Pantai Tanjung Pakis di Karawang: Salah Satu Objek Wisata di Kota Industri yang Mencuri Banyak Perhatian Wisatawan

Banyak masyarakat yang menyebut Kota Karawang sebagai kota industri. Di tengahnya padatnya pabrik-pabrik yang berada di Karawang, ternyata kota ini memiliki suatu tempat yang bisa dijadikan objek wisata untuk kamu yang sedang mencari tempat healing. Kota Karawang ternyata isinya tidak melulu pabrik dan perkantoran, lho.

Tempat tersebut bernama Pantai Tanjung Pakis atau orang biasa menyingkatnya dengan sebutan Pantai Pakis. Mungkin untuk kamu yang ada di seputaran Karawang atau tidak jauh dari kota Karawang, bisa berkunjung ke Pantai ini dan menjadikannya tempat liburan alternatif yang wajib dikunjungi.

Pantai ini sangat patut untuk kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Karena ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengajak serta keluarga atau teman-teman kamu. Selain untuk quality time sekaligus mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin, kan?

Cerita Unik di Balik Pantai Tanjung Pakis

Cerita Unik di Balik Pantai Tanjung Pakis
(sumber gambar: GoogleMaps_Maming D3 Bidan Sri)

Ada fakta menarik yang perlu kamu ketahui, lho. Pantai Tanjung Pakis pernah menjadi buah bibir atau populer para warganet. Pasalnya pantai ini merupakan lokasi jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610. Peristiwa tersebut sempat heboh pada tahun 2018 yang lalu.

Beberapa masyarakat yang berada di sekitar Pantai Tanjung Pakis ini menyebutkan bahwa lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 berada pada kedalaman 30 sampai dengan 35 meter.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Pakis

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, yang memiliki jarak sekitar 70 km dari pusat kota.

Atau jika kamu berangkat dari Ibu Kota Jakarta, maka akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam kurang lebih. Sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi agar memudahkan mobilitas. Karena tempat Pantai Tanjung Pakis yang masih di desa.

Pantai Tanjung Pakis sendiri memiliki panjang sekitar 7 km yang meliputi Blok Bungin, Karangjaya, Pakis 1, dengan luas sekitar 350 hektar.

Sebenarnya, secara letak geografis, Pantai Tanjung Pakis dekat dengan Jakarta, yaitu berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Jalan menuju Pantai Tanjung Pakis tidak dilalui oleh kendaraan umum, oleh karena itu akan lebih baik jika kamu membawa kendaraan pribadi kamu. Ditambah di beberapa bagiannya, jalanan menuju pantai tersebut banyak lubang dan dilihat rusak.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju kota Bekasi. Dari Kabupaten Bekasi, kamu bisa melajukan kendaraan kamu menuju Masjid At-Taqwa.

Setelah dari Masjid At-Taqwa, kamu bisa lurus saja mengikuti jalan menuju arah Babelan. Dari Babelan ini, sudah mulai terlihat papan petunjuk yang bisa mengarahkan kamu menuju Pantai Tanjung Pakis.

Perjalanan masih dilanjut. Kamu harus melewati perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kota Karawang. Carilah sungai besar. Sungai besar tersebut memiliki ciri unik, yaitu miliki jembatan besi di tengahnya.

Para warga setempat menamakannya dengan sebutan Muara Gembong. Mungkin kamu bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai keberadaan Muara Gembong ini.

Jika kamu sudah menemukan Muara Gembong, kamu diharuskan menggunakan rakit atau perahu untuk bisa menyebrang. Kamu bisa meminta warga sekitar untuk membantu kamu. Berilah bayaran sepantasnya kepada mereka. Tidak ada tarif khusus mengenai jasa yang harus kamu bayarkan. Namun bayarkan dengan harga yang pantas.

Meskipun aksesnya dilihat sulit dan tidak mudah, namun Pantai Tanjung Pakis tidak pernah sepi oleh pengunjung, lho. Apalagi jika hari libur sudah tiba. Pantai Tanjung Pakis selalu menjadi incaran favorit para wisatawan.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Tanjung Pakis:

Alamat: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat 41355

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Tanjung Pakis

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Selasa07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rabu07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Kamis07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Jumat07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Minggu07.00 WIB – 19.00 WIBRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000

Untuk harga karcis masuk yang harus dibayarkan relatif sangat murah dan terjangkau. Yaitu sebesar 5.000 rupiah per orangnya. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir untuk kamu yang membawa kendaraan bermotor, ya.

Untuk biaya parkir kendaraan roda dua, kamu harus membayar 5.000 rupiah saja. Sementara untuk kendaraan roda empat, kamu dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah.

Untuk jam operasional, Pantai Tanjung Pakis buka pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam, mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Jika ingin menikmati matahari pagi yang hangat dan masih bersahabat, sebaiknya kamu datang pada saat pagi hari.

Sementara jika kamu ingin menikmati suasana syahdu dan melihat indahnya panorama laut saat matahari terbenam, datanglah pada saat sore hari.

Menikmati Kemegahan yang Disuguhi Oleh Pantai Tanjung Pakis

Menikmati Kemegahan yang Disuguhi Oleh Pantai Tanjung Pakis
(sumber gambar: GoogleMaps_bardiens)

Siapa pun pasti sudah mengetahui bahwa Kota Karawang disebut kota industri. Hal ini dikarenakan saking banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di kota tersebut.

Pantai Tanjung Pakis bisa menjadi tempat healing yang menyenangkan untuk kamu yang ingin melepas penat setelah berkutat dengan pekerjaan.

Selain lokasinya yang mudah dijangkau dan biaya masuknya yang murah, rasanya tidak ada alasan untuk kamu melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis satu ini.

Ada banyak spot cantik yang bisa kamu rasakan. Baik jika ingin datang seorang diri, dengan keluarga, atau dengan teman-teman terdekat kamu.

Sarana dan fasilitas yang terdapat di Pantai Tanjung Pakis dirawat dan dikelola sangat baik oleh pemerintah setempat. Kamu bisa memanfaatkan sarana dan fasilitas yang disediakan sebaik-baiknya.

Pantai Tanjung Pakis merupakan objek wisata pantai yang memiliki pasir kecoklatan. Butiran pasirnya halus dan tidak tajam. Sehingga akan tetap nyaman meskipun kamu berjalan menyusuri Pantai Tanjung Pakis tanpa menggunakan alas kaki. Si kecil pun akan tetap aman jika ingin berlarian karena tidak akan menyakiti telapak kakinya.

Pantai Tanjung Pakis memiliki garis pantai yang cukup luas. Bahkan tidak terganggu oleh adanya bebatuan karang. Pengunjung pun tetap bisa dengan nyaman menelusuri Pantai Tanjung Pakis yang luas.

Pada sisi pinggiran pantai, terdapat banyak pepohonan yang rimbun dan kehijauan. Seakan menambah keindahan Pantai Tanjung Pakis yang mempesona. Kamu bisa memanfaatkan pepohonan itu untuk bersantai sambil duduk-duduk dan menikmati sepoi angin pantai yang menyejukkan.

Ombak di Pantai Tanjung Pakis juga tidak besar juga tidak tinggi. Kamu tetap aman mengajak si kecil bermain sambil menikmati suara deburan ombak yang syahdu.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Mengunjungi Pantai Tanjung Pakis

Ada beraneka ragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat memilih untuk berlibur ke pantai yang satu ini. Apa saja sih? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini:

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Mengunjungi Pantai Tanjung Pakis
(sumber gambar: GoogleMaps_Herry Setyawan)

1. Bermain Wahana Air

Pasti akan menyenangkan menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Pakis dengan bermain air. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun akan menyukainya.

Di Pantai Tanjung Pakis ini disediakan wahana bermain air, seperti banana boat. Kamu akan menaiki pelampung yang berbentuk menyerupai buah pisang. Kemudian pelampung tersebut akan terhubung dengan speed boat yang ada di bagian depan dan menarik banana boat dengan kecepatan tertentu.

Tidak hanya sampai di situ, ketika sudah cukup dibuat berputar-putar di tengah laut, saat akan mendekati tepi laut, kamu akan dihempaskan begitu saja hingga jatuh ke air laut, tubuh kamu sudah dipasangi pelampung dada sehingga aman dan tak kan tenggelam.

Permainan ini sangat menegangkan sekaligus menyenangkan pada saat yang bersamaan. Kamu bisa mengajak anggota keluarga atau teman-teman untuk ikut serta.

Bukan hanya banana boat, ada banyak pelampung beraneka rupa dan berbagai warna berjajar di pinggir pantai. Pelampung-pelampung tersebut bisa kamu sewa dan kamu gunakan selama berenang di Pantai Tanjung Pakis.

Untuk anak-anak yang masih kecil, terdapat balon mainan yang ada di pinggir pantai. Anak-anak bisa bermain menggunakan balon mainan dengan bebas dan tetap terjaga dengan aman.

Bermain Wahana Air
(sumber gambar: GoogleMaps_pringgo bp)

2. Hunting Foto

Rasanya belum lengkap jika pergi berlibur tanpa adanya foto-foto. Di Pantai Tanjung Pakis ini ada banyak sekali spot foto yang instagrammable yang bisa kamu manfaatkan. Kamu dapat kemudian mengunggahnya di laman sosial media kamu.

Ada sebuah spot di Pantai Tanjung Pakis yang wajib kamu kunjungi saat datang berkunjung. Sebuah dermaga yang terbuat dari kayu. Orang-orang sekitar menyebutnya dengan sebutan Dermaga Kayu. Dermaga Kayu ini menjadi tempat favorit para pengunjung yang datang.

Apalagi jika kamu datang pada saat sore hari menjelang matahari terbenam. Dijamin kamu akan semakin terpukau dengan keindahan warna matahari yang berwarna oranye dan bersatu dengan birunya air laut.

3. Bersantai

Suasana di Pantai Tanjung Pakis yang dibarengi pemandangan laut yang indah memang cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Melepas penat dan mendapatkan pikiran yang lebih segar.

Kamu bisa menggelar tikar atau kain lebar di pasir pinggir pantai. Atau bisa juga duduk-duduk di bawah pepohonan. Akan langsung terasa angin laut yang segar akan menyergap kamu.

Apalagi jika kamu bersantai sambil menikmati makanan atau cemilan dan minuman yang kamu bawa dari rumah. Atau jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa memesannya di warung-warung penjual makanan dan minuman yang tersedia di pinggiran pantai.

Jangan lupa untuk memesan es kelapa muda yang segar sambil menikmati suasana pantai, ya. Jika kamu ingin menikmati makanan yang berat juga bisa kamu lakukan. Ada hidangan laut yang dijamin akan menggugah selera kamu.

Bersantai

4. Memancing

Di tempat Dermaga Kayu, kamu bukan hanya bisa berfoto ria, namun juga bisa melakukan aktivitas memancing. Tempatnya yang agak menjuru ke lautan, membuat para pengunjung yang sengaja datang untuk memancing menjadi lebih dekat dengan ikan. Sehingga akan lebih banyak ikan yang didapat.

Jika kamu menyukai aktivitas jenis ini, jangan lupa untuk membawa alat memancing pribadi kamu. Agar saat tiba di Pantai Tanjung Pakis, kamu tidak akan melewatkan memancing di pinggir dermaga yang mengasyikkan.

5. Olahraga

Pantai Tanjung Pakis memiliki luas yang cukup besar. Jadi sangat cocok untuk kamu penggemar olahraga. Kamu bisa memanfaatkannya untuk olahraga jogging. Kamu bisa datang saat pagi hari dan menikmati hangatnya sinar matahari sambil olahraga.

Tidak hanya jogging, kamu juga bisa bermain voli pantai atau sepak bola bersama keluarga atau teman-teman terdekat kamu.

6. Outbound

Di Pantai Tanjung Pakis terdapat sarana outbound yang dikelola oleh pemerintah dan warga setempat. Kamu bisa mengajak anak-anaknya untuk ikut serta sekaligus melatih motorik mereka.

Outbound

7. Naik Perahu

Untuk kamu yang berkeinginan untuk menyusuri Pantai Tanjung Pakis, kamu bisa menyewa perahu yang bersandar di pinggir pantai, lho.

Para nelayan setempat menyewakan perahu-perahu mereka, selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, untuk memperkenalkan keindahan Pantai Tanjung Pakis yang dijamin mampu membuat kamu semakin terpesona.

Karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, jadi kamu akan aman menyusuri pantai dengan perahu. Namun sekedar untuk berjaga-jaga, kamu tetap akan dibekali oleh pelampung yang melekat pada tubuh kamu.

8. Naik ATV

Menyusuri Pantai Tanjung Pakis selain dengan perahu atau berjalan kaki di pinggiran pantai, kamu juga bisa menyewa ATV. ATV ini tersedia dan disewakan oleh pengelola. Kamu bisa bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang pas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Pakis

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Pakis
(sumber gambar: GoogleMaps_Indra Hutagalung)

Ada banyak fasilitas umum yang berada di pantai ini. Seperti mushola yang bisa kamu gunakan untuk beribadah. Ada juga toilet yang bersih dan nyaman, bisa kamu gunakan untuk membersihkan diri selepas melakukan berbagai aktivitas di pantai.

Ada pula panggung hiburan dan warung-warung penyedia makanan dan minuman. Maka dijamin kamu tidak kelaparan dan kehausan selama berada di pantai ini.

Tempat makanan ini menyediakan berbagai macam hidangan laut yang mampu menggoyang lidah kamu. Mulai dari ikan bakar hingga jenis masakan lainnya. Ada juga penjual es kelapa muda yang akan terasa menyegarkan jika kamu menikmatinya sambil bersantai di pinggir pantai.

Jika kamu berminat untuk menginap di sekitar Pantai Tanjung Pakis, kamu bisa menginap di beberapa tempat penginapan tersedia. Harganya pun bervariatif. Mulai dari yang 100.000 rupiah hingga 700.000 rupiah. Kamu bisa menyelaraskan sesuai budget kamu.

Menjadi wahana wisata Pantai, Pantai Tanjung Pakis memang serba komplit kalau boleh dibilang. Dari orang dewasa hingga anak-anak bisa menikmati hiburan yang ada di pantai ini.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Tanjung Pakis di Karawang

Di sekitar Pantai Tanjung Pakis di Karawang, kamu dapat mencari beberapa penginapan yang sesuai dengan preferensi dan anggaran kamu. Berikut beberapa pilihan yang bisa kamu lengkap dengan harga penginapan di Pantai Pakis Karawang:

1. Apartment Grand Sentraland Karawang

Laguna Room at Apartment Grand Sentraland Karawang
(sumber gambar: Agoda)

Apartment Grand Sentraland Karawang terletak di Telukjambe Timur, bagian dari Karawang yang menawarkan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Solaria – Resinda Park Mall yang terkenal sebelum pulang.

Saat menginap di sini, waktu check-in adalah pukul 15.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas yang disediakan meliputi tempat parkir mobil, layanan check-in/check-out pribadi, dapur, toko, layanan kamar, salon, ruang keluarga, dan area merokok.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 139.320 per malam

PESAN HOTEL Apartment Grand Sentraland Karawang Diskon 75%

2. Hotel Grand Karawang Indah

Hotel Grand Karawang Indah
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Grand Karawang Indah memiliki lokasi strategis di Karawang Barat, bagian penting dari Karawang yang memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik. Saat menginap di sini, kamu dapat menikmati waktu check-in mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

Fasilitas yang tersedia termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, penitipan barang, penarikan uang tunai, kedai kopi, layanan laundry, dan restoran.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 315.000 per malam

PESAN HOTEL Hotel Grand Karawang Indah Diskon 56%

3. BATIQA Hotel Karawang

BATIQA Hotel Karawang
(sumber gambar: Agoda)

BATIQA Hotel Karawang berlokasi di Kutamekar, daerah yang memudahkan akses ke atraksi dan restoran menarik di Karawang. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Solaria – Resinda Park Mall yang terkenal sebelum pulang. Dengan peringkat bintang-3, hotel ini menawarkan akses ke fasilitas seperti pijat, pusat kebugaran, dan restoran.

Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas tambahan termasuk resepsionis 24 jam, layanan shuttle bandara, tempat parkir mobil, layanan shuttle, tempat main anak, WiFi gratis di semua kamar, dan check-in/check-out ekspres.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 524.999 per malam

PESAN HOTEL BATIQA Hotel Karawang Diskon 54%

4. Cathaleya Home Stay

Cathaleya Home Stay
(sumber gambar: Agoda)

Cathaleya Home Stay terletak di Karawang Barat, menawarkan lokasi yang dekat dengan atraksi dan restoran di Karawang. Hotel ini adalah pilihan ekonomis yang berjarak 14 menit berjalan kaki dari Stadion Olahraga Singaperbangsa, 2 km dari stasiun kereta Karawang, dan 4 km dari Wonderland Adventure Waterpark.

Waktu check-in dimulai dari pukul 13.30 dan check-out hingga pukul 12.30. Fasilitas yang disediakan mencakup tempat parkir mobil, layanan check-in/check-out ekspres, concierge, area merokok, layanan kebersihan harian, properti bebas asap rokok, kotak P3K, dan hand sanitizer.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 162.000 per malam

PESAN HOTEL Cathaleya Home Stay Diskon 52%

5. favehotel Karawang

favehotel Karawang
(sumber gambar: Agoda)

favehotel Karawang terletak di Telukjambe Timur, memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik di Karawang. Properti bintang-3 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan selama menginap.

Termasuk shuttle bandara, tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, check-in/check-out bebas kontak, kolam renang dalam ruangan, pusat kebugaran, restoran, dan kotak penyimpanan barang berharga. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 351.483 per malam

PESAN HOTEL favehotel Karawang Diskon 53%

Mencoba Makanan Khas Karawang yang Menggugah Selera

arawang, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner tradisionalnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Karawang yang menggugah selera:

Mencoba Makanan Khas Karawang yang Menggugah Selera

    • Soto Gempol: Soto ini juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, namun memiliki tambahan bumbu yang khas sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto-soto lainnya.
    • Pepes Walahar: Pepes adalah hidangan tradisional Indonesia yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus atau dibakar. Pepes Walahar khas Karawang menggunakan ikan walahar (jenis ikan air tawar) sebagai bahan utamanya.
    • Sangtau: Sangtau merupakan hidangan khas Karawang yang terbuat dari tauge (tauge kecil) yang direbus dan disajikan dengan tambahan bumbu kacang dan sambal.
    • Jojongkong: Makanan khas dari Karawang ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang dibubuhi garam, daun pandan suji, dan juga santan.
    • Serabi Hijau: Serabi hijau adalah varian serabi yang berasal dari Karawang. Serabi ini dibuat dengan campuran tepung beras, santan, dan daun pandan yang memberikan warna hijau khas. Serabi hijau biasanya disajikan dengan gula merah cair atau kinca sebagai saus.
    • Es Walikota: Es Walikota adalah minuman khas Karawang yang terdiri dari campuran es serut, sirup berbagai rasa, dan tambahan susu kental manis. Minuman ini biasanya disajikan dalam ukuran besar dan dihiasi dengan berbagai topping seperti jelly, agar-agar, dan buah-buahan.
    • Kue Gonjing: Kue gonjing adalah makanan ringan tradisional Karawang yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula, dan bumbu lainnya. Adonan kemudian dipipihkan dan digoreng hingga matang. Kue gonjing memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Penutup

Pantai Tanjung Pakis pernah mendapat review buruk dari para wisatawan. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat selalu mengelola objek wisata ini, melakukan pembaharuan dan melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada.

Lambat-laun Pantai Tanjung Pakis pun kembali pulih dan namanya menjadi bersinar lagi. Setelah diperbaiki dan diperbaharui segala sesuatunya untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung, sudah sepantasnya kita juga ikut menjaga kelestarian alam sekitar.

Jangan membuang sampah sembarangan. Sediakan plastik sampah untuk menaruh sisa makanan atau minuman kamu.Lalu, buanglah pada tempat sampah yang telah disediakan.

Jangan merusak atau mencoret-coret pohon-pohon atau apa pun yang terdapat di objek wisata ini. Karena hal tersebut dapat merusak keindahan Pantai Tanjung Pakis.

Dapatkah kamu bayangkan, apa yang akan terjadi jika kita tidak bisa menjaga kebersihan dan keindahan alam? Pastilah semua akan rusak dan menjadi jelek. Kita tidak mau hal tersebut sampai terjadi, kan?

Jangan sampai tempat-tempat wisata di Indonesia menjadi jelek karena ulah pengunjungnya. Jadi pengunjung yang bertanggung jawab. Agar semakin banyak lagi tempat wisata yang diketahui oleh warga lokal atau internasional.

Jika bukan kita yang menjaganya, lalu siapa lagi? Kalau bukan kita yang senang karena memiliki alam yang asri, lalu siapa lagi? Sekali lagi, jagalah kebersihan alam kurang lebih dan selamat menikmati waktu liburan kamu di Pantai Tanjung Pakis yang menawan ini.

You might also like