Pantai Sari Ringgung di Bandar Lampung: Pantai yang Selalu Membuat Para Pengunjung Jatuh Cinta Akan Kecantikan dan Pesona Alamnya

Pantai Sari Ringgung yang berada di kota Bandar Lampung ini selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi lokasinya terbilang strategis sehingga memudahkan banyak orang untuk menjangkaunya.

Bukan hanya lokasinya yang strategis, tapi juga karena banyaknya fasilitas serta sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga membuat para pengunjung menjadi betah dan merasa nyaman untuk datang kembali dan berlama-lama di Pantai Sari Ringgung ini.

Itulah kenapa Pantai Sari Ringgung selalu menjadi primadona untuk siapa pun yang hendak berlibur. Kamu bisa mengunjungi Pantai Sari Ringgung seorang diri atau bisa juga mengajak anggota keluarga dan teman-teman terdekat kamu.

Bagi kamu yang mencari tahu soal Pantai Sari Ringgung, kamu bisa tetap melanjutkan membaca artikel di bawah ini. Siapa tahu setelah membaca penjelasan di bawah, kamu semakin penasaran dan tidak sabar untuk segera menginjakkan kaki di Pantai Sari Ringgung yang indah ini.

Letak Keberadaan Pantai Sari Ringgung

Letak Keberadaan Pantai Sari Ringgung
(sumber gambar: GoogleMaps_Baskoro)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika Pantai Sari Ringgung berada di kota Bandar Lampung. Lebih tepatnya, Pantai Sari Ringgung berada di Jalan Way Ratai KM 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Kota Bandar Lampung.

Dari kota Bandar Lampung menuju ke Pantai Sari Ringgung membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja. Kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan kamu menuju ke arah Padang Cermin. Di situ, kamu akan bisa temukan panduan jalan yang bisa menolong kamu untuk arahkan jalur perjalanan ke arah Pantai Sari Ringgung.

Karena letaknya yang strategis dan tidak tersembunyi, kamu bahkan bisa mengakses Pantai Sari Ringgung dengan menggunakan kendaraan umum. Seperti misalnya angkutan kota atau ojek.

Jika kamu akan menggunakan angkutan kota atau angkot, kamu bisa naik dari Terminal Rajabasa. Angkot itu akan mengarah ke Ramayana. Setelah kamu tiba di Ramayana, kamu bisa berganti kendaraan angkot yang berwarna merah hati.

Kemudian, turunlah di gudang pelelangan. Dari gudang pelelangan tersebut, kamu bisa berjalan kaki sampai beberapa meter saja. Hingga akhirnya bisa menemukan angkutan pedesaan yang berwarna hitam. Setelah naik angkutan pedesaan tersebut, turunlah di pintu masuk yang bertuliskan Pantai Sari Ringgung. Kamu sudah tiba di tempat tujuan. Mudah, bukan?

Rute Lengkap Menuju Pantai Sari Ringgung di Bandar Lampung:

Alamat: Jl. Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451

Jam Operasional yang Diberlakukan di Pantai Sari Ringgung

HariJam Operasional
Senin07.00 – 17.00 WIB
Selasa07.00 – 17.00 WIB
Rabu07.00 – 17.00 WIB
Kamis07.00 – 17.00 WIB
Jumat07.00 – 17.00 WIB
Sabtu07.00 – 17.00 WIB
Minggu07.00 – 17.00 WIB

Pantai Sari Ringgung buka setiap hari. Mulai dari Senin sampai dengan hari Minggu. Mulai dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore waktu setempat.

Jika kamu ingin menghindari sinar matahari yang berlebihan dan sinarnya masih bersahabat, mungkin sebaiknya kamu datang pada pagi hari.

Kamu bisa sekalian jogging di pinggir pantai dengan pemandangan pantai yang masih belum terlalu ramai dengan pengunjung. Namun, jika kamu ingin menikmati suasana pantai pada saat matahari terbenam, kamu bisa datang pada saat sore hari.

Pemandangan Pantai Sari Ringgung yang memiliki air laut berwarna kebiruan berpadu dengan matahari yang berwarna oranye kekuningan, tentu akan menjadi pemandangan yang cantik untuk kamu lewatkan begitu saja.

Tetapi Pantai Sari Ringgung adalah pantai yang selalu menyenangkan untuk dikunjungi setiap saat, baik saat pagi, siang, maupun sore hari.

Tiket Masuk yang Harus Dibayarkan Jika Ingin Masuk ke Pantai Sari Ringgung

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000

Pantai Sari Ringgung adalah objek wisata di Bandar Lampung yang murah dan terjangkau. Biaya masuk ke objek wisata ini tidak mahal. Kamu hanya cukup membayar 20.000 rupiah saja per orangnya. Kamu bisa menghabiskan sepanjang hari di pantai yang indah ini.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, kamu dikenakan biaya parkir. Biayanya pun tidak mahal. Kamu perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan beroda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat, kamu cukup membayar 10.000 rupiah.

Daya yang Dimiliki oleh Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung merupakan tujuan favorit para pengunjung, terutama yang berada di Bandar Lampung. Maka tidak heran jika ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Sari Ringgung ini. Di antaranya adalah:

1. Pantai Sari Ringgung Pantai yang Cocok untuk Dijadikan Tempat Wisata Bersama Keluarga

Pantai Sari Ringgung Pantai yang Cocok untuk Dijadikan Tempat Wisata Bersama Keluarga
(sumber gambar: GoogleMaps_Chya Achyca)

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, pasti bosan jika harus menghabiskan waktu liburan ke mall lagi. Atau bosan jika hanya di rumah saja. Mungkin ada baiknya kamu mengajak anggota keluarga untuk datang ke Pantai Sari Ringgung.

Bagi para pengunjung yang sudah pernah datang ke pantai yang satu ini, pasti setuju jika Pantai Sari Ringgung disebut sebagai tempat wisata yang sangat ramah keluarga.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, lho. Ini dikarenakan ada banyak spot yang ramah anak sehingga aman jika kamu membawa sang buah hati untuk datang ke pantai ini.

Pantai Sari Ringgung memiliki ombak yang cenderung tenang dan tidak terlalu besar. Jadi akan aman jika kamu ingin bermain air bersama si kecil.

Pantai Sari Ringgung memiliki air laut yang berwarna kebiruan di bagian tengahnya. Sementara untuk bagian pinggirnya, berwarna hijau kebiruan. Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang berwarna putih dan terasa halus. Sehingga tetap nyaman dan tidak akan menyakiti telapak kaki kamu meskipun tidak memakai alas kaki.

Di beberapa titik pada Pantai Sari Ringgung ada ayunan yang bisa kamu gunakan untuk bermain bersama buah hati kamu. Ada juga ayunan yang berada sedikit ke tengah Pantai, sehingga menjadi spot favorit para pengunjung yang ingin berfoto ria.

Apalagi latarnya yakni laut lepas yang bersatu dengan pemandangan alam yang mempesona. Siapa pun juga pasti terpesona melihatnya.

Belum cukup sampai di situ. Di Pantai Sari Ringgung ada wahana permainan berupa seluncuran yang berada di atas air laut. Mungkin seluncuran ini lazim kamu temui di kolam renang air tawar. Tetapi kini kamu bisa menyaksikan bahkan mencoba wahana permainan seluncur air di pantai. Pasti memberikan kesan yang berbeda dan terasa menyenangkan.

Di Pantai Sari Ringgung ini, wahana permainan seluncur tersebut langsung meluncur menuju air laut. Pasti kamu jarang atau belum pernah melihat wahana permainan seperti ini di objek wisata pantai lain, kan? Nah, di sini kamu bisa lho merasakannya.

Saat kamu datang ke Pantai Sari Ringgung, jangan lupa untuk mencoba spot-spot tersebut, ya. Kamu wajib untuk mencobanya agar tidak menyesal. Karena di tempat lain, belum tentu ada spot seperti ini.

2. Bukit Puncak Indah

Bukit Puncak Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_Stallone Tjia)

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa Pantai Sari Ringgung memiliki banyak tempat menarik. Salah satunya adalah tempat yang diberi nama Bukit Puncak Indah. Atau orang-orang menyebut Puncak Indah.

Di Bukit Puncak Indah ini, kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Sari Ringgung dari ketinggian. Pasti akan menimbulkan suasana yang berbeda jika kamu menyaksikannya dari ketinggian.

Kamu berminat dan ingin mencoba sensasi tersebut? Jangan khawatir! Karena pihak pengelola pantai ini sudah menyediakan anak tangga yang bisa membantu kamu mencapai Bukit Puncak Indah. Kamu tinggal menyusuri anak tangga tersebut untuk mencapai puncak dan bersiap untuk terpukau melihat keindahan Pantai Sari Ringgung dari ketinggian.

3. Wahana Permainan Air

Keseruan bermain di Pantai Sari Ringgung bukan hanya itu saja. Masih ada lagi, lho. Ada banyak ragam wahana permainan air yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Pantai Sari Ringgung ini. Di antaranya:

Wahana Permainan Air
(sumber gambar: GoogleMaps_E Tyagita Utami)
    • Banana Boat: Kamu akan menaiki sebuah perahu berbentuk seperti buah pisang. Pada ujung perahu tersebut, akan ditarik oleh speed boat dengan kecepatan tinggi. Lalu, setelah dibuat berputar-putar mengelilingi pantai dan dibawa ke tengah laut, kamu akan dijatuhkan begitu saja.Kamu akan dilengkapi pelampung pada dada kamu sehingga tidak akan tenggelam. Jangan lupa untuk mengajak anggota keluarga kamu yang lain atau teman-teman kamu.Sehingga suasana menjadi jauh lebih menyenangkan. Wahana permainan ini cukup banyak digemari oleh para pengunjung. Kesan ini cukup menegangkan sekaligus menyenangkan. Dijamin kamu pun akan ketagihan.
    • Speed Boat: Wahana permainan ini juga cukup digemari para pengunjung yang datang. Kamu dapat menggunakan speed boat dengan didampingi oleh seorang ahli atau kamu ingin mengendarainya sendirian. Sebelum menaiki speed boat ini, kamu akan dilengkapi pelampung. Jadi dijamin kamu tidak tenggelam dan untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu ingin mengendarai speed boat ini sendirian, jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan, ya. Tetap berhati-hati dan patuh pada peraturan agar terhindar dari kecelakaan.
    • Kano: Wahana permainan kano mirip dengan banana boat. Menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai. Namun, yang membedakan adalah alat yang dipakai. Jika wahana permainan banana boat menggunakan perahu yang menyerupai bentuk buah pisang, maka kano menggunakan perahu yang sudah dimodifikasi.
    • Air Tumpah: Wahana permainan yang satu ini konsepnya mirip dengan air tumpah yang berada di kolam renang air tawar. Kamu akan diguyur air yang sebelumnya telah tertampung di sebuah ember besar.
    • Snorkeling: Untuk kamu pecinta olahraga air seperti snorkeling ataupun diving, kamu juga bisa melakukan kegiatan ini saat berkunjung di Pantai Sari Ringgung. Kondisi air di Pantai Sari Ringgung dapat dibilang cukup terjaga dengan baik. Di beberapa titik bahkan kamu bisa melihat dasar air dengan pandangan mata secara langsung. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam bawah laut di Pantai Sari Ringgung, ya. Dijamin kamu akan terpana dan enggan berkedip menyaksikan kecantikan yang dimiliki oleh pantai ini.

4. Masjid Terapung Al-Aminah

Masjid Terapung Al-Aminah
(sumber gambar: GoogleMaps_Robby Effendi ZA)

Pantai Sari Ringgung seolah tidak ada habisnya menawarkan segala keindahan dan daya tariknya. Setelah segala jenis wahana yang bisa kamu nikmati, ada juga spot unik yang akan kamu temukan ketika berkunjung ke sini.

Adalah masjid terapung yang selalu berhasil menarik minat para pengunjung yang datang. Masjid terapung ini tepat berada di sebuah lokasi bernama Keramba Apung, sedikit bergeser dari Pantai Sari Ringgung.

Masjid terapung Al-Aminah ini dibangun pada tahun 1980-an. Dulunya masjid terapung ini digunakan oleh para nelayan untuk melakukan ibadah di tengah laut saat sedang bekerja. Hingga saat ini pun masjid terapung itu masih kerap digunakan oleh para pengunjung dan menjadi primadona di Pantai Sari Ringgung, Bandar Lampung.

Ukuran masjid ini juga lumayan besar. Mampu menampung jamaah hingga kurang lebih 200 orang. Masjid terapung Al-Aminah ini terbuat dari kayu dengan konsep yang sederhana dengan dominasi warna hijau dan putih.

Masjid terapung Al-Aminah dibangun melalui sistem keramba. Jadi tidak heran jika masjid terapung ini mampu bergerak dengan sendirinya mengikuti aliran arus laut di setiap waktu.

Masjid ini berada di atas air laut alias mengambang atau mengapung. Hingga banyak menarik pengunjung yang ingin tahu bagaimana rupa mushola terapung ini.

Masjid ini dibangun arsitektur terbaik, kok. Jadi tidak akan mudah goyang jika ada pengunjung yang melakukan ibadah di dalam masjid terapung ini. Jika kamu penasaran setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi masjid terapung, ya.

5. Pasir Timbul

Pasir Timbul
(sumber gambar: GoogleMaps_Ain Mushalin)

Satu lagi yang menjadi keunggulan Pantai Sari Ringgung dan menjadi spot favorit pengunjung adalah area pasir timbul. Pasir timbul di sini terbentuk secara alamiah, lho.

Tempat ini dikelilingi oleh lautan yang memiliki air berwarna hijau kebiruan. Ketinggian dari pasir timbul ini tidak terlalu jauh dari perairan. Ditambah lagi areanya pun sulit, namun menantang.

Kawasan pasir timbul ini memiliki daya tarik yang tidak biasa. Hal ini dikarenakan pasir timbul hanya ada saat air sedang surut. Dan jika air laut sedang pasang, maka lokasi ini akan menjadi lautan. Itulah sebabnya spot pasir timbul menjadi perhatian khusus untuk para pengunjung.

Jika kamu menginjakkan kaki di Pantai Sari Ringgung, jangan lupa mampir ke spot yang satu ini, ya. Karena mungkin kamu tidak akan menemukannya di tempat lain.

Fasilitas yang Dimiliki Oleh Pantai Sari Ringgung

Ada beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan saat berkunjung ke Pantai Sari Ringgung. Diantaranya adalah:

Fasilitas yang Dimiliki Oleh Pantai Sari Ringgung
(sumber gambar: GoogleMaps_Arief Budiman)
    • Tempat parkir
    • Taman bermain untuk anak-anak
    • Kamar mandi dan toilet
    • Warung-warung penjual makanan dan minuman
    • Wahana permainan
    • Penginapan

Semua fasilitas yang tersedia tentu untuk mendukung kenyamanan para pengunjung. Fasilitas-fasilitas ini telah diatur sedemikian rupa sehingga mendukung kegiatan kamu selama di Pantai Sari Ringgung.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya. Agar kita sama-sama tetap nyaman menggunakannya. Jangan lupa untuk membuang sampah sisa makanan atau minuman pada tempatnya. Dan jangan biarkan sampah kamu mengotori dan merusak keindahan Pantai Sari Ringgung. Jangan pula sampai mencoret-coret fasilitas dan prasarananya, ya.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Sari Ringgung Bandar Lampung

Saat mencari penginapan dekat Pantai Sari Ringgung di Bandar Lampung, berikut beberapa rekomendasi yang mungkin dapat kamu pertimbangkan:

1. OYO Life 93138 Anugrah Kost Syariah

OYO Life 93138 Anugrah Kost Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman menginap yang strategis di Pusat Kota Bandar Lampung dengan OYO Life 93138 Anugrah Kost Syariah. Terletak di pusat kota, properti ini memberikan kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik.

Jangan lewatkan Pantai Pasir Putih yang terkenal yang hanya sejauh langkah dari tempat ini. Fasilitas yang ditawarkan termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di seluruh kamar, dan layanan kebersihan harian.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 92.120 per malam

PESAN HOTEL OYO Life 93138 Anugrah Kost Syariah Diskon 82%

2. Nuwono Tasya Guesthouse

Nuwono Tasya Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan menginap di Nuwono Tasya Guesthouse, yang terletak strategis di Metro, Bagian dari Bandar Lampung. Properti ini tidak hanya dekat dengan atraksi dan restoran menarik, tetapi juga menawarkan fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, WiFi gratis, dan kamar ber-AC. Rasakan pengalaman menginap yang menyenangkan di Bandar Lampung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 128.250 per malam

PESAN HOTEL Nuwono Tasya Guesthouse Diskon 66%

3. Grand Citihub Hotel @Kartini

Grand Citihub Hotel @Kartini
(sumber gambar: Agoda)

Grand Citihub Hotel @Kartini adalah pilihan bujet yang simpel namun nyaman. Terletak di sekitar pertokoan dan restoran, hotel ini memberikan akses mudah ke stasiun kereta Tanjung Karang, Museum Lampung, dan Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan sarapan. Waktu check-in yang fleksibel dan kenyamanan lainnya membuat penginapan ini menjadi pilihan yang baik.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 373.437 per malam

PESAN HOTEL Grand Citihub Hotel @Kartini Diskon 58%

4. Sans Bougenville Lampung

Sans Bougenville Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi strategis di Pusat Kota, Sans Bougenville Lampung menawarkan akses dekat ke atraksi dan objek wisata lokal. Jangan lewatkan Pantai Pasir Putih yang terkenal di dekatnya.

Properti bintang-3 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk resepsionis 24 jam, WiFi gratis, dan tempat parkir mobil. Nikmati pengalaman menginap yang nyaman.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 355.740 per malam

PESAN HOTEL Sans Bougenville Lampung Diskon 57%

5. Yunna Hotel Lampung

Yunna Hotel Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan menginap di Yunna Hotel Lampung, yang terletak di jalan rindang dekat dengan tempat makan dan perkantoran. Hotel simpel ini memberikan akses mudah ke Mal Chandra Teluk Betung, Citra Garden Waterpark, dan stasiun kereta Tanjung Karang.

Fasilitas populer termasuk spa, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi gratis. Waktu check-in yang fleksibel memberikan kebebasan selama kamu berada di Bandar Lampung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 302.642 per malam

PESAN HOTEL Yunna Hotel Lampung Diskon 86%

Kulineran Lezat Khas Bandar Lampung di Sekitar Pantai Sari Ringgung

Sari Ringgung di Bandar Lampung adalah salah satu pantai yang terkenal di daerah tersebut. Jika kamu mencari kuliner lezat khas Bandar Lampung di sekitar Pantai Sari Ringgung, berikut beberapa pilihan yang mungkin menarik perhatian kamu:

Kulineran Lezat Khas Bandar Lampung di Sekitar Pantai Sari Ringgung

    • Gulai Udang: Hidangan laut lain yang populer di Bandar Lampung adalah gulai udang. Gulai ini biasanya disajikan dengan kuah kental dan bumbu rempah-rempah yang khas, memberikan rasa yang lezat.
    • Ikan Bakar: Pantai Sari Ringgung merupakan lokasi yang ideal untuk menikmati ikan bakar segar. kamu dapat menemukan warung-warung kecil yang menyajikan berbagai jenis ikan bakar dengan bumbu khas daerah tersebut.
    • Pempek: Meskipun pempek bukan makanan laut, tetapi makanan khas Palembang ini juga banyak ditemui di Bandar Lampung. Pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu, disajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam.
    • Laksa: Laksa adalah hidangan mie khas Indonesia yang juga bisa ditemui di Bandar Lampung. Mie ini disajikan dengan kuah santan yang kaya rasa, daging, dan rempah-rempah.
    • Kerang Rebus: Pantai Sari Ringgung mungkin juga menawarkan kerang segar. kamu dapat menikmati kerang rebus dengan saus pedas atau saus khas Lampung.
    • Kelapa Muda: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi air kelapa muda segar di pantai. Kelapa muda adalah minuman segar yang menyegarkan dan cocok untuk dinikmati di lingkungan pantai.

Kesimpulan

Memang tidak salah jika Pantai Sari Ringgung diberi julukan objek wisata yang ramah keluarga. Karena semua hal yang ada di sini bisa dinikmati semua umur. Dimulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik kamu dan mengabadikan keberadaan kamu di Pantai Sari Ringgung. Unggah juga foto hasil jepretan kamu di laman sosial media agar semakin banyak orang yang melihat dan menyaksikan keindahan Pantai Sari Ringgung, Kota Bandar Lampung.

Siapa tahu setelah ini Pantai Sari Ringgung semakin terdengar gaungnya hingga ke mancanegara.

You might also like