6 Aktivitas Seru di Pantai Sundak Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba

6 Aktivitas Seru di Pantai Sundak Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba (sumber: Google Maps: IMS VLOG)

Pantai Sundak merupakan rekomendasi rekreasi yang dapat kamu temui saat mengunjungi ke kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Tujuan rekreasi itu bukan hanya populer karena pemandangan alamnya yang eksotis, tapi juga mempunyai tapak jejak sejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Kawasan pantai bukan hanya terlihat asri dan hijau karena ada di area bukit-bukit, tetapi suasananya cukup tenang karena tidak begitu ramai pengujung.

Jika kamu yang menyukai sensasi liburan yang lebih private, maka destinasi ini ialah opsi yang tepat. Maka jangan lupa untuk berkunjung ke pantai Sundak saat sedang berkunjung ke Gunung Kidul.

Pesona Alam Pantai Sundak

Pantai Sundak mungkin masih kurang populer untuk sebagian orang. Tetapi sebetulnya tujuan itu cukup terkenal di lokasi aslinya yakni Gunung Kidul.

Pantai ini bukan hanya populer karena daya tarik alamnya yang eksotik, tapi juga mempunyai jejak sejarah yang bagus sekali untuk di jelajahi.

Pantai yang berada di daerah Sidorejo ini mempunyai beberapa fakta dan sejarah yang legendaris dan diceritakan dengan turun temurun.

Jika melihat dari sisi namanya, pantai Sundak kabarnya sebagai penggabungan dari kata landak dan asu.

Bila menyaksikan dari sisi artinya, asu ialah nama lain dari anjing dan landak sebagai sejenis hewan berduri yang umum dijumpai hidup di tempat pantai.

Pada jaman dulu, kedua hewan itu kabarnya bertemu di goa yang berada di wilayah mengalami perkelahian.

Pertemuan asu dan landak inilah yang selanjutnya jadi cikal bakal pemberian nama pantai Sundak.

Selain nama yang unik, pantai Sundak rupanya mempunyai beberapa keunggulan dan bukti yang menarik. Apa saja kira-kira?

1. Mengalami Evolusi Berkali-kali

Selain dinamakan sebagai pantai Sundak, daerah ini dikatakan sebagai Wedi Belah atau Wedi Bedah. Disebut begitu karena daerah itu kabarnya pada mulanya ialah berbentuk lautan.

Mengalami Evolusi Berkali-kali
Mengalami Evolusi Berkali-kali (sumber: Google Maps: Dwiex Ibrachel)

Wilayah lautan ini sudah mengalami evolusi dengan berkali-kali mengalami penyusutan. Selanjutnya, penyusutan yang terjadi inilah yang mengakibatkan munculnya dataran yang menyondong di tempat sekitaran pantai.

Dataran baru ini akan terlihat seperti Wedi Bedah pada musim penghujan. Air yang ada di wilayah daratan akan mengalir ke arah laut hingga tempat itu seperti terlihat pasir yang membelah lautan.

Tetapi saat air kering atau pada musim kemarau, air akan stop mengalir ke laut dan pemandangan Wedi Bedah akan menghilang.

Kekhasan ini sebagai salah satu keistimewaan dari pantai Sundak yang tidak dapat ditemui pada wisata lainnya.

Peristiwa dan topografi pantai ini jadi daya tarik yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke tempat ini.

2. Pemandangan Pantai yang Menarik

Bukan hanya mempunyai jejak sejarah yang memikat, pemandangan pantai Sundak pun tidak kalah keren dibanding sejumlah destinasi lain di Gunung Kidul.

Pemandangan Pantai yang Menarik
Pemandangan Pantai yang Menarik (sumber: Google Maps Pantai Sundak Timur)

Pantai ini mempunyai laut biru dan bentangan pasir berwarna putih yang cantik. Tidak itu saja, sobat wisata bisa juga menjumpai adanya tebing disekitaran situs wisata.

Tebing ini ditumbuhi oleh beragam pepohonan yang teduh dan hijau. Pemandangan hijau inilah yang membuat tempat rekreasi itu kelihatan makin asri dan elok dipandang mata.

Pemandangan pantai yang asri jadi daya tarik tertentu untuk wisatawan. Menikmati segarnya udara alam bebas jadi terapi untuk badan untuk relaksasi dan melepas segala kepenatan.

3. Terdapat Gua Air Tawar

Kekhasan lain dari pantai Sundak ialah ada spot gua yang menghasilkan air tawar. Gua yang satu ini letaknya ada dekat sama tepi laut, tetapi meski begitu rupanya lokasi itu menghasilkan mata air tawar.

Terdapat Gua Air Tawar
Terdapat Gua Air Tawar (sumber: Google Maps: Haris Banuardi)

Goa air tawar ini merupakan spot rekreasi yang lokasinya ada di atas bukit dengan ketinggian 12 km. Letak goa yaitu di kawasan tebing yang ada tidak jauh dari pantai.

Jadi pada tebing ada ceruk yang berbentuk goa dan menghasilkan mata air tawar. Mata air yang dihasilkan dari tempat tersebut inilah yang selanjutnya dijadikan sumber air minum untuk masyarakat lokal yang ada disekitaran pantai.

Pada tempat sekitaran goa, kamu dapat mendapati banyak pipa paralon yang terpasang pada sumber mata air. Pipa-pipa berikut yang berperan untuk salurkan air bersih hingga sampai ke rumah-rumah warga.

Selain untuk sumber mata air, Goa ini kabarnya ialah tempat bertemunya landak dan anjing. Pada tempat ini kedua hewan itu sama-sama berkelahi. Perkelahian dua binatang berikut sebagai cikal bakal dari nama pantai Sundak.

4. Mempunyai Karang-Karang yang Indah

Seperti pada kawasan pesisir pantai selatan lainnya, di pantai Sundak kamu bisa juga temukan pemandangan unik dari beragam karang yang cantik.

Mempunyai Karang-Karang yang Indah
Mempunyai Karang-Karang yang Indah (sumber: Google Maps: Yulinda Dwi)

Karang-karang ini terendam oleh air laut. Tetapi karena airnya benar-benar jernih, maka kamu dapat menyaksikan pemandangan karang-karang itu. Saat air sedang kering, karang-karang itu bahkan juga akan terlihat lebih jelas.

5. Habitat Hidup Beragam Biota Laut

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa juga nikmati panorama unik dari berbagai biota laut yang hidup disekitaran pantai.

Biota laut ini berupa udang, kerang, ikan dan beragam hewan kecil lainnya dan umumnya bersembunyi dibalik karang.

Habitat Hidup Beragam Biota Laut

Bila kamu ingin nikmati cantiknya pemandangan terumbu karang di dasar lautan. Pengunjung bisa sewa perlengkapan snorkeling agar dapat melihat pemandangan alam bawah laut tersebut dari dekat.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Sundak

Selain nikmati cantiknya pemandangan pantai, wisatawan bisa juga lakukan banyak aktivitas hebat untuk isi liburan. Apa aktivitas yang dapat dilakukan di pantai Sundak?

1. Berenang

Mengunjungi pantai belum lengkap bila belum berenang dan bermain air laut. Berenang dan bermain air laut jadi aktivitas yang paling disukai pengunjung.

Berenang

Tetapi usahakan selalu untuk siaga dan masih tetap berenang pada zona aman. Disamping itu, kamu pun bisa sewa ban atau pelampung yang banyak tersedia di sekitar situs wisata.

2. Bermain Pasir

Hamparan pasir putih yang membentang luas jadi spot favorit beberapa wisatawan. Kamu bisa menyewa alas dan membentangkannya pada tepi pantai, lalu duduk-duduk rileks sekalian mengobrol bersama keluarga atau teman.

Bermain Pasir

Bila kamu tipikal orang yang menyukai aktivitas outbound, pesisir pantai jadi spot yang bagus untuk lakukan beragam aktivitas menarik lain.

Susur pantai, bermain bola voli, bermain pasir, dan beragam aktivitas menarik lain dapat dilakukan di sini.

3. Hunting Foto

Liburan belum lengkap rasa-rasanya jika tidak didokumentasikan menggunakan kamera. Pemandangan alam pantai yang cantik benar-benar pas dijadikan spot selfie.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Google Maps: Mahenk Ca)

Untuk para pencinta fotografi, lokasi rekreasi ini jadi spot yang bagus untuk hunting foto. Banyak pemandangan menarik yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan hasil foto yang keren.

4. Snorkeling

Untuk pengunjung yang ingin nikmati pemandangan laut yang cantik beserta biota yang hidup di dalamnya kamu bisa coba aktivitas snorkeling.

Pantai Sundak mempunyai tipikal air yang bersih dan jernih hingga benar-benar bagus dipakai untuk snorkeling.

Snorkeling

Di tempat itu ada juga spot dimana pengunjung bisa menyelam dan nikmati panorama alam bawah laut.

Untuk mereka yang memerlukan peralatan menyelam, disekitaran tempat rekreasi terdapat tempat persewaan bermacam wahana, satu diantaranya yakni peralatan snorkeling.

5. Camping

Nikmati cantiknya pantai Sundak pada malam hari dapat kamu lakukan bersama dengan keluarga atau teman.

Bila tidak mau tidur di penginapan, pengujung dapat sewa tenda dan kemping di pinggir pantai.

Camping

Saat berkemah, kamu dapat menikmati pemandangan terbaik dari tujuan rekreasi ini. Salah satunya yakni peristiwa matahari terbenam dan terbit.

Peristiwa sunset dan sunrise di pinggir pantai jadi pemandangan unik yang banyak dicari oleh wisatawan. Kamu bisa nikmati keduanya saat berkemah di tempat sekitaran situs wisata.

6. Kuliner

Mengunjungi pantai kurang lengkap bila tidak mencicip kulineran setempat. Disekitaran area rekreasi banyak tersedia warung yang menyajikan bermacam kulineran.

Selain camilan, makanan cepat saji atau makanan berat. Kamu bisa juga merasakan banyak penjual yang sediakan beragam olahan yang dibuat dari makanan laut dan ikan.

Kuliner

Nikmati sedapnya seafood sambil menunggu matahari terbenam jadi aktivitas seru yang dapat kamu lakukan pada tempat ini bersama pasangan atau keluarga.

Selain nikmati olahan seafood matang yang telah diolah oleh penjual, kamu bisa juga rasakan serunya barbeque di tepi pantai.

Bila ingin barbeque di tempat itu, kamu harus beli bahan makanan dan perlengkapan yang diperlukan pada warung yang ada disekitaran pantai.

Selain makanan siap santap, kedai-kedai di tempat itu umumnya sediakan bermacam seafood fresh, arang dan beragam peralatan lainnya.

Sarana di Pantai Sundak

Pantai Sundak sebagai salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Spot rekreasi ini selalu ramai dengan kehadiran para pengunjung, baik yang dari luar negeri atau domestik.

Sarana yang dimiliki oleh destinasi rekreasi ini cukup lengkap. Wisatawan akan temukan beberapa sarana yang disiapkan oleh pihak pengurus wisata. Berikut sarana yang disediakan di pantai Sundak:

1. Tempat Parkir

Sarana yang pertama dari tempat wisata ini ialah tempat parkir. Pada tempat sekitaran rekreasi ada tempat dengan ukuran cukup luas yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk memarkirkan kendaraan mereka.

2. Toilet

Seperti tujuan rekreasi pada umumnya, pantai Sundak mempunyai beberapa toilet yang tempatnya tersebar disekitaran tempat wisata. Jadi untuk wisatawan yang berkepentingan bisa memakai toilet itu.

3. Tempat Sampah

Pada tempat sekitaran pantai tersebar banyak tempat sampah. Tempat sampah ini sengaja ditempatkan pada tempat yang gampang dicapai oleh wisatawan.

Jadi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihannya. Sebaiknya kamu teratur untuk buang sampah ketika ada di kawasan ini.

4. Saung

Pada tempat sekitaran pantai ada bangunan saung sederhana. Saung ini di lengkapi dengan bangku bambu atau lincak.

Saung
Saung (sumber: Google Maps: satriyo waskito)

Lincak ini bisa digunakan oleh wisatawan untuk duduk-duduk santai atau berteduh. Wisatawan bisa juga mengobrol sekalian bercengkerama dalam bangunan ini bersama dengan keluarga tersayang atau rekan.

Tetapi agar dapat memakai bangunan saung itu, wisatawan akan dikenai sejumlah biaya tambahan. Jadi bangunan ini harus disewa lebih dulu baru dapat digunakan.

5. Tempat Beribadah

Tidak jauh dari lokasi yang biasa digunakan untuk memarkirkan kendaraan, kamu bisa juga menemukan tempat mushala atau beribadah.

Tempat beribadah atau mushala itu dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menunaikan shalat.

6. Camping Ground

Pada area sekitaran pantai ada kawasan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin kemping atau berkemah.

Camping ground ini berisi tenda-tenda dengan aneka warna. Tenda-tenda ini di tinggali oleh para wisatawan yang ingin kemping dan habiskan malam disekitaran situs wisata.

7. Pusat Kulineran

Pusat kulineran ialah tempat yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin mengisi perut. Pada tempat ini kamu dapat temukan kedai-kedai makanan yang menyediakan bermacam jenis kulineran.

Pusat Kulineran

Tetapi tipe kulineran yang mendominasi pada tempat ini ialah aneka seafood. Selain seafood yang sudah di masak, pengunjung bisa juga beli seafood mentah.

Masyarakat lokal yang rata-rata profesinya sebagai nelayan membuat hasil laut di daerah ini melimpah.

Wisatawan bisa juga beli ikan fresh dan seafood sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke sini.

8. Penginapan

Bila tidak mau habiskan waktu dalam tenda, wisatawan bisa juga memutuskan untuk menginap di penginapan yang banyak terdapat disekitaran situs wisata.

Penginapan-penginapan ini dapat kamu dapatkan secara mudah disekitaran daerah pantai Sundak. Fasilitas, sampai biaya untuk penginapan cukup bervariatif dan dapat dipilih oleh pengunjung sesuai keperluan.

Rute dan Lokasi menuju Pantai Sundak

Pantai Sundak sebagai tujuan rekreasi yang dapat kamu kunjungi saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Lokasi tepat pantai ini yakni ada di desa Sidorejo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Akses jalan menuju pantai Sundak telah cukup memadai karena telah memiliki jalan beraspal yang bagus.

Rute dan Lokasi menuju Pantai Sundak
Rute dan Lokasi menuju Pantai Sundak (sumber: Google Maps: Izzudin Al Qassam)

Tetapi meski begitu, jalur yang dilewati cukup memacu adrenalin karena banyak tanjakan, tikungan terjal dan jalan yang berkelok-kelok.

Untuk menuju pantai Sundak, kamu membutuhkan waktu sekitaran 1,5 jam saat ditempuh dari kota Yogyakarta. Lokasi wisata ini dengan pusat perkotaan Jogja jaraknya yakni sekitaran 65 km.

Saat tiba dari kota Jogja, sebaiknya kamu ambil jalur yang melalui Jl Mayor Suryotomo. Kemudian kamu tetap meluncur sampai temukan Jl Kolonel Sugiono.

Sesudah jalan lurus dan berjumpa pertigaan, kamu bisa ambil jalur rute selatan yakni lewat Jl. Sisingamangaraja-Jl. Imogiri Barat-Jl. Imogiri Siluk-Jl. Siluk Panggang dan sampailah di Jl Raya Wonosari.

Sesudah ada di jalan Raya Wonosari, kamu perlu melaju lurus mengikuti rambu-rambu yang ada sampai temukan situs rekreasi Sundak.

Jika masih bimbang dengan penjelasan rute di atas, kamu bisa buka internet untuk melihat peta lokasi dari pantai ini.

Lokasi lengkap menuju pantai Sundak:

Alamat: Pantai, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Sundak

Pantai Sundak sebagai tujuan rekreasi yang recomended untuk didatangi bersama dengan keluarga tersayang.

Tempat wisata ini bukan hanya sediakan pemandangan alam dan beragam sarana yang menarik, tapi bisa juga dikunjungi budget yang minimalis.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Sundak
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Sundak (sumber: Google Maps: Ans Yt channel)

Harga tiket, ongkos sewa wahana, sampai kulineran yang ada dibanderol pada harga yang cukup ekonomis hingga aman dan ramah di kantong.

Beberapa ongkos yang perlu dibayar oleh pengunjung diantaranya:

KeteranganHarga
Biaya Tiket Masuk Pantai SineRp. 10.000
Biaya Parkir MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000

Selain biaya di atas, pengunjung akan dikenakan beberapa ongkos tambahan jika sewa sarana pada tempat ini.

Biaya itu bisa berbeda setiap saat sama sesuai peraturan dari pihak pengurus pantai.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke pantai Sundak, kamu tidak perlu khawatir dengan jam operasional pantai Sundak, pantai ini dapat kamu kunjungi kapan pun. Karena pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya.

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Rekomendasi Penginapan Sekitaran Pantai Sundak

Pantai Sundak di Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Dengan keindahan pantainya yang memukau dan pemandangan alam yang menakjubkan, tidak mengherankan bahwa banyak orang ingin tinggal di dekat pantai ini.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari penginapan dekat dengan pantai Sundak, kami telah menyusun daftar hotel yang terletak di sekitar area tersebut.

Berikut daftar lengkap hotel-hotel dekat Pantai Sundak yang sudah ayowisata.co.id sediakan, yaitu:

1. Sundak Beach House

Sundak Beach House adalah hotel yang terletak tepat di sebelah Pantai Sundak, menawarkan kemudahan akses langsung ke pantai yang memukau ini.

Sundak Beach House
Sundak Beach House (sumber: Google Maps Sundak Beach House)

Dengan desain yang modern dan fasilitas yang lengkap, hotel ini merupakan pilihan yang sempurna untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Dengan kamar-kamar yang nyaman dan pelayanan yang ramah, Sundak Beach House menjamin pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.550.000 per malam

2. Omah Kayu Homestay

Omah Kayu Homestay adalah penginapan yang terletak di sekitar Pantai Sundak, menawarkan suasana yang tenang dan alami.

Omah Kayu Homestay
Omah Kayu Homestay (sumber: Google Maps: Waru Doyong)

Dengan bangunan kayu yang khas dan gaya arsitektur tradisional Jawa, homestay ini memberikan pengalaman menginap yang unik dan autentik.

Terdapat berbagai jenis kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan udara segar yang berasal dari pantai yang berdekatan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.269.099 per malam

3. Casa Alstonia

Casa Alstonia adalah hotel mewah yang terletak dekat dengan Pantai Sundak. Dengan desain yang elegan dan fasilitas yang lengkap, hotel ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan kepada para tamu yang menginap.

Casa Alstonia
Casa Alstonia (sumber: Google Maps: Yanisa Yudha Widata)

Kamar-kamar yang luas dan dilengkapi dengan perabotan yang mewah menciptakan suasana yang mengesankan.

Selain itu, hotel ini juga memiliki kolam renang, restoran, dan layanan spa untuk memanjakan tamu.

Dengan lokasi yang strategis, kamu dapat dengan mudah mengakses Pantai Sundak dan objek wisata lainnya di sekitarnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.750.000 per malam

4. Casa Coco Resort

Casa Coco Resort adalah hotel boutique yang terletak di sekitar Pantai Sundak. Dengan suasana yang tenang dan santai, resort ini cocok bagi para wisatawan yang ingin merasakan ketenangan pantai.

Casa Coco Resort
Casa Coco Resort (sumber: Google Maps: Manggiardi Tirta)

Resort ini menawarkan berbagai jenis kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas modern.

Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dan berjalan-jalan di pantai yang terletak hanya beberapa langkah dari resort. Selain itu, resort ini juga memiliki restoran yang menyajikan hidangan lezat dan spa untuk relaksasi tambahan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.787.313 per malam

5. Light Blue Villa

Light Blue Villa adalah penginapan yang terletak dekat dengan Pantai Sundak, menawarkan pemandangan spektakuler dari pantai dan laut.

Dengan desain yang elegan dan konsep yang modern, villa ini memberikan pengalaman menginap yang mewah dan eksklusif.

Light Blue Villa
Light Blue Villa (sumber: Google Maps: Rudy C Kurniawan)

Setiap villa dilengkapi dengan kolam renang pribadi, teras pribadi, dan fasilitas lengkap lainnya.

Kamu dapat menikmati ketenangan dan privasi yang disediakan oleh villa ini sambil menikmati pemandangan yang memukau dari Pantai Sundak.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.688.500 per malam

Booking Penginapan sekitaran Pantai Sundak yang Diskon Hingga 63%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like