Pantai Widuri di Pemalang: dari Legenda Hingga Daya Tariknya yang Memukau

Pantai Widuri adalah satu dari berbagai pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi apabila kamu sedang berada di Pemalang, Jawa Tengah. Dinamakan Widuri karena pantai ini memang berada di Desa Widuri.

Sedangkan oleh masyarakat sekitar pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Tlincing. Sebagai salah satu ikon wisata, pantai ini sering kali dipadati pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Ternyata tidak hanya cantik, pantai ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas yang membuatnya sempurna sebagai tujuan berwisata. Selain dikenal sebagai spot wisata andalan di Kota Ikhlas (sebutan untuk Kota Pemalang), ternyata Pantai Widuri memiliki legenda yang tak kalah menarik untuk kita simak.

Memahami sejarah dan legendanya pastinya akan memberikan kesan yang berbeda saat kamu datang berkunjung untuk menikmati keindahan tempat wisata ini.

Legenda Pantai Widuri

Legenda Pantai Widuri
(sumber gambar: GoogleMaps_Ady Hermawan)

Konon menurut legenda, nama Widuri berasal dari nama seorang wanita yang dulunya bertempat tinggal di desa tersebut. Disebut Nyi Widuri, tokoh ini diceritakan sebagai sosok wanita yang cantik dan setia. Pada suatu hari, Nyi Widuri ditinggal bertugas oleh suaminya untuk maju ke medan perang.

Sepeninggal sang suami ke medan perang, Nyi Widuri bersumpah dalam hati bahwa ia tidak akan menerima tamu laki-laki di rumahnya. Hal ini ia lakukan karena kesetiaannya dan ia ingin hati sang suami tercinta yang sedang berjuang tidak menaruh cemburu.

Tak disangka-sangka, Nyi Widuri tidak sengaja melanggar sumpah yang telah ia buat. Suatu hari ada seorang laki-laki terluka dengan sebilah keris yang menancap di perutnya. Nyi Widuri tidak tega, sehingga ia bersedia menerima laki-laki itu untuk dirawat di dalam rumahnya.

Hingga saat laki-laki itu telah sembuh total dan bisa berjalan, ia pun pergi meninggalkan rumah Nyi Widuri. Akan tetapi, ternyata laki-laki yang dirawat Nyi Widuri itu tidak sengaja meninggalkan jejak yang mengetarakan keberadaannya disana sebelumnya.

Jejak tersebut berupa keris yang tadinya menancap di perutnya dan gelas bekas minumannya. Saat suami Nyi Widuri kembali, ia melihat gelas bekas sang tamu dan bertanya pada sang istri. Tidak ingin suaminya marah, Nyi Widuri berbohong dan mengatakan jika seorang nelayan singgah untuk meminta minum dan dia memberikan minum dengan gelas tersebut.

Akan tetapi, ternyata suaminya tidak percaya dengan alasan tersebut. Bingung harus menjawab apa, Nyi Widuri pun mencoba membuktikan kesetiaannya kepada sang suami. Ia mengambil keris peninggalan sang tamu dan menusuk perutnya.

Sebelumnya ia berpesan, apabila darahnya berwarna biru, itu artinya ia tidak berkata jujur, dan apabila berwarna merah, berarti ia telah setia memegang teguh janjinya. Tidak disangka, ternyata darah yang mengalir dari perut Nyi Widuri berwarna biru. Darah makin deras mengalir sehingga membasahi bunga widuri di atas meja.

Akhirnya, Nyi Widuri meninggal bermandikan darah berwarna biru. Sejak saat itulah desa tersebut dinamakan Desa Widuri dan pantai yang berada di dekatnya dinamakan Pantai Widuri.

Biaya yang Harus Dibayar untuk Masuk Pantai Widuri

Biaya yang Harus Dibayar untuk Masuk Pantai Widuri

Menikmati hari liburan bersama keluarga atau teman-teman dengan berkumpul dan bercengkrama di area pantai pastinya akan mengasyikan. Pantai Widuri di Pemalang Jawa Tengah ini adalah pantai dengan pasir yang membentang luas sehingga benar-benar lega untuk menghabiskan waktu bersama rombongan.

Tidak hanya pemandangan pantai yang mempesona, berbagai fasilitas dan wahana telah melengkapi pantai ini sehingga semakin menarik untuk disinggahi. Tak perlu bosan karena hanya berlama-lama menatap pemandangan lautnya, karena beragam kegiatan lain bisa dinikmati bersama syahdunya suasana pantai.

Untuk bisa masuk ke Pantai Widuri, kamu tidak perlu mengosongkan isi dompet untuk membayar biaya retribusinya. Cukup dengan membayar Rp 5.000,- saja per orang, kamu bisa masuk ke kawasan pantai ini dan memilih wahana atau kegiatan apa yang ingin kamu lakukan selama disana.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Harga tiket yang terjangkau dan tidak masalah jika kamu masuk bersama rombongan. Saat akhir pekan, hari libur nasional atau liburan sekolah, pantai ini selalu ramai dipenuhi pengunjung yang masing-masing memilih wahana favorit.

Pantai ini paling sering dikunjungi wisatawan pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari, pengunjung pantai biasanya ingin menikmati udara segar pantai sambil berolahraga atau menikmati indahnya matahari terbit.

Sedangkan pada sore hari, para pengunjung tentunya ingin menikmati keindahan matahari terbenam yang tampak lebih menawan di tepi pantai. Udara pantai di sore hari terasa lebih sejuk, membuat selalu dirindukan para pecinta suasana pantai.

Lokasi Pantai Widuri dan Rutenya

Lokasi Pantai Widuri dan Rutenya
(sumber gambar: GoogleMaps_dionysius basuki)

Pantai Widuri yang terletak di Desa Widuri Kecamatan Pemalang bisa diakses rute yang mudah ditempuh. Pantai ini hanya berjarak 4,7 km dari Kota Pemalang. Dari alun-alun kota, kamu hanya perlu lurus melewati Jalan Patih Sampun hingga sampai ke Jalan Yos Sudarso, di mana pantai ini berada.

Perjalanan ini hanya akan memakan waktu sekitar 10 menit saja, dengan jalan yang lurus dan mudah diakses karena ada banyak petunjuk arah sehingga kamu tidak akan nyasar. Dengan luas area pantai sekitar 10 hektar, seluruh pengunjung akan sangat puas menjelajah sambil menikmati suasana.

Pantai Widuri ditumbuhi banyak pohon besar yang konon katanya sudah hidup selama puluhan tahun. Asrinya pantai ini membuatnya terasa lebih sejuk karena ada lebih banyak oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan.

Rute Lengkap Menuju Pantai Widuri di Pemalang:

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52314

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Widuri

Jika kamu ke Kota Pemalang, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Widuri atau akan menyesal karena pantai ini adalah yang paling hits di kota ini. Pantai ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang menjadikannya semakin nyaman dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut berbagai fasilitas yang bisa kamu dapatkan di area pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Widuri
(sumber gambar: GoogleMaps_Vitta Kristii)
    • Area Parkir yang Luas: Tidak hanya area pantai yang luas, kamu juga tidak perlu ragu berkunjung bersama rombongan dan tidak bisa memarkirkan kendaraan. Tidak perlu khawatir, pantai ini sudah dilengkapi area parkir luas yang bisa memuat berbagai jenis kendaraan dan berbagai ukuran.
    • Pusat Informasi: Jika terkadang kamu sulit menemukan pusat informasi di area pantai dan menjadikanmu susah mencari anggota keluarga yang terpisah, tapi tidak di Pantai Widuri ini. Ada pusat informasi yang bisa kamu mintai informasi perihal pantai ini dan membantumu mengumumkan informasi.
    • Toilet dan Kamar Mandi dengan Air Bersih: Bermain di pantai tentunya tidak lepas dari pasir dan air yang membuat badanmu kotor. Bersihkan saja badanmu di toilet dan kamar mandi yang sudah banyak tersedia di sekitar area pantai. Air yang tersedia di area pantai ini sangat bersih dan segar untuk bersih-bersih.
    • Mushola: Beribadah sholat untuk umat muslim adalah wajib dan tidak perlu terlewati karena Pantai Widuri juga dilengkapi mushola yang memadai.
    • Wisata Air (Waterpark): Bermain air pantai, meskipun mengasyikan tetapi mengandung resiko terseret ombak, terutama saat laut pasang. Jadi kamu bisa menggantinya dengan bermain air tawar di Waterpark pantai ini. Bermain bersama anak-anak juga menjadi lebih aman dan nyaman.
    • Spot Bermain Anak: Bermain ke pantai bersama keluarga pastinya tidak membosankan jika ada taman bermain anak. Anak-anak akan mempunyai lebih banyak pilihan untuk bermain sehingga tidak bosan selama berada di pantai.
    • Panggung Hiburan: Fasilitas ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin mengadakan acara dengan hiburan musik atau lainnya. Tanpa harus membuat panggung sendiri, tentunya fasilitas ini akan lebih memadai dan nyaman digunakan.
    • Arena Olahraga: Menikmati suasana pantai sekalian melakukan hobi olahraga yang kamu sukai tentunya akan menyenangkan. Di area Pantai Widuri ini, tersedia fasilitas Lapangan Tenis untuk para pecinta olahraga tenis bermain bersama teman-teman. Selain itu, terdapat sirkuit balapan motor yang akan sangat berguna untuk kamu yang memiliki bakat dalam hal balap motor. Arena ini juga akan membantu kamu saat menyalurkan hobi di tempat yang benar.
    • Rumah Makan dan Kios Souvenir: Merasa lapar setelah bermain? Tidak perlu repot keluar area pantai karena berbagai pilihan rumah makan sudah tersedia di pantai ini. Berbagai menu ditawarkan, terutama berbagai masakan Seafood yang lezat untuk memuaskan rasa lapar setiap pengunjung pantai. Masakan para pengelola warung makan di sini tidak kalah dengan koki restoran, jadi kamu harus pastikan sudah mencoba salah satunya sebelum beranjak pulang dari Pantai Widuri. Selain itu, pantai ini sudah dilengkapi kios-kios souvenir yang menyediakan berbagai barang yang bisa dijadikan buah tangan dari Pantai Widuri Kabupaten Pemalang. Siapkan buah tangan untuk orang-orang terkasih, pastinya mereka semua akan sangat senang menerima oleh-oleh khas dari Pantai Widuri pemalang Jawa Tengah.

Temukan Spot Foto Terindah untuk Pengalaman Terbaik di Pantai Widuri

Temukan Spot Foto Terindah untuk Pengalaman Terbaik di Pantai Widuri
(sumber gambar: GoogleMaps_guna` One 455)

Mengabadikan setiap momen indah dalam hidup sangat penting untuk setiap orang, termasuk saat berwisata bersama orang-orang tersayang. Di Pantai Widuri ada banyak spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mengabadikan momen indah di pantai ini.

Tidak hanya latar belakang laut yang indah, ada banyak spot foto lain yang bisa kamu gunakan selama berwisata di pantai ini. Pantai ini dikenal baik dengan pemandangan matahari terbenamnya, salah satu latar belakang foto terbaik, laut yang biru, dan berbagai ikon yang membuat pantai ini spesial.

Untuk itu, kamu juga harus menyediakan kamera atau ponsel yang cukup baik untuk menghasilkan foto-foto instagramable. Setelah dari pantai ini, semua teman pastinya akan menyukai foto-foto kamu. Ini juga bisa menjadi hal yang membantu kamu mengabadikan kesan terbaik saat berlibur.

Tips Agar Liburan ke Pantai Widuri Menjadi Lebih Seru

Merencanakan liburan bersama keluarga, teman dan orang-orang tersayang tentu saja harus dilakukan semaksimal mungkin. Tidak hanya menentukan destinasi wisata, tapi juga sampai dengan pengumpulan informasi tentang objek wisata yang akan dituju.

Apa saja yang akan dilakukan, mau makan apa, akan menginap dimana, hingga kekurangan-kekurangan apa saja yang mungkin terjadi selama berlibur. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama liburan. Dengan begitu, kamu bisa menikmati acara berwisata ini dengan lebih berbahagia.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ketahui sebelum berkunjung ke Pantai Widuri:

Tips Agar Liburan ke Pantai Widuri Menjadi Lebih Seru

    • Perhatikan cuaca saat menentukan waktu berkunjung ke pantai. Kita tahu bahwa pantai ialah area wisata terbuka. Walau banyak tempat untuk berteduh, tetapi akan tidak nyaman apabila kamu berwisata pantai saat hujan. Jadi usahakan kamu memilih spot wisata ini di saat cuaca cerah. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua peralatan, termasuk tabir surya dan pakaian yang nyaman untuk menghindari masalah kulit terbakar.
    • Kamu pastikan mencari informasi mengenai kondisi angin laut Indonesia terutama di Pantai Widuri. Pada waktu-waktu tertentu, keadaan laut Indonesia mengalami angin kencang yang mengakibatkan gelombang tinggi, ombak besar dan pasang. Kondisi cuaca ini akan membuat kamu kurang nyaman saat menikmati pantai, bahkan bisa menjadikan resiko kecelakaan. Jadi kamu bisa mencari informasi di tv atau internet mengenai hal ini.
    • Sebagai wisatawan/pengunjung pantai yang baik, kamu harus juga pastikan untuk turut menjaga kebersihan pantai. Pastikan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga kebersihan pantai bisa tetap terjaga. Selain itu, kamu secara tidak langsung berperan dalam melestarikan lingkungan laut Indonesia.
    • Jagalah keamanan diri agar lebih nyaman selama di area pantai. Kamu pastikan sudah mengamankan semua barang dan harta benda dengan baik sebelum larut dalam asyiknya permainan pantai. Apabila tersedia loker-loker yang disewakan untuk pengunjung, lebih baik kamu menyewa salah satunya untuk menyimpan barang-barang berharga, terlebih apabila tidak ada orang terpercaya yang bisa kamu titipi.
    • Siapkan uang tunai yang cukup untuk semua kebutuhan sepanjang berada di Pantai Widuri. Di sekitar pantai ini mungkin akan sulit mendapatkan mesin ATM dan transaksi keuangan elektronik. Jadi pastinya kamu sangat butuh uang tunai untuk membayar wahana, saat membeli makanan, dan lain-lain.

Setiap pantai pasti memiliki peraturan yang harus ditaati oleh para pengunjung. Patuhi semua ketentuan itu agar tidak ada masalah yang membuat liburan kamu kurang berkesan.

Jika kamu ingin bermalam, Kota Pemalang mempunyai banyak pilihan hotel dan penginapan yang bisa menjadi pilihan. Kamu pastikan memilih penginapan terbaik sehingga kunjunganmu ke kota ini akan semakin berkesan.

Rekomendasi Penginapan Terdekat Dari Pantai Widuri di Pemalang

Untuk memastikan pengalaman menginap kamu menjadi lebih berkesan, berikut adalah rekomendasi beberapa hotel pilihan di Pemalang yang menawarkan kenyamanan tinggal dan akses mudah:

1. Riyani Residence @ Jalan Ahmad Yani Pemalang RedPartner

Riyani Residence @ Jalan Ahmad Yani Pemalang RedPartner
(sumber gambar: Agoda)

Riyani Residence, menawarkan kenyamanan tinggal di lokasi strategis di bagian Pemalang. Properti kami menempatkan kamu dekat dengan berbagai atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat.

Nikmati fasilitas unggulan seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, AC di area umum, kamar bebas asap rokok, dan layanan internet. Tim kami siap melayani kamu dengan ramah menggunakan bahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 140.971 per malam

PESAN HOTEL Riyani Residence @ Jalan Ahmad Yani Pemalang RedPartner Diskon 74%

2. Hotel The Winner

Hotel The Winner
(sumber gambar: Agoda)

Hotel The Winner, lokasi yang sangat strategis di Pemalang, memberikan kamu kemudahan akses ke atraksi menarik dan pilihan restoran yang menarik. Rasakan kenyamanan tinggal bersama fasilitas istimewa seperti pijat, restoran, dan kolam air panas.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan kamu dapat menikmati fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 266.758 per malam

PESAN HOTEL Hotel The Winner Diskon 72%

3. Sentana Mulia Hotel

Sentana Mulia Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Sentana Mulia Hotel, hotel sederhana kami terletak di antara kafe dan restoran, hanya 13 menit berjalan kaki dari Stasiun Pemalang, 5 km dari Widuri Water Park Pemalang, dan 2 km dari Masjid Agung Nurul Kalam.

Waktu check-in yang fleksibel (00.00) memberikan kenyamanan, dan waktu check-out kami adalah pukul 12.00. Nikmati fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 301.500 per malam

PESAN HOTEL Sentana Mulia Hotel Diskon 60%

4. L’Tefa Hotel Pemalang

L'Tefa Hotel Pemalang
(sumber gambar: Agoda)

L’Tefa Hotel Pemalang, memberikan kamu kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik. Waktu check-out kami adalah pukul 12.00, dan kamu dapat menikmati fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 165.766 per malam

PESAN HOTEL L’Tefa Hotel Pemalang Diskon 50%

5. RedDoorz Syariah Near Exit Tol Pemalang

RedDoorz Syariah Near Exit Tol Pemalang
(sumber gambar: Agoda)

RedDoorz Syariah, hotel dengan bujet terjangkau kami terletak strategis di Pekalongan Barat, memberikan akses yang dekat ke atraksi dan objek wisata lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan lezat di Rumah Makan Sop Buntut Bu Leman yang terkenal sebelum pulang.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan nikmati fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, WiFi di tempat umum, AC di area umum, kamar bebas asap rokok, layanan internet, dan pelayanan dalam bahasa Inggris untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 160.083 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz Syariah Near Exit Tol Pemalang Diskon 53%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Pemalang di Sekitar Pantai Widuri

Pemalang, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia, dikenal dengan berbagai kuliner lezat yang khas. Berikut beberapa hidangan yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Pemalang:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Pemalang di Sekitar Pantai Widuri
(sumber gambar: Google_Good News From Indonesia)
    • Nasi Grombyang: Makanan ini mungkin memiliki citarasa yang unik dan khas Pemalang. Nasi Grombyang biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk dan sambal.
    • Kepiting Lemburi: Hidangan ini mungkin terkait dengan kepiting yang disajikan dengan saus atau bumbu khas Pemalang. Kepiting Lemburi mungkin menjadi pilihan yang lezat untuk pencinta seafood.
    • Sate Loso: Sate Loso mungkin menggunakan bahan dasar daging yang dibumbui dan ditusuk kemudian dipanggang. Rasa unik mungkin berasal dari bumbu khusus yang digunakan dalam proses pembuatan.
    • Ogel-ogel: Ogel-ogel mungkin merupakan hidangan khas Pemalang yang memiliki rasa yang unik. Informasi lebih lanjut tentang komposisi dan cara penyajiannya bisa memberikan gambaran lebih baik.
    • Lontong Dekem: Lontong Dekem mungkin merupakan variasi lontong dengan bumbu dan saus khas Pemalang. Lontong biasanya merupakan hidangan nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang.
    • Kamir: Kamir mungkin adalah makanan ringan atau camilan khas Pemalang. Informasi lebih lanjut tentang bahan-bahan dan cara membuatnya bisa memberikan wawasan lebih lanjut.
    • Apem Comel: Apem Comel mungkin merupakan jenis kue tradisional Pemalang. Kue ini mungkin memiliki rasa yang khas dan mungkin dihasilkan dari bahan-bahan tradisional.

Kesimpulan

Maka demikian informasi untuk kamu seputar Pantai Widuri mulai dari cerita legenda mengenai bagaimana asal usul nama Widuri terjadi sampai apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai tempat wisata ini. Pantai Widuri yang cantik sudah dikenal oleh warga lokal sejak dahulu sebagai tempat untuk berwisata, melepas penat bersama orang-orang tersayang.

Hingga saat ini, pantai ini sudah dikelola dan dikembangkan baik oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Terbukti dengan adanya berbagai fasilitas yang melengkapi kebutuhan para pengunjung pantai.

Hingga saat ini, Pantai Widuri tetap membutuhkan pengembangan sehingga semakin menarik untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, perawatan yang baik juga harus dilakukan agar pantai tetap lestari dan segala fasilitas tetap baik untuk menjamin kenyamanan setiap orang yang mengunjunginya.

You might also like