Pantai Widara Payung di Cilacap: Surga Tersembunyi yang Harus Dikunjungi

Berencana untuk berkunjung ke Cilacap Jawa Tengah? Pantai Widara Payung harus menjadi daftar kunjunganmu untuk berwisata. Ya, kita tahu bahwa pantai adalah salah satu tempat wisata favorit sebagian besar orang di penjuru dunia.

Di mana kita bisa menikmati syahdunya suasana, angin sepoi-sepoi, suara deburan ombak yang menenangkan dan berbagai aktivitas air yang selalu asik dan merelaksasi tubuh dari semua kepenatan.

Bagi orang Indonesia, menikmati wisata pantai bukanlah sebuah impian yang sulit untuk diwujudkan. Sebagai Negara Maritim, negeri ini mempunyai banyak pantai dan hampir semuanya mempunyai kecantikan dan keunikan masing-masing. Termasuk jika kamu sedang berlibur atau sekedar berkunjung ke Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Cilacap memiliki pantai cantik bernama Pantai Widara Payung yang tidak kalah menarik bagi para wisatawan untuk menikmati segala aktivitas menyenangkan di dalamnya.

Tidak seperti berbagai pantai terkenal lainnya, pantai ini belum begitu dikenal ke penjuru Indonesia tapi cukup terkenal dan menjadi andalan sebagai tempat healing terdekat di seputaran Jawa Tengah.

Keunggulan dari pantai ini adalah suasananya yang sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Widara Payung dikenal sebagai pantai yang memberi kesan tenang, sehingga benar-benar cocok untuk kamu yang ingin sejenak terlepas dari hingar-bingar kota dan tumpukan pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya.

Agar liburan kamu menjadi lebih bisa dinikmati dan membuat kamu segar kembali, berikut beberapa informasi yang patut kamu baca sebelum pergi ke Kabupaten Cilacap Jawa Tengah untuk mengunjungi Pantai Widara Payung.

Harga Tiket Masuk Pantai Widara Payung

Harga Tiket Masuk Pantai Widara Payung

Sebelum berkunjung ke sebuah tempat wisata, pada umumnya orang-orang akan terlebih dahulu mencari informasi mengenai harga tiket masuk tempat wisata dan berbagai biaya lainnya untuk memastikan budget wisata.

Untuk mengunjungi Pantai Widara Payung, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan banyak uang karena tiket masuknya yang tergolong sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000,- saja untuk satu orang pengunjung.

Dengan harga tiket yang terjangkau, wisata ke pantai ini bisa jadi sangat cocok untuk kamu bersama teman-teman atau keluarga besar berlibur. Tidak hanya murah, area pantai yang luas juga sangat cocok untuk berkumpul dan bercengkrama bersama rombongan.

Selain harga tiket, kamu tentunya juga harus menyediakan anggaran untuk biaya parkir kendaraan. Biaya parkir di area pantai ini tidak kalah murahnya dengan harga tiket masuk:

– Parkir Motor: Rp 3.000,-
– Parkir Mobil Rp 5.000,-

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000

Tarif parkir tersebut mungkin bisa lebih mahal saat hari-hari khusus tertentu di mana manajemen parkir perlu dilakukan lebih baik. Selain itu, jenis mobil yang besar atau bus, yang umumnya memuat rombongan diberikan tarif khusus oleh pengelola parkir.

Pantai Widara Payung selalu terbuka untuk umum setiap hari dan 24 jam. Jadi, pantai ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, bahkan hingga larut malam.

Lokasi Pantai Widara Payung dan Bagaimana Menuju Kesana

Lokasi Pantai Widara Payung dan Bagaimana Menuju Kesana
(sumber gambar: GoogleMaps_luckman azis)

Pantai Widara Payung terletak di desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Meskipun Cilacap bukan kota yang terkenal sebagai tujuan wisata, kota ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota, terutama saat hari-hari besar dan liburan.

Dari kota Cilacap, kamu akan butuh waktu kurang lebih 45 menit berkendara menuju Pantai Widara Payung yang berjarak sekitar 32 km dari pusat kota. Perjalanan pun umumnya selalu lancar karena akses jalan yang sudah sangat baik dan bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua maupun empat, hingga kendaraan besar seperti bus dan minibus.

Dari Kota Cilacap, kamu bisa mengambil jalur Jalan Raya Slarang, kemudian diteruskan ke Jalan A. Yani Adipala, kemudian ke Jalan Srindil, ke Jalan Diponegoro, dan terakhir masuk ke Jalan Widara Payung.

Untuk kamu yang datang dari kota Purwokerto, rute yang kamu tempuh bisa berjarak sekitar 40 km selama kurang lebih satu jam lamanya. Dari kota Purwokerto, kamu bisa mengambil jalur melewati Sokaraja, ke Jalan Raya Buntu-Banyumas, teruskan ke Jalan Kroya-Binangun dan kamu akan masuk ke Jalan Pantai Widara Payung.

Selalu ikuti petunjuk arah menuju rute-rute itu dengan baik. Apabila kamu merasa ragu, kamu juga bisa menemukan arahan yang cukup jelas dengan menggunakan Google Maps.

Rute Lengkap Menuju Pantai Widara Payung di Cilacap: 

Alamat: Sawah,Ladang, Sidayu, Kec. Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Pantai Widara Payung

Ada berbagai fasilitas yang akan membuat liburanmu di Pantai Widara Payung lebih menyenangkan. Kamu tidak perlu repot keluar area pantai untuk sekedar mencari kebutuhan yang biasa kamu inginkan selama di pantai.

Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Pantai Widara Payung
(sumber gambar: GoogleMaps_Charly Wahyu Pamuji)
    • Toilet dan Kamar Mandi: Jadi ketika kamu ingin buang hajat atau membersihkan diri setelah bermain di pantai, kamu bisa mengakses fasilitas ini dengan mudah. Tentunya ada retribusi yang harus kamu bayar guna ikut menjaga kebersihan kamar mandi.
    • Warung Makanan dan Minuman: Wisata tanpa kudapan rasanya selalu kurang lengkap. Jika makanan kecilmu kurang, kamu bisa membeli tambahan di warung terdekat sekitar pantai.
    • Mushola: Meski asik berwisata sudah pasti tidak boleh lupa melaksanakan ibadah. Tersedia mushola di Pantai Widara Payung untuk umat muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat.
    • Berbagai Wahana Permainan: Tidak hanya pasir pantai dan deburan ombak yang bisa dinikmati, kamu juga bisa puas bermain dengan menjajal berbagai wahana yang disediakan oleh pengelola pantai. Pilih wahana yang menurut kamu paling seru dan menjadi cerita indah sepulang liburan di pantai ini.
    • Gazebo: Fasilitas ini tersedia untuk kamu yang ingin bersantai ria sekalian duduk-duduk atau berbaring di area pantai, menikmati sepoi-sepoi anginnya, sambil bercengkerama bersama keluarga/ teman.
    • Penginapan: Untuk kamu yang tidak puas menikmati wisata di Pantai Widara Payung satu hari saja, kamu juga bisa menginap di area sekitar pantai ini dan melanjutkan keseruan di pantai di hari berikutnya. Ada beberapa pilihan penginapan yang bisa kamu pilih untuk bermalam.
    • Camping Ground: Ttelah disediakan khusus oleh pengelola pantai. Merasakan sensasi berkemah di area pantai juga bisa menjadi pilihan asik selama liburan kamu di pantai ini.
    • Spot Foto yang Estetik: Fitur ini pastinya tidak akan terlewatkan di jaman sekarang ini. Kamu bisa mengambil berbagai foto yang estetik di spot foto Pantai Widara Payung dan disukai banyak teman di media sosial.

Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Pantai Widara Payung?

Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Pantai Widara Payung
(sumber gambar: Google_kbrdotid)

Terletak di garis pantai selatan jawa, Pantai Widara Payung berada di tiga desa berbeda karena lokasinya yang cukup luas. Desa-desa tersebut antara lain Desa Sidayu, Desa Widara Payung Kulon dan Desa Widara Payung Wetan. Di Desa Widara Payung Wetan terletak pintu masuk utama yang bisa kamu akses saat akan berkunjung ke sana.

Pantai Widara Payung ini merupakan jenis pantai dengan pasir yang berwarna hitam. Vegetasi terbanyak di area pantai ini adalah pohon kelapa yang berjejer memenuhi pinggiran pantainya yang cenderung landai. Pemandangan ini membuat area pantai menjadi lebih sejuk dan sangat efektif memberikan suasana menenangkan bagi setiap pengunjungnya.

Jika kamu berkunjung ke Pantai Widara Payung pada bulan Muharam atau disebut bulan Suro dalam penanggalan jawa, kamu mungkin bisa melihat upacara tradisi masyarakat setempat berupa upacara adat sedekah bumi.

Acara ini merupakan tradisi masyarakat yang ingin mengungkapkan rasa syukur mereka kepada ilahi atas melimpahnya rezeki berupa hasil tangkap laut yang berlimpah setiap harinya. Selain itu, pantai ini selalu ramai akan masyarakat dan pengunjung yang menikmati kegiatan dan udara segar pantai. Beragam aktivitas yang juga bisa kamu nikmati di sini antara lain:

1. Menunggang Kuda atau Naik Delman di Sepanjang Pantai

Untuk kamu yang gemar menunggang kuda atau hanya sekedar ingin mengambil foto/video estetik sambil menunggang kuda, kamu bisa menyewa satu dari banyak kuda yang disewakan di area pantai ini.

Ada harga yang harus kamu bayar untuk setiap sesi menunggang kuda dan mengambil foto bersama kuda. Selain itu, ada juga delman yang bisa membawa kamu menjelajahi garis pantai tanpa lelah, ada pak kusir yang akan membawa kamu dengan aman di atas delmannya.

Menunggang Kuda atau Naik Delman di Sepanjang Pantai

2. Kolam Renang

Bermain air pantai mungkin akan beresiko terseret ombak, tapi jangan bersedih, karena kamu bisa menggantinya dengan berenang di kolam renang yang tersedia untuk umum di sekitar pantai.

Cukup dengan membayar tiket seharga Rp 10.000 saja, tentunya di kolam ini airnya lebih bersih dan tidak membuat kulit lengket. Setelah berenang, kamu bisa membilas tubuh kembali di kamar mandi yang banyak tersedia di sekitar kolam.

3. Menantang Ombak dengan Berselancar

Ombak Pantai Widara Payung yang cukup besar membuat pantai ini bisa diperhitungkan sebagai tempat untuk berselancar. Bahkan tidak hanya untuk para pemula, pantai ini sudah sering digunakan oleh para atlet untuk melatih kemampuan mereka dalam berselancar.

Untuk kamu yang hanya ingin sekadar mencoba pengalaman berselancar, ada banyak papan seluncur yang bisa kamu sewa. Kamu pastikan menggunakan jasa pelatih/ pemandu agar kegiatan berselancar kamu menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Menantang Ombak dengan Berselancar

4. Mencicipi Kuliner Lokal Khas Jawa Tengah

Saat berwisata ke Pantai Widara Payung kamu jangan melewatkan sesi mencicipi kuliner lokal yang ditawarkan di sekitar pantai. Kuliner khas Jawa Tengah yang tersedia disini adalah Mendoan dan Keripik Yutuk. Kedua kudapan ini dibuat dengan cara yang berbeda sehingga patut untuk kamu coba.

Mendoan disini dibuat selebar piring sehingga bisa disantap bersama-sama. Dan keripik Yutuk adalah sejenis rempeyek yang topingnya diganti undur-undur.

5. Berbagai Wahana Bermain

Menikmati suasana pantai sambil bermain bersama teman dan keluarga tentu saja akan menjadi lebih mengesankan. Di pantai ini tersedia banyak ATV yang bisa disewa. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berkeliling di pinggir laut dengan menaiki perahu yang juga banyak ditawarkan.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Widara Payung di Cilacap

Memakai hotel yang menawarkan kenyamanan, keindahan alam, dan fasilitas yang memadai, kan memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Nah berikut ayowisata.co.id telah merangkum daftar hotel dekat Pantai Widara Payung yang bisa kamu jadikan referensi penginapan kamu saat berkunjung ke sana, yaitu:

1. Hotel Indah Arum

Hotel Indah Arum
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Indah Arum, destinasi ideal kamu di Cilacap yang memberikan pengalaman menginap tak terlupakan. Terletak secara strategis di pusat kota Cilacap, hotel kami menawarkan akses yang mudah ke berbagai atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat.

Fasilitas yang kami tawarkan termasuk tempat parkir mobil, layanan kamar 24 jam, dan WiFi gratis di seluruh kamar. Nikmati kenyamanan dengan adanya area merokok, dapur bersama, dan keamanan 24 jam yang selalu kami prioritaskan untuk memberikan pengalaman menginap yang aman dan menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 97.053 per malam

PESAN HOTEL Hotel Indah Arum Diskon 68%

2. Azana Asia Hotel Cilacap

Azana Asia Hotel Cilacap
(sumber gambar: Agoda)

Azana Asia Hotel Cilacap, tempat yang menggabungkan kualitas dan kenyamanan di jantung kota. Properti bintang-3 kami dilengkapi dengan fasilitas yang dirancang untuk meningkatkan kualitas menginap kamu, termasuk spa yang menyegarkan, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan WiFi gratis.

Waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 11.00 memberi kamu fleksibilitas untuk menyesuaikan rencana kamu dengan nyaman.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 410.820 per malam

PESAN HOTEL Azana Asia Hotel Cilacap Diskon 69%

3. Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap

Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap
(sumber gambar: Agoda)

Sederhana namun nyaman, Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan di tengah suasana tenang dan pepohonan rindang. Dengan lokasi yang hanya 2 km dari Pantai Teluk Penyu, hotel kami memberikan kenyamanan dengan tempat parkir dan Wi-Fi gratis.

Waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00 memastikan kamu dapat menikmati waktu kamu tanpa tergesa-gesa. Bersantailah di kamar ber-AC setelah menjelajahi keindahan sekitar dan nikmati sarapan yang disiapkan untuk memulai hari kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 250.631 per malam

PESAN HOTEL Whiz Prime Hotel Sudirman Cilacap Diskon 67%

4. Atrium Premiere Hotel Cilacap

Atrium Premiere Hotel Cilacap
(sumber gambar: Agoda)

Santailah di Atrium Premiere Hotel Cilacap, sebuah tempat yang menawarkan suasana yang nyaman di jantung kota. Hanya berjarak 2 km dari Pantai Teluk Penyu, hotel ini menawarkan kolam renang yang menyegarkan, layanan spa, tempat parkir gratis, dan sarapan gratis.

Waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00 memberikan kamu fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal kamu. Manfaatkan fasilitas kami dan nikmati suasana santai di sekitar Water Park Tirtamas Indah yang hanya berjarak 3 km.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 623.789 per malam

PESAN HOTEL Atrium Premiere Hotel Cilacap Diskon 65%

5. Hotel @HOM Premiere by Horison Cilacap

Hotel @HOM Premiere by Horison Cilacap
(sumber gambar: Agoda)

Hotel @HOM Premiere by Horison Cilacap, tempat sederhana yang menghadirkan kenyamanan di tengah kesejukan Jalan Nasional Rute 6. Terletak beberapa kilometer dari Pantai Kamulyan, Alun-Alun Kota Cilacap, dan Benteng Pendem.

Hotel kami menyediakan tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, AC, dan sarapan (dengan biaya tambahan). Waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00 memberikan kamu kebebasan untuk menikmati penginapan kamu dengan nyaman.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 348.262 per malam

PESAN HOTEL Hotel @HOM Premiere by Horison Cilacap Diskon 56%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Cilacap di Sekitar Pantai Widara Payung

Cilacap, sebuah kota di pesisir selatan Jawa Tengah, Indonesia, memiliki beragam kuliner lezat yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner setempat. Berikut adalah 10 kuliner khas Cilacap yang patut dicoba:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Cilacap di Sekitar Pantai Widara Payung 
(sumber gambar: Google_Wikipedia)
    • Rempeyek Yutuk: Rempeyek, kerupuk kacang khas Jawa, mungkin dengan sentuhan khas “Yutuk” yang memberikan variasi unik pada hidangan ini.
    • Tahu Masak: Tahu yang digoreng dengan sempurna, kemungkinan besar disajikan dengan bumbu atau saus istimewa yang memberikan cita rasa khas.
    • Sate Martawi: Sate yang terkenal di Indonesia, sering kali terdiri dari potongan daging yang dipanggang dan disajikan dengan saus kacang yang lezat.
    • Brekecek: Hidangan Jawa tradisional yang umumnya terbuat dari santan, rempah-rempah, dan daging yang diungkep dengan baik, memberikan cita rasa yang khas.
    • Templeng: Meskipun istilah ini mungkin merujuk pada berbagai hidangan, tetapi bisa jadi ini adalah hidangan lokal dengan cara penyajian atau bumbu yang unik.
    • Mendoan Tempe: Mendoan adalah tempe goreng khas Indonesia, biasanya dihidangkan sebagai camilan dengan cita rasa yang khas.
    • Tempe Dages: Hidangan lain yang menggunakan tempe, yakni kue kedelai yang difermentasi. Cara penyajiannya bisa beragam.
    • Tahu Brontak: Brontak mungkin merujuk pada hidangan dengan tahu yang memiliki cara penyajian atau bumbu tertentu yang khas.
    • Abon Tuna: Abon tuna, hidangan di mana tuna diurai dan dibumbui menjadi bentuk kering yang lezat, terkadang dengan proses pengasapan.
    • Lotek Cilacap: Lotek adalah salad tradisional Indonesia yang terdiri dari campuran sayuran dengan saus kacang. Versi Lotek Cilacap kemungkinan memiliki sentuhan lokal yang unik.

Tips yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung ke Pantai Widara Payung

Agar liburan kamu di Pantai Widara Payung lebih menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kesana. Selain itu, persiapan yang baik juga akan mengurangi resiko yang mengurangi asyiknya berwisata.

Tips yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung ke Pantai Widara Payung

1. Pilih Waktu Terbaik

Memilih waktu terbaik dalam berwisata tentunya akan memberikan pengalaman lebih mengesankan. Di Pantai Widara Payung, waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari. Di waktu-waktu ini, udara pantai terasa lebih sejuk dan sinar matahari yang lebih redup membuat kamu bisa menikmati pantai dengan lebih maksimal.

Untuk kamu yang berencana menginap di area Pantai Widara Payung, mendapatkan waktu-waktu ini tentu akan lebih mudah kamu dapatkan. Jadi, segera agendakan dan pesan penginapan yang tepat untuk kamu dan keluarga.

Tentunya liburan ini akan lebih mengesankan dengan memilih tempat menginap yang cocok, sesuai dengan apa yang kamu sukai untuk dinikmati selama berwisata.

2. Berlibur Bersama Keluarga atau Teman

Berlibur sendiri ke pantai tidak akan memberikan kesan menyenangkan. Jadi kamu harus pastikan sudah mengajak keluarga atau teman-teman untuk mengatur jadwal berlibur bersama. Semua wahana di pantai ini akan terasa lebih menyenangkan untuk dinikmati bersama-sama.

Berlibur Bersama Keluarga atau Teman

3. Persiapkan Pakaian Ganti

Bermain di pantai tanpa berbasah-basah ria atau berkotor-kotor rasanya akan kurang afdol. Jadi jangan lupakan pakaian ganti dalam daftar barang-barang yang perlu kamu bawa selama liburan ke pantai ini. Terlebih jika kamu berencana untuk berlibur dalam waktu yang cukup panjang.

4. Siapkan Kamera Terbaik

Pantai Widara Payung yang indah harus kamu abadikan dalam foto-foto dan video yang estetik. Jadi jangan lupa siapkan kamera atau ponsel kamu dalam kondisi sempurna sehingga tidak menghalangi kamu saat menciptakan foto-foto di momen terbaik.

5. Siapkan Uang Tunai yang Cukup

Uang tunai akan diperlukan di area pantai, untuk mencoba setiap wahana permainan dan menyewa berbagai fasilitas yang tersedia. Dengan begitu, kamu tidak akan repot untuk membayar apapun itu karena transaksi uang elektronik hampir tidak tersedia di area pantai ini. Jangan sampai kamu kehabisan uang tunai sehingga kerepotan saat menikmati berlibur.

Siapkan Uang Tunai yang Cukup

6. Menjaga Kebersihan Area Pantai

Menjaga kebersihan bukan hanya kewajiban pengelola pantai tapi juga kewajiban semua orang yang berada disana. Jangan sampai kamu menjadi orang yang ikut serta mengotori pantai.

Pastikan selalu membuang sampah pada tempatnya. Bila perlu, singkirkan sampah apapun yang kamu lihat di area pantai. Dengan begitu, Pantai Widara Payung akan terlihat bersih dan indah sampai kapanpun.

7. Tetap Hati-hati selama Berlibur

Hal ini tentu penting di mana saja kamu berlibur, termasuk di Pantai Widara Payung. Resiko tindakan kejahatan dapat terjadi dimana dan kapan saja selagi ada kesempatan untuk mereka yang berniat buruk.

Jadi, kamu pastikan tetap waspada. Mengamankan semua harta benda dan barang-barang saat bermain. Temukan tempat yang tepat untuk menyimpan agar tetap aman dan liburan pun menjadi lebih menyenangkan.

Demikian informasi seputar Pantai Widara Payung dan beberapa tips yang bisa kamu pelajari sebelum berlibur ke pantai di Jawa Tengah ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kamu bisa lebih menikmati liburan bersama keluarga dan atau teman-teman terbaik.

You might also like