Mengenal Pantai Watu Leter di Malang: Lokasi Pelestarian Penyu yang Tersembunyi

Kota Malang selama ini lebih identik dengan hasil pertaniannya. Namun, tahukah kamu jika kota ini ternyata mempunyai pantai yang mempesona? Salah satunya adalah pantai bernama Pantai Watu Leter yang letaknya cukup jauh dari pusat kota.

Meskipun jauh dari pusat kota, pantai ini ternyata mempunyai daya tarik tersendiri. Berikut sejumlah informasi lengkapnya!

Lokasi Pantai Watu Leter

Lokasi Pantai Watu Leter
(sumber gambar: GoogleMaps_Steven Sebastian)

Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan tepatnya pinggir Samudra Hindia. Namun, secara administratif pantai yang dimaksud berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Letaknya persis di sebelah Pantai Rowo Indah atau yang lebih populer dikenal nama Pantai Goa China. Oleh sebab itu, jika ingin berkunjung ke pantai ini kamu harus melewati objek wisata tersebut terlebih dahulu.

Letaknya yang lumayan terpencil membuat tempat ini jarang diketahui orang sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung. Namun, jika kamu termasuk orang yang suka suasana pantai alami dan tidak begitu ramai maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Jika kamu tertarik untuk datang kesana sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sendiri. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju lokasi cukup terjal dan sulit. Terlebih lokasinya terpencil sehingga sulit dilalui oleh kendaraan umum.

Rute Perjalanan Pantai Watu Leter

Rute Perjalanan Pantai Watu Leter

Jarak antara pantai ini dengan pusat Kota Malang terbilang sangat jauh yaitu sekitar 60 Km. Jarak tersebut bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dengan waktu tempuh selama itu maka tidak heran jika objek wisata ini kurang populer.

Untungnya, sebagian akses jalan menuju pantai ini cukup baik karena sudah diaspal. Dari Kota Malang kamu harus mengambil arah ke selatan menuju Kecamatan Sumberwringin Wetan dan dilanjutkan mengikuti papan penunjuk jalan ke arah pantai Sendang Biru.

Karena lokasi Pantai Watu Leter bersebelahan dengan objek wisata Pantai Goa Cina maka mau tidak mau kamu harus melewati tempat tersebut terlebih dahulu. Selama perjalanan kamu dijamin tidak bosan karena pemandangan di sekitarnya sangat indah.

Terdapat pemandangan berupa pegunungan dan jalanan yang berkelok-kelok. Meski begitu, pemandangan sawah yang terbentang memisahkan antara jalan dan perbukitan sungguh menyegarkan mata.

Akses menuju Pantai Watu Leter memang tidak mudah, jalannya cukup sempit sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Wisatawan harus melalui hutan bakau dan jalanan berbatu terlebih dahulu untuk sampai ke pantai terpencil ini.

Sayangnya, perjalanan itu belum berakhir karena kamu masih harus menuruni gundukan tanah setinggi 1,5 m. Setelah itu, kamu harus lanjut berjalan kaki menuju pantai.

Jika ingin jalur yang lebih baik, dari Pantai Goa Cina kamu cukup berjalan kaki di jalan setapak ke arah barat sejauh 100 m. Waktu tempuhnya cukup lama yaitu sekitar 25 menit. Setelah itu barulah kamu sampai di Pantai Watu Leter.

Karena rutenya yang sulit maka sebaiknya gunakan kendaraan roda dua jika berkunjung kesana agar lebih mudah melalui jalanan yang berliku. Jika ingin datang beramai-ramai sebaiknya gunakan sepeda motor bersama-sama.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Watu Leter:

Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176

Harga Tiket Pantai Watu Leter

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 10.000Rp 15.000Rp 20.000

Walau termasuk objek wisata yang kurang populer namun harga tiket masuk Pantai Watu Leter dan biaya parkir di tempat ini dapat dikatakan mahal. Untuk tiket masuk kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribuan per orang baik orang dewasa maupun anak-anak.

Sedangkan untuk parkir akan dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribuan untuk sepeda motor dan Rp 20 ribuan untuk mobil. Harga yang mahal untuk ukuran wisata pantai. Namun, mengingat lokasinya yang terpencil biasanya harga tersebut masih masuk akal.

Namun, perlu diingat jika harga yang ditulis di atas bisa berbeda sewaktu-waktu sehingga jika kamu ingin berkunjung ke sana sebaiknya siapkan biaya lebih untuk mengantisipasi peningkatan biaya tiket masuk dan parkir kendaraan.

Jam Operasional Pantai Watu Leter

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Seperti kebanyakan objek wisata pantai lainnya, tempat ini selalu buka setiap hari selama 24 jam penuh. Oleh karena itu, kamu bisa datang kapan saja sesuka hati entah itu di hari kerja, akhir pekan, atau libur nasional.

Meski pantai ini relatif sepi wisatawan, namun pada akhir pekan atau libur nasional tempat ini cukup ramai oleh wisatawan lokal. Jika ingin berkunjung sebaiknya datang pada pagi hari saat matahari tidak bersinar terik.

Hindari datang saat menjelang malam karena akses menuju kesana akan lebih berbahaya. Kamu akan kesulitan pulang saat hari sudah gelap kecuali jika kamu berencana untuk menginap.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai adalah saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan saat itu cuaca cenderung selalu cerah sehingga tidak mengganggu aktivitas liburan kamu. Sebaliknya, hindari datang ke pantai saat musim hujan.

Selain rawan mendung dan mengganggu pemandangan, di musim hujan rawan cuaca buruk seperti hujan, badai, petir dan sejenisnya. Hal ini tentu cukup berbahaya sehingga tidak disarankan untuk berkunjung saat suasana seperti ini.

Fasilitas di Pantai Watu Leter

Fasilitas di Pantai Watu Leter
(sumber gambar: GoogleMaps_Yusdi Bachtiar)

Walau termasuk objek wisata kurang terkenal dan cukup terpencil namun sarana dan prasarana pendukung wisata di tempat ini sudah lumayan baik. Kamu bisa menemukan area parkir, mushola, toilet, dan warung makan di sekitar pantai.

Sayangnya, keberadaan fasilitas tersebut terutama kamar mandi belum begitu banyak sehingga mungkin ada antrian saat ingin menggunakannya. Jumlahnya terbatas sehingga kamu mungkin akan kurang nyaman saat berkunjung ke sana.

Karena sepi pengunjung maka tidak banyak penjual makanan di sana. Kalaupun ada menu yang disajikan sangat terbatas.

Aktivitas Seru di Pantai Watu Leter

Sama seperti objek wisata pantai lainnya, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pantai ini. Apa saja aktivitas yang direkomendasikan di sini? Berikut adalah daftarnya, antara lain:

Aktivitas Seru di Pantai Watu Leter
(sumber gambar: GoogleMaps_Andri Kurniawan)

1. Menikmati Pemandangan

Suasana di tempat ini terkenal masih sangat asri dan bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan sehingga nyaman dipandang mata. Tidak hanya menyajikan pemandangan laut lepas, saat memasuki area pantai kamu akan disambut oleh pemandangan ratusan pohon cemara.

Keberadaan pohon cemara tersebut tidak hanya menyegarkan mata namun berfungsi untuk menangkal sinar matahari. Dengan angin sepoi-sepoi serta daratan berpasir yang terhampar luas dijamin membuat kamu semakin betah berada di sana.

Berbeda dengan sebagian besar pantai yang memiliki pasir putih berisi. Pasir di Pantai Watu Leter berwarna putih kecoklatan dan terasa cukup halus saat digenggam. Oleh karena itu, kamu bisa berjalan-jalan di atas pasir tanpa perlu menggunakan alas kaki.

2. Camping

Jika suka bermalam di alam terbuka maka kamu bisa mencoba camping di pantai ini. Meski terdapat penginapan yang tersebar di sekitar pantai namun tidak bisa menggantikan keseruan menikmati suasana pantai secara langsung dari balik tenda.

Dengan mendirikan tenda kamu berkesempatan untuk melihat momen matahari terbit (sunrise) atau matahari terbenam (sunset) yang terkenal indah dan romantis. Jika ingin lebih seru, kamu sebaiknya datang beramai-ramai membawa teman-teman.

Meski lokasinya terpencil tetapi terdapat banyak spot camping di pantai ini. Selain mendirikan tenda di tepi pantai, kamu bisa berkemah di antara rimbunan hutan pinus yang ada di sekitar pantai.

Camping
(sumber gambar: GoogleMaps_Ma’ruf Assidiq)

3. Melepaskan Penyu

Karena lokasinya yang terpencil membuat lingkungan sekitar pantai masih asri, bersih, dan belum tercemar limbah. Tempat ini juga jarang dijamah manusia sehingga membuatnya menjadi lokasi yang sempurna untuk perkembangbiakan penyu.

Terdapat pusat penangkaran penyu di sekitar pantai ini sehingga bagi kamu yang tertarik bisa berkunjung dan belajar tentang bagaimana melestarikan penyu di sana.

Jika beruntung, kamu bisa melihat proses pelepasan bayi-bayi penyu atau Tukik ke laut lepas. Pantai Watu Leter memang sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi eduwisata mengingat keberadaan penyu sudah semakin terancam.

4. Mengunjungi Hutan Bakau

Selain memiliki pantai dan hutan pinus yang asri, Pantai Watu Leter juga memiliki hutan bakau yang lebat lengkap dengan air payau yang mengelilinginya. Hal ini membuat pemandangan di sekelilingnya terlihat unik dan menarik.

Tidak hanya pemandangan, keberadaan hutan bakau sebenarnya memegang peranan penting pada ekosistem pantai. Selain berguna menghalangi abrasi, pohon bakau menjadi rumah untuk berbagai biota laut dan hewan-hewan darat lainnya.

Tidak hanya ikan, kepiting, dan hewan air lainnya, hewan-hewan seperti burung, tupai, monyet dan sebagainya kerapkali ditemukan hidup dan mencari makan di pohon bakau. Bahkan jika beruntung kamu bisa menemukan burung langka nan eksotik di hutan bakau tersebut.

Keberadaan air payau di sini tidak lepas dari keberadaan Sungai Sitiarjo yang bermuara ke Pantai Watu Leter. Jika berminat, kamu bisa mengeksplorasi hutan ini menggunakan perahu.

Mengunjungi Hutan Bakau
(sumber gambar: GoogleMaps_lanny luo)

5. Berenang

Aktivitas ini seolah menjadi hal yang wajib jika berkunjung ke pantai. Terlebih Pantai Watu Leter ini memiliki karakteristik ombak yang tidak terlalu besar. Semua berkat kerajaan gugusan batu karang besar di sekitar pantai yang berperan sebagai pemecah ombak.

Dengan kondisi perairan yang jernih dan tenang ini maka kamu bisa berenang dengan bebas tanpa khawatir tersapu ombak. Namun, jika ingin berenang pastikan kondisi air laut dalam kondisi surut.

Air laut surut biasanya terjadi di pagi dan sore hari. Hal ini disarankan mengingat kondisi alam bisa berubah sewaktu-waktu sehingga sebaiknya kamu meminimalisir resiko terbawa ombak saat air pasang.

6. Snorkeling

Airnya yang jernih membuatnya menjadi tempat sempurna untuk snorkeling melihat bermacam biota laut. Selain ikan-ikan yang cantik, di Pantai Watu Leter kamu bisa menemukan berbagai terumbu karang warna-warni yang sangat menarik.

Tetapi, kamu tetap harus waspada terhadap kehadiran biota laut yang bisa menyengat atau beracun. Lokasinya yang asli dan belum tercemar memungkinkan binatang laut beracun untuk hidup dan berkembang biak disana.

Sayangnya, kamu harus membawa perlengkapan snorkeling sendiri jika berkunjung ke pantai ini. Belum ada tempat penyewaan alat-alat snorkeling di sekitar pantai sehingga mau-tidak mau kamu harus menyiapkannya sendiri.

Snorkeling

7. Piknik

Suasana Pantai Watu Leter yang indah namun sepi membuatnya menjadi lokasi piknik yang cocok untuk beramai-ramai. Apalagi pasir di pantai ini terkenal bersih dan halus sehingga nyaman untuk diduduki.

Jika tidak suka berenang atau bermain air kamu cukup duduk santai menikmati suasana dan pemandangan sekitar pantai sambil memakan hidangan yang tersedia.

8. Memotret

Keindahan Pantai Watu Leter memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika berkunjung ke sana ada baiknya jika kamu membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan dan momen bersama orang-orang tercinta.

Terutama saat momen-momen tertentu seperti matahari terbit dan matahari terbenam. Bahkan, jika berkemah di sini kamu bisa melihat indahnya langit bertabur bintang karena langit di sana belum banyak terkena polusi cahaya.

Memotret

9. Bermain di Pantai

Karena jarang dikunjungi wisatawan maka kamu bisa lebih leluasa untuk bermain di sekitar Pantai Watu Leter. Kamu bisa melakukan berbagai hal mulai dari membuat istana pasir sampai berolahraga di tempat tersebut.

Karena medannya berpasir maka olahraga yang mungkin dilakukan adalah voli pantai atau sepak bola pantai. Namun, jika kamu berencana untuk berolahraga di sana sebaiknya membawa peralatan sendiri.

Penginapan di Pantai Watu Leter

Mengingat lokasinya yang terpencil dan akses menuju Pantai Watu Leter itu cukup sulit, maka tidak banyak penginapan yang tersedia. Kebanyakan penginapan berada jauh dari Pantai Watu Leter sehingga kamu masih harus naik kendaraan lagi menuju kesana.

Namun, jika kamu mencari penginapan yang lokasinya paling dekat dengan objek wisata ini berikut adalah beberapa hotel yang direkomendasikan:

1. SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa II

SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa Ii
(sumber gambar: Agoda)

Tempat penginapan ini berlokasi strategis di Malang Pusat, bagian yang sangat menarik di Kota Malang. kamu akan merasa dekat dengan berbagai atraksi dan pilihan restoran yang menggugah selera. Sebelum kembali ke tempat penginapan, pastikan untuk mampir ke Malang City Square yang terkenal.

Fasilitas yang disediakan termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan kamar, dan kebersihan harian. Kebersihan dan disinfeksi dilakukan setiap hari, serta jarak fisik minimal 1 meter dijaga.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 39.142 per malam

2. SPOT ON 92374 Penginapan Rusunawa

SPOT ON 92374 Penginapan Rusunawa
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan ini juga terletak secara strategis di Srigonco, Malang, yang merupakan bagian dari kota ini. Lokasinya dekat dengan berbagai atraksi dan pilihan restoran yang menarik.

Sebelum kembali ke penginapan, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Malang City Square yang terkenal. Fasilitas yang ditawarkan meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, penitipan barang, layanan kamar, area merokok, dan layanan kebersihan harian.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 46.939 per malam

3. Penginapan Dhilpratis

Penginapan Dhilpratis
(sumber gambar: Agoda)

Jika kamu mencari penginapan yang menyediakan kualitas pelayanan prima dengan harga yang ramah di kantong, maka Homestay Dhilpratis di Pantai Balekambang adalah pilihan yang tepat. Meskipun terjangkau, akomodasi ini menawarkan fasilitas yang memadai dan pelayanan berkualitas.

Jam check-in antara pukul 14:00 – 21:00, sementara check-out dapat dilakukan antara pukul 07:00 – 12:00. Fasilitas populer termasuk parkir, dan beberapa fasilitas lain mungkin memerlukan biaya tambahan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 267.551 per malam

4. D’Corner Homestay

D'Corner Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan ini terletak di Lumajang, bagian dari Lumajang yang menawarkan lokasi strategis dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Sebagai bonus, penginapan ini juga menyediakan layanan pijat untuk memenuhi kebutuhan relaksasi kamu.

Fasilitas yang ditawarkan termasuk shuttle bandara, izin hewan peliharaan, tempat parkir mobil, layanan shuttle, WiFi gratis di semua kamar, check-in 24 jam, tur, dan WiFi di tempat umum.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 175.000 per malam

BOOKING HOTEL Dekat Pantai Watu Leter Malang DISKON HINGGA 75%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai Watu Leter

Beberapa hidangan khas Malang yang mungkin dapat kamu cicipi di sekitar Pantai Watu Leter antara lain:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai Watu Leter

    • Cwie Mie Malang: Mie khas Malang yang sering disajikan dengan kuah kaldu sapi, daging sapi, pangsit, dan jamur.
    • Bakso Malang: Bakso Malang terkenal dengan bakso yang kenyal dan kuah kaldu yang lezat. Biasanya disajikan dengan tambahan mie, tahu, dan pangsit.
    • Bakso Bakar Malang: Bakso bakar adalah hidangan unik yang berasal dari Malang. Bakso (bola daging) dibakar dan kemudian disajikan dengan saus kacang dan kecap. Tekstur bakar memberikan sensasi yang berbeda dari bakso biasa.
    • Rawon Setan: Rawon adalah sup daging hitam khas Jawa Timur. Di Malang, terdapat varian rawon yang terkenal dengan sebutan “Rawon Setan.” Rasanya kaya rempah dengan tambahan sambal yang membuatnya pedas dan nikmat.
    • Sate Klopo Ondomohen: Sate klopo ondomohen adalah sate ayam yang disajikan dengan kelapa parut yang dipanggang. Rasa gurih kelapa parut memberikan sentuhan istimewa pada sate ini.
    • Rujak Cingur: Rujak cingur adalah campuran buah-buahan segar, sayuran, dan potongan cingur (hidung sapi). Disajikan dengan saus petis khas Jawa Timur, rujak cingur memiliki kombinasi rasa yang unik.
    • Bebek Sinjay: Bebek Sinjay adalah hidangan bebek goreng khas Malang yang disajikan dengan sambal petis khas daerah ini. Bebeknya biasanya digoreng kering dan gurih.
    • Pecel Pincuk: Pecel pincuk adalah hidangan sayur pecel khas Malang yang disajikan dengan cara unik, yaitu menggunakan daun pisang sebagai piringnya. Disertai dengan sambal kacang yang kaya rempah, pecel pincuk memberikan sensasi rasa yang lezat.
    • Bakpao Telur Asin: Bakpao ini memiliki isian telur asin yang gurih. Kombinasi antara adonan bakpao yang lembut dan telur asin memberikan rasa yang sangat spesial.
    • Serabi Notosuman: Serabi Notosuman adalah varian serabi khas Malang yang terkenal. Serabi ini memiliki tekstur lembut dengan beragam pilihan topping, seperti kinca (kelapa parut dengan gula merah) atau kismis.

Tips Berkunjung ke Pantai Watu Leter

Mengingat akses ke lokasi cukup buruk dan menantang maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengunjungi Pantai Watu Leter. Apa sajakah itu? Berikut adalah daftarnya, yaitu:

Tips Berkunjung ke Pantai Watu Leter

    • Membawa peralatan seperti sunblock, kacamata, topi, peralatan mandi, pakaian dan sepatu ganti sendiri.
    • Membawa perbekalan makanan sendiri jika ingin berhemat atau punya alergi pada makanan tertentu.
    • Menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
    • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke laut.
    • Membawa uang tunai dengan jumlah lebih untuk mengantisipasi biaya-biaya tambahan karena disana tidak ada ATM.

Kesimpulan

Harus diakui meski Pantai Watu Leter ini cukup terpencil namun memiliki potensi yang menjanjikan terutama dari segi eduwisata pelestarian penyu. Semoga ke depan pemerintah daerah memberikan perhatian khusus agar wisata di tempat ini bisa berkembang dengan lebih baik.

You might also like