Pantai Siung di Yogyakarta: Destinasi Wisata yang Harus Kamu Tambahkan Dalam Bucket List

Pantai Siung di Yogyakarta_ Destinasi Wisata yang Harus Kamu Tambahkan dalam Bucket List (sumber: Instagram @khomsatun75)

Ada banyak sekali pantai pasir putih yang ada di Yogyakarta, salah satu nya ialah pantai Siung. Mungkin sebagian dari kamu masih terdengar asing dengan pantai ini, sebenarnya pantai ini berdekatan dengan pantai di Gunung Kidul lainnya loh, seperti pantai Indrayanti, Drini, Baron, Dan lainnya.

Berbeda dengan pantai pasir putih pada umumnya yang dijumpai di Gunung Kidul, kamu perlu pertimbangkan lagi stamina badan saat akan berkunjung ke sini. Lokasinya yang tidak mudah dijangkau menjadikan sedikit wisatawan yang berkunjung.

Jumlah pengunjung yang masih sedikit malah menambahkan kesan-kesan eksotik dari pantai ini, kamu akan merasakan ketenangan meskipun berkunjung diakhir pekan.

Beberapa hal yang bisa dilaksanakan di sini selain nikmati keelokan alamnya. Yok susuri lebih jauh, apa sih daya tarik serta pesona dari pantai Siung ini? Baca penjelasannya sebagai berikut.

Lokasi dan Jalur menuju Pantai Siung

Berbeda dengan pantai lainnya di Gunung Kidul yang gampang dijumpai dan dijangkau kendaraan beroda 2 atau empat, pantai siung berlokasi lumayan jauh yaitu di sebelah selatan kecamatan Tepus.

Sedikit wisatawan di luar kota yang mengunjungi pantai ini, karena beberapa tebing yang lebih tinggi dan ombak yang cukup tinggi.

Perjalanan menuju daerah pantai dari pusat perkotaan Yogyakarta memerlukan waktu sekitaran 2 jam, perkiraan akan lebih jika kamu berkunjung diakhir minggu karena macet dalam jarak menempuh sejauh 70 kilometer.

Hingga kini tidak ada kendaraan umum di Yogyakarta yang mencapai daerah pantai, hingga sobat wisata harus memakai kendaraanin individu atau menyewa.

Ada 4 (empat) jalur yang bisa kamu pilih untuk menuju daerah pantai, salah satunya:

1. Jalur Alternative melalui Pantai Baron

Jalur Alternative melalui Pantai Baron
Jalur Alternative melalui Pantai Baron (sumber: Instagram @gwiscyte)

Jalur pertama kali yang bisa dipilih dengan mengikuti arah pantai Baron, kamu akan melalui pos retribusi dalam suatu pertigaan.

Setelah menemukan pos retribusi, kamu harus pilih lajur kiri untuk menuju lokasi pantai lainnya, bila pilih lajur kanan akan ke arah pantai Baron.

Selama perjalanan, kamu akan lewat beberapa pantai yang cukup populer seperti Indrayanti, Sepanjang, dan Kukup.

Tetaplah melaju ke arah arah Tepus sampai temukan pertigaan Winangun.

Jalur ini lebih jauh, tetapi kamu akan menyaksikan jejeran pantai lain sepanjang wilayah Gunung Kidul.

Hingga, kamu akan mempunyai alternative pilihan pantai lain selain pantai Siung.

2. Jalur Dari Kota Yogyakarta ke Arah Pantai

Jika kamu wisatawan dari luar Yogyakarta yang ingin berkunjung ke pantai Siung jalur yang perlu dilalui cukup mudah yaitu cuma melalui ring road selatan.

Jalur Dari Kota Yogyakarta ke arah Pantai
Jalur Dari Kota Yogyakarta ke arah Pantai (sumber: Instagram @renaissance.rkd)

Sesudah masuk ring road, melajulah menuju arah terminal Giwangan.

Sesudah temukan persimpangan terminal Giwangan, kamu segera berbelok ke kiri menuju arah Piyungan, lalu naik sampai menemukan wilayah Bukit Bintang, Patuk dan tugu selamat datang di Gunung Kidul.

Sesudah masuk ke wilayah Gunung Kidul, kamu tinggal mengikuti arah menuju kota Wonosari, selanjutnya menuju arah pantai Baron.

Kenapa menuju pantai Baron? Karena pintu masuk khusus semua pantai di Gunung Kidul ada di wilayah Baron, termasuk pos retribusi.

3. Jalur dari Solo menuju Pantai

Agar wisatawan yang memulai perjalanan dari Solo, kamu tak perlu cemas karena menuju pantai ini bisa dilewati jalur yang cepat tanpa masuk kota Yogyakarta terlebih dulu. Kamu perlu menuju arah Praci, selanjutnya meneruskan ke Kecamatan Baran atau Rangkop.

Jalur dari Solo menuju Pantai
Jalur dari Solo menuju Pantai (sumber: Instagram @ahmdaff)

Sesudah ada di Kecamatan Baran, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju Nglindur.

Di sini kamu perlu mengikuti arah jalan Selatan sampai bertemu dengan pertigaan yang berada saat sebelum pasar Ngrancah. Ambillah tikungan kanan menuju pasar Jepitu.

Saat telah ada di wilayah pasar Jepitu, berarti perjalanan kamu telah makin dekat.

Cukup lurus sampai pertigaan Kecamatan Winangun, selanjutnya belok ke kiri, disini kamu telah tiba ke lokasi tujuan.

Lokasi lengkap menuju pantai Siung:

Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Keindahan yang Tersembunyi di Pantai Siung

Perjalanan yang cukup jauh, hingga melelahkan akan terbayar bila kamu sudah sampai di lokasi pantai.

Beragam keelokan disuguhi untuk memanjakan mata dan menghilangkan capek selama perjalanan.

Kondisi alam yang eksotik benar-benar pas buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran dari kegiatan setiap hari di perkotaan.

Keelokan tersembunyi dari pantai Siung benar-benar unik, salah satunya ialah pantai ini dikelilingi oleh batu-batuan karang raksasa.

Jumlah batu karang raksasa di sini cukup banyak, hingga benar-benar pas untuk ambil foto dari ketinggian, karena semua permukaan pantai dan laut akan terekspos lebih jelas.

Salah satu keelokan yang menjadi daya tarik dari pantai ini ialah kumpulan karang berukuran raksasa yang mengelilingi pantai.

Keindahan yang Tersembunyi di Pantai Siung
Keindahan yang Tersembunyi di Pantai Siung (sumber: Instagram @pantai.siung)

Pertama kalinya datang ke sini, kamu akan secara langsung dimanjakan panorama karang di bagian timur pantai dan barat.

Jumlah karang yang banyak dan memiliki ukuran besar jadi keunikan tersendiri.

Menurut asal-usul, karang yang melingkari pantai terkait dengan arti penamaan pantai.

Jika kamu lihat dengan cermat, bentuk batu karang yang ada di sekitaran pantai seperti gigi kera, masyarakat di tempat biasa mengatakan sebagai siung wanara.

Masih terkait dengan penamaan siung, rupanya di pantai ini masih ada banyak kera.

Sayangnya, kera-kera yang ada di sekitaran pantai enggan untuk menampakan diri serta lebih suka ada di tengah hutan sekitaran pantai.

Kera ekor panjang yang termasuk sangat jarang cuma akan menampakan dirinya saat situasi pantai sepi, terutama malam hari.

Keelokan selanjutnya sebagai daya tarik dari pantai siung, ialah cerita dibalik kejayaan masa silam yang menyelimuti.

Saat era walisongo masih Berjaya, pantai cantik ini ialah pusat perdagangan untuk daerah Gunung Kidul dan sekitarnya.

Saat waktu-waktu tertentu, kamu akan menemukan garam-garam yang telah diproses dan dijemur.

Kamu bisa ambil foto dan merekam pembuatan garam yang dilakukan. Ini karena sebagian besar mata pencarian masyarakat disekitaran siung ialah petani garam.

Tiap sudut dari pantai mempunyai keelokan yang unik dan berbeda, hingga untuk kamu penggemar photografi dan sedang mencari spot foto cantik, lokasi ini sangat cocok.

Beragam jenis tebing yang ada disekitaran pantai akan mempermudah kamu melakukan ambil foto.

Nah, dari sekian banyak kecantikan yang terselinap rupanya ada satu spot sebagai favorite para wisatawan yakni, pengilon.

Bukit ini berbentuk karang tepi pantai yang telah ditumbuhi rumput hijau hingga dikatakan sebagai bukit.

Lokasi ini ada di sekitaran segi timur pantai, hingga selain bisa menyaksikan daerah Siung, kamu akan bisa menyaksikan deretan pantai lain seperti pantai Wediombo dan Watu Lumbung.

Sedikit tips buat kamu yang ingin tiba ke sini dan berkunjung bagian sisi timur pantai, tepatnya di bukit untuk tiba saat menjelang matahari tenggelam.

Situasi pantai dari ketinggian menjelang sunset benar-benar eksotik, kamu akan kagum dengan pemandangan yang disuguhi.

Aktivitas Outdoor di Pantai Siung

Rupanya kamu bisa melakukan bermacam aktivitas outdoor loh, seperti berenang. Rasanya berenang di birunya air laut sesudah capek menempuh 2 jam perjalanan akan mengembalikan kesegaran badan kamu.

Aktivitas Outdoor di Pantai Siung
Aktivitas Outdoor di Pantai Siung (sumber: Instagram @delameisuda)

Gelombang ombak di pantai ini cukup tenang di saat-saat tertentu, walau begitu benar-benar dianjurkan agar semakin siaga, apalagi bila bawa anak-anak.

Selain berenang, kamu dan rombongan bisa melakukan kemah. Pantai Siung mempunyai tempat khusus berkemah yang berada disebelah timur, bahkan juga disiapkan juga rumah panggung dengan kemampuan penghuni sekitaran 15 orang.

Kamu bisa bawa perlengkapan kemping sendiri atau sewa di lokasi, tetapi jumlah perlengkapan yang disewakan benar-benar terbatas, bila tidak mau kehabisan alangkah baiknya kalau lakukan pemesanan ditambah dulu.

Sayangnya, bila kamu ingin berkemah disini harus membawa sendiri peralatan pendukung seperti alat masak.

Tempat penyewaan yang ada di sekitaran pantai cuma menyewakan tenda dan perlengkapan tenda saja.

Untuk lokasi kemping, kamu bisa memilih sendiri, ada di lokasi yang landai atau tinggi di atas perbukitan.

Kegiatan yang tidak kalah hebat selanjutnya ialah panjat tebing. Lokasi pantai Siung telah populer sebagai tempat panjat tebing yang menguji adrenalin, disana ada kurang lebih 250 jalur panjat tebing yang bisa kamu coba.

Jangan terkejut, bila berkunjung ke sini kamu akan kerap menemui komunitas panjat tebing latihan.

Komunitas panjat tebing yang sering latihan berasal dari beragam jenis wilayah, baik dalam wilayah Yogyakarta atau luar.

Jika kamu ialah seorang pemula dan ingin mencoba, ada nada pemandu yang hendak membimbing menuju tebing paling pendek.

Kamu akan diberikan perlengkapan panjat tebing yang didampingi dan aman oleh ahlinya, jadi tidak perlu cemas tentang keamanan.

Perlu kamu kenali loh, rupanya lokasi panjat tebing di pantai Siung sebelumnya pernah jadi tuan rumah pada acara ASEAN Climbing Gathering dengan jumlah peserta 250 orang dari berbagai negara yang tergabung dalam ASEAN.

Tidak heran bila berkat acara ini, makin meningkat pula daya tarik dan pesona pantai untuk para wisatawan.

Keadaan alam sekitaran pantai yang dikelilingi karang dan pepohonan di bukit akan mendukung bila kamu akan memasangkan hammock.

Kamu bisa memasang hammock antara dua tebing raksasa atau karang, hingga bisa memberikan kesan berlainan saat nikmati situasi pantai.

Ingin menikmati suasana pantai sambil tiduran di atas hammock, tetapi lupa bawa? Kamu tak usah sedih, karena masyarakat sekitaran yang ada di sekitaran pantai sediakan persewaan Hammock. Kamu perlu bayar beberapa ribu rupiah saja.

Banyak pengunjung yang menyewa dan memasang hammock di pantai ini, selain untuk tempat berbaring dan istirahat beberapa dari mereka menjadikan sebagai spot foto estetik.

Ala-ala berbaring dengan pemandangan laut selatan dikelilingi tebing, akan membuat foto kamu semakin cantik.

Fasilitas dan Transportasi Menuju Pantai Siung

Walaupun mempunyai jumlah pengunjung yang tidak sebanyak pantai lain disekelilingnya, tetapi fasilitas yang terdapat disini cukup lengkap.

Fasilitas dan Transportasi Menuju Pantai Siung
Fasilitas dan Transportasi Menuju Pantai Siung (sumber: Google Maps: Christa Satria Paramayudha)

Ketersediaan toilet juga telah terjamin, karena jadi lokasi berkemah hingga jumlah kamar mandi disini cukup bersih dan banyak.

Masalah air tawar yang dipakai juga berlimpah, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mandi ketika akan berkemah.

Selain toilet, ada sebuah masjid yang dipakai sebagai tempat beribadah.

Masjid yang ada dirawat oleh masyarakat sekitaran dan kerap dipakai oleh petugas yang berjaga di pantai.

Lokasi masjid tidak terlalu jauh dari tempat rekreasi pantai, hingga masih gampang untuk dijangkau.

Kamu tidak perlu khawatir kelaparan waktu berkunjung ke pantai Siung, karena disekitaran pantai telah ada warung-warung yang menyajikan bermacam makanan berat dan jajanan ringan.

Jika ada pengunjung yang kemping, umumnya warung disekitaran pantai akan membuka lebih lama.

Untuk masalah harga, masih standard dan tidak membuat kantong jebol.

Keelokan pantai sangat sayang untuk dilewati apalagi saat sunset dan sunrise, kamu bisa nikmati panoramanya secara bermalam disana.

Tetapi, bila tidak mau berkemah disekitaran pantai kamu bisa sewa penginapan yang berada tidak jauh dari tempat pantai.

Harga penginapan yang ditawarkan bervariasi, jadi pintar-pintar lah menawar harga ya.

Pantai yang berada lumayan jauh dari pusat perkotaan Yogyakarta, sehingga tidak ada angkutan umum yang menjangkau sampai ke lokasi pantai.

Kamu diwajibkan menggunakan kendaraan individu bila berkunjung, baik motor atau mobil.

Akses jalan raya menuju pantai Siung cukup bagus, sepanjang jalan telah diaspal dan medan tidak terlalu ekstrim.

Kamu cuma akan menemukan sedikit kelokan dan tanjakan curam pada tempat piyungan menuju Patuk.

Mengingat tanjakan yang cukup terjal dan berliku, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu kendaraan yang hendak kamu gunakan.

Sepanjang jalan, kamu akan disajikan pemandangan wilayah Gunung Kidul yang ditumbuhi tanaman-tanaman sejuk.

Info Harga Tiket Masuk Pantai Siung Terkini

Harga tiket rekreasi pantai di wilayah Gunung Kidul telah populer benar-benar terjangkau, termasuk menuju pantai Siung.

Info Harga Tiket Masuk Pantai Siung Terkini
Info Harga Tiket Masuk Pantai Siung Terkini (sumber: Instagram @pantai.siung)

Kamu cuma dikenai ongkos masuk sebesar Rp.5.000 per orang dan ongkos parkir motor Rp.2000 saja, untuk mobil cuma Rp.5000.

Wisata pantai ini buka 24 jam, jadi kamu tidak perlu cemas.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Selasa24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Rabu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Kamis24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Jumat24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Minggu24 JamRp. 5.000Rp. 2.000Rp. 5.000

Harga itu belum termasuk ongkos menginap, bila ingin menginap di pantai kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk kebersihan sebesar Rp.10.000 per orang.

Jika kamu ingin mencoba panjat tebing, bakal ada biaya tambahan untuk pendampingan dan penyewaan alat-alat.

Beragam penginapan yang ada disekitaran daerah pantai mempunyai harga yang terjangkau.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran kamar yang diinginkan budget yang dimiliki. Semua penginapan telah terjaga keamanannya dan kebersihan.

Perlu diperhatikan juga bila ingin berkunjung ke pantai ini untuk mengenakan outfit yang sangat nyaman ya, hindari menggunakan rok rumbai untuk Wanita karena dicemaskan akan gampang robek dan nyangkut.

Berbeda dengan pantai lain di sekitarnya, wilayah pantai siung masih dikuasai oleh tanaman liar dan karang.

Pastikan kamu mengenakan sepatu yang nyaman dan aman, alas kaki yang bisa melindungi kaki dari tusukan duri rumput liar atau goresan batu karang saat terjatuh.

Batu karang yang tajam akan mudah membuat kaki kamu terluka, benar-benar direkomendasikan memakai sepatu, apalagi bila kamu merencanakan akan menaiki bukit untuk menyaksikan keelokan pantai pada malam hari.

Bagaimana? Apa kamu siap menghabiskan akhir pekan di Pantai Siung, Gunung Kidul ini?

Jangan lupa untuk berkunjung bawa keluarga dan orang-orang tersayang.

Jangan lupa selalu untuk jaga kebersihan dan mematuhi peraturan selama berkunjung, buang sampah tepat pada tempatnya!.

Rekomendasi Hotel Harga Terjangkau Sekitaran Pantar Siung

Di bawah ini ayowisata.co.id telah merangkum daftar hotel yang ada di sekitaran pantai Siung, yaitu:

1. Radika Paradise Villa & Cottage

Radika Paradise Villa & Cottage
Radika Paradise Villa & Cottage (sumber: Google Maps: Radika Paradise Villa & Cottage)

Radika Paradise Villa & Cottage adalah pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan penginapan dengan suasana nyaman dan pemandangan yang menakjubkan.

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Siung, hotel ini menawarkan kemudahan akses ke surga pantai yang memukau.

Dengan fasilitas kamar yang modern dan luas, kamu akan merasa seperti berada di rumah sendiri.

Selain itu, pemandangan alam sekitar yang menawan dapat dinikmati langsung dari balkon pribadi setiap kamar.

Hotel ini juga menawarkan beragam fasilitas seperti restoran dengan menu lezat yang menggugah selera, kolam renang yang menyegarkan, dan Wi-Fi gratis untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

Staf yang ramah dan profesional siap memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu, menjadikan pengalaman menginap kamu di Radika Paradise Villa & Cottage tak terlupakan.

Perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 400.931 per malam

2. Walet Guest House

Jika kamu mencari akomodasi yang lebih sederhana namun tetap nyaman, Walet Guest House adalah pilihan yang sempurna.

Walet Guest House
Walet Guest House (sumber: Google Maps: andre maurice)

Terletak di dekat Pantai Siung, penginapan ini menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi para wisatawan yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Walet Guest House menawarkan berbagai pilihan kamar yang nyaman dan terawat dengan baik.

Kamu dapat menikmati tidur yang nyenyak setelah seharian beraktivitas di pantai. Fasilitas umum seperti ruang tamu bersama dan dapur bersama juga tersedia bagi para tamu yang ingin berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

Selain itu, staf yang ramah dan penuh keramahan siap membantu kamu dengan segala kebutuhan selama menginap.

Perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 400.000 per malam

3. Penginapan Putra Darma

Jika kamu ingin merasakan suasana tradisional yang autentik, Penginapan Putra Darma adalah pilihan yang tepat.

Penginapan Putra Darma
Penginapan Putra Darma (sumber: Google Maps: Hotelbeds)

Terletak di sekitar Pantai Siung, penginapan ini menawarkan kenyamanan dan keasrian pedesaan yang jarang ditemukan di tempat lain.

Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan tanaman tropis, kamu akan merasakan kedamaian yang menyegarkan jiwa.

Penginapan Putra Darma menawarkan berbagai tipe kamar yang menggabungkan sentuhan tradisional dengan fasilitas modern.

Kamu dapat merasakan pengalaman tidur yang nyaman dengan suasana pedesaan yang khas.

Restoran penginapan ini juga menyajikan hidangan tradisional yang lezat, memanjakan lidah kamu dengan cita rasa lokal.

Selain itu, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas menarik di sekitar Penginapan Putra Darma, seperti berjalan-jalan santai di pantai, snorkeling, atau mengunjungi objek wisata terdekat.

Perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 180.903 per malam

Booking Penginapan Sekitaran Pantai Siung Diskon Hingga 55%

Kuliner Lezat Khas Pantai Siung di Gunung Kidul

Kuliner Lezat Khas Pantai Siung di Gunung Kidul

Berikut kuliner lezat khas pantai Siung yang wajib kamu coba saat berada di Gunung Kidul, yaitu:

  1. Ikan Bakar: Pantai Siung terkenal dengan ikan bakar yang lezat. Kamu dapat menikmati ikan segar yang dibakar dengan rempah-rempah khas, seperti bumbu kunyit, bawang merah, dan jahe. Rasanya yang gurih dan aroma harum akan membuat kamu ketagihan.
  2. Seafood Goreng Tepung: Hidangan seafood goreng tepung juga menjadi favorit di Pantai Siung. Udang, cumi-cumi, atau ikan segar dicelupkan ke dalam adonan tepung yang renyah, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat hidangan ini sempurna untuk dinikmati di tepi pantai.
  3. Sate Kelapa: Sate kelapa adalah hidangan yang unik di Pantai Siung. Potongan daging ayam atau sapi ditusuk menggunakan tusuk sate dari batang kelapa, kemudian dibakar di atas arang. Proses pemanggangan menggunakan tusuk sate dari kelapa memberikan aroma dan rasa yang khas pada daging.
  4. Es Dawet Telasih: Untuk minuman segar, kamu dapat mencoba es dawet telasih di Pantai Siung. Es dawet ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan air gula merah dan disajikan dengan santan dan telasih. Rasanya yang manis dan segar akan menyegarkan tenggorokan kamu setelah beraktivitas di pantai.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like