Pantai Wohkudu di Yogyakarta: Pantai Asyik untuk Camping dan Mancing

Pantai Wohkudu, nama pantai ini mungkin masih terdengar asing di telinga para pecinta traveling. Pantai ini adalah salah satu surga tersembunyi, salah satu wisata pantai indah yang tersembunyi di Kabupaten Gunung Kidul.

Tidak seperti pantai cantik lainnya yang sudah ramai dikunjungi wisatawan; Pantai Indrayanti, Wedi Ombo, Ngobaran, Baron, Krakal dll, pantai ini masih tergolong sepi dan merupakan pilihan spot wisata untuk pecinta karakter wisata tertentu.

Karakter pantai ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang dan selalu cinta suasana alam yang memberikan keheningan. Letaknya yang cukup terpencil dan dilingkupi oleh dua batu karang besar, menjadikan pantai ini tempat favorit untuk pecinta alam untuk berkemah.

Jauh dari hiruk pikuk kota dan pemukiman warga, berkemah di Pantai Wohkudu akan memberikan pengalaman berpetualang yang baru. Dimana hanya ada suara deburan ombak dan binatang malam yang dapat kamu nikmati selama berkemah. Para petualang, pecinta alam, mari merapat! Ayo baca informasi di bawah untuk mengetahui kelebihan Pantai Wohkudu secara lengkap.

Lokasi Pantai Wohkudu

Lokasi Pantai Wohkudu
(sumber gambar: GoogleMaps_heri darmadi)

Sebelum merencanakan liburan seru kamu ke Pantai Wohkudu, tentunya kamu harus tahu dulu apa saja kelebihan pantai ini sehingga kamu harus mengunjunginya. Pantai ini terletak di Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasi pantai ini bisa diakses sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalan menggunakan kendaraan bermotor dari kota Jogja. Saat musim liburan tiba, perjalanan yang ditempuh mungkin bisa lebih lama karena padatnya lalu lintas dan begitu banyaknya wisatawan yang ingin berwisata ke Gunung Kidul.

Rute Lengkap Menuju Pantai Wohkudu di Yogyakarta:

Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Keindahan Pantai Wohkudu

Keindahan Pantai Wohkudu
(sumber gambar: GoogleMaps_Bowie Jati)

Pantai Wohkudu sebenarnya bukan jenis pantai yang luas di mana kita bisa menikmati kegiatan olahraga pantai atau bahkan berkuda. Terletak tidak jauh dari pantai-pantai lainnya, tapi pantai ini terkesan terjepit karena terletak di antara dua tebing karang besar.

Pantai ini tergolong sebagai pantai yang sempit tetapi memiliki nilai eksotisme yang luar biasa. Selain tebing karang alami yang melingkupinya, keindahannya semakin terpancar dengan pasir yang putih bersih dan rerumputan hijau yang membentang.

Untuk mereka yang butuh waktu untuk keluar sejenak dari ramainya kota, tempat ini mungkin bisa dipertimbangkan. Suasana pantai yang senyap akan sangat terasa di sini karena masih sedikitnya pengunjung yang tau dan menjelajahinya.

Terlebih jika kamu memutuskan untuk bermalam dengan membentangkan tenda alias berkemah di sini, keheningan yang hakiki pasti bisa kamu rasakan di pantai ini.

Harga Tiket yang Harus Dibayarkan di Pantai Wohkudu

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 5.000

Berencana liburan ke pantai-pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul akan menyenangkan, memuaskan hasrat ingin healing dan tentunya ramah di kantong. Termasuk wisata ke Pantai Wohkudu ini, harga tiket yang perlu kamu bayar tidak lebih dari 5000 rupiah saja.

Biaya untuk parkirnya pun standar, 3000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Untuk kendaraan bermuatan banyak, ongkos parkir biasanya lebih mahal, tergantung kapasitas penumpangnya.

Sebaiknya Ambil Rute yang Mana untuk ke Pantai Wohkudu?

Sebaiknya Ambil Rute yang Mana untuk ke Pantai Wohkudu

Kabupaten Gunung Kidul yang akhir-akhir ini sangat terkenal karena menyimpan banyak sekali potensi besar dalam hal wisata, tentunya juga lebih familiar dan dikenal banyak orang. Bahkan ada wisatawan yang sudah berkali-kali ke kabupaten ini untuk mengunjungi setiap tempat wisatanya yang eksotis.

Begitu juga dengan Pantai Wohkudu, suatu saat pantai ini akan menjadi lebih terkenal dan dipadati pengunjung. Sebelum menjadi benar-benar ramai dan tidak begitu membawa ketenangan, sebaiknya kamu segera membuat jadwal untuk ke pantai ini. Berikut rute yang bisa kamu ambil agar lebih cepat sampai ke area pantai.

    • Jika Kamu Ingin Lewat Jalan Wonosari: Jika kamu ingin ke Pantai Wohkudu dengan melintasi Jalan Wonosari, kamu bisa mengambil jalur Piyungan, menuju Patul, selanjutnya ke Lapangan Terbang Gading. Setelah sampai di lapangan, belok kanan, selanjutnya jalan terus sampai melewati Pasar Playen dan Paliyan, hingga akhirnya sampai ke Girikarto dan sampailah ke Pantai Wohkudu.
    • Jika Kamu Ingin Melalui Daerah Banguntapan: Dari daerah kecamatan Banguntapan, teruskan perjalanan hingga ke Imogiri, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Siluk, kemudian Panggak, hingga sampai ke Girikarto di mana pantai tersebut berada.

Sesampainya di area pantai, kamu bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah tersedia. Tetapi, kamu harus berjalan lagi selama kurang lebih 10 menit untuk mencapai Pantai Wohkudu.

Jalan menuju pantai cukup menantang, sempit dan berbatu. Kamu pastikan sudah siap dengan menggunakan alas kaki yang cocok untuk trek ini. Mungkin akan sulit, tetapi tentunya akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang indah di bawah sana.

Angin pantai yang segar dan pemandangan yang unik akan membuat kamu betah berlama-lama di alam ini. Sebaiknya, jangan mencoba membawa motor untuk turun ke area pantai karena akan beresiko macet atau terpeleset.

Hal yang Bisa Dinikmati di Pantai Wohkudu

Setiap orang memiliki hal berbeda yang biasa dinikmati selama berwisata ke pantai. Hal ini juga yang membuat jenis pantai seperti apa yang disukai akan berbeda-beda juga. Untuk Pantai Wohkudu ini, suasana pantainya mungkin akan lebih cocok untuk kamu yang suka berpetualang. Ada banyak hal asyik yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

Hal yang Bisa Dinikmati di Pantai Wohkudu
(sumber gambar: GoogleMaps_Bowie Jati)

1. Pemandangan Alam yang Indahnya Unik

Semua pantai di Gunung Kidul menyimpan pemandangan indah, termasuk pantai Wohkudu ini. Tetapi ada yang berbeda dan unik dari pantai ini dan hal inilah yang membuat keindahannya unik. Pantai Wohkudu memiliki kelebihan berupa batu karang besar yang mengelilinginya.

Bebatuan karang ini tidak hanya membuat area pantai lebih teduh, tetapi juga sejuk dan ombaknya tidak terlalu besar. Gelombang ombak yang besar seolah terhalau batuan karang sehingga membuat airnya lebih tenang ketika sampai ke bibir pantai.

2. Area Camping yang Nyaman untuk Pecinta Alam

Pemandangan ini membuat area pantai menjadi terasa lebih aman dan nyaman. Itu yang membuatnya favorit untuk pecinta alam untuk bermalam.

Angin yang tidak begitu kencang membuat tenda- tenda lebih aman terpasang dan tidak khawatir akan terbawa angin di malam hari, para pecinta alam biasanya menyalakan api unggun untuk menemani mereka menikmati alam di bawah langit malam.

Tersendirinya area pantai ini membuat Pantai Wohkudu sangat syahdu dan terasa seperti pantai pribadi. Sangat cocok untuk mencari ketenangan atau memberikan kepuasan jiwa petualangan.

Area Camping yang Nyaman untuk Pecinta Alam
(sumber gambar: GoogleMaps_Asyifa)

3. Spot Indah untuk Menikmati Suasana Senja

Menikmati suasana senja dan matahari terbenamnya yang indah selalu saja akan memberikan kesan syahdu tidak terlupakan. Apalagi jika kamu memilih Pantai Wohkudu sebagai tempat untuk menikmatinya.

Desain alam pantai ini membuat pemandangan senja dan matahari terbenam terlihat semakin eksotis. Dua bukit karang yang mengayomi pantai ini mengukir lukisan alam yang mempesona saat matahari terbenam di sebalik bebatuan cadasnya.

Semburat warna jingga matahari sore, angin sepoi-sepoi, pasir putih dan rerumputan hijau menciptakan suasana tak terlupakan. Tapi jangan kecewa saat kamu tidak dapat melihat matahari secara penuh yang terbenam di cakrawala, karena adanya bukit karang di pantai ini.

Tentunya, suasana senja yang mempesona masih bisa memikat hati. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam foto-foto instagramable kamu.

4. Lokasi Tidak Jauh dari Pantai-pantai Lain

Seperti yang kita tahu, tempat-tempat wisata akan langsung dipadati pengunjung saat sudah viral di media sosial. Sepertinya Pantai Wohkudu ini belum banyak diekpose para pengguna media sosial sehingga keberadaannya belum begitu terkenal dan cenderung sepi pengunjung.

Sebenarnya, pantai ini terletak tidak jauh dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Kesirat dan Pantai Celeng. Jadi apabila kamu ingin mengunjungi destinasi pantai lainnya, tidak perlu takut kehilangan banyak waktu.

Lokasi Tidak Jauh dari Pantai-pantai Lain
(sumber gambar: GoogleMaps_Dolpet Chanel)

5. Tempat Favorit si Pecinta Olahraga Memancing

Selain untuk kamu yang suka camping, Pantai Wohkudu destinasi wisata yang cocok untuk para pecinta olahraga memancing. Hasil laut yang paling banyak bisa didapat di pantai ini ialah lobster, karena hewan laut ini paling gemar bertempat tinggal dan berkembang biak di batu-batu karang.

Untuk memancing lobster, biasanya para pengunjung sudah membawa alat pancing mereka sendiri yang telah dipersiapkan dari rumah. Para Mancing Mania ini umumnya akan menghabiskan banyak waktu untuk memuaskan hobi mereka.

Biasanya, hasil tangkapan lobster yang didapat pun lumayan banyak. Setelah puas memancing, biasanya lobster-lobster tersebut akan dimasak sendiri dan menjadi hidangan super mewah di acara camping mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wohkudu

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wohkudu
(sumber gambar: GoogleMaps_fitri tusmiati)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Pantai Wohkudu adalah pantai yang tidak sama populernya dengan berbagai pantai lain di Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya yang sedikit terpencil dan cukup sulit untuk diakses membuat pantai ini masih jarang peminat.

Kecuali untuk mereka yang cinta petualang dan pecinta alam, pantai ini akan menjadi sangat istimewa dan tidak terlupakan dalam hidup. Pantai ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk berekreasi, melepas penat dan menepi sejenak dari keramaian kota dan padatnya aktivitas.

Karena lokasinya ini, pengelolaan tempat wisata Pantai Wohkudu belum bisa maksimal. Jika biasanya kita menemukan banyak warung makan dan bahkan penginapan di pantai-pantai besar seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Baron, tidak begitu halnya di pantai ini.

Hanya terdapat sedikit warung-warung kecil di pantai ini. Tapi fasilitas seperti toilet dan mushola sudah tersedia dan cukup memadai untuk kebutuhan pengunjung.

Selain itu, karena Pantai Wohkudu ini terkenal sebagai surganya para pecinta olahraga memancing, beberapa kios menyediakan alat-alat pancing untuk disewakan. Jadi kamu tidak perlu bersedih apabila lupa membawa alat pancing, kamu hanya perlu memilih alat pancing mana yang kamu mau untuk di sewa di kios-kios tersebut.

Tips Berkemah di Pantai Wohkudu

Ada begitu banyak pilihan pantai di Kabupaten Gunung Kidul, jumlahnya bisa mencapai seratus pilihan. Setiap pantai memiliki kelebihan masing-masing dan bisa memenuhi keinginan para pecinta pantai yang bisa jadi berbeda.

Untuk di Pantai Wohkudu, pantai ini dikenal sebagai pantainya anak muda, yang punya jiwa petualangan, menghabiskan waktu tanpa memikirkan urusan rumah tangga, dan tentunya untuk mereka yang selalu ingin bersatu dengan alam.

Tips Berkemah di Pantai Wohkudu

Ya, karena pantai ini sangat cocok untuk berkemah. Dua tebing karang yang melingkupinya menjadikan area camping terlindung dari angin dan panas berlebih. Untuk kamu yang ingin berkemah di Pantai Wohkudu, berikut beberapa tips yang bisa kamu baca:

    • Membawa barang seperlunya saja. Sama halnya ketika kamu berkemah ke gunung, tidak disarankan untuk membawa begitu banyak barang ke pantai ini. Karena banyaknya barang bawaan justru akan merepotkanmu. Area parkir kendaraan ini cukup jauh dari bibir pantai. Selain itu, jalan menuju ke sana cukup menantang, sempit dan licin. Jika barang bawaan terlalu banyak, resiko terjatuh dan kelelahan tentu saja akan lebih besar.
    • Jika kamu tidak mempunyai tenda, tidak perlu menyewa di Kota Jogja karena akan merepotkan saat kamu membawanya sampai ke area pantai. Cukup sewa tenda dan peralatan berkemah lainnya di area pantai karena semuanya tersedia lengkap di sini. Sesampainya di area parkir, kamu bisa tanyakan ke petugas penjaga, di mana tempat penyewaan peralatan berkemah.
    • Begitu juga dengan kayu bakar. Berkemah tanpa membuat api unggun tentunya akan sangat tidak lengkap. Kamu tidak perlu membawa kayu bakar dari rumah, karena akan menyulitkan sekali di perjalanan. Kayu bakar bisa didapatkan di warung-warung pinggir pantai dengan harga terjangkau. Jadi kamu bisa buat api unggun atau bahkan memasak tanpa repot membawa kayu bakar jauh-jauh.
    • Patuhi peraturan pantai seperti tidak membuat api unggun di atas pasir. Karena api unggun dapat merusak keindahan dan kebersihan pasir putih Pantai Wohkudu yang tetap terjaga. Selain itu api unggun mungkin bisa membunuh hewan-hewan kecil yang tinggal di bawah pasir.
    • Sebelum malam, kamu perlu memastikan untuk sudah berkomunikasi pada pemilik warung jika kamu akan berkemah. Karena pemilik warung biasanya akan mengunci toilet sebelum pulang. Jika kamu ingin berkemah, kamu bisa meminjam kunci toilet agar bisa menggunakannya kapan saja.
    • Gunakan air dengan bijak. Kabupaten Gunung Kidul yang berbatu membuat lebih sulit untuk akses air sumur. Umumnya warga membuat tangki penampungan air untuk membuat persediaan, kemudian disalurkan melalui pipa-pipa kecil. Jadi kamu harus menghemat air dan menggunakannya dengan bijak agar tidak menyusahkan warga pengelola pantai.
    • Menjaga keamanan dan keselamatan diri masing-masing. Berpetualang di alam tentunya akan menantang dan tentunya kamu harus bisa menjaga diri dengan baik. Selain persiapan yang maksimal, kamu harus memastikan untuk tidak menjadi pengundang perbuatan jahat orang lain. Hindari memakai perhiasan berlebihan dan persiapkan pakaian pelindung diri yang maksimal seperti jaket, penutup kepala, dan alas kaki yang pas untuk menjelajahi pantai yang berkarang. Batuan karang di pantai ini kerap ditinggali hewan laut berduri, jadi kamu pastikan tetap mengenakan alas kaki dimanapun kamu memijakkan kaki.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Wohkudu di Yogyakarta

Untuk memastikan pengalaman menginap kamu menjadi lebih berkesan, berikut adalah rekomendasi beberapa hotel pilihan di Yogyakarta yang menawarkan kenyamanan tinggal dan akses mudah:

1. Adinda Hotel

Adinda Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Adinda Hotel, destinasi yang strategis terletak di Parangtritis, Yogyakarta! Kami bangga memberikan kamu akses dekat ke atraksi menarik dan beragam pilihan restoran yang memikat. Pastikan waktu kamu terisi dengan kunjungan ke Taman Sari dan menikmati deburan ombak di Pantai Parangtritis yang hanya beberapa langkah dari sini.

Di Adinda Hotel, kenyamanan kamu adalah prioritas utama. Nikmati hidangan lezat di restoran kami, dan pastikan untuk bersantai dengan fasilitas populer kami seperti tempat parkir gratis, akses langsung ke pantai, Wi-Fi gratis, dan kenyamanan restoran kami. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 192.567 per malam

PESAN HOTEL Adinda Hotel Diskon 53%

2. Penginapan Rudi

Penginapan Rudi
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Penginapan Rudi, oasis terletak di Banguntapan, Yogyakarta, yang akan memanjakan kamu dengan kenyamanan dan kemudahan akses ke atraksi menarik. Jangan lewatkan pengalaman istimewa di Taman Sari sebelum kamu pulang dari perjalanan kamu.

Di Penginapan Rudi, kami mengundang kamu untuk merasakan kesejukan kolam renang luar ruangan kami dan menikmati fasilitas populer lainnya, termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan kenyamanan AC. Waktu check-out kami adalah pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 86.884 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Rudi Diskon 73%

3. Queen Of The South Beach Resort

Queen Of The South Beach Resort
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Queen Of The South Beach Resort, sebuah tempat istimewa berbintang-4 di Parangtritis, Yogyakarta. Kami menawarkan lokasi yang sangat strategis, mendekati atraksi dan restoran yang menggoda, termasuk Taman Sari dan Pantai Parangtritis.

Di sini, kamu dapat merasakan kemewahan dengan fasilitas eksklusif seperti kolam renang luar ruangan, spa yang menenangkan, dan kolam renang dalam ruangan.

Dengan peringkat bintang-4, kami memastikan kamu merasakan kenyamanan maksimal dengan lokasi kami yang hanya beberapa langkah dari Samudra Hindia, 2 km dari Pemandian Air Panas Parang Wedang, dan 30 km dari Yogyakarta. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 878.197 per malam

PESAN HOTEL Queen Of The South Beach Resort Diskon 68%

4. Sandhya Giri Beach Resort Watukodok

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Sandhya Giri Beach Resort Watukodok, destinasi terpilih di Kemadang, Bedoyo. Kami menawarkan kenyamanan dekat dengan atraksi dan restoran menarik, termasuk Baron Beach yang terkenal.

Di sini, kamu dapat merasakan ketenangan dengan fasilitas seperti tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis di semua kamar, ruang keluarga yang hangat, dan kemudahan kamar bebas asap rokok berbahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 840.000 per malam

PESAN HOTEL Sandhya Giri Beach Resort Watukodok Diskon 71%

5. Ama Awa Resort

Ama Awa Resort
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Ama Awa Resort, tempat yang menakjubkan di Kemadang, Bedoyo, yang memanjakan kamu dengan dekatnya atraksi dan restoran menarik, terutama pemandangan memukau dari Baron Beach.

Dengan peringkat bintang-3, kami memastikan pengalaman berkelas dengan akses ke kolam renang dalam ruangan dan nikmati hidangan lezat di restoran kami. Fasilitas populer lainnya termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 682.240 per malam

PESAN HOTEL Ama Awa Resort Diskon 71%

Mencoba Kuliner Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Wohkudu

Jika kamu berkunjung ke sekitar Pantai Wohkudu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi ragam kuliner khas Yogyakarta yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa hidangan yang wajib dicoba:

Mencoba Kuliner Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Wohkudu

    • Sambal Goreng Krecek: Nikmati kelezatan Sambal Goreng Krecek, hidangan yang terbuat dari krecek (kulit sapi) yang dimasak dengan bumbu khas. Rasa pedas dan gurihnya akan memanjakan lidah kamu.
    • Sate Klatak: Sate Klatak merupakan sajian sate yang diolah dengan teknik khusus, memberikan cita rasa unik. Cobalah nikmati sensasi gurih dan empuknya daging yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.
    • Gudeg: Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Rasakan kelembutan nangka yang disajikan dengan kuah gudeg yang khas.
    • Oseng-Oseng Mercon: Oseng-Oseng Mercon adalah hidangan pedas yang menggabungkan berbagai jenis daging dengan cabai merah. Rasakan kepedasan yang meresap pada daging dan sausnya yang kaya rasa.
    • Bakpia Pathok: Jangan lewatkan untuk mencicipi Bakpia Pathok, kue khas Yogyakarta yang terkenal. Tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti kacang hijau, keju, atau cokelat.
    • Tiwul: Tiwul adalah makanan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari olahan ketan yang difermentasi. Rasakan kenikmatan tekstur tiwul yang unik dan khas.
    • Brongkos: Brongkos adalah hidangan berbahan dasar daging dan kacang tolo yang dimasak dengan bumbu yang kaya rempah. Cicipi paduan rasa gurih dan pedas yang menggoda.
    • Mie Lethek: Mie Lethek adalah mie tradisional Yogyakarta yang terbuat dari tepung beras. Nikmati kelembutan tekstur mie ini yang biasanya disajikan dengan kuah khas.

Kesimpulan

Itu tadi informasi dan sedikit tips berwisata ke Pantai Wohkudu yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan pantai ini, tentu kamu dapat memahami apakah ini bisa menjadi spot wisata yang tepat atau tidak untuk kamu melepas penat jiwa. Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan liburanmu ke Gunung Kidul dan pilih Pantai Wohkudu untuk berkemah atau hanya sekedar mengeksplor alam asrinya.

You might also like