Pantai Suluban Uluwatu, Bali: Surga Menakjubkan Bagi Peselancar

Pulau Bali dikenal memiliki pantai-pantai dengan pemandangan yang cantik. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara mengakuinya. Selain Pantai Kuta yang telah dikenal banyak orang, ada beragam pantai lain yang sebetulnya patut untuk dikunjungi, salah satunya Pantai Suluban ini.

Pantai Suluban menjadi satu diantara destinasi wisata pantai di Bali yang memberi pengalaman berbeda untuk wisatawan. Wisatawan perlu menuruni anak tangga untuk sampai ke pantai ini. Pantai yang berada di Uluwatu ini cocok untuk yang ingin surfing di ombak besar.

Profil Pantai Suluban

Profil Pantai Suluban
(sumber gambar: GoogleMaps_Trip by locals bali)

Setiap pantai mempunyai karakter yang berbeda, demikian dengan Pantai Suluban. Pantai yang satu ini termasuk unik dibandingkan beberapa pantai lainnya. Salah satunya karena pengunjung yang ingin sampai ke sana harus menuruni anak tangga terlebih dahulu.

Kemudian pengunjung akan melewati dua batu karang yang menyerupai gerbang. Pengunjung akan merasakan pemandangan yang tidak biasa bahkan ketika akan menuju ke tempat pantai ini.

Suluban sendiri berasal dari kata ‘Mesulub’. Ini adalah kata dari bahasa Bali yang maknanya berjalan melewati sesuatu di atas kepala. Ini menunjuk pada batu karang yang menjulang tinggi seperti gerbang ketika akan masuk ke pantai.

Gerbang batu karang itu seperti goa yang menuju ke pantai. Nama lain dari Pantai Suluban untuk wisatawan internasional yakni Blue Point Beach. Nama itu berasal dari lokasinya yang dekat dengan Hotel Blue Point.

Pantai ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang menyenangkan karena cocok untuk surfing. Di sini ada penyewaan papan selancar untuk pengunjung yang tidak membawa papan sendiri.

Ombak yang ada di pantai ini cocok untuk para peselancar profesional. Jadi tak heran banyak peselancar dari luar serta dalam negeri yang terlihat di pantai ini.

Sebagai pantai yang dikenal, fasilitas yang ada di sini cukup lengkap. Apalagi tersedia kafe, warung makan, toko cinderamata, parkir yang lega, dan penginapan yang lumayan dekat. Fasilitas pendukung itu tentu saja memberi kenyamanan untuk pengunjung.

Wisatawan yang tiba ke pantai ini akan disuguhi pemandangan sunset atau matahari terbenam yang cantik. Pasir putih, dipadu air laut kebiruan akan bertambah estetik dengan langit oranye di senja hari. Pengunjung bisa datang pada sore hari untuk menunggu pemandangan matahari terbenam di pantai ini.

Tiket, Transportasi, dan Rute ke Pantai Suluban
(sumber gambar: GoogleMaps_Sri Kusasi)

Tiket, Transportasi, dan Rute ke Pantai Suluban

Pantai Suluban berlokasi di Uluwatu, Bali. Pengunjung yang datang bisa menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau bus. Di sini ada parkir yang lumayan luas untuk memuat kendaraan para wisatawan. Tiket masuk ke pantai ini murah yakni 5 ribu rupiah per orang.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Selasa08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Rabu08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Kamis08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Jumat08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Sabtu08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000
Minggu08.00 – 18.00 WitaRp5.000Rp. 3.000Rp. 5.000

Bagaimana dengan rute ke arah Pantai Suluban? Wisatawan di luar yang tiba ke Bali umumnya mengawali perjalanan dari Bandara Ngurah Rai atau Pelabuhan Gilimanuk.

Jika dari bandara, maka bisa melanjutkan ke jalan bypass Ngurah Rai lalu ke arah jalan raya Uluwatu. Seterusnya belok ke jalan raya Uluwatu Pecatu. Kemudian baru masuk ke jalan menuju pantai tujuan. Rute ini gampang untuk dilewati, apalagi bila pergi dengan pemandu atau travel.

Jika dari Denpasar maka menuju ke Jalan Pulau Seram lalu ke Jalan Teuku Umar. Dari sana berbelok ke Jalan Pulau Batanta lalu ke Jalan Taman Pancing.

Setelah itu ke Jalan Sunset Road dan ke Jalan Bypass Ngurah Rai. Dari jalan bypass itu bisa mengikuti rute yang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dan untuk yang dari Pelabuhan Gilimanuk maka bisa mengawali dari Jalan Raya Denpasar. Selanjutnya masuk ke Gilimanuk, pada perempatan ketiga belok ke Jalan Kalayang Sudimara selanjutnya ke Bypass Tanah Lot. Dari sana ke Jalan Raya Canggu, selanjutnya lurus ke Jalan Raya Kerobokan.

Kemudian ke arah Jalan Sunset Road dan ke Jalan Bypass Ngurah Rai. Dari jalan itu dapat mengikuti rute yang sama dengan yang dari Bandara Ngurah Rai.

Jadi , menuju ke Pantai Suluban terdekat jika mendarat dari Bandara Ngurah Rai. Para wisatawan yang tiba ke Bali menggunakan pesawat terbang, bisa merencanakan terlebih dahulu untuk ke arah pantai ini. Rencanakan kunjungan ke tempat wisata yang lain dengan rute transportasi dan waktu yang paling efektif.

Alamat: Desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Suluban

Liburan ke pantai yang cantik bukan hanya untuk memanjakan mata saja. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Apalagi di pantai seperti Suluban yang mempunyai ombak besar.

Olahraga seperti surfing menjadi opsi yang tepat untuk dilakukan di pantai ini. Untuk wisatawan, berikut sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Suluban.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Suluban
(sumber gambar: Google_expediadotcodotid)

1. Berselancar atau Surfing

Pantai ini mempunyai ombak besar sehingga cocok untuk para peselancar profesional. Para peselancar dari luar serta dalam negeri datang kesini untuk merasakan menaiki ombak dengan papan selancarnya.

Surfing di pantai ini dapat dilakukan pada siang hari saat ombak besar. Tipe ombak di sini kuat dan panjang hingga cocok untuk para profesional yang ingin memperlihatkan kepiawaiannya.

Di sini terdapat tempat penyewaan papan selancar untuk yang tidak membawa sendiri. Selain peselancar mandiri, ada pula club surfing yang berselancar di sini. Kompetisi surfing pun juga ikut diselenggarakan di pantai ini karena ombaknya yang cocok.

2. Bermain Pasir Pantai dan Berenang

Pasir putih Pantai Suluban bisa menjadi tempat bermain. Beberapa anak umumnya akan bermain pasir dengan alat seperti bak dan sekop kecil. Di pinggir pantai yang dangkal cocok dipakai untuk berendam dan berenang.

Pastikan supaya tidak berenang terlalu ke tengah sebab ada ombak yang besar. Meskipun ada penjaga pantai tapi para pengunjung perlu tetap menjaga diri masing-masing.

3. Santai di Gua dan Batu Karang

Pantai ini mempunyai batu karang yang menjulang tinggi. Tidak cuma batu karang, ada pula gua pantai yang bila disusuri akan membawa pengunjung ke pantai di Pura Uluwatu.

Beberapa wisatawan dapat bersantai di gua tersebut. Ada banyak gua yang ada di samping tebing. Ini dapat tertutup air bila kondisi pasang, jadi bisa ke sana dengan aman saat air surut.

Santai di Gua dan Batu Karang
(sumber gambar: Google_Tribun Travel)

4. Memotret Pemandangan Senja

Pemandangan di Pantai Suluban memang indah apakah itu pada pagi atau siang hari. Tetapi yang sangat menarik tentu saja momen saat matahari tenggelam atau sunset.

Pengunjung yang ingin menyaksikan sunset yang cantik bisa berkunjung di saat yang pas yakni di sore menjelang senja. Wisatawan dapat mendokumentasikannya dengan berfoto bersama atau mungkin memfoto pemandangannya saja.

5. Bersantai di Cafe

Salah satu fasilitas modern yang berada di panti ini yakni cafe dan restoran. Ini bisa digunakan oleh wisatawan dengan menikmati makanan dan minuman yang ada di sana.

Bersantai di cafe memberikan kesan yang berbeda karena bisa sekalian menikmati pemandangan alam dari atas tebing pantai. Ada banyak cafe dan restoran yang bisa dipilih yang rata-rata menghadap ke lautan.

Itulah sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Suluban, Uluwatu, Bali ini. Wisatawan dapat pilih mana kegiatan yang disenangi. Untuk yang tidak bisa berselancar jadi tidak perlu cemas sebab bisa berjalan-jalan dan bersantai saja disekitaran pantai.

Penginapan Dekat Pantai Suluban

Liburan di Bali tentu saja tidaklah cukup bila hanya satu hari saja, ada beberapa tempat wisata yang dapat didatangi. Berwisata di pantai bisa juga dilakukan dengan menginap di hotel atau penginapan yang berada di dekatnya.

Apalagi yang dekat dan memiliki view langsung ke pantai. Untuk wisatawan Pantai Suluban, berikut sejumlah penginapan paling dekat di Uluwatu, Bali.

1. Yoga Searcher Bali

Yoga Searcher Bali
(sumber gambar: Agoda)

Yoga Searcher Bali adalah penginapan dengan kolam renang outdoor dan kelas yoga. Ini cocok untuk yang ingin liburan sekalian berlatih yoga. Di sini ada juga layanan spa dan pusat kesehatan.

Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari kamar dengan balkon pribadi, penata rambut, binatu, sampai rental sepeda. Lokasinya sendiri lumayan dekat dengan pantai yakni kurang lebih 500-600 meter. Jadi wisatawan yang ingin ke pantai tinggal berjalan kaki saja.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.823.360 per malam

PESAN HOTEL Yoga Searcher Bali Diskon 71%

2. Uluwatu Cottages

Uluwatu Cottages
(sumber gambar: Agoda)

Uluwatu Cottages hanya memiliki jarak setengah kilometer saja dari Pantai Suluban. Penginapan ini ada di atas tebing dan menghadap ke laut hingga mempunyai panorama yang cantik.

Beberapa tamu dapat menikmati keelokan pemandangan itu dari kolam renang infinity. Fasilitasnya cukup lengkap seperti kamar, tv, kamar mandi shower, penyewaan mobil dan sepeda, dan masakan Indonesia dan barat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.276.275 per malam

PESAN HOTEL Uluwatu Cottages Diskon 52%

3. La Kreyiol

La Kreyiol
(sumber gambar: Agoda)

La Kreyiol berada sekitar 1 km dari Pantai Suluban. Penginapan yang ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dengan taman dan kolam renang luar ruangan. Masalah makanan, di tempat ini ada sarapan ala Amerika dan vegetarian.

Dekorasi penginapannya cantik serta mempunyai kamar yang bersih dan luas. Dengan harga yang cukup dapat dijangkau, para wisatawan asing banyak yang bermalam di tempat ini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 950.000 per malam

PESAN HOTEL La Kreyiol Diskon 75%

4. The Istana

The Istana
(sumber gambar: Agoda)

Untuk yang mencari resort di dekat Suluban maka dapat memilih The Istana. Penginapan ini hanya memiliki jarak 200-400 meter saja dari pantai. The Istana cocok untuk yang menyukai nuansa tradisional yang mewah.

Apalagi di sini kolam renangnya juga langsung menghadap ke pantai hingga tamu dapat menikmati pemandangan yang cantik. The Istana populer dengan fasilitas spa dan yoga yang dapat dinikmati para tamu. Fasilitas yang lain yakni restoran The Istana Organic Kitchen.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 6.340.379 per malam

PESAN HOTEL The Istana Diskon 80%

5. Mamo Hotel Uluwatu

Mamoa Hotel Uluwatu
(sumber gambar: Agoda)

Mamo Hotel Uluwatu dapat menjadi opsi untuk penginapan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Di sini fasilitasnya cukup lengkap dimulai dari spa, kolam renang outdoor, taman, dan laundry.

Kamar di hotel ini dilengkapi balkon yang menghadap ke Desa Uluwatu atau laut. Hotel ini lumayan dekat dari pantai hanya sekitaran 400 meter saja.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 404.250 per malam

PESAN HOTEL Mamo Hotel Uluwatu Diskon 61%

6. Tregge Surf Camp Uluwatu

Tregge Surf Camp Uluwatu
(sumber gambar: Agoda)

Untuk yang ingin mencari penginapan murah di sekitar Suluban karena itu dapat mendatangi guest house Tregge Surf Camp. Di sini fasilitasnya cukup memadai seperti wifi gratis, perlengkapan mandi, shower, dan kamar dengan AC. Ada pula taman yang cantik dan sejuk di tempat guest house ini.

Pilih penginapan di sekitar tempat wisata bisa disesuaikan dana yang sudah disiapkan. Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Suluban dimulai dari yang murah sampai yang mahal dengan fasilitas mewah.

Ada baiknya memesan penginapan jauh hari agar memperoleh harga lebih murah. Lihat ketentuan saat pemesanan hotel misalnya soal apakah dapat dibatalkan atau mungkin tidak.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 420.000 per malam

PESAN HOTEL Tregge Surf Camp Diskon 62%

Objek Wisata di Dekat Pantai Suluban

Saat berwisata ke sesuatu tempat maka juga bisa mengunjungi wisata lain yang berada di dekatnya. Ini bisa menghemat biaya transportasi dengan merencanakan berlibur di sejumlah lokasi yang berdekatan.

Pantai Suluban sendiri berada di Uluwatu yang telah dikenal sebagai daerah dengan banyak destinasi wisata menarik. Berikut sejumlah objek wisata yang ada di dekat Pantai Suluban.

1. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu
(sumber gambar: Google_Kecak Dance Uluwatu)

Bali dikenal budayanya yang tetap kental. Di sini banyak juga pura salah satunya Pura Luhur Uluwatu. Pura ini cukup unik karena ada di atas bukit karang. Jadi pengunjung perlu untuk naik ke atas bukit itu.

Wisatawan yang tiba akan disambut hutan dengan kera ekor panjang. Dari atas bukit, wisatawan bisa juga menikmati keindahan pemandangan Samudra Hindia, terutama saat momen matahari terbenam. Di sini juga dikenal pertunjukan tari kecaknya.

2. Tebing Karang Boma

Tebing Karang Boma
(sumber gambar: Google_Mytrip123)

Karang Boma Cliff adalah salah satu destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi di Uluwatu, Badung, Bali. Wisatawan dapat menikmati panorama laut di atas tebing karang.

Tempat wisata yang ini masih tergolong sepi karena belum banyak orang yang mengetahui. Jadi ini cocok untuk yang ingin bersantai di lokasi yang tidak banyak pengunjungnya.

3. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang
(sumber gambar: Google_Agoda)

Selain Pantai Suluban, di Uluwatu banyak juga pantai yang lain satu diantaranya adalah Pantai Padang Padang. Pantai ini mempunyai nama lain yakni Pantai Labuan Sait. Pantai yang ini dapat dikunjungi melewati anak tangga dan menyusuri goa.

Pengunjung bisa juga berjumpa dengan sejumlah kera liar. Garis pantainya tidak begitu panjang dengan dibatasi tebing dan pepohonan. Keindahan pantai ini membuat menjadi lokasi untuk video musik band MLTR dan film Eat, Pray, Love.

4. Malini Agro Park

Malini Agro Park
(sumber gambar: Google_MAJALAH BALI)

Malini Agro Park bisa jadi destinasi wisata pembelajaran yang cocok didatangi bersama keluarga. Di sini ada kebun beragam jenis sayur yang tumbuh secara sehat.

Ada sekitar 70 tipe tanaman yang ditanam di tempat ini. Pengunjung bisa juga mencicipi masakan hasil dari kebun itu. Disamping itu banyak pula spot foto yang menarik bagi wisatawan.

Kulineran Lezat Khas Bali Disekitar Pantai Suluban Uluwatu

Bali dikenal dengan keindahan alamnya dan keanekaragaman kuliner yang lezat. Jika kamu berada di sekitar Pantai Suluban di Uluwatu, kamu dapat menikmati berbagai hidangan khas Bali yang lezat. Berikut beberapa kuliner yang bisa kamu coba:

Kulineran Lezat Khas Bali Disekitar Pantai Suluban Uluwatu
(sumber gambar: Google_Hotel)
    • Bebek Bengil: Bebek Bengil terkenal dengan bebek gorengnya yang renyah. Tempat ini memiliki suasana yang nyaman dengan pemandangan yang indah. Bebek goreng di sini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal matah.
    • Warung Nasi Ayam Bu Oki: Warung ini terkenal dengan nasi ayamnya yang lezat. Nasi ayam biasanya disajikan dengan nasi kuning, potongan ayam yang diungkep, lawar, dan sambal matah.
    • Jimbaran Seafood: Meskipun Jimbaran terkenal dengan pantainya, kamu bisa menemukan beberapa warung seafood yang menyajikan hidangan laut segar di sekitar Pantai Suluban. Pilihlah ikan atau seafood favorit kamu dan nikmatilah dengan saus kecap khas Bali.
    • Nasi Campur Bali: Warung atau restoran lokal di sekitar Pantai Suluban mungkin menyajikan nasi campur Bali. Nasi campur adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam betutu, lawar, jukut urab, dan sate lilit.
    • Warung Warung: Di sepanjang Pantai Suluban, kamu akan menemukan berbagai warung kecil yang menyajikan makanan lokal. Coba berbagai hidangan di sini, seperti mie goreng, nasi goreng, atau ayam goreng.
    • Warung Bejana Uluwatu: Warung ini terletak dekat dengan Pantai Suluban dan menyajikan hidangan khas Bali. Cobalah bebek panggang atau ayam betutu yang terkenal di sini.
    • Warung Makan Pecel Lele Lela: Jika kamu menyukai ikan, cobalah mencari warung pecel lele (lele goreng dengan sambal kacang) di sekitar Pantai Suluban. Rasanya yang gurih dan pedas bisa menjadi pilihan yang lezat.
    • Warung Selaginella: Warung ini terletak di dekat Pantai Suluban dan terkenal dengan hidangan seafoodnya yang segar. kamu dapat menikmati berbagai pilihan hidangan laut, seperti ikan bakar, udang goreng, dan kepiting saus padang.
    • Single Fin Bali: Meskipun lebih dikenal sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam dan berselancar, Single Fin juga memiliki restoran dan bar yang menyajikan hidangan lezat. Menu di sini mencakup hidangan internasional dan lokal, termasuk hidangan khas Bali.
    • Trattoria Uluwatu: Jika kamu menginginkan suasana yang lebih santai dengan hidangan Italia yang lezat, Trattoria Uluwatu dapat menjadi pilihan yang baik. Mereka menyajikan pizza, pasta, dan hidangan Italia lainnya dengan pemandangan yang indah.
    • Warung Bejana: Warung ini terletak di dekat Uluwatu, dan menyajikan hidangan Indonesia, termasuk hidangan khas Bali seperti bebek betutu, ayam betutu, dan nasi campur.
    • Suka Espresso: Bagi yang mencari kopi dan camilan, Suka Espresso adalah pilihan yang bagus. Terletak di dekat Pantai Suluban, mereka menyajikan kopi berkualitas tinggi dan variasi camilan yang enak.
    • The Mango Tree Cafe: Cafe ini terletak di jalan menuju Pantai Suluban. Mereka menyajikan hidangan sehat, seperti smoothie bowls, salad, dan hidangan ringan lainnya dengan suasana yang nyaman.

Kesimpulan

Bali memang dikenali banyak memiliki tempat wisata alam dan budaya yang tidak cuma disukai wisatawan lokal tetapi juga luar negeri. Pantai Suluban menjadi salah satu destinasi wisata yang pantas didatangi karena keunikan yang dipunyai. Apalagi disekelilingnya banyak juga objek wisata yang lain.

Jika liburan ke Bali secara mandiri, maka perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan lokasi, transportasi, dan penginapannya. Berbeda jika berlibur dengan travel yang mempunyai pemandu yang berpengalaman.

Liburan ke Bali terkadang memakan waktu beberapa hari karena ada beberapa tempat wisata bagus yang harus didatangi. Penginapan jadi hal yang penting untuk diperhitungkan saat berkunjung kesini.

Targetkan berlibur ke Bali secara baik dimulai dari dana yang dimiliki sampai waktu berkunjung. Bila liburan ke Pantai Suluban maka dapat memilih penginapan yang terdapat disekelilingnya. Nikmati keindahan alam di pantai ini secara santai di pasir putih atau berselancar di ombak laut.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like