Jelajahi Pantai Serang di Blitar: Wisata Alam yang Lengkap dengan Festival Budaya

Blitar adalah salah satu kota di Jawa Timur yang banyak memiliki potensi wisata bertema alam. Satu diantara destinasi wisata alam di Blitar yakni Pantai Serang.

Pantai ini mendapatkan julukan Kuta dari Blitar karena kontur tanah yang datar dan luas. Disamping itu fasilitas yang berada di pantai ini lumayan lengkap.

Apalagi dengan adanya festival budaya yang diselenggarakan tiap tahunnya. Tak heran jika wisatawan lumayan banyak yang datang untuk berwisata di pantai ini.

Profil Pantai Serang

Profil Pantai Serang
(sumber gambar: GoogleMaps_ANDRIA pratama)

Memiliki budaya yang masih kental dijalankan, pantai utama di sini menjadi tempat untuk melakukan upacara larung sesaji yang sudah dilakukan setiap 1 Sura. Selain pantai utama, ada dua pantai lain yang berpasir putih yang dibatasi perbukitan. Pantai ini dekat dengan perkampungan nelayan. Hasil laut yang populer dari wilayah ini yakni lobster.

Tidak hanya pantai biasa, di tempat ini ada acara festival layangan dan festival tari barong. Disamping itu ada juga kegiatan konservasi alam yang dilakukan di saat tertentu. Kegiatan melepas anak penyu bisa disaksikan di pantai yang satu ini.

Sebelum datang, sebaiknya memeriksa mengenai acara yang mungkin diselenggarakan di sini. Wisatawan bisa datang untuk menyaksikan acara yang diminati.

Sebagai destinasi wisata, pantai ini cukup populer untuk wisatawan lokal. Walaupun tidak terlalu ramai, tapi masih tetap memiliki peminatnya tersendiri. Apalagi fasilitas yang berada di pantai ini cukup lengkap.

Wisatawan bisa dengan nyaman berwisata dengan fasilitas seperti tempat beribadah, toilet, dan warung makan. Jika ingin belanja, ada juga toko oleh-oleh untuk wisatawan.

Pasir pantai di sini berwarna cokelat-kehitaman. Walaupun tidak putih, tetapi teksturnya halus dan bersih dari karang. Jadi para wisatawan bisa berjalan dengan nyaman di atasnya. Bermain pasir di pinggir pantai juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Selain pasir yang bersahabat, pemandangan pantai di sini juga cantik. Ada pohon cemara yang berbaris disekitaran bibir pantai. Di area hutan cemara ini, ada lokasi berkemah yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Berwisata ke pantai ini paling cocok dilakukan bersama dengan keluarga atau rekan. Ini cocok untuk melepaskan penat di saat berlibur. Wisatawan dapat berkunjung pada pagi sampai sore hari untuk menikmati pemandangan di sana. Untuk yang ingin berkemah bisa juga melakukannya di area camping yang telah disiapkan.

Pantai Serang sudah mempunyai fasilitas lengkap dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Ini bisa menjadi destinasi wisata yang murah dan menarik. Apalagi kesan pantai seperti di Bali bisa dirasakan di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Serang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Serang
(sumber gambar: GoogleMaps_petani unggul)

Blitar mempunyai sejumlah destinasi wisata bertema alam seperti air terjun, gua, bukit, dan pantai. Salah satunya wisata pantai yang menarik yakni Pantai Serang. Pantai ini berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Lokasinya sekitar 45 km dari pusat kota Blitar.

Wisatawan yang berkunjung kesini bisa melalui kota Blitar memakai kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil. Rutenya dari Blitar menuju selatan ke Lodoyo, selanjutnya ke timur ke arah Margomulyo.

Kemudian menuju ke arah Panggungrejo, terus melewati jalan utama ke pasar dan sampai di pertigaan beringin belok arah ke kanan. Setelah itu akan langsung ke arah area pantai.

Lokasi lengkap menuju Pantai Serang:

Alamat: Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Serang

Pantai dikenal sebagai destinasi wisata yang murah karena tiketnya condong lebih murah dibandingkan objek wisata yang lain. Ini juga berlaku di pantai yang satu ini. Tiket masuk pantai serang blitar hanya 10 ribu rupiah per orang.

Harga tiket tersebut menjadi 20 ribu rupiah bila ada festival budaya yang sedang diselenggarakan. Wisatawan bisa mempersiapkan uang sesuai dengan harga tiket yang berlaku. Sebelumnya bisa mencari tahu mengenai agenda festival yang diadakan di pantai ini.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Festival24 JamRp 20.000Rp. 2.000Rp. 5.000

Kelebihan Pantai Serang

Destinasi wisata yang populer umumnya mempunyai kelebihan tertentu sehingga wisatawan senang berkunjung di sana. Begitu juga dengan wisata pantai yang berada di Blitar ini. Berikut ini sejumlah keunggulan pada objek wisata Pantai Serang.

Kelebihan Pantai Serang
(sumber gambar: Google_GarisPantai)

1. Ada Festival Budaya

Salah satu hal unik di pantai ini yakni ada festival budaya. Kegiatan budaya semacam ini hanya berada di pantai tertentu saja sehingga menjadi hal yang istimewa untuk para wisatawan.

Serang Culture Festival diselenggarakan tiap tahunnya antara bulan September sampai Oktober. Beberapa festival yang diselenggarakan di pantai ini contohnya Festival Keroncong, Festival Layang-Layang, Festival Patung Pasir, sampai Festival Jazz.

2. Terdapat Area Camping

Berwisata di pantai ini bisa juga dengan berkemah. Terdapat area camping yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Area camping ini ada di dekat hutan cemara. Pengunjung sebaiknya mendirikan kemah di tempat itu dan tidak terlalu dekat dengan pantai. Selain berkemah, pengunjung bisa juga melakukan aktivitas outbound.

3. Fasilitas ATV untuk Wisatawan

Pantai Serang di Blitar dikenal mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap sehingga memanjakan wisatawan. Satu diantaranya dengan adanya kendaraan ATV. Pengunjung bisa menaiki ATV untuk berkeliling pantai. Pengunjung yang ingin naik ATV bisa menyewa dengan biaya 100 ribu rupiah per jamnya.

Fasilitas ATV untuk Wisatawan
(sumber gambar: Google_FaktualNewsdotcom)

4. Ada Warung Makan di Sekitar Pantai

Berwisata ke pantai tidak lengkap jika tidak menyantap hidangan sea food. Pengunjung pantai ini tidak khawatir karena terdapat warung makan dan penjual ikan bakar.

Wisatawan dapat bertanya lebih dulu mengenai jenis ikan dan harganya. Selain membeli di warung, wisatawan juga bisa membawa perbekalan minuman dan makanan sendiri.

5. Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Berlibur di tempat wisata tentu saja akan semakin nyaman bila fasilitasnya lengkap. Di pantai ini, pengunjung tidak perlu cemas karena ada fasilitas yang dibutuhkan seperti toilet, kamar mandi, dan tempat beribadah. Untuk yang di luar kota tentunya sangat memerlukan fasilitas penunjang tersebut. Di sekitar pantai juga ada rumah warga yang bisa untuk menginap.

6. Belajar Surfing

Belajar Surfing
(sumber gambar: Google_detikTravel)

Pantai Serang juga bisa menjadi spot bagi peselancar. Tetapi ombak di pantai ini lebih cocok untuk bersenang-senang saja tidak untuk aktivitas peselancar profesional.

Untuk yang ingin belajar, di sini ada pelatihan surfing bagi para pemula. Bagi yang tertarik untuk belajar surfing karena itu bisa melakukan reservasi online terlebih dahulu. Nanti akan diajari dari dasar mulai dari bagaimana naik papan selancar yang betul.

7. Pemandangan Sunset yang Indah

Setiap pantai mempunyai kelebihan panoramanya masing-masing. Di pantai ini, pengunjung dapat nikmati panorama sunset atau matahari tenggelam yang cantik. Maka jika mendapatkan panorama senja tersebut maka wisatawan bisa datang pada sore hari sebelum matahari tenggelam.

Pengunjung bisa bersantai menikmati udara sore dan berfoto dengan latar matahari terbenam. Pantai Serang mempunyai beberapa kelebihan, sehingga banyak wisatawan yang terus berdatangan.

Walaupun tidak ada penginapan khusus di sekitar pantai, tetapi wisatawan dapat mencari penginapan yang ada disekitaran Blitar. Wisatawan dari luar kota juga bisa datang berkelompok dengan menyewa kendaraan seperti bis.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Serang

Blitar memang tidak sepopuler Malang dan Surabaya dalam hal tempat wisatanya. Tetapi jika pergi berekreasi ke pantai ini tidak ada salahnya singgah ke tempat wisata lain yang ada disekelilingnya. Apalagi untuk wisatawan luar kota, mengeksplor wisata di Blitar dapat menjadi pengalaman yang menarik. Berikut sejumlah objek wisata lain yang ada disekitaran Pantai Serang.

1. Museum dan Perpustakaan Bung Karno

Museum dan Perpustakaan Bung Karno
(sumber gambar: Google_Travel Kompas)

Blitar menjadi satu diantara kota yang berhubungan kuat dengan presiden pertama RI yakni Sukarno. Di sini terdapat wisata pembelajaran berbentuk Museum dan Perpustakaan Bung Karno. Pengunjung yang suka dengan sejarah dapat berliburan di sini.

Tempat ini disahkan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati. Didalamnya terdapat beragam koleksi terkait Bung Karno seperti lukisan, peninggalan Bung Karno, uang seri Bung Karno, sketsa, dan beberapa foto. Di sini tiket masuk gratis dapat menjadi tujuan wisata pembelajaran yang murah.

2. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
(sumber gambar: Google_Rekamin Academy)

Selain perpustakaan dan museum, di Blitar ada Makam Bung Karno. Pengunjung bisa datang dengan mengisi buku tamu dan membayar uang suka-rela. Di sini terdapat makam ayah dan ibu dari Bung Karno. Makamnya sendiri dinaungi bangunan seperti joglo.

3. Keboen Kopi Karanganyar

Keboen Kopi Karanganyar
(sumber gambar: Google_IDN Times Jatim)

Wisatawan yang datang ke Pantai Serang, Blitar juga bisa mampir ke Keboen Kopi Karanganyar. Ini menjadi tempat wisata yang pas untuk beberapa pecinta kopi. Di sini ada kebun tanaman kopi. Disamping itu ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan pengunjung seperti menaiki ATV, keliling museum, dan mempelajari kopi.

4. Kampung Coklat

Kampung Coklat
(sumber gambar: Google_suara indonesia)

Wisata di Blitar yang menarik yakni Kampung Coklat. Lokasinya ada di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Sama dengan namanya, wisatawan akan disuguhi tempat wisata bertemakan coklat.

Di sini terdapat galeri coklat, kelas memasak, terapi ikan, Pulo Coklat (pulau coklat), kereta kelinci, permainan perahu dayung, dan sebagainya. Fasilitas yang lengkap dan sarana bermain yang banyak membuat tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Tiket masuknya cukup terjangkau yakni 20 ribu rupiah.

5. Candi Penataran

Candi Penataran
(sumber gambar: Google_Superlivedotid)

Blitar mempunyai objek wisata bertema sejarah berbentuk Candi Penataran. Ini adalah salah satu candi yang cukup populer di Jawa Timur. Candi Penataran sendiri disebut sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit, tetapi ini dibangun saat masa Kerajaan Kediri.

Candi ini adalah kompleks candi Hindu yang paling luas di Jawa Timur. Untuk wisatawan luar kota yang berkunjung ke Blitar jangan melewatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata Candi Penataran ini.

6. Kebon Rojo Park

Kebon Rojo Park
(sumber gambar: Google_RadarBlitardotCom)

Taman Kebon Rojo dapat dicicipi dengan gratis oleh beberapa pengunjung. Walaupun gratis, tetapi fasilitas dan sarana permainan di sini sudah cukup baik. Ini cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Sejumlah wahana permainan di sini diantaranya ayunan, mobil listrik, flying fox, dan papan seluncur. Kebon Rojo Park mempunyai mini zoo dengan koleksi hewan seperti kera, rusa, dan merak.

Jadi tidak hanya Pantai Serang yang patut dikunjungi di Blitar. Ada beragam destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi apabila liburan kesana. Kalau ingin bermalam maka dapat memilih beragam penginapan yang tersedia. Ada penginapan yang murah sampai hotel berbintang.

Tips Berkunjung ke Pantai Serang

Berekreasi ke sesuatu tempat sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dapat dilaksanakan di sana. Kemudian bisa merencanakan dan menyiapkan untuk berwisata. Begitupun saat berekreasi ke pantai di Blitar.

Wisatawan luar kota contohnya perlu merencanakan masalah transportasi dan berapa lama berada di sana. Berikut sejumlah panduan untuk mengunjungi Pantai Serang di Blitar.

Tips Berkunjung ke Pantai Serang
(sumber gambar: GoogleMaps_andri sinye)

1. Datang untuk Sunset

Pantai ini dikenal mempunyai pemandangan sunset atau matahari terbenam yang cantik. Jadi pengunjung bisa tiba pada sore hari bila memang ingin berburu pemandangan senja. Periksa di internet kapan waktu matahari terbenam pada hari itu.

Cuaca bisa juga mempengaruhi apakah pemandangan sunset bisa kelihatan terang atau mungkin tidak. Sekarang ini smartphone telah dilengkapi kamera yang hebat hingga lebih efektif untuk memotret saat berwisata. Tetapi bila mempunyai kamera tak ada salahnya membawa untuk mendokumentasikan pemandangan di sana.

2. Melihat Jadwal Festival

Apakah ingin datang ke pantai dengan bonus menyaksikan festival budaya? Bila jawabnya ya, maka bisa datang saat ada event festival budaya di pantai ini. Serang Culture Festival diselenggarakan tiap tahunnya.

Ada beragam festival yang diselenggarakan di saat tertentu di bulan September-Oktober. Bila ingin menyaksikan jadwalnya dapat mencari di internet atau sosial media dari pemerintah daerah setempat.

3. Mencoba Kegiatan Seru di Pantai

Tiap orang mempunyai cara sendiri untuk menikmati pantai. Ada yang hanya santai duduk di tepi pantai, ada yang suka beraktivitas seperti olahraga.

Di Pantai Serang sendiri ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan seperti belajar surfing dan naik ATV. Bila mempunyai dana lebih maka tak ada salahnya mencoba melakukan aktivitas seru itu untuk menambahkan pengalaman sehingga berlibur menjadi lebih terkesan.

Mencoba Kegiatan Seru di Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Yuliatina Oppo)

4. Mencoba Sea Food di Tepi Pantai

Bawa perbekalan makanan sendiri dari rumah bisa mengirit pengeluaran. Tetapi bila ingin mencoba makanan disekitaran maka bisa mencoba sea food atau makanan laut.

Salah satu kuliner yang patut dicoba yakni cumi bakar geprek dan ikan bakar. Pengunjung dapat menikmati makan malam sekaligus bersantai dengan pemandangan sunset pantai.

5. Wisata dengan Rekan Kerja

Destinasi wisata Pantai Serang cocok untuk wisata bersama rekan kerja. Untuk karyawan di wilayah Blitar dan sekelilingnya, dapat mengunjungi pantai ini bersama dengan rekan kerja.

Transportasinya bisa menggunakan mini bus atau bus bergantung dari jumlah pesertanya. Di pantai, dapat melepaskan penat dengan santai dan menikmati sajian laut.

6. Camping dan Outbound

Wisata dengan rekan atau keluarga bisa dilakukan berkemah di tepi pantai. Di sini telah tersedia tempat berkemah yang bisa digunakan bernama Cemara Educamp Pantai Serang.

Tersedia perlengkapan camping untuk berkemah di antara pepohonan cemara. Di sini cocok untuk melakukan kegiatan family gathering dan outbound.

Rekomendasi Hotel Murah Sekitar Wilayah Pantai Serang di Blitar

Memilih hotel yang terjangkau namun tetap nyaman di sekitar Pantai Serang, Blitar, dapat meningkatkan pengalaman liburan kamu. Berikut adalah beberapa rekomendasi hotel murah di sekitar wilayah tersebut:

1. Nawangwulan Guest House

Nawangwulan Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Nawangwulan Guest House, sebuah hotel bintang 2 yang terletak di Blitar, menawarkan kenyamanan dengan kamar-kamar ber-AC. Dengan jarak 37 km dari Gunung Kelud, hotel ini menyediakan layanan kamar, resepsionis 24 jam, dan Wi-Fi gratis untuk kenyamanan tamu.

Setiap kamar dilengkapi dengan meja, TV layar datar, kamar mandi pribadi, seprai, dan handuk. Fasilitas populer yang ditawarkan termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out harus dilakukan sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 124.164

PESAN HOTEL Nawangwulan Guest House Diskon 69%

2. Sans WM Hotel Blitar

Sans WM Hotel Blitar
(sumber gambar: Agoda)

Sans WM Hotel Blitar, hotel bintang 1 yang terletak di Blitar, menawarkan akomodasi ber-AC dengan kamar mandi pribadi dan Wi-Fi gratis. Dengan jarak 34 km dari Gunung Kelud, hotel ini merupakan akomodasi bebas rokok.

Setiap kamar dilengkapi dengan meja, TV, dan perlengkapan mandi gratis. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 hingga tengah malam, sedangkan check-out dapat dilakukan dari pukul 07.00 hingga 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 198.352

PESAN HOTEL Sans WM Hotel Blitar Diskon 71%

3. Grand Mansion Hotel Blitar

Grand Mansion Hotel Blitar
(sumber gambar: Agoda)

Grand Mansion Hotel Blitar, hotel simpel di pusat kota, terletak di pinggir Jalan Nasional Rute 3. Hanya berjarak 4 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Blitar dan 13 km dari Penataran, kompleks candi Hindu abad ke-13. Fasilitas populer hotel ini meliputi sarapan gratis, Wi-Fi gratis, tempat parkir, dan restoran. Waktu check-in dimulai pukul 14.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 242.760

PESAN HOTEL Grand Mansion Hotel Blitar Diskon 69%

4. Patria Palace Hotel

Patria Palace Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Patria Palace Hotel, sebuah hotel kasual dengan pintu balkon yang indah, berlokasi hanya 4 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Blitar. Dengan jarak 12 km dari kompleks candi Penataran Hindu dan 2 km dari Sumber Udel Waterpark.

Hotel ini menawarkan fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, sementara check-out harus dilakukan sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 293.146

PESAN HOTEL Patria Palace Hotel Diskon 63%

Kuliner Lezat Khas Blitar Sekitar Pantai Serang

Pantai Serang terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Wilayah ini dikenal dengan keindahan pantainya dan juga memiliki beragam kuliner lezat yang khas daerah Blitar. Beberapa makanan yang dapat dicoba di sekitar Pantai Serang antara lain:

Kuliner Lezat Khas Blitar Sekitar Pantai Serang
(sumber gambar: Google_sanflawerdotcom)
    • Ikan Bakar Serang: Pantai Serang tentu memiliki hasil laut yang segar. Cobalah ikan bakar, yang biasanya diolah dengan bumbu khas daerah, membuat cita rasanya sangat lezat.
    • Pecel Lele: Pecel lele adalah hidangan yang populer di Jawa Timur. Lele digoreng garing dan disajikan dengan sambal pecel yang khas, membuatnya menjadi pilihan yang lezat di sekitar pantai.
    • Sate Kelinci: Blitar terkenal dengan sate kelincinya. Sate kelinci diolah dengan bumbu khas dan dipanggang hingga matang. Rasanya unik dan berbeda, cocok untuk dicoba oleh penggemar sate.
    • Nasi Pecel: Nasi pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sayuran yang direbus dan disiram dengan sambal kacang. Rasanya pedas dan gurih, menciptakan kombinasi yang lezat.
    • Soto Blitar: Soto adalah hidangan sup khas Indonesia. Soto Blitar biasanya menggunakan daging sapi atau ayam, dengan kuah yang kaya rempah dan disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ketupat atau lontong.
    • Es Dawet Ayu: Untuk pencuci mulut, cobalah es dawet ayu. Minuman ini terdiri dari dawet (gelatin hijau), santan, gula merah cair, dan es. Rasanya manis dan segar, cocok untuk menyejukkan diri setelah menikmati suasana pantai.
    • Bubur Sumsum: Bubur sumsum adalah hidangan bubur khas Jawa yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kelapa parut dan gula merah. Rasanya lembut dan manis, cocok untuk pencuci mulut.

Kesimpulan

Bukan destinasi pantai biasa, Desa Serang memang mempunyai beragam hal menarik untuk para wisatawan yang mengunjunginya. Selain fasilitas yang lengkap, di sini diselenggarakan beragam kegiatan yang tidak dijumpai di beberapa pantai yang lain. Festival budaya seperti festival layang-layang, larung sesaji, sampai festival musik.

Pantai Serang menjadi opsi tempat wisata saat berlibur di Blitar, Jawa Timur. Pengunjung di luar kota dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus untuk menuju ke kota Blitar.

Ada beberapa tempat wisata yang lain yang pantas untuk didatangi di kota ini. Tidak hanya wisata alam seperti pantai, ada pula wisata sejarah dan pembelajaran yang dapat memberi tambahan wawasan untuk wisatawan.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like