10 Aktivitas Seru di Pantai Trisik Yogyakarta: Daya Tarik Laguna dan Penangkaran Penyu

Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata yang cukup populer seantero negeri, salah satunya Pantai Trisik yang apik dan sangat indah. Pantai miliki daya tarik yang berbeda dan lain dari yang lain sehingga memikat para pengunjung.

Berbagai keseruan dengan pemandangan indahnya semakin menarik apalagi destinasi wisata sekarang ini mulai di up kembali. Bagaimana seluk beluk Pantai Trisik, berapa tiket masuknya dan apa saja yang akan membuat pengunjung betah? Simak terus dalam ulasan lengkap artikel berikut.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Trisik

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Trisik

Untuk sampai ke Trisik, tidak perlu mengkhawatirkan perjalanannya. Jalan telah beraspal halus mulus sehingga menyamankan pengunjung. Pemandangan sepanjang perjalanan keren dan epik.

Pantai Trisik berlokasi di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Tepatnya di Desa Trisik. Desa ini masuk Kecamatan Brosot. Untuk menuju pantai jalanan datar dan tidak naik turun sehingga nyaman untuk pemula yang baru sekali datang dan belum mengetahui medan.

Jika berangkat dari pusat Jogja, maka mengambil arah Jalan Bantul. Lalu setelah sampai Palbapang ambil arah timur melewati Kali Progo. Pengunjung bisa terus mengikuti jalan raya hingga sampai ke Pantai Trisik dengan mudah.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Trisik:

Alamat: Desa Trisik, Kecamatan Brosot, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Setelah sampai ke pantai, maka pengunjung diminta membayar biaya tiket sebesar 5000 rupiah. Harga yang terjangkau kantong.

Jika datang menggunakan sepeda motor, biaya parkir terjangkau hanya 2.000 rupiah per motornya. Dan untuk biaya parkir mobil dibanderol 5.000 rupiah saja.

Jam operasional Pantai Trisik 24 jam sehingga memudahkan pengunjung yang akan datang. Ke pantai bisa kapan saja tanpa dibatasi waktu tertentu. Melihat biaya tiket masuk dan parkir murah meriah dan sekali waktu bisa berubah melihat kondisi dan situasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trisik

Mungkin belum banyak yang tahu jika pantai dengan kecantikan alami ini berada di Yogyakarta. Ya, Yogya memang tidak hanya terkenal dengan Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti atau Pantai Drini saja.

Ada Trisik yang akan membuat pengalaman wisatawan lebih berarti dan memberi kesan spesial saat berkunjung. Daya tariknya mampu membuat pengunjung tertambat sempurna ke pantai terindah dengan banyak keunggulan itu.

Jika belum pernah sampai ke Pantai Trisik, berikut daya tarik Pantai Trisik yang luar biasa, yaitu:

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trisik
(sumber gambar: GoogleMaps_Rio Defiyanto)

1. Terdapat Banyak Spesies Burung

Keunggulan lain yang tidak ada di pantai lainnya adalah adanya beragam spesies burung. Bagi pengunjung yang suka dengan satwa ini bisa menambah wawasan dan pengalaman tidak terlupakan.

Pantai Trisik merupakan area persinggahan kawanan berbagai jenis burung dari banyak area. Maka jangan bingung jika di pantai ini banyak ditemui burung-burung aneka warna dan beterbangan dan mampir dengan bebas di pantai.

Jenis burung yang sering muncul yakni trinil rawa, trinil pantai, cerek kalung kecil dan masih banyak lagi yang lainnya. Keberadaan beragam burung menjadi salah satu daya tarik pemikat untuk para pengunjung.

2. Pantai Cantik Mempesona

Penggambaran Pantai Trisik tidak berlebihan jika dikatakan cantik mempesona. Memang pantai landai Trisik super cantik dengan pemandangan sungguh memikat. Semua tersaji dan sangat memanjakan mata siapapun yang melihat.

Dengan ombak yang tiba tanpa henti, perpaduan angin khas pantai yang kadang kencang kadang pelan, sunggu melenakan. Untuk pengunjung yang ingin menyegarkan pikiran karena kesibukan luar biasa, Pantai Trisik adalah pilihan tepat dan romantis.

Pantai Cantik Mempesona
(sumber gambar: GoogleMaps_Mahfudz Al Wunshobiy)

3. Pasir Pantai Nan Halus

Trisik memiliki pantai halus dengan warna hitam yang eksotis. Dengan kehalusan teksturnya, pas jika ingin bermain pasir sepuasnya. Pasir yang tidak kalah cantik dengan pesona lainnya bisa menghipnotis pengunjung untuk merayapi pantai dengan leluasa.

5. Terdapat Laguna

Trisik memiliki 4 laguna yang unik dan menambah daya tarik para wisatawan. Untuk yang belum tahu, laguna tidak menyatu dengan lautan namun terpisah dengan air tetap terasa asin. Biasanya terpisah karena karang, bebatuan atau pasir.

Dua laguna yang ada digunakan sebagai area pengembangan hutan mangrove agar tidak menghalangi pengikisan tanah oleh air laut. Pengembangan ini menjadi daya tarik untuk para pecinta pantai.

Sedangkan 2 laguna lainnya dikembangkan untuk permainan wahana air bagi pengunjung. Dengan adanya laguna ini, Trisik semakin populer dan menjadi pilihan destinasi wisata yang unik dan tidak biasa.

Terdapat Laguna
(sumber gambar: Google_Wisata Umum)

4. Air Jernih

Tidak perlu khawatir dengan air pantai karena Pantai Trisik memiliki air yang cukup jernih dan indah. Pengunjung dijamin betah berada di pantai dengan air laut jernih dan keindahan tiada tara. Semua seolah menjadi persamaan memikat untuk pemandangan laut yang indah.

6. Konservasi Penyu

Sebagai pantai yang indah, ekosistem perlu dijaga baik salah satunya Pantai Trisik menjadi pusat konservasi penyu daerah Kulon Progo Jogja.

Konservasi penyu menjadi salah satu hal yang mampu menarik pengunjung untuk mendatangi Trisik sekaligus melihat pemandangan cantiknya.

Konservasi Penyu

7. Melihat Langsung Kehidupan Nelayan

Di sekitar pantai, warga yang kebanyakan sebagai nelayan melakukan aktivitas harian seperti biasa. Tentunya bisa menjadi daya tarik unik yang berbeda apalagi untuk pengunjung yang tempat tinggalnya jauh dari pantai.

Mulai dari menjala ikan dan aktivitas lain membuat pemandangan tidak biasa di sekitar pantai. Daya tariknya memang menggoda banyak turis hingga wisatawan.

Selain itu masih ada perahu bebek sebagai wahana untuk pengunjung yang ingin naik perahu. Pastinya sangat menyenangkan dan menjadi momen tidak terlupakan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Trisik

Untuk pengunjung yang ingin menjelajahi pantai, bisa berjalan-jalan sepanjang bibir pantai menikmati berbagai keseruannya. Nah, bukan hanya berjalan santai saja karena ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Trisik, apa sajakah? Diantaranya sebagai berikut:

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Trisik
(sumber gambar: GoogleMaps_Ahmadi Wates)

1. Melihat Laguna dan Penangkaran Penyu

Aktivitas yang apik sekali yaitu melihat penangkaran penyu. Pengunjung pasti penasaran bagaimana penangkaran penyu secara langsung di pantai.

Warga sekitar memang aktif melakukan penangkaran penyu agar ekosistemnya terjaga dengan baik. Dengan melihat konservasi penangkaran secara langsung, pengunjung mendapat wawasan baru.

Anak-anak bisa menambah pengetahuan bagaimana perawatan, kehidupan hingga penangkaran yang baik sesuai aturan yang berlaku. Laguna dengan mangrove menarik perhatian para pengunjung karena berbeda dari pantai lain.

2. Bermain Air dan Pasir

Keseruan berikutnya adalah bermain air dan pasir di pantai. Pantai dengan tekstur halus membuat sensasi baru untuk membentuk berbagai bentuk unik.

Anak-anak pasti senang bermain pasir dan air pantai. Untuk anak-anak sendiri, membuat pasir menjadi banyak bentuk akan meningkatkan kecerdasannya.

Bermain Air dan Pasir
(sumber gambar: GoogleMaps_A. F)

3. Berenang

Jika ingin berenang di Pantai Trisik, usahakan saat tidak pasang agar lebih aman. Berenang memberi kesan dan momen tersendiri untuk para pengunjung namun tetap harus berhati-hati. Jangan sampai berenang sampai ke tengah laut karena membahayakan.

4. Melihat Aktivitas Nelayan

Aktivitas lain yang tidak kalah menariknya adalah melihat aktivitas nelayan secara langsung. Mungkin, yang tinggalnya dekat pantai sudah hal umum, namun bukan untuk pengunjung yang rumahnya perkotaan atau daerah pegunungan.

Aktivitas nelayan dapat menjadi nilai plus saat mengunjungi Trisik. Pengunjung dapat mengambil gambar atau videonya sebagai kenangan istimewa.

Melihat Aktivitas Nelayan

5. Melihat Keindahan Sunset

Pantai sama dengan keindahan sunset, begitu pula di Pantai Trisik. Saat senja menjelang dengan warna jingga yang merah merona, melihat tenggelamnya matahari kembali ke peraduan sungguh eksotis.

Pengunjung bisa mengambil foto atau videonya secara langsung. Keindahan ini menjadi lebih sempurna saat dipadu panorama pantai, laut dan panorama yang unik dan semakin eksotis.

6. Melihat Upacara Sedekah Laut

Aktivitas paling seru selanjutnya adalah melihat upacara sedekah laut. Namun, upacara ini hanya dilakukan pada saat 1 Muharam. Upacara dibalut kearifan lokal yang epik untuk melestarikan kebudayaan daerah setempat. Maksud dan Tujuan dari sedekah laut adalah sebagai bentuk rasa sukur terhadap Sang Pencipta atas kelimpahan rezeki.

Melihat Upacara Sedekah Laut
(sumber gambar: Google_Travel Kompas)

7. Menikmati Kuliner Khas Pantai

Di tepi pantai terdapat beberapa warung kuliner yang menawarkan jananan makanan seafood. Meskipun tidak begitu banyak namun menarik untuk dicoba harga terjangkau. Tentunya akan membantu sekali untuk pelancong yang lapar setelah berjam-jam menjelajahi pantai.

8. Berfoto di Spot Foto Keren Pantai

Agar memiliki kenangan dalam bentuk digital, bisa melakukan foto-foto keren di spot foto terbaik pantai. Dari banyak sisi, terdapat beberapa spot keren untuk dijepret.

Berfoto di Spot Foto Keren Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_A. F)

9. Ngevlog

Adakah yang suka ngevlog? Jika ada Trisik menjadi tempat yang cocok untuk melakukannya. Dengan semilir anginnya yang syahdu, panorama kecantikan laut yang epik seantero negeri, menjadi pilihan tempat ngevlog terunik.

10. Membuat Konten Video

Pengunjung dapat pula merekam keindahan pantai dengan video. Aktivitas seru bersama teman atau keluarga bisa dijadikan kenangan tidak terlupakan.

Konten bisa diunggah ke sosial media atau platform lain sehingga lebih banyak orang mengetahui keindahan Pantai Trisik. Aktiviyasnya seru-seru sekali, pengunjung tinggal pilih mana yang sekiranya cocok dan ingin dilakukan. Jika ingin melakukannya semua bisa saja karena sayang jika aktivitas seru tersebut hanya wacana saja.

Nah, dengan banyak daya tarik pantai dan aktivitas seru ini, tentu penasaran dengan alamat lokasi dan rute menuju ke pantai. Berapa pula harga tiketnya?

Fasilitas Lengkap Pantai Trisik

Pemandangan yang indah dan cantik semakin lengkap dengan adanya fasilitas pantai memadai. Pengunjung dimanjakan fasilitas lengkap, antara lain:

Fasilitas Lengkap Pantai Trisik
(sumber gambar: GoogleMaps_Nagan Tour)
    • Area Parkir Luas: Ke Pantai Trisik mengendarai motor atau mobil bisa dilakukan dengan nyaman karena terdapat area parkir cukup luas. Tempat parkir memungkinkan pengunjung keluar dan masuk dengan leluasa.
    • Toilet Umum: Keberadaan toilet umum sangat membantu pengunjung saat membersihkan diri setelah bermain di Pantai Trisik. Semuanya lengkap tersedia sehingga menyamankan pengunjung.
    • Mushola: Untuk yang akan lakukan ibadah sholat, tersedia musholla yang terjaga dengan baik.
    • Warung Makan; Pengunjung tidak perlu khawatir jika lapar karena ada warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman.
    • Spot Foto Menarik: Semuanya akan jadi momen istimewa jika terekam dengan indah di kamera atau telpon seluler. Spot foto keren di Pantai Trisik menjadi idola banyak pengunjung. Tinggal memilih mana yang paling disukai.

Penginapan di Dekat Pantai Trisik

Melihat sunset, sunrise dan lainnya akan semakin memuaskan jika lama berada di pantai. Untuk mencari penginapan terdekat bisa cek di bawah ini:

1. JOLOPARI Guesthouse

JOGLOPARI Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan menginap di JOGLOPARI Guesthouse yang strategis terletak di Bantul, Yogyakarta. Properti ini menawarkan lebih dari sekadar tempat bermalam, di sini kamu dapat merasakan kenyamanan rumah sambil menikmati akses mudah ke Pantai Trisik dan berbagai atraksi menarik di sekitarnya.

Dengan fasilitas ramah hewan peliharaan, WiFi gratis yang dapat diakses dari semua kamar, dan layanan pengantaran makanan, liburan kamu di Pantai Trisik akan semakin menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 250.000 per malam

2. Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta

Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kemewahan menginap di Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta, hanya beberapa langkah dari Pantai Trisik.

Properti ini menyuguhkan pengalaman menginap yang istimewa dengan berbagai fasilitas mewah, termasuk kolam renang luar ruangan yang menawan, pusat kebugaran modern, dan layanan pijat yang menyegarkan. Setelah seharian menjelajahi keindahan alam Jogja, kamu dapat bersantai sepenuhnya di lingkungan yang nyaman dan berkelas.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 711.117 per malam

3. Ros-In Hotel

Ros-In Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Menemukan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan kemewahan di Ros-In Hotel, terletak di Kota Gede, Yogyakarta. Properti bintang-4 ini menghadirkan suasana yang elegan dan ramah di hati.

Dengan fasilitas unggulan seperti kolam renang luar ruangan yang memikat, sauna yang menyegarkan, dan restoran eksklusif yang menyajikan hidangan lezat. Setelah menghabiskan waktu berpetualang di sekitar Pantai Trisik, kamu akan merasa dimanjakan kembali di Ros-In Hotel.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 356.900 per malam

4. FORRIZ Hotel Yogyakarta

FORRIZ Hotel Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan sentuhan kemewahan di FORRIZ Hotel Yogyakarta, lokasi strategis di Wirobrajan. Properti ini menawarkan pengalaman menginap yang istimewa dengan fasilitas modern dan layanan berkualitas tinggi.

Dengan kolam renang luar ruangan yang menakjubkan, pusat kebugaran lengkap, dan restoran yang menggoda selera, liburan kamu di Yogyakarta akan terasa lebih istimewa, terutama setelah menikmati keindahan Pantai Trisik.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 346.153 per malam

5. Hotel Diana Jogja

Hotel Diana Jogja
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan dan kelas di Hotel Diana Jogja, hanya beberapa menit dari Pantai Trisik. Properti ini menawarkan akomodasi yang nyaman dan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan kamu selama berlibur di Yogyakarta.

Dengan kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, WiFi gratis yang dapat diakses dari semua kamar, dan layanan pijat yang menyenangkan, kamu akan memiliki liburan yang menyenangkan dan berkesan di Yogyakarta.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 247.230 per malam

Tips Liburan ke Pantai Trisik

Mengunjungi pantai adalah saat menyenangkan bagi siapa pun. Ke Pantai bisa bersama keluarga, teman dekat atau hanya sendiri, semuanya tetap menyenangkan. Namun, agar kunjungan lebih asyik, perlu memperhatikan tips ke Pantai Trisik dibawah berikut ini:

Tips Liburan ke Pantai Trisik

1. Ke Pantai Saat Cuaca Cerah

Perhatikan situasi dan kondisi cuaca di hari H. Jika langit cerah dan sedang musim kemarau, ke pantai tentunya menyenangkan karena bisa mengeksplor pantai sepuasnya. Jika kondisi hujan, lebih baik ditunda lebih dahulu daripada ke pantai tetapi tidak bisa melakukan aktivitas menyenangkan.

2. Mengenakan Pakaian Nyaman

Keadaan pantai biasanya panas jadi saat mengunjungi pantai mengupayakan agar mengenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Pakaian nyaman dan tidak ribet membuat gerakan tubuh bebas dan tidak panas.

Mengenakan Pakaian Nyaman

3. Membawa Pakaian Ganti

Belum afdol rasanya ke Pantai Trisik tapi tidak bermain air. Maka sebaiknya membawa pakaian ganti agar lebih nyaman dan tenang. Jika membawa anak-anak, pastikan membawa pakaian ganti agar setelah bermain pasir dan air langsung bisa mandi dan mengganti pakaian.

4. Membawa Kacamata dan Topi

Kacamata penting agar dapat menikmati pemandangan pantai lebih maksimal. Selain itu menghindari kotoran yang masuk ke mata karena angin laut kadang sangat kencang. Topi berguna untuk menghindari panas yang menghentak saat siang hari.

Membawa Kacamata dan Topi

5. Menggunakan Sunblock

Tidak cuma wanita saja, sunblock penting untuk pria. Sunblock bermanfaat membuat perlindungan kulit dari hempasan cahaya matahari langsung.

6. Selalu Menjaga Kebersihan

Perlu diingat pantai bersih membuat siapa saja nyaman. Untuk itu selama di pantai harus menjaga kebersihan dengan baik. Membuang sampah pada tempatnya agar keindahan pantai tetap terjaga kebersihannya.

Selalu Menjaga Kebersihan

7. Mengontrol Sikap

Menjaga sikap sangat penting karena di pantai dengan menjaga perkataan yang bagus. Tidak berkata-kata yang buruk supaya piknik ke pantai semakin menyenangkan.

Tips diatas hanya sebagian kecil saja. Jangan lupa berdoa agar semua berjalan lancar hingga sampai pulang kembali ke rumah.

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yang Menggugah Selera

Yogyakarta memiliki beragam makanan khas yang lezat dan unik. Berikut beberapa di antaranya:

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yang Menggugah Selera

    • Bakpia: Kue khas Yogyakarta berbentuk bulat dan berisi pasta kacang hijau atau wijen. Bakpia memiliki tekstur lembut dan manis, dan tersedia dalam berbagai varian rasa.
    • Gudeg: Masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.
    • Pecel: Salah satu makanan khas Indonesia yang juga populer di Yogyakarta. Pecel adalah campuran sayuran hijau seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge yang disajikan dengan sambal kacang.
    • Sate Klathak: Sate yang terbuat dari daging kambing dengan potongan besar dan dilumuri bumbu khusus sebelum dibakar. Sate Klathak biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.
    • Wedang Ronde: Minuman hangat khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran jahe, gula merah, kacang tanah, dan bola-bola ketan yang diisi dengan pasta wijen.
    • Angkringan: Warung kaki lima yang menyajikan berbagai macam makanan ringan seperti nasi kucing, sate, gorengan, dan minuman tradisional seperti Wedang Jahe dan Wedang Uwuh.
    • Kipo: Kue tradisional Yogyakarta yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula, dan tepung beras yang dibentuk bulat dan dipanggang hingga kering.
    • Geplak: Camilan manis khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula merah, dan santan yang dimasak hingga mengental dan dibentuk bulat.

Penutup

Nikmati Pantai Trisik makin seru karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Keberadaan laguna dan penangkaran penyu menjadi daya tarik yang beda dari pantai lain. Semuanya akan menjadi momen tidak terlupakan dan kenangan istimewa pengunjung.

You might also like