Mengunjungi Pantai Tanjung Lesung di Banten: Surga Tersembunyi untuk Liburan Seru Kamu

Pantai bisa menjadi pilihan tujuan wisata kamu karena suasananya yang menenangkan, salah satunya adalah Pantai Tanjung Lesung. Pantai yang satu ini tentu saja menyimpan banyak keindahan alam.

Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Apakah iya? Untuk mengetahuinya dengan pasti, simaklah pembahasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Lesung berikut ini!

Keindahan Pantai Tanjung Lesung di Banten

Keindahan Pantai Tanjung Lesung di Banten
(sumber gambar: GoogleMaps_Wahyudi Dwi Cahyanto)

Saat berbicara mengenai Banten, sudah pasti kebanyakan orang akan berpikir mengenai Pantai Anyer. Pantai yang populer dan sering dikunjungi wisatawan yang terletak di wilayah Banten.

Namun, tahukah kamu bahwa di Banten terdapat sebuah pantai yang indah? Yah, Pantai Tanjung Lesung namanya. Sebuah pantai yang menyimpan surga tersembunyi. Sebutan ini diberikan oleh beberapa wisatawan karena letak lokasi pantai yang cukup jauh dari jangkauan.

Pantai ini dipenuhi pepohonan yang tumbuh berderet dan berjajar rindangnya. Pepohonan yang mengelilingi pantai membuat udara terasa sejuk dan tampak teduh.

Dengan suasana seperti itu, tentu saja sangat efektif untuk menghilangkan penat dan sesak yang kamu rasakan dipadatkan aktivitas sehari-hari kan? Bahkan, kamu tidak akan bisa berhenti untuk merasakan kekaguman alam saat berlibur di pantai itu.

Kamu juga bisa melakukan swafoto dan mengabadikan masa lalu di Pantai Tanjung Lesung. Pemandangan yang aesthetic tentu saja akan membuat kamu lebih percaya diri untuk memamerkan aktivitas liburan pribadi bersama dengan orang tersayang.

Baik itu pasangan, keluarga, atau teman-teman dan sahabat terbaik kamu. Agar kamu bisa lebih mengetahui dan mendapatkan pertimbangan yang matang untuk menjadikan salah satu pantai di Banten ini sebagai tujuan liburan, simak pembahasan selanjutnya berikut ini!

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Lesung

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Lesung

Nah, setelah mengulas begitu panjang mengenai Pantai Tanjung Lesung, salah satu pantai menawan di Banten, sudah pasti kamu memerlukan informasi mengenai rute perjalanannya bukan?

Untuk itu, kamu bisa menyimak pembahasan yang sudah disiapkan berikut ini! Jangan sampai ada sedikit yang terlewat ya. Untuk rute perjalanan ke Pantai Tanjung Lesung memanglah cukup jauh.

Jika kamu pergi dari Jakarta atau wilayah Tangerang, maka kamu perlu menempuh waktu sekitar tiga hingga empat jam perjalanan menggunakan mobil atau bus pribadi. Namun tenang, kondisi jalannya sangat aman, baik, dan tidak dipenuhi kemacetan.

Kamu bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan yang ada di setiap titik. Jika kamu ingin melewati jalan Tol Jakarta-Merak, maka kamu bisa keluar di pintu Serang Timur.

Selanjutnya kamu bisa lewat Serang dan menuju ke Pandeglang. Lalu lanjut ke Labuan, dan tiba di Pantai Tanjung Lesung. Sedangkan jika kamu ingin mencari rute alternatif lainnya, kamu bisa melewati jalan Tol Jakarta-Merak dan keluar di Cilegon. Mengambil jalan ke arah Selatan dari pantai Utara Banten.

Lalu lewat Anyer, Pantai Carita, dan ambil arah Labuan. Teruskan perjalanan kamu hingga sampai ke Pantai Tanjung Lesung. mudah bukan untuk mencapai Pantai Tanjung Lesung? Tak perlu melewati rute yang sulit dan menyesatkan.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Tanjung Lesung:

Alamat: Desa Tanjung Jawa, Kecamatan Panimbung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 25.000Rp 5.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 25.000Rp 5.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 25.000Rp 5.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 25.000Rp 5.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 25.000Rp 5.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 40.000Rp 5.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 40.000Rp 5.000Rp 5.000

Untuk harga tiket masuk sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengocek uang sebesar Rp 25.000 saja per kepala untuk weekdays. Dan untuk weekend, dengan harga Rp 40.000 per kepala.

Untuk biaya parkir amat murah, hanya sekitar Rp 5.000 per kendaraan. Sangat terjangkau bukan jika ingin berlibur ke Pantai Tanjung Lesung? Tunggu apa lagi? Segera siapkan diri!

Pantai Tanjung Lesung dengan Daya Tariknya yang Menawan

Pantai Tanjung Lesung dengan Daya Tariknya yang Menawan
(sumber gambar: GoogleMaps_Seno Hadi)

Membicarakan pantai, tentu saja tidak boleh terlewat untuk membicarakan daya tariknya. Agar kamu dan para masyarakat bisa semakin percaya untuk mengunjunginya sebagai tujuan wisata.

Jika membicarakan daya tarik dari Pantai Tanjung Lesung, maka kamu sebaiknya mempersiapkan diri, karena pantai ini memiliki banyak keindahan yang menawan.

Hamparan pasir putih yang luas di depan pandangan mata akan menjadi ucapan selamat dari Pantai Tanjung Lesung pada kamu. Pasir tersebut tidak hanya berwarna putih dan bersih saja, tetapi juga begitu mengkilap seperti kilauan berlian yang menyilaukan mata.

Kamu sudah pasti tidak akan tahan untuk berdiam diri saja di atasnya. Rasa ingin bermain-main seakan langsung menyelimuti diri dan membuat diri terhipnotis saat itu juga.

Saat kamu mulai memasuki hamparan pasir putih tersebut, kamu akan dikejutkan keberadaan kerang-kerang di sana. Kamu bisa memburu dan mengambilnya untuk dijadikan objek bermain agar lebih menyenangkan.

Selain kamu, anak-anak juga akan sangat senang jika bisa berkenalan langsung dengan kerang-kerang di sini. Tidak hanya pasir putih yang menghampar luas, pantai yang ini juga dikenal hembusan anginnya yang begitu menyejukkan.

Jelas saja, rasa hembusan angin yang berbeda dengan pantai-pantai lain ini disebabkan karena Pantai Tanjung Lesung yang langsung menghadap Selat Sunda.

Semilir anginnya membawa aroma berbeda yang pas untuk relaksasi dan menikmati ketenangan di tengah alam yang terbuka. Tubuh dan pikiran akan senantiasa menjadi lebih segar setelah berkunjung ke pantai di Banten ini.

Untuk kamu lebih sukai berdiam diri menikmati keindahan pemandangan dan kesejukan angin, dapat menggunakan saung dan kursi yang disediakan di sekitar pantai. Jika kamu ingin suasana lebih berbeda, bisa juga mendirikan hammock di pepohonan yang ada di sekitar pantai.

Dijamin kamu tidak akan ditembus oleh sinar matahari dan bisa merasakan hembusan angin yang menyantaikan sekalian memandang keindahan alam semesta yang tidak dapat dipungkiri ini.

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Tanjung Lesung

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Tanjung Lesung
(sumber gambar: GoogleMaps_HARISHUD BFC)

Pantai yang terletak di daerah Banten ini tidak hanya menyuguhkan daya tarik yang menarik untuk kamu. Kamu bisa melakukan sangat banyak aktivitas menyenangkan di sini. Salah satunya adalah menikmati keindahan bawah laut di Pantai Tanjung Lesung.

Snorkeling di dasar laut bisa memberikan kamu rasa tenang yang berlipat ganda. Kamu bisa melihat begitu indah dan menawannya pemandangan bawah laut sambil berkenalan dengan biota-biota laut yang amat menggemaskan.

Jika kamu tidak datang dengan persiapan penuh, tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai tersedia penyewaan alat-alat snorkeling dan diving yang bisa kamu nikmati dengan nyaman dan aman. Jika kamu perlu guide untuk membimbing perjalanan di bawah laut, tak perlu risau pula.

Di tempat penyewaan alat itu menyediakan jasa guide yang akan menemani dan membimbing perjalanan seru kamu di dasar lautan. Tenang, guide ini dijamin profesional dan sudah berpengalaman, sehingga kamu hanya perlu tenang dan menikmati aktivitas dengan suka ria tanpa perlu mengkhawatirkan apapun.

Biasanya, kamu akan diarahkan untuk snorkeling di daerah dengan ombak kecil. Tapi tenang, di daerah tersebut tersimpan banyak biota laut yang hidup di pemandangan menawan. Terumbu karang hidup dengan rapi dan berjajar indah di sekitar area tersebut.

Kamu akan merasakan seakan hidup di dunia laut yang luas dan begitu indah, sehingga tidak rela untuk ditinggalkan. Selain aktivitas tersebut, kamu juga bisa ikut dalam penangkaran terumbu karang di Pantai Tanjung Lesung ini.

Berdasarkan banyak informasi, pantai ini menjadi salah satu wilayah penangkaran terumbu karang terbaik yang ada di wilayah Banten dan sekitarnya.

Untuk lokasi penangkaran terletak di tengah-tengah pantai yang berjarak sedikit jauh dari bibir pantai. Sehingga kamu akan diajak naik perahu terlebih dulu dan menggunakan alat diving lengkap. Penyelam yang telah profesional dan paham detail mengenai lokasi akan memandu kamu untuk mencapai lokasi penangkaran tersebut.

Kamu pun akan diajari bagaimana cara transplantasi terumbu karang yang tepat. Bahkan informasi mengenai terumbu karang tidak akan ada satupun yang ditutupi dari kamu.

Semua akan diberikan dan dijelaskan mendetail oleh sang pemandu sekaligus pembimbing penangkaran terumbu karang tersebut. Sangat menyenangkan bukan?

Jika kamu masih merasa kurang dengan aktivitas pantai yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa berkunjung Kampung Cipanon yang terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Lesung. Sebuah perkampungan yang dihuni oleh para seniman patung.

Berkunjung Kampung Cipanon
(sumber gambar: Google_SIMALABAdotNET)

Ketika kamu berkunjung ke sana, kamu akan dibuat takjub oleh hasil patung buatan para seniman. Bukan patung biasa yang dibuatnya, tapi patung badak bercula satu.

Patung yang dihasilkan amatlah detail dan sangat mirip dengan hewan aslinya. Kamu dijamin tidak akan rela jika pulang tanpa membawa oleh-oleh dari Kampung Cipanon ini.

Biasanya, di kampung ini, wisatawan akan ditawari untuk melakukan perjalanan menuju Pulau Liwungan. Pulau yang dipenuhi berbagai aktivitas water spot.

Di sana, kamu juga bisa memberi makan burung cemara yang begitu banyak jumlahnya. Bahkan, kamu bisa melakukan camping menyenangkan di sana.

Bagaimana tidak, terdapat sebuah camping ground yang menarik karena langsung berhadapan dengan laut lepas di pulau tersebut. Kerinduan kamu akan suasana alam bebas akan langsung terobati dan membuat kamu enggan untuk lekas pulang ke aktivitas sehari-hari.

Jika kamu ingin menikmati nuansa romantis bersama pasangan, tentu saja bisa di Pantai Tanjung Lesung ini. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam dan memunculkan keindahan gelap yang menarik dengan cahaya rembulan.

Ketika pagi hari, kamu bisa datang ke pantai sebelum matahari terbit. Pemandangan sunrise yang ditangkap mata akan membuat kamu tidak ingin melewatkan setiap sunrise yang terjadi di sini. Mengapa bisa? Tentu saja bisa, pemandangan sunrisenya sangat menakjubkan dan membuat kamu tidak bisa berhenti berdecak kagum.

Namun, sebelum kamu mengunjungi pantai ini sebagai tempat liburan, kamu harus memastikan keadaan cuaca dalam kondisi yang mendukung. Sehingga kamu tidak akan melewatkan sedikitpun keindahan dan keromantisan yang diciptakan oleh alam di sekitar pantai di Banten ini.

Oh ya, satu lagi yang bisa kamu lakukan dengan senang hati dan menenangkan pikiran dan tubuh di sini, memancing. Suasana ombak yang tenang membuat banyak sekali jenis biota laut hidup di pantai ini. Kamu bisa melakukan aktivitas memancing bersama para sahabat, keluarga atau bersama yang tersayang.

Memancing mendatangkan rasa tenang dan nuansa romantis yang begitu hangat. Kamu tidak akan rugi melakukannya di sekitar pantai ini. Apalagi ditambah sejuknya angin yang berhembus dan segarnya air dari laut yang menghampar luas di depan pantai.

Nikmatnya Kuliner di Pantai Tanjung Lesung

Nikmatnya Kuliner di Pantai Tanjung Lesung

Setelah beraktivitas, tentu saja sangat diperlukan mengisi energi kembali kan? Nah, karena berada di pantai, tentu saja hidangan seafood adalah andalannya.

Kamu bisa menikmati berbagai macam hidangan seafood di sekitar Pantai Tanjung Lesung ini. Untuk rasanya tidak perlu kamu khawatirkan, karena dijamin akan memanjakan lidah.

Setiap rumah makan atau restoran yang ada di sekitar Pantai Tanjung Lesung dengan suguhan hidangan seafood selalu memberikan cita rasa yang nikmat.

Tak ada sedikitpun celah rasa yang akan membuat kamu kecewa. Dijamin setiap hidangan akan memanjakan lidah dan menyempurnakan setiap detik waktu kamu di sini.

Untuk harga, tak perlu membuat kamu risau, karena setiap hidangan dibandrol harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa menikmati perjalanan wisata menyenangkan, seru, bahkan makan enak hanya dengan biaya yang terjangkau di Pantai Tanjung Lesung ini. Sangat menarik bukan?

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Tanjung Lesung

Penginapan tentu saja menjadi salah satu komponen wajib yang tak boleh tertinggal saat berlibur. Bagaimana tidak? Penginapan adalah tempat singgah dan beristirahat sejenak setelah kamu puas kerjakan berbagai aktivitas menyenangkan dan seru seharian. Berikut ini beberapa macam penginapan yang disediakan di sekitar Pantai Tanjung Lesung:

1. Ladda Bay Village

Ladda Bay Village
(sumber gambar: Agoda)

Ladda Bay Village di Tanjung Lesung, Anyer, adalah pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari akomodasi yang nyaman dengan akses mudah ke berbagai atraksi dan opsi restoran menarik.

Properti bintang-3 kami menawarkan pengalaman menginap yang istimewa dengan kenyamanan seperti WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, dan layanan kebersihan harian yang dapat membuat kamu merasa seperti di rumah sendiri.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam sekitar dan menikmati hidangan lezat di BM Grill Fish Hut yang terkenal. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 406.720 per malam

PESAN HOTEL Ladda Bay Village Diskon 69%

2. Coconut Island Carita

Coconut Island Carita
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Labuhan, Anyer, Coconut Island Carita adalah destinasi mewah bintang-4 yang menyajikan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Properti kami menawarkan fasilitas kolam renang dalam ruangan dan pantai pribadi yang menakjubkan, serta layanan resepsionis 24 jam untuk kenyamanan kamu.

Kamu juga dapat mengeksplorasi area sekitar dan menikmati hidangan lezat di BM Grill Fish Hut sebelum kamu pulang. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 650.000 per malam

PESAN HOTEL Coconut Island Carita Diskon 59%

3. Tanjung Lesung Beach Resort

Tanjung Lesung Beach Resort
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang ideal di Tanjung Lesung, Anyer, Tanjung Lesung Beach Resort menawarkan pengalaman menginap yang luar biasa di properti bintang-4.

Tersedia berbagai fasilitas yang memanjakan, termasuk kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, layanan pijat yang menyenangkan, dan area bermain anak untuk keseruan keluarga.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam sekitar dan menikmati hidangan lezat di BM Grill Fish Hut. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 11.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 2.488.651 per malam

PESAN HOTEL Tanjung Lesung Beach Resort Diskon 57%

4. Setya Homestay Tanjung Lesung

SETYA HOMESTAY TANJUNG LESUNG
(sumber gambar: Agoda)

Setya Homestay Tanjung Lesung adalah destinasi unggulan bintang-5 di Tanjung Lesung, Anyer, yang menawarkan akomodasi mewah dan fasilitas berkualitas tinggi.

Nikmati kenyamanan tinggal dengan fasilitas seperti tempat parkir mobil yang aman, balkon atau teras pribadi, dan keamanan 24 jam yang menjamin ketenangan kamu selama menginap.

Kami juga mengutamakan kebersihan dan kesehatan dengan menyediakan hand sanitizer, sabun, serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk tamu dan staf. Jangan lewatkan momen untuk menikmati keindahan sekitar dan bersantap di BM Grill Fish Hut. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 307.500 per malam

PESAN HOTEL Setya Homestay Tanjung Lesung Diskon 67%

5. Lucia Cottages

Lucia Cottages (Pondok Lucia)
(sumber gambar: Agoda)

Pondok Lucia di Carita, Anyer, menawarkan akomodasi yang nyaman dengan sentuhan ramah hewan peliharaan. Nikmati fasilitas kolam renang luar ruangan dan akses langsung ke pantai pribadi yang menakjubkan.

Layanan resepsionis 24 jam kami siap membantu kamu kapan pun diperlukan. Pastikan untuk menjelajahi sekitar dan menikmati hidangan lezat di BM Grill Fish Hut sebelum kamu berpisah dengan kami. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 820.000 per malam

PESAN HOTEL Lucia Cottages Diskon 66%

Mencicipi Makanan Khas Banten di Sekitar Pantai Tanjung Lesung

Jika kamu berkunjung ke sekitar Pantai Tanjung Lesung di Provinsi Banten, Indonesia, ada beberapa makanan khas daerah yang patut kamu coba. Berikut beberapa contoh:

Mencicipi Makanan Khas Banten di Sekitar Pantai Tanjung Lesung

    • Sate Bandeng: Sate yang terbuat dari daging bandeng yang dimasak dengan bumbu khas, kemudian ditusuk dan dibakar. Rasanya gurih dan lezat.
    • Rabeg: Makanan khas Banten yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Biasanya disajikan dengan nasi atau ketan.
    • Sambal Buroq: Sambal burog merupakan olahan sambal dengan bahan dasar cabai rawit dan kulit buah melinjo yang sudah matang.
    • Ketan Bintul: Ketan yang dimasak dengan cara khusus dan disajikan dengan parutan kelapa atau gula merah. Rasanya manis dan gurih.
    • Gerem Asem: Makanan khas Banten yang terbuat dari bahan dasar ikan tongkol atau ikan asin yang dimasak dengan bumbu asam segar seperti asam jawa atau belimbing wuluh. Rasanya segar dan asam.
    • Sate Bebek: Sate yang terbuat dari daging bebek yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk dan dibakar. Rasanya gurih dan khas.
    • Angeun Lada: Angeun (sayur) Lada adalah makanan pendamping nasi sejenis gulai yang sangat khas dan popular pada masyarakat Banten, terutama di wilayah Pandeglang.

Kesimpulan

Berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung di Banten merupakan sebuah petualangan yang menggoda untuk dijelajahi, karena pantai ini menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam tropis, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih.

Selain itu, destinasi ini juga menyediakan beragam aktivitas yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari berenang di laut yang tenang, menyelam untuk menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya akan keanekaragaman hayati, hingga menikmati olahraga air seperti snorkeling, jet ski, atau banana boat.

Selain itu, para pengunjung dapat merasakan kesegaran udara pantai sambil menikmati panorama matahari terbenam yang memukau. Dengan demikian, Pantai Tanjung Lesung di Banten tidak hanya menjadi destinasi liburan yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat.

Tetapi juga sebuah tempat yang memikat untuk menjelajahi keindahan alam dan menikmati berbagai kegiatan menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman.

You might also like