Nikmati Indahnya Pantai Watu Karung di Pacitan: Pemandangan yang Tidak Kalah Dengan Raja Ampat

Siapa kira Jawa Timur mempunyai objek wisata yang tidak kalah dari Raja Ampat di Papua? Objek wisata tersebut ialah Pantai Watu Karung yang ada di Pacitan. Pantai ini digadang-gadang mempunyai keindahan pemandangan laut yang begitu cantik seperti Raja Ampat.

Tidak mengagetkan memang bila Pacitan mempunyai pantai yang seindah itu, karena posisi pacitan yang berada di pesisir selatan pulau Jawa. Banyak objek wisata pantai yang ada Pacitan sebagai keuntungan letak geografisnya. Pantai Watu Karung ialah salah satunya.

Lokasi dan Rute Menuju ke Lokasi Pantai Watu Karung

Lokasi dan Rute Menuju ke Lokasi Pantai Watu Karung
(sumber gambar: GoogleMaps_Fitriani Intan Siswoyo)

Objek wisata pantai memang menarik untuk didatangi termasuk Pantai Watu Karung yang berada di kabupaten Pacitan ini. Lokasinya beralamat di Pringkuku, Ketro, Watu Karung, kecamatan Pacitan, kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur.

Dengan alamat yang lengkap di atas, pengunjung bisa dengan mudah menemukan objek wisata ini. Jika dalam perjalanannya merasa kesulitan menemukan objek wisata ini, kamu dapat menggunakan google maps sebagai alat bantu.

Masukkan saja alamat lengkapnya, dan ikuti arah yang ditunjukkan oleh aplikasi. Jarak Pantai Watu Karung dari pusat kota Pacitan kurang lebih 27 Km jauhnya.

Jalur yang dapat dilalui mudah bisa diakses memakai beragam jenis kendaraan beroda 2 bahkan juga roda 4. Ada banyak jalur alternatif menuju objek wisata pantai ini tergantung pada arah kedatangan pengunjung dari kota apa.

Untuk yang tiba dari wilayah Jawa Barat, karena itu dapat melalui jalur Gunung Kidul lalu masuk saja ke jalan pintas di daerah Sedeng untuk mempersingkat waktu ke arah kota Pacitan. Selanjutnya apabila sudah masuk kota Pacitan tinggal mengikuti alamat dan panduan yang berada di sepanjang jalan.

Tanjakan yang cukup ekstrem akan kamu jumpai di wilayah Pringkuku, namun jika sudah masuk daerah ini artinya Kawasan pantai tidak jauh lagi. Lama perjalanan tergantung pada kepadatan lalu lintas, karena Pantai Watu karung adalah objek wisata yang populer dan ramai pengunjung.

Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Harga Tiket Masuk, Tiket Parkir dan Jam Operasional Pantai Watu Karumg

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Selasa24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Rabu24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Kamis24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Jumat24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Sabtu24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000
Minggu24 JamRp10.000Rp. 2.000Rp. 5.000

Ada banyak objek wisata favorit Pacitan, salah satunya ialah objek wisata pantai mengingat wilayah Pacitan adalah Kawasan pesisir pulau Jawa di bagian selatan. Beberapa pantai di Pacitan umumnya mempunyai harga tiket masuk yang murah dan terjangkau untuk masyarakat.

Demikian juga dengan Pantai Watu Karung ini, harga tiketnya dijamin tidak menyebabkan kantong jebol alias murah. Untuk wisatawan yang berkunjung cukup membayar 10.000 per orang. Plus tambahan biaya parkir sejumlah 2.000 untuk motor, dan 5.000 untuk mobil atau bus.

Dengan harga yang murah itu, pengunjung bisa lakukan beragam kegiatan di semua sisi pantai tanpa ada tambahan biaya lagi. Tetapi jika pengunjung ingin menginap di homestay yang berada disekitaran lokasi maka harus mengeluarkan sedikit budget tambahan.

Biaya menginap di homestay sekitar pantai kurang lebih 125.000-440.000 per malam. Fasilitas yang didapat cukup lengkap dan nyaman. Homestay yang bisa dituju seperti Pasir Putih Homestay, Sack Stone Homestay dan Santoso Homestay. Pilih homestay sama sesuai budget yang ada.

Daya Tarik Pantai Watu Karung

Tiap objek wisata tentu mempunyai daya tarik yang ditawarkan untuk para wisatawan, seperti Pantai Watu Karung. Pantai ini mempunyai daya tarik keindahan pemandangan pantai dan laut yang luar biasa. Berikut daftar daya tarik yang ditawarkan oleh Watu Karung Beach Pacitan:

1. Deretan Pulau dan Perbukitan Karang

Deretan Pulau dan Perbukitan Karang
(sumber gambar: Google_Kominfo Jatim)

Objek wisata Watu Karung sudah dikenal akan keindahan alamnya yang mempesona. Keindahan alamnya bahkan disejajarkan pantai di Kawasan timur Indonesia, sampai mendapat julukan “Raja Ampat” di Jawa Timur.

Julukan itu didapat karena Area pantai ini mempunyai bukit-bukit karang dan beberapa pulau karang yang tersebar di sepanjang bibir pantainya. Panjang perbukitan karangnya mencapai 150-300 meter di sepanjang bibir pantainya.

Para wisatawan yang berkunjung tentu tidak bisa menolak daya tarik keindahan perbukitan karang di pantai ini. Perbukitan itu bahkan menjadi daya tarik utama dari Pantai Watu Karung ini. Banyak wisatawan dari luar kota yang dibuat penasaran dan jauh-jauh datang hanya untuk menikmati keindahannya.

2. Pemandangan Laut yang Indah

Pemandangan Laut yang Indah
(sumber gambar: Google_Atourin)

Selain keindahan perbukitan karangnya yang cantik, mata pengunjung juga pasti tertuju pada pemandangan lautan birunya yang tidak kalah cantiknya.

Setelah dimanjakan hijaunya perbukitan karang di pantainya, sekarang pengunjung dimanjakan keindahan warna lautnya yang biru. Warnanya bergradasi dari biru muda hingga biru pekat.

Pemandangan yang cantik ini dapat dinikmati bila berlibur di cuaca yang cerah, karena langit yang biru akan dipantulkan sempurna oleh air lautnya.

Disamping itu batu karang besar yang menyerupai beberapa pulau kecil dan melayang di lautan, menambahkan keeksotisan pemandangan laut Watu karung ini. Pengunjung tentu tidak bosan menikmati pemandangan dan keindahan lautnya.

3. Ombak yang Menantang

Ombak yang Menantang
(sumber gambar: Google_ASURANSIKUdotid)

Beberapa pantai di Pacitan Jawa Timur memang populer dengan ombaknya yang lumayan besar, namun tidak mencelakakan untuk pengunjung. Ombak-ombak yang datang tidak berpotensi menyeret orang yang ada di bibir pantai.

Oleh sebab itu soal ini menjadi daya tarik sendiri, karena pengunjung bisa bermain ombak sepuas hati tanpa takut terseret, tetapi tetap harus waspada ya. Tetap harus mengikuti arahan pengelola atau penjaga pantai supaya selamat bila tiba-tiba terjadi keadaan yang tidak diinginkan.

Ombaknya yang menantang ini juga membuat laut watu karung jadi incaran para surfer dari beragam daerah. Banyak yang ingin menikmati surfing di pantai raja ampatnya Jawa Timur ini.

4. Air Laut yang Jernih

Air Laut yang Jernih
(sumber gambar: Google_Turisiandotcom)

Kebersihan di kawasan Pantai Watu Karung ini masih sangat terjaga, hal ini ditunjukkan air lautnya yang biru dan jernih.

Kejernihan air lautnya ini menjadi daya tarik tertentu untuk pengunjung. Bermain air laut yang jernih menjadi kebahagiaan tertentu untuk para pengunjung, karena akan memberikan rasa nyaman.

Disamping itu saat airnya surut, pengunjung bisa menikmati keindahan biota laut yang terlihat jelas di permukaan air lautnya. Sangat cantik memang pantai ini, sayang bila tidak didokumentasikan lensa kamera pengunjung.

5. Hamparan Pasir Putih yang Halus

Hamparan Pasir Putih yang Halus
(sumber gambar: Google_Flickr)

Selainnya dihiasi perbukitan karang, bibir Pantai Watu Karung memiliki pasir putih dengan butiran yang halus. Pasirnya sangat halus menyentuh kaki para pengunjung yang memutuskan menyusuri pantainya secara berjalan kaki.

Pengunjung tidak akan bosan dan merasa kesakitan walaupun berjalan dengan kaki telanjang. Pasir putih yang lembut dan halus ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai ini.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Watu Karung

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Watu karung ini. Dengan begitu wisatawan bisa menikmati waktu liburan tanpa rasa bosan selama ada di pantai. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan para wisatawan yang datang:

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Watu Karung

1. Memancing

Untuk wisatawan yang mempunyai hobi memancing, amat bisa melakukan aktivitas yangs atu ini karena akan sangat menyenangkan. Jangan takut tidak dapat ikan karena ombaknya yang lumayan besar, karena ada beberapa spot khusus yang cocok untuk memancing di pantai ini.

Selain memancing di pantai, wisatawan juga bisa coba berburu ikan dengan perahu-perahu nelayan yang siap mengantarkan ke tengah lautan.

Langkah barusan akan sangat efisien untuk mendapatkan banyak ikan, karena nelayan-nelayan di sana tentu sudah ingat spot yang ditinggali banyak ikan laut. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mendapatkan ikan.

2. Surfing

Sudah dibahas jika salah satu daya tarik pantai ini ialah mempunyai ombak yang besar tetapi aman. Dengan begitu kegiatan surfing akan menjadi sangat menarik untuk dilakukan di Pantai Watu Karung ini.

Ombak besar yang datang menantang dapat ditaklukan surfer-surfer yang berasal dari dalam negeri dan mancanegara. Sangat tidak disarankan untuk para pemula untuk kerjakan selancar sendiri tanpa pelatih. Jika ingin mendapatkan instruktor sebaiknya mencari informasinya di pusat informasi kawasan Watu Karang ini.

3. Menyelam

Kegiatan selanjutnya yang bagus sekali untuk dilakukan ialah menyelam atau diving untuk menikmati keelokan bawah laut Watu karung. Didukung dengan air lautnya yang jernih, wisatawan bisa secara jelas menyaksikan kondisi bawah laut di pantai ini.

Dapatkan kesegaran dan kepuasan menikmati air lautnya yang jernih dan bersih. Disamping itu bisa pula berinteraksi dengan biota-biota laut yang ada di bawah lautnya. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang berharga dan tidak terlupakan sampai kapan saja.

Untuk perlengkapan menyelam, kamu bisa menyiapkannya dari rumah atau menyewa perlengkapan yang disediakan pengelola. Hubungi saja pusat informasi untuk mengetahui prosedur penyewaannya.

Menyelam

4. Camping

Untuk wisatawan yang memiliki banyak waktu senggang dan ingin menghabiskan malam panjang di Pantai Watu karung, maka kamu bisa melakukan aktivitas camping. Ada spot camping yang cukup luas disediakan oleh pengelola kawasan ini.

Kegiatan ini akan seru dilakukan bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Menghabiskan waktu bersama melakukan berbagai permainan di pantai. Menyalakan api unggun dan mengelilinginya akan menambah keintiman hubungan keluarga.

Camping akan makin menyenangkan bila dilengkapi sajian bebakaran. kamu bisa mempersiapkan bahan dan alat sendiri untuk barbeque, tetapi ingat jangan mengotori alam dan merusanya. Apabila sudah bercamping kamu harus membersihkan dan membuang semua sampahnya.

5. Berjemur

Pasir putih yang berada di pantai ini sangat luas, kamu dapat berjemur di atas pasir putihnya yang halus. Teriknya matahari akan mampu membuat kulit kamu menjadi kecoklatan.

Namun perlu diingat kamu harus pergi di saat cuaca sedang cerah atau pada musim kemarau agar bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan ini. Jangan lupa masih tetap menggunakan sunscreen saat berjemur, agar sinar UV tidak merusak kulit kamu.

6. Berfoto Riang

Aktivitas yang ini sudah pasti jadi favorite semua orang, yaitu berfoto ria. Mempunyai stok foto di galeri untuk update di sosial media akan menyenangkan untuk sebagian orang.

Banyak beberapa spot foto bagus yang dapat menjadi latar belakang saat mengambil gambar. Memotret pemandangan yang ada akan menyenangkan dan bisa dijadikan kenang-kenangan. Wisatawan wajib mendokumentasikan semua momen yang dilewati di Pantai Watu Karung ini.

Fasilitas Umum yang Tersedia

Selain menawarkan daya tarik yang menarik untuk para wisatawan, objek wisata Pantai Watu Karung melengkapi kawasannya secara beragam fasilitas umum untuk pengunjung. Sarana dan prasarananya dapat dibilang benar-benar mencukupi dan lengkap, hingga membuat objek wisata ini benar-benar nyaman untuk dikunjungi. Fasilitas umum yang ada seperti di bawah ini:

Fasilitas Umum yang Tersedia
(sumber gambar: Google_Salsa Wisata)
    • Spot camping: Pengelola menyediakan spot khusus untuk berkemah bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pantai ini.
    • Gazebo dan Saung: Ada tempat bersantai yang paling nyaman untuk pengunjung, yakni gazebo yang dibangun oleh pengelola.
    • Perlengkapan Surfing dan Diving: Agar bisa menggunakan fasilitas yang satu ini pengunjung akan dikenai biaya sewa perlengkapan oleh pihak pengelola.
    • Tempat Makan: Banyak jajaran tempat makan pada harga yang murah dan meriah, dijamin kenyang tanpa menguras kantong.
    • Parkir Kendaraan: Fasilitas ini adalah fasilitas pendukung yang penting apalagi jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi saat datang.
    • Kios Souvenir: Untuk pengunjung yang ingin berburu oleh-oleh ada fasilitas gerai souvenir yang menjual beragam pernak-pernik ciri khas daerah.
    • Pusat Informasi: Fasilitas yang ini menjadi fasilitas yang sangat penting untuk pengunjung, khususnya untuk yang baru pertama kali datang ke pantai ini. Semua informasi yang diperlukan dapat didapat dari pusat informasi.
    • Mushola: Untuk umat kaum muslim yang mengunjungi Pantai Watu Karung dan takut melewati waktu sholat tidak butuh merasa cemas, karena ada mushola untuk melaksanakan ibadah.

Tips Berkunjung ke Pantai Watu Karung

Liburan ke pantai memang sangat menyenangkan, tetapi jika tidak dipersiapkan dengan baik, yang terjadi malah kebalikannya yakni akan merusak liburan yang direncanakan. Ada panduan untuk yang semakin tertarik mengunjungi Pantai Watu Kurung, adalah sebagai berikut:

Tips Berkunjung ke Pantai Watu Karung
(sumber gambar: Google_NgeTrip)
    • Perkirakan Waktu dengan Benar: Hitung waktu secara benar, mulai lama perjalanan dan perkiraan sampai. Bila tujuan kamu ialah menyaksikan matahari terbenam, maka kamu harus sudah berada di area pantai minimal saat sebelum jam 15.00, agar bisa melihat sunset di pantai.
    • Perhatikan Perkiraan Cuaca Setempat: Cuaca ialah hal yang penting saat liburan. Baca perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG untuk wilayah pacitan dan sekelilingnya. Bila cuaca diprediksi cerah, maka berikut waktu yang pas untuk berlibur ke pantai.
    • Jagalah Kebersihan Selama Berwisata: Kebersihan ialah hal yang perlu dijaga di mana saja, termasuk saat berada di pantai. Jangan sampai sampah mengotori objek wisata pantai yang sangat indah ini, hingga merusak keindahannya.
    • Membawa Alas Duduk untuk Bersantai: Di Pantai Watu Karung tidak ada kursi untuk bersantai, maka bawalah alas sendiri.
    • Menginap Jika Jarak Rumah Jauh: Bila rumah kamu benar-benar jauh dari lokasi, akan sangat baik bila kamu bermalam saja di homestay terdekat.
    • Kamu Pastikan dan Keluarga dalam Kondisi Sehat: Liburan saat sakit tahu tidak enak badan tidak akan menyenangkan, jadi pastikan kesehatan kamu terlebih dahulu saat sebelum liburan.

Rekomendasi Penginapan Murah Dekat Pantai Watu Karung di Pacitan

Terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu pertimbangkan di sekitar Pantai Watu Karung, Pacitan. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

1. Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation

Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation
(sumber gambar: Agoda)

Ditempatkan secara strategis di Watukarung, bagian dari destinasi eksotis Watu Karung di Pacitan, Watukarung Prapto Homestay menawarkan kenyamanan dekat dengan berbagai atraksi menarik dan pilihan restoran lezat. Waktu check-in tersedia mulai pukul 13.00, sementara waktu check-out ditetapkan pada pukul 12.00. Fasilitas populer yang bisa dinikmati termasuk tempat parkir gratis, lokasi di tepi pantai yang menakjubkan, sarapan gratis, dan akses Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 300.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Prapto Homestay Diskon 57%

2. Harry’s Ocean House Watukarung

Harry's Ocean House Watukarung
(sumber gambar: Agoda)

Dengan waktu check-in yang dimulai pukul 14.00 dan waktu check-out pada pukul 12.00, Harry’s Ocean House Watukarung menyediakan fasilitas yang memikat. Tamu dapat menikmati tempat parkir gratis, lokasi di tepi pantai yang memukau, AC yang menyegarkan, dan opsi sarapan dengan biaya tambahan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 200.000 per malam

PESAN HOTEL Harry’s Ocean House Watukarung Diskon 57%

3. Watukarung Ristu Homestay

Watukarung Ristu Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Watukarung Ristu Homestay, guesthouse dengan nuansa tenang dan bangunan tradisional Jawa, hanya berjarak 3 menit berjalan kaki dari Pantai Watu Karung. Terletak 15 km dari Jalan Nasional Rute 3 dan 19 km dari Goa Gong, guesthouse ini menawarkan waktu check-in mulai pukul 15.00 dan waktu check-out pada pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, lokasi di tepi pantai, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 339.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Ristu Homestay Diskon 75%

4. Villa Rikna

Villa Rikna
(sumber gambar: Agoda)

Villa Rikna, yang strategis terletak di area populer Tawangmangu, menawarkan layanan dan fasilitas tingkat tinggi. Dengan layanan kebersihan harian, check-in/check-out pribadi, layanan tiket, dan tempat parkir mobil, Villa Rikna memenuhi kebutuhan wisatawan dengan standar tinggi. Fasilitas lainnya termasuk jemputan bandara, balkon yang menyenangkan, ketersediaan ranjang bayi, dan cocok untuk anak-anak.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 200.000 per malam

PESAN HOTEL Villa Rikna Diskon 65%

5. OYO 92083 Lailik Gilang Guesthouse

OYO 92083 Lailik Gilang Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

OYO 92083 Lailik Gilang Guesthouse, dengan lokasi strategis di Watukarung, menawarkan kenyamanan dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Properti ini menyediakan resepsionis 24 jam, layanan Wi-Fi gratis di semua kamar, layanan kebersihan harian, serta fasilitas check-in/check-out yang efisien.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 62.441 per malam

PESAN HOTEL OYO 92083 Lailik Gilang Guesthouse Diskon 60%

Rekomendasi Makanan Lezat Khas Pacitan di Sekitar Pantai Watu Karung

Pacitan, terutama di sekitar Pantai Watu Karung, dikenal dengan keindahan pantainya dan juga kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan lezat yang bisa kamu coba ketika berada di sekitar Pantai Watu Karung:

Rekomendasi Makanan Lezat Khas Pacitan di Sekitar Pantai Watu Karung
(sumber gambar: Google_Trivadvisor)
    • Ikan Bakar: Pantai Watu Karung tentu memiliki ikan segar. Cobalah mencicipi ikan bakar, yang disajikan dengan bumbu khas dan cita rasa yang lezat. kamu dapat memilih berbagai jenis ikan yang ada di daerah tersebut.
    • Pecel Lele: Lele merupakan salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi pecel lele di Pacitan. Pecel lele biasanya disajikan dengan sambal khas Pacitan yang pedas dan lezat.
    • Sate Kelinci: Pacitan juga dikenal dengan sate kelinci. Meskipun tidak umum di tempat lain, sate kelinci menjadi hidangan yang unik dan patut dicoba jika kamu ingin mencicipi sesuatu yang berbeda.
    • Nasi Pecel: Nasi pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sayuran segar seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge, disiram dengan sambal kacang yang lezat.
    • Lontong Kikil: Lontong kikil adalah hidangan tradisional yang terbuat dari kikil sapi yang dimasak dengan bumbu khas. Biasanya disajikan dengan lontong dan kuah yang kaya rasa.
    • Bebek Goreng: Bebek goreng Pacitan memiliki citarasa yang khas dan dapat ditemui di beberapa warung makan di sekitar Pantai Watu Karung.
    • Es Dawet Hitam: Jangan lewatkan untuk mencicipi minuman khas daerah ini, seperti es dawet hitam. Minuman segar ini terdiri dari dawet, cincau hitam, santan, dan gula merah.

Kesimpulan

Itulah pembahasan terperinci mengenai Pantai Watu Karung yang ada di Pacitan. Dimulai dari informasi lokasi, HTM, daya tarik, aktivitas menarik, fasilitas umum sampai panduan saat mengunjunginya. Semoga bisa dijadikan referensi menarik untuk pecinta travelling.

Pasti akan menyenangkan mengunjungi Pantai Watu Karung yang mempunyai banyak sekali daya tarik dan keindahan luar biasa. Untuk yang mempunyai rencana liburan bisa menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu tujuan wisata. Dijamin pengunjung tidak sedih karena sudah dimanjakan pemandangan yang indah.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like