Pantai Seruni di Yogyakarta: Keindahan Tersembunyi Pantai dengan Air Terjun Mini

Wilayah Gunungkidul memang menjadi surga untuk pecinta wisata pantai. Kota ini menyimpan banyak keindahan pantai indah nan eksotis, yang kadang tidak diketahui masyarakat umum. Salah satunya adalah Pantai Seruni.

Meski tempat ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah, namun sayangnya kurang populer di kalangan wisatawan baik yang dari daerah Yogyakarta sendiri maupun dari luar daerah.

Lokasi Pantai Seruni Jogja

Lokasi Pantai Seruni
(sumber gambar: GoogleMaps_Daniel Dicky)

Secara administratif, pantai ini berlokasi di wilayah Desa Tepus, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya sendiri berjarak sekitar 73 Km dari pusat Kota Yogyakarta sehingga bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Tahukah kamu jika nama pantai ini diambil dari dari nama sebuah bunga? Bunga Seruni atau yang lebih dikenal nama Bunga Krisan (Chrysanthemum/chrysous) merupakan bunga yang memiliki warna keemasan.

Pemberian nama Seruni bukanlah tanpa alasan. Menurut masyarakat sekitar, Seruni bermakna jika kawasan tersebut diibaratkan sebagai emas untuk masyarakat lokal. Sama seperti emas yang berharga dan menjadi sumber ekonomi manusia, wisata pantai ini juga menjadi sumber penghasilan masyarakat sekitar.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Seruni

Rute Perjalanan Menuju Pantai Seruni

Untuk bisa sampai ke tempat ini terdapat 2 rute perjalanan yang bisa kamu gunakan yaitu melalui Pantai Baron dan melalui Desa Tepus.

Jika melalui Pantai Baron maka dari Kota Yogyakarta kamu bisa lanjut berjalan ke arah Wonosari lalu ikuti petunjuk ke arah Pantai Baron. Masuk ke Pantai Kukup lalu dilanjutkan ke arah Pantai Krakal. Masuk ke jalur menuju Pantai Indrayanti dan tidak jauh dari pantai tersebut kamu akan menemukan lokasi Pantai Seruni.

Sedangkan jika melalui Desa Tepus maka dari Kota Yogyakarta kamu harus lanjut ke arah Wonosari. Kamu cukup menggunakan GPS atau bertanya ke warga sekitar untuk menemukan desa tersebut. Rute perjalanan ke pantai ini kurang lebih sama dengan rute perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal.

Hal yang membedakan hanya terletak pada persimpangan jalan setelah jalan cor berakhir. Di persimpangan tersebut, jika ingin ke Pantai Seruni kamu hanya tinggal belok ke arah kanan saja.

Meski termasuk destinasi wisata yang bagus namun sayang akses jalan menuju ke pantai tersebut masih belum layak. Jalannya masih berupa batuan krakal, kasar, dan bergelombang sehingga sulit dilalui.

Tidak hanya itu kontur jalanan cukup ekstrim karena jalannya naik dan turun sekitar 2 Km. Belum lagi saat hujan turun maka kondisi jalanan akan semakin rusak dan berbahaya. Oleh sebab itu, pantai ini tidak disarankan untuk dikunjungi saat musim hujan.

Selain kondisi jalan yang buruk, jalan ini juga dihimpit oleh jurang di sebelah kanan dan tebing curam di sebelah kiri sehingga rawan terjadi kecelakaan jika tidak berhati-hati.

Untungnya, menurut warga sekitar dalam waktu dekat akses jalan menuju pantai tersebut akan segera diaspal oleh pemerintah daerah. Ditambah ada rencana untuk membangun hotel dan resort mewah di sekitar lokasi tersebut untuk meningkatkan pariwisata.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Seruni di Yogyakarta:

Alamat: Pantai, Tepus, Kec. Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 10.000Rp 5.000Rp 10.000

Sama seperti objek wisata pantai lain di sekitar Gunungkidul kamu perlu membayar biaya masuk ke kawasan ini. Harga tiket masuknya terbilang murah yaitu sekitar Rp 10 ribuan saja per orang. Namun, jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi akan ada biaya tambahan untuk parkir.

Untuk sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribuan dan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribuan. Biaya parkir tersebut sedikit lebih tinggi jika dibandingkan berbagai objek wisata lain di wilayah Gunungkidul.

Jika ingin berkemah, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20 ribuan per malam. Begitu juga jika ingin menggunakan kamar mandi. Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribuan per orang.

Meski begitu, kamu tidak akan menyesal untuk datang ke pantai ini karena harga tiket masuk sudah melingkupi tiket untuk pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar Pantai Seruni.

Akan tetapi, perlu diingat jika harga tiket dan biaya lain yang disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu sehingga ada baiknya jika kamu membawa uang lebih untuk membeli tiket dan sejenisnya.

Jam Operasional Pantai Seruni

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Objek wisata ini termasuk salah satu pantai yang buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga kamu bisa datang kapan pun entah itu di akhir pekan atau di hari kerja tanpa ada perbedaan harga tiket.

Tapi, jika tidak suka suasana yang terlalu ramai maka kamu disarankan datang saat hari kerja atau saat jam kerja. Saat itu, pantai dipastikan akan sepi sehingga kamu bisa bebas mengeksplor dan menikmati keindahan pantai tersebut.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Seruni adalah saat musim kemarau karena saat itu cuaca akan cerah. Hindari datang saat musim hujan karena ada resiko cuaca buruk seperti badai dan sebagainya sehingga cukup berbahaya.

Jika ingin suasana yang ramai dan lebih hidup, kamu bisa datang saat akhir pekan atau libur nasional. Saat itu tempat ini dipastikan akan memiliki lebih banyak pengunjung.

Daya Tarik Pantai Seruni

Daya Tarik Pantai Seruni
(sumber gambar: GoogleMaps_Guruh PNC)

Sama seperti pantai-pantai yang ada di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya yang dikenal mempunyai pemandangan indah, tempat ini juga dikenal pemandangan eksotis. Tetapi, dibandingkan tempat lain sebenarnya apa sajakah daya tarik pantai ini?

Di sosial media, pantai ini dikenal akan pemandangan yang didominasi oleh batuan karang. Hal ini belum tentu bisa ditemukan di pantai lain terutama yang ada di Gunungkidul. Dengan daratan berupa pasir putih yang khas membuat suasana di sana terkesan sangat bersih.

Tidak hanya dikenal pasirnya yang putih bersih, Pantai Seruni juga dikenal karena memiliki air terjun di wilayahnya. Bahkan, air terjun tersebut seolah menjadi ciri khas objek wisata ini. Rasanya belum berkunjung ke sana jika kamu belum berfoto di air terjun tersebut.

Sayangnya, jenis ombak di pantai ini cenderung besar sehingga kurang cocok untuk berenang terutama saat air laut sedang pasang. Saat pasang, air laut bisa naik dan menutupi hampir seluruh daratan berpasir bahkan batuan karang besar yang biasa terlihat pun akan tertutup air pasang.

Memang di sana kamu bisa melihat banyak batuan karang di pinggir pantai ini. Bebatuan itu selain bisa digunakan untuk berfoto ternyata berfungsi sebagai pemecah ombak alami.

Meski daerah ini dikelilingi oleh tebing batu kapur yang terlihat kering dan gersang namun kamu bisa melihat berbagai tumbuhan hijau yang tumbuh di atas tebing-tebing tersebut. Terdapat berbagai tanaman khas pesisir laut seperti pandan laut yang bisa ditemukan di sana.

Berbagai tumbuhan hijau yang mendominasi daerah pantai ini semakin membuatnya terlihat cantik, sejuk, dan enak dipandang mata sehingga cocok untuk tempat healing.

Aktivitas Menarik di Pantai Seruni

Selain dikenal pemandangan yang indah ternyata ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Apa sajakah itu? Berikut adalah rekomendasi berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga ketika berkunjung.

Aktivitas Menarik di Pantai Seruni
(sumber gambar: GoogleMaps_Indra)

1. Mengambil Gambar

Pemandangan indah yang eksotis khas pantai negara tropis membuatnya memiliki banyak spot foto yang instagramable. Berburu foto dengan landscape pemandangan pantai ini seolah sudah menjadi agenda wajib untuk para pengunjung.

Ada banyak spot foto yang bisa kamu gunakan seperti di atas batu karang yang memiliki latar belakang pemandangan pantai atau hamparan laut dengan air yang jernih kebiruan.

Semua itu bisa menjadi foto yang bagus untuk diunggah ke media sosial apalagi saat datang waktu matahari terbenam alias sunset. Pemandangan tersebut merupakan salah satu yang terbaik sehingga sangat layak untuk diabadikan.

2. Memancing

Bagi yang suka memancing, Pantai Seruni merupakan salah satu spot memancing yang bagus karena kamu bisa mendapatkan strike di sini.

Karakteristik ombak yang besar dan memiliki banyak batuan karang adalah lokasi memancing yang bagus karena biasanya banyak hewan laut yang bersembunyi.

Mulai dari ikan-ikan kecil, kerang laut, udang, kepiting, bahkan lobster biasanya bersembunyi di tempat-tempat tersebut. Kamu hanya perlu lebih teliti jika mencari keberadaan hewan-hewan laut tersebut.

Jika ingin memancing kamu disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri karena di tempat ini tidak ada tempat penyewaan alat pancing dan sejenisnya.

Memancing

3. Olahraga di Tepi Pantai

Pasir yang halus dan berwarna putih ditambah pemandangan laut yang indah membuat pantai ini menjadi lokasi yang sesuai untuk berolahraga bersama teman-teman.

Kamu bisa bermain voli pantai, sepak bola pantai, dan semacamnya di tempat ini. Jika sudah lelah, kamu bisa bersantai sembari duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati suasana yang tenang.

4. Camping

Tempat ini menyediakan spot camping untuk pengunjung yang ingin bermalam menikmati suasana pantai dengan lebih leluasa. Area camping yang tersedia lumayan luas sehingga kamu bisa datang beramai-ramai bersama teman.

Kamu cukup membawa keperluan camping seperti tenda dari rumah. Tidak perlu repot-repot membawa makanan karena ada banyak warga setempat yang membuka warung makan dengan berbagai menu mulai dari kuliner lokal hidangan laut yang nikmat.

Camping

5. Air Terjun

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika Pantai Seruni memiliki ciri khas berupa air terjun yang berada di tebingnya. Air terjun ini akan semakin terlihat saat musim hujan karena debit airnya akan meningkat drastis.

Tetapi, kamu jangan panik jika berkunjung di musim kemarau karena air terjun ini tetap mengeluarkan air dari celah-celah tebing meski tentu saja debit airnya sudah jauh berkurang.

6. Snorkeling

Menurut beberapa informasi, pantai ini memiliki spot snorkeling yang cukup bagus. Meski tidak disarankan untuk berenang namun jika kamu sudah biasa melakukan aktivitas snorkeling maka aktivitas ini bisa dilakukan.

Sayangnya, kamu harus membawa perlengkapan snorkeling sendiri karena di sekitar pantai tidak ada tempat penyewaan alat-alat untuk menyelam atau snorkeling.

Snorkeling

7. Melihat Aktivitas Masyarakat Setempat

Sebagai objek wisata tersembunyi, kamu bisa dengan bebas melihat aktivitas masyarakat sekitar yang masih asli karena belum terlalu fokus dengan aktivitas pariwisata. Di sana kamu bisa menemukan bak penampungan air yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai keperluan.

Keberadaan air terjun di pantai indah ini nampaknya dimanfaatkan baik oleh masyarakat lokal dengan membuat tempat penampungan air untuk keperluan mandi, mencuci, dan sebagainya.

Fasilitas ini tidak hanya boleh digunakan masyarakat sekitar saja tetapi wisatawan yang datang berkunjung. Jika ingin camping, bak penampung air ini bisa digunakan untuk kepentingan bermalam.

Fasilitas di Pantai Seruni

Fasilitas di Pantai Seruni
(sumber gambar: GoogleMaps_sego goreng)

Sebagai destinasi wisata tentu keberadaan fasilitas menjadi perhatian utama. Untungnya di pantai ini sudah tersedia fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung.

Meski ada beberapa fasilitas seperti toilet yang berbayar namun secara umum sarana dan prasarana di sana sudah mencukupi. Sampai saat ini objek wisata Pantai Seruni memang belum sempat dikelola baik oleh pemerintah setempat alias masih dikendalikan secara mandiri oleh masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya tidak berekspektasi berlebihan dengan fasilitas yang tersedia. Kamu bisa dengan mudah menemukan warung makan, mushola, toilet, area parkir, dan sebagainya di objek wisata ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan swadaya dari masyarakat setempat sehingga masih belum sempurna dan terkesan kurang terawat. Tidak hanya itu, keberadaan warung makan di sekitar pantai meski jumlahnya cukup banyak namun sayangnya kurang lengkap.

Kebanyakan menu yang disajikan adalah hasil tangkapan nelayan seperti ikan, lobster, cumi-cumi, dan sebagainya yang diolah menggunakan bumbu hasil racikan sendiri.

Tips Berkunjung ke Pantai Seruni

Bagi yang berkunjung untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika datang ke sana. Apa sajakah itu? Berikut adalah sedikit tips sederhana yang bisa kamu gunakan:

Tips Berkunjung ke Pantai Seruni

    • Membawa perlengkapan seperti sunblock, topi, kacamata dan pakaian ganti jika diperlukan.
    • Gunakan sepatu yang nyaman, hindari menggunakan alas kaki yang memiliki hak.
    • Disarankan berkunjung saat sore hari untuk menghindari teriknya matahari sekaligus mengejar pemandangan sunset.
    • Membawa perbekalan makanan sendiri jika ingin berhemat atau punya alergi terhadap makanan tertentu.
    • Lebih baik datang bersama teman atau keluarga agar suasana terasa lebih seru.
    • Gunakan pakaian yang nyaman. Lebih baik gunakan pakaian yang fashionable karena bisa sekalian berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai.
    • Jangan lupa membawa kamera.
    • Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai terbersih yang ada di Gunungkidul. Hal ini tidak lepas dari keberadaan tempat sampah yang ditempatkan di berbagai penjuru. Pengunjung sangat disarankan untuk selalu membuang sampah di tempatnya agar tidak mengotori lingkungan sekitar.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Seruni, Yogyakarta

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai namun tidak mau berkemah, ada beberapa pilihan penginapan di sekitar lokasi yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan bagus di sekitar tempat ini:

1. Por Aqui Stay & Dine

Por Aqui Stay & Dine
(sumber gambar: Agoda)

Por Aqui Stay & Dine menawarkan lokasi strategis di Kota Gede, Yogyakarta. Properti ini memberikan kenyamanan dengan dekatnya akses ke atraksi dan pilihan restoran menarik.

Fasilitas yang tersedia termasuk tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, kolam renang, restoran, layanan kamar, dan kamar bebas asap rokok. Pastikan waktu check-in kamu adalah pukul 14.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00. Staf yang ramah siap melayani kamu dalam bahasa Inggris.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 535.091 per malam

PESAN HOTEL Por Aqui Stay & Dine Diskon 57%

2. Light Blue Villa

Light Blue Villa
(sumber gambar: Agoda)

Light Blue Villa adalah pilihan akomodasi strategis di Tepus, Bedoyo, Yogyakarta. Properti ini tidak hanya dekat dengan atraksi menarik, tetapi juga menyediakan fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, layanan shuttle, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, kolam renang luar ruangan, kedai kopi, dan layanan kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 900.000 per malam

PESAN HOTEL Light Blue Villa Diskon 67%

3. Baron Lighthouse Cottage & Eatery

Baron Lighthouse Cottage & Eatery
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati lokasi strategis Baron Lighthouse Cottage & Eatery di Kemadang, Bedoyo, Yogyakarta. Properti bintang-4 ini menawarkan pemandangan laut yang memukau saat kamu mengunjungi Baron Beach terdekat.

Fasilitas termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, check-in/check-out pribadi, sarapan gratis, kolam renang, bar, dan restoran. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00 untuk pengalaman menginap yang optimal.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.168.200 per malam

PESAN HOTEL Baron Lighthouse Cottage & Eatery Diskon 51%

4. Orchid Inn Hotel

Orchid Inn Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Orchid Inn Hotel, terletak di Wonosari, Yogyakarta, menawarkan lokasi strategis dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kunjungan ke Taman Sari yang terkenal sebelum pulang.

Properti ini menyediakan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, hewan peliharaan diperbolehkan, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, penitipan barang, layanan kamar 24 jam, dan bar. Waktu check-in pada pukul 13.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 157.521 per malam

PESAN HOTEL Orchid Inn Hotel Diskon 75%

5. Ama Awa Resort

Ama Awa Resort
(sumber gambar: Agoda)

Ama Awa Resort, berperingkat bintang-3, menawarkan pengalaman menginap yang berkelas di Kemadang, Bedoyo, Yogyakarta. Selain dekat dengan atraksi dan restoran menarik, kamu dapat menikmati pemandangan laut saat mengunjungi Baron Beach terdekat.

Fasilitas meliputi resepsionis 24 jam, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, kolam renang luar ruangan, lapangan golf di properti, fasilitas BBQ, dan sarapan gratis. Pastikan untuk check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00 untuk pengalaman menginap yang optimal.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 708.8906 per malam

PESAN HOTEL Ama Awa Resort Diskon 70%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Seruni

Yogyakarta, atau yang sering disingkat sebagai Jogja, adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk kuliner khasnya. Berikut beberapa kuliner lezat khas Yogyakarta yang patut kamu cicipi:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Seruni

    • Soto Gading: Soto adalah semacam sup yang biasanya berisi potongan daging, mie, dan bumbu khas. Soto Gading adalah salah satu jenis soto yang terkenal di Yogyakarta. Rasanya yang gurih dan kuah yang kental membuatnya cocok sebagai hidangan hangat.
    • Gudeg: Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula merah, dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.
    • Bakmi Jawa: Bakmi Jawa adalah mie goreng ala Jawa yang diolah dengan bumbu khas, termasuk kecap manis, bawang merah, dan daging ayam atau sapi. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuatnya sangat lezat.
    • Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate yang terbuat dari daging kambing muda yang dipanggang dengan cara unik menggunakan rangka sepeda motor bekas (klathak). Sate ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih.
    • Wedang Uwuh: Minuman tradisional ini terbuat dari campuran berbagai rempah seperti daun pandan, serai, jahe, kayu manis, dan cengkeh. Rasanya hangat dan harum, cocok untuk diminum di malam hari.
    • Kipo: Kipo adalah kue khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan kelapa parut dan gula kelapa. Kipo memiliki bentuk khas segi empat dengan warna-warna cerah.
    • Sagon: Sagon adalah camilan khas Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut, ketan, dan gula kelapa. Biasanya dibentuk bulat kecil dan memiliki rasa yang manis.
    • Klepon: Klepon adalah kue tradisional berbentuk bulat kecil yang terbuat dari ketan yang diisi dengan gula kelapa dan dilumuri kelapa parut. Biasanya, klepon juga memiliki warna hijau alami dari daun suji yang digunakan dalam adonannya.

Kesimpulan

Dengan semakin terkenalnya objek wisata Pantai Seruni diharapkan ke depan berbagai fasilitas pendukung bisa dibangun baik oleh pemerintah daerah atau masyarakat setempat. Perlu diakui jika pantai ini memiliki banyak potensi dan tidak kalah dengan wisata pantai lain di Gunungkidul.

You might also like