis, kami menawarkan kenyamanan dan kemudahan akses bagi para tamu.

Dengan restoran di dalam properti, kamu dapat menikmati hidangan lezat tanpa harus jauh-jauh. Kami menyediakan fasilitas lengkap mulai dari WiFi gratis, sarapan gratis, hingga layanan penitipan barang. Segera rasakan kenyamanan menginap di Front One Hotel Tulungagung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 358.694 per malam

PESAN HOTEL Front One Hotel Tulungagung Diskon 54%

3. Crown Victoria Hotel Tulungagung

Crown Victoria Hotel Tulungagung
(sumber gambar: Agoda)

Crown Victoria Hotel Tulungagung, sebagai properti berbintang empat, kami mengundang kamu untuk menikmati kemewahan dan kenyamanan di Tulungagung. Terletak di lokasi yang strategis, kami memberikan akses mudah ke berbagai atraksi wisata.

Dengan kolam renang luar ruangan, spa, dan berbagai fasilitas lainnya, kami berkomitmen untuk membuat pengalaman menginap kamu menjadi istimewa. Jadikan perjalanan kamu lebih berkesan dengan bermalam di Crown Victoria Hotel Tulungagung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 590.210 per malam

PESAN HOTEL Crown Victoria Hotel Tulungagung Diskon 55%

4. Alba Suites Home Stay

Alba Suites Home Stay
(sumber gambar: Agoda)

Alba Suites Home Stay, properti kami yang terletak strategis di Tulungagung menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi para tamu. Dengan fasilitas seperti WiFi gratis, layanan kamar, dan tempat parkir yang luas.

Kami berusaha memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi kamu. Temukan kenyamanan seperti di rumah sendiri bersama kami di Alba Suites Home Stay.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 149.540 per malam

PESAN HOTEL Alba Suites Home Stay Diskon 68%

5. GriyaQ Homestay

GriyaQ Homestay
(sumber gambar: Agoda)

GriyaQ Homestay, kami menyambut kamu di homestay yang nyaman dan ramah di Tulungagung. Dengan lokasi yang strategis dekat dengan atraksi wisata dan restoran terkenal, kami menawarkan kemudahan akses bagi perjalanan kamu.

Dapatkan fasilitas seperti WiFi gratis, tempat parkir yang aman, dan layanan penitipan barang. Temukan ketenangan dan kenyamanan di GriyaQ Homestay selama kunjungan kamu di Tulungagung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 148.014 per malam

PESAN HOTEL GriyaQ Homestay Diskon 53%

Tips Berkunjung ke Pantai Sanggar

Setelah membaca berbagai hal menarik di Pantai Sanggar ini pastinya tidak sabar ingin berkunjung bukan. Nah kamu bisa mengikuti beberapa tips terbaik dibawah ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga liburan yang menyenangkan akan berlangsung sesuai dengan keinginan.

Tips Berkunjung ke Pantai Sanggar

1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Sangat disarankan untuk pergi ke pantai ini pada pagi hari atau sore hari. Menurut beberapa pengunjung yang sudah berpengalaman, waktu tersebut ialah saat terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Sanggar.

2. Bawalah Pakaian Ganti yang Cukup

Sebaiknya tetap sedia payung sebelum hujan. Begitupun dengan pakaian ganti. Apalagi kamu sedang berada di pantai yang identik dengan basah-basahan. Daripada membeli pakaian baru, lebih baik kamu membawa dari rumah agar lebih hemat budget.

3. Ajak Keluarga dan Teman

Lagi-lagi apa serunya kalau liburan ke pantai sendirian, tentu tetaplah lebih asyik jika perginya bersama keluarga dan teman. Jika mereka sedang sibuk, kamu bisa mencoba mengatur jadwal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk datang ke Pantai Sanggar ini.

Ajak Keluarga dan Teman

4. Siapkan Uang Receh dan Tunai saat Berwisata

Meskipun ATM bisa kamu temukan di beberapa penginapan ternama di sekitar tempat wisata ini, tidak ada salahnya jika kamu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Bisa saja kamu hendak ingin pergi ke toilet, ada pengamen yang datang, dan tiba-tiba tidak punya uang receh untuk membayar biaya jasanya. Repot, kan.

5. Menjaga Kebersihan Pantai

Sebuah saran yang selalu ada dalam setiap tips berkunjung ke tempat wisata manapun, yaitu menjaga kebersihan. Kamu pastikan tidak mengotori Pantai Sanggar yang asri ini dengan membuang sampah sembarangan dan aktivitas tidak bertanggung jawab lainnya.

6. Gunakan Tabir Surya

Jangan pernah skip menggunakan tabir surya alias sunscreen saat sedang berlibur ke pantai. Matahari yang terlalu menyengat sudah terbukti membawa pengaruh buruk untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk persiapkan tabir surya sebelum pergi.

Gunakan Tabir Surya

7. Jangan Asal Berenang

Pantai Sanggar memiliki tipologi berupa batu-batu karang sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas renang. Jika nekat, mungkin kamu harus menerima luka-luka baret karena tergores oleh batuan karang itu. Jika ingin bermain air, pastikan air laut sedang dalam kondisi surut agar karang-karang tersebut bisa terlihat jelas.

8. Sebaiknya Gunakan Sandal Gunung

Jangan repot-repot memakai flat shoes atau sepatu manjalita lainnya saat sedang bermain di pantai. Sebaiknya cukup dengan memakai sandal gunung yang umum digunakan untuk perjalanan santai. Hal ini akan lebih memudahkan kamu dalam mengeksplor Pantai Sanggar.

Objek Wisata Dekat Pantai Sanggar

Jika sedang berkunjung ke Pantai Sanggar, jangan lupa untuk mampir mengunjungi beberapa objek wisata yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Sanggar. Di antaranya adalah:

1. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
(sumber gambar: GoogleMaps_TTK Devana Febri K.C)

Pantai Ngalur ini berada di lokasi yang sama dengan Pantai Sanggar alias bersisihan. Garis pantai keduanya juga terhubung satu sama lain sehingga tidak jauh berbeda pemandangannya. Jika kamu ingin mencari objek wisata terdekat selain Pantai Sanggar, mungkin kamu juga bisa mengunjungi tempat ini.

2. Pantai Popoh

Pantai Popoh
(sumber gambar: GoogleMaps_sintandh)

Pantai Popoh bisa dibilang berada di sebelah, yaitu Desa Besole, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur atau tepatnya terletak di Samudera Hindia Kabupaten Tulungagung.

3. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
(sumber gambar: GoogleMaps_Doungker Channel)

Masih di Kabupaten Tulungagung, selain Pantai Sanggar kamu juga bisa mendatangi objek wisata pantai berikutnya, yaitu Pantai Kedung Tumpang.

Pantai ini sudah populer sejak tahun 2018 lalu karena terdapat kolam renang alami yang dinilai anti mainstream alias tidak biasa. Pantai ini berada di kawasan perkebunan Desa Pucanglaban.

4. Pantai Sine

Pantai Sine
(sumber gambar: GoogleMaps_Arif Fila)

Di Desa Kalibatur, salah satu senior dari Pantai Sanggar ini bernama Pantai Sine. Pemandangan laut di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung ini hanya berjarak 35 km dari pusat kota. Kamu juga bisa menjadikan pantai ini sebagai pilihan tambahan jika sedang ingin berkeliling Tulungagung.

Mencicipi Makanan Khas Tulungagung di Sekitar Pantai Sanggar

Makanan khas Tulungagung memiliki beragam cita rasa dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terutama di sekitar Pantai Sanggar. Berikut adalah beberapanya:

Mencicipi Makanan Khas Tulungagung di Sekitar Pantai Sanggar

    • Jenang Sabun: Makanan tradisional berupa bubur kental yang dibuat dari beras atau ketan. Biasanya dimakan sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan penutup.
    • Sate Kambing Khas Tulungagung: Sate yang terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusukkan ke tusukan bambu atau besi, kemudian dibakar. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.
    • Nasi Lodho: Nasi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Tulungagung seperti kunyit, lengkuas, dan serai, kemudian disajikan dengan ayam kampung yang dimasak dalam kuah santan.
    • Sompil: Sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang digoreng dan biasanya disajikan dengan taburan gula pasir.
    • Kerupuk Kulit Rambak: Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng hingga renyah. Biasanya dimakan sebagai camilan atau pendamping makanan.
    • Kerupuk Gadung: Kerupuk yang terbuat dari tepung gadung yang digoreng. Memiliki tekstur yang renyah dan gurih.
    • Ayam Lodho: Varian dari ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rempah khas Tulungagung, sering kali disajikan dengan nasi lodho.
    • Sego Bantingan: Nasi yang dimasak dengan cara dibakar di atas daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang khas. Biasanya disajikan dengan lauk-pauk atau sate.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap mengenai Pantai Sanggar di Kabupaten Tulungagung yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari informasi umum hingga khusus telah kamu simak dengan lengkap.

Jika kamu sudah cukup penat dengan aktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Tulungagung dan berwisata ke Pantai Sanggar ini. Selain banyak aktivitas menarik, biaya yang dikeluarkan juga sangat ekonomis alias cocok dikantong kamu.

Jadi, tunggu apa lagi nih kawan? Jangan sampai hingga tahun ini berakhir kamu masih belum berkunjung ke Pantai Sanggar ini ya, sungguh terlalu.

You might also like