Pantai Sendang Biru di Malang: Memiliki Keindahan Pemandangan Sangat Cantik dan Eksotis

Kota Malang memang populer dengan objek wisata pantainya. Ada yang letaknya masih tersembunyi, ada juga yang letaknya sudah bayak diketahui oleh publik dan menjadi incaran untuk para pengunjung. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung namun tidak terlalu ramai adalah Pantai Sendang Biru.

Jika banyak pantai di Jawa Timur yang memiliki ombak besar, maka Pantai Sendang Biru justru sebaliknya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dan kecil. Sehingga wajar saja jika menjadi destinasi langganan para pengunjung terutama yang membawa anak-anak.

Sesuai dengan namanya, Sendang Biru yang dalam bahasa Jawa mempunyai arti sumber air yang berwarna biru. Air di Pantai Sendang Biru ini pun berwarna biru, jernih, dan sangat cantik.

Apalagi ditambah hamparan pasir putih yang ada di pesisir pantai. Seakan menambah daya tarik pantai ini. Kamu penasaran dengan keindahan Pantai Sendang Biru yang mempesona? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih banyak mengenai Pantai Sendang Biru.

Cerita di Balik Pantai Sendang Biru yang Mempesona

Cerita di Balik Pantai Sendang Biru yang Mempesona
(sumber gambar: GoogleMaps_dhika dinova)

Keberadaan Pantai Sendang Biru yang terkenal tidak lepas dari keberadaan sendang atau sumber mata air di bawah bukit yang berwarna biru. Itulah sebabnya pantai ini memiliki air laut yang jernih kebiruan, sekaligus memberi nama untuk pantai ini.

Sebenarnya terdapat dua sendang yang berada di sekitar daerah tersebut. Selain Sendang Biru, ada Sendang Gambir. Namun, air yang ada di Sendang Biru lebih besar daripada Sendang Gambir. Karena hal ini pula yang membuat Sendang Biru menjadi tempat bergantung bagi warga sekitarnya.

Pantai Sendang Biru pertama kali dibuka pada tahun 1970. Pada masa itu, kebanyakan yang datang adalah nelayan lokal. Saat masuk ke tahun 1980-an, beberapa nelayan dari luar daerah akhirnya masuk ke lokasi ini. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Pada tahun itu, mulai dibangun pangkalan pendaratan ikan pondokdadap pada tahun 1980 sampai dengan tahun 1989.

Pantai Sendang Biru kerap dianggap sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu. Hal ini dikarenakan letak pantai ini yang berseberangan dengan Pulau Sempu. Terdapat Selat Sempu sepanjang 4 km yang memisahkan keduanya.

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang menjadi cagar alam dan rumah bagi flora maupun fauna. Pulau Sempu ini dilindungi karena ekosistem alamnya yang masih sangat alami dan asri.

Keberadaan Pulau Sempu ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Sendang Biru. Di Pulau Sempu terdapat danau air tawar yang dipenuhi oleh ikan lele, terdapat danau air laut.

Pada tanggal 7 sampai 8 Syawal, terdapat tradisi unik yang dilakukan oleh warga sekitar Pantai Sendang Biru. Biasanya mereka akan mengambil air dari sebuah mata air tawar yang terdapat di Pulau Sempu. Air dari mata air tawar itu dipercaya mampu menyembuhkan penyakit untuk yang meminumnya.

Sedangkan pada tanggal 27 September, penduduk sekitar biasanya menyelenggarakan acara petik laut atau sedekah laut. Upacara sedekah laut ini rutin dilakukan oleh para nelayan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan mereka.

Letak Pantai Sendang Biru

Letak Pantai Sendang Biru
(sumber gambar: GoogleMaps_Resty Fajri)

Pantai Sendang Biru terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Malang menuju Pantai Sendang Biru adalah 69 km ke arah selatan. Atau membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan.

Rute perjalanan untuk menuju ke Pantai Sendang Biru tidak selalu mulus. Ada kalanya berkelok-kelok dan naik turun. Oleh karena itu, diharapkan pengunjung dapat berhati-hati jika membawa kendaraan pribadi.

Dari kota Malang, kamu bisa arahkan kendaraan kamu menuju Gadang. Dari Gadang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan lurus kemudian belokkan kendaraan kamu ke arah kiri jalan sampai menemukan Pabrik Gula Krebet.

Dari Pabrik Gula Krebet ini, akan dijumpai banyak papan petunjuk menuju Pantai Sendang Biru yang tentu bisa membantu kamu untuk mencapai lokasi. Jadi tidak perlu khawatir akan tersesat.

Kamu bisa arahkan kendaraan pribadi kamu menuju Pabrik Pindad. Kemudian, berbeloklah ke kiri. Kamu akan menemukan jalan yang menikung, jadi berhati-hatilah. Setelah tikungan, kamu bisa memasuki desa yang terdapat di dekat situ. Sekitar 15 km kemudian, kamu sudah tiba di tempat tujuan.

Namun, jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin menyambangi pantai ini, kamu tetap bisa datang dengan menggunakan kendaraan umum, lho. Kamu bisa naik angkutan umum dengan jurusan Terminal Malang Arjosari – Gadang – Turen – Sendang Biru.

Rute Lengkap Menuju Pantai Sendang Biru di Malang:

Alamat: Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 10.000Rp 3.000Rp 5.000

Harga karcis untuk masuk ke Pantai Sendang Biru sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Harga untuk per orang adalah 10.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi.

Untuk harga tiket parkirnya sendiri, kamu akan dikenakan tarif yang tidak mahal. Hanya 3.000 rupiah saja untuk kamu yang membawa kendaraan roda dua. Dan jika kamu membawa kendaraan roda empat, kamu cukup merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah. Harga yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jam Operasional yang Diterapkan di Pantai Sendang Biru

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Objek wisata Pantai Sendang Biru dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu. Kamu dapat datang pada saat hari kerja atau pada saat hari libur. Jika kamu menghindari keramaian, kamu bisa datang pada saat hari kerja. Namun, pada saat musim liburan pun, Pantai Sendang Biru tidak begitu dipadati banyak pengunjung hingga berdesakan.

Tidak ada jam khusus yang diterapkan di objek wisata ini. Jadi kamu dapat datang jam berapa pun kamu pengen. Jika kamu ingin menghindari sinar matahari yang terlalu mencolok, kamu bisa datang pada saat pagi hari sembari menyaksikan matahari terbit.

Atau bisa juga kamu datang pada saat sore hari dan menyaksikan pemandangan pantai di waktu matahari terbenam. Pasti akan terlihat lebih eksotis dan suasana menjadi lebih romantis. Bahkan pada siang hari pun, Pantai Sendang Biru tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Karena ada banyak spot yang bisa dinikmati oleh pengunjung dalam berbagai usia.

Fasilitas yang Terdapat di Pantai Sendang Biru

Ada berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan ketika berkunjung ke Pantai Sendang Biru. Di antaranya adalah:

Fasilitas yang Terdapat di Pantai Sendang Biru
(sumber gambar: GoogleMaps_wurti pratiwi)
    • Tempat Parkir: Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena tempat parkir di sini cukup luas dan memadai. Tarif yang dibebankan pun sangatlah murah (kamu bisa membaca di bagian atas, di sub bagian harga tiket masuk). Sekadar tips, jangan lupa untuk selalu menerapkan standar ganda keamanan untuk berjaga-jaga. Agar liburan kamu tetap aman dan nyaman.
    • Kamar Mandi dan Toilet: Tersedia pula kamar mandi dan toilet yang bersih untuk digunakan pengunjung. Kamu bisa membersihkan diri setelah seharian beraktivitas di Pantai Sendang Biru.
    • Mushola: Kamu tidak perlu cemas melewatkan waktu untuk beribadah karena di sini tersedia mushola. Mushola ini pasti untuk memudahkan pengunjung yang ingin melakukan kegiatan sholat.
    • Tempat Makan: Kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di sini, ada bermacam-macam penjual makanan dan minuman. Di sepanjang pinggir pantai terdapat berbagai jenis warung makan yang bisa kamu singgahi. Yang dijual pun beraneka ragam dengan harga yang bervariasi. Tinggal disesuaikan selera dan budget kamu. Kamu bisa sekalian berwisata kuliner karena warung penjual makanan di sini memiliki resep yang tidak akan kamu jumpai di daerah lain.
    • Tempat Penginapan: Jika kamu berminat untuk bermalam di sekitaran Pantai Sendang Biru, ada beberapa tempat menginap yang bisa kamu datangi. Mulai dari tempat menginap kelas melati hingga hotel kelas berbintang. Kamu bisa memilih dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki.
    • Rumah Jaga: Di Pantai Sendang Biru ada sebuah rumah jaga yang bisa membantu kamu jika kamu memiliki kendala atau sekadar bertanya-tanya seputaran Pantai Sendang Biru. Rumah jaga ini bisa dijadikan pusat informasi untuk para pengunjung. Jadi, jangan malu untuk bertanya, ya.
    • Penyewaan Perahu: Untuk kamu yang ingin mengelilingi pantai dan merasakan suasana yang berbeda, kamu bisa menyewa perahu-perahu nelayan yang berjajar di pinggir pantai.
    • Camping Ground: Untuk kamu yang ingin berkemah, para pengunjung diperbolehkan untuk mendirikan tenda di area yang sudah disediakan.
    • Gazebo dan Tempat Duduk: Lelah menikmati pemandangan Pantai Sendang Biru, di sepanjang pinggir pantai terdapat gazebo dan tempat duduk yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai sejenak.
    • Spot Fotografi: Nah, jika yang satu ini sepertinya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja, karena spot yang satu ini selalu menjadi incaran para pengunjung yang ingin berburu foto.

Ada banyak sekali, bukan, fasilitas yang tersedia dan bisa kamu manfaatkan. Jadi, tunggu apa lagi untuk segera merencanakan liburan ke Pantai Sendang Biru?

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas tersebut, ya. Jangan pula mengotori atau merusak sarana dan prasarana yang sudah tersedia.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Sendang Biru

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Pantai Sendang Biru. Seperti misalnya:

1. Berkemah

Berkemah

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, kamu bisa menikmati Pantai Sendang Biru dengan cara yang menyenangkan. Karena kamu diperbolehkan untuk mendirikan tenda di pinggiran pantai sembari membakar ikan dan menikmati pemandangan Pantai Sendang Biru yang memukau.

2. Melihat Pelelangan Ikan

Melihat Pelelangan Ikan
(sumber gambar: GoogleMaps_Dini Thea)

Kamu pecinta makanan laut? Nah, di sini kamu bisa langsung membeli hasil tangkapan nelayan. Ikan-ikannya masih segar dan harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah ketimbang harga di supermarket.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa kamu lihat dan dibeli. Diantaranya yaitu ikan tuna, ikan sirip kuning, ikan teri, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan kembung, albakora, lemurung, layang, dan marlin.

Ada juga cumi-cumi, ikan pari, ikan kerapu, ikan kakap putih atau merah, hingga ikan bawal putih. Tidak ketinggalan pula ikan tenggiri, ikan cucut, lobster, teripang, dan rumput laut yang selalu diekspor ke negara lain.

3. Naik Perahu

Naik Perahu
(sumber gambar: GoogleMaps_inoel Ieoni)

Ada banyak perahu-perahu nelayan yang berjajar dengan rapi di pinggir pantai. Perahu-perahu tersebut tidak hanya digunakan sebagai kendaraan para nelayan untuk bekerja mencari ikan, lho.

Jika kamu ingin, kamu juga bisa menyewa perahu-perahu milik nelayan untuk berkeliling Pantai Sendang Biru. Harga sewanya pun bervariasi. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk perahu yang menggunakan motor, maka harga sewanya 100.000 rupiah. Sementara untuk perahu yang menggunakan dayung, harga sewanya adalah 50.000 rupiah. Dalam satu perahu biasanya diisi maksimal 12 orang. Jadi kamu bisa mengajak anggota keluarga atau teman-teman untuk ikut serta.

4. Berburu Foto

Berburu Foto
(sumber gambar: GoogleMaps_Mei Yanti Chandra)

Tidak lengkap rasanya liburan tanpa adanya kegiatan berburu foto. Ada banyak sekali spot foto cantik di Pantai Sendang Biru yang wajib untuk kamu singgahi. Jangan lupa untuk mengunggahnya di laman sosial media kamu. Sehingga semakin banyak orang yang melihat kecantikan Pantai Sendang Biru ini.

5. Mencoba Wahana Permainan Air

Mencoba Wahana Permainan Air

Bagi kamu pecinta kegiatan ekstrim, mungkin kamu dapat mencoba wahana permainan air di Pantai Sendang Biru. Adapun jenis wahana permainan yang bisa kamu coba antara lain: banana boat, water sky, dan snorkeling.

Pantai Sendang Biru ini terkenal juga dengan keindahan alam bawah lautnya, lho. Jadi akan sayang jika kamu melewatkan kesempatan untuk melihat keindahannya. Atau kamu bisa juga melakukan aktivitas berenang bersama anggota keluarga dan teman-teman. Pasti akan terasa menyenangkan.

Tips sebelum pergi ke Objek Wisata Pantai Sendang Biru

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk pergi ke Pantai Sendang Biru.

Tips sebelum pergi ke Objek Wisata Pantai Sendang Biru

    • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, pakaian renang, pelampung jika ada untuk berjaga-jaga, obat-obatan pribadi, sunscreen, kacamata, topi, kamera, handuk, dan barang pribadi lainnya yang dirasa perlu untuk dibawa.
    • Ada baiknya kamu datang pada saat pagi hari sehingga bisa merasakan semua titik dan spot yang ada di Pantai Sendang Biru ini. Jangan lewatkan kesempatan yang ada dihadapan kamu. Keindahan dan keseruan di objek wisata ini rasanya sayang kalau terlewat begitu saja hanya karena waktu yang sudah tidak memungkinkan.
    • Jangan lupa untuk membawa plastik berukuran yang cukup besar untuk menampung sampah-sampah pribadi kamu. Bisa plastik bekas minuman, atau sisa makanan, bekas tisu, atau yang lainnya. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa membuangnya sekaligus ke tempat sampah yang sudah disediakan.
    • Membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.
    • Kamu bisa membawa buku favorit kamu yang bisa menemani kamu untuk bersantai di pinggir pantai. Atau pemutar lagu sehingga suasana menjadi lebih meriah.
    • Tetaplah berhati-hati dan bersikap waspada selama liburan.
    • Ingat untuk memeriksa kendaraan pribadi kamu sebelum berangkat. Cek ban dan bawalah ban cadangan. Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan sempurna, ya. Kamu bisa membawanya terlebih dahulu ke bengkel terdekat untuk memeriksa.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Sendang Biru di Malang

Pantai Sendang Biru adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun saya tidak memiliki akses langsung ke database penginapan terkini, saya dapat memberikan beberapa rekomendasi umum untuk mencari tempat penginapan dekat Pantai Sendang Biru:

1. Shinta Guest House

Shinta Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Shinta Guest House, sebuah hotel simpel yang berlokasi strategis di area pertokoan dan restoran. Hanya berjarak 9 menit berjalan kaki dari Museum Brawijaya, 2 km dari stasiun kereta Malang, dan 3 km dari Kampung Tridi yang terkenal dengan rumah-rumah penuh warna dan seni publik.

Fasilitas populer kami mencakup Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, AC, dan sarapan yang lezat. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan jangan lupa check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 131.200 per malam

PESAN HOTEL Shinta Guest Hous Diskon 53%

2. Bobopod Alun-Alun, Malang

Bobopod Alun-Alun Malang
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman menginap unik di Bobopod Alun-Alun, Malang. Hotel kapsul santai kami berlokasi di seberang Alun-Alun Malang, hanya 16 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Malang dan 3 km dari Museum Brawijaya. Kapsul simpel kami dilengkapi Wi-Fi, stopkontak, dan speaker Bluetooth.

Kami menyediakan handuk dan kamar mandi bersama. Fasilitas lain termasuk mushola, ruang kerja bersama, dapur kecil, dan tempat parkir terbatas. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan jangan lupa check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 217.854 per malam

PESAN HOTEL Bobopod Alun-Alun, Malang Diskon 74%

3. Omahkoe Guesthouse

Omahkoe guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

Omahkoe Guesthouse, properti strategis di Malang Pusat yang membuat kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Jangan lewatkan Malang City Square yang terkenal!

Properti bintang-4 kami dilengkapi dengan fasilitas populer seperti Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, AC, dan restoran. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan jangan lewatkan waktu check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 203.312 per malam

PESAN HOTEL Omahkoe Guesthouse Diskon 56%

4. RedDoorz Syariah near Universitas Negeri Malang

RedDoorz Syariah near Universitas Negeri Malang
(sumber gambar: Agoda)

Cari penginapan bujet di Malang? RedDoorz Syariah near Universitas Negeri Malang adalah pilihan yang tepat. Hanya satu menit berjalan kaki dari Universitas Negeri Malang, 2 km dari Museum Brawijaya, dan 4 km dari stasiun kereta Malang.

Fasilitas populer kami meliputi Wi-Fi gratis dan tempat parkir gratis. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan pastikan untuk check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 139.739 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz Syariah near Universitas Negeri Malang Diskon 81%

5. Padi Heritage Hotel

Padi Heritage Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Padi Heritage Hotel, tempat nyaman yang terletak di area bersawah dengan pemandangan Sungai Brantas. Hanya 7 menit berjalan kaki dari Taman Tlogomas dan 6 km dari Museum Brawijaya. Stasiun kereta Blimbing berjarak 7 km dari hotel kami.

Fasilitas populer meliputi kolam renang, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis. Waktu check-in kami dimulai pukul 15.00, dan pastikan untuk check-out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 249.090 per malam

PESAN HOTEL Padi Heritage Hotel Diskon 67%

Mencoba Makanan Khas Malang di Sekitar Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Meskipun pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang indah, namun untuk menemukan makanan khas Kabupaten Malang, kamu mungkin perlu melakukan perjalanan lebih jauh ke daerah sekitarnya yang mungkin memiliki warung atau restoran lokal. Beberapa makanan khas Kabupaten Malang yang mungkin bisa kamu coba di sekitar Pantai Sendang Biru termasuk:

Mencoba Makanan Khas Malang di Sekitar Pantai Sendang Biru
(sumber gambar: Google_moeslimdotid)
    • Sate Klopo: Sate ini menggunakan kelapa parut (klopo) sebagai bumbu untuk membalut dagingnya sebelum dibakar. Ini memberikan rasa khas yang lezat.
    • Bakso Malang: Bakso khas Malang dikenal dengan adanya tambahan bakso goreng, pangsit goreng, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang khas membuatnya menjadi pilihan yang lezat.
    • Rawon Setan: Rawon adalah sup daging berkuah hitam khas Jawa Timur. Rawon Setan di Malang terkenal karena kepedasannya yang tinggi.
    • Tahu Campur: Makanan berkuah dengan bahan dasar tahu, mie, suwiran daging sapi atau ayam, dan irisan kentang. Biasanya disajikan dengan kuah yang gurih.
    • Pecel Malang: Pecel adalah hidangan berupa sayuran hijau yang disajikan dengan sambal kacang. Versi Malang mungkin memiliki ciri khas sendiri dalam penyajian dan bumbunya.
    • Bebek Sinjay: Bebek Sinjay adalah hidangan bebek goreng khas Malang. Bebeknya digoreng kering dan disajikan dengan sambal yang sangat pedas.

Kesimpulan

Liburan memang menjadi waktu yang paling ditunggu oleh banyak orang. Namun, tetap perlu diperhatikan soal kebersihan lingkungan sekitarnya, ya. Jangan sampai kehadiran kamu merusak ekosistem dan pemandangan yang sudah ada. Mari menjadi pengunjung yang bijak dan bertanggung jawab.

Selamat menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Waktu yang kamu habiskan di Pantai Sendang Biru ini pasti akan semakin mempererat hubungan yang sudah terjalin.

You might also like