Fakta Tersembunyi Pantai Tiga Warna di Malang yang Membuat Wisatawan Kagum

Fakta Tersembunyi Pantai Tiga Warna di Malang yang Membuat Wisatawan Kagum (sumber: Instagram @pantaitigawarna)

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang tidak begitu ramai walaupun sedang libur akhir pekan, kamu bisa mengunjungi pantai Tiga Warna. Walaupun memiliki keindahan yang begitu menakjubkan, namun pantai ini belum banyak di datangi oleh wisatawan lohh.

Sebenarnya pantai Tiga Warna cukup populer di seluruh wilayah, bahkan selalu dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya, baik lokal atau mancanegara.

Kepopuleran yang dipunyai pantai Tiga Warna membuat beberapa orang penasaran, sebenarnya apa saja ya rahasia yang terselinap di pantai unik satu ini?

Untuk menyembuhkan rasa penasaran sobat wisata mengenai pantai satu ini, berikut ringkasan beberapa fakta unik dibalik kecantikan dan ketenaran yang dimiliki pantai Tiga Warna:

Sajian Alam yang Ditawarkan Pantai Tiga Warna

Rekreasi pantai selalu identik dengan daya tarik keindahan alam yang dimilikinya, termasuk pantai Tiga Warna.

Sajian Alam yang Ditawarkan Pantai Tiga Warna
Sajian Alam yang Ditawarkan Pantai Tiga Warna (sumber: Instagram @im_naiphoto)

Mendengar namanya saja tentu sudah tebersit di pikiran kamu jika ada satu perihal yang unik disini. Betul sekali! Sama sesuai Namanya, pantai ini mempunyai 3 warna berbeda yang akan membuat kamu berdecak kagum begitu pertama kali menyaksikannya.

Perbedaan warna pada pantai ini ada pada air lautnya, yaitu mempunyai kombinasi di antara warna merah kecoklatan, biru, dan kehijauan.

Gradasi ketiga warna ini bisa terlihat dari bibir pantai. Namun bila kamu ingin melihat lebih terang, kamu harus melihatnya melalui ketinggian.

Tiap gradasi warna menggambarkan tingkat kedalaman masing-masing lokasi. Sama dalam air yang berwarna merah kecoklatan, mengisyaratkan jika perairan itu dekat sama bibir pantai dan tidak terlalu dalam.

Selanjutnya air yang warna kehijauan bermakna area laut dangkal. Dan sisi air yang warna biru mengisyaratkan area laut dengan segi paling dalam.

Ada perbukitan hijau yang tinggi yang berjejer disekitaran pantai, umumnya bukit ini dijadikan fasilitas bagi pengunjung untuk nikmati keindahan tiga warna air laut yang terekspos di pantai ini.

Dari ketinggian inilah kamu akan dimanjakan daya tarik menakjubkan kombinasi ketiga warna air laut dengan putihnya pasir di tepi pantai.

Kekhasan yang dimiliki tidak akan ditemukan pada pantai lainnya, termasuk pemandangan alam yang tersaji disekitaran pantai.

Selama ada disini kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih bersih dan berasa lembut, dan rimbunnya vegetasi yang memadati sekitaran daerah pantai sampai terasa sejuk.

Perlu kamu ketahui, selain menawarkan keelokan alam disekitaran pantai yang bisa memanjakan mata pantai ini populer dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Sebagian besar pengunjung yang tiba akan secara langsung tertarik untuk berenang, untuk menunjukkan sendiri pemandangan di bawah laut yang konon katanya mempesona.

Mendengar keindahan bawah laut pantai Tiga Warna, yang tidak tertandingi, menjadikan banyak pengunjung pada akhirannya memilih melakukan snorkeling.

Tidak perlu cemas terbawa ombak, gelombang di pantai Tiga Warna cukup stabil menjadi aman untuk beraktivitas air.

Menariknya lagi, kamu tidak perlu repot membawa perlengkapan snorkeling sendiri. Di sini sudah disiapkan penyewaan khusus yang telah terjaga kelengkapan, keamanan, dan kebersihannya.

Selama melakukan snorkeling, kamu dan rombongan akan diarahkan oleh lifeguard berpengalaman untuk menemukan spot cantik di bawah laut.

Saat sampai pada lokasi snorkeling utama, sekumpulan terumbu karang dan berbagai biota laut akan secara langsung menyambut kamu.

Saat snorkeling kamu masih tetap bisa menyaksikan perbedaan gradasi tiga warna air laut dengan mata telanjang.

Pemandangan biota laut yang terlihat jelas karena lokasi ini sebagai tempat pelestarian yang diberdayakan oleh pemerintah setempat.

Snorkeling di pantai ini pengunjung tidak diizinkan memakai kaki katak, ini dilakukan buat menjaga keindahan terumbu karang supaya tidak rusak.

Begitu juga dengan kegiatan diving, walaupun di pantai Tiga Warna dibolehkan tetapi cuma diperuntukan untuk pengunjung yang pernah diving sebelumnya, jika kamu masih pemula lebih baik jangan ya.

Malas melakukan snorkeling? kamu tidak perlu cemas, terlebih bila bawa anak-anak. Pengunjung masih tetap bisa menikmati keindahan alam pantai Tiga Warna dengan berenang santai sekalian mencari kulit kerang yang tersembunyi di dalam pasir.

Santai di tepi pantai menjadi pilihan yang pas, struktur pasir yang halus tidak membuat gatal pada kulit, jadi sangat aman bila kamu ingin duduk-duduk santai tanpa alas sekalipun.

Sebagian besar permukaan pasir di sini aman untuk digunakan bersantai, tetapi kamu harus tetap waspada karena masih tetap ada beberapa spot yang terdapat terumbu karang, bisa-bisa kulit kamu cedera bila tergores permukaan karang yang kasar ini.

Keelokan laut dan bibir pantai yang bersih, tidak terlepas dari peran pengurus pantai setempat.

Perlu kamu ketahui nih, rupanya pantai Tiga Warna dilatarbelakangi oleh clungup mangrove conservation (CMC), hingga terus akan mengawasi kebersihan daerah pantai.

Maka dari itu, sebagai pengunjung yang bijak sebaiknya kamu tidak buang sampah sembarangan dan mengotori area pantai ya.

Benar-benar sayang jika berkunjung ke pantai seindah ini tetapi tidak mendokumentasikan peristiwa dengan berfoto.

Banyak sekali lokasi di pantai Tiga Warna yang bisa jadi spot foto aesthetic dan ala-ala selebgram. Jika kamu perhatikan, disekitaran pantai ada sebuah bukit yang menawarkan view benar-benar elok.

Disitu kamu akan menemui gardu pandang yang sering digunakan pengunjung sebagai spot foto.

Akses menuju gardu pandang di bukit itu kamu harus melalui jalan kecil yang cukup menanjak.

Ada bebatuan karang di kiri kanan jalur, sehingga kamu harus memperhatikan alas kaki yang dipakai supaya tidak tergelincir atau cedera.

Saat tiba di atas, hamparan pantai dan kegagahan pulau Sempu akan terlihat jelas.

Saat berkunjung, kamu pasti dibikin penasaran dengan pemandangan disekitaran pantai yang dipenuhi oleh vegetasi mangrove.

Nah, menariknya pengunjung diperkenankan untuk berkeliling-keliling pantai menggunakan perahu nelayan yang telah disediakan.

Karena jumlah perahu yang terbatas, jadi kamu harus berganti-gantian dengan penumpang lainnya.

Perjalanan akan dimulai dari daerah bibir pantai, kemudian semakin ke tengah lautan dan mengelilingi pulau-pulau karang disekitaran laut.

Sepanjang perjalanan dan sejauh mata melihat akan disuguhkan hutan mangrove yang lebat nan sejuk.

Berkeliling-keliling memakai perahu nelayan harus didampingi oleh masyarakat lokal atau petugas. Begitu juga dengan kegiatan laut lainnya.

Meskipun gelombang ombak di sini benar-benar tenang, tetapi bisa secara mendadak menjadi tinggi dan beresiko untuk pengunjung yang di laut lepas.

Perjalanan yang cukup jauh menuju pantai Tiga Warna benar-benar sayang bila kamu dan kelompok cuma singgah 1/2 hari.

Coba untuk berada di pantai ini sampai matahari terbenam, kamu akan dimanjakan pemandangan sunset yang mempesona saat menjelang malam.

Sebagian besar pengunjung yang datang selalu menyempatkan diri menikmati sunset di pantai cantik ini.

Situasi pantai yang sepi, terasa seperti privat beach hingga benar-benar cocok untuk merileksasi pemikiran terutama saat sore menjelang malam hari.

Kamu bisa berkemah di sini, tetapi sebelum itu pastikan kembali bekal dan peralatan yang disiapkan sudah memadai.

Berbeda dengan pantai lainnya yang penuh pengunjung, di sini suasananya cenderung sepi. Sehingga kamu harus prepare semaksimal mungkin bila ingin berkemah.

Meskipun situasi pantai yang sepi, tetapi kamu tidak perlu risau karena di sini disediakan penyewaan perlengkapan kemah.

Kamu perlu membayar sesuai jumlah yang ditentukan, selanjutnya pilih peralatan apa saja yang diperlukan.

Penyewaan alat kemah cukup lengkap, dimulai dari tenda beragam ukuran, sleeping bag, sampai jasa pemasangan tenda juga tersedia.

Untuk mengantisipasi, akan lebih bagus lagi bila melakukan reservasi terlebih dahulu saat sebelum sewa perlengkapan itu.

Waktu berkemah di kawasan pantai, kamu akan kembali dibuat takjub dengan pemandangan langit pantai di malam hari.

Jika beruntung, saat cuaca cerah maka bintang-bintang di langit akan terlihat jelas.

Esok paginya, coba untuk bangun saat sebelum fajar tiba. Bersantai menikmati udara segar di pagi hari sembari menunggu matahari terbit.

Keindahan alam saat matahari terbit tidak kalah dari pemandangan saat sunset. Momen semacam ini akan berasa lebih terkesan bila suasana pantai sepi, kamu bisa mendokumentasikan jepretan saat sunset atau sunrise.

Jalur dan Lokasi Menuju Pantai Tiga Warna

Lokasi pantai Tiga Warna ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Jalur dan Lokasi Menuju Pantai Tiga Warna
Jalur dan Lokasi Menuju Pantai Tiga Warna (sumber: Google Maps: Koclok channel)

Akses menuju pantai ini sudah sangat bagus, sepanjang perjalanan sudah diaspal hingga pengunjung akan merasa nyaman selama perjalanan.

Jalan raya menuju lokasi juga cukup luas, bisa dilalui kendaraan roda dua atau empat dengan rute perjalanan yang mudah ditemukan dan ada beberapa petunjuk arah.

Jika masih kesusahan untuk menemukan jalur menuju pantai, kamu bisa coba cari clungup mangrove conservation (CMV) karena pantai Tiga Warna sebagai tempat pelestarian mangrove.

Sebenarnya lokasi pantai secara detail benar-benar dekat dengan pantai sendang biru dan clungup.

Jika kamu berangkat dari kota Malang, bisa menuju Gadang-Tuten, selanjutnya mengikuti arah menuju pantai sendang biru sampai menemukan persimpangan jalan menuju pantai Goa Cina maka ambilah jalur itu.

Mengikuti arah pantai Goa Cina akan memakan waktu selama kurang lebih 2 jam perjalanan, barulah selanjutnya kamu akan menjumpai persimpangan kembali.

Pada persimpangan kedua ini, mengambil jalur kiri menuju arah tempat pelelangan ikan (TPI) yang nanti akan melewati perkampungan warna.

Setelah melalui perkampungan warna, perjalanan harus kamu lanjutkan menuju pantai clungup.

Atau lokasi mangrove conservation, nah sesudah tiba di pintu gerbang clungup baru terlihat petunjuk arah menuju pantai Tiga Warna.

Melewati pintu gerbang, lokasi pantai sudah sangat dekat dan pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Lokasi lengkap menuju pantai Tiga Warna:

Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Tiga Warna Terbaru

Seperti wisata pantai di Malang pada umumnya, HTM menuju pantai Tiga Warna benar-benar terjangkau, yaitu cuma Rp.10.000 per orang.

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Tiga Warna Terbaru 2023
Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Tiga Warna Terbaru (sumber: Google Maps: Prayoga Thamrin)

Biaya itu belum termasuk biaya lainnya, seperti misalnya biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua cuma dikenakan sebesar Rp.10.000 per motor, dan untuk mobil Rp.15.000 untuk per mobil.

Pantai ini mempunyai jam kunjungan, yaitu dari pagi jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Selasa07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Rabu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Kamis07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Jumat07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Minggu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 10.000Rp. 2.000Rp. 5.000

Lebih dari jam itu pengunjung tidak dikenankan menuju pantai, terkecuali pengunjung yang bermalam dan telah ada di daerah pantai.

Ini dikarenakan akses jalan kaki menuju pantai yang sepi dan jarang pengunjung hingga dikhawatirkan tergelincir atau jatuh saat menyusuri bukit karang yang dipenuhi tanaman lebat.

Biaya lain harus kamu siapkan begitu masuk daerah pantai, seperti persewaan beberapa alat snorkeling, dibandrol harga Rp.25.000 per orang, baik anak-anak atau dewasa.

Begitu juga bila kamu ingin duduk santai di tepi pantai, pihak pengurus menyediakan long seperti untuk dua orang, perahu karet, dan bangku pantai yang bisa pengunjung sewa dengan bayar Rp.50.000.

Jika ingin berkeliling-keliling mengelilingi daerah pantai sampai ke tengah laut, kamu harus menggunakan perahu nelayan yang telah disediakan.

Biaya untuk sewa perahu ini sekitaran Rp.100.000 yang muat diisi sekitar 5-7 penumpang dalam sekali jalan.

KeteranganHarga
Sewa Alat SnorkelingRp. 25.000 /orang
Sewa Bangku PantaiRp. 50.000 /dua orang
Sewa PerahuRp. 100.000 /5-7 penumpang

Sistem Berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Kawasan pantai yang masuk dalam pelestarian rimba lindung, mengakibatkan tidak diperbolehkan banyak pengunjung yang datang.

Sistem Berkunjung ke Pantai Tiga Warna
Sistem Berkunjung ke Pantai Tiga Warna (sumber: Instagram @dinarvalentine)

Kamu wajib melakukan booking lebih dulu bila ingin nikmati keelokan pantai ini.

Benar-benar dianjurkan datang dengan membawa rombongan 10 orang, tetapi bila kamu ingin tiba dengan jumlah rombongan di bawah 10 orang diperbolehkan persyaratan telah melakukan verifikasi terlebih dulu.

Untuk melakukan booking kunjungan atau sekadar bertanya-tanya, kamu bisa menghubungi sisi clungup mangrove center (CMC) sebagai pihak pengurus.

Seterusnya pihak CMC akan memberikan instruksi bagaimana proses pemesanan, pembayaran, sampai info sekitar sarana pantai yang akan kamu peroleh.

Kelebihan dan Kekurangan Pantai Tiga Warna

Karena jumlah pengunjung yang terbatas hingga jadikan daerah disekitaran pantai berasa bersih terawat, ini jadi kelebihan lain yang dipunyai oleh pantai Tiga Warna.

Perawatan fasilitas umum yang ada juga sangat bersih hingga pengunjung akan sangat terasa nyaman.

Kelebihan

Kelebihan yang dipunyai dari pantai ini ialah situasi yang asri dan sepi, kamu akan merasa seperti mempunyai pantai pribadi.

Waktu ambil foto akan terasa bebas, tidak ada gangguan background dari pengunjung lain. Lokasi pantai benar-benar pas untuk kamu yang ingin berfoto prewedding atau menggelar acara keluarga.

Kelebihan dan Kekurangan Pantai Tiga Warna
Kelebihan dan Kekurangan Pantai Tiga Warna (sumber: Google Maps: Dio Ardi Yulindra)

Kekurangan

Selain kelebihan yang dimiliki, rupanya pantai ini mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama ialah permasalahan peraturan diharuskannya pengunjung sewa tour guide.

Meskipun memang medan yang dilewati menuju pantai diwajibkan jalan kaki, tetapi jaraknya cukup sangat gampang dan dekat.

Ditambah lagi ongkos sewa tour guide yang lumayan mahal yaitu Rp.150.000.

Biaya persewaan alat-alat snorkling dan perahu juga lebih mahal dari pantai lain pada umumnya, tetapi ini dirasakan masih cukup wajar mengingat jumlah pengunjung yang dibatasi setiap harinya.

Pembatasan jumlah pengunjung dilakukan untuk jaga keasrian daerah pelestarian mangrove, tetapi ini sering jadi keluhan pengunjung yang seringkali tidak mendapatkan peluang berkunjung ke pantai ini karena terhalang permasalahan reservasi.

Rekomendasi Penginapan Sekitaran Pantai Tiga Warna

Jika kamu sedang merencanakan liburan yang tak terlupakan ke pantai Tiga Warna, salah satu hal penting yang harus kamu pertimbangkan adalah akomodasi yang nyaman dan dekat dengan pantai.

Untuk membantu kamu dalam mencari penginapan yang tepat, kami telah menyediakan daftar hotel terdekat yang dapat menjadi pilihan ideal kamu.

Di bawah ini ayowisata.co.id telah merangkum penginapan yang bisa kamu pilih saat berlibur ke pantai Tiga Warna, yaitu:

1. Ariesta Homestay

Ariesta Homestay
Ariesta Homestay (sumber: Google Maps: Ariesta Homestay)

Ariesta Homestay adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari akomodasi yang nyaman dan terjangkau di dekat pantai Tiga Warna.

Homestay ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, dan area bersantai.

Kamu juga akan menikmati keramahan dan pelayanan yang ramah dari staf homestay ini.

Ariesta Homestay terletak hanya beberapa menit jalan kaki dari pantai, sehingga kamu dapat dengan mudah menikmati keindahan pantai setiap saat.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 205.436 per malam

2. Vio Homestay Pantai Ungapan

Vio Homestay Pantai Ungapan adalah pilihan ideal untuk para wisatawan yang mencari penginapan yang terjangkau dan terletak dekat dengan pantai Tiga Warna.

Vio Homestay Pantai Ungapan
Vio Homestay Pantai Ungapan (sumber: Google Maps: VIO HOMESTAY Pantai UNGAPAN)

Homestay ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti tempat tidur yang nyaman, TV, kamar mandi pribadi, dan akses Wi-Fi gratis.

Staf yang ramah akan membantu kamu dengan segala kebutuhan kamu selama menginap.

Terletak hanya beberapa menit berkendara dari pantai Tiga Warna, Vio Homestay Pantai Ungapan menawarkan lokasi yang strategis untuk menjelajahi keindahan alam di sekitarnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 209.000 per malam

3. Spot on 92474 Penginapan Rusunawa Ii

Spot on 92474 Penginapan Rusunawa Ii adalah pilihan yang nyaman dan terjangkau untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai Tiga Warna.

Spot on 92474 Penginapan Rusunawa Ii
Spot on 92474 Penginapan Rusunawa Ii (sumber: Google Maps: Hotels)

Penginapan ini menawarkan kamar-kamar sederhana namun bersih dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi bersama, dan akses Wi-Fi gratis.

Meskipun sederhana, spot on 92474 Penginapan Rusunawa Ii menawarkan pelayanan yang baik dan staf yang ramah.

Penginapan ini terletak hanya beberapa menit jalan kaki dari pantai, sehingga kamu dapat dengan mudah mengunjungi pantai setiap saat.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 45.778 per malam

4. Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru adalah pilihan yang sempurna bagi para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang autentik dan dekat dengan pantai Tiga Warna.

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru
Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru (sumber: Google Maps: Homestay sendang biru)

Homestay ini menawarkan bungalow-bungalow tradisional yang dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, dan teras pribadi.

Kamu akan merasakan suasana pedesaan yang tenang dan damai selama menginap di sini.

Homestay Pondok Bamboe Sendang Biru terletak hanya beberapa menit berkendara dari pantai, sehingga kamu dapat dengan mudah menikmati pesona alam pantai.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 180.256 per malam

5. Homestay Carista

Homestay Carista adalah pilihan yang sempurna untuk kamu yang mencari penginapan yang nyaman, modern, dan terjangkau di dekat pantai Tiga Warna.

Homestay Carista
Homestay Carista (sumber: Google Maps: Ady)

Homestay ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, AC, TV, kamar mandi pribadi, dan akses Wi-Fi gratis.

Staf homestay ini akan memastikan kenyamanan kamu selama menginap.

Homestay Carista terletak hanya beberapa menit berkendara dari pantai, sehingga kamu dapat dengan mudah menjelajahi pantai dan tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 416.854 per malam

Booking Penginapan Sekitaran Pantai Tiga Warna dengan Diskon Hingga 68%

Kuliner Enak Sekitaran Pantai Tiga Warna di Malang

Berikut beberapa rekomendasi kuliner di sekitar pantai Tiga Warna di Malang:

Kuliner Enak Sekitaran Pantai Tiga Warna di Malang

  1. Seafood Bakar: Nikmati sajian seafood segar yang dipanggang dengan bumbu khas. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan ikan, udang, kepiting, dan kerang yang lezat di beberapa warung makan sekitar pantai.
  2. Jagung Bakar: Jagung bakar adalah camilan klasik yang cocok dinikmati sambil menikmati suasana pantai. Jagung panggang dengan mentega dan bumbu khusus akan memberikan rasa yang lezat.
  3. Soto: Setelah beraktivitas di pantai, kamu bisa mencicipi soto segar yang disajikan di warung-warung sekitar. Soto dengan kuah bening, daging ayam atau sapi, dan bumbu rempah yang lezat akan memanjakan lidah kamu.
  4. Es Kelapa Muda: Untuk menghilangkan dahaga, cobalah minuman segar berupa es kelapa muda. Di sekitar pantai Tiga Warna, kamu dapat menemukan pedagang kelapa muda yang menyajikan minuman ini dengan tambahan es dan sirup, memberikan rasa yang menyegarkan.
  5. Pecel Lele: Jika kamu menyukai makanan khas Indonesia, cobalah mencicipi pecel lele. Pecel lele adalah makanan berupa lele goreng yang disajikan dengan sambal kacang dan lalapan segar. Kamu bisa menemukan pecel lele di beberapa warung makan di sekitar pantai.

Kesimpulan

Demikian info sekitar fakta unik yang dimiliki oleh pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, pantai ini masih tetap menawarkan keelokan alam yang eksotik dan jarang dijumpai pada perairan pantai selatan pada umumnya. Di sini kamu bisa melakukan beragam kegiatan secara privat tanpa perlu takut terganggu oleh kedatangan pengunjung lain.

Pastikan saat berkunjung dan membawa makanan, masih tetap menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah secara sembarangan. Mematuhi semua ketentuan yang diberi oleh pihak pengurus, sebagai usaha meminimalisir peristiwa yang tidak diinginkan.

Semoga info ini bisa membantu kamu bila ingin berkunjung ke pantai Tiga Warna. Masih tetap menjaga kesehatan dan siapkan diri dan kendaraan sebaik mungkin, semoga selamat sampai tujuan!.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like