Pantai Teluk Awur di Jepara: Destinasi Wisata Unggulan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Selain dikenal furniture yang dimilikinya, Kota Jepara sebenarnya mempunyai daya tarik lain yang tidak kalah bagus yaitu Pantai Teluk Awur. Meski namanya kurang terkenal bagi masyarakat Jawa Tengah, tetapi sebenarnya tempat ini menyimpan banyak daya tarik yang belum terekspos seluruhnya.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang tinggal di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini. Biarpun bukan destinasi wisata utama tetapi tempat ini sudah dikelola baik oleh masyarakat sekitar.

Sejarah Pantai Teluk Awur

Sejarah Pantai Teluk Awur
(sumber gambar: GoogleMaps_Fajar Fad)

Menurut masyarakat sekitar, pantai ini memiliki sejarah yang cukup unik. Nama Pantai Teluk Awur sendiri sebenarnya berasal dari cerita masyarakat tentang seorang raja yang mencoba merebut istri seorang ulama.

Konon, pada zaman dahulu di daerah ini terdapat seorang ulama yang berasal dari Timur Tengah bernama Syeikh Abdul Aziz dan istrinya yang bernama Den Roro Kuning. Ulama tersebut ditugaskan oleh ayahnya untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Jepara dan sekitarnya.

Selain menyebarkan ajaran Islam, sehari-hari Syeikh Abdul Aziz bekerja menggarap lahan dan selalu menyempatkan diri pulang sesaat untuk menjenguk istrinya.

Sang istri dikenal memiliki paras yang cantik sehingga akhirnya Syeikh Abdul Aziz melukis wajah istrinya tersebut agar selalu bisa melihat sang istri saat bekerja di ladang. Sayangnya, suatu saat lukisan tersebut hilang terbawa angin dan jatuh ke tangan Raja Joko Wongso.

Meskipun memiliki pangkat sebagai raja, tetapi Joko Wongso dikenal mempunyai sifat yang buruk dan semena-mena terhadap rakyat. Begitu melihat lukisan istri Syeikh Abdul Aziz, raja tersebut memerintahkan prajuritnya untuk mencari dan membawa Den Roro Kuning ke istana untuk dijadikan permaisuri.

Untuk menyelamatkan istrinya, Syeikh Abdul Aziz akhirnya menyamar menjadi pemusik dan menyuruh istrinya untuk menjebak Joko Wongso dengan cara memintanya mencarikan kerang atau kijing menggunakan pakaian nelayan.

Joko Wongso akhirnya tewas dibunuh oleh prajurit kerajaannya sendiri atas perintah Syeikh Abdul Aziz yang menyamar menggunakan pakaian raja. Sebelum meninggal, Joko Wongso berkata teluk dan awur yang merupakan ungkapan dari kata ngawur.

Berdasarkan cerita rakyat tersebut maka lokasi tersebut dinamakan Pantai Teluk Awur. Meski begitu menurut beberapa sumber, cerita rakyat di atas memiliki beberapa versi yang berbeda dan sudah mengalami banyak perubahan sehingga tidak diketahui mana cerita yang sebenarnya.

Lokasi Pantai Teluk Awur

Lokasi Pantai Teluk Awur
(sumber gambar: Google_Tribunnews)

Secara administratif, pantai ini berlokasi di Desa Teluk Awur, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sebagai salah atau destinasi wisata, tempat ini populer di kalangan anak muda wilayah tersebut. Terlebih lokasinya yang berjarak sekitar 4 Km dari pusat Kota Jepara.

Karena begitu dekatnya dengan pusat kota, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai tempat nongkrong atau berwisata bersama dengan teman dan keluarga tercinta.

Karena pantai ini berada sangat dekat dengan Kota Jepara maka kamu tidak perlu khawatir soal akses jalan menuju ke sana karena dipastikan jalannya mudah dilalui. Tidak hanya mudah, perjalanan menuju ke sana dijamin lancar dan banyak petunjuk arah sehingga kamu tidak akan tersesat.

Terdapat 2 rute perjalanan yang bisa ditempuh yaitu dari Kota Semarang dan Kota Kudus. Jika kamu berangkat dari Semarang maka akan memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan karena jarak Semarang ke Pantai Teluk Awur sekitar 76,5 Km.

Sedangkan jika berangkat dari Kota Kudus kamu hanya perlu sekitar 1 jam perjalan saja karena jarak Kudus dengan pantai ini hanya sekitar 39,6 Km.

Meski begitu, kedua rute di atas sama-sama akan melewati jalur Kudus-Jepara kemudian melewati Pasar Pecangan. Lurus hingga bertemu perempatan jalan kemudian belok kiri ke arah Jalan Sunan Mantingan kemudian lurus terus sampai tiba di pantai tujuan.

Jika ingin berkunjung, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau khusus untuk rombongan menggunakan bus pariwisata karena lebih praktis.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Teluk Awur di Jepara:

Alamat: Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Harga Tiket Pantai Teluk Awur

Hari
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
SeninGratisRp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
SelasaGratisRp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
RabuGratisRp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
KamisGratisRp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
JumatRp 2.000Rp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
SabtuRp 2.000Rp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
MingguRp 2.000Rp 2.000Rp 2.000Rp 50.000
Hari LiburRp 10.000Rp 2.000Rp 2.000Rp 50.000

Perlu kamu ketahui jika pantai ini adalah objek wisata yang dikelola oleh warga sekitar, sehingga jangan terkejut jika ada perbedaan harga tiket masuk yang harus dibayarkan. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat bisa memiliki ketentuan masing-masing.

Harga tiket masuk Pantai Teluk Awur berbeda-beda, tergantung hari di mana kamu datang berkunjung. Jika datang pada hari Senin-Kamis maka kamu tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Tetapi, jika datang pada hari Jumat-Minggu dan hari-hari libur nasional maka kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. Adapun untuk tiket masuk untuk hari-hari tertentu seperti libur lebaran dan pekan Syawalan dibanderol sekitar Rp 10 ribu per orang.

Untungnya biaya parkir untuk pengunjung yang membawa sepeda motor masih terjangkau yakni sebesar Rp 2 ribu saja. Untuk kendaraan roda empat kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5 ribu.

Sedangkan untuk kendaraan besar seperti bus wisata akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu saja. Harga yang terjangkau untuk ukuran objek wisata.

Meski ada ketidakcocokan harga, tetapi jika dibandingkan destinasi wisata pantai terkenal lainnya harga tiket masuk tersebut masih tergolong murah. Ditambah ongkos parkirnya murah untuk sepeda motor.

Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu menyiapkan budget lebih untuk tiket masuk karena harganya bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Jam Operasional Pantai Teluk Awur

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Seperti yang sudah disebutkan dalam harga tiket, tempat ini buka setiap hari tepatnya dibuka selama 24 jam penuh. Tetapi, jika ingin berkunjung kamu sebaiknya datang saat musim kemarau di mana cuaca saat itu relatif selalu cerah.

Jika datang saat musim hujan maka ada resiko cuaca buruk yang bisa membahayakan keselamatan kamu selama di sana. Salah satu misalnya adalah ombak saat badai yang cukup kencang dan merusak berbagai fasilitas dan pepohonan di pesisir pantai tersebut.

Tidak hanya itu, untuk menghindari cuaca terik kamu sebaiknya datang pada pagi atau sore hari di mana matahari tidak sedang panas-panasnya. Kamu juga bisa datang berkunjung pada malam hari karena bisa sekaligus menikmati makan malam romantis di tepi pantai.

Fasilitas Pantai Teluk Awur

Fasilitas Pantai Teluk Awur
(sumber gambar: GoogleMaps_Ahmad Fauzi)

Meski dikelola oleh warga setempat namun pantai ini sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan terawat dengan baik. Meskipun terdapat beberapa fasilitas seperti toilet yang berbayar namun secara umum fasilitas di sana sudah sangat bagus.

Tidak hanya fasilitas dasar seperti tempat parkir, toilet, gazebo, mushola, tempat penyewaan ban renang dan lain-lain, kamu juga bisa menemukan fasilitas lain seperti spot memancing dan kafe unik dengan gaya kekinian.

Selain tempat makan, Pantai Teluk Awur juga sudah memiliki pusat oleh-oleh sendiri di mana kamu bisa membeli berbagai cinderamata khas Jepara. Tersedia camping area dan kampung wisata rolet untuk kamu yang ingin menikmati pantai dengan cara berbeda.

Untuk pecinta foto, tersedia banyak spot foto menarik yang pastinya sangat instagramable dan berbagai wahana permainan air yang menarik seperti jet ski, banana boat, dan sejenisnya.

Aktivitas Seru di Pantai Teluk Awur

Selain keindahan pantai dengan hamparan pasir putih ternyata kawasan pantai ini juga memiliki berbagai daya tarik yang jarang ditemukan di tempat lain. Jika penasaran, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati jika berkunjung kesana, antara lain:

Aktivitas Seru di Pantai Teluk Awur
(sumber gambar: GoogleMaps_Samsul Nizar)

1. Wisata Hutan Mangrove

Selain memiliki tampilan yang eksotis dan menenangkan, kawasan hutan mangrove ternyata memiliki peranan penting dalam ekosistem. Kawasan ini merupakan habitat dari berbagai hewan yang ada di sekitar pesisir pantai.

Oleh sebab itu, jangan heran jika kamu bisa menemukan berbagai hewan seperti kepiting, ikan kecil, burung dan sejenisnya di hutan mangrove.

Bahkan tidak jarang ada hewan-hewan langka yang bisa ditemukan sedang bermukim atau mencari makan di tanaman tersebut. Selain bisa menenangkan, wisata hutan mangrove di pantai ini juga bisa menjadi sarana edukasi untuk warga sekitar dan wisatawan luar.

2. Menikmati Sunset

Berburu sunset seolah menjadi agenda wajib jika berkunjung ke pantai mana pun. Namun, khusus di Pantai Teluk Awur ini kamu akan dimanjakan suasana yang syahdu dengan angin semilir dan suara ombak yang tenang.

Ditambah dengan pemandangan matahari terbenam yang berwarna jingga kemerahan semakin membuat suasana terlihat semakin romantis. Di saat seperti inilah kamu bisa mengambil foto terbaik untuk kenang-kenangan atau untuk diunggah ke sosial media.

Menikmati Sunset
(sumber gambar: GoogleMaps_fahlia ningrum)

3. Berenang dan Olahraga Air Lainnya

Renang menjadi salah satu aktivitas yang direkomendasikan waktu berkunjung kesini. Hal ini dikarenakan ombak Pantai Teluk Awur dikenal sangat aman untuk berenang sehingga cocok untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, warga setempat percaya jika air laut di pantai ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Air di kawasan Teluk Awur memang dikenal sangat bersih, jernih, dan bebas pencemaran sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit.

Jika tidak bisa berenang, kamu bisa menyewa pelampung atau ban khusus untuk renang di tempat penyewaan yang berada di sekitar tepi pantai. Harga sewanya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribuan saja.

Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, kamu bisa menyewa berbagai wahana seperti banana boat, flying fish boat, dan jet sky. Sayangnya, harga sewa untuk wahana-wahana tersebut mahal sehingga kurang cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

Tidak hanya mahal, biaya sewa wahana yang disebutkan di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa kamu ketahui terutama setelah pandemi. Oleh sebab itu, kamu lebih baik bertanya lebih dahulu dan menyiapkan budget lebih untuk aktivitas seperti ini.

Berenang dan Olahraga Air Lainnya

4. Memancing

Pantai Teluk Awur adalah salah satu dari sedikit pantai yang menyediakan spot khusus untuk memancing untuk para wisatawan. Tempat ini biasanya penuh saat akhir pekan dan hari libur nasional sehingga jika kamu tidak suka suasana ramai sebaiknya hindari datang pada waktu-waktu tersebut.

Pilihan lainnya adalah datang lebih awal sehingga kamu dapat menemukan tempat terbaik untuk memancing sambil menikmati suasana angin pantai yang semilir.

5. Melihat Festival Tradisional

Sama seperti pantai lainnya di daerah Jepara, tepat satu minggu setelah lebaran atau yang dikenal sebutan puncak pekan Syawalan selalu diselenggarakan festival khusus yang bernama Pesta Lomban atau kadang dikenal nama Sedekah Laut.

Pesta Lomban atau yang juga dikenal Bakda Kupat ini merupakan tradisi turun-temurun masyarakat Teluk Awur Jepara yang rutin diadakan setiap tahun. Perayaan ini dilakukan sebagai bentuk kemenangan setelah menjalani puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh.

Saat ini, selain untuk menjalankan tradisi kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menarik perhatian wisatawan baik domestik atau mancanegara ke Pantai Teluk Awur.

Melihat Festival Tradisional
(sumber gambar: Google_Gatra)

6. Wisata Kuliner

Dibandingkan dengan pantai lain, fasilitas rumah makan atau restoran di tempat ini bisa dikatakan jauh lebih baik. Selain terlihat rapi, deretan tempat makan tersebut terlihat bersih dan nyaman dilihat.

Tidak hanya cocok dikunjungi bersama keluarga, namun tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat hangout anak-anak muda bersama teman-teman. Meski di kawasan wisata tetapi harga yang ditawarkan masih tetap termasuk terjangkau.

Bukan hanya rumah makan biasa, di pantai ini juga ada kafe dan rumah makan dengan konsep unik dan kekinian. Mengangkat tema romantis di mana bangunan kafe ini sengaja dibuat berada di sebuah jembatan memanjang layaknya sebuah dermaga.

Dengan pemandangan langsung menghadap laut kamu bisa sekaligus menikmati hidangan yang tersedia sekaligus mengambil foto-foto estetik.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Teluk Awur di Jepara

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, di sekitar lokasi wisata ini ada banyak penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika ingin hemat, kamu dapat memilih homestay dan jika ingin tempat dengan fasilitas terbaik maka hotel bisa menjadi pilihan utama.

Berikut adalah deretan penginapan yang berada dekat dengan Pantai Teluk Awur dan bisa dijadikan referensi tempat bermalam, antara lain:

1. Jepara Beach Hotel

Jepara Beach Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Jepara Beach Hotel, destinasi ideal yang terletak secara strategis di Jepara, memberikan kamu akses mudah ke atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat.

Di sini, kami berkomitmen untuk meningkatkan kenyamanan menginap kamu dengan fasilitas istimewa seperti kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, layanan pijat yang menyenangkan, dan bahkan kolam renang dalam ruangan untuk pengalaman yang lebih eksklusif.

Tak hanya itu, waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00. Jangan lewatkan fasilitas lain, termasuk shuttle bandara, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, spa yang menyegarkan, dan resepsionis 24 jam yang siap membantu. Jepara Beach Hotel juga menawarkan keseruan dengan fasilitas BBQ yang dapat dinikmati oleh tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 269.370 per malam

PESAN HOTEL Jepara Beach Hotel Diskon 75%

2. Adah Homestay

Adah Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Adah Homestay, tempat yang terletak dengan strategis di Jepara, memastikan kamu dekat dengan atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat. Sebagai bonus tambahan, kami menyediakan restoran di dalam properti kami untuk memenuhi kebutuhan kuliner kamu dengan mudah.

Di sini, hewan peliharaan diperbolehkan, dan kamu dapat menikmati fasilitas lainnya seperti tempat parkir mobil, layanan shuttle yang memudahkan perjalanan kamu, WiFi gratis di semua kamar, toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, kedai kopi yang nyaman, restoran untuk santap malam yang menyenangkan, dan layanan kamar untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 150.000 per malam

PESAN HOTEL Adah Homestay Diskon 55%

3. Villa Isabella Putri B&B

Villa Isabella Putri B&B
(sumber gambar: Agoda)

Villa Isabella Putri B&B, tempat yang terletak strategis di Jepara, memberikan kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik. Kami memberikan kebebasan waktu dengan waktu check-in pada pukul 14.00 dan waktu check-out pada pukul 12.00.

Rasakan kenyamanan dengan fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, pantai pribadi untuk momen bersantai, layanan kamar yang memanjakan, WiFi di tempat umum, keberadaan pantai yang menyejukkan, AC di area umum, dan layanan internet untuk tetap terhubung dengan dunia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 310.000 per malam

PESAN HOTEL Villa Isabella Putri B&B Diskon 51%

4. Seaside Villa & Muse Beach Resto

Seaside Villa & Muse Beach Resto
(sumber gambar: Agoda)

Seaside Villa & Muse Beach Resto, destinasi yang strategis di Bandengan, Jepara, menawarkan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Kami menyediakan kenyamanan waktu check-in yang dimulai pada pukul 14.00.

Nikmati fasilitas lengkap kami, termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan check-in/check-out ekspres untuk kenyamanan, fasilitas BBQ untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan, penitipan barang yang aman, kedai kopi untuk bersantai, bar untuk menikmati minuman, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 427.500 per malam

PESAN HOTEL Seaside Villa & Muse Beach Resto Diskon 60%

5. Jepara Garden Resort

Jepara Garden Resort
(sumber gambar: Agoda)

Jepara Garden Resort, tempat yang terletak secara strategis di Jepara, memberikan akses mudah ke atraksi menarik dan restoran pilihan. Nikmati kenyamanan maksimal dengan waktu check-out pada pukul 12.00.

Fasilitas kami meliputi tempat parkir mobil yang luas, layanan shuttle untuk perjalanan yang lebih nyaman, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam yang siap membantu kebutuhan kamu, pusat kebugaran untuk menjaga kesehatan, spa untuk relaksasi total, layanan check-in/check-out ekspres, dan fasilitas BBQ untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 500.000 per malam

PESAN HOTEL Jepara Garden Resort Diskon 52%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Jepara di Sekitar Pantai Teluk Awur

Jepara, sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang menarik. Berikut adalah beberapa kuliner lezat khas Jepara yang bisa kamu coba:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Jepara di Sekitar Pantai Teluk Awur

    • Bongko Mento: Bongko Mento adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, yang kemudian digulung dan dikukus. Biasanya, kue ini dihidangkan sebagai hidangan pencuci mulut.
    • Horok-horok: Makanan ini merupakan olahan dari ikan laut seperti hiu, yang diasinkan dan dicampur dengan bumbu khas. Horok-horok biasanya dihidangkan bersama nasi atau lontong.
    • Turuk Bintol: Turuk Bintol adalah hidangan berbahan dasar ikan laut, terutama ikan bintol. Ikan ini diolah dengan cara digoreng dan dicampur dengan bumbu khas Jepara.
    • Pindang Serani: Pindang Serani adalah hidangan berkuah khas Jepara yang terbuat dari bahan dasar ikan laut atau ikan sungai. Kuahnya kaya rasa dan biasanya diberi rempah-rempah.
    • Lontong Krubyuk Jepara: Lontong Krubyuk adalah hidangan khas Jepara yang terdiri dari lontong, tauge, suwiran ayam, dan kuah kental berbumbu kacang.
    • Kuluban: Kuluban adalah hidangan khas Jepara berupa sayuran yang direbus dan dicampur dengan kelapa parut serta bumbu khas Jepara.
    • Adon-Adon Coro: Adon-Adon Coro adalah hidangan sate ikan yang berasal dari Jepara. Sate ini umumnya disajikan dengan bumbu kacang atau sambal.
    • Moto Belong: Moto Belong adalah hidangan yang terbuat dari ikan belanak yang diasapi. Ikan ini kemudian diolah dengan cara dibumbui dan dijadikan lauk pauk.

Tips Berkunjung ke Pantai Teluk Awur

Untuk pengunjung yang baru pertama kali datang ke tempat ini ada beberapa tips singkat yang perlu diperhatikan sebelum keberangkatan. Meski terlihat sepele namun tips di bawah ini akan sangat bermanfaat jika kamu sudah sampai di pantai tujuan:

Tips Berkunjung ke Pantai Teluk Awur

    • Membawa perlengkapan khusus seperti sunblock, pakaian dan sepatu ganti jika ingin berenang atau menikmati permainan air di pantai ini.
    • Tak usah repot membawa peralatan renang sendiri karena kamu bisa menyewa dengan harga terjangkau.
    • Datang beramai-ramai baik dengan teman atau keluarga karena suasana pantai ini cocok untuk dinikmati bersama-sama.
    • Jangan lupa membawa kamera atau peralatan menggambar karena banyak spot menarik yang bisa diabadikan.
    • Membawa uang tunai dalam jumlah lebih karena lokasi wisata biasanya mematok harga yang lebih mahal dari kawasan lain. Selain itu, sulit jika mencari ATM ketika kamu berlibur di pantai.
    • Membawa bekal sendiri jika ingin berhemat atau punya alergi makanan.

Kesimpulan

Dengan berbagai kelebihan, daya tarik, dan fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Teluk Awur maka tidak ada salahnya untuk kamu yang tinggal di Jawa Tengah untuk datang berkunjung. Selain bisa melihat-lihat kerajinan furniture, kamu juga bisa healing dengan biaya yang lebih hemat.

You might also like