Pantai Timang di Yogyakarta: Destinasi Memacu Adrenalin untuk Lebih Menikmati Liburanmu

Pantai Timang bisa menjadi pilihan spot wisata yang harus masuk dalam daftar kamu saat berkunjung ke Jogja. Terlebih jika kamu adalah pecinta tantangan dan kegiatan yang meningkatkan adrenalin.

Karena di Pantai Timang kamu bisa mencoba sensasi menikmati indahnya deburan ombak yang menghantam karang-karang cadas dari ketinggian.

Terletak di Desa Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, Pantai Timang tidak kalah mengesankan dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Langit yang biru, air laut berwarna tosca yang membentang luas hingga ke samudera, selalu memberikan kesan mendalam akan keindahan dan petualangan di hati para pengunjungnya.

Sekilas Tentang Pantai Timang

Sekilas Tentang Pantai Timang

Pantai Timang atau yang disebut Pulau Timang/ Watu Panjang dulunya hanya sebuah pulau kecil dimana para nelayan berburu hasil laut, terutama lobster.

Hewan laut yang gemar mendiami area karang ini menjadikan Pulau Timang tempat yang nyaman untuk mereka bersembunyi. Tak heran saat kita berkunjung ke sana, kita akan bertemu dengan para nelayan yang mengais rejeki di pantai unik ini.

Untuk menuju Pulau Timang, para nelayan menggunakan alat penyeberangan mirip gondola yang dibuat sangat sederhana. Untuk yang belum terbiasa, gondola ini tentunya terlihat ekstrim dan amat memacu adrenalin saat dinaiki di atas deburan ombak dan karang.

Keunikan ini menarik perhatian para peliput dari program reality show asal Korea Selatan di tahun 2017. Mereka mencoba gondola dan benar-benar menggambarkan begitu berkesannya sensasi petualangan di pulau kecil ini.

Sejak saat itu, Pantai Timang menjadi dikenal hingga ke mancanegara. Jumlah wisatawan terus bertambah setiap harinya dan kebanyakan dari mereka ingin mencoba sensasi menaiki gondola buatan tangan nelayan sambil menikmati keindahan pantai dan udara laut yang segar.

Lokasi Pantai Timang dan Bagaimana Cara Menuju Kesana

Lokasi Pantai Timang dan Bagaimana Cara Menuju Kesana

Pantai Timang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk kamu yang datang dari luar Jogja, tidak ada salahnya melihat pesona pantai yang unik ini saat berkunjung ke salah satu tujuan wisata terbaik ini.

Karena jalur yang akan ditempuh menuju pantai cukup sempit, sebaiknya kamu gunakan kendaraan kecil sehingga lebih mudah melaluinya.

Kebanyakan para pengunjung menyarankan untuk menggunakan sepeda motor, namun jalur ini masih bisa dilalui mobil meskipun akan cukup repot saat berpapasan dengan mobil lainnya.

Dari arah kota Jogja, kamu bisa mengambil jalan Ring Road Timur dan perhatikan plang petunjuk jalan yang mengarahkan ke Wonosari Gunungkidul.

Ikuti saja Jalan Wonosari ini sampai terlihat Pasar Wonosari. Di pertigaan setelah melewati pasar, ikuti petunjuk arah menuju Pantai Baron.

Lanjutkan perjalanan hingga ke pertigaan Mulo, ikuti petunjuk arah ke Pantai Siung atau belok ke kiri di pertigaan. Lanjutkan perjalanan, kemudian belok ke kanan di pertigaan Pantai Siung.

Jalan terus dan kamu akan menemukan Pos Retribusi Pantai Timang. Setelah membeli tiket, ikuti petunjuk arah hingga sampai ke area pantai.

Setelah pos retribusi, jalan yang akan kamu tempuh cukup beragam, tidak hanya jalan beraspal, tapi juga jalan beton sempit seukuran 1 mobil, hingga jalan berbatu terjal. Dari jalur ini saja bisa kita rasakan sensasi yang memacu adrenalin, apalagi jika sudah sampai ke Pantai Timang.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Timang:

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Jam Operasional dan Tarif Retribusi Pantai Timang

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
JumatTUTUP
Sabtu08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu08.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000

Untuk masuk ke Pantai Timang dan menikmati keindahannya, retribusi yang harus kamu bayarkan hanya sebesar Rp 5.000 saja. Sedangkan jika kamu ingin mencoba gondola tradisional yang memacu adrenalin, biaya yang perlu kamu bayar adalah Rp 150.000.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba melewati jembatan gantung yang mengarah ke Pulau Timang yang tidak kalah sensasional dengan membayar tiket Rp 100.000.

Bukan cuma daya tariknya yang unik, Pantai Watu Panjang ini juga memiliki jam membuka yang berbeda dengan pantai-pantai yang lain di sekitar Gunungkidul. Jika kamu bisa datang kapan saja ke pantai lain, tidak dengan pantai ini.

Pantai ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore saja. Jadi jangan harap kamu dapat berencana menikmati suasana matahari terbenam atau matahari terbit dari pantai ini.

Selain itu, pantai ini tidak buka setiap hari. Ada satu hari di mana pantai ini tidak dibuka untuk umum, yaitu di hari Jum’at. Jadi, kamu pastikan perhatikan jadwal bukanya pantai ini sebelum berkunjung ya. Agar tidak “kecele” jika orang Jogja bilang. Jam buka yang unik ini mungkin juga karena jalur ketujuan pantai yang masih belum begitu memadai.

Hal yang Bisa Dinikmati di Pantai Timang

Untuk kamu yang sudah mencari informasi terkait spot wisata di seputaran Gunungkidul, pastinya Pantai Timang sudah menjadi salah satu yang paling kamu pertimbangkan. Agar kamu semakin yakin, berikut daya tarik yang bisa kamu nikmati:

1. Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang Indah

Tidak kalah dengan berbagai pantai indah di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Timang memiliki pesona keindahan laut biru yang luar biasa. Uniknya, pantai yang tersembunyi ini tidak seperti pantai yang lain dengan pasir putih yang membentang.

Terdiri dari dua pulau karang kecil di mana para nelayan berburu lobster, nilai jual pantai ini justru terletak pada tantangan adrenalin gondola tradisional dan jembatan gantungnya.

Kamu bisa mendapatkan spot foto yang luar biasa unik dan indah. Terlebih saat deburan ombak memecah karang-karang di pinggiran pulau. Akan tetapi, kamu tidak diperbolehkan untuk mandi di pantai karena ombaknya yang besar dan sering pasang.

2. Sensasi Naik Gondola Tradisional

Sensasi Naik Gondola Tradisional

Gondola biasanya berupa kabin kecil berjalan yang dilingkupi kaca transparan, namun tidak dengan gondola di Pantai Timang. Gondola tradisional ciptaan para nelayan ini dibuat terbuka dan hanya bisa mengangkut satu orang saja.

Namun tentunya desainnya cukup aman dan kamu tidak perlu ragu untuk mencoba. Rute gondola sepanjang kurang lebih 100 meter dan ketinggian sekitar 10 meter langsung di atas laut ini akan memberikan pengalaman wisata yang berbeda untuk kamu.

3. Jembatan Gantung yang Tak Kalah Asik

Jembatan Gantung yang Tak Kalah Asik

Menikmati birunya lautan lepas, deburan ombak dan kencangnya angin laut akan sangat berkesan di atas jembatan gantung Pulau Timang.

Tidak seperti gondola yang berjalan secara mekanis, di atas jembatan tentunya kamu harus berjalan sendiri. Ini akan memberikan kesan yang berbeda lagi dengan asiknya goyangan jembatan karena setiap langkah kakimu.

Selain itu, berfoto ria di atas jembatan ini juga akan menciptakan background yang mempesona dan sangat berkesan sebuah petualangan seru. Terlebih saat ombak agak tinggi dan berdeburan di pinggir karang, sensasinya tidak akan kamu lupakan.

4. Pulau Watu Panjang / Pulau Timang

Pulau Watu Panjang Pulau Timang

Mengunjungi Pantai Timang, ya tentu saja menikmati keindahan unik dari Pulau Watu Panjang atau Pulau Timang yang menjadi pusat perhatian di pantai ini. Pulau yang hanya terbuat dari karang besar ini adalah pulau tujuan di mana gondola dan jembatan goyang menuju.

Tidak ada pepohonan yang tumbuh di pulau ini, tetapi justru ini yang membuat unik serta menarik. Sesampainya di pulau, kamu akan melihat para nelayan yang memanen hasil tangkapan lobsternya. Jika beruntung, kamu juga bisa sekalian belajar teknik yang mereka gunakan dalam berburu hasil tangkapan.

5. Menikmati Lobster Segar yang Lezat

Menikmati Lobster Segar yang Lezat

Di tempat nelayan memancing lobster tentu saja harus mencicipi lobster. Sebagian besar wisatawan sering membeli lobster langsung pada nelayan atau di warung-warung di sekitar pantai.

Tidak hanya lobster, di Pantai Timang kamu juga bisa memesan berbagai menu lainnya, makanan laut yang segar dan dimasak dengan cara yang baik, sehingga tidak kalah dengan masakan restoran besar.

Hasil tangkapan yang segar tentu saja akan lebih nikmat disantap. Apalagi sambil menikmati pemandangan dan suasana pantai yang khas.

Fasilitas yang Tersedia Di Pantai Timang

Pantai Timang yang terletak di area yang terpencil dan medan yang menantang untuk sampai ke sana menjadikannya masih terkesan sederhana. Dikelola oleh masyarakat sekitar, pantai ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang sederhana antara lain:

Fasilitas yang Tersedia Di Pantai Timang

    • Saung atau gazebo sederhana di mana para pengunjung bisa duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan pantai, laut, pulau dan pemandangan lainnya.
    • Warung-warung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan minuman sederhana. Di warung-warung ini juga sebagian menyediakan jasa memasak lobster dan hasil laut lainnya. Hasil masakan akan dilengkapi nasi, sambal dan sayuran dengan tarif yang relatif terjangkau.
    • Fasilitas lainnya tentu saja berbagai background cantik yang sangat bagus sekali untuk dijadikan sebagai spot foto. Sepulangnya dari pantai ini, kamu akan punya banyak sekali stok foto yang bisa kamu bagi. Semuanya indah dan pastinya membuat semua teman berdecak kagum, ingin mengunjungi Pantai Timang sepertimu.

Tips Menginap di Sekitar Pantai Timang

Tips Menginap di Sekitar Pantai Timang

Berlibur ke Jogja dan sekitarnya tentu saja tidak cukup puas dalam waktu satu hari saja. Kamu butuh dua atau tiga hari agar bisa menikmati semua tujuan wisata dalam list kamu dan puas menghilangkan semua penat yang dirasa.

Untuk itu, pastinya kamu perlu menginap di satu atau lebih penginapan selama berlibur, termasuk di hari saat kamu mengunjungi Pantai Timang. Di pantai ini sendiri belum ada penginapan yang bisa kamu pesan untuk menginap.

Karena jam buka area pantai yang hanya sampai sore saja, tentu saja belum ada penginapan yang dibangun di sekitar pantai ini. Namun jangan bersedih, bukan berarti kamu harus berjalan kembali jauh ke kota Jogja untuk mendapatkan penginapan.

Saat ini Kabupaten Gunungkidul sedang di atas angin pada bidang pariwisata, tentu saja hal ini sejalan dengan pembangunan infrastruktur pendukungnya, termasuk hotel atau penginapan. Cukup berkendara keluar dari area Pantai Timang beberapa menit saja kamu bisa sampai ke tempat menginap.

Kamu juga bisa memilih berbagai pilihan bagus yang sesuai dengan karaktermu dalam berwisata, mulai dari hotel berbintang, villa, hingga guest house dan penyewaan tenda kemah untuk menikmati serunya berkemah di sekitar area pantai Gunungkidul yang eksotis.

Semua pilihan tempat menginap ini tersedia lengkap dan kamu bisa dengan mudah memesan salah satunya dari aplikasi pemesanan online. Sebelum memesan, kamu pastikan sudah memahami dengan betul tipe penginapan yang cocok untuk kamu.

Pertimbangkan budget, lokasi, fasilitas, dan apapun yang bisa membuat kamu nyaman dan semakin menikmati liburan. Jangan lupa untuk mengecek ulasan-ulasan dari para penyewa sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan penginapan dan mengurangi kemungkinan kamu untuk menyesal karena keliru dalam memilih penginapan.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Timang di Yogyakarta

Dalam perjalanan wisata ke Yogyakarta, memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi menjadi kunci untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa rekomendasi hotel yang dapat menjadi pilihan ideal kamu untuk menginap di kota budaya ini

1. The Royal Joglo

The Royal Joglo
(sumber gambar: Agoda)

Di The Royal Joglo, kamu akan menemukan kenyamanan dan kemudahan tinggal di Ngestirejo, sebuah bagian dari Bedoyo yang mempesona. Properti ini strategis terletak dekat dengan berbagai atraksi menarik, seperti pasar tradisional yang ramai dan keramaian kota Yogyakarta.

Tak jauh dari sini, kamu dapat menjelajahi keindahan alam Pantai Baron yang terkenal, merasakan pasir halus di telapak kaki kamu dan mendengarkan riak ombak yang menenangkan. Setelah seharian menjelajah, rehatlah dengan menikmati kesegaran kolam renang luar ruangan yang tersedia, sambil menikmati minuman segar atau sekedar bersantai di tepi kolam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 272.167 per malam

PESAN HOTEL The Royal Joglo Diskon 66%

2. Baron Hill Resort

Baron Hill Resort
(sumber gambar: Agoda)

Bersiaplah untuk merasakan kenyamanan tinggal di Baron Hill Resort yang terletak di Kemadang, bagian yang menawan dari Bedoyo. Properti ini tidak hanya menawarkan kemudahan akses ke atraksi menarik, tetapi juga menyuguhkan pemandangan spektakuler dari dataran tinggi yang memukau dan lautan biru yang memikat.

Di pagi hari, kamu dapat menikmati aroma segar dari udara pegunungan yang bersih sambil menikmati sarapan lezat di teras villa. Jangan lupa untuk meluangkan waktu kamu untuk menjelajahi keindahan Pantai Baron yang terkenal, tempat kamu dapat merasakan kedamaian yang membangkitkan semangat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 557.928 per malam

PESAN HOTEL Baron Hill Resort Diskon 62%

3. Sandhya Giri Beach Resort Watukodok

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kesenangan tak terduga di Sandhya Giri Beach Resort Watukodok, sebuah surga tersembunyi di Kemadang, yang merupakan bagian yang menawan dari Bedoyo. Disini, kamu akan disambut oleh pemandangan alam yang memukau dan keramahan dari staf yang ramah.

Setelah menikmati sarapan pagi yang lezat dengan beragam pilihan hidangan lokal dan internasional, luangkan waktu kamu untuk menjelajahi keindahan Pantai Baron yang terkenal. Kembalilah ke resort untuk menikmati waktu santai di tepi kolam renang sambil menikmati minuman segar atau pijatan lembut yang menenangkan di spa resort.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 840.000 per malam

PESAN HOTEL Sandhya Giri Beach Resort Watukodok Diskon 51%

4. Light Blue Villa

Light Blue Villa
(sumber gambar: Agoda)

Merupakan tempat ideal untuk tinggal di Tepus, bagian yang indah dari Bedoyo, Light Blue Villa menawarkan kenyamanan modern dengan sentuhan tradisional yang hangat. Di sini, kamu dapat merasakan ketenangan dan kesegaran udara pegunungan yang bersih, sambil menikmati pemandangan indah dari alam sekitar.

Setelah seharian menjelajahi keindahan alam dan atraksi budaya Yogyakarta, kembali ke villa untuk bersantai di kolam renang luar ruangan yang menenangkan atau menikmati hidangan lezat yang disajikan oleh koki pribadi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 576.000 per malam

PESAN HOTEL Light Blue Villa Diskon 66%

5. Orchid Inn Hotel

Orchid Inn Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Jelajahi pesona Yogyakarta dengan menginap di Orchid Inn Hotel, sebuah tempat yang menawarkan kenyamanan modern dengan sentuhan tradisional yang hangat. Dengan lokasi yang strategis di Wonosari, kamu dapat dengan mudah mengeksplorasi berbagai atraksi menarik, seperti Goa Pindul dan Air Terjun Sri Gethuk.

Setelah seharian beraktivitas, kembali ke hotel untuk bersantai di kamar yang nyaman, atau nikmati hidangan lezat yang disajikan di restoran hotel. Dengan layanan ramah dan fasilitas lengkap, Orchid Inn Hotel akan membuat pengalaman menginap kamu di Yogyakarta menjadi tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 112.586 per malam

PESAN HOTEL Orchid Inn Hotel Diskon 75%

Tips Agar Puas Berlibur ke Pantai Timang

Tips Agar Puas Berlibur ke Pantai Timang

Kabupaten Gunungkidul sangat terkenal dengan berbagai pilihan tempat wisata pantainya. Tidak hanya Pantai Timang dengan sensasi gondola dan pulau karangnya, tetapi ada deretan pantai lain yang menawarkan berbagai keunikan dan pengalaman berbeda.

Karena kamu tidak bisa berenang di pantai ini, kamu bisa mencari berbagai data lain di mana kamu bisa berlibur di pantai-pantai lain menyuguhkan tempat untuk bersnorkeling, menikmati olahraga kano, dan aktivitas lain sambil menikmati dinginnya air laut.

Maka jangan hanya berkunjung ke pantai ini apabila kamu juga sangat ingin berenang atau melakukan olahraga air lainnya. Jangan hanya liburan sendiri. Pantai Timang yang terkenal karena lebih ekstrim tentu saja tidak seru jika kamu nikmati sendiri.

Kamu harus mengajak teman atau keluarga untuk berkunjung ke sini, agar kalian bisa lebih seru menikmati sensasi adrenalin yang terpacu bersama-sama. Tentunya, pastikan semua memiliki minat yang sama dengan tipe wisata seperti ini.

Siapkan berbagai kebutuhan kamu dengan lengkap. Tidak hanya kamera atau ponsel yang bisa membuatmu punya banyak foto bagus, tapi juga kebutuhan lain seperti pakaian yang benar (nyaman dan menyerap keringat dengan baik).

Tas yang tidak terlalu besar, alas kaki yang tidak licin (disarankan sepatu) agar tetap aman saat menjajal wahana, topi dan tabir surya agar mengurangi resiko kulit terbakar, dan tentu saja uang tunai yang cukup untuk semua kebutuhan karena di area Pantai Timang tidak ada mesin ATM untuk tarik tunai.

Intinya, buat diri kamu nyaman untuk menikmati wisata di tempat yang penuh petualangan ini. Jarak pantai yang bisa ditempuh selama satu hingga dua jam dari kota Jogja membuat kamu harus mengatur waktu perjalanan dengan baik.

Terutama bila kamu menginap di kota dan saat liburan Gunungkidul selalu dipadati wisatawan. Pastikan kamu sudah merencanakan kendaraan yang akan digunakan dan mempersiapkannya paling tidak sehari sebelumnya.

Mencicipi Makanan Khas Yogyakarta Yang Membuat Perut Keroncongan

Berikut adalah beberapa makanan khas dari Yogyakarta yang bisa membuat perut keroncongan:

Mencicipi Makanan Khas Yogyakarta Yang Membuat Perut Keroncongan

    • Bakpia: Bakpia adalah kue khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isi kacang hijau atau wijen. Rasanya manis dan gurih.
    • Gudeg: Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, tahu, dan tempe. Rasanya manis dengan sedikit rasa pedas.
    • Nasi Kucing: Nasi kucing adalah sejenis nasi kecil yang disajikan dengan lauk-pauk kecil seperti telur, ikan teri, tempe, dan sambal. Meskipun ukurannya kecil, tetapi rasanya lezat dan cocok untuk mengganjal perut.
    • Bakmi Jawa: Bakmi Jawa adalah mie rebus yang disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi, dan dilengkapi dengan irisan ayam, tauge, dan daun bawang. Rasanya gurih dan nikmat.
    • Sate Klatak: Sate Klatak adalah sate kambing yang dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang atau sambal kecap. Dagingnya empuk dan beraroma khas.
    • Soto: Soto adalah sup khas Indonesia yang biasanya terbuat dari kaldu ayam atau daging sapi dengan tambahan bumbu rempah seperti jahe, kunyit, dan serai. Disajikan dengan potongan ayam, tauge, daun seledri, dan bawang goreng.
    • Es Gempol Pleret: Es Gempol Pleret adalah minuman segar yang terbuat dari campuran gula merah, santan, dan es serut. Rasanya manis dan menyegarkan.

Penutup

Menikmati liburan dimanapun itu pastinya akan lebih mengesankan apabila dipersiapkan dengan baik. Dengan mencari berbagai informasi yang tersedia banyak di internet saat ini, persiapan yang kamu lakukan pastinya akan menjadi lebih matang.

Karena banyaknya pilihan tempat wisata di sekitar Kabupaten Gunungkidul, kamu pastikan membaca dengan detail pertunjukan apa saja yang ditawarkan, kemudian tentukan mana saja yang paling sesuai dengan apa yang kamu sukai.

Selain itu, mengatur rute perjalanan kamu dengan baik. Jika ada beberapa tujuan, kamu pastikan sudah mengatur arah perjalanan dengan baik, mulai dari yang terdekat hingga ke tujuan terjauh agar tidak membuang waktu banyak di perjalanan. Demikian informasi untuk kamu tentang Pantai Timang, semoga bermanfaat, selamat berlibur.

You might also like