11 Daya Tarik Pantai Teleng Ria di Pacitan: Cocok untuk Healing dan Menyegarkan Pikiran

Salah satu tujuan wisata dengan keindahan menawan hati adalah Pantai Teleng Ria Pacitan. Sensasi suasana dan perpaduan warna laut, pantai dan langitnya luar biasa indah dan cocok untuk healing dan menyegarkan pikiran.

Jika ke Jawa Timur, pantai unik ini bisa menjadi pilihan liburan menyenangkan. Berbagai aktivitas seru dengan daya tarik yang mempesona mampu membius para wisatawan yang datang.

Alamat Lengkap Pantai Teleng Ria

Alamat Lengkap Pantai Teleng Ria
(sumber gambar: GoogleMaps_pungki nugroho)

Untuk mengunjungi Pantai Teleng Ria dengan sejuta pesona ini sangatlah mudah. Akses jalan bagus dan pemandangannya indah. Namun, untuk lebih jelasnya dapat cek alamat lengkap area destinasi wisata ini.

Wisata bahari terletak di Balong, Sidoharjo. Area lokasi Pantai Teleng Ria masuk Kecamatan Pacitan. Sedangkan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meskipun di sekitarnya ada banyak pilihan pantai, Pantai Teleng Ria memberi suguhan pemandangan indah yang tidak dimiliki pantai lain.

Akses jalan menuju lokasi sangat aman dan nyaman sehingga memudahkan pengunjung yang akan ke Pantai Teleng Ria. Dari pusat kota sendiri hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit bahkan kurang dari itu.

Jarak tempuhnya mencapai 2,5 km. Jarak yang cukup dekat dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Ada beberapa titik yang bisa dilihat sebelum ke area pantai, yaitu:

    • Dari Surabaya: Pengunjung yang berangkat dari Surabaya bisa langsung menuju Mojokerto, Jombang, Nganjuk dengan ujung Ponorogo. Perjalanan cukup lama sekitar 6 jam perjalanan.
    • Dari Solo: Apabila pengunjung melakukan perjalanan dari Solo bisa mengambil jalur Solo-Pacitan. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3 jam jika tidak ada kendala di jalan. Jalanan sudah beraspal dan bagus sehingga sepanjang perjalanan dijamin nyaman.
    • Dari Yogyakarta: Akses dari Yogyakarta menuju Pacitan dimulai perjalanan ke Wonosari terlebih dahulu. Selanjutnya barulah menempuh perjalanan menuju Pacitan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 jam dan jalanan telah bagus dan nyaman. Apabila telah sampai Pacitan, maka perjalanan bisa langsung ke pantai. Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan Google Maps dari HP. Titik peta sangat tepat sehingga mudah sampai tujuan wisata.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Teleng Ria:

Alamat: Teleng ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Teleng Ria

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000

Pada saat tertentu seperti libur akhir pekan atau liburan sekolah dan hari raya, Pantai Teleng Ria ramai pengunjung. Kepopulerannya membuat banyak orang penasaran untuk melihatnya secara langsung.

Biaya tiket masuk dibanderol 10 ribu rupiah per orang pada hari biasa. Namun, saat liburan berubah menjadi 15 ribu rupiah per orang, harga murah masih terjangkau kantong.

Jika mendatangi pantai menggunakan motor, maka ada biaya parkir tersendiri berbeda dengan HTM. Untuk kendaraan roda dua biaya parkir sebesar 5000 rupiah.

Adapun biaya parkir kendaraan roda empat atau mobil dibanderol sebesar 10 ribu rupiah. Jika datang berombongan dan menggunakan bus, maka biayanya akan berbeda lagi dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Pantai Teleng Ria Penuh Pesona Tiada Tara

Salah satu tujuan ke pantai adalah menikmati pesona alamnya yang utama. Semua keindahan yang ada baik pantai, laut, langit dan batas cakrawala memiliki pesona tiada tara. Pantai keren ini cocok buat yang ingin menyegarkan pikiran. Kejenuhan kerja dan aktivitas luar biasa dijamin hilang musnah tidak berbekas dengan mengunjungi panorama pantai.

Agar tidak penasaran lagi, berikut daya tarik Pantai Teleng Ria yang daya tarik keindahan tiada tara:

Daya Tarik Pantai Teleng Ria Penuh Pesona Tiada Tara
(sumber gambar: GoogleMaps_Ainun Muslimah)

1. Pantai Coklat yang Indah

Jika pantai lain terkenal dengan pasir putihnya, Pantai Teleng Ria terkenal dengan pasir coklat yang unik. Warna coklat adalah pengendapan sedimen dari Sungai Grindulu.

Sungai tersebut muaranya berada di Teleng Ria. Warnanya yang tidak biasa pasti menambah ketertarikan wisatawan untuk mendatangi secara langsung.

2. Pantainya Luas

Daya tarik berikutnya adalah pantai luas sehingga nyaman untuk melakukan banyak aktivitas seru. Luasnya pantai memberi kebebasan bagi wisatawan untuk bermain di bibir pantai dari ujung satu ke ujung lain.

Tetapi, karena ombaknya cukup besar, sebaiknya lebih berhati-hati dan tidak terlalu ke tengah laut. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantainya Luas
(sumber gambar: GoogleMaps_Fadhly Ardhi Ashari)

3. Pantai Bersih

Keelokan lain yang luar biasa karena Pantai Teleng Ria bersih. Pantai bersih bikin pengunjung lebih nyaman saat menikmati indahnya lautan.

Pantai bersih tergantung dari para wisatawan yang datang. Asalkan semua mematuhi peraturan membuang sampah pada tempatnya, pantai akan tetap terjaga kebersihannya dengan baik.

4. Cocok untuk Surfing

Ombak besar memang sedikit membahayakan namun tetap aman dengan standar ketentuan yang diberikan. Dengan ombak besar, Pantai Teleng Ria pas untuk area surfing dengan hempasan ombak yang berubah-ubah.

Untuk penggemar olahraga uji nyali ini, akan mengasyikkan dan bisa melakukan keseruan tersebut sepuasnya.

Cocok untuk Surfing

5. Ada Momen Surfing

Ombak besar menjadikan Pantai Teleng Ria area surfing dengan kegiatan event istimewa. Biasanya jika tidak ada halangan, event ini diselenggarakan secara rutin dan menarik lebih banyak wisatawan datang ke pantai.

Penonton yang membludak akan memberi dampak lebih pada ekonomi warga setempat. Secara tidak langsung lebih mengenalkan destinasi wisata dengan daya tarik unik ini ke publik.

6. Pantai Berbentuk U

Bentuk Pantai Teleng Ria sangat unik karena membentuk huruf U. Bentuk U terjadi karena pantai seolah terbelah dengan keberadaan Gunung Limo. Pemandangan eksotis ini hanya didapatkan di Teleng Ria dan menjadi pesona tidak terlupakan untuk para pengunjung.

Pantai Berbentuk U
(sumber gambar: GoogleMaps_pungki nugroho)

7. Gunung Limo

Seperti disebutkan sebelumnya adanya Gunung Limo membelah pantai seolah membentuk huruf U. Nah, untuk pecinta pendakian sendiri, jika sampai puncak Limo maka akan melihat keindahan pantai yang merupakan hal langka.

8. Terdapat Water Park

Pihak pengelola memberi pelayanan maksimal kepada pengunjung dengan membuat water park. Water park dibangun karena ombak pantai yang cukup tinggi sehingga wisatawan disarankan lebih baik tidak berenang ke tengah lautan.

Maka, dengan keberadaan water park pengunjung bisa melakukan keseruan mainan air dengan berenang di water park. Ide sungguh cemerlang dan membuat betah para wisatawan yang datang mengunjungi pantai.

Terdapat Water Park
(sumber gambar: GoogleMaps_Ayye Arifin)

9. Terdapat Hutan Cemara

Untuk mengatasi abrasi air laut, maka dibudidayakan tanaman pohon cemara di sekitar Pantai Teleng Ria. Pohon-pohon yang rimbun dan epik ini berjajar rapi menjadi hutan cemara yang cantik.

Manfaatnya yang luar biasa membuat hutan cemara banyak disukai pengunjung. Tatanan pepohonan rapi tentu memberikan kesan tersendiri dan daya tarik yang berbeda dari pantai lain.

10. Daya Tarik Pemandangan Luar Biasa Indah Tiada Tara

Pesona lain yang selalu menjadi dambaan wisatawan untuk sering mengunjungi pantai karena daya pikat panoramanya. Pemandangan pantai sangat indah yang menyatu dengan keindahan sekitar menjadi momen istimewa.

Lautnya, ombak besar, pantai, hutan cemara hingga bentuk U yang mempesona tiada tara. Semuanya menjadi daya tarik yang tidak akan terlupakan untuk para pelancong.

Daya Tarik Pemandangan Luar Biasa Indah Tiada Tara
(sumber gambar: GoogleMaps_Fadhly Ardhi Ashari)

11. Banyak Spot Foto Keren

Sudah hal biasa jika berfoto adalah momen mengasyikkan untuk menikmati alam. Di Pantai Teleng Ria, banyak spot foto cantik yang bisa dipilih para pengunjung. Background pantainya, rimba cemara bahkan juga lautan yang luas menghampar.

Semua daya tarik pantai sangat cocok untuk pengunjung yang membutuhkan healing tipis-tipis. Bahkan hanya dengan melihat pemandangan pantai, segala beban pikiran bisa lenyap dalam sekejap dan tentunya pikiran kembali jernih dan bahagia.

Aktivitas Seru di Pantai Teleng Ria

Daya tarik luar biasa belum sepenuhnya lengkap jika tidak melakukan kegiatan seru di pantai. Nah, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dan mengasyikkan.

Semua aktivitas bisa menyegarkan pikiran bahkan membuat hati damai bahagia. Adapun aktivitas tersebut antara lain:

Aktivitas Seru di Pantai Teleng Ria
(sumber gambar: GoogleMaps_faisal nk)

1. Berfoto Keren

Begitu banyak spot foto keren yang bisa diabadikan. Dari banyak segi, Pantai Teleng Ria bisa menjadi latar belakang menarik untuk berfoto.

Hutan cemara, pantai yang membiru, warung sepanjang pantai, Gunung Limo dan yang lainnya. Setiap bagian pantai bisa menjadi sesuatu yang berbeda dan istimewa.

2. Menjelajahi Pantai untuk Healing

Tidak perlu bingung ingin ngapain karena di pantai pengunjung bisa menyegarkan pikiran sekaligus healing dimana saja. Tentunya sambil memandang pemandangan yang indahnya tiada tara.

Dari alam yang epik dan eksotis, pikiran kembali segar, nyaman dan tenang. Maka, menjelajahi pantai bisa menjadi kegiatan menyenangkan.

Menjelajahi Pantai untuk Healing
(sumber gambar: GoogleMaps_Wasito)

3. Surfing

Pecinta olahraga surfing dapat sepuasnya bermain di pantai yang ombaknya besar ini. Tentunya bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan dengan berbagai keseruan lain selama di pantai.

4. Santai di Bawah Cemara

Ingin yang santai sesantai santainya sambil menikmati semilir angin, bisa memilih tempat bawah pohon cemara. Suasana cukup teduh otomatis menyegarkan pikiran. Ke pantai jadi menyenangkan menikmati hijaunya pepohonan sekaligus biru laut yang indah penuh pesona.

5. Bermain Pasir

Anak-anak tidak bosan bermain pasir sepuasnya di bibir pantai. Dengan ombaknya yang tinggi bermain pasir jangan terlalu mendekati laut. Lebih baik menjaga jarak aman agar nyaman.

Bermain Pasir

6. Bermain di Water Park

Keseruan lain yang bisa dinikmati saat ke Pantai Teleng Ria adalah bermain dan berenang di Water Park. Keseruan ini menjadi pengobat rindu jika tidak berani berenang di pantai yang ombaknya besar.

7. Menikmati Kuliner Pinggir Pantai

Menikmati makanan khas pantai di pinggir pantai pasti menyenangkan, meskipun makan ikan bukanlah hal yang tidak biasa. Namun, suasana pantai akan membuat pengalaman tidak terlupakan.

Terdapat pasar ikan dengan nelayan yang menjual ikan dan pengunjung bisa membelinya untuk dimasak sekalian. Jika ingin langsung memakannya bisa memilih yang sudah matang sehingga praktis dan tidak ribet. Serunya kulineran akan menciptakan keseruan tiada batas baik bersama keluarga atau teman dekat.

Menikmati Kuliner Pinggir Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Gorlami Sugiono)

8. Ke Gunung Limo

Ingin pendakian tidak biasa ke Gunung Limo saja. Gunung yang membelah Telang Ria memang eksotis dan tentunya menjadi pengalaman seru yang berbeda dari yang lain.

Pemandangan yang dihadirkan sungguh indah campuran pantai dan gunung menawan hati. Menikmati keindahan pantai dengan berbagai aktivitas seru selalu menyenangkan dan tidak membosankan. PIkiran akan kembali segar, jernih penuh kesan spesial.

Fasilitas Pantai Teleng Ria

Tiket yang terjangkau, biaya parkir terjangkau tidak membuat fasilitasnya tidak nyaman. Bagaimana pihak pengelola menyediakan fasilitas para wisatawan? Semua fasilitas memadai telah lengkap tersedia yang akan membuat pengunjung semakin betah, yaitu:

Fasilitas Pantai Teleng Ria
(sumber gambar: GoogleMaps_bobby adytama)
    • Toilet Umum: Hal penting di tujuan wisata adalah ketersediaan toilet umum dan di Pantai Teleng Ria semuanya tersedia dengan baik dan lengkap.
    • Area Parkir: Tidak perlu khawatir jika mengendarai kendaraan pribadi atau motor, karena tersedia area parkir yang mencukupi untuk para pengunjung pantai.
    • Mushola: Untuk melakukan ibadah, tersedia mushola yang bersih dan nyaman. Jadi, saat berwisata tetap bisa melaksanakan sholat atau ibadah dengan baik.
    • Warung Makan: Pengunjung tidak perlu khawatir jika lapar melanda, terdapat warung makan dengan banyak pilihan menu seafood yang sedap. Jika lapar, tinggal pesan makanan dan liburan semakin menyenangkan.
    • Tempat Foto Ikon Pantai: Ikon pantai bernama Pantai Teleng Ria menjadi idola pengunjung yang ingin berfoto. Tulisan tersebut seakan menjadi bukti jika pernah ke pantai yang pesonanya indah tiada tara. Banyak yang mengabadikan foto sendiri atau beramai-ramai karena unik dan cantik. Semua fasilitas memberikan kenyamanan level tinggi untuk para wisatawan yang datang agar senang dan betah.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Teleng Ria di Pacitan

Terkadang, berkunjung ke pantai dari pagi hingga sore masih kurang waktunya. Jika ingin menginap, terdapat penginapan dengan biaya terjangkau dan dekat pantai. Penginapan bisa dipilih menyesuaikan budget yang dimiliki. Penginapan itu diantaranya:

1. Penginapan Arsyana

Penginapan Arsyana
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Arsyana terletak strategis di Pacitan, memberikan kamu akses yang mudah ke atraksi dan restoran menarik di sekitar kami. Waktu check-in kami mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

Fasilitas yang kami tawarkan meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar dan area umum, serta layanan kebersihan harian. Properti kami juga bebas asap rokok dan staf kami fasih berbahasa Inggris dan Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 150.879 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Arsyana Diskon 54%

2. Hotel Graha Prima

Hotel Graha Prima
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Graha Prima menawarkan lokasi strategis di Pacitan, memberikan kemudahan akses ke atraksi wisata dan pilihan restoran terbaik. Waktu check-in kami mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas yang tersedia meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis, layanan kamar 24 jam, dan restoran di tempat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 73.434 per malam

PESAN HOTEL Hotel Graha Prima Diskon 84%

3. Parai Beach Resort Telengria

Parai Beach Resort Telengria
(sumber gambar: Agoda)

Parai Beach Resort Telengria terletak strategis di Pacitan, menawarkan akses mudah ke atraksi wisata dan pilihan restoran terbaik. Waktu check-in kami mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

Fasilitas khusus yang kami sediakan termasuk kolam renang luar ruangan, restoran, BBQ, dan WiFi gratis di semua kamar dan area umum. Layanan resepsionis 24 jam kami akan memastikan pengalaman menginap kamu berjalan dengan lancar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 397.163 per malam

PESAN HOTEL Parai Beach Resort Telengria Diskon 57%

4. Hotel Kaliu

Hotel Kaliu
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Kaliu menawarkan lokasi yang strategis di Pacitan, memberikan akses yang mudah ke berbagai atraksi wisata dan pilihan restoran.

Dengan fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, dan layanan kamar, kami siap memberikan pengalaman menginap yang nyaman dan memuaskan bagi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 360.000 per malam

PESAN HOTEL Hotel Kaliu Diskon 61%

5. Rina Guest House Pacitan

Rina guest house pacitan
(sumber gambar: Agoda)

Rina Guest House Pacitan terletak strategis di Pacitan, memberikan kemudahan akses ke atraksi wisata dan restoran terbaik di sekitar kami. Waktu check-in kami mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

Fasilitas yang kami tawarkan meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar dan area umum, ruang keluarga, dan AC di area umum. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan memuaskan bagi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 110.000 per malam

PESAN HOTEL Rina Guest House Pacitan Diskon 60%

Rasa lelah setelah mengunjungi pantai akan hilang dengan istirahat di penginapan nyaman dan tenang. Harga setiap penginapan berbeda-beda dan tentunya setiap harga bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan keadaan.

Mencicipi Makanan Khas Pacitan yang Menggugah Selera

Pacitan, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, terkenal dengan berbagai makanan lezat yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Pacitan yang patut kamu cicipi:

Mencicipi Makanan Khas Pacitan yang Menggugah Selera

    • Tahu Ikan Tuna: Tahu yang diisi dengan daging tuna yang telah dibumbui dan kemudian digoreng. Biasanya disajikan dengan sambal dan nasi.
    • Otak-otak Tuna: Seperti otak-otak pada umumnya, tetapi menggunakan daging tuna sebagai bahan utamanya. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.
    • Rengginang: Makanan ringan yang terbuat dari beras yang direndam, kemudian digoreng hingga kering. Rasa gurihnya sangat pas sebagai camilan.
    • Sale: Kue tradisional Pacitan yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan kelapa parut. Biasanya dibentuk bulat dan kemudian digoreng.
    • Sego Gobyos: Sego gobyos merupakan nasi yang disajikan dengan ikan gobyos, yaitu ikan laut yang khas di daerah Pacitan. Ikan ini biasanya digoreng atau dibakar.
    • Soto Pacitan: Soto khas Pacitan ini memiliki kuah yang kental dan beraroma khas. Biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, dilengkapi dengan tambahan telur, tauge, dan bawang goreng.
    • Lontong Balap Pacitan: Lontong balap adalah hidangan berupa lontong dengan tambahan tauge, tahu goreng, dan lentho (sejenis bakso). Biasanya disajikan dengan kuah kacang dan kecap manis.

Kesimpulan

Menikmati keindahan pantai adalah cara terbaik untuk menyegarkan pikiran. Piknik tipis-tipis, melihat kecantikan tiada tara dari pantai dapat menyantaikan otak dan hati.

Untuk itu saat ada waktu luang menjelajah Pantai Teleng Ria bisa menjadi daftar utama liburan. Semakin banyak healing ke tempat indah, tenang dan nyaman akan membuat pikiran kembali segar dan sehat.

You might also like