Pantai Sayang Heulang di Garut, Wisata Alam dengan Fasilitas Lengkap

Kota Garut mempunyai sejumlah destinasi wisata alam satu diantaranya adalah Pantai Sayang Heulang. Pantai yang satu ini sudah dikembangkan penataan wilayah hingga layak menjadi objek wisata yang wajib didatangi. Ada beragam fasilitas dan spot yang menarik untuk wisatawan yang datang ke pantai ini.

Apalagi di sini terdapat hutan mangrove yang meningkatkan daya tarik. Wisatawan lokal atau luar daerah bisa mencoba datang ke pantai ini untuk menikmati pemandangan indah dan kenyamanan fasilitas yang lengkap.

Profil Pantai Sayang Heulang

Profil Pantai Sayang Heulang
(sumber gambar: GoogleMaps_Ri Ve)

Kabupaten Garut yang berada di Jawa Barat mempunyai bentang alam yang memikat yakni terbagi dalam pegunungan dan pesisir pantai. Maka tak heran jika Garut kemudian memiliki potensi wisata alam yang patut untuk dikembangkan.

Untuk pantai sendiri, Garut mempunyai sejumlah pantai seperti Pantai Santolo, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Karang Paranje, Pantai Cijayana, dan Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang adalah salah satu pantai yang cukup populer sebagai tempat wisata favorit di Garut.

Pemerintah Jawa Barat sendiri sudah mengeluarkan dana untuk melakukan penataan kawasan pantai. Jadi tak heran bila fasilitas yang berada di pantai ini lumayan lengkap dan membuat wisatawan menjadi lebih nyaman.

Adanya penataan wisata membuatnya menjadi spot foto yang instagramable. Wisatawan akan merasa nyaman dengan adanya gazebo untuk bersantai di tepi pantai.

Tidak cuma bersantai dan berfoto, wisatawan bisa melakukan aktivitas olahraga seperti bermain voli. Ada tempat bermain voli yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Wahana air seperti banana boat dapat menjadi pilihan jika ingin membasahi badan dengan air laut.

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Garut, pantai yang ini cocok untuk wisatawan lokal atau luar daerah. Masyarakat Jawa Barat yang ingin berekreasi di pantai dapat mencoba datang ke pantai dengan fasilitas lengkap yang satu ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang
(sumber gambar: GoogleMaps_Ri Ve)

Lokasi pantai yang ini persisnya berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Panjang pantai sekitar 3,5 km, lebar 50 meter, dengan luas kurang lebih 10 hektar.

Lokasinya sendiri kurang lebih 87 km dari pusat kota Garut. Ini memang tidak terlalu dekat tetapi bisa diakses dengan mudah. Apalagi terdapat kendaraan umum yang bisa membantu agar bisa mendekati lokasi.

Lokasi lengkap menuju Pantai Sayang Heulang:

Alamat: Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44175

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Beberapa pantai di Indonesia memang membebaskan tiket masuk. Di Sayang Heulang sendiri ada tiket masuk tetapi cukup terjangkau yakni 10 ribu rupiah per orang. Tiket masuk tersebut sudah murah bila dibandingkan fasilitas yang ada di area pantai ini.

Selain tiket masuk, ada pula tiket parkir untuk pengunjung yang membawa kendaraan bermotor. Biaya parkir di sini yakni 5 ribu untuk mobil dan 2 ribu untuk motor.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000

Kelebihan Pantai Sayang Heulang

Sayang Heulang yang sudah direvitalisasi tentu saja mempunyai beragam kelebihan hingga layak dikunjungi. Warga di Jawa Barat khususnya dapat secara gampang mencoba untuk berkunjung dan menikmati beragam fasilitas dan kegiatan yang ada di sana. Berikut sejumlah kelebihan dari Pantai Sayang Heulang.

Kelebihan Pantai Sayang Heulang
(sumber gambar: GoogleMaps_Santy Septian)

1. Bisa Diakses Kendaraan Umum atau Kendaraan Pribadi

Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Garut dapat diakses kendaraan bermotor. Selain kendaraan pribadi, ini juga bisa menggunakan kendaraan umum. Maka bagi yang tidak mempunyai kendaraan bermotor bisa mencoba naik kendaraan umum.

Jika ingin naik kendaraan umum maka bisa menggunakan angkot mobil elf jurusan Garut-Pameungpeuk. Di Pasar Pameungpeuk, melanjutkan dengan menaiki pick up langsung ke lokasi pantainya.

Jalur lainnya yaitu melalui kota Garut lalu ke Cikelet dilanjutkan ke Pameungpeuk. Ini bisa juga ditempuh kendaraan umum seperti bus dan minibus. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Jalur yang lain yakni melewati Ciwidey ke Cisewu lalu ke Bungbulang, selanjutnya terus ke Pameungpeuk dan ke lokasi Sayang Heulang. Jalur yang ini tidak ada kendaraan umum jadi perlu memakai kendaraan pribadi. Kelebihan rute ini yakni pemandangan sekitar yang lebih cantik.

2. Fasilitas yang Lengkap

Destinasi wisata Pantai Sayang Heulang mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap apalagi sesudah memperoleh penataan wilayah oleh pemerintah.

Fasilitas yang ada antara lain warung makan, toilet, kamar mandi, masjid, area parkir, penginapan, area camping, spot foto, dan wahana permainan.

Di sini ada gazebo untuk para wisatawan bersantai dan menikmati kecantikan pantai. Gazebo tersebut cukup nyaman untuk wisatawan berteduh dari cuaca panas di pantai.

Terdapat jalur pejalan kaki yang dapat mempermudah para wisatawan untuk berjalan-jalan di area pantai. Jalur pejalan kaki tersebut ditunjang adanya jembatan dan menara untuk melihat keindahan pantai dari atas.

Spot foto juga mendukung sehingga menjadikan area ini instagramable. Jadi berfoto di pantai ini tidak hanya foto pemandangan pantai biasa saja. Ada banyak lambang ikonik dan nama pantai yang juga bisa menjadi spot foto yang menarik.

Fasilitas yang Lengkap
(sumber gambar: GoogleMaps_Gilly Prayoga Tactical Tarung)

3. Terdapat Gumuk Pasir

Tidak hanya berekreasi di bibir pantai saja, wisatawan yang datang kesini juga dapat menikmati gumuk pasir. Gumuk itu bernama Gumuk Pasir Tungtung Karang Sayang Heulang.

Di area gumuk itu, para pengunjung bisa berfoto dengan pemandangan pasir yang membentang indah. Apalagi jika ditambah pemandangan matahari terbit di pantai.

4. Aktivitas Voli Pantai

Wisatawan yang suka dengan berolahraga dapat melakukan aktivitas bermain voli di pantai ini. Ada tempat bermain voli di pinggir pantai yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Ini cocok untuk yang datang bersama dengan rekan atau keluarga.

5. Aktivitas Snorkeling

Pengunjung pantai ini juga bisa menikmati keindahan biota bawah laut dengan snorkeling. Sayangnya di sini tidak ada penyewaan alat snorkeling jadi perlu membawa sendiri dari rumah. Saat air surut, wisatawan bisa melihat kerang, hewan laut, dan tumbuhan laut di sekitar pantai.

6. Ada Area untuk Camping

Selain bermalam di penginapan sekitar, wisatawan juga bisa camping di area yang disediakan. Ini cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan kemah di pinggir pantai. Alat kemah bisa menyewa atau membawa sendiri. Sumber listrik di sini berupa generator.

Ada Area untuk Camping
(sumber gambar: Google_Pantainesia)

7. Bermain Pasir Pantai

Pengunjung dapat bermain pasir di pinggir Pantai Sayang Heulang ini. Kegiatan ini umumnya disenangi oleh anak-anak. Dan kegiatan berenang sebetulnya kurang pas dilakukan di sini.

Pantai ini bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia jadi ombaknya bisa lumayan besar. Berenang di pinggir pantai harus dilakukan berhati-hati.

8. Ada Banyak Penginapan dengan Harga Terjangkau

Untuk yang ingin bermalam di sekitar pantai, tidak harus cemas karena terdapat beberapa pilihan penginapan pada harga yang terjangkau.

Penginapan disekitaran pantai mulai dari sekitar 100 ribu rupiah per malamnya. Ini cocok untuk wisatawan yang berasal di luar kota dan ingin berekreasi di Garut dan sekelilingnya.

9. Dekat dengan Bukit Teletubbies

Sayang Heulang dekat dengan lokasi bukit Teletubbies. Wisatawan dapat berjalan kaki ke bukit itu untuk menikmati pemandangan di sana. Dari bukit ini wisatawan dapat menyaksikan keseluruhan garis pantai.

Itulah beberapa kelebihan yang dipunyai oleh wisata Pantai Sayang Heulang. Wisatawan dapat menikmati beragam fasilitas yang sudah disiapkan. Tidak hanya menikmati pemandangan pantai saja, ada beragam kegiatan yang bisa juga dilakukan di pantai ini.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Sayang Heulang

Saat mengunjungi sebuah kota, pasti lebih seru jika berkunjung ke beberapa tempat wisata. Begitu juga saat mengunjungi Garut atau wisata Sayang Heulang.

Wisatawan juga bisa mendatangi tempat wisata yang terdapat disekelilingnya. Berikut sejumlah tempat wisata di dekat Pantai Sayang Heulang.

1. Puncak Guha

Puncak Guha
(sumber gambar: GoogleMaps_PUNCAK GUHA)

Wisata alam tidak hanya berupa pantai saja, ada juga Puncak Guha yang mempunyai pemandangan cantik. Tempat wisata yang ini berupa tebing karang yang menjuru ke laut. Jadi para pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut dari atas.

Kondisi alamnya juga masih hijau sehingga terlihat alami. Tiket masuknya cukup dapat dijangkau yakni 7500 rupiah per orang. Puncak Guha banyak didatangi oleh anak muda yang ingin cari pemandangan alam yang cantik.

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo
(sumber gambar: GoogleMaps_Tito Aditya)

Selain Pantai Sayang Heulang, Garut mempunyai destinasi wisata Pantai Santolo. Pantai yang ini cukup populer dan banyak didatangi wisatawan. Pemandangan pantai di sini dilengkapi pepohonan hijau di kaki Gunung Papandayan.

Tidak hanya menikmati pemandangan, wisatawan bisa mengelilingi pantai dengan perahu sewaan. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini mempunyai pelabuhan untuk kapal ikan. Maka ada banyak perahu nelayan yang berkumpul di tepi pantai.

3. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
(sumber gambar: GoogleMaps_graz upi)

Untuk yang suka dengan wisata bertopik sejarah maka dapat berkunjung ke Candi Cangkuang. Candi ini cukup unik karena ada di dataran yang terdapat di tengah-tengah danau. Pengunjung yang ingin ke sana harus menggunakan rakit.

Candi Cangkuang yang bisa dilihat wisatawan sekarang ini adalah hasil pemugaran. Di sana ada arca dengan posisi bersila. Beberapa pakar menduga jika itu adalah arca Siwa. Selain itu di samping Candi terdapat makam pemuka agama Islam yakni Embah Dalem Arief Muhammad.

4. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
(sumber gambar: Google_Tripadvisor)

Dibangun semenjak tahun 2012, Kebun Mawar Situhapa adalah destinasi wisata berupa kebun atau taman bunga. Tempat wisata ini berada di Garut, pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga mempunyai pemandangan yang cantik.

Sama dengan namanya, kebun bunga ini dipenuhi dengan koleksi beragam jenis bunga mawar. Koleksi lainnya yakni Begonia, Cactus, dan Agave dan bunga-bunga eksotik lainnya.

Ada sekitar 500 jenis tanaman dan pohon di kebun wisata ini. Tiket masuknya untuk hari biasa yakni Rp17.500, sedangkan untuk hari Minggu dan liburan nasional yakni Rp22.500.

5. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark
(sumber gambar: Google_WisataHits)

Bagi yang berlibur ke Pantai Sayang Heulang bersama keluarga maka bisa juga mengunjungi Kamojang Ecopark. Berlokasi di Garut, tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata alam dan wahana permainan yang seru untuk liburan keluarga.

Sejumlah wahana permainannya antara lain flying fox, ATV, extreme swing, sepeda udara, dan sebagainya. Di sini juga diperlengkapi fasilitas tempat kulineran yang ada di tengah hutan. Ini bisa memberikan pengalaman yang unik karena bisa bersantap di tengah alam yang sejuk.

6. Curug Sang Hyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje
(sumber gambar: Google_Urban Garut)

Wisata alam di Garut yang patut didatangi yakni air terjun Curug Sang Hyang Taraje. Menurut legenda masyarakat sekitar, curug ini menjadi tangga yang dipakai dewa untuk ke arah kahyangan.

Di dekat air terjun disebut terdapat batu dengan tapak raksasa yang konon merupakan tapak dari Sangkuriang. Tiket masuk ke tempat wisata ini murah yakni hanya 6 ribu rupiah saja.

Ada banyak tempat wisata bagus yang berada di Garut. Jadi selain ke Pantai Sayang Heulang, wisatawan juga bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata lainnya. Ini bisa jadi tujuan wisata yang murah namun tetap menarik dan menyenangkan.

Tips Berwisata di Pantai Sayang Heulang

Berwisata di pantai memang menyenangkan tetapi perlu untuk melakukan persiapan agar bisa berjalan lancar. Wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia dapat menikmati kemegahan Sayang Heulang dan fasilitas yang berada di sana. Berikut sejumlah panduan untuk berwisata di Pantai Sayang Heulang.

1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Saat pergi ke pantai tentu saja perlu untuk memakai baju yang nyaman dan menyerap keringat. Membawa topi atau penutup kepala agar tidak kepanasan. Meskipun di sana telah ada gazebo namun bisa saja penuh dengan pengunjung yang lain. Tidak ada salahnya membawa alas kecil untuk bersantai.

2. Mempersiapkan Uang yang Cukup

Berwisata di pantai ini tidak memerlukan ongkos yang besar. Tiket masuknya termasuk murah. Tetapi selain mempersiapkan uang untuk tiket dan parkir, persiapkan uang untuk membeli makanan di warung sekitar. Tambahan biaya perlu dipersiapkan jika ingin bermalam di penginapan sekitar.

3. Membeli Makanan di Warung Sekitar

Ada beberapa warung makan yang terdapat di sekitar Pantai Sayang Heulang. Ada rumah makan untuk masakan padang, ada pula rumah makan yang menyediakan sea food.

Pengunjung dapat membeli makanan yang berada di warung sekitar pantai ini. Periksa terlebih dahulu harga makanan yang hendak dibeli. Tetapi jika ingin berhemat maka dapat bawa perbekalan makanan sendiri.

Membeli Makanan di Warung Sekita
(sumber gambar: Google_Travel Kompas)

4. Menginap di Penginapan Sekitar

Penginapan di sekitar pantai ini termasuk murah. Ada yang hanya 150 ribu rupiah per malam. Jika ingin lebih bagus karenanya bisa memilih yang biaya per malamnya lebih mahal.

Periksa terlebih dahulu fasilitas yang diberi hingga bisa mendapatkan harga menginap yang tepat. Wisatawan yang bermalam juga bisa berwisata ke tempat lain yang ada disekitaran Garut.

5. Berhati-hati Saat Berada di Pantai

Pantai Sayang Heulang ini bersebelahan secara langsung dengan Samudera Hindia jadi terkadang mempunyai ombak yang lumayan besar. Bermain air di pinggir pantai bisa saja dilakukan tetapi perlu berhati-hati.

Sebaiknya tidak berenang di tengah pantai sebab bisa mencelakakan diri. Pemerintah daerah memang berencana untuk mempersiapkan penjaga pantai di Garut, tetapi wisatawan perlu menjaga dirinya masing-masing.

6. Berwisata Bersama Rekan dan Keluarga

Pergi ke pantai memanglah lebih menggembirakan bila bersama banyak orang. Ini cocok untuk liburan bersama keluarga atau rekan. Di pantai, bisa melakukan aktivitas bersama seperti bermain voli atau bermain pasir pantai.

Rekomendasi Penginapan Disekitaran Pantai Sayang Heulang

1. Penginapan Karanglaut Santolo

Penginapan Karanglaut Santolo
(sumber gambar: Google_Tiketdotcom)

Nikmati keindahan Pantai Santolo Garut dengan menginap di Penginapan Karanglaut Santolo, hanya 5 km dari jembatan gantung Pantai Sayang Heulang. Dengan fasilitas populer seperti tempat parkir dan Wi-Fi gratis, serta kamar ber-AC, hotel ini memberikan pengalaman nyaman. Waktu check-in: 14.00, check-out: 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 219.950 per malam

2. Penginapan Karanglaut Sayangheulang

Penginapan Karanglaut Sayangheulang
(sumber gambar: Google_bookingdotcom)

Dengan lokasi seberang Pantai Sayang Heulang, Penginapan Karanglaut Sayangheulang menawarkan kemudahan akses ke Pantai Santolo dan Terminal Bus Pameungpeuk. Fasilitas termasuk tempat parkir, Wi-Fi gratis, dan sarapan gratis. Waktu check-in: 13.00, check-out: 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 213.350 per malam

3. Villagio Hotel

Villagio Hotel
(sumber gambar: Google_bookingdotcom)

Villagio Hotel menawarkan pengalaman unik dengan Wi-Fi dan parkir gratis di Pameungpeuk. Kamar dilengkapi area duduk dan beberapa memiliki teras. Nikmati sarapan gratis ala Inggris/Irlandia dan Asia. Waktu check-in: 14.00, check-out: 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 242.250 per malam

4. Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra

Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra
(sumber gambar: Google_trivago Indonesia)

Penginapan Bayu Samudra menjamin pengalaman menginap yang santai dan bebas repot. Fasilitas Wi-Fi, parkir gratis, dan akses ke pantai membuatnya pilihan cerdas. Waktu check-in: 13.00, check-out: 13.00. Diperbolehkan membawa hewan peliharaan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 233.689 per malam

BOOKING HOTEL Sekitar Pantai Sayang Heulang Garut DISKON 72%

Kulineran Lezat Khas Garut Disekitar Pantai Sayang Heulang

Garut, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, memiliki beragam kuliner lezat yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi kuliner Indonesia. Berikut beberapa kuliner khas Garut yang patut dicoba:

Kulineran Lezat Khas Garut Disekitar Pantai Sayang Heulang
(sumber gambar: Google_Wikipedia)
    • Dodol Garut: Dodol adalah sejenis kue kental yang terbuat dari kelapa, gula kelapa, dan bahan-bahan lainnya. Dodol Garut terkenal karena kelembutannya dan rasa gula kelapanya yang khas.
    • Mata lembu (Turbo setosus Gmelin): adalah sejenis keong laut yang hidup di sekitar terumbu karang. Selain di Garut, keberadaan hewan bercangkang ini banyak ditemui di kawasan Jabar selatan lainnya, seperti Sukabumi dan Cianjur. Permukaan cangkang dalam berwarna putih. Sementara pelindung dagingnya berbentuk bulat berwarna hitam, mirip mata lembu (sapi).
    • Sate Maranggi: Sate Maranggi adalah sate daging yang dicampur dengan bumbu khas, seperti kecap manis, bawang merah, dan bumbu lainnya. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau kambing.
    • Soto Kuning Garut: Soto Kuning adalah sup kuning khas Garut yang menggunakan bahan utama daging ayam. Kuahnya kaya akan rempah-rempah, seperti kunyit, serai, dan jahe, memberikan cita rasa yang lezat.
    • Mie Ongklok: Mie Ongklok adalah mie khas Garut yang dibuat dari campuran tepung terigu dan sagu. Mie ini kemudian direbus dan disajikan dengan kuah kental berbahan dasar daging sapi.
    • Ayam Kampung Garut Goreng: Ayam kampung Garut goreng memiliki cita rasa yang khas karena biasanya dimasak dengan bumbu tradisional dan rempah-rempah, sehingga memberikan sensasi rasa yang lezat.
    • Colenak: Colenak adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong rebus yang dipotong-potong dan disajikan dengan saus gula kelapa dan kelapa parut. Rasanya manis dan legit.
    • Comro: Comro adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut, dibungkus daun pisang, dan kemudian digoreng. Rasanya gurih dan legit.
    • Getuk Lindri: Getuk Lindri adalah kue tradisional Garut yang terbuat dari ketan putih dan kelapa parut. Biasanya diberi warna-warni alami dengan menggunakan pewarna dari bahan alami.

Kesimpulan

Destinasi wisata pantai memang mempunyai daya tarik tertentu. Keindahan alam dan suasana pantai tidak bisa digantikan dengan tempat wisata lainnya. Di Garut sendiri ada banyak wisata pantai yang patut untuk didatangi.

Pantai Sayang Heulang sendiri telah dilakukan revitalisasi sehingga mempunyai tampilan dan fasilitas yang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Jadi wisatawan tentunya tidak sedih bila berwisata di pantai yang satu ini.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like