Bermain di Kolam Renang Karang Setra: Waterboom Bandung Tertua yang Berdiri Pada Tahun 1958

Bandung merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Kolam Renang Karang Setra Waterboom Bandung.

Daerah yang sering disebut “Kota Kembang” ini menawarkan berbagai jenis tempat wisata termasuk waterpark. Salah satu waterpark yang terkenal yakni Kolam Renang Karang Setra yang merupakan waterboom Bandung tertua yang luas.

Kolam Renang Karang Setra atau Karang Setra Waterland merupakan kolam renang tertua dengan sejarah yang sangat panjang. Bahkan, kawasan ini diresmikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno pada 3 Mei 1958. Kolam ini memiliki luas sekitar 6 hektar dengan berbagai fasilitas dan wahana yang memadai.

Karang Setra Waterland menjadi salah satu kawasan tempat wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu liburan. Kolam renang ini sering dikunjungi oleh para keluarga yang ingin menikmati waktu liburan mereka bersama dengan orang terkasihnya.

Sensasi Berenang di Waterboom Bandung Tertua

Sensasi Berenang di Waterboom Bandung Tertua
(sumber gambar: GoogleMaps_Rita Meutia)

Mulai dibangun pada tahun 1954 dan diresmikan pada tahun 1958 menjadikan Kolam Renang Karang Setra sebagai waterboom Bandung yang tertua. HIngga saat ini, kolam renang ini masih ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati liburan dengan bermain air.

Awalnya, Kolam Renang Karang Setra ini dibangun untuk keperluan pembinaan atlet renang profesional. Namun seiring berjalannya waktu, Karang Setra mulai dijadikan sebagai kawasan bermain air yang seru dan menyenangkan. Perlahan untuk perlahan berbagai fasilitas dan wahana pun mulai ditambahkan di kawasan ini.

Sebelum dijadikan kolam renang, lokasi ini dulunya adalah salah satu kawasan hutan lebat di Kota Bandung. Meskipun kolam renang ini sudah sangat tua, berbagai fasilitas dan wahananya masih sangat terjaga berkat perawatan dan pembersihannya secara rutin.

Lokasi dan Rute Perjalanan Karang Setra Waterboom Bandung

Lokasi dan Rute Perjalanan Karang Setra Waterboom Bandung

Lokasi Kolam Renang Karang Setra ini berada di Jalan Sinargalih No. 15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju kawasan ini, bisa melalui Jalan Sukajadi dengan waktu tempuh sekitar 21 menit. Lokasi waterpark ini berada sekitar 4,5 km dari jalan tersebut.

Untuk pengunjung yang ingin datang tanpa kendaraan pribadi bisa menggunakan kendaraan umum yang melewati kawasan tersebut. Mode transportasi ini tersedia untuk pengunjung yang ingin berwisata ke Karang Setra Waterland dengan memanfaatkan transportasi umum.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Karang Setra Waterboom Bandung:

Alamat: Jalan Sirnagalih KM.4,5 No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40112

Tiket Masuk dan Jam Operasional Karang Setra Waterboom Bandung

HariJam OperasionalHarga
Senin08.00 WIB – 16.00 WIBRp 45.000
Selasa08.00 WIB – 16.00 WIBRp 45.000
Rabu08.00 WIB – 16.00 WIBRp 45.000
Kamis08.00 WIB – 16.00 WIBRp 45.000
Jumat08.00 WIB – 16.00 WIBRp 45.000
Sabtu08.00 WIB – 16.00 WIBRp 50.000
Minggu08.00 WIB – 16.00 WIBRp 50.000

Salah satu tempat rekreasi yang cocok digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah kolam renang atau waterpark. Untuk kamu yang berdomisili di Bandung, Karang Setra waterboom Bandung mungkin bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Destinasi wisata keluarga ini menawarkan harga tiket masuk yang bisa dibilang terjangkau. Pada hari biasa atau weekday, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang. Sedangkan di akhir pekan atau weekend, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 45.000 per orang.

Di samping harga tiket yang terjangkau, Karang Setra waterpark menawarkan berbagai wahana dan fasilitas yang memadai. Pengunjung akan dibuat puas dengan berbagai wahana di kawasan wisata air yang usianya sudah 69 tahun ini.

Selain itu, pengunjung dijamin akan merasakan suasana seru dan menyenangkan dari waterpark yang megah ini. Perlu diingat bahwa harga tiket masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pihak pengelola waterpark ini.

Selain itu, biasanya akan ada promo atau diskon khusus yang disediakan untuk merayakan hari-hari tertentu seperti diskon akhir tahun, diskon kemerdekaan, dan lainnya. kamu bisa mengetahui informasi terkait diskon atau promo ini melalui instagram resmi @karangsetra_waterland.

Karang Setra waterboom Bandung ini buka setiap hari mulai hari Senin sampai hari Minggu pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Biasanya, kawasan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan atau libur panjang. Di waktu itu, biasanya banyak pengunjung yang menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga.

Wahana di Karang Setra Waterboom Bandung

Berwisata ke sebuah kolam renang memang sering menjadi pilihan untuk banyak orang yang ingin menghabiskan waktu mereka untuk bermain. Selain bermain, tujuan kolam renang ini digunakan sebagai sarana untuk berwisata sambil berolahraga air atau berenang.

Selain itu, kolam renang dengan berbagai wahana menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang ingin bermain air sambil menikmati sensasi keseruan berbagai wahana yang tersedia. Salah satu waterpark di Bandung yang memiliki banyak spot wahana adalah Karang Setra Waterland.

Karang Setra Waterboom Bandung menyajikan berbagai wahana untuk melakukan aktivitas seru untuk para pengunjung. Tidak hanya berenang atau bermain air, para pengunjung bisa menikmati beberapa spot wahana yang tersedia di kawasan waterpark tersebut. Berikut beberapa spot wahana yang tersedia di Karang Setra:

Wahana di Karang Setra Waterboom Bandung
(sumber gambar: GoogleMaps_Benny “thebennies” Sudaryanto)

1. Kolam Naga

Kolam naga merupakan spot wahana andalan Karang Setra Waterboom Bandung ini. Wahana kolam naga ini menyediakan berbagai seluncuran dengan beragam ukuran yang berbeda-beda. Seluncuran yang paling besar memiliki panjang sekitar 15 meter.

Di seluncuran ini pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dan meliuk-liuk pada seluncuran yang didesain melingkar yang diibaratkan sebagai perut naga.

Di wahana ini, pengunjung akan diuji adrenalinnya. Untuk pengunjung yang tidak bisa berenang, mereka tidak perlu khawatir. Karena kolam naga ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal sehingga tidak membahayakan untuk pengunjung.

2. Ember Tumpah Aqua Play

Bermain di kolam renang sepertinya belum lengkap kalau belum merasakan yang namanya ember tumpah. Karang Setra Waterboom Bandung ini menyediakan wahana berupa ember tumpah layaknya beberapa waterpark lain.

Wahana yang bernama Aqua Play ini menyediakan ember berukuran besar yang berada di ketinggian. Ember ini akan diisi air hingga penuh dan setelahnya akan tumpah mengguyur beberapa pengunjung yang ada di bawahnya.

Wahana seru ini sering menjadi spot favorit untuk pengunjung terutama untuk kalangan anak-anak. Selain memberikan sensasi guyuran air dari ketinggian, Aqua Play menyediakan berbagai seluncuran dengan macam-macam ukuran.

Adanya seluncuran ini bisa dijadikan tempat bermain sambil menunggu ember yang diisi hingga penuh. Selain itu, pengunjung Karang Setra Waterboom Bandung juga bisa menikmati kolam dengan berenang menggunakan ban atau pelampung yang sudah tersedia di area penyewaan.

Ember Tumpah Aqua Play
(sumber gambar: GoogleMaps_Benny “thebennies” Sudaryanto)

3. Kolam Waterboom

Untuk para pengunjung yang menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin mereka, wahana ini mungkin bisa jadi salah satu spot yang cocok. Karang Setra Waterboom Bandung memiliki spot wahana berupa waterboom yang menyediakan beberapa seluncuran dengan ukuran yang cukup tinggi dan panjang.

Wahana ini memiliki dua buah seluncuran utama dengan ketinggian 12 meter. Dua buah seluncuran ini memiliki panjang yang berbeda. Satu seluncuran berwarna biru memiliki panjang 86 meter dan satu lagi seluncuran berwarna kuning memiliki panjang 82 meter.

Selain kedua seluncuran utama tersebut, masih ada beberapa seluncuran lain salah satunya adalah Pelangi Slider. Seluncuran ini menyediakan spot untuk bermain perosotan dengan warna yang berbeda-beda. Meskipun ketinggian dan panjang pelangi slider tak sebesar dua seluncuran utama, namun tetap tidak kalah seru dan menyenangkan dan menguji adrenalin para pengunjung.

4. Kolam Rasa Pantai

Karang Setra Waterboom Bandung menyediakan kolam yang didesain layaknya pantai. Wahana ini merupakan salah satu spot favorit untuk anak-anak karena desainnya yang dibuat semirip mungkin dengan tepian pantai. Air di kolam ini juga tidak terlalu dalam sehingga aman jika digunakan untuk bermain untuk pengunjung anak-anak.

Selain itu, kolam rasa pantai ini juga memiliki ikon berupa patung binatang yang bisa mengeluarkan air dari mulutnya. Untuk pengunjung yang merindukan suasana pantai, kolam pantai ini mungkin bisa menjadi salah satu spot yang wajib untuk dicoba.

Kolam Rasa Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_o creative)

5. Bersantai di Kolam Arus

Karang Setra Waterboom Bandung menyediakan kolam arus yang bisa digunakan untuk para pengunjung untuk bersantai setelah bermain di berbagai wahana lain. Di spot wahana ini, pengunjung bisa bermalas-malasan atau bersantai di atas ban pelampung sambil menyusuri kolam arus mengelilingi waterpark.

Di spot ini juga pengunjung tak perlu mendorong atau berenang karena hanya dengan diam di atas pelampung, pengunjung sudah terbawa arus untuk mengelilingi sambil menikmati pemandangan sekitar waterpark. Salah satu yang menarik dari kolam arus ini adalah pengunjung akan dilewatkan pada air terjun buatan yang menyerupai aslinya.

6. Olympic Pool Kolam Prestasi

Pada awal dibangun, Waterboom Bandung tertua ini mulanya digunakan sebagai kolam renang untuk para atlet profesional. Mereka biasanya berlatih atau berenang di kolam ini untuk mempersiapkan kompetisi seperti perlombaan kejuaraan renang atau beberapa kompetisi lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu kolam renang ini dialihfungsikan menjadi kawasan wisata berupa waterpark dengan penambahan beberapa elemen seperti spot wahana dan fasilitas pendukung lainnya. Bahkan hingga saat ini, area ini pun semakin lengkap dan menjadi salah satu spot favorit pengunjung yang ingin berwisata sambil bermain air.

Olympic Pool yang ada di waterpark ini bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin menjajal sensasi berenang di sebuah kolam dengan standar perenang profesional. Di kolam ini juga para pengunjung bisa melatih kemampuan berenang mereka untuk mempersiapkan kompetisi atau perlombaan.

Wahana yang diberi nama kolam prestasi ini memang digunakan secara khusus untuk mereka yang sudah mahir dalam berenang. Wahana ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung pelatihan olahraga menyelam atau berenang.

Fasilitas Karang Setra Waterboom Bandung

Salah satu Waterboom Bandung favorit wisatawan ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Di samping harga tiketnya yang terjangkau, kolam renang ini menyediakan fasilitas pendukung yang baik dan berkualitas untuk memanjakan para pengunjungnya. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Kolam Renang Karang Setra:

Fasilitas Karang Setra Waterboom Bandung
(sumber gambar: GoogleMaps_Raysa Amelia)

1. Area Parkir Kendaraan

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir mengenai parkir kendaraan. Karena kawasan ini menyediakan area parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan roda dua atau roda empat. Biaya parkir kawasan ini terdiri dari biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 dan parkir mobil sebesar Rp 6.000 per unit.

2. Pusat Informasi

Karang Setra Waterboom Bandung ini juga menyediakan fasilitas pusat informasi untuk pengunjung yang memerlukan informasi terkait waterpark. Selain itu, untuk pengunjung yang merasa kehilangan atau temukan barang bisa melapor di area ini.

Pusat Informasi
(sumber gambar: GoogleMaps_Ruby Tour Travel)

3. Cafetaria

Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan karena waterpark ini menyediakan fasilitas berupa cafetaria yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Cafetaria yang terdiri dari beberapa kedai makanan ini bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin memesan kuliner nusantara.

Selain menyediakan makanan berat, fasilitas ini juga menyediakan camilan atau selingan berupa makanan khas Bandung seperti cireng dan beberapa makanan khas lainnya.

4. Toilet

Karang Setra Waterboom Bandung menyediakan toilet yang bisa digunakan pengunjung untuk mandi atau buang air. Toilet ini juga menyediakan ruang bilas yang bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah puas bermain air di kawasan waterpark.

Toiletnya juga dalam keadaan yang bersih dan terjaga karena pihak pengelola selalu mengerahkan petugas untuk membersihkan toilet ini.

Toilet

5. Kamar Ganti

Selain toilet dan kamar bilas, waterpark ini juga menyediakan kamar ganti yang bisa digunakan pengunjung untuk berganti pakaian. Kamar bilas ini pun juga dirawat dan dibersihkan secara rutin untuk menjamin kenyamanan untuk pengunjung waterpark.

6. Mushola

Tidak lupa, waterpark ini menyediakan sarana untuk melakukan ibadah untuk pengunjung yang beragama Muslim. Terdapat mushola yang bisa digunakan untuk beribadah yang tentunya dalam kondisi yang terjaga kebersihan dan kesuciannya.

Mushola

7. Area Persewaan

Karang Setra Waterboom Bandung menyediakan beberapa area persewaan. Di antaranya persewaan pakaian renang, tikar, ban, dan lainnya. Untuk menyewa peralatan ini, pengunjung diharuskan membayar sesuai dengan biaya sewa yang berlaku. Adapun beberapa biaya sewa yang berlaku untuk peralatan yang ada antara lain:

    • Sewa Pakaian Renang Pria: Rp 10.000
    • Sewa Pakaian Renang Pria: Rp 20.000
    • Sewa Pakaian Ban Single: Rp 25.000
    • Sewa Pakaian Ban Double: Rp 45.000
    • Sewa Tikar: Rp 20.000

8. Spot Foto

Waterpark tertua di Bandung ini juga menyediakan berbagai spot foto yang instagramable bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen keseruan mereka bermain di waterpark.

Berbagai spot foto menarik juga telah disediakan untuk mendukung kebutuhan para pengunjung yang ingin mengunggah momen keseruan bermain mereka di sosial media.

Spot Foto
(sumber gambar: GoogleMaps_Anatasya Namira)

9. Gazebo

Waterpark ini juga menyediakan gazebo yang bisa digunakan sebagai area bersantai. Untuk menggunakan fasilitas ini pengunjung perlu membayar sebesar Rp 30.000 untuk 2 jam. Gazebo ini biasa digunakan untuk beristirahat atau sekadar bersantai sambil menikmati suasana waterpark.

10. Loker

Karang Setra Waterboom Bandung menyediakan fasilitas loker yang bisa digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti ponsel, dompet, jam tangan, dan sebagainya. Untuk menggunakan fasilitas ini pengunjung harus membayar Rp10.000 per lokernya.

Tips Berwisata di Karang Setra Waterboom Bandung

Sebelum berkunjung ke Karang Setra Waterboom Bandung, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Tips Berwisata di Karang Setra Waterboom Bandung
(sumber gambar: GoogleMaps_Harry Rakhmat H (Abu Aisyah))
    • Perhatikan waktu berkunjung ke waterpark ini. Waktu terbaik yang bisa diambil untuk berkunjung ke kawasan ini adalah di pagi hari. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak terlalu lama mengantri karena semakin siang jumlah pengunjung akan semakin banyak.
    • Untuk merasakan sensasi keseruan berwisata sambil bermain air secara maksimal, ajaklah keluarga, kerabat, sahabat, atau teman kamu agar lebih menyenangkan.
    • Bawalah pakaian ganti sebagai cadangan karena di waterpark ini pengunjung akan basah-basahan menikmati keseruan bermain air.
    • Untuk kamu yang suka mengabadikan momen keseruan bermain, bawalah kamera untuk memfoto atau mengabadikan momen keseruan itu. kamu bisa memanfaatkan fasilitas spot foto yang sudah tersedia.
    • Selalu pastikan keadaan tubuh dalam keadaan sehat karena kamu memerlukan banyak energi saat bermain air di area waterpark yang luas ini.

Rekomendasi Penginapan Dekat Karang Setra Waterboom Bandung

Terdapat beragam pilihan penginapan yang nyaman dan terjangkau di sekitar Karang Setra Waterboom Bandung. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk kamu yang mencari akomodasi yang dekat dengan objek wisata tersebut.

1. The Victoria Luxurious Guesthouse

The Victoria Luxurious Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

Apakah kamu mencari penginapan yang nyaman dan bergaya Victoria di Bandung? The Victoria Luxurious Guesthouse adalah pilihan yang sempurna untuk kamu! Terletak hanya 1 km dari pusat perbelanjaan terkenal Paris Van Java dan 3 km dari hutan bertingkat Babakan Siliwangi.

Hotel ini menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi. Selain itu, akses mudah dari Jalan Nasional Rute 3 membuat perjalanan kamu semakin lancar. Dengan fasilitas seperti sarapan gratis, Wi-Fi, tempat parkir, dan AC, kami siap memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 239.160 per malam

2. Karang Setra Hotel & Cottages

Karang Setra Hotel & Cottages
(sumber gambar: Agoda)

Ingin merasakan kesantunan dan kenyamanan di Bandung? Karang Setra Hotel & Cottages adalah tempatnya! Terletak di jalan yang sejuk, hotel ini hanya berjarak 3 km dari Kebun Binatang Bandung, 4 km dari stasiun kereta Bandung.

Dan 6 km dari kafe bergaya Eropa di Jalan Braga. Dengan kolam renang, Wi-Fi gratis, tempat parkir, dan AC, kami menghadirkan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi kamu dan keluarga.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 283.920 per malam

3. Setra Priangan Guest House

Setra Priangan Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Setra Priangan Guest House adalah pilihan tepat untuk kamu yang mencari penginapan santai di Bandung. Dengan lokasi strategis hanya 5 km dari Bandara Internasional Husein Sastranegara dan 6 km dari Gedung Sate.

Hotel ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan selama kamu tinggal. Fasilitas seperti Wi-Fi, tempat parkir, AC, dan sarapan gratis akan membuat pengalaman menginap kamu semakin berkesan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 99.160 per malam

4. Wood Hotel

Wood Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Wood Hotel menawarkan penginapan yang nyaman di tengah keramaian Bandung. Terletak hanya 2 km dari Taman Hutan Babakan Siliwangi dan 1 km dari pusat perbelanjaan di Rumah Mode Factory Outlet.

Hotel ini memberikan akses mudah ke tempat-tempat menarik di kota ini. Dengan kolam renang, Wi-Fi gratis, tempat parkir, dan AC, kami siap menyambut kedatangan kamu dengan hangat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 252.788 per malam

5. Naval Hotel

Naval Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Jika kamu mencari penginapan modern dan santai di Bandung, Naval Hotel adalah pilihan yang tepat. Hanya berjarak beberapa kilometer dari Kebun Binatang Bandung, Museum Geologi, dan Trans Studio Bandung.

Hotel ini menawarkan kemudahan akses ke berbagai atraksi populer. Dengan fasilitas seperti Wi-Fi, tempat parkir, AC, dan sarapan gratis, kami akan membuat kunjungan kamu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp231.192 per malam

Mencoba Makanan Khas Bandung yang Menggugah Selera

Bandung, Indonesia terkenal dengan warisan kulinernya yang kaya, berikut beberapa masakan tradisional dan populer dari Bandung:

Mencoba Makanan Khas Bandung yang Menggugah Selera

    • Lumpia Basah: Sejenis lumpia segar yang diisi dengan sayuran, tahu, kadang juga udang atau ayam, dibalut dengan kulit tipis mirip crepe, dan disajikan dengan saus kacang.
    • Batagor: Singkatan dari Bakso Tahu Goreng, terdiri dari bakso ikan goreng (Bakso) dan tahu (Tahu) yang disajikan dengan saus kacang dan kecap manis.
    • Nasi Timbel: Hidangan tradisional Sunda yang terdiri dari nasi kukus yang dibungkus daun pisang, disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe, dan sayuran segar.
    • Soto Bandung: Sup bening yang terbuat dari kaldu daging sapi, disajikan dengan potongan daging sapi, mie soun, kol, tomat, dan bawang goreng. Rasanya unik karena tambahan kecap manis dan air jeruk nipis.
    • Colenak: Camilan populer yang terbuat dari singkong yang difermentasi dan dipanggang, disajikan dengan campuran gula merah, kelapa parut, dan kadang juga susu kental manis.
    • Karedok: Salad tradisional Sunda yang terbuat dari sayuran mentah seperti mentimun, tauge, kol, dan kacang panjang, disajikan dengan saus kacang.
    • Surabi: Sejenis pancake tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras atau santan, dipanggang di atas loyang tanah liat, dan disajikan dengan berbagai topping seperti kelapa parut, cokelat, keju, atau susu kental manis.
    • Cireng: Camilan populer yang terbuat dari tepung tapioka dicampur air, dibentuk menjadi bola-bola atau stik, digoreng hingga renyah, dan disajikan dengan saus kacang pedas.
    • Mie Kocok: Mie rebus yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari kaldu sapi yang diberi tambahan daging sapi, pangsit, taoge, dan irisan bawang merah.
    • Misro: Sejenis jajanan pasar yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, dan gula pasir, kemudian digoreng dan ditaburi dengan wijen. Rasanya manis dan gurih.
    • Gehu: Tahu goreng khas Bandung yang digoreng hingga kecokelatan, biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Penutup

Demikian ulasan mengenai Karang Setra Waterboom Bandung yang bisa kamu jadikan referensi saat memilih tempat wisata. Meskipun usia Waterboom Bandung ini sudah sangat tua, namun seluruh wahana dan fasilitas yang ada masih terjaga dan dirawat baik oleh pihak pengelola.

Untuk kamu warga Bandung yang masih bingung saat menentukan tujuan wisata bersama keluarga, kawasan ini patut untuk kamu coba kunjungi.

You might also like