Intip Keindahan Tersembunyi Pantai Watu Lawang di Yogyakarta yang Jarang Diketahui

Intip Keindahan Tersembunyi Pantai Watu Lawang di Yogyakarta yang Jarang Diketahui (sumber: Google Maps: Resa Rai Ariesta)

Nama pantai Watu Lawang mungkin masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Destinasi rekreasi yang ada di wilayah Gunung Kidul ini belum begitu populer dan terkenal seperti beberapa pantai di Yogyakarta lainnnya.

Meskipun belum begitu familier, tetapi saat berkunjung ke tempat ini kamu tentu tidak akan menyesal.

Pemandangan pantai yang cantik, udara yang bersih dan situasi yang tenang akan memanjakan wisatawan yang tiba ke tempat ini.

Oleh karena itu, untuk mereka yang menyukai ketenangan dan tujuan rekreasi yang tidak penuh sesak dengan pengunjung. Pantai Watu Lawang bisa jadi referensi yang tepat.

Daya Tarik Pantai Watu Lawang, Wisata Bahari yang Tersembunyi

Gunung Kidul menjadi satu diantara daerah di Yogyakarta yang selalu ramai oleh para wisatawan. Wisatawan asing atau wisatawan lokal bersama-sama tiba ke arah tempat ini tiap harinya.

Alasannya ialah karena Gunung Kidul tesohor sebagai wilayah yang memiliki potensi wisata. Salah satunya yang terpopuler yakni rekreasi alam pantai.

Saat berkunjung ke Gunung Kidul, jangan lupa untuk singgah ke pantai yang bernama Watu Lawang. Pantai Watu Lawang ialah situs rekreasi yang lokasinya ada di wilayah Tepus.

Pantai ini mempunyai susunan yang unik karena wilayahnya terdiri menjadi dua bagian. Di mana satu sisi yang semakin lebih sempit ialah pantai yang mempunyai gua dan sisi lainnya yang bertambah luas adalah spot wisata utama.

Jadi kawasan pantai yang berbentuk memanjang ini mempunyai bukit karang yang terletak di bagian tengahnya. Bukit karang ini jadi pembatas sehingga pantai seperti terlihat terbagi jadi dua.

Selain daerahnya yang terdiri menjadi dua sisi, pantai Watu Lawang mempunyai beberapa keunikan lainnya. Apa kelebihan tujuan rekreasi itu?

1. Area Pantai Luas

Area Pantai Luas
Area Pantai Luas (sumber: Google Maps: Boyok Darsono)

Salah satunya kelebihan pantai Watu Lawang ialah dari daerahnya yang luas. Kawasan pantai yang berbentuk lanscape akan memanjakan wisatawan dengan daya tariknya yang menarik mata.

Daerah pantai yang luas akan membuat pengunjung merasa bebas dan nyaman. Kita bisa mengeksplorasi keelokan spot rekreasi ini dari sudut ke sudut dan menelusuri tiap jengkal keindahannnya.

2. Terowongan Watu Lawang

Asal mula nama Watu Lawang yang dipasangkan pada tempat rekreasi ini ialah nama yang dari bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa, Watu berati batu dan Lawang ialah pintu.

Terowongan Watu Lawang
Terowongan Watu Lawang (sumber: Google Maps: mega saputra)

Nama itu benar-benar pas memvisualisasikan lokasi pantai yang dikelilingi oleh batu-batuan besar di seluruh kawasannya.

Saat kita masuk ke arah situs rekreasi, kita harus melalui lorong panjang yang dibuat dari batu. Terowongan batu alami berikut yang berperan jadi pintu dan jadi akses masuk ke pantai Watu Lawang.

3. Pantai yang Sepi dan Tenang

Bila sobat wisata mendambakan situasi berlibur yang tenang dan tidak bising maka destinasi ini ialah referensi yang tepat.

Pantai Watu Lawang masih lumayan sepi pengunjung. Pemicunya yakni karena lokasinya yang tersembunyi dan susah di akses.

Pantai yang Sepi dan Tenang
Pantai yang Sepi dan Tenang (sumber: Google Maps: Toxic Lady)

Untuk sampai ke lokasi pantai ini kita harus jalan kaki melalui terowongan batu. Lokasi pantai cukup susah diiakses menggunakan kendaraan besar, kecuali mobil dan motor.

Karena akses jalan yang tidak gampang inilah pantai jadi lebih sepi dan tidak banyak pengunjung. Tetapi untuk kamu yang menyenangi situasi berlibur yang semakin lebih private, karena itu destinasi ini benar-benar pas untuk dijadikan tempat berekreasi.

4. Panorama Karang yang Eksotis

Pantai Watu Lawang kerap dikatakan sebagai rekreasi bahari yang tersembunyi. Pasalnya letak pantai itu sedikit tersembunyi dan dikitari oleh karang dan bukit karst yang menjulang gagah.

Panorama Karang yang Eksotis
Panorama Karang yang Eksotis (sumber: Google Maps: Sudarmawan Wawan)

Pantai ini mempunyai bukit tebing yang berada di sisi tengah dan membagikan lokasi pantai jadi dua. Pemandangan unik dan tidak biasa ini tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Pada sekitaran area pantai kita akan menyaksikan pemandangan hijau dari hutan pandan yang berada di seberang. Pemandangan hijau ini membuat destinasi kelihatan asri dan jauh dari kesan gersang.

5. Berada di Antara Dua Pantai

Pantai Watu Lawang mempunyai lokasi vital karena ada dekat sama beberapa destinasi lainnya. Pantai ini lokasinya ada di tengah di antara pantai Indrayanti dan pantai Pok Tunggal.

Berada di Antara Dua Pantai
Berada di Antara Dua Pantai (sumber: Google Maps: CARIK SPORTS)

Bahkan juga untuk mencapai lokasi rekreasi pantai itu, pengunjung juga harus lewat lokasi pantai tetangga.

Tetapi hal itu malah dipandang memberikan keuntungan karena pengunjung dapat mengeksplorasi beberapa objek wisata sekalian dalam satu waktu.

6. Erat dengan Budaya dan Kearifan Lokal

Pantai Watu Lawang kerap dipakai sebagai fasilitas untuk lakukan beragam upacara tradisi dan ritual.

Erat dengan Budaya dan Kearifan Lokal
Erat dengan Budaya dan Kearifan Lokal (sumber: Google Maps: Pandu Prabowo)

Di bulan Sya’ban lokasi pantai kerap digunakan oleh warga di tempat untuk melakukan upacara Nyadran.

Upacara Nyadran itu dilaksanakan pada area goa yang ada di lokasi pantai itu. Goa ini kabarnya adalah lokasi napak tilas dari Prabu Brawijaya VI.

7. Pantai dengan Gardu Pandang

Salah satunya spot favorite yang diminati oleh wisatawan di tempat rekreasi ini ialah gardu pandang. Gardu pandang tempatnya di atas tebing karang.

Saat naik ke atas tebing ini, wisatawan bisa istirahat di gardu pandang sambil nikmati pemandangan pantai di atas ketinggian.

Pantai dengan Gardu Pandang
Pantai dengan Gardu Pandang (sumber: Google Maps: Fatika Ayu)

Gardu pandang ini jadi spot favorite bagi wisatawan untuk ambil foto selfie. Berpose dengan background pemandangan pantai dan hutan pandan yang asri akan hasilkan gambar yang instagramable dan elok.

Aktivitas Menarik di Pantai Watu Lawang

Berkunjung pantai Watu Lawang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beri kesegaran pemikiran dan berelaksasi.

Kita dapat lakukan beragam aktivitas menarik pada tempat ini. Apa yang dapat dilaksanakan di pantai tersebut?

1. Berenang

Walaupun berada di pesisir selatan yang populer dengan ombak besar. Tetapi pantai Watu Lawang masih tetap aman dipakai untuk berenang.

Berenang

Pantai ini mempunyai pesisir yang landai hingga cukuplah aman dipakai untuk mandi, berenang atau sekadar bermain dengan ombak.

Selain berenang di pesisir pantai, pengunjung dapat rasakan kesan mandi di cekungan karang yang ada di tempat itu.

Cekungan karang ini tidak begitu besar seperti kolam. Pengunjung dapat memakainya untuk merendam dan mandi.

Saat mandi dan merendam di sini, kita dapat menyaksikan ada ikan-ikan kecil yang terjebak di dalamnya. Jadi kamu dapat rasakan serunya berenang bersama ikan-ikan kecil yang lucu itu.

2. Bermain Pasir

Seperti beberapa pantai yang berada di teritori Gunung Kidul, pantai Watu Lawang mempunyai tipikal pasir warna putih yang cantik.

Tempat pesisir pantai ini biasa dipakai oleh pelancong untuk istirahat sekalian santai nikmati pemandangan pantai.

Bermain Pasir

Banyak pelancong yang memutuskan untuk berjemur di tepi pantai dan nikmati hangatnya cahaya matahari. Tetapi ada yang sekadar sekedar duduk atau terlibat perbincangan bersama pengunjung lain.

Situasi pantai yang tenang dan cukup private akan jadikan situasi berlibur lebih nyaman. Disamping itu, kita jug dapat nikmati waktu lebih berkualitas.

Posisi pantai yang terselinap dan susah di akses membuat cuma beberapa orang tertentu yang berminat untuk pelesiran ke sini.

Tetapi itu malah menjadi satu diantara keuntungan untuk mereka yang menyenangi ketenangan dan situasi yang tidak begitu ramai.

3. Hunting Foto

Nyaris tiap spot di kawasan pantai dapat dijadikan tempat untuk hasilkan foto yang keren. Bukan hanya berselfie di pinggir pantai, pengunjung bisa juga ambil beberapa angel lain.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Google Maps: Sara Saraa)

Misalkan berswafoto dengan layar belakang batu karang, bukit karst, hutan pandang, atau gardu pandang yang berada di atas bukit.

Kita tinggal cari sudut yang pas untuk ambil gambar, cari penerangan yang bagus, dan foto yang elok juga dapat dibuat.

4. Camping

Lokasi pantai Watu Lawang bisa juga dipakai untuk camping. Bermalam di tempat pantai jadi kegiatan hebat yang kerap dipilih oleh wisatawan.

Tetapi karena kurangnya fasilitas dan peralatan yang ada, maka pengunjung yang ingin berkemah berharap bawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Camping

Pada tempat sekitaran pantai tidak ada persewaan tenda. Jadi kamu harus menyiapkan sendiri semua perlengkapan kemping komplet dengan beberapa barang yang kemungkinan diperlukan nantinya.

5. Nikmati Sunset dan Sunrise

Sunset dan sunrise jadi peristiwa yang paling dinanti-nantikan saat liburan di pantai. Watu Lawang digadang-gadang sebagai salah satunya spot terbaik untuk nikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit.

Nikmati Sunset dan Sunrise
Nikmati Sunset dan Sunrise (sumber: Google Maps: yusuf Eko)

Kamu bisa nikmati pemandangan elok itu pada tempat ini bersama dengan orang-orang terdekat. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan momen itu melalui bidikan kamera.

6. Menyaksikan Upacara Adat

Pantai Watu Lawang kerap digunakan untuk lakukan beragam upacara adat dan ritual. Bukan hanya pada bulan Sya’ban saja, beberapa ritus tradisi kerap dilaksanakan pada beberapa hari lain.

Menyaksikan Upacara Adat

Upacara adat yang dilakukan di pinggir pantai kenyataannya mengundang ketertarikan tinggi dari para pengunjung.

Bahkan juga beberapa ada yang menyengaja tiba pada saat-saat khusus cuma untuk nikmati antiknya ritus dan upacara tradisi yang berjalan pada tempat itu.

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Walaupun lokasinya tersembunyi dan lumayan jauh dari keramaian, tetapi di pantai Watu Lawang tetap sediakan beragam sarana. Beberapa sarana yang ada pada tujuan itu diantaranya:

1. Area Parkir

Untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan, disekitaran situs rekreasi ada tempat yang dapat dipakai untuk memarkirkan kendaraan.

Tempat parkir ini dapat digunakan pengunjung untuk meletakkan kendaraan mereka dengan aman.

2. Kamar Mandi

Pada area sekitaran tempat rekreasi, kita dapat menemui beberapa kamar mandi yang dibuat oleh pihak pengurus pantai.

Kamar mandi ini dibikin untuk memberikan fasilitas wisatawan yang ingin ganti baju atau mandi setelah berenang.

3. Gazebo

Pada sepanjang pesisir pantai, kita bisa juga merasakan bangunan gazebo simpel yang ditata berjejer dan rapi. Gazebo-gazebo itu mempunyai penampilan yang simpel tetapi cukup artistik.

Gazebo
Gazebo (sumber: Google Maps: agus priyanto)

Pada gazebo itu wisatawan biasa sekedar duduk dan santai sambil nikmati cantiknya pantai.

Gazebo kerap dipakai untuk tempat berlindung saat matahari sedang berkilau terik.

4. Gardu Pandang

Gardu pandang ialah bangunan yang berada di bukit. Gardu Pandang ini biasa digunakan untik istirahat oleh pengunjung yang menaiki ke puncak bukit.

Untuk sampai ke atas bukit, pengunjung harus lewat jalan setapak yang cukup terjal.

Tetapi semua kecapekan itu akan terbayarkan habis saat telah tiba pada bagian puncak.

Pengunjung dapat istirahat di gardu pandang sekalian nikmati pemandangan pantai di atas ketinggian. Gardu pandang ini adalah spot favorit untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.

6. Kedai dan Warung Makan

Untuk masalah isi perut, pengunjung pun tidak perlu cemas. Kita dapat mendapati beberapa warung makan dan warung simpel yang menyuguhkan bermacam menu minuman dan makanan.

Makanan ringan, bermacam minuman, dan makanan dapat kamu temui di kedai-kedai dan warung makan simpel itu.

Kedai dan Warung Makan

Walaupun bukan restoran eksklusif, tetapi beberapa menu yang dihidangkan cukup mengunggah hasrat dan lezat.

Menu yang biasanya dihidangkan di kedai-kedai ini ialah makanan ciri khas Jawa. Makanan ciri khas Yogyakarta dengan cita-rasa manis dan orisinal siap memanjakan lidah kamu.

7. Camping Ground

Pantai Watu Lawang mempunyai tempat yang bisa dipakai oleh wisatawan untuk berkemah. Tempat itu lokasinya tidak jauh jaraknya dari situs rekreasi utama.

Pada area berkemah ini wisatawan dapat membangun tenda dan menginap. Tetapi karena kurangnya sarana seharusnya kamu bawa peralatan dan perbekalan yang memadai saat ingin kemping pada tempat ini.

8. Penginapan

Belum puas mengeksploitasi keelokan pantai Watu Lawang, kamu dapat tinggal dan liburan selama beberapa hari. Selain menginap di dalam tenda, wisatawan bisa juga cari penginapan yang ada di area sekitar situs wisata.

Pada tempat sekitaran situas rekreasi kita dapat merasakan beberapa penginapan. Homestay atau pemondokan simpel sampai resor dan hotel dapat kamu temui disekitaran pantai.

Pemondokan-penginapan ini juga sediakan sarana dan biaya yang berbeda. Menjadi pengunjung dapat pilih yang terbaik sama sesuai dengan keperluan dan budget.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang adalah tujuan rekreasi yang berada di Gunung Kidul. Lokasi cocok destinasi itu yakni ada di dusun Tepus, kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini lokasinya cukup terasing dan jauh dari pusat perkotaan. Bila kamu tiba dari Yogyakarta, karena itu diperlukan waktu sekitaran 1,5 jam agar dapat sampai ke situs rekreasi.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Lawang
Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Lawang (sumber: Google Maps: Aulia Chudlori)

Tetapi akses jalan yang perlu dilewati ke arah tempat ini tidak mudah. Lokasi destinasi memiliki jarak sekitaran 300 meter dari pantai Indrayanti dan akses jalannya masih tetap berbentuk batu-batuan jalan tanah dan kapur.

Akses jalan menuju pantai adalah setapak tanah, ukuran pun tidak terlampau luas hanya karena dapat untuk dilewati oleh satu mobil saja.

Disamping itu, jalanan yang licin menuntut kamu untuk extra siaga saat melaluinya.

Perjalanan ke Pantai Watu Lawang bisa dilakukan lewat beberapa rute. Jika kamu tiba dari pusat perkotaan Yogyakarta, karena itu jalur yang perlu dilewati yakni berawal dari Jl Imogiri Barat.

Saat telah berada di Jl Imogiri Barat, seterusnya kamu perlu melaju ke pantai Baron, pantai Kukup, Wonosari dan seterusnya cari jalur ke pantai Indrayanti.

Sesudah berada di lokasi pantai Indrayanti pengunjung memerlukan jarak sekitaran 300 meter untuk sampai ke lokasi pantai Watu Lawang.

Bila takut salah jalan, seharusnya kamu buka internet dan menggunakan peta untuk temukan lokasi pas dari tujuan rekreasi itu.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Selain menawarkan pemandangan yang cantik dan menarik mata, liburan ke pantai Watu Lawang pun tidak memerlukan bujet besar.

Agar dapat nikmati keelokan dari pantai berpasir putih itu, wisatawan akan dikenai beberapa ongkos, salah satunya yakni:

KeteranganHarga
Biaya Tiket Masuk Pantai Watu LawangRp. 10.000
Biaya Parkir MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000

Untuk kamu yang tertarik untuk mengunjung pantai ini, kamu perlu mengetahui bahwa pantai ini membuka selama 24 jam, jadi kamu, teman atau keluarga bisa mengunjunginya kapan pun.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang
Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang (sumber: Google Maps: Boyok Darsono)
HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Rekomendasi Penginapan Nyaman Sekitaran Pantai Watu Lawang

Jika kamu berencana mengunjungi pantai Watu Lawang yang indah, ada beberapa pilihan akomodasi yang nyaman dan dekat dengan pantai yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut daftar hotel yang telah ayowisata.co.id rangkum, yaitu:

1. Radika Paradise Villa & Cottage

Radika Paradise Villa & Cottage merupakan pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan akomodasi yang tenang dan nyaman di dekat “Pantai Watu Lawang”.

Radika Paradise Villa & Cottage
Radika Paradise Villa & Cottage (sumber: Google Maps: Edy Susilo)

Terletak hanya beberapa menit dari pantai, hotel ini menawarkan fasilitas lengkap untuk kenyamanan kamu.

Dengan suasana alami yang menenangkan, vila dan kottage yang dilengkapi dengan baik, serta pemandangan yang indah, Radika Paradise Villa & Cottage akan memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 432.000 per malam

2. Penginapan Putra Darma

Penginapan Putra Darma adalah pilihan ideal untuk wisatawan yang mencari akomodasi yang terjangkau di dekat “Pantai Watu Lawang”.

Dengan harga yang ramah di kantong, penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman.

Penginapan Putra Darma
Penginapan Putra Darma (sumber: Google Maps: Hotelbeds)

Kamu dapat menikmati suasana pantai yang santai dan menikmati keindahan alam sekitar. Meskipun sederhana, Penginapan Putra Darma menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 190.320 per malam

3. Villa Kopiori

Villa Kopiori adalah pilihan mewah bagi mereka yang mencari pengalaman menginap yang istimewa di dekat “Pantai Watu Lawang”.

Villa-villa pribadi yang mewah dan elegan menawarkan kenyamanan dan privasi yang optimal.

Dengan pemandangan yang menakjubkan dan fasilitas lengkap seperti kolam renang pribadi, taman yang indah, dan layanan berkualitas tinggi, villa Kopiori akan memenuhi ekspektasi para tamu yang mencari akomodasi yang istimewa.

Villa Kopiori
Villa Kopiori (sumber: Google Maps Villa Kopiori)

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 810.000 per malam

4. Sundak Beach House

Terletak hanya beberapa langkah dari “Pantai Watu Lawang”, Sundak Beach House menawarkan akomodasi yang nyaman dengan suasana santai pantai.

Penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan terawat dengan baik, serta staf yang ramah dan membantu.

Sundak Beach House
Sundak Beach House (sumber: Google Maps Sundak Beach House)

Kamu dapat menikmati kegiatan pantai seperti berjemur, berenang, atau berselancar di “Pantai Watu Lawang” yang terkenal.

Dengan lokasi yang strategis, Sundak Beach House adalah pilihan yang bagus bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai secara langsung.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 600.000 per malam

5. Casa Coco Resort

Casa Coco Resort adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati liburan di dekat “Pantai Watu Lawang”.

Dengan desain tradisional yang menawan, resort ini menawarkan villa-villa pribadi yang luas dan terletak di tengah-tengah kebun yang indah.

Casa Coco Resort
Casa Coco Resort (sumber: Google Maps: Hernawan pribadi)

Dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, dan spa, Casa Coco Resort menyediakan pengalaman mewah dan nyaman bagi para tamu.

Dengan lokasi yang dekat dengan pantai, kamu dapat dengan mudah menjelajahi keindahan “Pantai Watu Lawang” dan sekitarnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 351.263 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Watu Lawang yang Diskon Hingga 64%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like