10 Pesona Pantai Tulungagung: Wisata Pantai Tersembunyi yang Layak Kamu Explore

Wilayah Tulungagung benar-benar populer dengan beragam destinasi wisata pantainya yang mempesona. Sebagian besar pantai Tulungagung dibalut pasir putih lembut dan air laut yang biru jernih. Terletak di pesisir laut selatan Jawa, hingga gelombang ombak di pantai ini cukup tinggi, tetapi inilah yang sering jadi daya tarik untuk wisatawan.

Daftar 10 Pantai Tulungagung

Akses menuju pantai-pantai yang berada di daerah Tulungagung pun bervariasi, dimulai dari lokasi yang gampang dijangkau sampai dengan pantai yang membutuhkan usaha lebih supaya sampai ke lokasi.

Tiap pantai mempunyai keunikannya sendiri, ingin tahu apa saja pantai yang bagus di Tulungagung dan jadi favorit wisatawan saat berlibur? Yuk baca 10 daftar pantai terbaik di Tulungagung berikut ini:

1. Pantai Watu Lumbung

Pantai Tulungagung pertama yang menjadi favorit dan sayang untuk dilewati ialah watu lumbung.

Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung (sumber: Google Maps: Saras Jatmiko)

Pantai ini cenderung lebih sepi dari pantai lainnya, karena masih sedikit wisatawan yang mengetahui lokasi ini.

Berlokasi di Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur, pantai ini masih dalam satu lokasi dengan beberapa pantai lain seperti pantai pucang sawit, pantai pacar, dan Tumpang.

HTM menuju pantai ini sekitaran Rp.5.000 saja per orang, sobat wisata sudah bisa menikmati keindahan pantai yang sunyi terasa privat beach.

Kekhasan yang dimiliki dari pantai watu lumbung ialah ada batu besar yang berdiri kokoh di tengah-tengah pantai.

Kamu akan secara langsung bisa menyaksikan batu raksasa ini begitu masuk wilayah pantai.

Tak heran bila di sini kerap jadi spot foto favorit pengunjung, karena tidak ditemukan di pantai Tulungagung lainnya.

Sedikit gambaran buat kamu yang akan berkunjung ke sini, bahwa untuk bisa menuju bibir pantai kamu harus menuruni tangga kayu yang curam dari arah parkir.

Maka pastikanlah kamu mengenakan outfit yang sangat nyaman dan tidak membahayakan ya!

Lokasi lengkap menuju pantai Watu Lumbung:

Alamat: Area Hutan, Balong, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

2. Pantai Kedung Tumpang

Selanjutnya ada pantai Kedung Tumpang, antara pantai lainnya Kedung Tumpang ialah Pantai Tulungagung yang bagus dan yang paling terkenal.

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang (sumber: Google Maps: Keane trunks kusye)

Salah satunya daya tarik yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional ialah adanya kolam renang alami di daerah pantai atau yang umum disebut laguna.

Kolam renang alami yang terdapat disini mempunyai warna yang cantik, perpaduan antara hijau dan biru.

Menariknya lagi, tidak hanya satu tetapi ada 8 laguna di wilayah pantai kedung tumpang.

Tingkat kedalaman dari setiap laguna berbeda-beda, mulai dari yang dangkal sangat cocok untuk anak-anak sampai cukup dalam yang umum diisi oleh orang dewasa untuk berenang dan berendam.

Akses menuju laguna pantai cukup menguras energi, kamu harus melewati tangga yang ada disekitaran pantai sejauh 500 meter.

Selama perjalanan, tidak perlu risau dengan permasalahan keamanan, karena pihak pengurus pantai telah menyediakan seutas tali tambang yang kuat untuk dijadikan pegangan untuk pengunjung.

Gelombang ombang di sini menjadi satu diantara ombak paling besar di sepanjang pantai Tulungagung, hingga kamu harus extra berhati-hati ketika sedang berenang di laguna.

Apalagi bila bawa anak-anak, pastikan mereka tidak terlepas dari pengawasan kamu sebagai orang dewasa.

Harga tiket masuk menuju pantai benar-benar terjangkau, cuma Rp.5.000 per orang, dan ongkos parkir motor Rp.2000 dan untuk mobil Rp.5000.

Jika lapar, disekitaran pantai banyak juga ditemui warung-warung makan yang menyajikan beragam camilan dan makanan berat khas bahari.

Lokasi lengkap menuju pantai Kedung Tumpang:

Alamat: Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284

3. Pantai Popoh

Pantai selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewati ialah pantai popoh, salah satunya pantai Tulungagung yang populer ini berada di wilayah Besuki, jalan raya pantai prigi.

Pantai Popoh
Pantai Popoh (sumber: Google Maps: Arih Farida)

Pantai Tulungagung yang bagus berikutnya adalah Pantai popoh sering jadi favorit wisatawan dari berbagai wilayah, ini karena keeksotisan pantai yang memanjakan mata pengunjung.

Sekitar pantai ada tebing-tebing tinggi, benar-benar bagus untuk dijadikan spot foto aesthetic.

Rata-rata tebing yang ada di pantai popoh ditumbuhi oleh vegetasi yang lebat, hingga terlihat hijau dan seperti hutan belantara.

Jika ingin menanjaki tebing disekitaran pantai, kamu harus cari tebing yang mempunyai anak tangga karena tidak semua tebing tinggi ini bisa dijangkau oleh pengunjung.

Di sini kamu akan memperoleh pemandangan matahari terbenam yang super cantik, lingkungan pantai yang sepi hingga kamu akan memperoleh pengalaman sunset yang tidak terlupakan.

Seperti pantai Tulungagung lainnya, di sini kamu bisa bawa rombongan keluarga dan anak-anak.

Pengunjung bisa berenang dan bermain air disekitaran pantai, namun tetap harus siaga, karena dapat saja mendadak ombak jadi tinggi dan ini akan membahayakan, terutama jika anak-anak sedang berenang.

Keunikan yang dimiliki pantai popoh, selain didatangi sebagai destinasi rekreasi yang eksotik di sini sering didatangi pengunjung untuk berekreasi religi.

Menurut penuturan pihak pengelola pantai, ini dilakukan pengunjung karena di dalam pantai ada makam bersejarah.

Bahkan di momen tertentu, kamu akan menyaksikan acara tradisional warga setempat seperti ritual-ritual yang diperuntukkan untuk menghormati leluhur disana.

Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi pantai yang satu ini? Yok segera rencanakan bersama keluarga.

Lokasi lengkap menuju pantai Popoh:

Alamat: Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66382

4. Pantai Gemah

Nah, selanjutnya buat kamu yang suka traveling tidak ada salahnya bila mampir ke pantai Tulungagung yang satu ini, yaitu pantai Gemah.

Pantai Gemah
Pantai Gemah (sumber: Google Maps: Badrus Zaman)

Pantai yang ada di tulungagung ini terletak di jalur lintas selatan dan cukup viral di kalangan anak muda pecinta alam.

Panorama yang ditawarkan pantai gemah tidak main-main loh, kamu akan secara langsung disuguhi suara ombak yang cukup kuat begitu masuk daerah pantai.

Sekitaran wilayah pantai dikelilingi oleh perbukitan elok yang mampu mengundang perhatian pengunjung.

Kamu bisa berkeliling sekitar pantai menyusuri setiap perbukitan menggunakan perahu nelayan yang telah disediakan oleh masyarakat lokal disana.

Perahu yang disewakan mempunyai kapasitas 10 orang saja, jadi bila keadaan pantai lumayan ramai kamu harus ikhlas mengantri dengan pengunjung lainnya.

Untuk kamu yang suka bermain air juga tidak jadi masalah, walaupun ombak di sini terkenal lumayan tinggi namun area bibir pantai mempunyai kontur landai hingga semakin aman, selama kamu tidak terlarut berenang sampai ke tengah laut.

Beragam kegiatan menarik lainnya juga bisa dilakukan, seperti coba wahana banana boat dan flying fox.

Kamu akan dibawa meluncur dari ketinggian kurang lebih 40 meter di bukit dan menyaksikan dengan mata telanjang bentangan pantai gemah yang begitu menggoda.

Lokasi lengkap menuju pantai Gemah:

Alamat: Pantai gemah, Keboireng, Tulungagung Regency, East Java

5. Pantai Patuk Gebang

Pantai satu ini termasuk pantai yang paling banyak dicari oleh wisatawan saat akhir pekan.

Pantai Patuk Gebang
Pantai Patuk Gebang (sumber: Google Maps: Suryo Hadi)

Sayangnya, lokasi pantai yang masih tetap tersembunyi, membuat pengunjung membutuhkan tenaga extra untuk sampai ke lokasi utama pantai.

Kamu harus bawa bekal yang cukup selama perjalanan, terutama persediaan air minum.

Terletak di Desa Jengglungharjo, pantai Tulungagung satu ini menawarkan kesan berlibur yang tidak terlupakan.

Patuk Gebang masuk ke kategori pantai hidden gem di Kabupaten Tulungagung, memiliki kekhasan berupa air terjun alami antara dua karang yang berada di bibir pantai.

Air terjun itu langsung menuju laut, hingga jadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Sama seperti pantai Tulungagung pada umumnya, Patuk Gebang dikelilingi oleh batu karang istimewa yang bisa dinaiki oleh pengunjung.

Gelombang ombak yang cukup tinggi, sehingga bila kamu berusaha untuk berdiri di tepi karang, akan gampang terkena ombak yang menghantam karang dengan keras.

Menawarkan keelokan pantai dan air terjun secara bersamaan, pantai Tulungagung sebagai favorit ini mempunyai HTM yang murah meriah, cukup hanya Rp.5.000 per orang kamu dapat masuk ke area pantai.

Pantai yang sepi dan asri ini kerap jadi lokasi berkemah menikmati sunset dan sunrise yang tidak kamu rasakan keunikannya di pantai lain.

Lokasi lengkap menuju pantai Patuk Gebang:

Alamat: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Area Pegunungan, Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

6. Pantai Brumbun

Lokasi selanjutnya adalah pantai Brumbun, berada di wilayah Wonokoyo, Kabupaten Tulungagung.

Pantai Brumbun
Pantai Brumbun (sumber: Instagram @kacamata_tulungagung)

Pantai Brumbun menawarkan keelokan alam yang tidak jauh beda dengan pantai Tulungagung pada umumnya, yang mempunyai air laut yang masih bersih dan suasana pantai yang asri.

Banyak pengunjung yang menjadikan pantai ini sebagai lokasi berkemah, karena mempunyai dataran pantai yang cukup luas dan jauh dari bibir pantai.

Banyak dijumpai perbukitan landai disekitaran pantai. Jika kamu berminat untuk berkemah di sini, benar-benar direkomendasikan untuk memilih tempat di bukit.

Perlu menjadi perhatian untuk kamu dan pengunjung lainnya yang akan menuju pantai Brumbun.

Akses jalan yang dilalui rupanya masih cukup susah. Banyak ditemui jalan bergelombang, sempit, dan rusak.

Hingga jika berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, salah satunya harus mengalah.

Masalah fasilitas umum, kamu tidak perlu cemas karena jumlah toilet di pantai ini cukup bersih dan mencukupi.

Begitupun dengan masjid, kamu bisa menumpang sholat di warung-warung terdekat yang mempunyai tempat sholat.

HTM pantai Brumbun terpantau gratis, tidak ada ongkos sewa aktivitas watersport seperti pantai Tulungagung lain.

Sayangnya, tidak ada biaya retribusi di pantai Brumbun yang mengakibatkan sulit ditemukannya juru parkir yang akan menjaga kendaraan pengunjung waktu masuk daerah pantai utama.

Lokasi lengkap menuju pantai Brumbun:

Alamat: Dsn. Brumbun, Area Pegunungan, Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

7. Pantai Gerangan

Sesudah berkunjung ke pantai Brumbun, tidak ada salahnya bila mampir ke pantai Tulungagung lainnya yang berada sangat berdekatan, betul sekali! Pantai Gerangan.

Pantai Gerangan
Pantai Gerangan (sumber: Google Maps: Ali Husain)

Kamu tentu sudah familiar dengan pantai satu ini, memiliki kawasan yang tidak begitu luas tetapi pesona alam yang ditawarkan akan membuat pengunjung terpesona.

Pasir pantai ini berwarna coklat dan benar-benar lembut, pas untuk menemani anak-anak bermain pasir.

Ombak di sini lebih tenang dibandingkan pantai lainnya hingga benar-benar aman untuk berenang.

Daya tarik yang menarik perhatian para wisatawan dari pantai ini ialah keberadaan rumah apung.

Sesuai namanya, rumah ini terletak mengapung di tengah-tengah lautan dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk menuju rumah apung kamu perlu bayar Rp.10.000 per orang dan tiket masuk sebesar Rp.5.000, benar-benar dapat dijangkau sekali kan?.

Lokasi lengkap menuju pantai Gerangan:

Alamat: Wonokoyo, Ngrejo, Tanggung Gunung, Area Pegunungan, Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

8. Pantai Ngalur

Rekomendasi pantai Tulungagung selanjutnya yang sayang sekali untuk dilewati ialah pantai Ngalur.

Pantai Ngalur
Pantai Ngalur (sumber: Google Maps: Anang Pandu Pamungkas)

Pantai yang jarang-jarang dikunjungi oleh wisatawan menjadi favorit, selain kondisi alamnya yang masih tetap terjaga, kebersihan tempat dan sarana pantai juga bisa terjaga.

Pantai Ngalur adalah salah satu pantai yang jarang didatangi oleh wisatawan di luar wilayah.

Padahal, daya tarik yang ditawarkan tidak kalah eksotis, terutama saat sunrise dan sunset.

Pantai terletak di ujung paling selatan Tulungagung, meskipun kawasannya tidak terlalu luas, tetapi pantai ini benar-benar pas buat kamu yang hobi berkemah.

Lokasi lengkap menuju pantai Ngalur:

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

9. Pantai Sidem

Siapakah yang tidak mengenal dengan pantai Sidem? Pantai Tulungagung eksotis yang tersembunyi dibalik kaki bukit ini mempunyai pemandangan yang mengagumkan untuk pengunjung.

Pantai Sidem
Pantai Sidem (sumber: Instagram @kacamata_tulungagung)

Dikelilingi oleh perbukitan besar, dan suasananya yang masih tetap terjaga membuat pantai ini benar-benar cocok untuk kamu yang membutuhkan lokasi healing dari hingar-bingar aktivitas perkotaan.

Gelombang di pantai ini lebih tenang, seperti pantai Tulungagung lainnya di sini kamu bisa membawa sanak keluarga dan anak-anak untuk bermain air laut dan pasir.

Sekitaran wilayah pantai bisa banyak ditemui para nelayan di tengah laut yang mencari ikan.

Dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, jadi tak heran bila udara di pantai Sidem lebih sejuk meskipun kamu berkunjung pada siang hari.

Selain bermain air, pengunjung bisa jalan-jalan rileks disekitaran pantai dan bukit sambil menikmati kesegaran rimbunnya hutan jati di wilayah Sidem.

Lokasi spot foto menarik lainnya yang ada di sekitaran pantai ialah bendungan.

Rupanya selain rekreasi pantai nya yang mempesona, di sini ada bendungan yang berada tidak jauh dari pantai.

Bendungan itu merupakan lokasi PLTA, uniknya lagi di sini merupakan lokasi pertemuan di antara air tawar dari sungai dengan air laut, wah menarik sekali ya!.

Tidak sulit untuk menuju pantai ini, aksesnya sudah cukup bagus dan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua atau empat.

HTM pantai Sidem tergolong dapat dijangkau, cukup dengan Rp.3000 per orang kamu sudah bisa nikmati keindahan alam pantai satu ini.

Biaya parkir juga murah, untuk kendaraan roda dua cukup hanya bayar Rp.1000 dan kendaraan roda empat Rp.2000, dan untuk bus Rp.2.500.

Lokasi lengkap menuju pantai Sidem:

Alamat: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275

10. Pantai Sanggar

Bicara tentang pantai tersembunyi yang ada di daerah Tulungagung, masih ada satu pantai yang terjaga keasriannya dan benar-benar dikunjungi wisatawan, yakni pantai Sanggar.

Pantai Sanggar
Pantai Sanggar (sumber: Google Maps: Tomi Purwo)

Berada di wilayah Pegunungan, Tanggung, Tulungagung lokasi ini sebenarnya lumayan gampang diketemukan, tetapi karena sedikit direkomendasikan, jadi jarang wisatawan yang mengetahui tempat spesifik pantai Sanggar.

Pantai hidden gem memang selalu menyimpan sejuta daya tarik yang bisa membuat pengunjung jatuh cinta dan ingin kembali lagi.

Pantai Sanggar mempunyai air laut yang jernih dan berwarna biru cerah, pasir yang ada di area pantai juga ialah pasir putih bersih.

Gelombang ombak disini lumayan tinggi di jam-jam tertentu, hingga diperlukan pengawasan extra apabila putra dan putri kamu bermain air.

Saat akan menaiki bukit disekitaran pantai kamu juga harus berhati-hati, karena tidak semua bukit bisa dijangkau oleh pengunjung, karena masalah keselamatan dan keamanan.

HTM pantai Sanggar berbeda dengan pantai Tulungagung lain, di sini kamu sebagai pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Ini dikarenakan pantai Sanggar belum dikelola oleh pemerintah daerah, hingga pemberdayaannya masih terbatas.

Untuk masalah fasilitas, memanglah tidak terlalu lengkap, cuma ada toilet disekitaran area pantai.

Maka saat akan berkunjung ke sini pastikanlah kamu membawa perlengkapan pribadi secara lengkap, karena warung-warung juga tidak sebanyak pantai pada umumnya.

Lokasi lengkap menuju pantai Sanggar:

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

Rekomendasi Hotel Sekitaran Pantai Tulungagung yang Terjangkau

Ayowisata.co.id telah menyediakan pilihan hotel terbaik di dekat Pantai Tulungagung. Baik kamu berencana menghabiskan waktu liburan yang santai atau menjelajahi keindahan alam, hotel-hotel ini menawarkan kenyamanan dan layanan yang luar biasa.

Berikut daftar hotel yang perlu kamu ketahui:

1. Votel Hotel Tulungagung

Votel Hotel Tulungagung adalah destinasi sempurna bagi wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang santai dan mewah.

Votel Hotel Tulungagung
Votel Hotel Tulungagung (sumber: Google Maps: Votel Hotel Tulungagung)

Terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Tulungagung, hotel ini menawarkan pemandangan laut yang memukau.

Kamar-kamar yang luas dan elegan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV kabel, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi pribadi.

Restoran hotel menyajikan hidangan lezat dari masakan lokal dan internasional, sementara kolam renang dan spa memberikan pengalaman relaksasi yang tak terlupakan.

Dengan staf yang ramah dan profesional, Votel Hotel Tulungagung menjamin pengalaman menginap yang luar biasa.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.162.512 per malam

2. Crown Victoria Hotel

Terletak strategis di dekat Pantai Tulungagung, Crown Victoria Hotel menawarkan akomodasi yang nyaman dan fasilitas berkualitas.

Crown Victoria Hotel
Crown Victoria Hotel (sumber: Google Maps: Hotels)

Hotel ini menawarkan berbagai jenis kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, kulkas, dan akses Wi-Fi gratis.

Tamu dapat menikmati berbagai hidangan lezat di restoran hotel, atau bersantai di lounge yang nyaman.

Crown Victoria Hotel juga dilengkapi dengan fasilitas pertemuan dan konferensi untuk para tamu yang melakukan perjalanan bisnis.

Dengan lokasi yang strategis dan layanan yang baik, Crown Victoria Hotel adalah pilihan yang tepat untuk menginap di dekat Pantai Tulungagung.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.546.290 per malam

3. Front One Hotel Tulungagung

Front One Hotel Tulungagung adalah pilihan ideal bagi para wisatawan yang mencari penginapan yang terjangkau namun tetap memberikan kenyamanan dan fasilitas yang memadai.

Front One Hotel Tulungagung
Front One Hotel Tulungagung (sumber: Google Maps Front One Hotel Tulungagung)

Terletak dekat dengan Pantai Tulungagung, hotel ini menawarkan kamar-kamar bersih dan nyaman dengan AC, TV, dan kamar mandi pribadi.

Restoran hotel menyajikan hidangan lezat dari masakan lokal dan internasional.

Dengan tarif yang terjangkau, Front One Hotel Tulungagung adalah opsi yang tepat bagi wisatawan yang mau menjelajahi keindahan Pantai Tulungagung tanpa harus menguras kantong mereka.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.348.518 per malam

4. Narita Hotel Kota Tulungagung

Narita Hotel Kota Tulungagung adalah hotel bintang 3 yang terletak dekat dengan Pantai Tulungagung.

Narita Hotel Kota Tulungagung
Narita Hotel Kota Tulungagung (sumber: Google Maps: Narita Hotel Tulungagung)

Hotel ini menawarkan berbagai pilihan kamar yang nyaman dan modern, dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, minibar, dan akses Wi-Fi gratis.

Restoran hotel menyajikan hidangan lezat yang akan memanjakan lidah kamu. Selain itu, fasilitas hotel termasuk pusat kebugaran dan spa untuk relaksasi tamu.

Dengan lokasi yang nyaman dan pelayanan yang ramah, Narita Hotel Kota Tulungagung menjamin pengalaman menginap yang menyenangkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.407.550 per malam

5. Hotel Malinda Indah

Hotel Malinda Indah adalah penginapan yang indah yang terletak dekat dengan Pantai Tulungagung.

Hotel Malinda Indah
Hotel Malinda Indah (sumber: Instagram @malindaindahhotel)

Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas dan nyaman, dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV, dan Wi-Fi gratis.

Restoran hotel menyajikan hidangan lezat yang menggugah selera, dan terdapat juga fasilitas bar untuk bersantai dengan minuman favorit kamu.

Dengan staf yang ramah dan pelayanan yang berkualitas, Hotel Malinda Indah memberikan pengalaman menginap yang memuaskan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.309.112 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai di Tulungagung dengan Diskon 58%

Kuliner Khas Tulungagung yang Wajib Dicoba

Di bawah ini terdaat beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Tulungagung, yaitu:

Kuliner Khas Tulungagung yang Wajib Dicoba

  1. Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate daging kambing yang dibakar dengan arang. Sate ini memiliki cita rasa yang khas dan disajikan dengan sambal khas Tulungagung yang pedas. Kamu bisa menemukan Sate Klathak di sejumlah warung atau rumah makan di Tulungagung.
  2. Tahu Telur Puyuh: Tahu Telur Puyuh adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang diisi dengan telur puyuh dan disajikan dengan kuah khas Tulungagung. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan cocok sebagai makanan ringan atau camilan.
  3. Nasi Gandul: Nasi Gandul adalah nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas, seperti serai, daun salam, dan kayu manis. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daging sapi yang empuk dan kuah gurih. Kamu dapat menemukan Nasi Gandul di warung-warung makan tradisional di Tulungagung.
  4. Empal Gentong: Empal Gentong adalah hidangan daging sapi yang dimasak dalam kuah yang kaya rempah dan bumbu. Kuahnya terbuat dari santan dan berbagai bumbu tradisional. Empal Gentong memiliki cita rasa yang khas dan cocok disantap dengan nasi.
  5. Rujak Uleg: Rujak Uleg adalah hidangan rujak khas Tulungagung yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari irisan buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, dan nanas yang disajikan dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Rasanya segar dan menggugah selera.

Kesimpulan

Banyak sekali destinasi wisata pantai Tulungagung yang bisa kamu jadikan tujuan rekreasi saat berlibur kan?

Dimulai dari pantai yang banyak didatangi, sampai dengan pantai hidden gem yang membutuhkan usaha agar bisa menuju lokasi utamanya.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan liburan, jangan sampai kamu salah pilih lokasi, terlebih bila membawa anak-anak, selamat menikmati berlibur di Tulungagung!.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like